Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175314 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Verdy Septian Nugraha
"Studi ini meneliti tentang mekanisme kepercayaan customer secara online sebagai anteseden dari repurchase intention customer di marketplace elektronik. Penelitian ini menggunakan data berupa hasil survei dari 749 customer Tokopedia di Indonesia untuk menguji model penelitian yang diusulkan. Studi empiris dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS. Studi ini menemukan bahwa kedua belah pihak, marketplace elektronik dan e-seller memiliki pengaruh masing-masing dalam membentuk repurchase intention. Temuan menunjukkan bahwa, bagi customer Indonesia, marketplace elektronik, seperti Tokopedia, memiliki peran penting dalam membentuk transaksi online daripada e-seller. Ini berarti bahwa tidak ada hubungan yang dapat dipertukarkan antara peran marketplace elektronik sebagai pihak ketiga dan e-seller dalam pembentukan repurchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku customer di marketplace elektronik dalam membentuk kepercayaan kepada e-penjual dan marketplace sendiri menggunakan sampel dari customer Indonesia dan marketplace Tokopedia, yang memiliki model bisnis yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi dan mengeksplorasi kelayakan dari model mekanisme kepercayaan. Hasil penelitian dapat digunakan manajer untuk memilih dan mengevaluasi fitur marketplace apa saja yang dapat dipertahankan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan kepercayaan customer berdasarkan dimensi dan kegunaan yang dipersepsi oleh customer.

This study describes and extends the current literature about customer online-trust mechanisms as the antecedent of customer's repurchase intentions in the marketplace environment. The research collects survey data from 749 Tokopedia customers in Indonesia to test the proposed research model. Empirical studies conducted using SEM-PLS approach. This study found that both party, marketplace and e-seller have their path on forming repurchase intention. However, the findings indicate that, for Indonesian customers, the marketplace, such as Tokopedia, has a critical role in forming any online transaction than an e-seller who has a low significant effect. It is mean that there is no interchangeable relationship between the role of the marketplace as a third party and e-seller in forming customer repeat purchase. The research aims to explain customer behavior in the online marketplace environment in forming a trust to e-seller and marketplace using a sample from Indonesian customer and Tokopedia marketplace, which have a different business model with previous research. The aim is to confirm and explore the properness of the trust-mechanism model. Our results can help the manager to select which marketplace feature can be maintained and developed to improve customer trust base on the dimension and usefulness that customers perceived. Categorizing the sample whose have a lot of experience and first-timer customer is needed to expand the variety of results base on their prior experience. Also, the model can be used to explain the trust-mechanism in a different type of e-commerce, such as apply to studies social commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azief Muhammad Ribkhan
"Dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia dan peningkatan transaksi digital di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Diperlukan marketplace online yang menyediakan produk berserifikat halal untuk menjaga hak konsumen muslim dalam beribadah melalui konsumsi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel sikap, kepuasan, persepsi nilai, persepsi kegunaan, pengetahuan mengenai prinsip halal, dan citra halal terhadap niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online. Pengaruh tidak langsung diperantarai oleh variabel citra halal. Peneliti mengolah 234 data yang berasal dari responden konsumen muslim yang pernah berbelanja di Tokopedia Salam menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL 8.8 dan AMOS 22. Penelitian ini menemukan bahwa sikap, kepuasan, persepsi kegunaan memengaruhi citra halal secara positif, sedangkan persepsi nilai dan pengetahuan mengenai prinsip halal tidak memengaruhi citra halal. Temuan lain dalam penelitian ini yaitu kepuasan, persepsi kegunaan, dan citra halal memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online secara positif, sedangkan sikap, dan persepsi nilai tidak memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online, serta pengetahuan mengenai prinsip halal ditemukan memengaruhi niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online secara negatif. Citra halal ditemukan memiliki efek sebagai variabel intervening saat memediasi pengaruh sikap, kepuasan, dan persepsi kegunaan terhadap niat konsumen muslim untuk berlangganan pada toko online

