Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189305 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puti Astri Nurul Ain
"Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap representasi wanita Muslim sebagai influencer gaya hidup Instagram dalam studi kasus tokoh Malaysia, Vivy Yusof; tokoh Indonesia, Raline Shah; dan tokoh Kuwait, Ascia, dan bagaimana identitas online mereka membentuk identitas wanita Muslim. Subjek penelitian ini adalah akun Instagram Vivy, Raline, dan Ascia @vivyyusof, @ralineshah, dan @ascia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial merupakan platform untuk mempraktikkan perbedaan dan persamaan budaya yang menentukan identitas wanita muslim. Instagram menunjukkan perbedaan budaya melalui signifikansi penutup kepala dalam representasi ketiga influencer wanita Muslim. Namun, Instagram juga memberikan kemiripan yang terungkap melalui konten terkait pekerjaan mereka yang mengarah pada citra atau wanita super yang ideal. Representasi ini berkontribusi pada pemahaman tentang masalah bagaimana wanita Muslim menantang representasi berprasangka dan anggapan umum tentang iman dan gender yang disajikan dalam representasi penelitian akademis wanita Muslim. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini memberikan representasi yang seimbang.

This paper aims to reveal the representation of Muslim women as an Instagram lifestle influencer in a case study of Malaysian figure, Vivy Yusof; Indonesian figure, Raline Shah; and Kuwaiti figure, Ascia and how their online identity construct Muslim women identity. The subject of this research is Vivy, Raline, and Ascia’s Instagram account @vivyyusof, @ralineshah, and @ascia. The results indicate that social media is a platform to practice cultural differences and similarities that determine Muslim women's identity. Instagram shows cultural differences through the significance of head-covering in the representation of the three Muslim women influencers. However, Instagram also provides similarities that revealed through their work-related content that leads to an ideal image or superwoman. These representations contribute to an understanding of the issue of how Muslim women are challenging prejudiced representations and common presumption about faith and gender presented in representations of Muslim women's academic research. Therefore, this qualitative research provides a balanced representation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Bagas Yunanto
"Gambaran negatif muslim di negara Barat terjadi karena serangan yang dibawa oleh kelompok teroris. Media barat yang tidak netral, memiliki kontribusi yang besar dalam pembentukan kebencian terhadap Islam melalui berita negatif. Bagaimanapun, keberadaan Malala Yousafzai yang merupakan seorang aktivis wanita Muslim mendapatkan banyak berita positif di media barat dan digambarkan sebagai seorang pahlawan wanita karna dia telah melawan grup radikal di negaranya. Penelitian ini berfokus pada representasi Malala Yousafzai di media Britania Raya dan Amerika Serikat yang datanya diambil dari Huffpost.com, theguardian.com, Vulture.com, Seventeen.com, Indystar.com dan Teenvogue.com dalam kurun waktu 2013 hingga 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dari Krippendorff, dan konsep Barat-Islam dualisme dari Edward Said dan selebrifikasi dari Graeme Turner. Peneliti menemukan bahwa Malala digunakan sebagai alat untuk memberikan ideologi yang mengatakan bahwa `Barat` lebih hebat dari pada islam, dan dia digambarkan sebagai selebriti karena banyak media membandingkan dirinya dengan selebriti lain, dan menjadikannya sebagai seorang model pakaian.
The negative portrayal of Muslims in Western countries is existed because of several attacks that are carried out by  group of terrorists. The Western media, which are generally not neutral, have a large contribution in the formation of hatred towards Islam through negative reports. However, the existence of Malala Yousafzai, who is a Muslim activist of women`s rights, has received positive coverages in the Western media and has been depicted as a heroine because she has fought against radical groups in her country. The research focuses on the representation of Malala Yousafzai in the United Kingdom and the United States media gathering the data from Huffpost.com, theguardian.com, Vulture.com, Seventeen.com, Indystar.com, and Teenvogue.com in the period from 2013 to 2020.  This research uses a method of content analysis by Krippendorff, and concepts of West-Islam dualism by Edward Said and celebrification by Graeme Turner. The researcher finds that Malala is used as a proxy to provide the ideology that the `West` is greater than Islam, and she is portrayed as a celebrity because many media compared her with other celebrities and used her as a fashion model."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Ayu Hadianty
"ABSTRAK
Perkembangan fesyen muslim sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang memiliki
makna dibalik keindahan estetika atau tampilan luar yang terlihat. Fesyen muslim
membuka peluang untuk perempuan muslim terlibat aktif di dalam masyarakat.
Studi kualitatif ini menggunakan analisis data wawancara mendalam disertai
dengan data-data pendukung untuk menjelaskan bagaiman proses pembentukan
dan perubahan identitas perempuan Islam melalui fesyen muslim dalam lingkup
HIJUP. Perkembangan fesyen muslim tidak hanya terkait dengan hal estetika atau
penampilan luar seorang perempuan muslim, melainkan juga membentuk
pandangan, nilai-nilai, cara hidup seorang perempuan. Terdapat makna mendalam
yang terkandung dalam perkembangan fesyen muslim. Tetapi yang terlihat selama
perkembangan awal hanya sebatas tampilan.

