Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123602 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aisyah Aulia
"Perekonomian nasional bergantung dari salah satunya adalah kegiatan ekspor-impor. Pelabuhan merupakan salah satu tempat dimana kegiatan ekspor-impor terjadi. Di pelabuhan biasanya terdapat beberapa terminal yang memiliki fungsi tertentu yang salah satunya adalah terminal peti kemas sebagai tempat bongkar muat kapal peti kemas dan menangani pergerakan peti kemas di pelabuhan. Salah satu indikator penting dalam operasional terminal peti kemas adalah dwelling time. Dwelling time merupakan waktu yang dihitung mulai dari suatu peti kemas dibongkar (unloading) dari kapal sampai peti kemas tersebut meninggalkan terminal pelabuhan melalui pintu utama atau dimuat (loading) ke kapal dari masuk melalui pintu utama. Dwelling time sampai saat ini masih menjadi permasalahan di seluruh pelabuhan di Indonesia. Dwelling time pelabuhan dipengaruhi oleh diantaranya yaitu aspek kepabeanan dan kepelabuhanan. Aspek ini masing-masing memiliki variabel-variabel yang saling terhubung dan memiliki keterkaitan dampak yang terjadi jika salah satu nilai variabelnya diubah. Hubungan dan nilai variabel diperlukan guna mengetahui seberapa besar dampaknya terhadap dwelling time. Pengaruh perubahan variabel ini, dapat diketahui dengan cara pembuatan model simulasi dwelling time karena cara ini dinilai lebih efisien dibanding perubahan infrastruktur secara langsung di lapangan yang akan memakan banyak biaya dan waktu. Model simulasi yang dibuat akan menjadi model basis untuk membangun sebuah website yang dapat membantu perusahaan pelabuhan dalam menentukan keputusan atau menjadi sebuah sistem pendukung keputusan berbasis cloud storage sehingga ruang penyimpanan lebih fleksibel dan dapat digunakan secara bersama oleh pihak-pihak yang membutuhkan di perusahaan atau pelabuhan tersebut. Adanya sistem pendukung keputusan untuk membantu analisis dan membantu pengambilan keputusan pelabuhan ini diharapkan mampu mendukung produktivitas kegiatan di pelabuhan dan mencapai nilai dwelling time terendah yang berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Export-import activities are one of pillars of the national economy. The port is one of the locations where export-import transactions take place. There are usually various terminals at the port that serve specific tasks, one of which is the container terminal, which serves as a location for loading and unloading container ships and managing container flow at the port. Dwelling time is a key indication in the operation of a container terminal. Dwelling time is the period of time measured from the time a container is unloaded from a ship until it exits the port terminal through the main door or is loaded onto a ship from the main door. Dwelling time is still an issue in all Indonesian ports. Port Dwelling time is impacted by a variety of factors, including customs and port operations. Each of these features has interconnected variables that have a corresponding influence when one of the variable values is modified. To determine the size of the impact on dwell time, relationships and variable values are required. The effect of changing this variable can be known by making a dwelling time simulation model because this method is considered more efficient than direct infrastructure improvements in the field, which will require a lot of time and money The simulation model developed will serve as the foundation for developing a website that can benefit port corporations in making decisions by transform into a cloud storage-based decision support system, providing storage capacity to be more flexible and shared by parties in need at the company or port. The existence of a decision support system to help with analysis and port decision making is expected to positively impact port productivity and attain the lowest dwelling time value, which will also have an impact on national economic growth."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arkan Sabilla Asfa
"Olahraga bola basket adalah olahraga populer yang banyak dipertandingkan secara kompetitif. Salah satu isu yang dihadapi seorang pelatih adalah bagaimana menentukan atlet terbaik berdasarkan per- formanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan pe- nentuan performa pemain terbaik pada olahraga bola basket. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode design science research. Terdapat sepuluh kriteria yang digu- nakan yaitu eld goal made, free throw made, eld goal percentage, two point percentage, three point percentage, free throw percentage, assist, defensive rebound, offensive rebound, dan turnover. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis kriteria tersebut adalah metode Technique for Or- der Preferences by Similarity to an Ideal Solution. Solusi dari masalah yang ada disampaikan dalam bentuk sebuah sistem pendukung keputusan bernama Sistem Pemeringkatan Pemain (SI-PEMPEM). Sistem ini melakukan evaluasi performa pemain menggunakan metode TOPSIS yang hasilnya disa- jikan dalam bentuk peringkat. Evaluasi keluaran yang dihasilkan SI-PEMPEM dilakukan dengan uji korelasi terhadap metode Performance Index Rating dan peringkat dari liga. Data statistik per- tandingan dari dua klub yang berlaga di Indonesia Basketball League pada fase reguler digunakan sebagai objek ujicoba dan evaluasi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa hasil yang dikeluarkan oleh SI-PEMPEM memiliki korelasi kuat positif terhadap kedua metode pembandingnya.

