Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27330 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Clark, Peter
London: Routledge , 1994
658.51 CLA i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dindin Mahmudin Kartama
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi penggunaan Laporan Tahunan Digital berdasarkan konsep Difusi Inovasi. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan variabel independen Relative Relative Advantage, Compatibility, image, Ease of Use, Observability, Trialability, Voluntariness yang mempengaruhi proses adopsi dari penggunaan Laporan Tahunan Digital yang diwakili oleh variabel Kepuasan sebagai bentuk penerimaan proses adopsi Laporan Tahunan Digital.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model ini bisa menjelaskan sebesar 59,8 kepuasan penggunaan Laporan Tahunan Digital dipengaruhi oleh variabel yang ditentukan dan sisanya sebesar 40,2 adalah faktor lain. Sedangkan bila dilihat secara parsial maka hanya ada 3 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu Compatibility, Ease of Use, dan Trialability, dan sisanya Relative Advantage, image, Observability dan Voluntariness tidak memiliki pengaruh signifikan.

This research rsquo s goal is to find out what factors that influence adoption of the usage of Digital Annual Report based on Diffusion of Innovation concept. This quantitative research applied independent variables which are Relative Advantage, Compatibility, image , Ease of Use, Observability, Trialability, and Voluntariness, which affected adoption process of the usage of Digital Annual Report, represented by the Satisfaction variable as a form of acceptance in the adoption process of Digital Annual Report.
Results show that this model illustrates that 59.8 of the satisfaction of using Digital Annual Report is influenced by existing variables, while the rest 40.2 is influenced by other factors. Individually, there are three variables with significant influence Compatibility, Ease of Use, and Trialability. Relative Advantage, image, Observability, and Voluntariness are shown to have no significant influence.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alien Chairina Husni
"Sistem sosial sangat berperan dalam perubahan yang terjadi pada sebuah komunitas, seperti proses difusi suatu inovasi. Sistem sosial membedakan satu kelompok dengan kelompok lain dalam proses difusi inovasi, seperti yang terjadidi salah satu kelompok disabilitas, Komunitas Kartunet. Penelitian ini mengkaji tentang sistem sosial Komunitas Kartunet dan perannya dalam difusi inovasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara mendalam terhadap dua orang informan yang dipilih secara purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketua Komunitas adalah opinion leader sekaligus innovators. Sebagai sebuah kelompok penyandang disabilitas, Komunitas Kartunet sangat terbuka. Inovasi pemanfaatan TIK sangat menarik bagi penyandang disabilitas, terutama untuk mengatasi hambatan, memenuhi kebutuhan, serta mendorong kemandirian. Mereka cenderung lebih mudah menerima dan ingin mengadopsi inovasi karena adanya pengaruh opinion leader dan peer. Selain itu, salah satu indikator yang berperan dalam mendorong difusi inovasi pemanfaatan TIK di Komunitas Kartunet adalah inovasi yang dibuat sebagai kebijakan bagi anggotanya, namun terdapat kebebasan bagi anggota untuk menentukan sendiri keputusan adopsi inovasinya.

The social system is instrumental in the changes that occur in acommunity, such as the diffusion process of an innovation. The social system distinguishes one group from another in the process of diffusion of innovation, as happened in one of the disability groups, Kartunet Community. This study examines the social system of the theKartunet Community and it is role in the diffusion of innovation in the utilization of Information and Communication Technology ICT. Thisresearch is conducted by in depth interview method to two informants chosen purposively.
The results showed that the Chairman of the Community is the opinion leader as well as innovators. As a group of persons with disabilities, the Kartunet Community is very open. Innovation of ICT utilization is very interesting for PwDs, especially to overcome obstacles, meet the needs, and encourage self reliance. They tend to be more receptive and eager to adopt innovation because of the influence of opinion leaders and peers. In addition, one of the indicators that play a role in encouraging the diffusion of ICT utilization innovations in the Kartunet Community is the innovation created as a policy for their members, but there is freedom formembers to decide for them selves innovation adoption decisions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T49119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Coenraad Rezky D
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana proses difusi inovasi pada
adopsi SPIP sebagai suatu inovasi baru di organisasi pemerintahan. Pendekatan
kualitatif digunakan dalam penelitian ini yang diwujudkan melalui metode wawancara,
penelahaan dokumen, dan pengamatan. Visi organisasi, agen perubahan, pimpinan
organisasi, dan media komunikasi berperan penting dalam proses difusi tersebut.
Pemberdayaan sumber daya organisasi tersebut secara kreatif dibutuhkan untuk
penyosialisasian SPIP.

