Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 57360 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfiansah Safutra
"Pada tanggal 1 Juli 2020 perusahaan transportasi Deutsche Bahn merilis kampanye iklan bertema pride dengan mengangkat konteks festival Christopher Street Day, yang pada tahun ini tidak dapat diadakan karena pandemi. Di satu sisi, iklan ini memperlihatkan pengakuan dan dukungan bagi komunitas LGBTQI+. Namun, di sisi lain iklan ini juga memunculkan anggapan bahwa Deutsche Bahn menggunakan LGBTQI+ sebagai strategi pemasaran belaka. Iklan bertema pride tersebut menampilkan polemik karena menampilkan stereotip kelompok LGBTQI+, yang dapat membentuk opini publik secara negatif dan tidak merepresentasikan kelompok LGBTQI+ secara utuh. Artikel ini membahas penggunaan stereotip dalam iklan Deutsche Bahn Christopher Street Day 2020 dengan mengamati dan menganalisis secara semiotik elemen-elemen yang diguanakan dalam iklan. Pemaknaan terhadap hasil analisis tekstual tersebut memperlihatkan bahwa melalui iklan ini Deutsche Bahn membentuk citra sebagai perusahaan yang inklusif terhadap kelompok LGBTQI+. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa secara umum masyarakat Jerman menerima keberadaan kelompok LGBTQI+ dan mendukung persamaan hak bagi kelompok ini dalam masyarakat.

On July 1st, 2020, German railways company Deutsche Bahn released a campaign to celebrate Christopher Street Day digitally. Despite the message embedded in the campaign, which shows Deutsche Bahn’s acknowledgement and support towards the LGBTQI+, the advertisement video sparked a polemic in social media. On the one side, this video conveys a message to support Christopher Street Day, which serves as one of the platforms to fight for rights equality. On the other side, however, the video uses stereotypical images of the LGBTQI+, which might mislead public opinion on LGBTQI+. By analysing the video using the semiotical approach, this research aims to reveal the constructed meaning behind the video. The findings of this research show that through the campaign video, the stateowned Deutsche Bahn builds its image as an inclusive company and that the German society, in general, supports the LGBTQI+ and acknowledge this group as an equal member of German society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Metha Dwi Karina
"Skripsi ini membahas pencitraan produk jasa kereta api Jerman, Deutsche Bahn, dalam komik berjudul Rückenwind yang diterbitkan secara gratis oleh pihak perusahaan Deutsche Bahn AG. Dalam skripsi ini unsur nonverbal dianalisis dengan menggunakan teori semiotik menurut Pierce dan unsur verbal dianalisis menggunakan teori semantik menurut Hannappel dan Melenk, khususnya yang berkaitan dengan makna kontekstual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik ini merepresentasikan citra produk jasa kereta api Deutsche Bahn, terkait dengan pelayanan jasa Deutsche Bahn dan hal-hal yang dapat dialami jika menggunakan kereta api Deutsche Bahn. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, citra yang paling menonjol dalam komik Rückenwind ini adalah perkenalan dan kesenangan dalam perjalanan serta tempat tujuan untuk berlibur.

