Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181578 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soultan Ariq Rachman
"One popular domain on social media is fandom activity, where people gather to enthuse their favourite idol. One of the most famous fandoms belongs to Kpop stans, where they include members from many diverse countries and continents. Kpop fandom Twitter gained popularity after attempting drowning racist hashtags by posting Kpop contents during #BlackLivesMatter movement. Kpop fans seem to utilise hashtags and mention other Twitter users in their Tweets that contain worldwide trends. An example is #APOLOGIZETOJISOOTcCandler hashtag that was made popular to support Blackpink's oldest member, Kim Jisoo. This research explores how Kpop stan Twitter utilises hashtag and hashtag hijacking on Twitter to endorse their idols. Using theory from Rauschnabel, Sheldon, & Herzfeldt regarding the ten motivations for users to use a hashtag. In addition to that, theory from Xanthopoulos, Panagopoulos, Bakamitsos & Freudmann regarding three motivations for users di hijack a hashtag will be implemented as well. Through primary research method using netnography, an online research method to understand social interaction in digital communications contexts, it is found that Blackpink's fandom hashtag was driven by five motivations. Also, it is found that the hashtag hijacking was utilised to endorse different idol."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Twitter is a social media application, which can give a sign for identifying user emotion. Identification of user emotion can be utilized in commercial domain, health, politic, and security problems. The problem of emotion identification in twit is the unstructured short text messages which lead the difficulty to figure out main features. In this paper, we propose a new framework for identifying the tendency of user emotions using specific features, i.e. hashtag, emoji, emoticon, and adjective term. Preprocessing is applied in the first phase, and then user emotions are identified by means of classification method using kNN. The proposed method can achieve good results, near ground truth, with accuracy of 92%.

Sebuah tweet dapat mengandung dan menggambarkan kecenderungan emosi seseorang. Penelitian me-ngenai identifikasi emosi dapat diterapkan pada domain komersial, kesehatan, politik, dan keamanan. Teks pendek yang tidak terstruktur dalam data tweet menyebabkan sulit menemukan fitur-fitur penting. Pada pe-nelitian ini diusulkan sebuah model baru untuk mengidentifikasi kecenderungan emosi pengguna Twitter menggunakan fitur khusus yaitu hashtag, emoji, emoticon, dan kata sifat. Tahap awal dilakukan prepro-cessing, kemudian identifikasi emosi pengguna dengan metode klasifikasi. Hasil penelitian ini mempunyai kecenderungan emosi yang mendekati ground truth dengan akurasi 92% menggunakan kNN."
Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Faculty of Information and Technology, Department of Informatics, 2014
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reyhan Putra Aryan
"Skripsi ini membahas bagaimana netizen Twitter yang turut serta dalam tagar #NetflixTidakAman memaknai agenda publik tagar tersebut serta apa motivasi mereka mengikuti tagar itu. Penelitian ini memanfaatkan teori agenda building, self- determination dan reception. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian pada penelitian ini ialah netizen Twitter yang turut serta dalam tagar #NetflixTidakAman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa netizen yang memiliki motivasi intrinsik cenderung memiliki pemaknaannya sendiri terkait Netflix sedangkan netizen yang memiliki motivasi ekstrinsik masih dapat terpengaruh oleh narasi yang dibentuk tagar #NetflixTidakAman. Penelitian ini memperlihatkan bagaimana tagar #NetflixTidakAman dapat membentuk agenda publik yang menunjukkan keraguan publik akan keamanan Netflix.

