Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185923 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khullat Anees
"Latar Belakang: Tingginya angka pemakaian gigi tiruan sebagian lepasan, kemungkinan terus berlanjut hingga di masa yang akan datang. Hal tersebut terjadi karena akan lebih banyak populasi lansia dengan kondisi partially edentulous. Perawatan gigi tiruan sebagian lepasan pada responden dalam penelitian ini, dilakukan di Klinik Integrasi RSGM FKG UI oleh mahasiswa Program Profesi dan di Klinik Spesialis Prostodonsia oleh mahasiswa PPDGS Prostodonsia. Salah satu aspek keberhasilan perawatan gigi tiruan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Salah satu kuesioner yang digunakan untuk self-assessment oleh pasien adalah kuesioner Patient’s Denture Assessment versi Bahasa Indonesia (PDA-ID) yang telah divalidasi untuk menilai kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan lengkap. Pada penelitian ini, kuesioner PDA-ID dimodifikasi untuk mengevaluasi kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan sebagian lepasan. Tujuan: Untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan sebagian lepasan di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Prostodonsia RSGM FKG UI, yang dinilai menggunakan kuesioner PDA-ID yang dimodifikasi, serta menganalisis pengaruh faktor sosio-demografi (usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan) terhadap kepuasan pasien. Metode: Studi cross-sectional pada 52 responden (15 laki-laki, 37 perempuan), berusia 20 – 75 tahun, yang melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Prostodonsia RSGM FKG UI. Uji validitas kuesioner PDA-ID yang dimodifikasi dengan product moment Pearson dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s alpha. Uji analitik bivariat dengan uji Fisher exact untuk menganalisis pengaruh usia dan jenis kelamin terhadap kepuasan pasien, dan uji Kruskal-Wallis untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepuasan pasien. Hasil: Hasil uji validitas menunjukkan nilai korelasi Pearson seluruh item instrumen lebih dari r-tabel (r>0,2732) dan p<0,05. Hasil uji reliabilitas Cronbach’s alpha untuk skor keseluruhan kuesioner PDA-ID yang dimodifikasi adalah 0,927. Sebagian besar pasien (N=51, 98,1%) puas dan 1 orang (1,9%) pasien tidak puas terhadap perawatan gigi tiruan sebagian lepasannya yang dinilai menggunakan kuesioner PDA-ID yang dimodifikasi. Kemudian berdasarkan hasil uji analitik bivariat, tidak ditemukan perbedaan bermakna secara statistik antara usia (p=0,250), jenis kelamin (p=0,288), dan tingkat pendidikan (p=0,583) yang berbeda terhadap kepuasan pasien.. Kesimpulan: Kuesioner PDA-ID yang dimodifikasi dapat digunakan untuk menilai kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan sebagian lepasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 98,1% pasien puas terhadap perawatan gigi tiruan sebagian lepasan di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis RSGM FKG UI. Tidak terdapat pengaruh usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan terhadap kepuasan pasien.

Background: Patient wearing removable partial dentures has been high in the past and is expected to continue in the future. This happens as an aging population who retains more teeth will present with more partially edentulous conditions. Removable partial denture wore by respondents in this study was fabricated in The Dental Teaching Hospital Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia, by a prosthodontic resident and undergraduate student who had been supervised by a prosthodontist. One aspect of clinical success of denture treatment can be assessed in terms of patient satisfaction. One of questionnaires used for patient self-assessment is the validated Indonesian version of patient’s denture assessment (PDA-ID) for complete denture treatment. In this study, PDA-ID had been modified to evaluate patient satisfaction with removable partial denture. Objectives: To evaluate patient’s satisfaction with removable partial dentures (RPD) treatment in The Dental Teaching Hospital Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia, using a modified PDA-ID questionnaire, and to analyze impact of socio-demography (age, sex, and level of education) to patient satisfaction. Methods: A cross-sectional study, that consisted of 52 respondents (15 male, 37 female), aged 20 – 75 years old, who wore removable partial denture that were fabricated in The Dental Teaching Hospital Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia. The validity testing was conducted with Pearson’s product moment and reliability testing was conducted with Cronbach’s alpha for modified PDA-ID questionnaire. The bivariate test through Fisher exact test was used for statistical analysis to analyze impact of age and sex to patient satisfaction, and Kruskal-Wallis test to analyze impact of educational level to patient satisfaction. Results: Statistical analyses results showed that instrument was valid, with Pearson’s product moment r > 0,2732, p<0,05 and instrument was reliable, with Cronbach’s alpha in summary score modified PDA-ID=0,927. Most of the patients (N=51, 98,1%) were satisfied and 1 patient (1,9%) was dissatisfied with their removable partial denture treatment. Statistically, bivariat test results showed that there were no significant differences in patient satisfaction between different age groups (p=0,590), between sexes (p=0,431), and level of education (p=0,615). Conclusion: Modified PDA-ID questionnaire can be used to assess patient satisfaction towards their removable partial denture treatment. The results of this study showed that 98,1% patients were satisfied with their removable partial denture treatment in The Dental Teaching Hospital Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia. Age, sex, and level of education were not associated with patient satisfaction with removable partial denture treatment"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saskia Paramita
"Latar Belakang: Kooperasi pasien merupakan faktor yang penting dalam perawatan ortodonti. Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat kooperasi pasien ortodonti cekat di klinik spesialis ortodonti RSGMP FKG UI.
