Ditemukan 145702 dokumen yang sesuai dengan query
Willa Anindya Ramadina
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit pengujian pengendalian yang dilaksanakan oleh KAP BDS atas penjualan dan pembelian PT SSB untuk periode yang berakhir di 31 Desember 2021. PT SSB merupakan perusahaan dagang yang menjual produk mesin, komponen, perawatan, dan reparasi otomotif. Prosedur pengujian pengendalian yang dilaksanakan adalah inspeksi four-way-match atas atribut pengendalian yang sudah diidentifikasi pada dokumen pendukung transaksi penjualan dan pembelian untuk menguji efektivitas operasi pengendalian. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian penjualan dan pembelian yang dilaksanakan sudah efektif dalam mencegah terjadinya salah saji di level asersi.
This internship report serves to evaluate the audit procedure of the test of control carried out by KAP BDS on the sale and purchase of PT SSB for the period ending on 31 December 2021. PT SSB is a trading company that provides automotive machine, components, maintenance, and reparation products. Test of control procedures aim to test the effectiveness of the identified control attributes in sales and purchasing activities in preventing and detecting misstatements at the assertion level. Based on the evaluation results, the sales and purchase control testing procedures are considered effective in preventing misstatements at the assertion level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Angely
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk menjelaskan evaluasi prosedur audit pengujian pengendalian atas akun pendapatan PT DOI yang dilakukan oleh KAP ASD pada periode laporan keuangan yang berakhir 31 Desember 2022 dan melakukan refleksi diri atas pengalaman magang di KAP. PT DOI merupakan anak perusahaan PT ERT yang bergerak dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Prosedur yang dievaluasi pada pengujian pengendalian atas akun pendapatan PT DOI adalah mengenai prosedur walkthrough pendapatan, pemilihan sampel uji, dan pengujian pengendalian atas akun pendapatan PT DOI. Evaluasi atas prosedur audit pengujian pengendalian didasari pada teori pengauditan dan standar audit yang relevan. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian yang dilakukan KAP ASD terhadap akun pendapatan PT DOI sudah sesuai dengan standar dan teori yang berlaku. Hasil refleksi diri menunjukkan kemampuan adaptasi pada lingkungan kerja dan komunikasi dengan senior berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat kekurangan yang harus ditingkatkan terkait dengan kemampuan berkomunikasi dan manajemen waktu. Berdasarkan pengalaman selama magang, terdapat tindak lanjut jangka pendek dan jangka menengah yang direncanakan untuk pengembangan diri di masa mendatang.
The purpose of this internship report is to explain the evaluation of test of control procedures for PT DOI's revenue accounts conducted by KAP ASD for the financial reporting period December 31, 2022 and self-reflection on the internship experience at the KAP. PT DOI is a subsidiary of PT ERT which is engaged in oil and gas exploration and production in Indonesia. The procedures evaluated in the test of control for PT DOI's revenue account are regarding revenue walkthrough procedures, selection of test samples, and tests of controls over PT DOI's revenue account. Evaluation of test of control procedures is based on relevant auditing theory and auditing standards. Based on the results of the evaluation, the test of control procedures carried out by KAP ASD on PT DOI's revenue accounts are in line with applicable standards and theories. The results of self-reflection show that the ability to adapt to the work environment and communication with seniors is going well. However, there are still deficiencies that must be improved related to communication skills and time management. Based on those experiences, there are short and medium-term follow-ups planned for future self-development."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ginting, Doddy Rizky
"Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang.
Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Tobing, Catherine Nathasya Agnes
"Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur pengujian pengendalian dan pengujian substantif atas akun persediaan PT JEON untuk periode yang berakhir pada 31 Maret 2021. PT JEON merupakan perusahaan manufaktur otomotif. Prosedur audit ini merupakan audit komponen untuk mendukung opini laporan keuangan grup JEON Corporation di Negara X. Evaluasi mengacu kepada standar audit, yakni standar audit PCAOB (AS), International Standards on Auditing (ISA), dan Panduan Teknis Observasi Persediaan Selama Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan oleh IAPI. Prosedur pengujian pengendalian dilaksanakan melalui inspeksi dan pelaksanaan ulang, sedangkan pengujian substantif dilaksanakan melalui observasi persediaan secara virtual dan pengujian rinci. Berdasarkan analisis, hasil pengujian pengendalian menunjukkan bahwa pengendalian internal PT JEON telah berjalan efektif dan pengujian substantif telah mencapai asersi yang diuji, antara lain eksistensi, kelengkapan, akurasi, pisah batas, dan hak & kewajiban. Namun, terdapat keterbatasan sumber daya dari klien sehingga observasi persediaan secara virtual tidak dapat dilakukan secara sempurna sesuai panduan teknis prosedur observasi persediaan virtual yang dikeluarkan IAPI.
This internship report aims to evaluate the implementation of test of control and substantive procedures on inventory of PT JEON for the year ending 31 March 2021. PT JEON is an automotive manufacturing company. The audit procedures conducted are part of component audit to support the opinion of JEON Corporation’s group financial statement. The evaluation is conducted in respect of PCAOB Auditing Standard, International Standards on Auditing (ISA), and Panduan Teknis Observasi Persediaan Selama Masa Pandemi Covid-19 issued by IAPI. The test of control procedures are carried out through inspection and reperformance while the substantive procedures are carried out through virtual observation on client’s stock take and test of details. According to the analysis, the test of control procedures show that the PT JEON’s internal controls have been carried out effectively and the substantive procedures have achieved all tested assertions, including existence, completeness, accuracy, cut off, and rights & obligations. However, due to limited resources from the client, virtual inventory observation cannot be carried out perfectly according to the technical guidelines for virtual inventory observation issued by IAPI."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gabriela Rentasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi (SIA) dan pengendalian internal dalam siklus pendapatan pada perusahaan skala UMKM, Takana Coffee, dengan penerapan sistem pembayaran
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kompleksitas dan risiko sistem pembayaran akibat inovasi teknologi QRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Evaluasi dilakukan menggunakan kerangka kerja COSO ICIF 2013 untuk menilai efektivitas SIA dan pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS menciptakan prosedur yang berbeda dari pembayaran lainnya dan meningkatkan risiko kesalahan perangkat lunak, gangguan peralatan, serta tindakan kecurangan. Rekomendasi penelitian mencakup peningkatan aktivitas pengendalian, identifikasi risiko yang komprehensif, dan pemantauan keamanan sistem secara menyeluruh guna memitigasi risiko yang muncul akibat penggunaan QRIS dalam siklus pendapatan perusahaan. Implementasi rekomendasi dapat dilakukan melalui pemisahan tugas antara barista dan kasir, penggantian koneksi internet menjadi koneksi privat, serta pelatihan rutin dan evaluasi sistem secara berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang implementasi QRIS dalam konteks UMKM dan pengelolaan risiko yang terkait.
This study aims to evaluate the accounting information system (AIS) and internal control within the revenue cycle of a small to medium-sized enterprise (SME), Takana Coffee, with the implementation of the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) payment system. The background of this research is the increased complexity and risk in the payment system due to the innovation of QRIS technology. The research method used is a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and document studies. The evaluation was conducted using the COSO ICIF 2013 framework to assess the effectiveness of AIS and internal control. The results of the study indicate that the use of QRIS creates different procedures from other payment methods and increases the risk of software errors, equipment failures, and fraud. The research recommendations include enhancing control activities, comprehensive risk identification, and thorough system security monitoring to mitigate risks arising from the use of QRIS in the company's revenue cycle. Recommendations can be implemented by separating duties between baristas and cashiers, switching to private internet connections, and conducting regular training and system evaluations. This research is expected to contribute to the understanding of QRIS implementation in the context of SMEs and related risk management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Z. Fanany Masduki
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17036
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yunita Putri Efendi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengujian pengendalian dan pengujian substantif atas akun kas PT DEF untuk periode 31 Agustus 2022. PT DEF bergerak dalam industri telekomunikasi. Ruang lingkup prosedur audit yang dibahas yaitu pengujian pengendalian dan pengujian substantif. Pengujian pengendalian dilakukan dengan melakukan vouching atas transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, sedangkan pengujian substantif dilakukan dengan menyusun lead schedule serta melakukan konfirmasi dan rekonsiliasi bank. Acuan yang digunakan dalam melakukan evaluasi adalah buku teks audit serta standar audit yang relevan. Hasil evaluasi yang telah dilakukan menjelaskan bahwa KAP ABC telah melakukan prosedur audit sesuai dengan standar audit yang berlaku.
