Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85769 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Teguh Imam Santoso
"ABSTRAK
Data warehouse bukanlah suatu konsep baru, tetapi merupakan perkembangan dari metode pengumpulan informasi secara tradisional. Teknologi database menjadi faktor utama munculnya kembali data warehouse.
Penulisan bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana teknologi database berperan dalam merancang suatu data warehouse. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perancangan data yang baik akan menghasilkan kemudahan dalam pengembangan dan pemeliharaan suatu data warehouse.
Sebagai objek penelitian, penulis mengambil contoh pada suatu kasus di sebuah Bank, pada bagian MIS. Manajemen menginginkan adanya suatu informasi yang dapat memonitor dan menganalisa penggunaan biaya dari beberapa sisi dengan mudah dan cepat pada rentang waktu yang berbeda.

ABSTRACT
Data warehouse is not a completely new concept. It is a further development of the traditional information gathering method. Database technology improvement is the main reason behind the return of data warehouse.
This paper is intended to show how database technology improvement plays an important role in designing a data warehouse. The result of my research in this field shows that well designed data will provide convenience in developing and maintaining a data warehouse.
I took a case in MIS Department of a Bank as an object of the research. The management asked for an information that can monitor and analyze costs from different angles easily and fast in different time frame.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Setyo Kuncoro
"Sebagai salah satu penyelenggara pendidikan terkemuka di Indonesia, UI membutuhkan sebuah sistem insofrmasi eksekutif yang tepat. Sistem informasi eksekutif tersebut memerlukan data yang tidak hanya berasal dari data terkini tetapi juga data dari beberapa periode sebelumnya yang dikumpulkan dari berbagai basis data operasional yang sudah ada. Data tersebut kemudian dianalisa terlebih dahulu dan hasilnya diguanakan sebaai pertimbangan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang diambil dapat lebih akurat dan optimal. Data Warehouse adalah suatu tempat pemyimpanan data yang lengkap dan konsisten, yang didapatkan dari berbagai sumber dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan dalam suatu konteks bisnis. Saat ini, UI belum memiliki Data Warehouse yang mampu untuk mendukung proes analisa pengambilan keputusan tersebut. Proyek akhir ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan Data Warehouse.

As one of the leader of education provider in Indonesia, University of Indonesia needs an appropriate executive information system. The executive information system not only requires the currently available data, but also historical data collected from several operational databases. The data will be analyzed and the result will be used as a consideration for the decision making process by the management, to ensure that the decision taken is as accurate and optimum as possible. This is the role of the data warehouse in providing strategic information to help decision making process. Data warehouse is used to completely and consistently store data acquired through many sources and is created to fulfill the needs of a user in a business context. Right now, the University of Indonesia does not have data warehouse capable of supporting the decision making analysis process. This final project is meant to design a data warehouse, to support the needs of the management from the Faculties and University of Indonesia and help them in making academic-related decisions. This document describe the design of Data Warehouse as a supporting system for the Academic Information System of University Indonesia. It will focus on the architecture of the system and data warehouse design. The result of making Data Warehouse will be presented using web application to make user easy to link the information needed."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wirawan Setiadi
"Kunci sukses bagi sebuah perusahaan untuk bertahan pada masa sekarang adalah kemampuan untuk menganalisa, merencanakan dan bereaksi terhadap perubahan lingkungan bisnis secara cepat dan akurat. Kemampuan ini hanya dapat dipenuhi dengan tersedianya informasi yang memadai bagi para manajer, direktur dan para pengambil keputusan lainnya. Informasi yang dibutuhkan tersebut seringkali adalah berupa data operasional dan sulit untuk didapatkan. Walaupun tersedia akses ke data-data tersebut, seringkali format dan struktur data yang ada tidak seperti yang diinginkan.
Teknologi Data Warehouse adalah suatu set konsep dan perangkat yang memungkinkan penyediaan akses ke seluruh level informasi perusahaan. Data warehouse memungkinkan suatu organisasi untuk mengumpulkan data-data dari berbagai format dan standar yang berbeda, melakukan analisa atas data tersebut, dan mengeluarkan report-report yang dibutuhkan bagi para analis dan pengambil keputusan.