Metode: Penelitian dilakukan pada 94 pasien ortodonti cekat di klinik spesialis ortodonti RSGMP FKG UI yang sudah dirawat selama paling sedikit 12 bulan. Pasien diminta mengisi kuesioner tentang tingkat kooperasi yang digambarkan melalui frekuensi kontrol rutin.
Hasil: 43,6% pasien tergolong kooperatif, 43,6% pasien tergolong cukup kooperatif, 7,4% pasien tergolong tidak kooperatif, dan 5,3% pasien tergolong sangat tidak kooperatif.
Kesimpulan: Sebagian besar pasien ortodonti cekat di RSGMP FKG UI tergolong kooperatif dan cukup kooperatif.

Background: Patient's cooperation is important in determining the result of orthodontic treatment.
Objective: To understand the cooperation level of patients with fixed orthodontic treatment in Postgraduate Orthodontic Clinic at RSGM-P FKG UI.
Methods: A descriptive study of 94 patients with fixed orthodontic treatment treated for at least 12 months. They're asked to fill a questionnaire about cooperation predicted by frequency of miss-appointment.
Results: 43.6% patients are cooperative, 43.6% patients are cooperative-enough, 7.4% patients are non-cooperative, and 5.3% patients are very non-cooperative.
Conclusion: Majority of patients with fixed orthodontic treatment in Postgraduate Orthodontic Clinic at RSGM-P FKG UI are cooperative and cooperative-enough."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2013
S43926
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raedi Mahardika
"Latar belakang: Penggunaan alat ortodonti lepas dapat menyebabkan retensi plak dan bakteri yang menyebabkan menurunnya derajat keasaman saliva. Agen anti mikroba diperlukan untuk mengurangi jumlah plak dan bakteri tersebut.
Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas perendaman alat ortodonti lepas dengan bahan pembersih gigi tiruan terhadap perubahan pH saliva pada pasien di RSGM-P FKG UI.
Metode: Dua puluh subjek dibagi menjadi dua kelompok K1 dan K2 dilakukan perendaman alat ortodonti lepas menggunakan aquabides untuk kelompok (K1) dan larutan bahan pembersih gigi tiruan untuk kelompok (K2). Perendaman dilakukan 5 menit selama 4 hari berturut-turut. Subjek diinstruksikan membersihkan alat ortodonti lepas dua kali sehari dan mengurangi konsumsi makanan manis, asam, dan soda. Dilakukan pengukuran pH saliva pada awal dan hari kelima pemakaian alat ortodonti lepas.
Hasil: Berdasarkan analisa statistik uji t, perubahan pH saliva sebelum dan setelah alat ortodonti lepas direndam dengan aquabides dan bahan pembersih gigi tiruan menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai p < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa bahan pembersih gigi tiruan efektif membersihkan plak dan bakteri serta menjaga kestabilan pH saliva.
