Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan memiliki lebih banyak pilihan dalam pemilihan media untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Salah satu media yang mudah dicapai adalah media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk menilai interaksi konten yang dihasilkan perusahaan (firm generated content) di platform Facebook terhadap hubungan antara social presence dan loyalitas perusahaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara online melalui komunitas Facebook perusahaan, khususnya Ninmedia. Pada periode penelitian, penulis berhasil mengumpulkan data sebanyak 322 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social presence memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty. Pengaruh positif ini di mediasi oleh variabel social brand engagement dan brand trust. Lalu adanya firm generated content sebagai variabel moderasi, memperkuat hubungan antara social presence dan social brand engagement.
Along with the development of technology, companies have more choices in the choice of media to communicate with their customers. One medium that is easily reached is social media. This research was conducted to assess the interaction of firm generated content on the Facebook platform towards the relationship between social presence and company loyalty. This research was conducted using questionnaires distributed online through the company's Facebook community, especially Ninmedia. In the study period, the author managed to collect data as many as 322 respondents. The results of this study indicate that social presence has a positive influence on brand loyalty. This positive influence is mediated by the variables of social brand engagement and brand trust. In addition, the firm generated content as a moderating variable has a significant effect in strengthening the relationship between social presence and social brand engagement.
"Skripsi ini berfokus pada pembentukan programming melalui proses
pengalaman ruang pengguna dengan alat pancaindera dan gerak terkait dengankeberadaan media digital interaktif di ruang publik. Kehadiran media digitalinteraktif memiliki potensi dalam mengembangkan programming pada ruangpublik baik berupa reprogramming maupun deprogramming. Hal ini dapat terjadidengan masing-masing pengguna mengalami ruang secara aktif denganmenggunakan media digital interaktif hingga membentuk kombinasi event yangrepetitif dan memberikan kebiasaan baru. Persepsi dalam mengalami ruang jugadapat dipengaruhi oleh keberadaan media digital interaktif terhadap elemen ruangitu sendiri. Pemahaman akan peran kehadiran media digital interaktif di ruangpublik ini dapat memberikan perspektif baru dalam perancangan arsitektur.This study focuses on the establishment of programming experience
through users senses and movement associated with the presence of interactivedigital media in public spaces. The presence of interactive digital media has thepotential to develop programming in public spaces either through deprogrammingor reprogramming. This can occur with each of the user actively experience spaceusing interactive digital media to form the combination of repetitive events andprovide new habits. Perception in the space experience can also be influenced bythe presence of interactive digital media in relation to spatial elements. Anunderstanding of the role of interactive digital media presence in a public spacecan provide a new perspective in the design of architectural."