Basketball is a popular sport that is widely competed competitively. One of the issues faced by a coach is how to determine the best athletes based on their performance. This study aims to develop a decision support system to determine the best player performance in basketball. The research methodology used in this research is the design science research method. There are ten criteria used, eld goal made, free throw made, eld goal percentage, two point percentage, three point percent- age, free throw percentage, assist, defensive rebound, offensive rebound, and turnover. The method used to analyze the criteria is Technique for Order Preferences by Similarity to an Ideal Solution method. Solutions to existing problems are presented in the form of a decision support system called the Player Rating System (SI-PEMPEM). This system evaluates the performance of players using the TOPSIS method whose results are presented in the form of ratings. Evaluation of the output produced by SI-PEMPEM is carried out by using a correlation test against the Performance Index Rating method and the ranking of the leagues. Game-related statistic from matches of two clubs that competed in the Indonesian Basketball League in the regular phase were used as the object of testing and evaluation. The correlation test results show that the results issued by SI-PEMPEM have a strong positive correlation to the two comparison methods."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy Kosasi
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
003.56 KOS s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Moch. Taufik Nurdaiman
"Tesis ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem pengambil keputusan penilaian supplier dan alokasi order pada sebuah rantai supply. Dalam penerapan supply chain management, performa dari supplier lebih baik untuk
dievaluasi dengan menggunakan penilaian multikriteria dibandingkan hanya penilaian faktor biaya. Tiga metode AHP diantaranya AHP, TFN Fuzzy AHP dan Trapezoidal Fuzzy AHP dibandingkan untuk kemudian dianalisa berdasarkan data yang didapatkan dari perusahaan baja terintegrasi terbesar di Indonesia, hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode AHP lebih realistis untuk diaplikasikan pada DSS. Akhirnya, sebuah contoh penilaian supplier material yang digunakan pada proses produksi baja diberikan untuk mengilustrasikan bagaimana DSS dapat digunakan.

This study aims to develop and generate a decision support system (DSS) for the improvement of supplier evaluation and order allocation decisions in a supply chain. In contemporary supply chain management, the performance of suppliers is evaluated agains multiple criteria rather than considering a single factor-cost. Three AHP models such as AHP, TFN Fuzzy AHP and Trapezoidal Fuzzy AHP are compared based on data from the bigger of indonesian intregated steel
company, where AHP model more realistic to apply in DSS for supplier appraisal. Finally, an example is provided to illustrate how the DSS can be used for material steel process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moch. Taufik Nurdaiman
"Tesis ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem pengambil keputusan penilaian supplier dan alokasi order pada sebuah rantai supply. Dalam penerapan supply chain management, performa dari supplier lebih baik untuk dievaluasi dengan menggunakan penilaian multikriteria dibandingkan hanya penilaian faktor biaya. Tiga metode AHP diantaranya AHP, TFN Fuzzy AHP dan Trapezoidal Fuzzy AHP dibandingkan untuk kemudian dianalisa berdasarkan data yang didapatkan dari perusahaan baja terintegrasi terbesar di Indonesia, hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode AHP lebih realistis untuk diaplikasikan pada DSS. Akhirnya, sebuah contoh penilaian supplier material yang digunakan pada proses produksi baja diberikan untuk mengilustrasikan bagaimana DSS dapat digunakan.