Indonesia with the largest Muslim population and the ever increasing value in digital transaction every year. Online marketplace that provides halal certified products are required to safeguarding Muslim consumer rights in worship through consumption. This study aims to analyze the direct and indirect effect of attitude, satisfaction, perceived value, perceived usefulness, knowledge of halal principle, and halal image towards muslim’s online repatronage intention. The author also hypothesized the mediating effect of halal image. This study involved 234 muslim consumers’ that previously buy from Tokopedia Salam, the data were processed by using Structural Equation Modeling (SEM) method with LISREL 8.8 and AMOS 22. The result showed that attitude, satisfaction, perceived usefulness had positive influence on halal image, while perceived value and knowledge of halal principle doesn’t influence halal image. Furthermore, satisfaction, perceived usefulness, and halal image was also found positively influence online repatronage intention, while attitude and perceived value doesn’t have influence towards online repatronage intention, also knowledge of halal principle was found to be negatively influence online repatronage intention. Halal image was found to be mediating the effect of attitude, satisfaction, and perceived usefulness towards online repatronage intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Swastinika Naima Moertadho
"Penggunaan internet di Indonesia telah meningkat secara drastis dalam 10 tahun terakhir, didominasi oleh akses melalui perangkat mobile. Salah satu industri yang sering diakses oleh pengguna internet adalah e-marketplace, dengan mayoritas penggunanya menggunakan perangkat mobile. Meskipun begitu, masih sedikit penelitian yang membandingkan interaksi pengguna dengan platform mobile dan web. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam bidang tersebut, dengan memberikan insight mengenai perbandingan usability serta perbedaan pemanfaatan situs versi web dan mobile untuk tiga e-marketplace terpopuler di Indonesia: Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Riset ini dilakukan menggunakan mixed methods, dengan data kuantitatif berupa hasil kuesioner dan System Usability Scale, serta data kualitatif berupa hasilUsability Testing, wawancara pengguna, serta wawancara dengan ahli desain antarmuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna menilai usability aplikasi mobile cenderung lebih baik dibandingkan situs web. Hal ini dikarenakan pengguna menilai berbelanja melalui aplikasi mobile lebih mudah, dengan adanya voucher serta pembayaran yang praktis. Kendati demikian, pengguna juga menyatakan lebih mudah melakukan product discovery melalui situs web karena layar yang lebih besar. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk situs e-marketplace adalah untuk fokus mendesain fitur product discovery seperti mencari dan melihat barang yang baik pada situs web, dan proses checkout yang baik pada aplikasi mobile.

Over the past decade, internet usage in Indonesia has increased dramatically, with access through mobile devices leading the way. One of the frequently accessed industry is e-marketplace, with many of its users accessing through mobile devices. However, there is still minimal research regarding users’ interaction with the web platform compared to the mobile platform. This research aims to fill that gap by providing insight into the usability comparison between desktop and mobile versions of Indonesia’s top three e-marketplaces: Tokopedia, Shopee, and Bukalapak. On top of that, this research also explores how certain features of the mentioned e-marketplaces are being utilized by users. The research uses a mixed method approach, with quantitative data in the form of a questionnaire and System Usability Scale, and qualitative data gained through Usability Testing, user interview, and interview with a design expert. The results of this research suggest that users give higher scores to mobile applications of e-marketplace compared to desktop sites. This is due to users perceiving shopping through mobile apps as easier, thanks to the availability of vouchers and convenient payment methods. However, users also state that they prefer doing product discovery through desktop sites due to a bigger screen. For e-marketplace sites, the recommendation given is to focus on improving product discovery features such as searching and viewing products on desktop sites, and focus on improving the checkout process for mobile applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurnia Sandy
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara praktik employee retention dengan perceived firm performance dan perceived innovation performance. Menggunakan analisis regresi linier pada sampel dengan 100 responden yang merupakan karyawan IT pada perusahaan IT startups bidang marketplace. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik employee retention dalam bentuk development and empowerment dan supportive organisational culture berpengaruh secara positif terhadap perceived firm performance. Temuan serupa juga terdapat pada hubungan antara employee retention terhadap perceived innovation performance. Temuan lainnya menunjukkan bahwa kedua dimensi employee retention yaitu development and empowerment dan supportive organisational culture memiliki hubungan positif terhadap perceived firm performance. Dimensi supportive organisational culture juga memiliki hubungan positif terhadap perceived innovation performance, sedangkan tidak ditemukan hubungan serupa antara dimensi development and empowerment terhadap perceived innovation performance.

