Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 72589 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Radityo Nugroho Rosadi
"Penelitian ini menggunakan bukti studi kasus untuk menguji bagaimana COVID-19 berdampak pada kondisi kesejahteraan subjektif pekerja pertunjukan perkotaan berbasis platform online. Temuan awal menunjukkan bahwa perusahaan platform harus lebih memperhatikan umpan balik pekerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, karena produktivitas akan lebih baik dicapai dengan kepuasan hidup umum yang lebih baik. Pekerja pertunjukan biasanya menghadapi tantangan yang berbeda dalam sifat atau intensitas dari yang dialami oleh pekerja organisasi tradisional. Penelitian-penelitian sebelumnya mengenai topik tersebut masih menghadirkan beberapa perspektif tentang bagaimana kesejahteraan pekerja terpengaruh selama krisis Covid-19. Dalam penelitian ini, 9 orang pengendara ojek online diwawancarai dalam focus group discussion. Temuan awal menunjukkan bahwa technostressors memainkan peran besar. Pengemudi merasa bahwa aplikasi mengontrol rutinitas harian mereka dengan ketat melalui cara protokol diatur. Sifat pendapatan mereka yang tidak menentu mempengaruhi tingkat kecemasan pada beberapa pengemudi selama krisis Covid-19. Selain itu, kurangnya dukungan manajemen dari aplikasi perantara menyebabkan ketegangan dalam hubungan manajemen dan karyawan; menyebabkan beberapa bentuk ketidakpercayaan dari pengemudi.

This research uses case study evidence to examine how COVID-19 has impacted the subjective well-being condition of online platform based urban gig workers. Initial findings suggest that the platform companies should pay more attention to worker feedback to create better working environment, as productivity will be better achieved with better general life satisfaction. Gig workers commonly face challenges that differ in nature or intensity from those experienced by traditional organizational worker. Previous researches regarding the topic still present few perspectives regarding how the worker’s well-being is affected during the Covid-19 crisis. In this study, 9 online motorcycle drivers were interviewed in a focus group discussion. Initial findings show that technostressors play a big role. Drivers do feel that the app controls their daily routine tightly through the way the protocols are set up. The precarious nature of their income affects anxiety levels in some drivers during the Covid-19 crisis. Furthermore, the lack of management support from the intermediary apps causes strain in management and employee relationship; causes some form of distrust from the drivers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Muhammad Hadian
"Pada zaman modern ini, tindakan kriminal semakin meningkat khususnya kepada pencurian kendaraan sepeda motor. Tugas akhir ini mengembangkan sistem keamanan rahasia pada kendaraan bermotor yang mengandalkan ke unikan biometrik sidik jari manusia. Alat bekerja sesuai isi yang ada di database fingerprint dan menggunakan komponen arduino uno sebagai alat utama yang berfungsi sebagai sistem kontroller syarat autentikasi untuk menyalakan mesin kendaraan sepeda motor. Sistem menggunakan sebuah mikrokontroller Arduino Uno, satu unit kendaraan bermotor roda dua, GSM modul, dinamo motor, relay, aki sebagai sumber listrik, GPS sebagai fitur tambahan dan Ubec converter. Sistem yang dikembangkan pada penelitian ini merupakan sistem yang terintegrasi pada motor Honda revo 110 cc.
Dari hasil pengujian, performa rata-rata waktu yang dibutuhkan pada enroll fingerprint dengan sampel sebanyak 30 ID adalah 4,98 detik, persentase keberhasilan ID recognition dengan sidik jari yang telah di enroll adalah sebesar 86, perbandingan rata-rata responsivitas modul global positioning system GPS dalam mencari lokasi di dalam ruangan dan di luar ruangan adalah 547,065 ms dan 39,9265 ms. Kemudian rata-rata penilaian responden untuk fungsi utama adalah baik setuju dengan rincian nilai sebesar 4,2, nilai komponen pada alat sebesar 4,12, dan nilai tampilan desain dan packaging sebesar 3,30 dari skala nilai 5.