PT. Bank Mandiri adalah sebuah Bank Pemerintah yang merupakan hasil merger dari empat buah bank. Dalam menghadapi persaingan bisnis perbankan dan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, para eksekutif Bank Mandiri perlu dibekali dengan data-data yang akurat dan terkini untuk menghasilkan keputusan-keputusan strategis.
Tulisan dalam tesis ini akan mengangkat tentang studi kasus perencanaan data warehouse pada PT. Bank Mandiri. Pembahasan akan difokuskan pada siklus pengembangan data warehouse, desain dan arsitektur data warehouse, khususnya yang berkaitan dengan informasi data perkreditan nasional pada PT. Bank Mandiri.

The key to successfully survive for a corporation nowadays is its ability to analyze, to plan and to respond to the changing business entrironment in a rapid and accurate fashion. This ability can only be obtained if there is proper information available for managers, directors, and other decision-makers. The information needed is frequently in the form of operational data that is sometimes hard to get. Even if there is an access to the data, the data itself is usually not in a proper format and structure.
Data warehouse technology is a set of concept and tools that allow the availability of the access to the whole corporation information level. Data warehouse gives the ability for the corporation to collect data from various format and standard, to analyze data, and to produce reports that are needed by the analysts and the decision-makers.
PT. Bank Mandiri is a government-owned bank as a result of a merger process of four banks. In order to respond to the banking business competition and to improve the company's performance, the executives of Bank Mandiri should be provided with accurate and current data, so they can make strategic business decis!ons.
This thesis is a case study of data warehouse planning in PT. Bank Mandiri. The discussion will be focused on the cycle of data warehouse development and the data warehouse design and architecture, especially those that are related to the national credit data information of PT. Bank Mandiri.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40526
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mujoko
"Globalisasi memang arus yang tidak bisa ditangkal. Airlines menghadapi masalah besar pada saat ini dan hari-hari mendatang. Manajemen yang terbias lambat mengambil keputusan dipastikan hanya akan membawa perusahaannya stall. Diperlukan kecepatan dalam mengeksekusi bisnis, agar kesempatan dapat diraih lebih banyak. Selain kecepatan, diperlukan juga ketepatan pengambilan keputusan, berdasarkan analisa perhitungan yang rasional dan matang. Persaingan mengkondisikan bisnis airlines dalam kondisi perang total. Informasi yang sekecil apapun tetapi relevan dimanfaatkan sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan pendapatan. Prinsipnya adalah bagaimana memenuhi kapasitas angkut pesawat secara maksimal dan sesering mungkin. Dalam konteks memenangkan persaingan ini perpaduan antara gaya manajemen yang fleksibel dan peran teknologi informasi menjadi amat vital.
Setiap bisnis akan tetap eksis jika dia memiliki customer. Untuk mendapatkan customer, pelaku bisnis melakukan berbagai strategi dan inovasi yang akan mempengaruhi ketertarikan orang dan memutuskan menggunakan layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan jasa/barang, dalam hal ini layanan angkutan penerbangan. Loyality program semacam Garuda Frequent Flyer (GFF), memegang peranan penting untuk membidik core customer, customer yang paling banyak memberikan benefit bagi perusahaan.
Sistem operasional GFF yang menyimpan data anggota dan transaksi penerbangan, perlu dikumpulkan dalam satu bentuk data warehouse dan secara periodik di-update, sehingga reporting dapat dieksekusi dari data warehouse tanpa mempengaruhi kinerja operasional. Penggunaan data yang ekstensif dengan menggunakan teknik data mining dapat membantu managemen dalam mengambil kebijakan yang tepat berdasar data-data historical. Agar data mining dapat mempengaruhi bisnis, maka data mining sendiri harus relevan dan menjadi bagian dari bisnis proses.

Globalization is now inevitable, which causes airlines to face a major problem nowadays. Time becomes major influence in decission making. If the management takes a lot of time in decision making, then company will be stagnant or even decline. There are needs to execute business decision with little time consuming, so that more opportunities can be captured with less cost. In addition to time consuming, accuracy is also a vital necessity for mature analysis and rational calculation. Any information from the insignificant one, as long as it is relevance and accurate can be used as an opportunity for increasing revenue. The main principle is how to optimize aircraft load to its maximum capacity as often as possible. In the context of winning a competition, the combination of a flexible management style and utilization of Information Technology become a vital element.
