Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75725 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Deva Nadhifah Novitasari
"Instagram merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Pengguna Instagram dapat mengunggah foto dan video serta memberi informasi tambahan pada unggahan mereka melalui keterangan atau caption. Penelitian ini membahas tentang campur kode pada caption Instagram Jiami Jongejan (@jiami) yang diunggah pada November 2021 hingga Maret 2022. Penelitian akan berfokus pada bentuk dan proses campur kode serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, proses, dan faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode pada caption Instagram Jiami. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan teori campur kode menurut pendapat Muysken (2000) dan Hoffmann (1991). Hasil dari penelitian ini adalah campur kode pada caption Instagram Jiami didominasi oleh proses penyisipan. Bentuk campur kode yang paling banyak ditemukan adalah bentuk kata. Sebagian besar campur kode dilakukan untuk membicarakan topik tertentu. Sebagai seorang influencer, Jiami melakukan campur kode agar caption Instagram miliknya dapat menarik perhatian pengikutnya.
Instagram is one of application that is used by many people in the world. Instagram users can upload photos and videos and provide additional information on their uploads through captions. This research discusses code mixing in Jiami Jongejan (@jiami)'s Instagram captions which was uploaded from November 2021 to March 2022. This research will focus on the form, the process, and the cause of code mixing. The purpose of this research is to describe the form, the process, and the factors that cause code mixing in Jiami’s Instagram captions. The research method used is descriptive qualitative and based on the theory of code mixing according to Muysken (2000) and Hoffman (1991). The results of this research show that code mixing in Jiami’s Instagram caption is dominated by the insertion process. The most common form of code mixing is the word form. The cause of code mixing is mainly to talk about a specific topic. As an influencer, Jiami uses code mixing to attract the attention of her followers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Herti Tifany Putri
"Alih kode merupakan peristiwa peralihan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain dalam satu wacana. Alih kode dapat ditemukan dalam akun Instagram @lizzyvdligt yang merupakan seorang influencer asal Belanda. Penelitian ini membahas mengenai alih kode dalam caption Instagram @lizzyvdligt. Penelitian ini berfokus pada jenis dan faktor penyebab terjadi alih kode. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta memaparkan jenis alih kode dan penyebab terjadi alih kode dalam caption Instagram @lizzyvdligt. Data yang digunakan adalah empat belas caption Instagram @lizzyvdligt yang diunggah pada Januari hingga Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori alih kode menurut pendapat Appel dan Muysken (2005) dan Hoffmann (1991). Hasil penelitian ini adalah terdapat jenis alih kode antarkalimat dan intrakalimat. Selain itu, faktor penyebab terjadi alih kode yang paling banyak ditemukan adalah berbicara tentang topik tertentu.

Code switching is an event of language switching from one language to another in one discourse. Code switching can be found in the Instagram account @lizzyvdligt who is an influencer from the Netherlands. This research discusses code switching in @lizzyvdligt Instagram captions. This research focuses on the types and factors that cause code switching to occur. This research aims to identify and explain the types of code switching and the causes of code switching in @lizzyvdligt Instagram captions. The data used are fourteen @lizzyvdligt Instagram captions uploaded from January to August 2022. This research uses a descriptive qualitative method with code-switching theory according to Appel and Muysken (2005) and Hoffmann (1991). The result of this research is that there are types of inter-sentential and intra-sentential code switching. In addition, the most common cause of code-switching is talking about a particular topic."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ghasyiya Kaifa Syaqima Syahir
"Instagram merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer dan para penggunanya dapat dengan mudah berkomunikasi dengan mengunggah foto dan video tentang kehidupannya. Setiap foto dan video yang diunggah dapat ditambahkan caption atau takarir oleh para penggunanya. Penelitian ini menganalisis campur kode pada takarir Instagram milik Paulien Tilstra (@paulientilstra), seorang selebriti Instagram Belanda, yang diunggah selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020 hingga 2022 dengan tema berkegiatan di rumah. Penelitian berfokus pada bentuk dan jenis campur kode serta alasan digunakannya campur kode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, jenis, dan alasan digunakannya campur kode pada takarir Instagram Paulien Tilstra. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendapat campur kode oleh Muysken (2000) dan Hoffmann (1991). Hasil dari penelitian ini adalah campur kode pada takarir Instagram Paulien Tilstra didominasi oleh bentuk kata, bentuk frasa dan jenis penyisipan. Alasan dilakukannya campur kode yang paling banyak ditemukan adalah untuk membicarakan topik tertentu, penegasan sesuatu, dan memperjelas isi pesan kepada mitra bicara. Paulien Tilstra melakukan campur kode pada takarir Instagram miliknya saat mempromosikan produk dan bekerja sama dengan berbagai merek.

