Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151158 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arisa Hanifah
"Akses informasi mengenai tubuh dan kesehatan dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kemunculan aplikasi kesehatan reproduktif telah menjadi salah satu cara yang efektif dalam mendigitalisasikan pelacakan menstruasi bagi wanita. Aplikasi ini menyediakan solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memenuhi tuntutan dan kesenjangan pasar. Salah satu aplikasi kesehatan wanita terkemuka, Flo, terkenal dengan sistem prediksi siklus berbasis teknologi kecerdasan buatan dan artikel yang mencakupi berbagai topik. Terdapat keunikan yang membedakannya dari aplikasi kesehatan wanita lainnya adalah fitur forum yang bernama Secret Chat. Platform ini telah menjadi wadah bagi perempuan untuk membicarakan berbagai topik seputar tubuh dan kewanitaan mulai dari topik pubertas hingga eksplorasi seksual secara anonim. Makalah ini mengkaji peran dan pengaruh anonimitas sebagai fitur utama dalam forum diskusi serta perannya baik sebagai platform atau pemberdayaan. Setiap kategori forum dipecah berdasarkan klasifikasi aplikasi Flo menjadi topik dan petunjuk. Setiap topik dan petunjuk kemudian dianalisis menggunakan kerangka teori differential consciousness Sandoval. Peneliti juga mengacu pada teori disinhibisi online untuk membedah peran anonimitas dalam fitur Secret Chats. Peneliti menemukan anonimitas disosiatif, invisibilitas, asinkronisitas, introjeksi solipsistik, imajinasi disosiatif, dan minimalisasi otoritas bersinggungan satu sama lain dalam mengurangi inhibisi pada Secret Chats, baik sebagai forum online serta komunitas bagi wanita untuk mengekspresikan diri dan saling memberdayakan. Selain itu, topik yang dibuat selaras dengan 5 mode differential consciousness Sandoval, sehingga melegitimasikannya sebagai platform untuk pemberdayaan sekaligus wadah gerakan sosial.

Menstrual cycle tracking is now just a swipe away. The emergence of feminine health applications has been a helpful way of digitizing period-tracking for women. These apps are becoming more innovative to fulfill users’ needs and cater to the demands and gaps of the market. One of the leading feminine health apps, Flo, is well- known for its AI-based cycle predicting system and insightful feature articles. But there is a particular unique selling point that differentiates it from any other feminine health applications is the presence of a secret, but not- so discreet online forum called Secret Chat. This platform has been a vessel for women to anonymously talk about various topics surrounding the female bodies ranging from puberty to sexual exploration. This paper examines the role and effect of anonymity as a key feature in a discussion forum. Each forum category is broken down based on Flo application’s classification into topics and prompts. Each topic and prompts are then analyzed using Sandoval’s theoretical framework of differential consciousness. Researcher also referred to online disinhibition theory to dissect the role of anonymity in Secret Chats as an online forum. Upon analyzing, researcher finds dissociative anonymity, invisibility, asynchronicity, solipsistic introjection, dissociative imagination, and minimization of authority intersect with each other and decrease inhibition on Flo’s Secret Chats both as an anonymous online forum and a safe haven for women to express their thoughts and empower each other. Furthermore, the topics and prompts that are generated align with Sandoval’s 5 modes of oppositional consciousness, legitimizing it both as a platform for empowerment and a vehicle social movement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia
"ABSTRAK
Berkembangnya tekonologi membuat munculnya banyak mobile application salah satunya aplikasi kesehatan XYZ. Aplikasi XYZ memediasi konsultasi kesehatan dan pembelian obat sehingga dapat dilakukan secara online. Penelitian ini membahas tentang intension to use aplikasi kesehatan XYZ dengan mengadopsi Integreated Theori Trust-TAM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan objek penelitian Komunitas X. Dari hasil penelitian terbukti bahwa aplikasi XYZ mampu untuk membentuk kepercayaan antara dokter dan pasien tanpa harus bertemu tatap muka dalam menjalin
komunikasi digital dan terdapat hubungan pengaruh antara perceived usefulness, perceived ease of use dan trust terhadap intention to use aplikasi kesehatan berbasis online XYZ. Trust menjadi faktor utama dalam penentuan intention to use.

