Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116797 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vina Amanda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong para pelaku UMKM di Indonesia untuk menjadi Halalpreneurs. Penelitian ini menganalisis faktor attitude yang terdiri atas awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and innovation, honesty and integrity, dan perceived desirability, faktor subjective norm terdiri atas family support dan peers influence, faktor perceived behavioral control terdiri atas perceived feasibility dan perceived governmental support, dan faktor religiosity terhadap kecenderungan para pelaku UMKM untuk menjadi halalpreneurs. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 450 responden muslim yang merupakan pelaku UMKM di bidang kuliner, kosmetik, obat-obatan, dan bidang usaha lainnya yang memerlukan sertifikasi halal untuk menjamin kehalalan produknya di Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini adalah intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, dan perceived governmental support signifikan positif berpengaruh terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peers influence, dan religiosity tidak signifikan mempengaruhi halalpreneurial propensity para pelaku UMKM di Indonesia.

This study aims to determine the factors that encourage MSME entrepreneurs in Indonesia to become Halalpreneurs. This study analyzed the relationship between attitude such as awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunities, creativity and innovation, honesty and integrity, and perceived desirability, subjective norm such as family support and peers influence, perceived behavioral control such as perceived feasibility and perceived governmental support, and religiosity to the propensity of MSME entrepreneurs to become halalpreneurs. Data were collected from 450 muslim respondents who are MSME entrepreneurs in the culinary, cosmetics, pharmaceutical, and other business fields that require halal certification to ensure the halalness of their products in Indonesia. Data were analyzed using descriptive analysis and partial least squares using the SmartPLS 3.0. The results of this study are intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, and perceived governmental support significantly influenced the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia. Meanwhile, awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peer influence, and religiosity did not significantly influence the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Farras Zayyan
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa yang dapat meningkatkan motivasi siswa tahun terakhir untuk menjadi halalpreneur dengan melihat 5 indikator, yaitu 1) sikap yang terdiri dari kewirausahaan kewirausahaan halal, motivasi intrinsik, upaya menemukan peluang, kreativitas dan motivasi, kejujuran dan integritas, pengambilan risiko, keuntungan relatif, dan keinginan yang dirasakan, 2) norma subyektif yang terdiri dari dukungan keluarga dan pengaruh teman sebaya, dan 3) kontrol perilaku yang terdiri dari persepsi kelayakan dan dukungan pemerintah. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner online kepada 231 responden yang termasuk dalam kategori mahasiswa tingkat akhir dari semua universitas di Indonesia yang telah memiliki bisnis. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan diproses menggunakan Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi intrinsik, upaya untuk mencari peluang, kreativitas dan inovasi, persepsi keinginan, dukungan keluarga, persepsi kelayakan, dan persepsi dukungan pemerintah berpengaruh positif pada kecenderungan halalpreneurial. Sedangkan kesadaran kewirausahaan halal, kejujuran dan integritas. Sikap mengambil risiko, keuntungan relatif, dan pengaruh teman sebaya tidak berpengaruh pada kecenderungan halalpreneurial. Penelitian ini pada saat yang sama sebagai langkah pertama dalam menyelesaikan proses kognitif siswa tingkat akhir dalam memulai bisnis halal. Melalui pertimbangan faktor-faktor yang diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia dalam mendorong halalpreneur melalui kesepakatan dan strategi yang dilakukan untuk mendorong halalpreneur di kalangan pelajar.