This research means to explore how the diffusion of innovation process on adopting SPIP as a new innovation in government organization. Qualitative approach used in this research is realized through interview method, document review, and observation. Organization vision, change agent, organization leaders, and communication media have important roles in diffusion process. Empowering those organization resources in creative way is needed in socializing SPIP."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hoff, Philipp H.
"Researchers are increasingly trying to improve our understanding of how environmental innovation can be generated and spread across markets. Most previous studies, however, have focused on technology and not on the actual instrument of change : the greentech firm. Philipp Hoff, author of the present study, attempts to correct this imbalance by providing insights into the emerging German greentech industry. He develops and tests an integrated, interdisciplinary theoretical framework for assessing the relationships between innovation, growth and financing from a firm-level perspective, overcoming objections put forth by contemporary business research in the fields referred to."
Heidelberg : Gabler Verlag, 2012
e20396878
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Amaliadanti
"Budaya komunikasi yang diciptakan oleh suatu organisasi memainkan peran penting dalam keberhasilan adopsi AI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan proses penerimaan Artificial Intelligence dalam bidang komunikasi pemasaran di industri B2B Indonesia. Menggabungkan teori Difusi Inovasi dan Technology-Organizational-Environmental Framework, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur terhadap tiga informan yang bekerja di tiga industri B2B dengan sector berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing individu melewati proses lima langkah: knowledge stage, persuasion stage, decision stage, implementation stage, serta confirmation stage. Terdapat dua jenis struktur organisasi yang ditemukan yang terbentuk dalam keputusan adopsi, yaitu struktur organisasi organik dimana lebih cocok untuk fase adopsi, serta struktur organisasi mekanistik yang lebih cocok untuk fase implementasi. Ketiga informan telah berhasil melakukan adopsi AI dikarenakan perilaku kepemimpinan manajemen perusahaan yang cenderung mengkomunikasikan serta mendukung pentingnya inovasi. Budaya komunikasi yang inovatif tidak dapat terlepas dari peran agen penghubung internal yang bersifat informal. Terdapat berbagai macam tools AI di divisi pemasaran industri B2B yang dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsinya masing-masing, yaitu fungsi produksi konten, placement, analisis, dan Customer Service. Manfaat penggunaan AI yang dirasakan yaitu efisiensi waktu dan tenaga kerja, budget, manfaat terhadap kualitas konten dan growth marketing, dan peningkatan kreativitas karyawan. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam menginvestasikan AI tidak sebanding dengan outcome berupa keuntungan serta ketertarikan calon pelanggan kepada perusahaan menjadi lebih besar. Ketiga informan menyatakan bahwa penerapan AI saat ini sudah tepat guna serta akan dilanjutkan untuk membantu kegiatan perusahaan kedepannya.