ABSTRACT
The development of technology makes the emergence of many mobile applications, one of which is XYZ health applications. The XYZ application mediates health consultations and drugs purchases so that it can be done online. This study discusses the intention to use XYZ health applications by adopting an Integrated Theory Trust-TAM. This study uses quantitative methods with the object of research is Community X. From the results of the research, it is proven that XYZ application is able to form trust between doctors and patients without having to meet face to face in establishing digital communication and there is a relationship of influence between Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Trust has an influence on intention to use XYZ online based health applications. Trust is a major factor in determining intention to use."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Indriani
"Berkembangnya aplikasi mobile health, tentunya menjadi hal baik dalam perkembangan
layanan kesehatan, khususnya di Indonesia. Namun, dalam penggunaannya aplikasi
mobile health tentu juga harus dilandasi oleh kesiapan dari penggunanya agar penyaluran
layanan kesehatan ke pengguna dapat dilakukan dengan maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan apa saja yang memengaruhi mobile
health readiness pada penggunaan aplikasi mobile health di Indonesia dari sisi pengguna.
Empat dimensi yang dianalisis yaitu, technological readiness, people readiness,
motivational readiness, dan engagement readiness. Pendekatan penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah responden valid dari pengisian
kuesioner sebanyak 624 responden. Data dianalisis dan diolah menggunakan metode
covariance based structural equation modelling (CB-SEM) dengan bantuan tools AMOS
21.0. Pada penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dimensi yang paling berpengaruh
terhadap mobile health readiness adalah dimensi technological readiness (faktor ease of
use dan affordability) dan dimensi motivational readiness (faktor trust, attitude/intention,
dan perceived usefulness). Dengan diketahuinya faktor-faktor kesiapan dari sisi
pengguna, diharapkan penyedia layanan mobile health lebih fokus dalam meningkatkan
layanan sesuai dengan faktor-faktor kesiapan dari pengguna, sehingga layanan yang
disediakan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan meningkatkan kesiapan pengguna
dalam penggunaan aplikasi mobile health.

The development of mobile health applications is certainly a good thing in the
development of health services, especially in Indonesia. However, the use of mobile
health applications must also be based on the readiness of its users so that the distribution
of health services to users can be done optimally. This study aims to analyze the factors
of readiness that affect mobile health readiness on the use of mobile health applications
in Indonesia from the user side. The four dimensions analyzed are technological
readiness, people readiness, motivational readiness, and engagement readiness. The
research approach used in this study is quantitative. The number of valid respondents
from filling out the questionnaire was 624 respondents. Data were analyzed and processed
using covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) methods with the help
of AMOS 21.0 tools. In this study, the authors conclude that the dimensions that most
influences on mobile health readiness are technological dimensions of readiness (ease of
use and affordability factors) and motivational readiness dimensions (factors of trust,
attitude/intention, and perceived usefulness). By knowing the readiness factors from the
user side, it is expected that mobile health service providers will focus more on improving
services following the readiness factors of the users so that the services provided can meet
user needs and increase user readiness in using mobile health applications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Ananda Rezky Ichwan
"Berkembangnya teknologi membuat munculnya banyak mobile application salah satunya aplikasi e-counselling kesehatan mental ABC. Aplikasi ABC memediasi konsultasi Kesehatan mental dan meditasi yang dapat dilakukan secara online. Karena layanan e- counselling kesehatan mental ini merupakan fenomena yang baru, sehingga belum ada gambaran yang jelas tentang perilaku pasca adopsi yaitu niat penggunaan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor penting yang menyebabkan pengguna terus menggunakan aplikasi kesehatan mental, terutama mengingat bahwa sebagian besar penelitian sebelumnya terutama berfokus pada konten, fitur, dan dampak aplikasi kesehatan. Penelitian ini membahas mengenai continuance intention aplikasi Kesehatan mental ABC dengan mengadopsi Integrated Theory Trust – ECM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian Komunitas X yang berjumlah 160 responden. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa hampir semua hipotesis dapat ditetima terkecuali pada hipotesis Confirmation – Trust dan Trust – Continuance Intention, kemudia hasil penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi ABC manfaat pada kegunaan yang dirasakan pada pengguna merupakan indikator terpenting dalam mendorong niat penggunaan kembali pada aplikasi kesehatan mental ABC.