ABSTRACT
Muslim fashion developments since the year 2010 up to now have the meaning
behind the aesthetic or outward appearance looks. Muslim fashion opens
opportunities for muslim women actively involved in the community. This
qualitative study using in-depth interview data analysis accompanied with
supporting data to explain how the process of the formation and changes of
identity of Islamic women through muslim fashion within the scope of HIJUP.
Muslim fashion development is not only related with the aesthetic or outward
appearance of a musim women, but also shaping the view, values, way of life for
a woman. There is a deep meaning embodied in the development of muslim
fashion. But seen during early development only as appearance."
2017
S65822
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cheryl Annisa Paramesti
"For the past years, Muslim representation in the teen drama series has been gradually increasing. However, evidence proves misinformation muddles the image of Muslim women with a frequent stereotypical trope of oppression and victimization which affect people’s perspective. Involving sincere Muslim women representation in the narratives gives a sense of inclusion and empowerment, especially those who are represented. Transmedia storytelling is powerful to convey message because it gives room for exploratory experiences. Skam is a slice-of-life transmedia storytelling teen drama series that dedicate one season to portray Muslim. Previous studies have examined how Skam includes inclusivity. However, there is a minimal amount of further study that focuses on Muslim representation in Skam. This essay will analyze how Skam utilize transmedia storytelling in representing Muslim women representation’s authentic and relatable story. The discussion will also adopt narrative complexity and stereotypes with explanatory approach and critical discourse analysis way of thinking for data collection. The analysis reveals that Skam’s Muslim women representation eliminates stereotype by implementing Jenkin’s seven transmedia storytelling principle and Jason Mittell’s narrative complexity. This essay will help understand the importance of Muslim women representation and the media roles in communication essential topics to the audiences.

Representasi Muslim dalam serial drama remaja secara bertahap mengalami peningkatan, namun data membuktikan bahwa masih banyak misinformasi terutama terhadap Wanita Muslim. Hal tersebut berbahaya karena dapat mempengaruhi perspektif masyarakat. Misrepresentasi di media mengangkat tema stereotip penindasan dan viktimisasi. Melibatkan representasi wanita muslim dalam narasi memberikan rasa inklusi dan pemberdayaan bagi audiens, terutama bagi mereka yang terwakili. Transmedia storytelling memiliki peran besar dalam mengkomunikasikan pesan secara menarik dan memberikan ruang untuk pengalaman eksploratif. Skam adalah serial drama remaja dengan konsep transmedia storytelling dengan tema slice-of-life yang mendedikasi satu season tentang kehidupan Muslim. Penggambaran Muslim dalam serial Skam dikenal lebih akurat. Studi sebelumnya telah meneliti tema inklusivitas Skam. Namun, sedikit penelitian lebih lanjut yang berfokus pada representasi Muslim di Skam. Esai ini akan menganalisis bagaimana serial Skam memanfaatkan transmedia storytelling dalam mengkomunikasikan representasi wanita Muslim. Diskusi ini mengadopsi teori narrative complexity dan stereotip dengan pendekatan eksplanatori dengan lensa critical discourse analysis untuk mengumpulkan data. Analisis membuktikan bahwa oleh Skam menghilangkan narasi stereotip pada representasi Muslim dengan menerapkan tujuh prinsip transmedia storytelling yang diutarakan oleh Jenkins dan narrative complexity sesuai dengan opini Jason Mittell. Esai ini membantu memahami pentingnya representasi wanita Muslim dan peran media dalam mengkomunikasikan topik-topik penting kepada audien"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Khabibu Toha
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian tentang peran khusus atribut ramah halal di Singapura dalam membentuk citra sebuah destinasi dan niat intensi perilaku wisatawan muslim. Singapura merupakan salah satu negara pariwisata dengan minoritas penduduk Muslim. Singapura selama empat tahun terakhir berada di peringkat satu destinasi wisata halal negara-negara non-OIC. Bertambahnya jumlah wisatawan muslim akan menjadi prospek menjanjikan bagi industri pariwisata Singapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Data diolah dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) pada Lisrel 8.8. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 259 wisatawan muslim Indonesia yang pernah mengunjungi Singapura dalam empat tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini ditemukan lima atribut ramah halal di Singapura memiliki pengaruh positif terhadap citra destinasi secara keseluruhan, citra destinasi secara afektif, niat mengunjungi kembali, dan niat merekomendasikan ke orang lain. Sedangkan citra destinasi secara afektif tidak memiliki pengaruh terhadap niat mengunjungi kembali dan niat merekomendasikan ke orang lain.

