Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68072 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"ABSTRAK
Universitas Indonesia (UI) sebagai lembaga akademis berkepentingan untuk berpartisipasi secara aktif menyumbangkan pemikiran untuk GBHN 2000-2004. Sumbangan pikiran ini merupakan wujud pengabdian Universitas Indonesia pada bangsa dan negara yang sifatnya netral dan berlandaskan wawasan kebangsaan yang bertumpu pada kajian akademis, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mewujudkan konsep-konsep reformasi di berbagai bidang kehidupan."
Depok: Universitas Indonesia, 1999
PDF-UI-09-99
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Universitas Indonesia (UI) merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang ikut merasakan dan mengalami jatuh bangun bangsa ini. Oleh karena itu, UI merasa sangat peduli dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. Kepedulian UI diwujudkan dalam dua saluran dan bentuk yaitu : pertama, apa yang dilakukan mahasiswa sebagai bagian dari moral force, dan kedua, apa yang disumbangkan oleh kalangan akademis yaitu dosennya.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1999
PDF-UI-04-99
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
The University of Indonesia was established in 1950. At the time the universityhad 5 campuses located in Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, and Makassar. All of them, except the one in Jakarta, gradually broke away and formed seperate school, of which the Bogor Institute of Agriculture was the last to become independent (1964). In 1950 thre were three faculties in Jakarta, namely the Faculty of Medicine, Law, and Letters. "
Depok: Universitas Indonesia, 1979
PDF-UI-06-79
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Rencana Induk Universitas Indonesia merupakan suatu model sistem timbal-balik yang bersifat adaptif. Model tersebut secara keseluruhan berbentuk suatu kesatuan organisme yang hidup, dimana masing-masing sub-sistemnya terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan dan pengaruh mempengaruhi sebagai jaringan jaringan organ pencipta dan pemikir (brainware), perlengkapan nonfisik (software), perlengkapan fisik (hardware), dan informasi.
Rencana Induk ini dirumuskan atas dasar perkiraan besarnya volume persoalan-persoalan yang dihadapi Univesitas Indonesia yaitu:
1. Sebagai institusi pendidikan dan penelitian yang hidup harus berkembang sedemikian hingga mampu menyelesaikan masalah-masalah ilmiah yang baru
2. Sebagai institusi ilmiah yang berada di dalam lingkungan kawasan nasional, regional maupun internasional, berkewajiban ikut memikul tanggung jawab atas segala dinamika dan kehidupan masyarakat bersama, meskipun potensi yang dimikinya terbatas.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1979
PDF-UI-07-79
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Yusuf
"Dewasa ini pemanfaatan teknologi informasi (TI) pada sebuah lembaga pendidikan tinggi telah menjadi suatu keharusan. Lembaga pendidikan tinggi seperti perguruan-perguruan tinggi umumya di Indonesia secara normatif telah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dengan efektif dan efisien. Efektifitas dan efisiensi ini pada akhirnya dapat menjadi daya saing tersendiri. Saat ini ada semacam kecenderungan yang meningkat akan ketergantungan terhadap dukungan TI di semua bentuk organisasi dan ini tidak terkecuali di perguruan tinggi. Laporan ini mencoba menelaah seperti apa perguruan tinggi di Indonesia menjawab kebutuhan terhadap pemanfaatan TI untuk mendukung kinerja organisasinya dan dalam hal ini Universitas Mercu Buana (UMB) akan digunakan sebagai studi kasus. Penelaahan dilakukan dengan tools framework dari COBIT versi 4, dimana evaluasi terhadap pemanfaatan ini dilakukan dengan mengukur kematangan menggunakan maturity model dari COBIT, meliputi Plan and Organize, Acquire and Implement, Deliver and Support, dan Monitor and Evaluate. Nilai total penilaian untuk UMB ialah 71 dari 165 atau sekitar 43%.

The use of InformationTechnology for higher-level educational institution is becoming a necessity recntly. Such institution in Indonesia, normatively oblige to hold the process of education, holdindg researches and providing exellent services to the students in an effective and efficient way. At some point, the efficiency and effectiveness contribute a comptitive advantage for the institution itself. These days, all forms of organizations not to mention from education trend to have an increased significant value for the IT support. Related to this point, the author in this report tries to examine how for the educational instituions in Indonesia cope with the needs of IT Support in complying with the organizational needs. The author held the research in Mercu Buanan University (UMB) for the study case. The examination is held utilizing the framework tools form COBIT version 4. For the evaluation on the IT prenetration is carried out by measuring the IT maturity in the organization by utilizing the maturity model from COBIT. The measurement covers Plan and Organize, Acquire and Implement, Deliver and Support and Monitor and Evaluate. Total score for UMB in this measurements is 71 out of 165 or about 43% in percentage."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mega Mardita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi generasi muda terhadap perilaku mereka untuk mengakses dan mencari informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Menggunakan paradigma kuantitatif dengan 100 responden dari kalangan mahasiswa berusia 17 hingga 25 tahun, penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk menjelaskan hubungan matematik antar variabel. Dari hasil penelitian ini, persepsi ternyata tidak berpengaruh secara langsung terhadap perilaku akses informasi. Namun, persepsi memiliki pengaruh langsung terhadap dan motivasi memiliki pengaruh langsung kepada perilaku akses informasi. Dengan demikian, ternyata persepsi memiliki pengaruh terhadap perilaku akses informasi, meskipun secara tidak langsung.

This study aimed to discover how perception and motivation of youth influence their behaviour to access information pertained to science on outer space issues. Using quantitative paradigm with a hundred students aged 17 to 25 as respondents, the study utilized path analysis to explain mathematical corellation between variables. The result of the study showed that their perception lacked direct influence toward behaviour to access information. However, perception directly influenced motivation and in turn, motivation influenced the behaviour to access and gain information. This study concluded that perception indirectly influenced behaviour by directly influencing motivation which in turn also influenced behaviour directly."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42475
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wibowo Mukti
"Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi, dan strategi penelitiannya adalah "studi kasus", penelitian dilakukan pada sekolah yang memanfaakan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai layanan pembelajaran pada daerah terpencil. Dengan cara melakukan analisis proses difusi melalui elemenelemennya, yaitu Inovasi, Saluran Komunikasi, Waktu, dan Sistem Sosial pada Sekolah Dasar Negeri 3 Cibeber, Kabupaten Lebak Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan didalam penelitian digambarkan bagaimana sebuah organisasi sekolah membuat keputusan untuk mengadopsi sebuah inovasi melalui proses klowledge, persuasion, decision, implementation, dan confirmation. Sehingga inovasi dianggap sebagai solusi yang lebih baik dan lebih efektif. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menganalisis apa yang menjadi pendukung dan hambatan pada proses difusi inovasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi aktor pendidik di dalam sekolah model pusat sumber belajar.

This study uses the Theory of diffusion of innovation and uses "case studies" as the research strategy. The research was conducted at school that utilize Information and Communication Technology as an education service in remote areas. It's analyze the process of diffusion through its elements, namely Innovation, Communication Channel, Time, and Social Systems at State Primary School 3 Cibeber, Lebak Banten. This study used a qualitative approach. This study described how a school organization made its decision to adopt an innovation through knowledge process, persuasion, decision, implementation and confirmation. Therefore innovation is considered as a better and more effective solution. This research aimed analyze the supporters and obstacles in the process of innovation diffusion and also the factors that influence educator actors innovation adoption in school model learning center.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46801
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rondang Rouli
"Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>