The development of technology has led to the emergence of many mobile applications, one of which is the ABC mental health e-counselling application. The ABC app mediates mental health consultations and meditations that can be done online. Because this mental health e-counselling service is a new phenomenon, there is no clear picture of post-adoption behavior, namely the intention to continue use. Therefore, it is important to know the important factors that cause users to continue to use mental health applications, especially considering that most of the previous research has mainly focused on the content, features, and impact of health applications. This study discusses the continuance intention of ABC mental health applications by adopting Integrated Theory Trust – ECM. This study uses quantitative methods with the research population of Community X, amounting to 160 respondents. From the results of the study, it was stated that almost all hypotheses could be accepted except for the Confirmation – Trust and Trust – Continuance Intention hypotheses, then the results of this study found that the ABC application benefited from the perceived usefulness of the user is the most important indicator in encouraging reuse intention in the ABC mental health application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irvan Indrayana
"Perkembangan teknologi telah memunculkan sebuah teknologi baru yaitu teknologi Blockchai yang telah muncul dalam dekade terakhir. Teknologi ini tidak hanya digunakan pada bidang finansial, melainkan juga dapat digunakan dalam sektor pelayanan kesehatan. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen data pelayanan kesehatan yang menggunakan teknologi Blockchain. Penelitian ini akan membahas mengenai karakteristik dan pengaruhnya pengaplikasian teknologi blockchain dalam pelayanan kesehatan dengan melakukan metode tinjauan literatur sistematis eksploratori yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan, mengkaji serta menjelaskan pengaruh teknologi blockchain terhadap manajemen data pelayanan kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 poin pengaruh teknologi blockchain yang ditemukan yaitu keamanan, efektivitas dan efisiensi, interoperabilitas, desentralisasi data dan motivasi pengguna. Masing-masing pengaruh tersebut menjelaskan mengenai bagaimana persepsi manajemen data pelayanan kesehatan yang dipengaruhi oleh pengaplikasian teknologi blockchain.  Kaji lliteratur ini dilakukan untuk menggambarkan blockchain yang baik memiliki fungsi dalam membangun manajemen data pelayanan kesehatan untuk menciptakan sistem manajemen informasi yang akurat, mutakhir, Technological developments have given rise to new technology, namely Blockchain technology which has emerged in the last decade. This technology is not only used in the financial sector but can also be used in the health care sector. The problem discussed in this study is how to manage health service data using Blockchain technology.

This study will discuss the characteristics and effects of the application of blockchain technology in health services by conducting an exploratory systematic Literature Review method that is descriptive. This study uses a qualitative approach by collecting, reviewing, and explaining the influence of blockchain technology on health service data management. The results showed that there were 5 points of influence of blockchain technology found, namely security, effectiveness and efficiency, interoperability, data decentralization, and user motivation. Each of these influences explains how the perception of health service data management is influenced by the application of blockchain technology. This Literature Review was conducted to describe the effect of a good application of blockchain technology having a function in building health service data management to create an information management system that is accurate, up-to-date, secure, and available to users."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fiansyah