Any business entity can survive depends on the existence of its customer. In order to gain more customer, business player has to execute strategy and innovation. This is necessary to influence people in choosing services provider. In this case, the context is airline service business. Any kind of Loyality Program such as Garuda Frequent Flyer (GFF), has important role in targeting core customer, i.e. customer that give the highest revenue to the company.
GFF operational system that keeps information of customer profile and flight transaction, needs to be collected into a single form of data warehouse and updated periodically, so that reporting function can be executed without affecting operational performance. The extensive use of data with datamining technique could assist management in making the right decision based on historical data. Additionally, datamining has to be relevance and being part of business process in order to improve business performance. The focus of this research is to develop initial phase of datamining that can be scaled up in future, not a practical solution that can be directly used.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syahreza Zain
"Saat ini, dunia telah memasuki era persaingan berbasiskan data. Data menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis. Perusahaan telekomunikasi adalah salah satu perusahaan yang sangat bergantung terhadap data. PT Indosat Tbk, sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia, telah memanfaatkan database untuk mengelola data perusahaan. Informasi yang diperoleh melalui database merupakan data aktual. Selain memperoleh informasi melalui data aktual, terdapat juga informasi berharga lain yang masih tersembunyi. Untuk mendapatkannya diperlukan teknik pengolahan data yang baik yaitu menggunakan data mining. Dalam melakukan data mining diperlukan suatu media penyimpanan untuk menampung data skala besar yaitu data warehouse.
Penelitian ini bertujuan untuk menberikan solusi alternatif bagi PT Indosat Tbk dengan pengumpulan data ke suatu sumber pengetahuan (data warehouse) dalam mencari potensi-potensi data tersembunyi melalui penerapan data mining. Tahapan yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelaahan kebutuhan bisnis dan informasi, pengumpulan data melalui observasi ke lapangan, kajian dokumen atau literatur, menelaah data kemudian merancang data warehouse dan pada tahap akhir dilakukan pengimplementasian data mining dengan menggunakan teknik time series analysis untuk melihat tren kinerja jaringan dari PT Indosat Tbk. Pada tahap perancangan, analisis dan implementasi data warehouse dan data mining akan digunakan tools Microsoft SQL Server 2005 dan RapidMiner.
Pengimplementasian data warehouse pada PT. Indosat Tbk dapat membantu melihat informasi kinerja jaringan dengan lebih cepat, detil dan akurat. Sedangkan pengimplementasian data mining melalui time series analysis dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat dengan kemampuan time series analysis untuk melakukan prediksi (forecasting) terhadap data elemen jaringan yang dimiliki oleh PT. Indosat Tbk. Sehingga dengan pengumpulan data ke data warehouse dan penerapan data mining (time series analysis) dapat membantu PT. Indosat Tbk menghadirkan quality of service yang baik dan target KPI (Key Performance Indicator) yang ditetapkan dapat tercapai atau bahkan terlampaui.

Nowadays, world already encountered competition age of data, data became a very valuable asset for a company to win the business competition. Telecommunication Company is one of company that depends to data needs. PT Indosat Tbk, as one of leading Telecommunication Company in Indonesia, already used database to manage the company?s own data. Information, which is collect from database, is an actual data. Besides collecting the actual data, there is valuable information which is still hidden. To get this hidden data, there is a need of good data processing, using data mining. In data mining, there is a need of storage media to accommodate large scale data, which is called data warehouse.
This research is purposed to give an alternative solution to PT Indosat Tbk by collecting the data to data warehouse, to find the potential hidden data using data mining deployment. Stages that will be done on this research, i.e.: analyze business and information needs, collecting data by observing to company, recitation of document and literature, and also data analyzing then to be used for dimensioning data warehouse. And on the last stage is implementation of data mining using time series analysis technique to see trend of PT Indosat Tbk network performance. On the designing, analyzing, and implementation stages, data warehouse and data mining will use tool Microsoft SQL Server 2005 and RapidMiner.
