Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 218236 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Silitonga, Aldo Paian Augustinus
"Tujuan laporan magang ini adalah untuk mengevaluasi proses bisnis pengadaan barang di PT CDR dan mengevaluasi pembuatan dan pengujian desain dari Risk Control Matrix yang dilakukan KAP Drake Indonesia (nama disamarkan) dalam proyek yang disebut Business Process Improvement terhadap aktivitas Pengadaan Barang di PT CDR. Proyek Business Process Improvement ini dimulai dari analisis atas praktik saat ini, identifikasi dan penilaian risiko, hingga rekomendasi untuk aktivitas pengadaan barang. Proses pengadaan barang PT CDR dinilai masih sangat berpotensi memungkinkan timbulnya risiko dan berdampak pada kerugian finansial perusahaan. Untuk mengatasi risiko-risiko tersebut, dilakukan penataan proses pengadaan barang yang dikerjakan melalui analisis risiko yang terdiri dari 2 tahapan, yaitu pembuatan desain dan pengujian Risk Control Matrix. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa praktik perbaikan proses bisnis yang dilakukan KAP Drake Indonesia sudah dijalankan sesuai dengan tujuan kontrol internal untuk meningkatkan efektivitas operasi perusahaan. Namun, terdapat beberapa fitur pada Risk Control Matrix yang perlu ditambahkan, salah satunya komponen pengukuran level risiko dalam rangka melihat potensi risiko yang berpengaruh pada aktivitas pengadaan barang di PT CDR.

The objective of this internship report is to evaluate the procurement process of PT CDR and evaluate the design and testing process of the Risk Control Matrix performed by Drake Indonesia – Accounting Firm (name is disguised) through a project called Business Process Improvement on the procurement activity of PT CDR. The Business Process Improvement project is started from the analysis of current practice, risk identification and risk assessment, to the recommendation for the procurement activity. The current practice is considered having the likelihood to affect other risk to be occured and may affect to the company’s financial loss. To address those risks, the restructuring process on the procurement activities is done by making risk analysis that consist of 2 steps, the design process and testing process of Risk Control Matrix. The evaluation result shows that the practice performed by Drake Indonesia, the business process improvement, is aligned with the internal control objective, to increase the effectiveness of operation in PT CDR. However, there are some features in the Risk Control Matrix that need to be added, one of which is risk level measurement component, in order to capture the potential risks that affect the procurement activity in PT CDR.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Latuconsina, Amanda Zainur
"ABSTRAK
Efisiensi di industri konstruksi masih menjadi perhatian. Di banyak negara, industri konstruksi sering menerima kritik mengenai kualitas dan kepuasan pelanggan yang buruk, sering terjadi konflik dan perselisihan di antara berbagai pelaku, dan biaya serta jadwal yang melebihi batas dalam proyek. dari data kepuasan pelanggan PT. Waskita, presentase tidak puas pada penyelesaian proyek meningkat dari 3,7% pada tahun 2011 menjadi 6,1% pada tahun 2013. Dengan pendekatan Business Process Reengineering, penelitian ini mencoba untuk merancang perbaikan proses procurement pada apartemen yukata. Fase awal yaitu dengan memetakan dan analisis proses as-is menggunakan tools IDEF 0. Proses bisnis disimulasikan dengan software iGrafx dan didapatkan waktu proses as is 73,31 minggu. Kemudian ditentukan alternatif target perbaikan dari best practice menggunakan modified House of Quality. 15 kombinasi model rancangan perbaikan disimulasikan dan didapatkan hasil terbaik yaitu pengurangan cylce time hingga 40%.