ABSTRACT
This study aims to look the special role of halal-friendly attributes in Singapore in forming destination image and behavioral intention. Singapore as one of the tourism countries with a Muslim minority. With the growing number of Muslim tourists will be a promising prospect for Singapore's tourism industry. This study uses a Confirmatory Factor Analysis (CFA) approach. Data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in Lisrel 8.8. The sample used in this study was 259 Indonesian Muslim tourists who had visited Singapore in the last four years. The results of this study found five halal-friendly attributes in Singapore have a positive influence on the overall destination image, revisit intention, and recommendation intention. While the affective destination image does not have an influence on the revisit intention and the recommendation intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Fadlilah Haqq
"Penelitian ini membahas mengenai citra positif seorang perempuan muslim berhijab yang ditampilkan dalam sebuah serial remaja Jerman. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang berfokus pada analisis tekstual teori post-islamisme milik Asef Bayat yang juga dilihat dari sudut pandang feminisme Islam digunakan dalam analisis korpus. Korpus berupa serial Jerman berjudul Druck yang difokuskan pada musim keempat yang rilis pada tahun 2019. Dilatarbelakangi oleh maraknya misrepresentasi mengenai muslim dalam industri film Barat dengan sejumlah stereotip yang melekat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggambaran perempuan muslim berhijab yang dilakukan Druck musim keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggambaran perempuan muslim dalam serial ini ditampilkan secara positif dan sejalan dengan konsep post-islamisme yang menjunjung ketaqwaan beragama dalam suatu modernisasi, namun dengan tetap menyertakan realita kehidupan sosial komunitas muslim di Jerman. Hal ini menunjukkan bahwa serial ini mampu mematahkan stereotip yang selama ini melekat pada komunitas muslim di media maupun industri film Barat terutama di Jerman.

This study discusses the positive image of a muslim woman wearing a hijab that is shown in a german youth series. By using a qualitative research method that focuses on textual analysis, Asef Bayat's post-islamism theory is used which is also seen from the point of view of islamic feminism in analyzing the corpus in the form of a german series entitled Druck which is focused on the fourth season which was released in 2019. Muslims in the western film industry with a number of inherent stereotypes, this study aims to determine the extent to which Druck's representation of muslim woman in hijab has been portrayed in the fourth season. The results show that the representation of muslim women in this series is presented positively and in line with the concept of post-islamism which upholds religious piety in a modernization, but still includes the reality of the social life of the muslim community in Germany. This shows that this series is able to break the stereotypes that have been attached to the muslim community in the media and the western film industry, especially in Germany."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jameelah, Maryam
New Delhi: Crescent, 1976
297 JAM i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Annissa ‘Ul Jannah
"Perumahan muslim merupakan konsep perumahan yang banyak dijumpai di Kota Depok. Konsep ini dijadikan sebuah strategi pemasaran oleh pengembang untuk menarik konsumen di kalangan muslim. Di sisi lain, fenomena ini dikhawatirkan oleh sebagian orang sebagai bentuk sekat-sekat sosial yang terjadi dalam skala kota. Skripsi ini bertujuan untuk melihat bagaimana perumahan muslim bisa menjadi preferensi dan pilihan hunian seseorang-mengetahui bagaimana lifestyle seorang muslim bisa mempengaruhi preferensi huniannya sehingga menjadi hunian pilihan- serta peran arsitektur sendiri dalam konteks ini. Pembahasan mengenai preferensi dan pilihan hunian ini menggunakan teori sosial habitus dari Michael Grenfeel Pierre Bourdieu dan teori strukturasi dari Anthony Giddens. Metode yang dilakukan adalah kualitatif dengan kajian literatur, observasi langsung, penyebaran kuesioner dan wawancara. Skripsi ini menemukan bahwa identitas diri sebagai seorang muslim mepengaruhi lifestyle dan menjadi penentu preferensi dan pilihan huniannya sedangkan arsitektur memiliki peran untuk menjadikan perumahan muslim sebagai lingkungan yang bersifat semi-permeabel, bukan sekat-sekat kaku di skala kota.