The study discusses the service product imaging of German's railway, Deutsche Bahn, in a comic book entitled Rückenwind, which is published for free by the company Deutsche Bahn AG. In this study, the nonverbal elements are analyzed using Pierce's theory of semiotics and the verbal elements are analyzed using Hannappel and Melenk's theory of semantic, especially the theory which related to contextual meaning.
The result showed that this comic represents the service product image of the Deutsche Bahn railway, related to the direct service of the company and the things that can be experienced by passengers when using the Deutsche Bahn railway. Based on the result we can conclude, the most existing image in the comic are having friends, having fun and the vacation destinations."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42053
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marina Diastari Utomo
"Meme adalah foto atau video menarik yang berpindah di media sosial yang berfungsi sebagai alat berekspresi atau untuk menyebarkan pengaruh sosial dengan unsur tanda verbal dan visual yang memengaruhi maknanya. Akun Instagram deutschebahn_memes melalui meme mengekspresikan pendapatnya terhadap berbagai topik seputar Deutsche Bahn, perusahaan nasional kereta Jerman. Pada tahun 2023 akun tersebut mengunggah beberapa meme dengan topik ketepatan waktu, sehubungan dengan ketepatan waktu Deutsche Bahn yang semakin memburuk dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menunjukkan makna unsur visual dan verbal yang terdapat dalam meme. Korpus data lima gambar meme diteliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan dan analisis data berdasarkan dua teori, yaitu teori semiotik Peirce (1940, dalam Hoed, 2014; Chandler, 2022) untuk meneliti unsur visual meme dan teori semantik Blanke (1973) untuk meneliti unsur verbal meme. Setelah lima meme diteliti, dapat ditentukan meme adalah representamen yang menghasilkan interpretant dalam bentuk perasaan dengan object yang dirujuk berupa situasi Deutsche Bahn di dunia nyata yang melibatkan penumpang kereta DB, tanggapan pengguna DB dan pegawai DB. Berdasarkan teori semantik Blanke, ditemukan beberapa jenis makna pada unsur verbal meme yaitu makna situatif, afektif, asosiatif, referensial, dan stilistis.
A meme is an interesting photo or video that moves around the internet as a mode of expression or for sharing social influence with verbal and visual signs that affect their meaning. The Instagram account deutschebahn_memes through memes expresses their opinion on various topics surrounding Deutsche Bahn, the German national railway company. In 2023 the account uploaded memes on punctuality, in connection with Deutsche Bahn’s punctuality getting worse compared to previous years. This research aims to show the meaning of the visual and verbal elements contained in the memes. The data consisting of five meme images were analyzed using descriptive qualitative methods with literature studies and with two theories, namely Peirce’s semiotic theory (1940, in Hoed, 2014; Chandler, 2022) to examine the visual elements of memes and Blanke’s semantic theory (1973) to explore the verbal elements of memes. After five memes have been studied, it can be determined that memes are representamens that produce interpretants in the form of feelings with the referenced object being Deutsche Bahn’s situation in the real world that involves DB train passengers, responses from DB users and DB employees. Based on Blanke’s semantic theory, several types of meaning were found in the verbal elements of memes, namely situational, affective, associative, referential, and stylistic."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Regita Larasati
"Novel grafis berjudul Meine freie deutsche Jugend (2020) karya Thomas Henseler dan Susanne Buddenderg yang diangkat dari novel biografi karya Claudia Rusch menggambarkan kehidupan sehari-hari dan pengalaman masa kecilnya di Jerman Timur. Penggambaran Jerman Timur oleh Claudia dan juga dampak yang diberikan oleh pemerintah terhadap para tokoh, terutama Claudia, menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik analisis tekstual dengan menganalisis monolog dan dialog para tokoh. Penelitian ini juga menganalisis simbol dan gambar dengan teori semiotika Roland Barthes sebagai landasannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran Jerman Timur oleh Claudia dalam novel grafis Meine freie deutsche Jugend menggambarkan rasa trauma yang dirasakan oleh warga eks Jerman Timur. Dengan penggambaran yang cukup mendetail, para pembaca juga bisa ikut merasakan dan membayangkan rasanya tinggal dan menjalani kehidupan sehari-hari di Jerman Timur. Dampak yang diberikan oleh pemerintahan Jerman Timur terhadap Claudia dan orang-orang terdekatnya cukup buruk, baik secara fisik maupun psikis.

Graphic novel with the title Meine freie deutsche Jugend (2020) by Thomas Henseler and Susanne Buddenderg which is based on the biographical novel by Claudia Rusch depicts Claudia's daily life and her childhood experiences in East Germany. The depiction of East Germany by Claudia and the impact that was given by the government on the characters, especially Claudia, are the main focus of this research. This study used qualitative methods and textual analysis techniques by analyzing monologues and dialogues of the characters. This study also analyzes symbols and images with Roland Barthes' semiotic theory as the basis. The results of this study indicate that Claudia's depiction of East Germany in the graphic novel Meine freie deutsche Jugend depicts the trauma which was felt by the former East German citizen. With a fairly detailed depiction, readers can also feel and imagine what it's like to stay and live everyday life in East Germany. The impact that the East German government had on Claudia and those closest to her was quite bad, both physically and psychologically."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dhanandika Nityasewaka Budi Hernawan
"Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup populer, termasuk di Belanda. Hal ini menyebabkan banyak bidang termasuk bisnis supermarket yang turut memanfaatkan musim pertandingan sepak bola. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana euforia masyarakat Belanda pada masa EURO 2020 digambarkan dalam iklan lima supermarket Belanda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima supermarket di Belanda bertemakan EURO 2020 memiliki cara masing-masing dalam menyampaikan dukungan dan antusiasme mereka. Albert Heijn berfokus pada narasi yang menggugah semangat dengan kampanye Alles voor Oranje, JUMBO menarik perhatian dengan lagu dari Snollebollekes, ALDI memfokuskan fungsi produk makanan dan minuman ringannya yang dapat melengkapi pesta di rumah. Sedangkan Lidl dan Kruidvat memanfaatkan momen EURO 2020 untuk fokus terhadap promosi produknya. Selain itu, iklan menunjukkan euforia dan perayaan masyarakat di Belanda yang identik dengan Oranjegevoel, yakni penggunaan atribut dan dekorasi serba oranye.

