Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112298 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lili M. Sadeli
Jakarta : Bumi Aksara, 2004
658.151 1 LIL a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Pahala
Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2005
657.48 NAI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hadori Yunus
Yogyakarta: BPFE, 1992
657.046 HAD a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Transparency International Indonesia, 2002
657.42 LAP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Bastian
Jakarta: Erlangga, 2010
658.61 IND a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abduh
"ABSTRAK
Salah satu agenda reformasi keuangan negara adalah diterapkannya sistem akuntansi dari
penganggaran tradisional menjadi penganggaran berbasis kinerja. Dengan penganggaran
basis kinerja ini, arah penggunaan dana pemerintah menjadi lebih jelas dari sekedar
membiayai input dan proses menjadi berorientasi pada output. Mewirausahakan
pemerintah (enterprising the government) adalah paradigma yang memberi arah yang
tepat bagi sektor keuangan publik untuk mendorong peningkatan pelayanan. Kemudian
dicetuskanlah pengelolaan keuangan badan layanan umum (PK-BLU).Universitas Negeri
Jakarta (UNJ) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri telah resmi berubah menjadi
status BLU pada Bulan November 2009. UNJ menyelenggarakan akuntansi sesuai
dengan standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh asosiasi profesi akuntan
Indonesia, jika tidak ada standar akuntansi BLU yang bersangkutan dapat menerapkan
standar akuntansi industri yang spesifik setelah mendapat persetujuan Menteri
Keuangan.Penelitian ini mencoba menjawab kompleksitas permasalahan dalam
penyusunan laporan keuangan BLU Universitas Negeri Jakarta, dan memberikan solusi
atau saran atas permasalahan yang dihadapi Universitas Negeri Jakarta untuk
mengoptimalisasikansistem informasi akuntansi terkait penyusunan laporan keuangan
Badan Layanan Umum. Setelah mengolah dengan Soft System Metodhology,
kesimpulannya adalah UNJ perlu merubah struktur organisasi terkait fungsi akuntansi,
memiliki sebuah aplikasi baru secara on line dalam proses penyusunan laporan keuangan,
dan memaksimalkan fungsi SPI dalam hal pengendalian internal.

ABSTRACT
One of the reform agenda of state finance is the implementation of accounting system
from traditional budgeting to performance base budgeting. With this performance base
budgeting, the use of government funds become clearer than just funding an input and
process to become an ouput oriented. Enterprising the government is a paradigm that
gives a right direction for public financial sector to encourage service improvement. Then
the government declared financial management of public service agency (PK-BLU). The
status of State University of Jakarta (UNJ) as one of Public Universities has officially
become BLU on November 2009. UNJ organized accounting in accordance with
accounting standards issued by the association of Indonesian professional accountants, if
there are no accounting standards for BLU, it can apply specific industry accounting
standards after approval from Ministry of Finance. This research tries to answer the
complexity of problems in preparing BLU financial report of State University of Jakarta
and to give solution or suggestions on the problems faced by State University of Jakarta
to optimize accounting information system related to the preparation of Public Service
Agency (BLU) financial report. After processing by using Soft System Methodology, the
conclusion is UNJ need to restructure their organization related to accounting function,
own a new on line applicationin preparation process of financial report, and maximize the
function of SPI in terms of internal control."
2013
T53288
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiasmo
Yogyakarta: Andi, 2018
657 MAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Richie Wibisono
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas proses uji tuntas keuangan yang dilakukan oleh KAP RCH terhadap PT.T perusahaan target atas permintaan klien P Co. calon perusahaan pengakuisisi , yang keduanya bergerak di bidang manufaktur pelumas. Secara historis, kombinasi bisnis seringkali gagal menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham. Dalam hal ini, uji tuntas keuangan bertujuan untuk mengurangi risiko informasi yang harus ditanggung oleh P Co. terkait dengan rencana untuk mengakuisisi PT. T. Untuk itu, KAP RCH melaksanakan prosedur uji tuntas keuangan yang bertujuan untuk mengungkap informasi keuangan PT. T yang relevan bagi pemahaman P Co.Dari proses uji tuntas keuangan, tim KAP RCH memperoleh beberapa temuan berupa kesalahan danrisiko yang masih berada pada kelompok kuning, yaitu tidak membatalkan transaksi.