The communication culture created by an organization plays a vital role in the success of AI adoption. This research aims to analyze the stages of the process of accepting Artificial Intelligence in the field of marketing communications in the Indonesian B2B industry. Combining the Diffusion of Innovation theory and the Technology-Organizational Environmental Framework, this research uses qualitative methods with semi-structured interviews with three informants who work in three B2B industries with different sectors. The research results show that each individual goes through a five-step process: knowledge stage, persuasion stage, decision stage, implementation stage, and confirmation stage. There are two types of organizational structures found that are formed in adoption decisions, namely organic organizational structures which are more suitable for the adoption phase, and mechanistic organizational structures which are more suitable for the implementation phase. The three informants have succeeded in adopting AI due to the behavior of company management leadership which tends to communicate and support the importance of innovation. An innovative communication culture cannot be separated from the role of informal internal liaison agents. There are various kinds of AI tools in the B2B industrial marketing division which can be classified based on their respective functions, namely content production, placement, analysis and customer service functions. The perceived benefits of using AI are time and labor efficiency, budget, benefits to content quality and marketing growth, and increased employee creativity. The costs incurred by companies in investing in AI are not commensurate with the outcomes in the form of profits and the interest of potential customers in the company becomes greater. The three informants stated that the current application of AI is appropriate and will continue to help the company’s activities in the future."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivonanda Nurmahadita Kusuma Nindya
"Mobile wallet menjadi sebuah inovasi baru yang menghadirkan layanan finansial pada perangkat seluler, salah satunya pembayaran dengan metode kredit non kartu, yaitu paylater. Saat ini di Indonesia terdapat beberapa perusahaan dompet digital yang menyediakan fitur pembayaran paylater seperti Shopeepay, OVO, Go-pay, DANA, dan lain-lain. Baik manufaktur maupun financial service melakukan pengembangan inovasi teknologi bukan hanya untuk memberikan keuntungan bagi konsumennya saja, namun juga untuk memperluas ranah bisnis nya dan meraih konsumennya lebih efektif. Maka dari itu, penting untuk melihat ­proses yang berlangsung sebelum konsumen mengadopsi penggunaan paylater. Namun, dapat dikatakan bahwa terdapat banyak hambatan dalam pengadopsian layanan mobile payment. Salah satunya permasalahan keamanan. Penelitian ini akan masuk kedalam penelitian deskriptif menggunakan studi cross-sectional untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini akan mencoba memahami faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengadopsi penggunaan paylater di Indonesia menggunakan model yang diadopsi dari DOI dan memperoleh 211 jawaban responden.  Hasil yang ditemukan bahwa compatibility dan trialability terbukti memiliki pengaruh positif terhadap intention to use dalam penggunaan metode pembayaran paylater. Dan niat seseorang untuk merekomendasikan paylater dipengaruhi oleh relative advantage, compatibility, observability dan trialability.  Temuan hasil penelitian ini memberikan wawasan bahwa kemudahan dalam mencoba inovasi penting untuk mendukung proses adopsi teknologi.

Mobile wallet is an innovation that provides financial services on mobile devices, one of which is payment using a non-card credit method, namely paylater. Currently, there are several digital wallet companies in Indonesia that provide paylater payment features such as Shopeepay, OVO, Go-pay, and DANA. Both manufacturing and financial services develop technological innovations not only to provide benefits for their consumers, but also to expand their business realm and reach consumers more effectively. Therefore, it is important to see ­the process that takes place before consumers adopt the use of paylater. However, it can be said that there are many obstacles in the adoption of mobile payment services. For example, the security of the services. This research will be entered into a descriptive study using a cross-sectional study to answer research questions. This study tried to understand the factors that influence consumers in adopting the use of paylater in Indonesia using the model adopted from the DOI and obtained 211 respondents. The results found that compatibility and trialability were proven to have a positive influence on intention to use of the paylater payment method. And someone's intention to recommend a paylater is influenced by relative advantage, compatibility, observability and trialability. The findings of this study provide insight that the ease of trying innovations is important to support the technology adoption process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiena Maryna Julia Susanti
"Inovasi dari bawah yang bersifat kolaboratif diharapkan dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki sektor publik serta meluasnya cakupan isu dan kompleksitas masalah yang dihadapi. Tesis ini membahas proses difusi inovasi Sekolah Siaga Kependudukan di Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan Teori Difusi Inovasi Everett.M. Rogers. Lima dimensi kolaborasi dari Thomson digunakan untuk menggambarkan proses kolaborasi antar mitra dalam seluruh tahapan proses difusi inovasi program ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus, hasil penelitian mengungkapkan bahwa difusi inovasi Sekolah Siaga Kependudukan di Sukabumi berlangsung sesuai dengan tahapan proses inovasi dalam organisasi menurut Rogers dan bahwa perencanaan konsep inovasi yang matang diperlukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan keseluruhan proses difusi inovasi tersebut.

Collaborative bottom-up innovation is expected to overcome the limitations of the public sector and the widespread coverage of issues and the complexity of the problems they faced. This thesis describes the diffusion of innovation process of Sekolah Siaga Kependudukan in Sukabumi using Everett. M Roger?s Diffusion of Innovation Theory. Five dimensions of collaboration from Thomson is used to describe the process of collaboration among partners in all phases of the diffusion of innovation process of this program. Using a qualitative approach with case study research strategy, this research reveals that the diffusion of innovation process of Sekolah Siaga Kependudukan in Kabupaten Sukabumi is taking place in accordance with Rogers stages of the innovation process in the organization and that there should be a well prepared concept of innovation planning to support the overall implementation process of diffusion of innovation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>