In this modern era, criminal acts have been increasing especially in cases of motorcycle burglary. The main idea of this final project is about developing a hidden security sytem on motorcycle that relies on the uniqueness of biometrics on human fingerprint. The device operates based on what 39 s in the fingerprint database and uses Arduino UNO as the core device functioning as authentication prerequirement control system to start up the motorcycle. The system contains of an Arduino UNO microcontroller, one unit of motorcycle, GSM module, motor dynamo, relay, car battery as electrical power source, GPS as additional feature and Uber converter. The system developed in this research is an integrated system on Honda Revo 110 cc motorcycle.
The experiment result shows that the average time performance needed on fingerprint enroll with 30 IDs as samples is 4.98s, the percentage of success on ID recognition with enrolled fingerprint is 86 , the average ratio of responsivity of the GPS module in lmfinding location indoors abd outdoors is 547.065 ms and 39.9265 ms. Finally, the average score from respondents for main function is good agree with score detail of 4.12, and score for appearance and packaging design is 3.30 from scale of 5.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Dwi Putra
"Tingginya jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia khususnya di daerah Ibukota merupakan alasan utama pentingnya peningkatan sistem keamanan sepeda motor itu sendiri. Tiap tahun terjadi mencapai puluhan ribu kasus pencurian sepeda motor baik saat sepeda motor sedang dikendarai maupun saat diparkir. Tugas akhir ini mengembangkan prototipe peningkatan sistem keamanan sepeda motor dengan memanfaatkan sistem starter jarak jauh menggunakan koneksi Bluetooth dan autentikasi sidik jari. Sistem dilengkapi dengan sistem pemantauan posisi sepeda motor secara realtime yang dapat diakses di semua platform. Komunikasi machine-to-machine antara Arduino melalui Bluetooth digunakan untuk melakukan pengapian ignition, starter, dan pencarian sepeda motor sehingga sepeda motor dapat dinyalakan dan dimatikan selama berada dalam jangkauan Bluetooth. Fitur-fitur tersebut hanya dapat diakses apabila sidik jari yang dimasukkan pada alat merupakan sidik jari yang sudah terekam sebelumnya. Sistem terdiri dari sebuah transceiver yang digunakan sebagai pengganti kunci dan starter sepeda motor serta sebuah receiver yang berfungsi merekayasa kelistrikan sepeda motor. Hasil percobaan yang dilakukan adalah sistem berhasil diterapkan pada sepeda motor dengan tujuan peningkatan sistem keamanan dengan cara pemberitahuan dini kecurian sepeda motor melalui panggilan telepon ke pemilik sepeda motor, dapat menyalakan sepeda motor dari jarak maksimal 36 meter serta pemantauan posisi terkini sepeda motor melalui Website yang diperbarui setiap 9 detik.

The high number of motorcycles in Indonesia, especially in the capital region is the main reason of the motorcycle system itself. Each year there are thousands of cases of motorcycles both when the motor is being driven or parked. This final project develops prototype system by using long distance starter system using Bluetooth connection and fingerprint authentication. The system is equipped with a monitoring system to monitor the position of the motorcycle in realtime which can be accessed on all platforms. Communication machine to machine between Arduino via Bluetooth to ignition ignition, Starter, and motorcycle search. The bicycle bicycle can be switched on and off during Bluetooth. These features can only be accessed by the fingers used in pre recorded fingerprint devices. The system consists of a transceiver used as a ignition also starter motor and Receiver that works to control electricity of motorcycle. The result of the experiment is that the sistem successfully applied to the motorcycle with the right system by detecting stolen cases early motorcycle through telephone to the owner of the motorcycle, can ensure the motorcycle from a maximum distance of 36 meters which refresh Website every 9 seconds."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evie Komalasari
"Pesatnya pertumbuhan sepeda motor dewasa ini berdampak pula pada meningkatnya angka kecelakaan akibat pengguna sepeda motor. Minimnya perlindungan dari sepeda motor dan sifatnya di jalan raya yang terlihat namun tidak terlihat membuat pengguna sepeda motor rawan luka pada saat terjadi kecelakaan. Karena bentuknya yang relatif kecil dan mampu melewati jalan-jalan kecil, pengemudi sepeda motor juga sering melakukan manuver-manuver yang berbahaya bagi kendaraan lain.
Tulisan ini bertujuan untuk melihat tingkat kepedulian pengguna sepeda motor di Jakarta, Depok, dan Sragen terhadap keselamatan berlalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kuesioner serta cross sectional tiga kota, Jakarta, Depok, dan Sragen hasil penelitian peneliti sebelumnya. Metode pengolahan data yang diterapkan adalah tabulasi data dan metode statistik chi square untuk melihat signifikansi antara ketiga wilayah tersebut.
Hasil uji statistik deskriptif dan chi square memperlihatkan bahwa di daerah Jakarta, tingkat kepedulian terhadap keselamatan rendah pada pengetahuan mengenai standar helm keselamatan di jalan raya dan pengetahuan tata cara menggunakan helm yang benar. Di daerah Depok, tingkat kepedulian terhadap keselamatan rendah pada variabel penggunaan helm standar, kepemilikan SIM C, intensitas selalu menggunakan helm, penggunaan helm terutama pada perjalanan jarak pendek, serta pengetahuan mengenai bagian-bagian tubuh yang rawan luka pada saat terjadi kecelakaan. Sedangkan di daerah Sragen, tingkat kepedulian terhadap keselamatan rendah pada variabel penggunaan helm, pengunaan jaket, penggunaan sepatu, penggunaan sarung tangan, ketepatan dalam menggunakan helm, kondisi lampu, kapasitas jumlah penumpang, pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas, batas usia minimal kepemilikan SIM C, serta kesadaran dalam penggunaan helm sebagai pelindung kepala.
Dari hasil pengolahan data kemudian dibuat suatu prioritas program keselamatan baik untuk ketiga wilayah maupun untuk masing-masing wilayah kajian. Program keselamatan ditekankan pada upaya pencegahan dan pengurangan korban kecelakaan.

