Ditemukan 135132 dokumen yang sesuai dengan query
Zahra Hasanah
"COVID-19 merupakan pandemi global yang dapat memengaruhi kondisi perekonomian suatu negara. Dalam rangka mengurangi penyebaran COVID-19 tersebut, pemerintah Indonesia, mengambil langkah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kegiatan PSBB ini menyebabkan pembatasan kegiatan operasional Perusahaan, sehingga berdampak pada menurunnya kinerja keuangan Perusahaan. Salah satu industri yang terdampak dari kegiatan tersebut ialah industri ritel, yakni Pusat Perbelanjaan (Mal). Selain itu, adanya pandemi COVID-19 meningkatkan potensi risiko audit yang mungkin terjadi pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penilaian risiko akibat pandemi COVID-19 dan prosedur audit menggunakan Standar Audit yang berlaku. Penulis menggunakan pendekatan studi kasus dan metode kualitatatif pada Kantor Akuntan Publik CRN untuk audit pada perusahaan pemilik mal. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara. Analisa hasil wawancara dan data sekunder dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terjadinya risiko karena pandemi COVID-19 dimana terdapat beberapa risiko baru akibat pandemi COVID-19 yang diidentifikasi yakni terkait kelangsungan usaha, keakuratan perhitungan pendapatan dan perhitungan Expected Credit Loss, serta risiko adanya penurunan nilai properti investasi.
COVID-19 is a global pandemic that can affect the economic condition of a country. In order to reduce the spread of COVID-19, the Indonesian government has taken steps to carry out Large-Scale Social Restrictions (PSBB). The PSBB activities caused restrictions on the Company's operational activities, which resulted in a decline in the Company's financial performance. One of the industries affected by this activity is the retail industry, namely Shopping Centers (Malls). In addition, the COVID-19 pandemic increases the potential risk that may occur in the Companies. This study aims to analyze the risk assessment due to the COVID-19 pandemic and audit procedures using the applicable Audit Standards. The author uses a case study approach and a qualitative method at the CRN Public Accounting Firm for audits of mall owners. The data collection technique used the interview method. Analysis of the results of interviews and secondary data was carried out using the descriptive analysis method. The results showed that there was an increased risk due to the COVID-19 pandemic where several new risks due to the COVID-19 pandemic were identified, namely related to going concern, the accuracy of income calculations and Expected Credit Loss calculations, and the risk of a impairment of investment property."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Riki Ganesa Bayuaji
"Tesis ini mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dalam untuk mempertahankan keberlanjutan usahanya. Penelitian dilakukan melalui content analysis dari Laporan keberlanjutn yang telah disusun oleh perusahaan. Adanya pandemi Covid-19 yang melanda membuat perusahaan memerlukan strategi khusus agar dapat mempertahankan kinerja operasinya. Peneliti melanjutkan penelitian melalui wawancara terhadap pengurus perushaan. Informasi yang didapatkan dari wawancara tersebut digunakan dalam menganalisa kebijakan-kebijakan yang diambil dalam masa pandemi Covid-19. Dalam pengungkapan strategi-strategi yang diambil peneliti menurunkan dari Analisa SWOT. Strategi yang dijalankan mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Strategi tersebut di analisis kefektifannya dalam keberlanjutan perusahaan. Perusahaan mengubah strategi dalam penentuan pemilihan proyek. Proyek swasta terdampak lebih besar dari proyek pemerintah. Perusahaan mengalokasikan sumber daya yang disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19.