ABSTRACT
Efficiency in the construction industry is still a concern. In many countries, the construction industry often receives criticism about poor quality and customer satisfaction, frequent conflicts and disputes among various actors, and costs and schedules that exceed the project's limits. from customer satisfaction data by PT. Waskita Karya, the percentage of dissatisfaction with the completion of the project increased from 3.7% in 2011 to 6.1% in 2013. With the Business Process Reengineering approach, this study tried to design an improvement in the procurement process for yukata apartments. The initial phase is by mapping and analyzing the as-is process using IDEF 0 tools . Business processes are simulated with the iGrafx software and the result shown that cycle time is 73.31 weeks. Then the alternative improvement targets are determined from best practice using modified House of Quality. 15 combinations of repair design models were simulated and the best results were obtained, that is the reduction of cylce time to 40%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ghozy Dzikra Firdiansyah
"Laporan magang ini mengevaluasi Prosedur Rekayasa Ulang Proses Bisnis atau Business Process Reengineering atas Procurement-To-Pay Policy pada PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan FMCG terbesar di dunia dan Indonesia yang telah berdiri sejak lebih dari empat dekade di Indonesia. PT XYZ memiliki 19 Global Control Frameworks yang salah satunya merupakan Procurement-to-Pay. Fokus pembahasan terletak pada prosedur Business Process Reengineering pada kebijakan yang dilakukan oleh Tim Finance Compliance & SOX PT XYZ dengan referensi yang berlaku. Business Process Reengineering terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengimplementasian. Berdasarkan proses yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa proses Business Process Reengineering policy yang dilakukan oleh Tim Finance Compliance & SOX PT XYZ telah sesuai dengan referensi yang berlaku.

This internship report evaluates the Procedure of Business Process Reengineering for Procurement-to-Pay Policy at PT XYZ. PT XYZ is one of the largest FMCG companies in the world and Indonesia, which has been established for more than four decades in Indonesia. PT XYZ has 19 Global Control Frameworks, one of which is Procurement-to-Pay. The focus of the discussion lies in the procedure of Business Process Reengineering a new policy carried out by the Finance Compliance & SOX Team of PT XYZ with applicable references. The Business Process Reengineering process consists of planning, action, and implementing. Based on the process carried out, the result is that the Business Process Reengineering process is carried out by the Finance Compliance & SOX Team of PT XYZ has been in accordance with applicable references."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yusti Riyadini
"Peningkatan trend biaya perbaikan dan pemelihaaraan alat berat di P.T. X, berdasarkan data laporan perusahaan tahun 2019-2022, menyebabkan manajemen perusahaan mendesak karyawannya untuk dilakukannya efisiensi biaya. Salah satu usaha dalam menekan biaya pemeliharaan dan perbaikan alat berat, P.T. X melakukan pengalihan produk suku cadang yang digunakan saat ini ke suku cadang yang lain, dengan brand, kualitas, dan harga yang diharapkan lebih baik. Selain untuk tujuan penekanan biaya, proses bisnis pengalihan produk merupakan suatu proses yang dimaksudkan untuk mengakomodasi ide-ide perbaikan dari karyawan untuk menjadikan proses bisnis pemeliharaan dan perbaikan alat berat menjadi lebih baik, yang secara berkelanjutan merupakan wadah yang dipakai oleh P.T. X untuk memfasilitasi proses perbaikan terus-menerus (Continuous Improvement). Kendala yang saat ini terjadi adalah tidak adanya standar prosedur untuk proses bisnis pengalihan produk ini P.T. X, mengakibatkan sulitnya mengetahui waktu yang digunakan dalam sekali proses bisnis pengalihan produk dan kapan implementasinya dapat diterapkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memodelkan proses bisnis, melakukan analisis proses bisnis, dan melakukan perbaikan proses bisnis model untuk meningkatkan performa di area pengadaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode bisnis kualitatif berupa observasi dan wawancara yang kemudian dilakukan analisis perbaikan proses bisnis dengan cara memetakan proses bisnis saat ini, melakukan analisis penambahan nilai, analisis pemborosan, serta mengusulkan model proses bisnis yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan perbaikan dari sisi kualitas yaitu tidak lagi ada pengulangan aktivitas pada proses bisnis pengalihan produk ini, dari sisi biaya dapat menghasilkan penghematan sebesar Rp.17.727.273,- hingga Rp.30.000.000,-, kemudian dari sisi waktu dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam sekali proyek selama 13-22 hari.