ABSTRACT
This thesis discusses how Twitter netizens who participated in the hashtag #NetflixTidakAman interpreted the hashtag's public agenda and what their motivations were to follow that hashtag. This study utilizes agenda building theory, self-determination and reception. This research is a qualitative study using structured interviews as a data collection technique. The research subjects in this study are Twitter netizens who participated in the hashtag #NetflixTidakAman. The results of this study indicate that netizens who have intrinsic motivation tend to have their own meaning related to Netflix while netizens who have extrinsic motivation can still be affected by the narrative formed in the hashtag of #NetflixTidakAman. This research indicates the hashtag #NetflixTidakAman can create a public agenda that shows public doubts about Netflix`s security.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mourene Iga Farriny
"Skripsi ini membahas mengenai sufiks -teki sebagai hedge (pagar) dalam cuitan (tweet) yang diposting dalam situs jejaring sosial Twitter pada bulan Oktober 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memerikan sufiks -teki sebagai hedge (pagar). Dengan memerikan sufiks -teki sebagai hedge (pagar), dapat diketahui penggunaan dan fungsi sufiks -teki sebagai hedge (pagar). Selain itu, dapat diketahui sikap pencuit yang menggunakan sufiks -teki dalam cuitannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 21 data yang dianalisis, penggunaan sufiks -teki sebagai hedge (pagar) dapat dikelompokkan berdasarkan posisi, yaitu penggunaan sufiks -teki pada pronomina persona pertama, sufiks -teki pada kuotasi, dan sufiks -teki (na) pada modifikator nomina. Sufiks -teki berfungsi untuk menghaluskan ujaran. Hal ini dipicu oleh sikap pencuit yang berupaya untuk menghindari konflik dengan pembaca cuitan.

The focus of this study is the use of the suffix -teki as a hedge found on tweets posted on October 2016 on the social media site Twitter. The purpose of this research is to describe the suffix -teki as hedge. By describing the suffix -teki as hedge, the use of suffix -teki as hedge and its functions will be discovered. Moreover, the tweeter (the person who tweeted) attitude toward their tweets will be found out. Based on the 21 tweets analyzed, the suffix -teki used as hedges can be divided into three groups based on its position in the sentence, which are the use of the suffix -teki after first person pronouns, suffix -teki after quotation, and suffix -teki (na) after noun modifier. The use of the suffix -teki as a hedge implies that the tweeter (the person who tweeted) weakens the assertion of the speech. The use of the suffix -teki as a hedge is motivated by the attitude of tweeter who attempted to avoid conflicts with the readers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65987
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Ayu Setyorini
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada memahami Gerakan Digital Opini dari hashtag Twitter #TangkalASNRadikal sebagai reaksi terhadap gerakan sosial yang sangat termediasi dan emosional yang terjadi, dengan menciptakan pendapat monolitik yang muncul dari media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan sifat, pra syarat dan karakter warganet Indonesia. Penelitian ini menggunakan Methodologi Analisis Jaringan Sosial. Dalam hasil pengumpulan data menggunakan NodeXL didapatkan pula aktor-aktor media sosial yang berperan dalam menggemakan tagar sehingga menjadi trending topics Indonesia. Penelitian ini menangkap beberapa karakteristik khusus warga negara Indonesia saat ini, yaitu kemudahan membuat orang melihat masalah baru menggunakan tagar.

ABSTRACT
This research focuses on understanding the Digital Movement of Opinion from the Twitter hashtag #TangkalASNRadikal as a reaction to the highly mediated and emotional social movements that occur, by creating monolithic opinions that emerge from social media. This study aims to show the nature, pre-requisites and character of Indonesian citizens. This research uses Social Network Analysis Methodology. In the results of data collection using NodeXL, social media actors also played a role in echoing the hashtag so that it became Indonesia's trending topics. This research captures some special characteristics of Indonesian citizens today, namely the ease of making people see new problems using hashtags
"
2020
T55100
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwie Putri Donnaro
"Masyarakat Indonesia sangat sering menggunakan media sosial twitter dan sekarang lebih dikenal dengan X untuk berbagi foto, video atau membuat tweet tentang topic yang sedang trend. Namun tidak banyak dari masyarakat Indonesia yang memanfaatkan trending topic ini untuk membuat konten dalam memasarkan produk barunya. Pada penelitian ini telah dilakukan pengelompokkan trending topic dengan menggunakan 3 algoritma clustering yaitu K-Means, DBScan dan LDA dengan menggunakan 2 kondisi yaitu Menggunakan Kata Kunci dan Tanpa Menggnakan kata Kunci, untuk kategori cluster telah ditentukan yaitu Cluster Politik, Cluster Ekonomi dan Cluster Pendidikan. Hasil penelitian ini adalah K-Means dengan menggunakan kata kunci lebih baik dari pada semuanya yaitu dengan nilai validitas 0,5810 sedangkan diposisi kedua yang termasuk baik adalah DBScan menggunakan kata kunci dengan nilai validitas 0,4656. Oleh karena itu karena hasilnya masih dalam tingkatan 2 yaitu struktur cluster masih dalam kategori baik, maka peneliti melakukan kombinasi antara K-Means dan DBScan dengan menggunakan kata kunci. Dan hasilnya struktur yang terbentuk masuk dalam tingkatan 1 yaitu dalam kategori kuat, nilai validitas yang dihasilkan yaitu 0,7864, sehingga antar trending topic dalam masing-masing cluster memiliki keterkaitan.