This thesis describes the strategy undertaken by PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk in order to maintain its business sustainability. The research was conducted through a content analysis of the company's sustainability report. With the Covid-19 pandemic that hit, companies need a special strategy in order to maintain their operating performance. Researchers continue the research through interviews with company management. The information obtained from the interview was used in analyzing policies taken during the Covid-19 pandemic. In disclosing the strategies taken, the researcher derives from the SWOT analysis. The strategy implemented includes economic, social and environmental aspects. The strategy is analyzed for its effectiveness in the company's sustainability. The company changed its strategy in determining project selection. Private projects are more affected than government projects. The company allocated resources adapted to the covid -19 pandemic."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Risyad Prabowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesiapan menghadapi era industri 4.0 berkaitan dengan loyalitas kerja sebelum dan selama pandemi Covid-19 terjadi. Selain itu, penelitian ini juga akan menganalisis hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan besarnya perubahan tingkat kesiapan menghadapi era industri 4.0 dan besarnya perubahan loyalitas kerja. Hal ini dibutuhkan perusahaan untuk mencari tenaga kerja yang tetap loyal kepada perusahaan di masa pandemi Covid-19. Karena variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel laten dan ingin melihat hubungan antar variabel laten, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS). Data merupakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan pekerja aktif yang bekerja di perusahaan-perusahaan di ibukota DKI Jakarta dengan menggunakan metode snowball sampling dan diperoleh sampel sebanyak 228 responden. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan positif antara tingkat kesiapan menghadapi era industri 4.0 dengan loyalitas baik sebelum maupun setelah pandemi Covid-19. Selain itu, kesimpulannya adalah terdapat hubungan negatif antara tingkat kecemasan terhadap pandemi Covid-19 dengan tingkat kesiapan menghadapi era industri 4.0. Demikian juga tingkat kecemasan menghadapi era industri 4.0 memiliki hubungan negatif dengan perubahan tingkat kesiapan menghadapi era industri 4.0 pekerja DKI Jakarta. Namun, tingkat kecemasan menghadapi era industri 4.0 memiliki hubungan positif dengan perubahan loyalitas pekerja DKI Jakarta.
This study aims to determine how the level of readiness to face the industrial era 4.0 relates to work loyalty before and during the Covid-19 pandemic. In addition, this study will also analyze the relationship between anxiety levels in the face of the Covid-19 pandemic with the magnitude of changes in the level of readiness to face the industrial era 4.0 and the magnitude of changes in work loyalty. This is needed by companies to seek workers who remain loyal to the company during the Covid-19 pandemic. Because the variables used in this study are latent variables and you want to see the relationship between latent variables, the method used in this study is the Partial Least Square (PLS) method. The data are primary data collected through distributing questionnaires to respondents who are active workers who work in companies in the capital DKI Jakarta using the snowball sampling method and obtained a sample of 228 respondents. The results obtained are that there is a positive relationship between the level of readiness to face the industrial era 4.0 and loyalty both before and after the Covid-19 pandemic. In addition, the conclusion is that there is a negative relationship between the level of anxiety about the Covid-19 pandemic and the level of readiness to face the industrial era 4.0. Likewise, the level of anxiety facing the industrial era 4.0 has a negative relationship with changes in the level of readiness to face the industrial era 4.0 of DKI Jakarta workers. However, the level of anxiety facing the industrial era 4.0 has a positive relationship with changes in the loyalty of DKI Jakarta workers."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Joko Tri Santoso
"Kerangka kerja konseptual mengenai praktik Audit Internal telah dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor dimana Auditor Internal harus memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengevaluasi risiko fraud dan cara organisasi mengelola risiko tersebut. Sehingga Audit Internal turut mempunyai peran dalam mencegah dan mendeteksi fraud. Walaupun pencegahan dan pendeteksian fraud merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan, Auditor Internal diharapkan dapat melakukan dua hal tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan tugas manajemen.
Penelitian ini mengkaji penerapan program pencegahan dan pendeteksian fraud serta peran Audit Internal dalam mendukung efektivitas Fraud Management Program yang ada di perusahaan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Observasi, wawancara dan studi dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen telah memiliki struktur pengendalian yang cukup baik dalam pencegahan dan pendeteksian fraud dan Audit Internal sudah berperan secara menyeluruh dalam semua komponen pembentuk effective Fraud Management Program.