Instagram is a very popular social media application where users can easily communicate by uploading photos and videos about their lives. Each uploaded photo and video can be added with captions by its users. This research analyzed code-mixing in Instagram captions of Paulien Tilstra (@paulientilstra), a Dutch Instagram celebrity, which were uploaded during the COVID-19 pandemic from 2020 to 2022 with the theme of activities at home. The research focused on the forms and types of code-mixing as well as the reasons for using code-mixing. The purpose of this research was to describe the forms, types, and reasons for code-mixing in Paulien Tilstra's Instagram captions. The research method used was descriptive qualitative using the code-mixing opinions of Muysken (2000) and Hoffmann (1991). The results of this research showed that code-mixing in Paulien Tilstra's Instagram captions were dominated by word forms, phrase forms and insertion types. The most common reasons for code-mixing were to discuss a particular topic, emphasize something, and clarify the content of the message. Paulien Tilstra did code-mixing in her Instagram captions when promoting products and collaborating with various brands."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Moza Defitra Nareswari
"Sosial media merupakan salah satu jejaring sosial yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi, platform sosial media yang kerap digunakan adalah Instagram. Caption pada Instagram merupakan salah satu media masyarakat untuk melakukan percakapan. Dalam caption Instagram, para pengguna biasanya menggunakan banyak bahasa dalam satu caption tersebut yang biasa disebut dengan campur kode. Adanya multilingual dalam percakapan antar manusia sehingga terdapat bentuk campur kode. Campur kode merupakan salah satu bentuk percampuran bahasa dari satu bahasa utama ke bahasa lain yang bentuknya dapat berupa frasa, kata, klausa, dan kalimat. Penelitian ini mengkaji tentang campur kode pada caption Instagram Jan Kooijman (@jankooijmagram) yang diunggah pada periode 2020 hingga 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan proses campur kode. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Analisis data didasarkan pada pendapat Muysken (2000) tentang campur kode. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa campur kode pada akun Instagram @jankooijmagram lebih banyak ditemukan bentuk campur kode berupa kata dan didominasi oleh proses penyisipan.

Social media is one of the social platforms used by people to communicate, the social media platform that is often used is Instagram. Caption on Instagram is one of the media for people to have a conversation. In Instagram captions, users usually use many languages in one caption, which is commonly referred to as code mixing. The multilingual existence in conversations between people causes a form of code-mixing. Code mixing is a form of language mixing from one main language to another language which can be in the form of phrases, words, clauses, and sentences. This research analyzes code mixing in Jan Kooijman's Instagram captions (@jankooijmagram) uploaded in the period 2020 to 2021. This research aims to identify the form and process of code mixing. The method used is descriptive qualitative using a sociolinguistic based approach. Data analysis is based on the theory of code switching and code mixing according to Muysken (2000). The results of this study found that code mixing on the @jankooijmagram Instagram account is more common in the form of words and is dominated by the insertion process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Maulita
"Saat ini, sebagian besar masyarakat Belanda dapat berbicara dan mengerti bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Campur kode dapat terlihat pada akun Instagram @cosmopolitan_nl sebagai salah satu majalah di Belanda. Bentuk, proses terjadinya campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam keterangan foto Instagram @cosmopolitan_nl itulah yang dikaji dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan pandangan Muysken mengenai penyisipan, alternasi dan leksikalisasi kongruen serta pandangan Hoffman mengenai faktor penyebab terjadinya campur kode. Data diambil dari periode Desember 2019 sampai Februari 2020. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk campur kode yang banyak terjadi adalah bentuk penyisipan dan alternasi. Faktor penyebabnya yaitu penekanan yang ingin diberikan kepada pembaca dan ingin memberi kesan menarik mengenai topik yang disampaikan. 