This study aims to develop and generate a decision support system (DSS) for the improvement of supplier evaluation and order allocation decisions in a supply chain. In contemporary supply chain management, the performance of suppliers is evaluated agains multiple criteria rather than considering a single factor-cost. Three AHP models such as AHP, TFN Fuzzy AHP and Trapezoidal Fuzzy AHP are compared based on data from the bigger of indonesian intregated steel company, where AHP model more realistic to apply in DSS for supplier appraisal. Finally, an exam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T38733
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulkarnain Gaffar
"ABSTRAK
Data dan informasi pendukung untuk menyiapkan upaya pencegahan, mitigasi, dan peningkatan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai bentuk kedaruratan dan bencana sangatlah penting. Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan telah mengembangkan sejumlah sarana pengumpulan dan penyebarluasan informasinamun belum memiliki suatu sistem yang dapat menyajikan suatu data secara komprehensif untuk dapat mendukung suatu keputusan dalam penanggulangan krisis kesehatan secara cepat, tepat, dan efektif.Untuk itu diperlukan pengembangansistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS) pada sistem informasi yang telah ada. Penelitian ini telah menghasilkanprototype Sistem Pendukung Keputusan (DSS)dengan menggunakan metodologi pengembangan sistem terstruktur yang nantinya diharapkan dapat mempermudah pejabat yang berwewenang dalampengambilan keputusan pada suatu kejadian krisis kesehatan.

ABSTRACT
Data and supporting information for preventive, mitigation, and preparedness activities on various forms of emergencies and disasters is essential. Center for Health Crisis (PPKK) has developed system for collecting and disseminating information, but not yet have a system that can provide a comprehensive data to support a decision in response to the health crisis quickly, accurately, and effectively.The development ofa Decision SupportSystem (DSS) in theexistinginformationsystems is needed. Thisresearchhas produceda prototypeof DSS using a structuredsystemdevelopment methodologythatwill be expected tofacilitatethe competentauthoritiesin decision-makinginahealthcrisis event.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T36149
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Kamil
"ABSTRAK
Dwelling Time adalah lamanya waktu peti kemas ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS), sejak dibongkar dari kapal sampai keluar dari TPS. Salah satu proses proses timbulnya dwelling time adalah proses customs clearance. Dari empat jalur yang diterapkan oleh manajemen resiko Indonesia, Jalur kuning dan jalur merah merupakan dua jalur dengan dwelling time yang lama dimana rata – rata dwelling time untuk jalur kuning pada bulan Januari 2015 adalah sebesar 3,08 hari sedangkan untuk jalur merah sebesar 6,91 hari. Penelitian ini disusun dengan dua tahap, tahap pertama menyusun strategi dalam menurunkan dwelling time pada proses customs clearance dengan metode Multi Criteria Decision Making yang diperoleh dari para pakar yang terkait pada proses customs clearance. Tahap kedua dengan mengambarkan As-Is dan membuat skenario alternatif dengan menggunakan metode Discrete event simulation. Strategi yang diperoleh dengan metode MCDM adalah Menambah jumlah operator pemeriksa fisik dan dokumen, Menambah jumlah operator pemeriksa fisik dan dokumen, Memperbaiki Tempat penimbunan, Membangun gudang khusus di berbagai daerah, Perizinan online, Membuat pelayan izin terpadu satu atap dan Menggunakan Hi-Co Scaner, Perizinan online, Membuat pelayan izin terpadu satu atap dan Menggunakan Hi-Co Scaner. Hasil dengan simulasi Arena menggambarkan situasi “what-if”.

