Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162532 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajar Nyfantoro
"Penggunaan Instagram semakin meningkat saat ini, tidak hanya digunakan sebagai media sosial pribadi tetapi juga dimanfaatkan perpustakaan sebagai sarana promosi. Tesis ini membahas bagaimana Perpustakaan Prasetiya Mulya mengelola dan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian menggunakan wawancara, observasi dan kajian dokumen. Wawancara dilakukan pada admin akun Instagram dan Kepala bagian layanan koleksi digital Perpustakaan Prasetiya Mulya. Data yang diperoleh untuk mengidentifikasi pengelolaan akun Instagram @prasmul_library dan digunakan untuk menganalisis Instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan penggunaan koleksi elektronik Perpustakaan Prasetiya Mulya. Hasil penelitian menunjukkan akun Instagram @prasmul_library belum memiliki peran penting sebagai media yang dapat melakukan perubahan pada lingkungan di Perpustakaan Prasetiya Mulya.  Tingginya penggunaan koleksi elektronik Perpustakaan Prasetiya Mulya masih didominan oleh layanan bimbingan pemakai dan peran serta pengajar. Perpustakaan Prasetiya Mulya menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan akun Instagramnya. Oleh karena itu, Perpustakaan Prasetiya Mulya perlu memberikan perhatian lebih pada kegiatan pengelolaan akun Instagramnya, seperti membuat pedoman tertulis bagi administrator akun Instagram, mengikutsertakan dalam pelatihan pengelolaan media sosial, menambah sumber daya manusia dan fasilitas penunjang agar penggunaan akun Instagram @prasmul_library lebih optimal dan dapat melakukan perubahan bagi lingkungan di Perpustakaan Prasetiya Mulya serta penggunaan koleksi elektronik menjadi meningkat.

The use of Instagram is increasing at this time, not only used as personal social media but also used by the library as a promotional tool. This thesis discusses how the Prasetiya Mulya Library manages and uses social media as a promotional tool. This descriptive study uses a qualitative approach with a case study method. Research data using interviews, observation and document review. Interviews were conducted on the Instagram account admin and the Head of Prasetiya Mulya Library's digital collection service. The data was obtained to identify the Instagram account management @prasmul_library and was used to analyze Instagram as a promotional tool to increase the use of the Prasetiya Mulya Library electronic collection. The results showed the Instagram account @prasmul_library does not yet have an important role as a medium that can make changes to the environment in the Prasetiya Mulya Library. The high use of Prasetiya Mulya Library's electronic collection is still dominated by user guidance services and teacher participation. Prasetiya Mulya Library realizes the importance of promotion through social media but several obstacles were found in management his Instagram account. Therefore, the Prasetiya Mulya Library need to pay more attention to Instagram account management activities, such as creating written guidelines for Instagram account administrators, involving in social media management training, adding human resources and supporting facilities so that the use of the Instagram account @prasmul_library is more optimal and can make changes to the environment in the Prasetiya Library Mulya and the use of electronic collections is increasing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayan Mardianah
"ABSTRAK
Transfer pengetahuan adalah komunikasi pengetahuan dari sumber sehingga dipelajari dan diterapkan oleh penerima. Transfer pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui percakapan secara tatap muka alami dan interaksi sosial umum. Transfer pengetahuan dapat diterapkan pada berbagai bidang pengajaran, termasuk didalamnya pengajaran literasi informasi berupa orientasi perpustakaan. Literasi informasi merupakan faktor kunci dalam pembelajaran seumur hidup dan langkah pertama dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini membahas transfer pengetahuan pada kegiatan literasi informasi di perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis transfer pengetahuan dalam Introductory Program di Perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya dan menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi pada penerapan transfer pengetahuan. Proses transfer pengetahuan dapat tergambar melalui rangkaian kegiatan dalam program tersebut menggunakan model konversi pengetahuan SECI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya secara umum mahasiswa merasa ldquo;mereka tidak mengetahui bahwa mereka tidak tahu rdquo;, artinya dalam hal memiliki keterampilan literasi informasi sebagai pembelajaran sepanjang hayat, mereka tidak menganggap ketrampilan tersebut penting untuk dimiliki. Hambatan dalam transfer pengetahuan di perpustakaan berkaitan dengan budaya dan struktur organisasi.