ABSTRACT
This study aims to analyze what factors can increase the motivation of last-year students to become halalpreneur by looking at 5 indicators, namely 1) attitudes consisting of halal entrepreneurship entrepreneurship, intrinsic motivation, efforts to find opportunities, creativity and motivation, honesty and integrity, risk taking, relative benefits, and perceived desires, 2) subjective norms consisting of family support and peer influence, and 3) behavioral control consisting of perceived worthiness and government support. Data was obtained through the distribution of online questionnaires to 231 respondents who were included in the final year category of students from all universities in Indonesia that already had a business. Data were analyzed using descriptive analysis and processed using Smart Partial Least Square (PLS). The results of this study found that intrinsic motivation, efforts to look for opportunities, creativity and innovation, perception of desire, family support, perception of worthiness, and perception of government support have a positive effect on halalpreneurial tendencies. While awareness of halal entrepreneurship, honesty and integrity. Risk taking, relative returns, and peer influence do not affect halalpreneurial tendencies. This research is at the same time as the first step in completing the cognitive processes of final-level students in starting a halal business. Through consideration of factors that are expected to assist the Indonesian government in encouraging halalpreneur through agreements and strategies undertaken to encourage halalpreneur among students.
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Thoriq
"Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, hal tersebut menjadikan Islam sebagai agama yang dianut mayoritas penduduk di Indonesia memiliki kedudukan besar dalam memengaruhi perilaku umat Islam di Indonesia. Kenyataan bahwa rasio jumlah pengusaha di Indonesia masih rendah menjadikan umat Islam secara tidak langsung juga terdampak dan sekaligus mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Fenomena tersebut menjadi penggerak studi ini, selanjutnya studi ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Islamic values dan Islamic practices terhadap intensi berwirausaha dengan mediasi sikap terhadap kewirausahaan. Survey dilakukan kepada 211 muslim yang memiliki niat berkarir sebagai wirausahawan / pengusaha / entrepreneur. Studi menemukan bahwa Islamic values signifikan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha, baik dengan mediasi sikap terhadap kewirausahaan ataupun tanpa peran mediasi. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan memberikan manfaat yang dapat digunakan oleh pihak yang terkait pendidikan agama dan kewirausahaan, berupa gambaran nilai-nilai Islam yang dapat menumbuhkan sikap dan intensi berwirausaha seorang muslim. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan membatasi generasi atau kelompok umur responden, agar hasil yang didapatkan bisa lebih menjawab permasalahan penelitian yang lebih spesifik.

Indonesia is a country with a majority Muslim population, this makes Islam a religion that is adopted by the majority of the population in Indonesia has a big position in influencing the behavior of Muslims in Indonesia. The fact that the ratio of the number of entrepreneurs in Indonesia is still low makes Muslims indirectly also affected and at the same time able to solve the problem. This phenomenon is the driving force of this study, then this study is intended to determine the effect of Islamic values ​​and Islamic practices on entrepreneurial intentions by mediating attitudes towards entrepreneurship. The survey was conducted on 211 Muslims who have career intentions as entrepreneurs / entrepreneurs / entrepreneurs. The study found that Islamic values ​​significantly had a positive effect on entrepreneurial intentions, both by mediating attitudes towards entrepreneurship or without the role of mediation. Furthermore, this research is expected to provide benefits that can be used by parties related to religious education and entrepreneurship, in the form of an overview of Islamic values ​​that can foster attitudes and intentions of a Muslim entrepreneurship. Further research can be done by limiting the generation or age group of respondents, so that the results obtained can better answer the more specific research problems."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhifa Meitasari
"ABSTRAK
Terdapat fenomena paradoks yang dihadapi oleh pengusaha. Pengusaha menghadapi berbagai kondisi tidak ideal, seperti fluktuasi pendapatan yang mengakibatkan pendapatannya tidak stabil Carrington, Mccue, Pierce, 1996, jam kerja yang lebih panjang Hyytinen Ruuskanen, 2007 dan mengalami stress D. Blanchflower, 2004. Serta terdapat fenomena liabilitas yang tak terbatas karena bercampurnya harta usaha dengan harta pribadi Moskowitz Vissing-J ? rgensen, 2002. Menariknya, walaupun kendala yang dihadapi pengusaha cukup banyak, beberapa penelitian menunjukan bahwa pengusaha memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dan cenderung lebih bahagia Binder Coad, 2013; D. G. Blanchflower Oswald, 1998. Islam sebagai ad-din atau way of life merupakan sarat akan nilai yang mempengaruhi keputusan dan cara pandang individu termasuk penilaian individu terhadap hidupnya. Crum Chen, 2015 menemukan bahwa pengusaha yang relijius memiliki penilaian kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak relijius. Menggunakan IFLS 5, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah relijiusitas berpengaruh terhadap subjective well-being pada pengusaha muslim di Indonesia dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Selain itu, penelitian ini juga akan membandingkan relijiusitas dan subjective well-being kelompok pengusaha dan pegawai muslim.