Most Dutch people can nowadays speak and understand English as a second language. This phenomenon of code mixing can be seen on Instagram account @cosmopolitan_nl, as a magazine in the Netherlands.This study analyzes the form, the process of code mixing and factors contributing to code mixing in caption @cosmopolitam_nl Instagram account.The method used is descriptive according to Muyskens point of view on the insertion, alternation and congruent lexicalization and Hoffman's point of view regarding factors contributing to code mixing. The data was collected during the period of December 2019 to February 2020. The results of this study revealed that the most common form of code mixing are insertion and alternation. The contributing factor is the need to give emphasis to the reader and to make an interesting impression on the topic being conveyed."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Prithvi Rahmatul Ainiyyah
"Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji merek asing yang terkenal di seluruh dunia termasuk di Belanda. Burger King Nederland secara rutin melakukan promosi melalui akun Instagram resmi mereka @burgerkingnl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari setiap caption dengan gaya bahasa pertanyaan retoris dan hiperbol pada unggahan bertema perayaan tahunan dan promosi produk musiman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat belas caption dari akun Instagram @burgerkingnl dalam kurun waktu Januari hingga April 2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis-deskriptif. Caption dianalisis dengan cara diamati satu per satu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan gaya bahasa pertanyaan retoris dan hiperbol pada akun @burgerkingnl memiliki persamaan pada fungsi kalimat sebagai bentuk persuasi. Selain itu, terdapat perbedaan pada makna kalimat. Gaya bahasa pertanyaan retoris memiliki fungsi sebagai bentuk interaksi dengan audiensi, sedangkan gaya bahasa hiperbol memiliki fungsi sebagai bentuk penekanan.

Burger King is one of the foreign brands fast food restaurants that are well known throughout the world, including in the Netherlands. Burger King Nederland regularly carries out promotions through their official Instagram account @burgerkingnl. This research aims to determine the meaning of each caption with rhetorical questions and hyperbole on all posts with the theme of annual celebrations and promotions of seasonal products. The data used in this research are fourteen captions from the Instagram account @burgerkingnl within the period from January to April 2021. This research was conducted using descriptive-analytic method. Captions were analyzed by observing one by one. The results of this research show that the style of rhetorical questions and hyperbole on the Instagram account @burgerkingnl have similarities in the function of sentences as a form of persuasion. In addition, there are differences in the meaning of sentences. Rhetorical question language style has function as a form of interaction with the audience, while hyperbole has function as a form of emphasis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kanzur Rizki Najihah
"Al Tazaj merupakan restoran cepat saji terbesar asal Arab Saudi yang telah memiliki ratusan cabang yang tersebar di Arab Saudi dan Timur Tengah. Al Tazaj secara rutin melakukan promosi melalui akun Instagram resmi @altazaj_fakieh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyampaian maksud dan keindahan bahasa yang digunakan pada caption yang bertemakan perayaan tahunan dan promosi produk. Korpus data diperoleh dari dokumentasi konten berupa caption yang berjumlah 21 dari keseluruhan berjumlah 60 yang ditampilkan di Instagram resmi @altazaj_fakieh selama periode September hingga November 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori penelitian menggunakan dua cabang ilmu balāghah, yaitu ilmu al-ma’ānī dan al-badī’. Penelitian ini menemukan bahwa unsur balāghah yang dominan digunakan pada caption adalah ilmu ma’ānī dari jenis khabar fakhr, insyā’ghairu tholabiy raja’, insyā’ tholabiy istifhām, dan insyā’ tholabiy nidā’. Sedangkan pada ilmu badī’ terdapat banyak jenis muhassināt lafdziyyah jinās dan saja’, serta jenis muhassināt ma’nawiyah tauriyah dan mubālaghah. Unsur balāghah pada caption unggahan tersebut berfungsi sebagai “media pemikat” konsumen di wilayah Arab untuk mencicipi menu Restoran Al Tazaj. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dalam memahami balāghah di media sosial berbahasa Arab, sehingga akan tercipta kemudahan dan ketertarikan untuk mempelajari bahasa Arab.