"Perusahaan IAPS telah meluncurkan berbagai aplikasi, salah satunya ialah aplikasi Indosat Imkas dan Pede (Ponsel Duit) (berikutnya disebut aplikasi). Permasalahannya ialah masih terdapat sembilan belas persen pengguna valid yang tidak bertransaksi tiap bulan di aplikasi untuk mencapai target yaitu dua puluh persen pengguna valid bertransaksi tiap bulan di aplikasi. Dapat terjadi perubahan strategi bisnis apabila gagal mencapai target dan mengalami kerugian secara finansial. Peneliti menemukan satu masalah yang berdampak paling signifikan yaitu pemberian informasi dan promosi yang tidak berjalan efektif. Diperlukan teknik data mining dan klasifikasi churn yang menggunakan pemelajaran mesin untuk memprediksi pengguna yang tepat untuk pemberian informasi dan promosi. Pertanyaan penelitian ini adalah apa model pemelajaran mesin terbaik dalam melakukan prediksi pengguna yang churn dan loyal. Selain itu, apa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk churn dan loyal. Penelitian ini menghasilkan model yang dikembangkan menggunakan mesin pemelajaran dengan pengawasan menggunakan classifier Random Forest merupakan model pemelajaran mesin dengan performa terbaik untuk melakukan klasifikasi dan prediksi pengguna yang churn dan loyal. Selain itu, data ulasan pelanggan Google playstore yang di klasifikasikan kedalam push-pull classification dapat meningkatkan performa classifier. Beberapa fitur yang memengaruhi keputusan churn pelanggan yaitu “debetKreditRatio”, “push_service”. Kedua fitur itu berkaitan erat dengan tingkat layanan di aplikasi, semakin tinggi tingkat layanan yang diterima pengguna maka peluang akan churn rendah. Organisasi hendaknya membuat strategi untuk meningkatkan nilai “debetKreditRatio” dan “push service”. Selanjutnya organisasi dapat mengembangkan strategi retensi untuk pemberian informasi dan promosi yang berbeda untuk pelanggan yang akan churn dan loyal.

The IAPS company has has launched various applications, including the Indosat Imkas and Pede (Ponsel Duit) applications (from now on referred to as applications). The problem is that there is still nineteen percent of valid users who do not transact every month on the application to achieve the target, which is twenty percent of valid users who transact every month on the application. There can be a change in business strategy if it fails to achieve the target and suffers a financial loss. The researcher found one problem that had the most significant impact, namely promotions that did not work effectively. Data mining and churn classification techniques are required that use machines learning to predict the right users for targeted promotions or other strategies. The research question is what is the best machine learning model in predicting churn and loyal users. In addition, another research question is what are the factors that influence the customer's decision to churn and be loyal. This study resulted in a model developed using a supervised learning machine using the Random Forest classifier, which is the best-performing machine learning model for classifying and predicting churn and loyal users. In addition, customer reviews from Google play store data classified into a push-pull classification can also improve the classifier's performance. Several features affect customer churn decisions, namely "debetKreditRatio," "push_service." Both features are closely related to the level of service in the application. The higher the level of service the user receives, the lower the chance of churn. Organizations should develop strategies to increase the value of the "debit credit ratio" and "push service." Furthermore, the organization can develop different promotional approaches for customers who will churn and be loyal."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Elbert Libriandy
"ABSTRAK
Kurangnya aktivitas secara fisik merupakan salah satu masalah yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Berdasarkan data dari BPS, mengatakan bahwa hanya hanya 27% penduduk Indonesia yang rutin berolahraga dimulai dari umur 10 tahun ke atas. Olahraga cardio seperti treadmill exercise merupakan jenis olahraga yang umum dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, olahraga cenderung memiliki gerakan yang repetitif dan monoton sehingga dapat menciptakan rasa bosan pada penggunanya. Teknologi virtual reality yang dipadukan dengan prinsip gamifikasi merupakan pendekatan yang berpotensi untuk mengubah sistem treadmill yang tradisional menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pengaruh dari penggunaan teknologi VR terhadap tingkat stress load dari partisipan selama melakukan kegiatan treadmill exercise menggunakan electroencheplagoram dan tiga kusioner kognitif. Terdapat 24 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini guna membandingkan program treadmill dengan VR dan penggunaan treadmill secara tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada data EEG dan hasil rating kusioner untuk kedua variabel. Nilai rata-rata nilai asymmetry untuk RPR alpha sebesar 0.59% dan -0.03% untuk variabel VR dan NonVR. Hal tersebut mengindikasikan emosi positif pada responden yang melakukan kegiatan treadmill exercise dengan menggunakan VR. Secara keseluruhan, nilai rating kusioner menunjukkan bahwa responden mengalami kenaikan secara signifikan pada tingkat enjoyment, kepuasan dan motivasi pada variabel VR.