Muslim housing community is a housing concept that is easily found in Depok City. This concept is used as a marketing strategy by developers to attract consumers among Muslims. On the other hand, this phenomenon is feared by some people as a form of social barriers that occur on an urban scale. This thesis aims to see how Muslim housing can be a person's preference and choice - knowing how a Muslim's lifestyle can influence his residential preferences so that they become residential choices - and the role architecture in this context. This discussion of housing preferences and choice uses the social theory of habitus from Michael Grenfeel Pierre Bourdieu and structuration theory from Anthony Giddens. The method that used in this thesis is qualitative with literature review, direct observation, questionnaires and interviews. This thesis found that the identity of a Muslim influences lifestyle and determines his housing preferences dan choice while architecture has a role to make Muslim housing community as a semi-permeable environment, not rigid barriers on an urban scale."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nada Hardiva Utomo Putri
"Peningkatan trend wisatawan Muslim turut meningkatkan kebutuhan akomodasi khususnya Hotel. Agar dapat memaksimalkan potensi tersebut diperlukan pengetahuan mengenai atribut Muslim Friendly Hotel, juga evaluasi kognitif dan afektif yang dapat mendorong perilaku pelanggan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut Muslim Friendly Hotel terhadap cognitive evaluation dan affective evaluation, pengaruh cognitive evaluation terhadap affective evaluation, dan pengaruh affective evaluation terhadap behavioural intention pelanggan Muslim Friendly Hotel di Yogyakarta. Penyebaran survei daring dilakukan kepada warga negara Indonesia, beragama Muslim, dan pernah menginap di Muslim Friendly Hotel di Yogyakarta dalam dua tahun terakhir. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software LISREL dengan metode pengolahan data Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji variabel penelitian terhadap 408 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut Muslim Friendly Hotel berpengaruh signifikan terhadap cognitive evaluation, cognitive evaluation berpengaruh signifikan terhadap affective evaluation, serta affective evaluation berpengaruh signifikan terhadap visit intention, word of mouth, dan willingness to pay.

The increasing trend of Muslim tourist, lead the needs of accomodation, especially hotel. To maximize the potency, it’s important to understand Muslim Friendly Hotel attribute, also cognitive and affective evaluation that could influence the behaviour of hotel customer. The objective of this research are to observe the impact of Muslim Friendly Hotel attribute on cognitive evaluation, affective evaluation, visit intention, word of mouth, and willingness to pay in Yogyakarta Muslim Friendly Hotel. The online survei was conducted on Indonesian Muslim citizen who have stayed in Muslim Friendly Hotel in Special Region of Yogyakarta in the last two years. The data were analyzed using SPSS and LISREL with the Structural Equation Modelling (SEM) method to test the relationship among the research variables using 408 respondents. The result showed that Muslim Friendly Hotel attribute significanly influence cognitive evaluation, cognitive evaluation significanly influence affective evaluation, also affective evaluation significanly influence visit intention, word of mouth, and willingness to pay."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhemrev, Jessica Andrea
"Pada berbagai media dalam kehidupan sehari hari, perempuan digambarkan dengan berbagai macam penggambaran. Majalah merupakan media massa yang kini hadir sesuai dengan segmentasi pembacanya. Majalah ‘Playboy’, ‘For Him Magazine’ (FHM) Indonesia, yang merupakan majalah dengan segmentasi pembaca pria dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana representasi perempuan di mata masyarakat mengenai keberadaan mereka dalam majalah pria dewasa.
Teori yang digunakan adalah Teori Standpoint dan Teori Feminis Radikal & Feminis Kultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur melalui buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah lainnya. Dengan pedekatan kualitatif dan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif peneliti menggambarkan apa yang diamati dan akhirnya menganalisa mengenai hal-hal apa saja yang membentuk aspek tersebut.
Temuan dalam penelitian ini adalah materi sex appeal yang digambarkan di majalah laki-laki selain perempuan yang memiliki tubuh yang sempurna tentu saja mereka yang powerful. Pada akhirnya timbul suatu konsep cantik baru. Tetapi disisi lain representasi perempuan dalam majalah laki-laki ini juga menunjukan adanya bentuk dominasi kaum laki-laki yang mana menimbulkan representasi terhadap para perempuan yang diakibatkan oleh penggambarannya dalam media, dalam kasus ini medianya adalah majalah.

In many variety media nowadays, women are pictured with a variety of representations. Magazines is the mass media which is present in accordance with the intended of it’s audience segmentation. ‘Playboy’ Magazine, ‘For Him Magazine’ (FHM) Indonesia, these are two example of magazines with male adult readership segmentation. This research aims to look at how the representation of women in the public eye about their existence in the adult male magazines.
The theory used is Standpoint Theory and Feminist Radical & Feminist Cultural Theory. The methods that used in this research is literature study through books and other scientific journals.
The result from this research is women sex appeal which is pictured in the men’s magazine, beside the women has the perfect body, of course, they are powerful also. But on the other hand, the representation of women in these men's magazine also showed the existence of a form domination of men which led to the women’s representation caused by his depiction in the media, in this case the media is a magazine.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>