Indonesians very often use social media twitter and now better known as X to share photos, videos or make tweets about trending topics. However, not many Indonesians utilize this trending topic to create content to market their new products. In this study, clustering of trending topics has been carried out using 3 clustering algorithms namely K-Means, DBScan and LDA using 2 conditions namely Using Keywords and Without Using Keywords, for cluster categories have been determined namely Political Cluster, Economic Cluster and Education Cluster. The results of this study are K-Means using keywords is better than all of them with a validity value of 0.5810 while in second place which is good is DBScan using keywords with a validity value of 0.4656. Therefore, because the results are still in level 2, namely the cluster structure is still in the good category, the researchers conducted a combination of K-Means and DBScan using keywords. And the result is that the structure formed is in level 1, which is in the strong category, the resulting validity value is 0.7864, so that between trending topics in each cluster have a relationship."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inke Nur Dewanti
"Tesis ini membahas mengenai evaluasi analisis sentimen tools vs human. Pada penelitiannya, tools yang digunakan adalah brand24 dan ripple10. Perlu diketahui brand24 merupakan digital listening tools yang berasal dari Polandia sedangkan ripple10 berasal dari Indonesia. Pada tools analisa sentimen dilakukan menggunakan algoritma. Sedangkan pada human analisa sentimen dilakukan secara tematik. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasilnya, tools memang memudahkan kerja manusia. Namun, dalam menganalisis sentimen masih diperlukannya campur tangan manusia untuk memastikan validitasnya. Lainnya, variabel kategori topik dan lambang dapat mempengaruhi analisa suatu sentimen sedangkan bahasa dan karakter tidak terlalu berpengaruh.

This thesis discusses the evaluation of sentiment analysis tools vs human. In this research, the tools used are brand24 and ripple10. Brand24 is a digital listening tool from Poland, while ripple10 is from Indonesia. Sentiment analysis tools are carried out using an algorithm. While in human sentiment analysis is done thematically. The method used in this research is quantitative. As a result, tools help human work easier. But, in analyzing sentiment, human intervention is still needed to ensure the validity. On the other hand, topic and symbol category variables can influence the analysis of a sentiment, while language and character have little effect."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ditty Heppyanti Lulu
"Tesis ini membahas tentang media sosial microblogging yang digunakan oleh radio Lembaga Penyiaran Publik (LPP) maupun dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS). Penggunaan media sosial microblogging pada radio LPP maupun LPS, dilakukan dengan menentukan alasan-alasan yang menjadi dasar penggunaan media sosial microblogging; fungsi dan posisi media sosial microblogging bagi radio; serta pengelolaan media sosial microblogging radio. Penelitian terkait dengan media sosial microblogging ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif eksploratif (exploratory descriptive research). Peneliti dapat memperoleh data primer melalui hasil wawancara secara mendalam (indepth interviews) yang dilakukan kepada pihak RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, dan Gen FM Surabaya.
Kemudian, data sekunder penelitian ini diambil dari pengumpulan arsip, dokumentasi, konten media sosial microblogging yang telah terpublikasikan, dan literatur-literatur pendukung. Hasil dari penelitian ini termasuk dalam tiga hal: Pertama, alasan radio menggunakan media sosial microblogging adalah sebagai bentuk adaptasi radio; Kedua, media sosial microblogging memiliki fungsi dan posisi peripheral, dimana media sosial microblogging digunakan sebagai pendukung kegiatan radio dan dapat tergantikan oleh media yang lain; dan ketiga, terkait dengan pengelolaan media sosial microblogging radio yang berdasarkan pemahaman, persiapan & pemantauan (monitoring), dan respon yang dilakukan oleh pihak radio melalui media sosial microblogging.