This study aims to explain the effect of employee retention on perceived firm and perceived innovation performance. Using regression linier analysis on a sample of 100 responden from IT employees working in IT startups marketplace in DKI Jakarta. The study has highlighted that employee retention in form of development and empowerment and supportive organisational culture are positively related to perceived firm and innovation performance. Findings have also highlighted the positive relationship between both dimensions of employee retention, development and empowerment and supportive organisational culture, and perceived firm performance. Supportive organisational culture also has a positive relation with perceived innovation performance. However, no such relationship has been found between development and empowerment and perceived innovation performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Faizin
"ABSTRAK
Marketplace terus mengalami perkembangan yang ditunjukkan oleh jumlah pelanggan dan jumlah penjualan yang terus mengalami peningkatan. Namun, penjualan secara online seperti marketplace memiliki beberapa keterbatasan untuk memberikan pengalaman pembelian yang personal. Sistem rekomendasi dapat membantu marketplace untuk mengatasi keterbatasan tersebut, sehingga pelanggan dapat menemukan produk atau layanan berdasarkan preferensi mereka. Pada penelitian ini, kami mengusulkan untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk menggunakan algoritma Neural Collaborative Filtering (NCF). NCF adalah algoritma collaborative filtering berbasis deep learning dan faktorisasi matriks. Sistem rekomendasi produk yang akan dibangun menggunakan data umpan balik implisit dalam bentuk data pembelian dari pelanggan. Umpan balik implisit adalah jenis data yang dapat diandalkan untuk membangun sistem rekomendasi. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa NCF mencapai kinerja terbaik dan paling unggul dibanding metode yang lain.

ABSTRACT
Marketplace continuesly growth as indicated by the number of customers and the number of sales that continue to increase. However, online sales like a marketplace have several limitations to provide a personal purchasing experience. The recommendation system can help the online market to overcome these limitations, so that customers can find products or services based on their preferences. In this study, we propose to develop a product recommendation system using the Neural Collaborative Filtering (NCF) algorithm. NCF is a collaborative filtering algorithm based on deep learning and matrix factorization. The product recommendation system will be built using implicit feedback data in the form of customer purchase data. Implicit feedback is a type of data that can be relied upon to build a recommendation system. The results of the study have shown that NCF achieves the best performance compared to state-of-the-arts methods.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Vandany
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana perilaku pembelian impulsif secara online terbentuk bila dipengaruhi browsing dan perceived value pada ulasan online dalam aplikasi atau situs marketplace. Data yang didapatkan berasal dari 159 responden. Model penelitian dengan enam hipotesis ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini menunjukkan  bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi nilai konsumen pada ulasan online, ulasan online terhadap browsing dan browsing terhadap impulse buying. Terakhir peneliti memberikan implikasi dan saran untuk penelitian kedepannya.

This study aims to investigate how impulsive buying when influenced by browsing and perceived value on online reviews in applications or marketplace websites. The data obtained came from 159 respondents. The research model with ten hypotheses was tested using Structural Equation Modeling (SEM). This study shows that there is a positive relationship between the perception of consumer value on online reviews, online reviews on browsing and browsing on impulse buying. Finally, researchers provide implications and suggestions for future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T55124
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amirah Ayu Trisdiana Reviandi
"Pesatnya perkembangan ekonomi digital di Indonesia membuat urgensi kebijakan persaingan di Indonesia untuk lebih mengatur persaingan di pasar digital, khususnya di marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindakan Abusive Self-Preferencing oleh Amazon Marketplace dari Perspektif Hukum Persaingan Usaha Indonesia dengan menganalisis Putusan Otoritas Persaingan Italia nomor A528 tentang kasus FBA Amazon, dan membandingkannya dengan potensi kasus serupa terjadi di Indonesia melalui marketplace nomor satu di Indonesia, Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang dilakukan dengan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Penelitian ini menemukan bahwa keputusan Otoritas Persaingan Italia tersebut memperkuat kekhawatiran bahwa preferensi diri sebagai teori kerugian baru dan independen tidak memiliki batasan yang jelas yang menciptakan ketidakpastian hukum yang tidak dapat diprediksi. Hasil penelitian ini menyarankan KPPU dan Pemerintah Indonesia untuk membuat pedoman dalam bentuk regulasi yang mengatur persaingan usaha di pasar multi- sisi, dan mendefinisikan tindakan Abusive Self-Preferencing sebagai teori kerugian baru di bawah penyalahgunaan posisi dominan.