Kesimpulan: Perendaman alat ortodonti lepas menggunakan bahan pembersih gigi tiruan efektif menjaga kestabilan pH saliva di rongga mulut pada pasien pengguna alat ortodonti lepas.

Background: The usage of removable orthodontic appliance can cause plaque retention and bacterias can decrease pH level of saliva. Antimicrobial agent is needed to reduce the number of plaque and bacterias.
Aim: To know the submersion’s effectivity of removable orthodontic appliances with prothese’s cleansing agent towards patient’s alteration of pH saliva in RSGMP-FKG UI.
Methods: Twenty subjects are divided into two groups, K1 and K2. For group K1, removable orthodontic appliances is submerged in aquadest and prothese’s cleansing agent for group K2 for five minutes and four days (once per day). Subjects are instructed to clean removable appliance twice per day and to reduce the consumption of sweet and sour dietary and soda. The measurement of pH saliva is done on the first and the fifth day of removable orthodontics appliance’s usage.
Result: Based on statistic analysis, the alteration of pH level of saliva percentage after removable orthodontic appliance is submerged with aquadest and Polident prothese’s cleansing agent show a significant result with p<0.01. It shows that the prothese`s cleaning agents is effective for plaque and bacterical cleaning and keep the pH level of saliva`s normally.
Conclusion: Removable orthodontic appliance submersion using prothese’s cleansing agent is effective to maintain pH level of saliva’s stability in normal condition.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2013
S44184
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atiatul Muflih
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui distribusi dan frekuensi pasien yang telah dirawat dengan gigi tiruan jembatan di klinik integrasi RSGMP FKG UI pada periode 2008 berdasarkan gigi yang digantikan, gigi penyangga, tipe GTJ, jenis kelamin pasien, dan usia. Manfaat penelitian ini adalah sebagai data base tentang distribusi dan frekuensi untuk penelitian lainnya dan sebagai bekal persiapan mahasiswa sebelum menjalani program profesi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk survei. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari rekam medik pasien yang telah dirawat oleh mahasiswa program profesi pesrta ujian di Departemen Prostodosia tahun 2008.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: dari 32 kartu status pasien GTJ 65% adalah perempuan dan 35% laki-laki dengan jenjang usia terbanyak 20- 39 tahun pada perempuan dan 20-29 tahun pada laki-laki. GTJ paling banyak digunakan untuk menggantikan kehilangan gigi pada region posterior rahang bawah (55%), sedangkan tipe GTJ yang paling sering digunakan adalah fixed bridge (88%). Molar pertama rahang bawah merupakan gigi yang paling sering digantikan dengan GTJ, sedangkan gigi yang paling sering dijadikan sebagai gigi peenyangga adalah gigi premolar kedua dan molar kedua rahang bawah. Sembilan puluh empat persen gigi penyangga merupakan gigi vital.

The objective of the study was to find out the frequency and distribution of patients with Fixed Partial Denture (FPD) at the Teaching Hospital Faculty of Dentistry, University of Indonesia (RSGMP). The study done in period of 2008 referring to the missing teeth, abutment, type of FPD patient?s gender and age. The result is expected to be beneficial as data base for other study as well as information needed for student going to start their profesional education program. It was a descriptive study with secondary data obtained from patient record collected from students that were registered for formal assessment at Prosthodontics Departement.