Internal Audits Professional Practices Framework has been issued by The Institute of Internal Auditors, stated that Internal Auditors must have sufficient knowledge to evaluate the risk of fraud and the manner in which it is managed by the organization. Thus, Internal Audit also has a role in fraud prevention and detection. Although the responsibility in fraud prevention and detection addressed to the management, Internal Audit is expected to conduct those activities as part of the managements task force.This study examines the application of fraud prevention and detection program and the role of Internal Audit in improving the effectiveness of Fraud Management Program in place by using qualitative descriptive research method and using case study approach. Observation, interview and documentation studies are used in data collection method.As result explains that currently the management already has sufficient control structure in preventing and detecting fraud and Audit Internal has played a comprehensive role in all components that forming the effective Fraud Management Program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siagian, Tiffany Ruth
"
ABSTRAKPerencanaan dan pengujian audit sangat penting untuk proses audit. Dalam penugasan ini, saya akan membahas proses perencanaan dan pengujian audit BlueCircle Chemicals Ltd. berdasarkan informasi yang tersedia dan menerapkan prosedur audit yang relevan dalam praktiknya. Laporan ini akan menjelaskan risiko audit yang dapat diterima yang dinilai organisasi, risiko yang melekat, risiko pengendalian, dan analisis rasio.
ABSTRACTAudit planning and testing is essential to the audit process. In this assignment, I am going to discuss BlueCircle Chemicals Ltd. s process of audit planning and testing based on available information and apply relevant audit procedures in practice. This report will describe the organization s assessed acceptable audit risk, inherent risk, control risk and analysis of ratios."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dharmanita Marlisza
"International Monetary Fund (IMF) mempublikasikan data Tax Audit Coverage Ratio (ACR) tahun 2010 dari negara-negara anggotanya dengan rata-rata tingkat ACR sebesar 3% - 5%. Laporan Kinerja DJP tahun 2018 menunjukan bahwa tingkat ACR Indonesia pada tahun 2018 adalah sebesar 1,61%. Data tersebut menunjukan bahwa Indonesia memiliki tingkat ACR dibawah tingkat ACR ideal IMF. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat ACR di Indonesia serta memberikan rekomendasi hal-hal yang perlu diperhatikan oleh DJP guna meningkatkan kinerja pemeriksaan pajak. Analisis dalam studi ini menggunakan komponen-komponen dari teori Institutional Logics yaitu Symbolic carrier yang berupa Peraturan dan Kebijakan DJP dan Material Carrier yang berupa Aktor, Routines dan Artifacs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang perlu di perhatikan oleh DJP untuk meningkatkan kinerja pemeriksaan pajaknya. Dari sisi aktor, hal-hal yang perlu diperhatikan mencakup jumlah SDM pemeriksa pajak, kompetensi pemeriksa pajak dan motivasi pemeriksa pajak. Dari sisi artifacs (hal-hal pendukung), hal-hal yang harus diperhatikan adalah kemudahan dan ketersediaan data dan integrasi sistem informasi dan teknologi. Sedangkan dari sisi budaya organisasi, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sinergi tim, komunikasi dengan seksi lain dan pola kepemimpinan atasan.
The International Monetary Fund (IMF) published 2010 Tax Audit Coverage Ratio (ACR) data from its member countries with an average ACR rate of 3% - 5%. The 2018 DGT Performance Report shows that Indonesia's ACR rate in 2018 was 1.61%. The data shows that Indonesia has an ACR level below the IMF's ideal ACR level. This study aims to identify factors related to the level of ACR and provide recommendations to DGT in order to improve tax audit performance. The analysis in this study uses components of Institutional Logics theory, namely Symbolic carriers in the form of DGT Regulations and Policies and Material Carriers in the form of Actors, Routines, and Artifacts. This study uses a descriptive qualitative approach and uses questionnaires and interviews as research instruments. The results of the study indicate from the actor's point of view, factors that need to be considered include the number of human resources for tax auditors, competence, and motivation of tax auditors. From artifacts (supporting matters), the factors are the ease and availability of data and the integration of information systems and technology. From organizational culture, the factors are team synergy, communication with other sections, and leadership patterns."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Syifa Audrey Azzahra Febian