ABSTRACT
There is a paradox phenomenon faced by entrepreneurs. Entrepreneurs face various unfeasible conditions, such as income fluctuations resulting in unstable income Carrington, Mccue, Pierce, 1996, longer working hours Hyytinen Ruuskanen, 2007 and stress D. Blanchflower, 2004. There is also an infinite phenomenon of liability due to the mixing of property with personal property Moskowitz Vissing J rgensen, 2002. Interestingly, although the obstacles faced by entrepreneurs are considerable, some studies show that employers have higher levels of life satisfaction and tend to be happier Binder Coad, 2013 D. G. Blanchflower Oswald, 1998. Islam as ad din or way of life is full of values that influence the individual 39s decision and perspective including the individual 39s judgment on his life. Crum Chen, 2015 found that religious entrepreneurs had higher life satisfaction scores than non religious ones. Using IFLS 5, this study aims to see whether religiosity affects subjective well being among Muslim entrepreneurs in Indonesia and what factors influence it. In addition, this study will also compare the religiosity and subjective well being groups of muslim entrpreneurs and employees.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mumtaz Anwari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi pelaku UMKM untuk menjadi Halalpreneurs dilihat dari attitude seperti awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk-taking attitude, relative advantage and perceived desirability, subjective norm yang terdiri atas family support and peer influence, dan perceived behavioral control yang tediri atas perceived feasibility and goverment support serta religiosity. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 239 responden muslim yang sedang memiliki dan menjalankan usahanya sendiri. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0.
Hasilnya adalah intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, relative advantage, perceived desirability, family support, serta perceived feasibility memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halalpreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, perceived governmental support, peers influence, risk taking attitude, serta religiousity tidak memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity.

This study aims to know the motivational factors of SMEs entrepreneurs to become Halalpreneurs based on their attitude such as awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk taking attitude, relative advantage and perceived desirability, Subjective norm such as family support and peer influence, and Perceived behavioral control such as perceived feasibility and goverment support and religiosity. Data were collected from questionnaire that gathered 239 muslim respondents that have their own business. Data were then analyzed using descriptive analysis and partial least square in SmartPLS 3.0.
From the result, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, relative advantage, perceived desirability, family support, and perceived feasibility positively influenced halalpreneurial propensity. Meanwhile awareness of halalpreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, perceived governmental support, peers influence, risk taking attitude, and religiousity did not positively influence halalpreneurial propensity.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aziza Hanifa Khairunnisa
"Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS) merupakan inovasi yang dilakukan pemerintah dan BWI sebagai salah satu cara untuk mencapai potensi wakaf yang cukup besar di Indonesia. Akan tetapi ternyata pada kenyataannya penghimpunan dana CWLS sendiri masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensi masyarakat untuk berwakaf melalui CWLS menggunakan variabel literasi CWLS dan Theory of Planned Behavior (TPB) yang terdiri dari sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknis analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan software yang digunakan adalah Smart-PLS. Responden penelitian ini berjumal 196 yang merupakan masyarakat Muslim yang tersebar di seluruh Indonesia yang belum pernah berwakaf melalui CWLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi CWLS tidak berpengaruh secara langsung terhadap intensi berwakaf, akan tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel sikap terhadap wakaf dan persepsi kontrol perilaku. Variabel norma subjektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berwakaf, sedangkan variabel variabel sikap terhadap wakaf dan persepsi kontrol perilaku secara positif signifikan berpengaruh terhadap intensi masyarakat untuk berwakaf melalui Cash Wakaf Linked Sukuk(CWLS). Hal ini menunjukkan bahwa pada penelitan ini persepsi positif dan keyakinan akan kemampuan diri yang dimiliki seseorang untuk berwakaf pada CWLS dapat menimbulkan niat seseorang untuk berwakaf melalui CWLS, sedangkan tekanan sosial yang dirasakan seseorang tidak dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk memulai berwakaf melalui CWLS.

Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) is an innovation carried out by the government and BWI as a way to achieve the large potential of waqf in Indonesia. The participation of the Muslim community is very important in order to reach this potential. However, in reality, CWLS fundraising itself is still low. This study aims to determine the community's intention to waqf through CWLS using the variable literacy of waqf and Theory of Planned Behavior (TPB) which consists of attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control. This study uses a quantitative descriptive method with technical analysis of Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) and Smart PLS software. There are 196 respondents of Muslim communities spread throughout Indonesia who have never done waqf through CWLS. The results showed that waqf literacy did not directly affect the intention of waqf, but it had an indirect effect through the variables of endowment attitudes and perceptions of behavioral control. The subjective norm variable did not significantly influence the intention to waqf, while the variable attitude towards endowment and perceived behavioral control had a significant positive effect on the community's intention to waqf through Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). This shows that in this study positive feelings and beliefs about their own ability to waqf in CWLS can lead to their intention to waqf through CWLS, while the social pressure felt by a person cannot affect their intention to start waqf through CWLS."
Jakarta: Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robbi Rakhman
"ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh intensi perilaku hidup sehat terhadap minat pembelian produk kesehatan bear brand gold white tea di jakarta. Dimensi intensi perilaku yang digunakan yang digunakan adalah sikap, norma subjektif dan perceived control behaviour berdasarkan dari theory of planned behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang mengetahui dan berminat dalam perilaku hidup sehat dan tidak pernah membeli produk kesehatan bear brand gold white tea. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi perilaku hidup sehat memilik pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap minat pembelian produk kesehatan dan dimensi sikap adalah dimensi yang paling dominan mempengaruhi minat pembelian.

ABSTRACT
This study examined the effect of intentions on healthy living behavior on the interest in purchasing health products for bear brand gold white tea in jakarta. The dimensions of behavioral intentions used are attitudes, subjective norms and perceived control behavior based on the theory of planned behavior. This study used a quantitative approach, and research data was collected through surveys by distributing questionnaires to 100 respondents who know and was interested in healthy living behavior and never buy Bear Brand Gold White Tea product. The analysis technique used simple linear regression. The results showed that the intention of healthy living behavior had a significant and strong influence on purchase interest and the attitude dimension was the most dominant dimension influencing purchase interest."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vida Ismi Kharisma
"

Terjadinya krisis energi, perubahan iklim, dan masalah lingkungan yang semakin serius meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Kepedulian akan lingkungan ini membuat konsumsi ramah lingkungan menjadi daya tarik bagi konsumen dan pelaku usaha. Berbagai industri mulai mengadopsi praktik ramah lingkungan dalam kegiatan operasionalnya, termasuk industri restoran. Green restaurants hadir sebagai alternatif restoran konvensional dengan mengadopsi nilai-nilai peduli lingkungan. Green restaurants mulai bermunculan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sayangnya, penelitian tentang green restaurants di Indonesia masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku konsumen untuk mengunjungi green restaurants. Menggunakan extended theory of planned behavior model faktor-faktor tersebut antara lain perceived environmental concern, perceived authority support, perceived behavioral control, subjective norms, attitude, willingness to pay premium dan perceived consumer effectiveness. Menggunakan sampel penduduk Jabodetabek dengan metode Structural Equation Modeling (SEM), hasil penelitian ini dapat membantu pemasar untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar green restaurants.


