Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77745 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marlya Fatira AK
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran praktik berotasi untuk matakuliah praktik perbankan syariah dapat membantu mahasiswa dengan karakter intropert dan ekstropert untuk mampu mencapai prestasi maksimal sesuai kompetensi matakuliah praktik bank syariah. Target khusus penelitian ini adalah diketahuinya besaran potensi meningkatnya prestasi belajar mahasiswa antara mahasiswa yang berkaharakter intropret dengan ekstropert. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah menggunakan uji beda paired sampel t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan karakter intropert dan ekstropert mampu meningkat prestasi belajarnya dengan metode praktik berotasi. Metode praktik berotasi pada mata kuliah praktik perbankan syariah efektif memberikan pemahaman kepada mahasiswa dengan karakter introvert maupun ekstrovert serta mampu membentuk nilai mahasiswa pada matakuliah prakik bank syariah dengan sangat baik sehingga meningkatkan prestasi belajar. "
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2020
338 PLMD 23:3 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Didit Rahardi
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S2703
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Fatmawati Mashoedi
"Setiap orang diharapkan dapat berprestasi sesuai dengan potensi atau kapasitas kemampuannya. Bila prestasi seseorang di bawah potensi yang dimilikinya maka perlu ditelaah mengapa hal ini terjadi. Berbagai pendekatan teoretis dapat digunakan untuk
menjelaskan hal ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori atribusi karena dengan memahami atribusi seseorang akan dapat menjelaskan mengapa ia tidak berprestasi dengan baik Penelitian ini juga melihat gaya pengasuhan sebagai faktor yang diduga memiliki kaitan yang erat dengan pembentukan gaya atribusi seseorang.
Adapun yang dimaksud dengan atribusi adalah penyimpulan tentang penyebab suatu peristiwa (Deaux, Dane, & Wrightsrnaxg 1993), dan dalam kaitannya dengan prestasi, atribusi adalah keyakinan seseorang tentang penyebab keberhasilan atau kegagalannya. Penulis menggunakan model teori atribusi dari Weiner (1979, dalam Fiske & Taylor, 1991) yang mendasarkan model atribusinya pada tiga dimensi bebas, yaitn:dimensi lokus (internal-ekstemal), dimensi stabilitas (stabil-tidak stabil), dan dimensi kontrol (terkontrol-tidak terkontrol). Seseorang dalam menilai penyebab keberhasilan atau kegagalannya merupakan kombinasi dari ketiga dimensi tersebut, dan seseorang juga dapat memiliki kecenderungan untuk menggunakan dimensi-dimensi tertentu saja dalam meyakini penyebab keberhasilan dan kegagalannya (disebut gaya atribusi). Gaya atribusi seseorang dapat bersifat adaptif atau ma1adaptif Untuk gaya pengasuhan, penulis mengambil gaya pengasuhan dari Baunnind (1966; 1967; 1971; 1973, dalam Berns,1997) yaitu otoritatif, otoritarian, dan permisif.
Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif subyek penelitian adalah mahasiswa dari 9 Fakultas yang ada di Universitas Indonesia (UI) yang memiliki prestasi akademik baik dan kurang baik. .Jumlah subyek 249, teknik pengambilan sampel incidental sampling, alat ukur penelitian adalah skala gaya pengasuhan dan gaya atribusi, metode analisis menggunakan teknik analisis statistik Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki gaya atribusi keberhasilan adaptif ternyata prestasi akademiknya lebih baik daripada mahasiswa yang memiliki gaya atribusi keberhasilan maladaptif Juga diketahui bahwa mahasiswa yang diasuh secara otoritatif gaya atribusi keberhasilannya lebih adaptif dibandingkan dengan mahasiswa yang diasuh secara permisif.Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi orangtua dan pembimbing akademik untuk membantu mahasiswa membentuk gaya atribusi yang adaptif."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38575
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Jurnal ini mengusulkan sebuah model aturan dalam memprediksi prestasi akademik jurusan teknik informatika politeknik poliprofesi medan. Hingga saat ini memprediksi praestasi akademik mahasiwa masih menjadi perdebatan yang hangat di institusi-institusi pendidikan tinggi. Untuk itu sangat penting dibuat sebuah model aturan untuk memprediksi prestasi akademik mahasiswa yang dapat digunakan pihak manajemen sebagai system pendukung dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini algoritma kernel k-means clustering telah digunakan untuk mendapatkan suatu model aturan prediksi prestasi akademik mahasiswa teknik informatika politeknik poliprofesi medan."
000 JEI 3:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yenny Astria
"Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi cognitive behaviour therapy (CBT) yang dibuat dalam bentuk brief untuk meningkatkan academic self efficacy pada mahasiswa dengan prestasi akademik yang rendah. Subjek penelitian berjumlah dua orang, mahasiswa strata satu yang sedang aktif berkuliah semester 4, memiliki indeks prestasi dibawah 2,25, dan memiliki academic self efficacy yang rendah berdasarkan skor College academic self efficacy (CASES).