By implementation data warehouse, it would aid to see information of network performance quicker, more detail and accurate. Implementation data mining using time series analysis is aid the company to make an accurate decision by using the ability of time series analysis to forecast element data of PT Indosat Tbk network. So by collecting all the data to data warehouse and data mining (time series analysis) implementation, would aid PT Indosat Tbk to represent a good quality of service and the stated KPI (Key Performance Indicator) can be reached or even exceeded.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
T-742
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bachtiar Salim Winarno
"Skripsi ini membahas tentang perancangan sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) pada sebuah miniatur warehouse. Pada perancangan sistem ini digunakan PLC (Programmable Logic Controller) Omron CJ1M sebagai RTU (Remote Terminal Unit) yang mengambil data sensor dan unit-unit beban kemudian menyampaikannya pada MTU (Master Terminal Unit) yang terdiri dari HMI (Human Machine Interface) SCADA.
Pada skripsi ini dirancang sistem SCADA sederhana untuk mengawasi dan mengontrol unit-unit beban dan sensor yang ada dalam miniatur warehouse, yaitu lampu dan fan serta sensor smoke detector dan motion sensor. Kemudian untuk HMI SCADA akan dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Access 2007 sebagai media penyimpanan database-nya.
Pada perancangan HMI SCADA terdapat beberapa mode yaitu local dan remote. Mode local digunakan untuk mengontrol unit-unit beban dari miniatur warehouse dan mode remote digunakan untuk mengontrol unit-unit beban dari HMI SCADA / Laptop. Untuk pengujian sistem dilakukan pengukuran waktu respon dari HMI SCADA terhadap miniatur warehouse dan begitu juga sebaliknya.
Dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada mode local waktu respon terhadap miniatur warehouse lebih cepat dibandingkan mode remote dan waktu respon terhadap HMI SCADA lebih lama dibanding mode remote. Lalu untuk mode remote waktu respon terhadap miniatur warehouse dan HMI SCADA hampir sama.

This thesis discusses the design of SCADA systems (Supervisory Control and Data Acquisition) on a miniature warehouse. In designing this system is used PLC (Programmable Logic Controller) Omron CJ1M as RTU (Remote Terminal Unit) which takes sensor data and load units then pass them on to the MTU (Master Terminal Unit) consisting of HMI (Human Machine Interface), SCADA.
In this paper designed a simple SCADA system for monitoring and control units and sensors of existing loads in the miniature of warehouse, which is light and fan and smoke detector sensors and motion sensors. Then for SCADA HMI will be created with Visual Basic 6.0 with Microsoft Access 2007 as database storage media.
In SCADA HMI design, there are several modes of local and remote. Local mode is used to control the load units from the warehouse miniature and the remote mode is used to control the load units from SCADA HMI / Laptop. To test the system response time measurements from SCADA HMI on the warehouse miniature and vice versa.
From these tests we can conclude that the local modes of warehouse miniature response time is faster than remote mode and time of the response to be longer than SCADA HMI remote mode. Then for remote mode response time to warehouse miniature and SCADA HMI is almost the same.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51318
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ati Herawati
"Krisis ekonomi menimbulkan-dampak yang begitu besar bagi perbankan. Untuk bisa survive diperlukan kiat - kiat khusus yang antara lain dengan meningkatkan efisiensi operasional. Peranan teknologi informasi dalam menunjang operasional perbankan terutama yang berhubungan dengan nasabah sangat besar. Efisiensi operasional, salah satunya akan sangat terkait dengan teknologi informasi. Produk perbankan yang berkaitan dengan nasabah tersebut diantaranya adalah : tabungan, deposito, giro, pinjaman dan bank garansi. Sistem bank garansi adalah sebuah sistem atau modul yang fokusnya untuk menangani bank garansi yang diterbitkan. Secara tingkatan, sistem tersebut sejajar dengan sistem tabungan atau sistem produk lainnya. Sistem produk perbankan yang berkaitan dengan nasabah, saling terkait dan dikoordinasikan atau integrated dengan core banking app/ication-nya. Dengan adanya sistem informasi bank garansi ini diharapkan akan memudahkan kontrol dan operasional sehingga akan didapatkan efisiensi operasional, khususnya yang berkaitan dengan bank garansi. Perancangan sistem informasi bank garansi ini, mengacu pada konsep perancangan SDLC (System Development Life Cycle). Dalam perancangan sistem informasi untuk process modeling akan dilakukan pembuatan Data Flow Diagram level- 0 kemudian dilakukan dekomposisi ke level-level berikutnya, untuk data modeling dilakukan pembuatan ERD (Entity Relationship Diagram). Pengimplementasian sistem bank garansi ini menggunakan perangkat lunak Progress versi 8. 03 sebagai front-end-nya dan RDBMS ( Relational Data Base Management System) Progress sebagai back-end-nya dan platform-nya SCO-Unix. Pemilihan perangkat lunak tersebut disebabkan Y.arena keterikatan dengan sistem yang lain dan core banking application-nya. Penulis menggunakan Bank "A" untuk dijadikan obyek studi kasus dalam melakukan analisis dan penelitian termasuk menggunakan rujukan data serta hal lain yang terkait dengan karya tulis ini.