The result showed that 65% of patients with FPD were women with range of age is 20-39 years old. The type of FPD mostly used is Rigid Fixed Bridge and the mandible was the region mostly found with FPD to replace the first molar. Therefore second premolar and second molar were the most abutment teeth used. Ninety-four percent of the abutment were vital teeth."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"[Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Jumlah kunjungan pasien di Klinik Integrasi RSGMP FKG UI selalu menurun setiap tahun sejak tahun 2010 sebanyak 2034 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat kepuasan pasien dan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan mahasiswa profesi dengan tingkat kepuasan pasien di Klinik Integrasi RSGMP FKG UI. Sampel yang diambil dari penelitian ini sejumlah 80 pasien mahasiswa profesi yang telah mendapatkan perawatan lebih dari dua kali diberikan kuesioner berisi 20 item yang menyatakan harapan dan penilaian kinerja mahasiswa profesi. Berdasarkan analisis importance performance ditemukan bahwa dimensi yang paling berkontribusi terhadap tingkat kepuasan pasien adalah dimensi tangible dengan jumlah 74 responden (92,5%) yang puas. Hasil dari uji non-parametrik Chi Square menunjukkan bahwa dimensi reliability, assurance dan responsiveness memiliki hubungan signifikan dengan tingkat kepuasan pasien. Sedangkan dimensi tangible dan empathy tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan. Maka dari itu, kepuasan pasien bukanlah diukur hanya dari kinerja mahasiswa profesi semata melainkan juga ekspektasi pasien., Patient satisfaction is one of the indicators of health service success. The number of patient visits in Integration Clinic of RSGMP FKG UI has been decreasing since 2010 as much as 2034 patients. This study aims to see the level of patients’ satisfaction and to know the relationship between clinical students’ service qualities and patient satisfaction in Integration Clinic of RSGMP FKG UI. A total of 80 patients who visited more than twice were given a 20-item questionnaire that states their expectations and to assess student’s health service performance. Based on the importance performance analysis, it is found that the tangible dimension had the most contribution to patient satisfaction level with 74 respondents (92,5%) satisfied. Results from Chi Square tests found that the dimensions reliability, assurance and responsiveness had shown significant relationship with patient satisfaction level. Meanwhile, the dimensions tangible and empathy did not show significant relationship with patient satisfaction level in Integration Clinic of RSGMP FKG UI. Hence, patient satisfaction isn’t merely measured by clinical students’ performances but also patient’s expectations.]"
[, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desrina Putri Marlip
"Kehilangan gigi permanen merupakan salah satu indeks kesehatan gigi-mulut. Kehilangan gigi permanen disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat dicegah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui distribusi frekuensi alasan ekstraksi gigi permanen berdasarkan jenis kelamin, umur, dan elemen gigi pasien RSGM-P FKG UI periode 1 September 2011-31 Agustus 2012. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian adalah penyebab ekstraksi karies (51,3%), orthodontik (28,9%), impaksi (11,4%), penyakit periodontal (4,1%), trauma (2,3%), dan preprostetik (2,0%). Wanita lebih banyak melakukan ekstraksi (69,7%). Ekstraksi gigi permanen banyak pada usia 21-30 tahun (33,9%). Elemen gigi paling banyak diekstraksi adalah gigi premolar satu (29,5%) karena perawatan orthodontik.

Permanent tooth loss can be caused by many factors that can be prevented. This research aims to identify distribution and frequency the reason of permanent tooth according to gender, age, and tooth element in RSGM-P FKG UI period 1st September 2011-31st August 2012. This research is retrospective descriptive study. The reasons of extraction consist of caries (51,3%), orthodontic (28,9%), impaction (11,4%), periodontal disease (4,1%), trauma (2,3%), and pre-prosthetic reason (2,0%). Extraction of permanent tooth is mostly done in females (69,7%). First premolar is the most common permanent tooth extracted (29,5%) because of orthodontic treatment. Tooth permanent extraction most widely performed in 21-30 years group (33,9%)."
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2013
S44917
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Nyoman Suryanti Wulandari
"Perawatan ortodonti dengan menggunakan alat cekat merupakan faktor predisposisi penumpukan plak karena dapat menyebabkan pembersihan gigi menjadi lebih sulit, selain itu motivasi dan kerjasama pasien yang kurang juga merupakan faktor lain dalam menumpuknya plak sehingga Oral Hygiene menjadi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode motivasi yang paling berpengaruh terhadap skor Oral Hygiene Index yang dilihat dari skor plak dan skor gingival pada pasien ortodonti cekat. Dari ketiga metode motivasi yaitu demonstrasi, katalog dan video diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok demonstrasi dan video diikuti oleh kelompok katalog dan video. Kelompok video memiliki penurunan skor yang paling signifikan diantara ketiganya.