This internship report aims to evaluate the procedures for tests of controls and substantive tests of PT DEF's cash account for the period of August 31, 2022. PT DEF is engaged in the telecommunications industry. The scope of audit procedures discussed are tests of controls and substantive tests. Tests of controls are carried out by vouching transactions for cash receipts and disbursements, while substantive tests are carried out by compiling lead schedules and conducting bank confirmations and reconciliations. The references used in conducting the evaluation are audit textbooks and relevant auditing standards. The evaluation results that have been carried out explain that KAP ABC has carried out audit procedures in accordance with applicable audit standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Hardy
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terhadap prosedur perencanaan dan substantif pengujian rinci atas penjualan yang dilakukan oleh KAP ABC terhadap PT XXX dan PT YYY, dua perusahaan afliliasi dari MNO Group untuk periode interim yang berakhir 31 Agustus 2022. PT XXX dan PT YYY merupakan perusahaan yang bergerak di industri perkebunan yang menghasilkan produk kelapa sawit. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, prosedur perencanaan dan substantif pengujian rinci atas akun penjualan yang dilakukan KAP ABC terhadap PT XXX dan PT YYY telah sesuai dengan Standar Audit (SA) yang berlaku, yaitu SA 200, SA 240, SA 315, SA 320, SA 330, SA 500, dan SA 530 dan teori audit atas penjualan. Laporan magang ini juga membahas mengenai refleksi diri penulis berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama menjalani kegiatan magang di KAP ABC.
This internship report discusses about the evaluation of planning and substantive test of details procedure of sales executed by KAP ABC on PT XXX and PT YYY, two affiliation companies of MNO Group for the interim period ended August 31, 2022. PT XXX and PT YYY are companies engaged in the plantation industry that produce palm oil products. Based on the result of the evaluation, the planning and substantive test of details procedure of sales executed by KAP ABC on PT XXX and PT YYY are in accordance with applicable audit standard, such as SA 200, SA 240, SA 315, SA 320, SA 330, SA 500, dan SA 530 and audit theory of sales. This internship report also discusses a self reflection from the author’s experience during the intenship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gultom, Benny
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17929
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Debrina Rosalyn
"Laporan magang ini membahas tentang implementasi sistem informasi akuntansi SIA beserta pengendalian internal di PT SAF Tbk. Ruang lingkup pembahasan difokuskan pada siklus pengeluaran untuk kegiatan perdagangan. Penyusunan laporan magang ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada laporan magang ini, implementasi SIA di PT SAF Tbk telah memenuhi tiga fungsi utama SIA melalui ketersediaan seluruh komponen SIA. Namun, penerapan SIA di PT SAF Tbk belum menghasilkan informasi yang berkualitas, ditunjukan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di setiap komponen SIA dan ketidakefektivan pengendalian internal. Penulis memberikan saran untuk improvisasi kepada PT SAF Tbk yang ditujukkan untuk setiap permasalahan yang muncul serta prinsip pengendalian internal yang belum terpenuhi.
This report examines implementation of Accounting Information System AIS and information system control in PT SAF Tbk. Analysis and discussion is narrowed to expenditure cycle in trading section. Data were collected by individual observation and user interview. Result of this report indicates that PT SAF Tbk conducts sufficient practice of AIS to satisfy its three main function by implementing full existence of AIS components. However, in further explanation, the implementation of AIS does not meet criterias to produce qualified information, evidenced by issuess in each of AIS rsquo components and ineffective internal control. Writer suggests recommendations for improvement to PT SAF Tbk in order to achieve the best practice of AIS and internal control for its business activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library