ABSTRACT
Dwelling Time is the duration of a container is stored in a temporary storing area (TSA), from the moment it is unloaded from ship until it is taken out of the TSA. One of the processes that causes dwelling time is the customs clearance. Out of all four lanes implemented by the Indonesian risk management, the yellow and red lanes are the two lanes with the longest dwelling time, where the average dwelling time for the yellow lane in January 2015 was recorded to be 3.08 days, and 6.91 days for the red lane. This research was conducted in two phases. The first phase was planning a strategy in decreasing the dwelling time on customs clearance by using Multi Criteria Decision Making, with the aids obtained from relevant experts in customs clearance. The second phase was designing the As-Is condition and an alternative scenario by using Discrete Event Simulation. The strategy obtained from the MCDM was to add the number of physical inspection and document cross-checking officers, improving temporary storing area, build special warehouses in various regions, online licensing, making a one-stop integrated licensing service, and using the HiCo Scanner. The results obtained from the Arena software described the “what-if” situation"
2015
T44150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsan
"Cost Overrun merupakan salah salu bentuk penyimpangan dari suatu proyek yang dapat menurunkan kinerja proyek, sehingga hal tersebut perlu dikendalikan agar kinerja proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana.
Biaya Subkontraktor dan Overhead merupakan bagian dari komponen biaya suatu proyek yang harus dikendalikan, sehingga perlu dibuat suutu sistem untuk mengendalikan komponen biaya tersebut agar penyimpangannya dapat terdeteksi secara cermat untuk kemudian diperbaiki, sehingga kinerja proyek yang terganggu akibat terjadinya cost overrun tersebut dapat dikembalikan sesuai rencana.
Dalam Tesis ini akan dibuat suatu sistem pengambilan keputusan untuk menganalisis dampak yang terjadi akibat penyimpangan biaya, kemudian dicari penyebabnya dan terakhir akan diberikan rekomendasi tindakan koreksi dengan probabilitas keberhasilan atas kenaikan kinerja yang diinginkan.
Sistem pengambilan keputusan ini dinamakan Decision Support System (DSS) yang akan disajikan dalam bentuk program komputer dengan memanfaarkan knowledge base berupa data hasil wawancara para pakar dibidang konstruksi, khususnya untuk proyek bangunan gedung bertingkat mengenai dampak , penyebab dan tindakan koreksi yang mungkin terjadi pada suatu proyek.
Tindakan koreksi tersebut akan dianalisis oleh suatu model base yang akan memberikan probabilitas keberhasilan atas tindakan koreksi yang direkomendasikan untuk menaikan kinerja proyek sesuai dengan kenaikan yang diinginkan.
Setelah terbentuk, program DSS tersebut di Validasi kepada pakar konstruksi untuk diuji kemampuannya , dan hasilnya secara keseluruhan program DSS ini dapal diaplikasikan dalam proses pengendalian biaya proyek.

Cost overrun is a variance of a project which caused project performance minimization, this variance should be controlled so the project can be carry on as planned.
Subcontractor cost and overhead are parts of cost component project to be maintained. It necessary to make u-system to controlled that components so the variance can be detect completely and fixed that variance, with the result the project performance that have been disturb can be implemented as planned.
This thesis will make a Decision Support System to analyze effect from cost variance, and then seek the cause and last but not least recommend the correction action with success probability of raising the performance.
The Decision Support System will be presented in form of computer program using knowledge base from interview result with professional in multistoried building project, about caused, effect and correction action in a project. This correction action would be analyze by a base model that will be giving successful probability from recommended correction action to increase the desire project performance.
Finally, this Decision Support System program will validated by the professional construction to tested the capability, and comprehensively result this program can be implemented in cost project control.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14684
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khrisna Yudi
"ABSTRAK
Kelembagaan dalam pembangunan infrastruktur c.q. Light Rail Transit (LRT) perlu mendapatkan perhatian khusus karena skema kelembagaan yang tepat dapat menentukan keberhasilan pengelolaan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi skema kelembagaan yang pernah digunakan apabila diterapkan pada LRT, menyusun berbagai skenario skema kelembagaan LRT yang efisien dari sisi biaya, informasi dan pengambilan keputusan serta menyusun kerangka konsep kelembagaan LRT berbasis DSS. Metode analisa yang digunakan adalah Decision Support System untuk mengetahui pengelolaan skema kelembagaan optimal. Hasil penelitian ini adalah kerangka konsep kelembagaan yang memberikan efisiensi dari sisi biaya, informasi dan pengambilan keputusan.

ABSTRACT
Institutional framework in infrastructure c.q. Light Rail Transit (LRT) development has significant role that affect successness level of infrastructure management. This paper intention primarily are to obtain efficiency level if various institutional frameworks that widely applied around the globe were used in LRT, to design institutional framework alternatives considering efficiency in terms of cost, information and decision making. Last but not least, is to design LRT?s conceptual framework based on Decision Support System (DSS). Analytical method used is DSS which is very helpful in providing recommendation. The conclusion is conceptual framework that gave efficiency in terms of cost, information and decision making."
2016
T46646
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thierauf, Robert J.
Englewood Cliffs: Prentice-Hall International, 1988
658.403 THI u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>