Lack of physical activity is a severe problem that can potentially cause various of diseases. According to Statistics Indonesia (BPS), only 27% of Indonesian citizens who regularly doing exercise once in a week, which indicates that most Indonesian lack of awareness for doing exercise to maintain healthy body. Cardiovascular exercise, for instance, treadmill exercise is the most common activities to improve body’s health and performance. However, monotone exercise tends to induce boredom which affects the emotional state of the person. Immersive Virtual Reality (VR) and Gamification offer a promising opportunity to improve traditional treadmill exercise to become more fun and enjoyable. This research aimed to evaluate the effect of immersive virtual reality on stress load or emotional state of person while doing treadmill exercise by using electroencephalogram (EEG) and questionnaires such as Positive and Negative Affect Schedule (PANAS-SF), Intrinsic Motivation Inventory (IMI) and User Satisfaction Evaluation Questionnaire (USEQ). This study involved 24 healthy participants (13 Males and 11 Females) to compare the immersive program with the traditional treadmill exercise. The statistic result showed that for both variable VR and Non-VR had significant different of EEG Data and questionnaires’ rating. The average asymmetry values of RPR Alpha were 0.59% and -0.03% for VR and Non-VR respectively, which indicated positive emotion in VR condition compared to the traditional one. The questionnaire result showed that participants had significant improvement of enjoyment, satisfaction and motivation in VR condition compared to the traditional one. They experienced higher positive emotion and less pressured while doing the exercise. These results are promising for a successful implementation of immersive VR application on treadmill exercise."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gipta Galih Widodo
"Penyakit jantung penyebab kematian utama pada masyarakat adalah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh atherotrombosis. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan pencegahan primer pada kelompok individu asimptomatik dengan merubah gaya hidup, mengontrol kolesterol dan tekanan darah yang bertujuan untuk menurunkan faktor risiko. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan model edukasi perilaku pencegahan berbasis aplikasi smartphone. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model edukasi perilaku pencegahan atherotrombosis asimptomatik berbasis aplikasi smartphone yang berpengaruh terhadap faktor risiko atherotrombosis pada individu non diabetes. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap I identifikasi masalah dengan studi kualitatif. tahap II yaitu penyusunan model dan uji coba model dan tahap III uji efektifitas model dengan quasi ekspertimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model edukasi perilaku pencegahan atherotrombosis berbasis aplikasi smartphone SEMAR terhadap penurunan tekanan darah, penurunan kadar kolesterol total, peningkatan pengetahuan dan penurunan skor risiko dengan nilai p<0,05. Sedangan kan hasil lain didapatkan tidak ada pengaruh model edukasi perilaku pencegahan atherotrombosis berbasis aplikasi smartphone SEMAR terhadap perilaku merokok, indeks massa tubuh, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan kemandirian dan penurunan skala stress. Kesimpulan: Model edukasi perilaku pencegahan atherotrombosis asimptomatik non diabetes dapat menurunkan faktor risiko atherotrombosis. Rekomendasi: perlu dilakukan penerapan dari model edukasi perilaku pencegahan atherotrombosis berbasis aplikasi smartphone SEMAR ini pada tatanan layanan di puskesmas dan kader kesehatan.