Increasing trend of heavy equipment repair and maintenance costs at Company X, based on the company's report data yearly, causes the company's management to urge its employees to carry out cost efficiency. One of the efforts to reduce maintenance and repair costs, Company X changed the spare part currently used to other spare parts, with better brand, quality, and expected prices. In addition to the purpose of reducing costs, the product diversion business process is a process that is intended to accommodate improvement ideas from employees to make the operational getting better, which is constantly used by Company X to facilitate the continuous improvement process. The current obstacle is the absence of a standard procedure for this product diversion business process Company X, resulting in the difficulty of knowing the time needed in a project product diversion business process and when its implementation can be run by the company. The purpose of this research is to model business processes, conduct business process analysis, and improve business process models to increase the performance in the procurement area. The method used in this study is a qualitative business method in the form of observations and interviews which are then analyzed to improve business processes by mapping current business processes, conducting value added analysis, analyzing waste, and proposing new business process models. The results of this study are showing improvements in terms of quality, namely there is no repetition of activities, from a cost aspect it can generate savings of Rp.17,727,273.- to Rp.30,000,000.-, then in time aspect it can shorten the time needed in one project for 13-22 days."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Riantiarno
"Sebagai negara dengan kondisi geografis kepulauan dan memiliki banyak sungai besar, Indonesia memerlukan banyak jembatan sebagai infrastruktur penghubung guna menunjang pertumbuhan ekonomi. Rencana peningkatan jumlah jembatan oleh pemerintah tidak lepas dari pelaksanaan proyek konstruksi jembatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi keterlambatan pelaksanaan proyek EPC jembatan baja. Pendekatan business process reengineering dan teknik pemodelan IDEF0 digunakan dalam mencapai penurunan waktu proses bisnis pada fase procurement proyek jembatan baja.
Penelitian ini menghasilkan rancangan perbaikan proses baru berupa 4 skenario perbaikan. Untuk menguji efektivitas masing-masing skenario, dilakukan simulasi menggunakan bantuan software iGrafx. Menggunakan parameter waktu, hasil simulasi menunjukkan skenario 3 menjadi skenario perbaikan terbaik dengan penurunan waktu mencapai 46.64%.

As an archipelagic state, Indonesia needs a lot of bridges as connective infrastrucuture to support its economic growth. The government program to increase the number of bridges can not be separated from the implementation of the bridge construction project. The purpose of this research is to reduce delays of steel bridge EPC project. Business Process Reengineering approach and IDEF0 modelling technique are used in achieving business process time reduction in the procurement phase of the steel bridge project.
This study resulted in the design of a new process improvement in the form of 4 scenarios. To test the effectiveness of each of these scenarios, a simulation is conducted using iGrafx software. The simulation results show that scenario 3 give the most significant result in time reduction, with a percentage reduction up to 46.64%
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief
"Laporan magang ini membahas mengenai pelaksanaan salah satu tahapan audit yaitu pengujian pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa di PT MAG, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi. Jenis pengadaan barang dan jasa pada PT MAG mencakup pengadaan atas kendaraan, peralatan kantor, perabotan, renovasi, instalasi dan software. Pelaksanaan pengujian pengendalian yang dilakukan penulis mengacu pada audit program yang ditetapkan oleh RSM AAJ Associates.
Kesimpulan dari laporan ini adalah pengendalian atas proses pengadaan barang dan jasa di PT MAG untuk tahun 2013 sudah efektif. Seluruh transaksi yang diambil secara sampling sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku (SOP). Prosedur yang dijalankan KAP terkait pengujian pengendalian atas pengadaan barang dan jasa di PT MAG juga telah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report discusses one of the stages of audit namely the tests of controls on the procurement process in PT MAG, a company engaged in the financing of micro, small medium enterprises (SMEs) and cooperatives. Types of the procurement in PT MAG include the procurement of vehicles, office equipment, furniture, renovation, installation and software. The test of control done by the writer follows the audit program established by RSM AAJ Associates.
The conclusion of this report is the control over the process of procurement of goods and services in PT MAG for the year 2013 is effective. All transactions taken by sampling are already performed in accordance with the applicable procedures (SOP). Procedures that performed by CPA’s Firm related to tests of controls of the procurement in PT MAG also complies with existing theory.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mifthahul Jannah
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal atas proses bisnis pengadaan barang dan jasa khususnya mulai dari penerimaan tagihan sampai dengan pembayaran pada PT XY Pembahasan meliputi pemahaman proses bisnis dan praktek pengendalian internal yang diterapkan PT XY dalam proses pengadaan barang dan jasa Dari evaluasi yang dilakukan penulis PT XY telah menjalankan pengendalian internal dengan baik namun masih terdapat beberpa kelemahan seperti tagihan dari pemasok yang terlambat diberikan dokumen kurang lengkap dan double Kelemahan ini dapat menghambat proses pembayaran PT XY kepada pemasok.