Economic crisis generates extensive impact for banking. To be able to survive it is needed special trick such as by improving operational efficiency. The role of information technology in supporting operational of banking especially which deal with customer is significant Operational efficiency, one of them is will be very related with information technology. Banking product related to the customer among other things are; saving, current account, loan and guarantee bank. Guarantee bank system is a system or module which its focus to handle published guarantee bank. In the levels, the system is parallel with saving system or other product systems. Banking product system related to customer, each other interconnected and coordinated or integrated by its core banking application. With the existence information system of this guarantee bank it is expected will facilitate control and operational so that will be obtained an operational efficiency, especially for related to guarantee bank. Design of guarantee bank information system, relate to design concept of SDLC (System Development Life Cycle). In information system design for modeling process will be conducted by creating level 0 Data Flow Diagram then decomposition is conducted for the subsequent levels, for modeling data conducted by creating ERD (Entity Relationship Diagram). The implementation of this guarantee bank using software called Progress version 8.03 as its front-end and RDBMS (Relational Data Base Management System) Progress as its back-end and its platform is SCO-Unix. The selection of the software since its relation with other system and its core banking application. Writer uses "A" Bank to be made Case study object in conducting analysis research include by using data reference and also others which related to this paper.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40519
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Meisadhana
"Operator Selular mengelola data transaksi telekomunikasi dalam jumlah yang sangat besar, seperti data Call Detail Record(CDR), data transaksi SMS(Short Message Service) atau data transaksi pengisian pulsa. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam proses kompetisi bisnis, manajemen memerlukan analisis dan pelaporan dalam bentuk kecenderungan (trend) dan past history, serta mampu memberi prediksi masa datang. Sistem Manajemen basis data yang digunakan saat ini tidak mencukupi untuk digunakan secara optimal bagi manajemen untuk memperoleh apa yang diharapkan. Satu alternatif solusi yang mungkin adalah dengan membangun datawarehouse. Datawarehouse mempunyai kemampuan untuk menyimpan data sejarah masa lalu, kecenderungan dan menyimpan data data dalam bentuk yang sudah tertransformasi untuk memenuhi kebutuhan manajemen, seperti data agregasi statisitik.
Proyek akhir ini melakukan analisis terhadap sistem manajemen basis data di operator selular PT ISAT dan mengusulkan arsitektur datawarehouse yang sesuai. Rancangan data warehouse difokuskan pada bidang keuangan, operasional kinerja jaringan dan distribusi transaksi yang merupakan area-area terpenting pada industri telekomunikasi selular. Untuk membantu dalam analisis multi dimensi dan subyek area tertentu digunakan teknologi OLAP (Online Analytical Processing).

Every single day, telecommunication operator deals with hundreds of millions of call detail records such as; call, short message services (SMS) or recharge transactions. The aggressive evolution of telecommunication industry that changes into customer-oriented model brings the telecommunications operators into enormous competition. Furthermore In this competitive environment, a telecommunication operator that responds to the challenges rapidly would get higher market shared and may come the winner. Availability and reliability of a system that has historical, integrated and legitimate information to support management decision-making process is very crucial. Sometimes, existing operational and transactional system used in daily activity does not meet the needs of valid information to the management. Because of the unavailability of historical or aggregated information, the management could not use the system in a proper way. One of suitable solution to overcome these problems is by implementing data warehouse. Data warehouse has capability to store historical, forecast and valid information to support management decision-making process.
This final project is analyzing and designing data warehouse implementation at PT ISAT, one of the largest telecommunications companies in Indonesia. The design is focused on the main area of telecommunication industry such as; financial, network performance and distributed transactions. Moreover, it also provides multidimensional and particular business subject analysis using online analytical processing (OLAP) technologies as a business intelligence tools."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Faisal
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36868
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>