The rapid development of digital economy in Indonesia create an urgency for competition policy in Indonesia to further regulates competition in digital markets, particularly in marketplace. This research paper aims to analyze Abusive Self- Preferencing Act by Amazon Marketplace from the Perspective of Indonesian Competition Law by analyzing Italian Competition Authority’s Decision Case number A528 regarding FBA by Amazon, and comparing it with the potential for the similar case to happen in Indonesia through Indonesia’s the number one marketplace, Tokopedia. The research method used in this research is juridical normative which is done with laws and regulations approach, conceptual approach, and cases approach. This research finds that the Italian Competition Authority's decision reinforces concerns that self-preferencing as a new and independent theory of harm lacks clear boundaries which creates legal uncertainty and unpredictability. The result of this research suggests KPPU and Indonesian Government to create guidance in the form of regulation that regulates business competition in multi- sided markets and define abusive self-preferencing act as a new theory of harm under abuse of dominant position."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Afira
"ABSTRAK
Di Indonesia, berbagai online marketplace muncul dengan aplikasi yang memberikan konsumen banyak pilihan untuk berbelanja sehingga konsumen cenderung berpindah dari satu aplikasi belanja ke aplikasi lainnya lainnya dengan mudah. Penelitian ini menguji model konseptual yang menggambarkan keterkaitan antara Technology Acceptance Model (TAM), flow, mobile irritation, serta sikap konsumen terhadap belanja menggunakan mobile apps dan niat konsumen untuk kembali menggunakan aplikasi belanja tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online. Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk analisis data menggunakan software AMOS 22. Pada penelitian ini jumlah sampel yang terkumpul adalah sebanyak 181 responden yang merupakan pengguna aplikasi belanja online marketplace dalam 3 bulan terkahir sejak pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness berpengaruh positif terhadap flow dan reuse intention, perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, flow berpengaruh positif terhadap attitude, attitude berpengaruh positif terhadap reuse intention dan sebaliknya mobile irritation berpengaruh negatif terhadap reuse intention.

ABSTRACT

In Indonesia, various of online marketplaces have emerged giving customers many options to shop that customers tend to switch to another mobile shopping apps easily. This study discusses the conceptual model that describes the linkages between Acceptance Model Technology (TAM), flow, mobile irritation, and consumer attitudes towards mobile applications against intention to reuse the mobile apps. Data was collected through online questionnaire. Structural Equation Model (SEM) is used for data analysis with AMOS 22. The number of samples collected was 181 respondents who experienced online shopping through mobile apps within the last 3 months from filling out the questionnaires. The result of this research showed that perceived usefulness positively affects flow and reuse intention, perceived ease of use positively affects perceived usefulness, flow has a positive impact on attitude, attitude positively affects reuse intention meanwhile mobile irritation negatively affects reuse intention."
2019
T53552
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabilla Chika Artanti Atmojo
"Research from Strategy And (2019) and Suraya and Febrina (2021) proves that consumer's demand for streetwear is still very high, creating many opportunities for entrepreneurs to open businesses in the streetwear fashion sector. Moreover, the presence of the internet and online shops makes it easier for entrepreneurs to open their own streetwear brands. However, this also creates a fairly high and tight competition. With the marketplace as the main platform used by the public to transact, many streetwear brands charge the lowest prices to attract consumers' attention, which makes competition in the market unhealthy. As a solution for a brand to be able to get out of price wars and unfair competition is to build a strong brand so that consumers and audiences are able to identify and choose the brand consciously. In this case, Plyground is an online-based local streetwear brand, which also uses social media and the marketplace as the main channel to promote as well as make transactions. By using an emotional branding strategy that will be translated into several programs, the author tries to provide new and adaptive solutions to the problems faced by Plyground.