The leading cause of death in society is coronary heart disease caused by atherothrombosis. The strategy that can be adopted to overcome this is by primary prevention in groups of asymptomatic individuals by lifestyle changes, cholesterol and blood pressure control that aim to reduce risk factors. One effort that can be made is to develop an educational model of preventive behavior based on smartphone application. The purpose of this study is to identify the effectiveness of the smartphone application-based asymptomatic atherotrombosis prevention behavior education model on atherotrombosis risk factors in non-diabetic individuals. This study uses a quasi-experimental research design consisting of three stages, namely stage I identification of problems with qualitative studies. stage II is the development of models and model trials, and stage III model effectiveness testing with quasi-experiments. The results of research show that there is an effect of the SEMAR smartphone application-based atherotrombosis prevention behavior education model on reducing blood pressure, reducing total cholesterol levels, increasing knowledge and reducing risk scores with a value of p <0.05. While other results obtained that there is no effect of the SEMAR smartphone application-based atherothrombosis prevention behavior education model on smoking behavior, body mass index, increased physical activity, increased independence, and decreased stress scale. Conclusion: The non-diabetic asymptomatic atherotrombosis prevention behavior education model can reduce atherotrombosis risk factors. Recommendations: It is necessary to implement the SEMAR smartphone application-based atherotrombosis prevention behavior education model in the service setting at the PHC and health cadres."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tokyo: University of Tokyo Press, 1991
362.2 MET (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Ajeng Wuriandita Wahyumurti Candra Kirana Dewi
"Teknologi mobile merupakan metode yang efektif bagi perusahaan travel e-Commerce dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggannya sehingga timbul ketertarikan dan minat penggunaan. Selain itu, terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa usability memiliki hubungan yang positif terhadap minat penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada teknologi mobile. Maka dari itu, untuk memahami kebutuhan pengguna serta mematangkan strategi mobile, diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui faktor usability mana yang mendukung munculnya intensi penggunaan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi travel e-Commerce.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sequential mixedmethods QUAN-QUAL. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei daring dengan memanfaatkan instrumen Mobile Application Usability (MAU) terhadap aplikasi Traveloka. Sebelum digunakan, MAU diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menggunakan metode cross-cultural adaptation. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara kontekstual dengan tujuan complementary dan completeness. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan hasil data kualitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode koding kualitatif.
Berdasarkan hasil survei, variabel yang signifikan dalam memengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi Traveloka adalah susunan antarmuka dan utilitas aplikasi. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara kontekstual, ditemukan faktor-faktor usability lain yang memengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile, yaitu langkah- langkah yang logis, hierarki yang logis, hierarki yang efisien, langkah-langkah yang efisien, pencarian, banyaknya pilihan preferensi, dan navigasi yang intuitif. Hasil ini sejalan dengan hasil data kuantitatif yang menunjukkan bahwa faktor yang lebih dominan tergabung dalam variabel yang signifikan. Walaupun demikian, navigasi yang intuitif merupakan satu-satunya faktor yang dominan selain dari variabel utilitas aplikasi dan struktur antarmuka sehingga bagian ini bertentangan dengan hasil data kuantitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan agen travel e-Commerce dalam mematangkan strategi perancangan aplikasi mobile yang efektif dari segi usability guna meningkatkan intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi travel e-Commerce mobile di masa yang akan datang.

Mobile technology is an effective approach for travel e-Commerce companies in enhancing relationships with their customers to drive interest and intention to use. There are plenty of research evidences to show that usability has a positive association with continued intention to use and mobile application loyalty on mobile technology. Therefore, to consider users’ needs and to overcome mobile strategies, further analysis is needed to discover which factors are important for driving intention to use and mobile application loyalty on travel e-Commerce applications.
This research was conducted using sequential mixed-methods QUAN-QUAL approach. Quantitative data was collected through an online survey using the Mobile Application Usability (MAU) towards Traveloka application. Before being utilized, the MAU was firstly translated into Indonesian using cross-cultural adaptation procedures. In the other hand, qualitative data was collected through contextual interview based on complementary and completeness objectives. The results of the quantitative data were processed and analyzed using partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method, while the qualitative data were processed and analyzed using qualitative coding method.
Based on the survey results, it was found that application utility and user interface structure are significantly important drivers of users’ continued intention to use and mobile application loyalty on Traveloka application. Besides, based on the results of the contextual interview, it was found that there were some other usability factors driving continued intention to use and mobile application loyalty dominantly, i.e. logical/intuitive path, logical/intuitive hierarchy, efficient hierarchy, efficient path, search, variety of preferences, as well as intuitive navigation. These results were in line with the quantitative data’s, that the dominant factors are belong to significant variables. However, intuitive navigation was the only dominant factor apart from the application utility and user interface structure variables, hence this part was contrary to the results of quantitative data. The results of this study are expected to be a reference for travel e-Commerce companies in maturing their mobile strategies effectively, especially in terms of usability, in order to engage mobile application loyalty and continued intention to use on mobile travel e-Commerce applications in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>