The purpose of this report is to evaluate internal control system of procurement business process especially start from receiving the invoice until payment in PT XY This report explains the understanding of business process and internal control practices applied by PT XY in the process of procurement Of the evaluation by author PT XY has well run the internal controls but there are some weaknesses such as overdue bills from vendors granted less complete the documents and double entry in system Z This weaknesses can inhibit the process of payment to vendors."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Rhea Masayu
"Penyederhanaan proses pengadaan merupakan salah satu cara untuk menurunkan biaya operasional perusahaan, khususnya dalam industri asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan rancangan perbaikan proses pengadaan dalam industri asuransi dengan metode Business Process Reengineering BPR . Pengambilan data mengenai proses pengadaan dilakukan di salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Pertama kali melakukan pemetaan proses as-is menggunakan BPMN iGrafx. Kemudian, waktu proses as-is dianalisis untuk mengidentifikasi masalah.
Studi literatur dilakukan untuk mengetahui target proses BPR yang akan menjadi alternatif dalam proses to-be. Pemilihan alternatif menggunakan metode AHP. Alternatif kemudian dijadikan skenario. Penelitian menghasilkan tiga skenario proses to-be yang dapat menurunkan sebanyak 35-76 dari waktu proses as-is. Penyederhanaan proses pengadaan merupakan salah satu cara untuk menurunkan biaya operasional perusahaan, khususnya dalam industri asuransi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan rancangan perbaikan proses pengadaan dalam industri asuransi dengan metode Business Process Reengineering BPR. Pengambilan data mengenai proses pengadaan dilakukan di salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Pertama kali melakukan pemetaan proses as-is menggunakan BPMN iGrafx. Kemudian, waktu proses as-is dianalisis untuk mengidentifikasi masalah. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui target proses BPR yang akan menjadi alternatif dalam proses to-be. Pemilihan alternatif menggunakan metode AHP. Alternatif kemudian dijadikan skenario. Penelitian menghasilkan tiga skenario proses to-be yang dapat menurunkan sebanyak 35-76 dari waktu proses as-is. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avrilia Angelie Wijaya
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi penilaian indeks kematangan risiko atas dimensi proses dan kontrol risiko untuk parameter pengukuran risiko di PT JKL oleh KAP OPQ untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2023. PT JKL merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan kemasan material bangunan, usaha dan penunjang lainnya. Evaluasi dilakukan untuk melihat kesesuaian proses penilaian indeks kematangan risiko yang dilakukan oleh KAP OPQ dengan petunjuk SK-8/DKU.MBU/12/2023 yang berlaku. Penilaian yang dilakukan mencakup kesesuaian kriteria, pemberian skor, dan prosedur dokumentasi atas parameter pengukuran risiko PT JKL. Berdasarkan analisis yang dilakukan, prosedur penilaian indeks kematangan risiko terhadap parameter pengukuran risiko di PT JKL oleh KAP OPQ telah sesuai dengan ketentuan SK-8/DKU.MBU/12/2023 yang berlaku.

This internship report is prepared to evaluate the risk maturity index assessment on the process and risk control dimensions for the risk measurement parameters at PT JKL by KAP OPQ for the period ending December 31, 2023. PT JKL is a company engaged in the building materials packaging processing industry, along with other supporting businesses. The evaluation is conducted to assess the alignment of the risk maturity index assessment process carried out by KAP OPQ with the guidelines of SK-8/DKU.MBU/12/2023. The assessment covers the conformity of criteria, scoring, and documentation procedures for PT JKL’s risk measurement parameters. Based on the analysis and evaluation, the risk maturity index assessment procedure for risk measurement parameters at PT JKL by KAP OPQ is in accordance with the provisions of SK-8/DKU.MBU/12/2023."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andersen, Bjorn
658.406 3 And b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>