Orthodontic treatment using fixed appliance is a predisposing factor for plaque build up because it can make tooth cleaning more difficult. The lack of patient motivation and compliance is also a predisposing factor in plaque build up, these may lead to bad oral hygiene during treatment. This study aims to compare which motivation methods had the most influence in oral hygiene index score, based on plaque index and gingival index. From these three motivation methods: demonstration, printed catalogue and video, there is a significant differences between the demonstration and video group followed by the printed catalogue and video group. The video group has the most significant effect on decreasing oral hygiene index score."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2012
T30850
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pramita Putri Pertiwi
"ABSTRAK
Kondisi medis pasien akan mempengaruhi modifikasi perawatan dental dan dapat bermanifestas pada rongga mulut. Catatan rekam medik yang terintegrasi antara kesehatan sistemik dan kesehatan gigi dan mulut diperlukan untuk membangun standar informasi kesehatan pasien dan kemungkinan keterkaitan antara penyakit. Tujuan: Mengetahui pola kondisi medis pasien dan informasi yang terkait kondisi medis tersebut berdasarkan rekam medik RSKGM FKG UI dalam periode Januari ndash; Desember 2016. Metode: Penelitian deskriptif dari data sekunder rekam medik status kesehatan gigi dan mulut pasien RSKGM FKG UI dalam periode 2016. Hasil: Tercatat 4649 pasien yang tercatat, sebanyak 1820 pasien 39.14 dan tercatat 586 kondisi medis pasien dengan frekuensi penyakit tertinggi meliputi alergi sebanyak 215 pasien, kelainan gastrointestinal sebanyak 190 pasien, dan kelainan kardiovaskular 77 pasien. Informasi terkait penyakit sistemik yang ditanyakan adalah durasi, konsumsi obat, kondisi terakhir, dan lain-lain. Pasien RKSGM UI yang berkunjung ke departemen Ilmu Penyakit Mulut relatif lebih banyak memiliki riwayat kondisi sistemik kelainan pencernaan sebanyak 17 pasien 23.3 . Kesimpulan: Alergi, kelainan gastrointestinal, dan kelainan kardiovaskular merupakan kondisi terbanyak pada pasien RSKGM FKG UI tahun 2016.

ABSTRACT
Patients medical condition will be related to dental treatment modification and oral manifestations. An integrated medical record systemic health and oral health is required to establish patient health information standard and possible linkage between diseases. Objective To describe patients medical condition pattern and any information related to the condition based on their dental records of RSKGM Faculty Dentistry Universitas Indonesia in January December 2016. Method this study was descriptive research through secondary data of medical record dental and oral health status to record and analyze patient medical history of RSKGM Faculty of Dentistry Universitas Indonesia in 2016 period. Result From 4649 patients recorded, there were 1820 patients 39.14 and there were 586 patients who have medical conditions with the highest frecuency of disease, allergy 215 patients, gastrointestinal abnormalities 190 patients, and abnormalities cardiovascular 77 patients. The most common related medical condition information which asked include duration, drug consumption, last condition, and others. Patients of RKSGM Universitas Indonesia who visited Department of Oral Medicine were relatively having history of gastrointestinal abnormalities systemic conditions, as many as 17 patients 23.3 . Conclusions allergies, gastrointestinal abnormalities, and cardiovascular disease have the common rsquo s systemic condition in patient visiting RSKGM FKG UI in 2016."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mercy Claudia Marceau
"Latar Belakang: Perawatan gigi tiruan cekat merupakan salah satu perawatan yang bersifat invasif karena membutuhkan preparasi pada gigi penyangga. Oleh karena itu, seorang dokter gigi harus memiliki kepercayaan dan kesiapan diri yang tinggi untuk melakukan perawatan gigi tiruan cekat, agar tidak terjadi kesalahan yang bersifat irreversible. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesiapan dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI dalam menangani kasus gigi tiruan cekat, serta mengetahui distribusi dan frekuensi kesiapan dan kepercayaan dan diri mahasiswa profesi FKG UI dalam menangani kasus gigi tiruan cekat. Metode Penelitian: Sebanyak 153 responden yang merupakan mahasiswa aktif tingkat 1 dan 2 pada Program Studi Profesi FKG UI berpartisipasi dalam survei yang dilakukan secara daring. Responden mengisi dua kuesioner terkait kesiapan dan kepercayaan diri dalam menangani kasus gigi tiruan cekat yang digunakan oleh Ilić et al dan Barrero et al dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris. Penyebaran kuesioner dilakukan secara daring dalam bentuk google form. Hasil Penelitian: Hasil uji Continuity Correction menunjukkan bahwa kesiapan memiliki hubungan yang bermakna secara statistik dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI (p=0,003, p=0,000, p=0,005). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tindakan dengan tingkat kepercayaan diri yang paling rendah adalah preparasi saluran akar untuk perawatan gigi tiruan mahkota (47,7% responden menjawab “moderate confidence”) dan tindakan dengan tingkat kepercayaan yang paling tinggi adalah pencetakan untuk perawatan gigi tiruan cekat (48,4% responden menjawab “confident”). Selain itu, dari penelitian ini diketahui bahwa tindakan dengan tingkat kesiapan yang paling rendah adalah memperbaiki fraktur dan pengangkatan mahkota tiruan di mana 39,2% dari responden menjawab “neutral”. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI. Mahasiswa profesi FKG UI memiliki tingkat kesiapan dan kepercayaan diri yang cukup baik dalam menangani kasus gigi tiruan cekat.