Rapid increase in the volume of motorcycle this time impact the rising number of accident rate caused by motorcycle user. Minimum protection of motorcycle and its characteristic which visible but invisible in the highway, make the user of motorcycle will injured when the accident happened. Small shape of the motorcycle and its capability to pass through a narrow road make motorcycle s rider doing dangerous moving for the other vehicle.
This research purpose to observe the attention level of the motorcycle user in Jakarta, Depok, and Sragen about road safety. The way of doing this research is with using raw data such as cross sectional data and quationnaire from the previous reseach. Processing data method using data tabulation and chi square test statistical method to find level of significant between Jakarta, Depok, and Sragen.
The result of descriptive statistic and chi square test explain that Jakarta has low attention level of safety in variable knowledge of safety helmet standard and knowledge of properness of helmet usage. Depok has low attention level of safety in variable standard helmet usage, driving license ownership, helmet usage intensity, helmet usage especially in short travel, knowledge of part of the body which is sensitive to get injury when the accident happened. And Sragen has low attention level of safety in variable helmet usage, jacket usage, shoes usage, glove usage, accuracy in using helmet, the light of motorcycle, passenger capacity, knowledge of traffic regulation, minimal age limit to make driving license, awareness in helmet use as a head protector.
After that the result of data processing made a safety priority program for all area or each area. Safety program is focused in preventive and reducing crash victim effort."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35269
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kazhka Tirtandy
"Indonesia merupakan negara dengan jumlah sepeda motor yang sangat banyak, sehubungan hal tersebut semakin maraknya juga tingkat pencurian yang terjadi dengan jumlah puluhan ribu pada setiap tahunnya. Oleh karena itu dibutuhkannya sistem keamanan sepeda motor yang dapat mengurangi kasus kasus pencurian yang terjadi di indonesia tersebut. Sudah banyak juga alat alat yang dibuat untuk mengurangi kasus kasus tersebut seperti tag RFID dan lain sebagainya. Bahkan ada yang menambahkan alat sejenis mikrokontroller untuk mengatur hidup dan matinya mesin sepeda motor. Akan tetapi pada industri sepeda motor menambah alat pada sepeda motor tidaklah baik karena sepeda motor sendiri sudah banyak alat didalamnya. Pada tugas akhir ini sistem keamanan yang dibangun adalah menyalakan sepeda motor dengan smartphone. Sistem dibangun menggunakan mikrokontroler Arduino yang diletakkan pada sepeda motor dan bertugas mengontrol mekanisme starter pada sepeda motor. Komunikasi antara smartphone Android dan Arduino ditangani oleh Bluetooth Low Energy denngan konsumsi daya yang lebih rendah. Keamanan pada sistem ini juga dijaga dengan metode three way handshake dan asimetrik kriptografi untuk menjaga pengiriman data. Asimetrik kriptografi yang diterapkan membuat pengiriman data lebih aman karena dapat melakukan enkripsi dan dekripsi dengan 2 kunci yang berbeda. Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini adalah sistem keamanan yang dikembangkan berhasil diimplementasikan pada sepeda motor untuk meningkatkan keamanan yang ada, dengan waktu tercepat yang dibutuhkan untuk menyalakan sepeda motor adalah sebesar 1245 ms dan waktu terlama yang dibutuhkan untuk menyalakan sebesar 1858 ms tergantung dari besar komputasi yang dilakukan.