The occurrence of the energy crisis, climate change, and environmental problems that are increasingly serious have increased public awareness of the environment. This concern for the environment makes environmentally friendly consumption an attraction for consumers and businesses. Various industries have started to adopt environmentally friendly practices in their operations, including the restaurant industry. Green restaurants exist as an alternative to conventional restaurants by adopting environmental values. Green restaurants are starting to appear all over the world including Indonesia. Unfortunately, there is very little research on green restaurants in Indonesia. This study aims to look at the factors that influence consumer behavior intention to visit green restaurants. Using the extended theory of planned behavior model, these factors include perceived environmental concern, perceived authority support, perceived behavioral control, subjective norms, attitude, willingness to pay premium and perceived consumer effectiveness. This research analyzed a sample of Jabodetabek residents with the Structural Equation Modeling (SEM) method, the results of this study can help marketers to gain a larger market for green restaurants.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danifa Vanesia Purwanto
""ABSTRAK
"
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi intensi wirausaha mahasiswa menggunakan teori perilaku yang direncanakan. Dalam teori ini, intensi seseorang dapat diukur dengan tiga indikator yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan persepsi kendali perilaku. Penelitian ini juga memprediksi intensi berwirausaha dengan membandingkan dua fakultas yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Sampel penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir FEB UI dan mahasiswa tingkat akhir FIB UI. Secara keseluruhan, hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda ditemukan perbedaan intensi wirausaha pada kedua fakultas tersebut. Faktor sikap terhadap perilaku dan persepsi kendali perilaku juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI. Norma subjektif tidak memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa FEB UI dan FIB UI.
"hr>"
"b>ABSTRACT
"
This researchs aims to predict students entrepreneurial intentions by applying TPB The Theory of Planned Behavior . In TPB framework, intention is a function of three antecedent which is attitudes toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control. This research also predict entrepreneurial intentions by making comparative analysis among different group of students with different educational backgroud. Sample of this study is final year students of Economic and Business faculty and Cultural Sciences faculty. Overall, the results showed that with the different of educational background theres is a differences of entrepreneurial intentions in both faculties. Student rsquo s attitude toward behavior and perceived behavioral control positively affects entrepreneurial intentions. Then, subjective norms doesn rsquo t have positive affect towards student rsquo s entrepreneurial intentions."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chasbi Ashidiqi
"ABSTRAK
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan ekonomi terbesar di dunia. Salah satu yang membuat ekonomi Indonesia besar adalah jumlah penduduk yang tinggi. Ditambah lagi pada saat Indonesia sedang mengalami surplus demografi yang berarti jumlah penduduk usia produktif lebih tinggi dibandingkan penduduk usia non produktif Oleh karena itu pemerintah berusaha mendorongt perkembangan ekonomi Indonesia pada periode tersebut. Keuangan Islam merupakan salah satu sektor ekonomi yang juga menjadi target perkembangan pemerintah. Salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan sektor tersebut adalah melalui mengembangkan pasar sukuk.Indonesia merupakan penerbit sukuk negara terbesar di dunia. Namun prestasi tersebut seolah berkebalikan dengan kondisi pasar sukuk Indonesia saat ini yang tidak likuid dan strukturnya asimetris. Untuk itu pemerintah berusaha mengembangkan pasar sukuk dengan mengincar terget baru salah satunya adalah mahasiswa.. Mahasiswa adalahsegmen yang terdidik dari penduduk usia muda Infonesia bisa menjadi pendorong perkembangan pasar sukuk secara khusus dan keuangan Islam secara umum dalam beberapa dekade ke depan. Namun setelah berbagai usaha yang telah pemerintah lakukan. Hanya sedikit sekali mahasiswa yang berinvestasi sukuk.Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berinvestasi sukuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Theory of Planned Behaviour TPB untuk menentukan faktor penentu minat investasi sukuk mahasiswa, Dengan menggunakan data dari 1186 mahasiswa yang ebrasal dari 113 universitas di 21 provinsi, hasil analisis Structural Equation Modelling SEM menunjukkan bahwa semua faktor penentu sikap terhadap sukuk signifikan. Selain itu hasil analisis juga menunjukkan bahwa tiga variabel TPB yaitu sikap, norma subjektif dan perseived behavioural control signifikan secara positif mempengaruhi minat berinvesatasi sukuk mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah untuk mendesain strategi yang efektif dalam mengembangkan pasar sukuk.

ABSTRACT
Indonesia is one of the largest economy among developing countries due to its large population and domestic demand. Moreover, now Indonesia is experiencing demographic dividend which means the working population is at it rsquo s highest. Indonesia rsquo s government should capitalize this opportunity to boost economic development by develop the real and capital market. Sukuk market is also one of the better choice of government to develop as Indonesia is the largest sovereign sukuk issuer in the world but the current market condition is illiquid and assymetric. The government should expand sukuk market to new target that is college student. College student is the educated segment of Z generation who could grows to be the moving gears of Indonesia in the next few decade. However, despite the determined efforts of government to attracts college student to invest in sukuk, it is still not succesful.This leads to the purpose of this study as to analyze factors that determine the intention of college student to invest in sukuk. Data from 1140 college student from 113 universities across 21 province in Indonesia were collected via online questionnaire using random sample technique. This study adopts Theory of Planned Behaviour TPB to determine the predictors of attitude and intention to invest in sukuk of college student. The result from Structural Equation Modelling SEM analysis shows that all four determinants of attitudes observed knowledge, religious factor, risk and return, reputation are statistically significant. The results also shows that the attitude, subjective norm, and perceived behavioural control had a significant effect on college student intention to invenst in sukuk. This study findings should be considered by the government as an input to design effective strategies to develop the sukuk market in Indonesia."
2017
S68492
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>