Al Tazaj is the largest fast food restaurant from Saudi Arabia which has hundreds of branches spread across Saudi Arabia and the Middle East. Al Tazaj routinely promotes through its official Instagram account @altazaj_fakieh. This study aims to determine the delivery of intent and the beauty of the language used in captions themed around annual celebrations and product promotions. The data corpus was obtained from content documentation in the form of 21 captions out of a total of 60 displayed on the official Instagram account @altazaj_fakieh during the period from September to November 2024. This study uses a descriptive qualitative method. The research theory uses two fields of balāghah science, namely al-ma'ānÄ« science and al-badÄ«'. This study found that the dominant balāghah elements used in captions are ma'ānÄ« science of the types khabar fakhr, insyā'ghairu tholabiy raja', insyā' tholabiy istifhām, and insyā' tholabiy nidā'. Meanwhile, in the science of badÄ«’ there are many types of muhassināt lafdziyyah jinās and saja’, as well as types of muhassināt ma’nawiyah tauriyah and mubālaghah. The balāghah element in the caption of the upload functions as a “media of attraction” for consumers in the Arab region to taste the Al Tazaj Restaurant menu. The results of this study are expected to provide insight into understanding balāghah on Arabic social media, so that it will create ease and interest in learning Arabic. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Widiya Wijayanti Setiawan
"Instagram merupakan sosial media yang populer di kalangan umum. Para pengguna dapat mengunggah foto atau video dan memberikan caption pada unggahan mereka, seringkali para pengguna menggunakan satu atau dua bahasa dalam satu caption. Gejala ini dikenal sebagai campur kode. Campur kode merupakan pengunaan dua bahasa atau lebih dalam satu kalimat atau paragraf. Penelitian ini membahas campur kode pada caption akun Instagram Tess Milne (@tessmilne_) dan Jamie Faber (@jamie_faber). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi campur kode di akun Instagram mereka. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode baca dan catat. Dua puluh data berhasil dikumpulkan dari dua unggahan Instagramitu. Analisis data campur kode dilakukan berdasarkan teori Muysken. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa campur kode pada akun Tess Milne dan Jamie Faber yang paling banyak digunakan adalah campur kode penyisipan dan fungsi yang ditemukan adalah penegasan dan strategi komunikasi.

Instagram is a social media that is popular among the public. Users can upload photos or videos and give captions to their uploads. Often, users use one or two languages in one caption. This phenomenon is known as code-mixing. Code-mixing is using two or more languages in one sentence or paragraph. This research discusses code mixing in the captions of Tess Milne (@tessmilne_) and Jamie Faber (@jamie_faber) Instagram accounts. The purpose of this study is to describe the types and functions of code mix in their Instagram accounts. The method used in this research is descriptive using a qualitative approach with data collection techniques of reading and note-taking. Twenty data were taken from their Instagram posts. Data analysis of code-mixing was conducted based on Muysken's theory. The results of this study show the most widely used code-mixing on Tess Milne and Jamie Faber's accounts is insertion and the functions found were emphasizing and strategic communications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raisya Dwinanda Cahyandaru
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana campur kode berkontribusi pada iklan media sosial Wardah Beauty melalui caption Instagram mereka. Kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode kuantitatif mengungkap jenis campur kode yang dominan digunakan oleh Wardah Beauty, sedangkan metode kualitatif mengungkap bagaimana jenis campur kode yang terlihat pada caption menandakan pendekatan periklanan mereka. Sumber data penelitian ini diambil dari lima belas caption Instagram pada akun Instagram Wardah Beauty pada bulan September hingga Oktober 2022. Diantara ketiga jenis campur kode tersebut, insertion merupakan jenis yang paling dominan digunakan pada caption Instagram Wardah Beauty, dengan persentase sebesar 90,4. %. Jenis yang dominan kedua adalah pergantian, dengan persentase 8,4%, dan yang kurang dominan adalah leksikalisasi kongruen, dengan persentase 1,2%. Melalui dua jenis campur kode dominan yang ditemukan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Wardah Beauty hanya menggunakan daya tarik rasional pada iklan mereka untuk menarik pembaca dengan menekankan atribut dan manfaat produk.