Indonesia is a country with a very huge amount of motorbikes, that leads to the increasing number of motorbikes-theft rate every year. Therefore, a motorbike security system that is able to reduce the number of theft rate is needed in Indonesia. Many tools have been built to lower the number of theft rate, one of them is RFID tag. Moreover, a tool thats similar to microcontroller is used to control the on off state of the motorbikes engine. However, in motorbikes industry, adding tools to the motorbike itself is not likely recommended because there are already lots of tools inside the motorbike. In this thesis, the security system that is built is a system that allows people to start the motorbike with a smartphone. The system is built using Arduino microcontroller which is installed to the motorbike and able to control the starter mechanism in a motorbike. Communication between Android smartphone and Arduino is handled by Bluetooth Low Energy which have lower consumption energy. The security in this sytem is also protected with a three-way handshake method and asymmetrical cryptography so that the data transfer process is secured. Asymmetrical Cryptography which had been implemented on this system make the data transfer is more secure because it can make encryption and decryption with 2 different keys. The result that is obtained from this thesis is a successfully implemented security system in a motorbike to improve security, with the fastest time needed to turn on a motorcycle is 1245 ms and the longest time needed to turn on is 1858 ms depending on the amount of computation which must be done."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Huda
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas analisis faktor yang mempengaruhi intensi penggunaan alat pelindung diri (APD) untuk pengguna sepeda motor pada mahasiswa di Depok tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan disain potong lintang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah theory of planned behavior yang mengatakan bahwa intensi dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensi untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) tinggi dengan variabel sikap sebagai variabel yang paling berpengaruh.

ABSTRACT
The focus of this study is to analyze factors that influence intention of personal protective equipment (PPE) for motorcyclist use among college students in Depok 2016. The study was a quantitative research and conducted by a cross sectional method. Theory that used in this study is theory of planned behavior. Based on theory of planned behavior, intention influenced by attitude, subjective norms, and perceived behavioral control. The result showed that intention to use personal protective equipment for motorcyclist is high and attitude is the most strongest predictor for PPE use intention. "
2016
S62822
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa Ahadini
"ABSTRACT
Berdasarkan masih tingginya angka pelanggaran kendaraan bermotor pada tahun 2017 dan keluhan dari konsumen terkait aspek keselamatan berkendara dari pengemudi ojek online perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran analisis efektivitas pelatihan safety riding Rifat Drive Labs pada pengemudi ojek online Jabodetabek tahun 2018. Penelitian dilakukan terhadap pengemudi ojek online Jabodetabek yang telah mengikuti pelatihan safety riding Rifat Drive Labs, instruktur Rifat Drive Labs, dan konsumen aktif jasa ojek online. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, observasi, dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi empat level Kirkpatrick, yakni evaluasi pada tingkat reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Secara garis besar gambaran evaluasi pelatihan pada tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perilaku, dan tingkat hasil menunjukkan hasil yang cukup baik. Ditemukan beberapa faktor risiko yang berpengaruh dalam efektivitas pelatihan yang bersifat internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi karakteristik individu dan preferensi peserta pelatihan. Faktor eksternal meliputi unsur pelaksanaan pelatihan, dukungan lingkungan kerja, intervensi penumpang serta kondisi motor dan jalan raya. Peneliti merekomendasikan agar pihak yang terkait lebih aktif untuk melakukan evaluasi pasca pelatihan secara berkala dan berkesinambungan.