ABSTRACT
Knowledge transfer is knowledge communication from source so as to be learned and applied by recipient. Knowledge transfer can be performed through natural face to face conversation and general social interaction. Knowledge transfer can be applied on various teaching fields, including information literacy teaching in the form of library orientation. Information literacy is a key factor in life long learning and the first step in achieving education objectives. This research discusses knowledge transfer in information literacy activity at Universitas Prasetiya Mulya Library. The purpose of this research is to analyze knowledge transfer in Introductory Program at Universitas Prasetiya Mulya Library and obstacles in knowledge transfer implementation. Knowledge transfer process can be depicted through a series of activities in the program using SECI knowledge conversion model. The approach used in this research is qualitative with case study method. Data in this research were collected through participant observation and interview. The result of this research shows that Universitas Prasetiya Mulya students feel ldquo they do not know that they do not know rdquo , meaning that in terms of possessing information literacy skill as life long learning, they do not consider it important to have such skill. Obstacles in knowledge transfer at the library are related to culture and organization structure.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T49681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erik Rikiyandi
"Konten unggahan #uilibapproved yang diunggah melalui Instagram merupakan salah satu strategi Perpustakaan UI dalam melakukan promosi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas promosi koleksi buku tercetak yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia melalui akun instagram @ui_library. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada 389 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan model AIDA serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa semua variabel AIDA berada pada tingkat efektivitas yang sama yaitu baik, dengan nilai 80,32% untuk attention, 70,80% untuk interest, 75,60% untuk desire, dan 69,48% untuk action. Konten unggahan #uilibapproved yang diunggah oleh Perpustakaan UI melalui Instagram memiliki kontribusi yang baik dalam promosi perpustakaan.

The #uilibapproved content uploaded via Instagram is one of UI Library's strategies in conducting library promotions. This study aims to measure the effectiveness of the promotion of printed book collections conducted by the Universitas Indonesia Library through the @ui_library Instagram account. This type of research is quantitative descriptive research. The instrument used in this study was a questionnaire distributed to 389 respondents. The data obtained was then processed using the AIDA model and analyzed using descriptive analysis. The results of this study reveal that all AIDA variables are at the same level of effectiveness, which is good, with a value of 80.32% for attention, 70.80% for interest, 75.60% for desire, and 69.48% for action. The #uilibapproved content uploaded by UI Library through Instagram has a good contribution to library promotion."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Kusumaningtiyas
"ABSTRAK
Berdasarkan panduan Rencana Strategis Universitas Prasetiya Mulya untuk periode tahun 2016-2020, salah satu permasalahan strategis yang menjadi perhatian adalah mengenai rendahnya output publikasi penelitian. Selain itu, Universitas Prasetiya Mulya menerapkan metode pembelajaran yang student centered, problem solver dan mengembangkan manusia melalui soft skill. Oleh karena itu, manajemen Universitas Prasetiya Mulya menggunakan konsep ldquo;commons rdquo; sebagai panduan dalam mengembangkan layanan dan fasilitas perpustakaan untuk mendukung metode pembelajaran dan meningkatkan output publikasi penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi Information Commons di Astra International Library, berdasarkan aspek filosofis 4C yaitu connectivity, collaboration, creation dan community. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah hanya aspek collaboration dan community yang telah terpenuhi dan mampu menggambarkan keunikan dan ciri khas dari lingkungan Astra International Library, sedangkan aspek connectivity dan creation belum terpenuhi dengan baik.

ABSTRACT
Based on the Strategic Plan guide of Universitas Prasetiya Mulya for the period of 2016 2020, one of the biggest concerns is the low output of the research publication. In addition, the learning methods applied by Universitas Prasetiya Mulya are student centered method, problem solver and human development through soft skills. Thus, the management of Universitas Prasetiya Mulya used the concept of ldquo commons rdquo as a guide in developing library services and facilities to support learning methods and improve the output of research publications. This research described and analyzed the implementation of Information Commons in Astra International Library, based on the philosophical aspect of Information Commons service called 4C which consists of connectivity, collaboration, creation, and community. The method of approach in this study was qualitative method using case study. The data was collected through observation, document study, and interview. The result of this study showed that according to the four aspects of Information Commons philosophical services, only collaboration and community aspects are able to depict the uniqueness and special characteristics of Astra International Library environment, on the other hand, connectivity and creation aspects has not been performed well."
2017
T48504
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeremi Kevin
"Twitter merupakan salah satu media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah sebagai media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan Twitter sebagai media promosi Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah temuan interaksi antara pustakawan dan pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia terkait adanya aliran informasi dan komunikasi dua arah melalui Twitter. Perpustakaan Universitas Indonesia belum maksimal dalam memanfaatkan Twitter karena adanya kendala pada pustakawan dalam mempublikasikan hasil pekerjaannya.

Twitter is one of the social media. It is very popular and widely used for various purposes, one of which was as a media promotion. The purpose of this research is to know the empowerment of Twitter as a promotional media Universitas Indonesia Library. This research is qualitative research using the case study method. The results of this research are findings of the interaction between user and librarian at the Universitas Indonesia Library related to the flow of information and two-way communication via Twitter. University Indonesia Library have not been fullest in utilizing Twitter due to constraints on librarians in publicizing the results of its work."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Prasetiya Mulya Business School, 1986
FOMAPRM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Prasetiya Mulya Business School, {s.a.}
650 JMPM 7:12 (2002) (1)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Rossita Dewi
"Penelitian ini membahas mengenai iklan layanan masyarakat yang diproduksi oleh Perpustakaan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan proses penyampaian iklan layanan masyarakat serta tanggapan dari pemustaka terhadap iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Nasional masih memiliki kekurangan dalam melakukan promosi, selain itu iklan layanan masyarakat produksi Perpustakaan Nasional juga belum efektif karena belum mampu memenuhi tujuan dari promosinya.