Football is one of the most popular sports, including in the Netherlands. This has caused many fields, including the supermarket business to take advantage of the football match season. This study will examine how the euphoria of Dutch society during EURO 2020 is depicted in advertisements for five Dutch supermarkets. This research is qualitative research with descriptive analysis technique using the semiotic theory of Charles Sanders Peirce. The results show that five supermarkets in the Netherlands with the theme of EURO 2020 have their way of conveying their support and enthusiasm. Albert Heijn focuses on uplifting narratives with Alles voor Oranje campaign, JUMBO attracts attention with a song by Snollebollekes, ALDI focuses on the function of its food and soft drinks products that can complement a party at home. Meanwhile, Lidl and Kruidvat took advantage of the EURO 2020 moment to focus on promoting their products. In addition, the advertisement shows the euphoria and celebration of the people in the Netherlands which is identical to Oranjegevoel, namely the use of all-orange attributes and decorations."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Nur Fitriana
"Natal adalah hari raya keagamaan yang dirayakan secara luas di Jerman. Oleh karena itu, dekorasi bertema Natal lazim ditemui di ruang publik di kedua negara tersebut menjelang akhir tahun. Selain marak digunakan sebagai dekorasi, tema Natal juga banyak muncul di berbagai media, termasuk iklan. Jaringan swalayan terbesar di Jerman, yaitu, termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang menggunakan konteks perayaan Natal untuk membangun brand awareness mereka. Melalui iklan-iklan edisi Natal, EDEKA menyampaikan posisi mereka terkait isu aktual dalam masyarakat Jerman. Iklan EDEKA edisi Natal tahun 2020 menampilkan ide toleransi dan kebersamaan dalam perayaan Natal. Dengan menganalisis secara tekstual iklan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan Natal di tengah situasi pandemi. Temuan penelitian memperlihatkan pemaknaan Natal di Jerman yang diasosiasikan dengan keluarga, kebersamaan, dan toleransi.

Christmas is a religious holiday widely celebrated in Germany. Therefore, Christmas-themed decorations are typical in public spaces in both countries towards the end of the year. Besides being widely used as decorations, Christmas themes appear in various media, including advertisements. The largest supermarket chains in Germany, EDEKA, is among the companies that use the context of Christmas celebrations to build their brand awareness. EDEKA conveys their position on current issues in German society through the Christmas edition advertising. The 2020 Christmas edition of EDEKA's advertisement shows the idea of ​​tolerance and togetherness in Christmas celebrations. By conducting a textual analysis of this advertisement, this study aims to see the meaning of Christmas in Germany amid a pandemic situation. The research findings show that the meaning of Christmas in Germany is associated with family, togetherness, and tolerance."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: Cambridge University Press , 1996
930.1 ARC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Arifiyanto
"ABSTRAK
Di era globalisasi seperti sekarang ini, iklan dapat disebarkan baik melalui media cetak, media elektronik, maupun melalui media sosial. Keberadaan iklan merupakan senjata utama produsen dalam menarik minat calon konsumennya. Pada Schlagzeile iklan Deutsche Telekom ditemukan seni dalam berbahasa atau Rhetorische Figuren yang akan dibahas dalam jurnal ini, khususnya Hyperbel, Wiederholungsfiguren, dan Rhetorische Frage. Melalui metode penelitian kepustakaan serta metode deskriptif didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan Hyperbel, Wiederholungsfiguren, dan Rhetorische Frage, iklan-iklan Deutsche Telekom memiliki fungsi persuasif untuk menarik minat konsumennya.

ABSTRACT
In globalisation era like nowadays, advertisement can be spread through mass media, electronic media and social media. The existence of advertisement is a main course to attract interest the consumer. On Schlagzeile Deutsche Telekom advertisement have found the art of words or Rhetorische Figuren that will be discussed in this journal, especially Hyperbel, Wiederholungsfiguren and Rhetorische Frage. Through literature research and descriptive method, showed that with using of Hyperbel, Wiederholungsfiguren and Rhetorische Frage, the advertisements of Deutsche Telekom have persuasive function, so that this advertisements can succeed to attract the consumer interest.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Admoni, Wladimir
Munchen Beck 1982
435 A 93 d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Paul, Hermann, 1846-1921
Halle: Veb Max Niemeyer , 1959
435 PAU d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>