Background: Fixed denture treatment is an invasive treatment since it requires preparation of the supporting teeth. Therefore, a dentist must have a high degree of self-confidence and preparedness to carry out fixed denture care, so that irreversible errors do not occur. Objectives: This study aims to analyze the relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI’s clinical dental students in handling fixed denture cases, as well as knowing the distribution and frequency of preparedness and self-confidence of FKG UI’s clinical dental students in handling fixed denture cases. Research Methods: A total of 153 respondents, consisting of first- and second-year students of the FKG UI Professional Study Program participated in the online survey. Respondents completed two questionnaires related to preparedness and self-confidence in handling fixed denture cases used by Ilić et al and Barrero et al in their original language, namely the English language. Distribution of the questionnaire was carried out online in the form of a google form. Research Results: The result of the Continuity Correction test shows a statistically significant relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI's clinical dental students (p=0,003, p=0,000, p=0,005). This research also shows that the action with the lowest level of confidence is root canal preparation for casted post where 47.7% of the respondents answered, “moderate confidence”, and the action with the highest level of confidence is taking impressions for fixed prosthetics where 48.4% of the respondents answered “confident”. In addition, this research also shows that the action with the lowest level of preparedness is repairing fractures and removing crowns in which 39.2% of the respondents answered “neutral”. Conclusion: There is a significant relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI's clinical dental students. FKG UI's clinical dental students have a satisfactory level of readiness and confidence in handling fixed denture cases."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naryndra Nastiti
"ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan. RSKGM FKG UI merupakan penyedia layanan kesehatan khusus gigi dan mulut, salah satunya perawatan konservasi gigi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kepuasan pasien dan membandingkan tingkat kepuasan pasien di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi RSKGM FKG UI. Metode: Sampel yang diambil berjumlah 100 orang dengan 50 responden di Klinik Integrasi dan 50 responden di Klinik Spesialis Konservasi Gigi yang sudah menerima perawatan konservasi gigi lebih dari dua kali, lalu diberikan kuesioner harapan dan kinerja dengan 40 pertanyaan. Hasil: Berdasarkan uji nonparametrik Chi-square didapatkan tidak ada perbedaan signifikan antara kepuasan pasien di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi dinilai dari lima aspek perawatan. Kesimpulan: Kualitas pelayanan perawatan konservasi gigi dan kepuasan pasien terhadap pelayanan perawatan konservasi gigi di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi RSKGM FKG UI dikategorikan baik.

ABSTRACT
Background Patient satisfaction is one of the indicators in determining health service success. RSKGM FKG UI is a dental care provider, particularly providing conservative treatment. Objective The study aims to see the level of patient satisfaction towards conservative treatment and compare the level of satisfaction in Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic in RSKGM FKG UI. Methods A total of 100 patients who visited more than once were given a 40 item questionnaire to assess patient 39 s expectation and to assess the quality of conservative treatment based on patient 39 s perspective. Results Result from Chi square tests had shown that no significant differences was found on patient satisfaction level between Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic in RSKGM FKG UI, assessed from five aspects. Conclusion The quality of conservative treatment and patients 39 satisfaction towards conservative treatment in Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic RSKGM FKG UI were categorized as good."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>