This mini-thesis presents an evaluation of library public service announcement (PSA) at Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. The purposes of this research are to describe the dissemination process of public service announcement to the public and understanding the user respons about the PSA. A case study method is used in this qualitative research. The result shows that promotion held by National library haven?t maximal yet. In addition, National Library? PSA haven?t effective since the promotion purposes isn?t accomplished yet."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61429
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Dewi Retno Lestari
"Selama hampir 23 tahun Prasetiya Mulya Business School (PMBS) hanya fokus pada pendidikan strata pascasarjana (S2) dengan menyasar pada profesional atau perusahaan untuk menghasilkan sumber daya manusia andal di bidang Magister Manajemen (MM).
Ketika PMBS membuka program S1 Bisnis pada tahun 2005, dengan menyasar lulusan sekolah menengah atas sebagai calon mahasiswa, maka tantangan yang dihadapi adalah memperkenalkan nama perguruan tinggi di segmen pasar yang berbeda sekaligus menghadapi tingginya persaingan antar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk memperoleh mahasiswa baru.
PMBS membangun ekuitas merek (brand equity) dan menjalankan kegiatan Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) untuk membentuk citra (image) perguruan tinggi tersebut di mata pengguna. Dengan selarasnya citra perguruan tinggi di mata mahasiswa dengan branding yang dibangun oleh perguruan tinggi, diharapkan akan meningkatkan keinginan mahasiswa untuk memilih PMBS.
Dalam studi kasus ini, Peneliti melakukan wawancara mendalam untuk mengetahui persepsi stakeholders (Direktur Program Sarjana, Direktur Relasi Konsumen PMBS, mahasiswa serta orangtua mahasiswa) terhadap image (citra) PMBS untuk menghasilkan analisis ekuitas merek (brand equity) yang tepat dijalankan oleh PMBS.

Almost 23 years Prasetiya Mulya Business School (PMBS) focus on post-graduated education (S2) to fulfill the needs of professional in the Magister Manajemen (MM) level of education.
The Act of Indonesian No.20/2003 on National Education Systems and Regulations Education Minister spark obligation provider graduate should have program strata undergraduate (S1), then in the year of 2005 PMBS opening Undergraduate Business program. Challenge facing is the high the competitions amongs Private Higher Education to acquire new students at once introducing the name of college in different market segments.
PMBS do the Integrated Marketing Communication (IMC) activities in raising brand equity, and the strengthening of brand in the eyes of the consumer will be affects the image of college in the sight of constituents. The conformity of image of PMBS in the consumers insight with branding built by universities, must also expected in harmony with reputation possessed by college.
In this case study, Researchers conduct in-depth interview to uncover perception of stakeholders (Director of Undergraduate Program, Director of Customer Relations, student and parents) to know the image of PMBS to produce the proper analysis brand equity of the PMBS.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Najiah
"Penelitian ini membahas proses eksternalisasi informasi layanan pada Tel-U Open Library Kampus Jakarta dan mengidentifikasi produk yang dihasilkan dalam eksternalisasi informasi layanan dalam mendukung promosi perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses eksternalisasi informasi layanan telah diaplikasikan pada Tel-U Open Library Kampus Jakarta dengan menggunakan metode diskusi antar pustakawan. Informasi tacit tersebut dituangkan dalam format content planning sehingga kebutuhan informasi layanan dapat teridentifikasi dan terkonsep secara jelas, terstruktur dan terkodifikasi dalam fase akuisisi. Proses ekternalisasi dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu infografis, video dan artikel. Hasil dari proses eksternalisasi dituangkan pustakawan menjadi berbagai produk seperti buletin yang didalamnya dapat berupa tulisan dan desain grafis, konten media sosial dengan format video atau infografis dan artikel pada website dalam bentuk tulisan. Ketiga produk tersebut memiliki indikator promosi seperti pesan, media, waktu dan frekuensi sehingga dapat mendukung promosi di perpustakaan. Hambatan pada eksternalisasi dapat dibedakan menjadi people, processes, dan technologies. People meliputi kurangnya keterampilan pustakawan dalam menggunakan aplikasi desain konten. Pada segi process kesulitan dalam mencocokan fitur pendukung dengan isi informasi. Sedangkan untuk technologies, spesifikasi perangkat komputer yang tidak mendukung.

This study discusses the process of externalizing service information at Tel-U Open Library Jakarta Campus and identifying the products produced in externalizing service information in support of library promotion. This research uses a qualitative approach with a case study method. The process of externalizing service information has been applied to the Tel-U Open Library Jakarta Campus using the discussion method between librarians. The tacit information is set forth in a content planning format so that service information needs can be identified and conceptualized in a clear, structured and codified manner during the acquisition phase. The externalization process is divided into three forms, namely infographics, videos and articles. The results of the externalization process are poured by librarians into various products such as bulletins which can be in the form of writing and graphic design, social media content in video or infographic formats and articles on the website in written form. The three products have promotion indicators such as message, media, time and frequency so that they can support promotion in the library. Barriers to externalization can be divided into people, processes, and technologies. People include the librarian's lack of skills in using content design applications. On the process side, it is difficult to match the supporting features with the information content. As for technologies, computer device specifications that do not support."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>