ABSTRACT
Based on the high number of motorcycle violations in 2017 and complaints form consumers related to the safety riding aspect from ojek online riders it is necessary to conduct a study that aims to provide an overview of the effectiveness analysis of safety riding Rifat Drive Labs training on ojek online riders at Jabodetabek in 2018. This study was conducted on ojek online riders that already attended safety riding training Rifat Drive Labs, instructor of Rifat Drive Labs, and active consumer of ojek online service. Data collection were done by distributing questionnaires, observations, and in depth interviews. This study uses four levels of Kirkpatrick 39 s evaluation theory, which are evaluation of reaction, learning, behavior and outcomes level. Broadly speaking, the training evaluation overview at four level show good results. There are several risk factors that influence the effectiveness of training that comes from internal and external. Internal factors include individual characteristics and participants 39 preference. External factors include elements of training implementation, work environment support, passenger intervention also motorcycle and road conditions. The researcher recommends that the stakeholders should be more active to conduct post training evaluations on a regular and continuous basis. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Aishah Prasetyowati
"Tesis ini membahas pencitraan kelompok Rohingya melalui artikel berita pada laman media Reuters dan CNN Indonesia daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana citra kelompok Rohingya terbentuk melalui pemilihan kata, pemilihan informasi, dan penggunaan ilustrasi dalam bahasa Inggris sebagai teks sumber dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia sebagai teks sasaran. Implikasi faktor ekstratekstual teks, intratekstual teks, dan penerapan strategi penerjemahan untuk mencapai skopos penerjemahan menyebabkan perbedaan antara teks sumber (TSu) dan teks sasaran (TSa). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan teori fungsional Nord dan model analisis wacana kritis dari Van Djik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CNN Indonesia menggunakan metode penerjemahan semantis dan komunikatif dalam menerjemahkan artikel berita dari Reuters. Hasil analisis data menunjukkan terdapat lima prosedur penerjemahan dalam teks berita yaitu reduksi, eksplitisasi, generalisasi, partikularisasi, dan modulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media seharusnya tidak hanya fokus untuk menghasilkan artikel berita terjemahan dalam waktu singkat, tetapi dapat ikut berpartisipasi dalam melindungi hak kelompok minoritas sesuai dengan prinsip dasar jurnalistik.
The focus of this study is the image of Rohingya people presented by Reuters and CNN Indonesia online news. The aim of this research is to study how Rohingya people are presented by word choices, information selection, and photos in English as the source text and their translations in Bahasa Indonesia as the target text. The implication of extratextual factors, intratextual factors and translation strategies to achieve the skopos of translation may cause differences in source and target texts. This research is qualitative descriptive and applied functional theory by Nord and Critical Discourse Analysis (CDA) by Van Djik. The result shows CNN Indonesia applies semantic and communicative methods to translate news articles from Reuters. The result of data analysis shows that there are five translation prosedures found in the text which are reduction, explicitation, generalization, particularization, and modulation. In conclusion, media should not only focus on translating online news articles instantly, but also participate to protect minority rights through its news articles according to core values of journalism."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 40 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Wibowo
"Skripsi ini berusaha meneliti sosialisasi keselamatan berkendara yang berlangsung di dalam kegiatan kopdar yang dilakukan oleh perkumpulan pemotor. Terdapat tiga perkumpulan pemotor yang dilibatkan (JMC Chapter Depok, OHM 17+ ML Style, dan D’Broter Motorcycle). Masing-masing perkumpulan memiliki pemaknaan yang berbeda tentang keselamatan berkendara. Hal itu membuat nilai-nilai keselamatan berkendara yang disosialisasikan menjadi beragam. Proses sosialisasi keselamatan berkendara berlangsung melalui interaksi yang saling dilakukan oleh para anggota perkumpulan pemotor. Sosialisasi keselamatan berkendara dapat berfungsi sebagai kontrol untuk anggota-anggota yang menjadikan perkumpulan pemotor sebagai sarana aktualisasi diri.

This study is focus on socialization of safety riding in the kopdar activity that is organized by motorcyclists associations. There are three motorcyclists associations that involved in this study (JMC Chapter Depok, OHM 17+ ML Style, and D’Broters Motorcycle). Every association has distinctive safety riding meanings. Those meanings makes values of safety riding that is socialized become varied. Socialization process works through interactions and not works in one direction. Socialization of safety riding works as control to members that makes the association as medium of self actualization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58317
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Nugraha Wardhana
"Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui perkiraan dampak potensial berbagai skenario ledakan senjata nuklir pada populasi penduduk dan beberapa sungai Jakarta. Pemodelan menggunakan empat skenario daya ledak: 10 kiloton, 500 kiloton, dan 1000 kiloton, dan 5000 kiloton. Skenario yang digunakan dibagi menjadi dua, yaitu dampak langsung dan tidak langsung dari ledakan senjata nuklir.
Hasil menunjukkan perluasan wilayah dampak langsung seiring dengan peningkatan daya ledak senjata nuklir; radiasi panas memiliki cakupan wilayah dan laju perluasan tertinggi, sedangkan radiasi nuklir langsung memiliki laju perluasan terendah; dan perubahan arah wilayah dampak tidak langsung mengikuti pola angin musim normal dan musim terpengaruh fenomena atmosfer seperti badai tropis.

The research aims on determining potential effects of several nuclear weapon explosion scenarios on the population and rivers of Jakarta. Modeling used four yield scenarios: 10 kilotons, 500 kilotons, and 1000 kilotons, dan 5000 kilotons. Scenario used were divided into two, direct effects and indirect effects.
Results show expansion of direct effects regions follows yield increase; thermal radiation region has the largest area and highest expansion rate, while direct nuclear radiation region has the lowest; and direction changes of non-direct effects regions follow normal seasonal and tropical storm-affected seasonal patterns.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
S52910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>