"This research aims to further discuss how the pandemic has changed intimate life (relationship). In this research, the researcher uses Social Penetration Theory, the concept of self-disclosure and digital media – dating apps. Using literature review, the researcher chose to have several journal articles that will be the foundation of this research. The result of this research shows that during the COVID-19 pandemic lockdowns, the ever growing technology and the Internet has become vital to all of us. The advancement of technology has blessed us with inventions such as dating apps, video conferencing apps, and streaming services that are used as tools to keep the intimacy alive during the pandemic. For future studies, it would be academically beneficial to consider reviewing the impact from media studies, interpersonal communication, and the role of social media.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana pandemi mengubah kehidupan intim (hubungan percintaan). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori serta konsep berupa Teori Penetrasi Sosial, konsep self-disclosure dan media digital – aplikasi kencan online. Dengan menggunakan literature review, peneliti memilih beberapa artikel jurnal yang akan menjadi landasan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama masa lockdown pandemi COVID-19, teknologi dan internet yang terus berkembang menjadi vital bagi kita semua. Kemajuan teknologi telah memfasilitasi kehidupan kita dengan penemuan-penemuan seperti aplikasi kencan, aplikasi konferensi video, dan layanan streaming yang digunakan sebagai alat untuk menjaga keintiman tetap terjaga selama masa pandemi. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah untuk studi masa depan, akan lebih bermanfaat secara akademis untuk mempertimbangkan dan meninjau dampak dari studi media, komunikasi interpersonal, serta peran sosial media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ray Ryan
"
ABSTRAKBlueCircle Chemicals adalah perusahaan publik yang terdaftar di ASX. CEO Jane
Randolph telah bersama perusahaan selama enam tahun. Jane meninggalkan peran sebelumnya sebagai CEO di perusahaan lain menyusul perselisihan yang konstan dengan auditor. Berdasarkan berita di media bahwa dia saat ini sedang berselisih dengan serikat pekerja mengenai kondisi kerja di pabrik mereka. Jane telah didorong untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan diberikan 35% dari remunerasi dalam bentuk saham perusahaan. Komite audit perusahaan biasanya bertemu setiap kuartal untuk meninjau laporan manajemen triwulanan. Namun, mereka belum punya waktu untuk bertemu dalam dua belas bulan terakhir karena anggota komite terlalu sibuk. Perusahaan telah mulai menjual produknya ke Saturn Holdings Ltd, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Mark Randolph, saudara lelaki dari CEO Jane Randolph.
ABSTRACTBlueCircle Chemicals is a publicly traded company that is listed on the ASX. The CEO Jane Randolph has been with the company for six years. Jane left her previous role as CEO at another company following constant disputes with the auditors. I have read in the media that she is currently in dispute with the worker s union over employment conditions in their factories. Jane has been encouraged to improve the company s performance by being given 35% of her remuneration in the form of the company s shares. The company s audit committee used to meet every quarter to review the quarterly management reports. However, they have not had time to meet in the last twelve months as the members of the committee have been too busy. The company has started to sell its products to Saturn Holdings Ltd, a company owned by Mark Randolph, the brother of the CEO Jane Randolph."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Syelvira Yonansha
"Penulis ingin membahas mengenai evaluasi pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang telah berlangsung di PT X selama tahun 2012-2014. Pelaksanaan audit internal ditinjau ulang menggunakan standar internasional, yaitu ISO 19011. Penelitian yang dilakukan ini bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini melibatkan informan kunci dan informan sebagai sumber data primer melalui wawancara mendalam dan telaah dokumen pelaksanaan audit pada tahun 2012-2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan audit internal sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT belum berjalan dengan baik dan maksimal. Poin utama dari lemahnya pelaksanaan audit internal tersebut adalah implementasi, pemantauan, tinjauan ulang dan perbaikan pada sistem manajemen audit yang dilaksanakan. Perbaikan pada tahap perencanaan dan implementasi menunjukkan poin utama yang harus segera diperbaiki guna meningkatkan kualitas sistem manajemen audit dan bisa mengevaluasi sistem manajemen yang berlangsung di perusahaan dengan lebih baik.
This research studied about Evaluation of Internal Audit Implementation of Occupational Health And Safety Management System on 2012-2014 at PT X. Internal audit implementation has been monitor by using international standard, ISO 19011. This research is descriptive with qualitative methodology. This research involve key informant and informant as primer source data through indeep interview and document review on audit implementation on 2012-2014.This research result show that internal audit implementation of occupational health and safety management system in PT X is not run well and maximum yet. Key point on the weakness of internal audit are implementation, monitoring, review and improvement the audit management system that have been done. Improvement on the planning and implementation step show that it is key point to improve soon in order to increase audit management system quality and evaluate management system on that."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T44737
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hoyle, Joe B.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1995
657.45 HOY l
Buku Teks Universitas Indonesia Library