Riset dari Strategy And (2019) dan Suraya dan Febrina (2021) membuktikan bahwa tingkat permintaan konsumen terhadap streetwear sangatlah tinggi, menciptakan banyak peluang bagi para wirausahawan untuk membuka bisnis di bidang streetwear fashion. Terlebih lagi, hadirnya internet dan online shop mempermudah para wirausahawan untuk membuka brand streetwear mereka sendiri. Di sisi lain, hal ini juga menciptakan kompetisi yang cukup tinggi dan ketat. Dengan adanya marketplace sebagai platform utama yang digunakan khalayak untuk bertransaksi, banyak dari brand streetwear memasang harga paling murah untuk menarik perhatian konsumen, yang membuat persaingan di marketplace menjadi tidak sehat. Salah satu solusi agar sebuah brand mampu keluar dari perang harga dan persaingan tidak sehat adalah dengan membangun branding yang kuat agar konsumen dan khalayak mampu mengidentifikasi dan memilih brand tersebut secara sadar. Dalam kasus ini, Plyground adalah salah satu brand streetwear lokal yang berbasis online, yang juga menggunakan media sosial dan marketplace sebagai kanal utama untuk mempromosikan sekaligus melakukan transaksi. Dengan menggunakan strategi emotional branding yang akan diturunkan ke dalam beberapa program, penulis mencoba memberikan solusi baru dan adaptif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Plyground."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adiva Reyhan Puteri
"Fitur analitik merupakan suatu fitur yang menyediakan beberapa kemampuan business analytics yang disediakan oleh pihak online marketplace bagi para penjual di marketplace terkait. Meski telah dibuat aksesibel, hal tersebut tidak menjamin bahwa fitur analitik akan digunakan oleh para penjual di online marketplace. Fitur analitik yang dapat menyajikan informasi siap pakai bagi para penjual membuat kualitas dari informasi yang disediakan menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kualitas informasi terhadap keinginan penjual untuk mengadopsi fitur analitik yang disediakan oleh pihak online marketplace menggunakan teori technology acceptance model yang dimoderasi dengan faktor analytical decision making culture (ADMC). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner penelitian secara daring dan berhasil memperoleh 337 respons yang valid. Respons yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode covariance based structural equation modeling. Hasil penelitian membuktikan bahwa dari 16 hipotesis yang diajukan, 9 di antaranya berhasil diterima. Penelitian ini memperlihatkan bahwa dari 6 faktor kualitas informasi yang digunakan, hanya 4 faktor yaitu, accessibility, interpretability, relevancy, dan novelty yang terbukti dapat memengaruhi keinginan penjual untuk menggunakan fitur analitik. Efek moderasi membuktikan bahwa hubungan interpretability dengan perceived ease of use dan novelty dengan perceived usefulness menjadi lebih kuat pada lingkungan dengan nilai ADMC yang rendah. Di lain sisi, hubungan accuracy dengan perceived usefulness menjadi lebih kuat pada lingkungan dengan nilai ADMC yang tinggi. Penelitian ini memiliki beberapa kontribusi dalam menambah dan memperkaya literatur terkait pengadopsian business analytics di lingkungan online marketplace dan bermanfaat bagi pelaku penyedia layanan online marketplace dalam mengembangkan fitur analitik.

Analytical feature is a feature that provides several business analysis capabilities provided by the online marketplace for sellers in said marketplace. Although it has been made accessible, this does not guarantee that the analytical features will be used by sellers in the online marketplace. Analytical feature that presents ready to use information to sellers makes the quality of the information provided by the analytical feature interesting to be analyzed. This study aims to analyze the effect of information quality towards the adoption of the analytical feature by sellers of online marketplace through the technology acceptance model and moderated by the role of analytical decision making culture (ADMC). This research was conducted using a quantitative approach by spreading the research online and succeeded in obtaining 337 valid responses. The responses obtained were then analyzed using the covariance-based structural equation modeling method. The results of the study proved that out of the 16 hypotheses proposed, 9 of them are successfully accepted. This study explains that out of the 6 factors of information quality used, only 4 factors, accessibility, interpretability, relevance, and novelty have been shown to influence sellers' intention to adopt the analytical feature. The moderating effect show that the relationship between interpretability towards perceived ease of use and novelty towards perceived usefulness are stronger in the environment with low value of ADMC. However, the relationship between accuracy towards perceived usefulness is stronger in an environment with high value of ADMC. This research has several contributions in adding and enriching previous literature related to the adoption of business analytics in the online marketplace environment and is useful for online marketplace providers in developing the analytical feature.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>