Hasil penelitian menunjukkan intervensi cognitive behaviour therapy terbukti dapat meningkatkan academic self efficacy pada mahasiswa dengan prestasi akademik yang rendah pada kedua partisipan. Kedua partisipan menunjukkan peningkatan skor CASES pada post test. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa partisipan merasakan manfaat yang positif setelah mengikuti intervensi ini.

The objective of this research is to see implementation cognitive behaviour therapy (CBT) are made in the form of brief to increase academic self efficacy on college student with low academic self efficacy. The subjects of this research are two person, undergraduate college students who is actively enrolled 4th semesters, has GPA under 2,25, and having low academic self efficacy based on CASES score.
Result of this research shows that cognitive behavior therapy intervention proved to increase academic self efficacy college student with low academic self efficacy in both participans. Both of participants show improvement CASES score on post test. Interview result also shows that participants feel positive benefit after following this intervention.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T34936
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sri Eko Lestari Ninggarwati
"ABSTRAK
Setiap Jurusan akan mempunyai perbedaan terhadap pemakaian alat bantu pengajaran yang disenangi mahasiswa, yaitu :
1.Jurusan Sekretaris Lebih menyenangi pemakaian alat bantu pengajaran berupa OHP dibandingkan Papan Tulis.
2.Jurusan Akuntansi lebih menyenangi pemakaian alat bantu pengajaran Papan Tulis dibanding OHP.
3.Jurusan Perbankan lebih menyukai pemakaian alat bantu pengajaran Papan Tulis dibandingkan OHP.
Perbedaan pemakaian alat bantu. pengajaran lebih banyak dipengaruhi materi yang diajarkan, apakah bentuk hitungan atau tidak.
Pengolahan data yang dilakukan secara statistik dapat disimpulkan, bahwa mahasiswi Sms.I dan II Jur.Akuntansi akan dapat mengerti materi kuliah bila sesuai dengan criteria. Ini dibuktikan pengujian hypotesis yang diterima karena atau t0>tα/2 (156) atau 11,6 >1,960. Pengujian yang dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Perbankan sms III dan IV dapat diterima, karena perhitungan to> tα/2 (159) atau 12, 249>1, 960. Pengujian terhadap mahasiswi (wanita) jurusan Sekretaris VdanVI dapat diterima, karena t0> tα/2 (207) atau. 13,567> 1, 960.
Untuk dapat meningkatkan pemahaman materi kuliah guna meningkatkan efektivitas program diploma III sesuai dengan tujuan, harus disesuaIkan dengan kesukaan mahasiswa/mahasiswi terhadap pemakaian alat bantu pengajaran yang ada."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Siborutorop, Berliana
"Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk melihat peranan program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pada perusahaan 'PQR'. Secara khusus Penulis ingin melihat seberapa jauh program tersebut memberi manfaat dalam menghasilkan tenaga kerja yang terdidik, terampil dan siap pakai. Selain penelitian pustaka, penelitian lapangan juga menjadi metoda penelitian yang digunakan. Penulis mengambil satu perusahaan perbankan -Bank 'PQR'- sebagai obyek penelitian. Data-data dan informasi diperoleh dengan cara wawancara dan pencatatan data yang ada. Penulis membatasi pengumpulan data hanya pada karyawan tingkat pelaksana saja Data-data kemudian diolah dengan menggunakan analisa statistik : distribusi frekuensi, regresi, korelasi beserta pengujiannya. Penelitian yang dilakukan memberikan hasil yang, dijabarkan dalam dua hal berikut. Pertama, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang linear, erat, positif dan sangat kuat serta berarti antara Diklat dan Prestasi Kerja. dari analisa regresi dapat dilihat pertambahan 1 unit pada hasil program diklat menyebabkan peningkatan prestasi kerja sebesar 0,743 unit. Sedangkan dari analisa korelasi, Diklat dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi kerja sebesar 94,09\. Kedua, Penulis melakukan penelitian terhadap penilaian eks peserta Diklat dan unit Kerja atas manfaat Di klat. Ternyata ada dua manfaat Diklat Pertama, mengurangi kesenjangan yang ada di antara kemampuan karyawan dengan kemampuan yang dituntut oleh perusahaah. Kedua, mempersiapkan karyawan melakukan pekerjaan di masa yang akan datang. Ada beberapa kesimpulan yang dibuat oleh Penulis. Pertama, program Diklat Bank I PQR' memberikan dampak yang sangat positif terhadap prestasi kerja karyawan. kedua, Diklat memberikan manfaat kepada karyawan baik untuk pekerjaan saat ini maupun yang akan datang. Keuntungan program Diklat yang dapat dirasakan oleh karyawan, pad a gilirannya akan memherikan keuntungan bagi perusahaan tersebut . Penulis menyarankan supaya perusahaan memilih metode Diklat yang tepat (efisien dan efektif). Juga akan sangat baik apabila program tersebut disesuaikan dengan rencana karir karyawan. Dan akhirnya met ode evaluasi juga harus diperhatikan supaya memperoleh informasi yang obyektif."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Didin Hafidhuddin
Jakarta: Gema Insani, 2006
297.273 HAF m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>