ABSTRACT
This report explains financial due diligence process performed by KAP RCH towards PT. T target company based on client rsquo s request P Co. acquiring company , both of which are lubricants manufacturers. Historically, business combinations often fail to generate additional value forshareholders. A financial due diligence is performedto reduce the information risk burden on P Co. inherent to its plan to acquire PT. T. Therefore, the objective of this financial due diligence is to reveal any financial information about PT. T that are relevant for P Co. understanding. After performing financial due diligence, KAP RCH obtain some findings in the form of errors and risks that are still classified in a yellow bucket, i.e. will not break the deal."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nensi Natalia
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pengawasan dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang bertujuan untuk meminimalisasi celah bagi para penyelenggara negara melakukan penyimpangan. Pengawasan dapat dilakukan melalui koordinasi antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinasi antara kedua lembaga tersebut dapat dilihat berdasarkan perbandingan antara jumlah pengaduan yang berasal dari masyarakat dengan informasi dari BPK dan sinergi antara Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dengan kasus penyidikan KPK terkait pengadaan barang dan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah informasi terkait kasus yang memiliki indikasi korupsi lebih banyak berasal dari laporan pengaduan masyarakat dibandingkan informasi dari BPK dan telah terdapat sinergi antara LHP BPK dengan kasus penyidikan KPK. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan BPK dapat memberikan seluruh laporan hasil pemeriksaan setiap lembaga/kementerian negara dan pemerintah daerah yang mengindikasikan ketidakwajaran atas laporan keuangan, sehingga koordinasi antara BPK dan KPK lebih optimal dalam pengawasan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

ABSTRACT
This thesis explained about supervision in the accountability of state financial management that aims to minimize the opportunity of state official misconduct. The supervision can be conducted through coordination between Audit Commission (BPK in Indonesia) and Commission Eradication Corruption (KPK in Indonesia). Coordination between both of the institutions can be seen by comparison between amount of information from the community with information from BPK and the synergy between examination report from BPK with the KPK?s cases related to the procurement of goods and services. The research show that amount of information which indicated corruption related cases sourced more than information from the community compared with information from BPK and there have been synergies between examination report from BPK with the KPK?s cases. Based on the results of research, BPK is expected to provide all examination reports of each ministry or institution which have indication about misstatement on financial report, so coordination between BPK and KPK can be optimal in supervision of accountability state financial management."
2013
T34658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christy Desmita Natalia
"Konvergensi IFRS dalam PSAK 16 (revisi 2011) memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perpajakan dalam hal terjadi penerapan model revaluasi. Salah satu efek dari penerapan model revaluasi adalah adanya perbedaan dasar penyusutan secara akuntansi dan secara fiskal. Penelitian ini mengkaji tentang latar belakang perbedaan ketentuan perlakuan revaluasi aktiva tetap perusahaan perkebunan kelapa sawit antara PSAK dengan PMK dan permasalahan-permasalahan yang timbul sehubungan dengan perbedaan ketentuan perlakuan revaluasi aktiva tetap perusahaan perkebunan kelapa sawit antara PSAK dengan PMK. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan deskriptif.
Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan latar belakang perlakuan revaluasi aktiva tetap perusahaan perkebunan kelapa sawit antara PSAK dengan PMK dimana IAI mengadopsi IFRS terbaru karena ada kesepakatan antara Menteri Keuangan saat itu dengan pejabat-pejabat dari negara anggota G-20 untuk menyeragamkan standar penyusunan laporan keuangan. Di sisi lain, menurut DJP, berdasarkan pasal 4 ayat 1 huruf m UU PPh bahwa selisih dari revaluasi merupakan objek pajak. Perbedaan ketentuan perlakuan revaluasi kelapa sawit antara PSAK dengan PMK menyebabkan permasalahan-permasalahan seperti cash flow, perbedaan objek revaluasi, periode revaluasi, pembebanan biaya penyusutan dan penurunan nilai aset.

The convergence of IFRS in PSAK NO. 16 (revised 2011) has a very significant influence on taxation in case of application of the revaluation model. One of the effects of the application of the revaluation model is the basic difference in depreciation accounting and fiscally. This research examines the differences of background conditions of treatment of the company's fixed assets Revaluation palm oil plantations between PSAK with PMK and problems arising in connection with the treatment of the revaluation provisions differences in fixed assets between Palm oil plantation company PSAK with PMK. this research is qualitative research with the goal of a descriptive.
The results of research said there were differences background treatment revaluation assets keep company oil palm plantations between PSAK and PMK where with IAI adopt latest IFRS because there was an agreement between finance minister at the time with officials from the member countries of the g-20 to uniform standard the preparation of financial report. At the other side according to djp, based on article 4, paragraph 1 of the letter m the law on income tax that difference of revaluation is an object of taxes.The difference between the provision treatmentpalm oil revaluation PSAK with PMK causing problems as cash flow, differences revaluation, an object a period of revaluation, the inflicting costs depreciation and a decrease in value of an asset.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41832
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>