This thesis discusses the microblogging social media used by Public Broadcasting Radio (LPP) and Private Broadcasting Radio (LPS). The use of social media microblogging on radio, carried out by determining the reasons on which the use of social media microblogging; function and position of social media microblogging for radio; also, the management of social media microblogging radio. This study is expected to provide comprehensive information about the strategies use microblogging and social media utilization for mass media industry such as radio. The research related to the microblogging social media using qualitative methodology using exploratory descriptive type. Researchers can obtain the results of primary data through in-depth interviews conducted to three radio: RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, and Gen FM Surabaya.
Then, the secondary data was taken from the archive collection, documentation, microblogging social media content that has been publicized, and literature support. The results of this study are included in three things: First, the reason for using social media microblogging is a radio adaptation; Second, microblogging social media of radio have a peripheral function and position, which the microblogging social media used to support the radio activity and can be replaced by the other media; and third, related to the management of microblogging social media by the radio, based on the understanding; the preparation and monitoring; and the response made by the radio via social media microblogging.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T41156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niswatul Khimayah
"Media sosial kini telah menjadi bagian dari komunikasi organisasi, termasuk organisasi pendidikan. Bagi humas, yang memiliki peran dalam membangun dan menjalin hubungan baik dengan publik, kehadiran media sosial dapat menjadi peranti baru dari strategi information subsidies. Di sisi lain, setiap organisasi perlu memiliki reputasi positif supaya tercipta kesepahaman dan kepercayaan antara publik dan organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial twitter sebagai information subsidies tool terhadap reputasi Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei kuesioner online dengan 75 responden. Dari pengujian korelasi rank Spearman, menunjukkan hasil ada hubungan yang kuat antara variabel media sosial dan reputasi dengan angka koefisien korelasi positif 0,563. Sehingga penelitian ini menyimpulkan media sosial berpengaruh terhadap reputasi.

Social media has become a fundamental part of organizational communication, included educational organization. For public relations, which has a central role in building and maintaining good relationship between organization and its public, social media can be a new tool of its information subsidies strategy. In addition, every organization should has a good reputation in order to create mutual understanding and mutual trust between organization and its public.
This study aimed to determine the influence of social media as information subsidies tool towards reputation of university of Indonesia. This study is quantitative research by online questionnaire survey to 75 respondents. By using Spearman's correlation test, the result obtained there was strong correlation between two variables with the correlation coefficients of 0,563. The study conclude that there was influence of social media on reputation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66578
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Levriana Yustriani
"ABSTRAK
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) baru, seperti Web 2.0 dan media sosial membuat perbedaan dalam praktik partisipasi politik di kalangan individu muda. Penelitian ini memperkenalkan Actor-Network Theory (ANT) sebagai sebuah kerangka untuk menganalisis hubungan antara TIK baru dan perubahan praktik pada partisipasi politik pemuda, secara khusus dalam fenomena adopsi Twitter. Peneliti beragumen bahwa ANT menawarkan sebuah perspektif baru dalam studi media dan politik serta praktik mediasi, sebab ANT menaruh fokus pada aktor heterogen, yakni manusia, konstruksi simbolis, dan elemen materi termasuk teknologi, setara dengan elemen penting lain sebagai bahan analisis. Penelitian ini menawarkan contoh empiris mengenai berbagai cara Twitter menjadi elemen spesifik pada aktor-jaringan. Argumen lain ialah, ketika melibatkan materialitas-teknologi-dalam analisis partisipasi politik, peneliti harus menghindari pengkhususan 'efek' Twitter. Teknolog Twitter harus diperlakukan secara analitis sebagai aktan dalam sebuah jaringan terintegrasi dengan aktan lain.

ABSTRACT
New information and communication technologies (ICTs) such as Web 2.0 and social media have altered the practices of political participation amongst youth. This article introduces Actor-Network Theory (ANT) as a framework for analyzing the relation between new ICTs and changing practices in youth political participation related with the adoption of Twitter in particular. It argues that ANT offers an exciting new perspective on 'holistic' studies of media and politics, and mediation practices, because it calls for a focus on heterogeneous actors: people, ideals, symbolic constructions, and material elements are seen as equally important elements to analyze. The article offers empirical examples of how ICTs have become elements of speci!c actor-networks, and argues that, at this point, the new aspect of them is their seamlessness. It is argued that while including materiality-technology-in analyses of journalism practices we should refrain from essentializing the 'effects' of ICT. Rather, technology should be treated analytically as an actant tightly integrated in networks with other actants, without being assigned particular forces or consequences."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>