This study aims to analyze how code mixing contributes to Wardah Beauty's social media advertisements through their Instagram captions. A combination of quantitative and qualitative methods is used in this research. The quantitative method reveals the dominant type of code mixing used by Wardah Beauty, while the qualitative method reveals how types of code mixing spotted in the caption signify their advertising approach. The data sources for this research were taken from fifteen Instagram captions in the Wardah Beauty Instagram account from September to October 2022. Among the three types of code mixing, insertion was the most dominant type used in Wardah Beauty Instagram captions, with a percentage of 90.4%. The second dominant type was alternation, with a percentage of 8.4%, and the less dominant one was congruent lexicalization, with a percentage of 1.2%. Through the two dominant types of code mixing found, the study concluded that Wardah Beauty only used rational appeals for their advertisements to attract readers by emphasizing product attributes and benefits."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Besty Ryana
"[ABSTRAK
Ragam bahasa yang digunakan pada situs jejaring sosial Twitter disesuaikan dengan keadaan dan tujuan dari
masing-masing pengguna, baik individu maupun kelompok. Campur kode sering digunakan oleh pengguna
Twitter yang menguasai dua bahasa atau lebih. Penelitian ini membahas mengenai kata-kata bahasa Inggris yang
muncul dan penggunaannya pada Twitter @MEIDENmagazine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif. Dari penelitian ini campur kode pada Twitter @MEIDENmagazine banyak ditemukan dalam
bentuk kata dan termasuk ke dalam kelas kata sifat, interjeksi dan nomina. Kata bahasa Inggris yang digunakan
kebanyakan digunakan di awal dan akhir kalimat.ABSTRACT Language variation used in social networking site Twitter is adapted based on the situation and purpose of each
user, whether it is individual or group. Code mixing is often used by twitter users who are fluent in two
languages or more. This research discusses the usage of English words on Twitter account @MEIDENmagazine
by using the descriptive method. In this study found that usage of code mixing are frequently apparent in
@MEIDENmagazine twitter in the form of words and classified as adjectives, interjections, and nouns. The
English words are used mostly in the beginning and end of sentences.;Language variation used in social networking site Twitter is adapted based on the situation and purpose of each
user, whether it is individual or group. Code mixing is often used by twitter users who are fluent in two
languages or more. This research discusses the usage of English words on Twitter account @MEIDENmagazine
by using the descriptive method. In this study found that usage of code mixing are frequently apparent in
@MEIDENmagazine twitter in the form of words and classified as adjectives, interjections, and nouns. The
English words are used mostly in the beginning and end of sentences., Language variation used in social networking site Twitter is adapted based on the situation and purpose of each
user, whether it is individual or group. Code mixing is often used by twitter users who are fluent in two
languages or more. This research discusses the usage of English words on Twitter account @MEIDENmagazine
by using the descriptive method. In this study found that usage of code mixing are frequently apparent in
@MEIDENmagazine twitter in the form of words and classified as adjectives, interjections, and nouns. The
English words are used mostly in the beginning and end of sentences.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>