Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47811 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simanjuntak, Dumaria
"Abstrak
BPK sebagai satu satunya lembaga audit eksternal sejajar dengan lembaga tinggi negara lainnya yang memeriksa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara seharusnya jauh dari kepentingan partai politik manapunyang menyeret pada kasus kasus korupsi. Akhir-akhir ini Anggota BPK banyak terseret isu kepentingan politis bahkan menjadi tersangka kasus korupsi. Dalam rangka menjadikan BPK menjadi lembaga audit profesional dan independen maka pengisian jabatan Anggota BPK harus jauh dari kepentingan politis. Tulian ini menganalisis permasalahan utama yakni menganalisis perkembangan pengaturan pengisian jabatan Anggota BPK. Setelah melakukan analisis maka dapat disimpulkan bahwa Pengisian jabatan Anggota BPK dari masa kemasa mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam hal mekanisme dan masa jabatan."
Depok: Badan Penerbit FHUI, 2017
340 JHP 47:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tofanstyo Tri Cahyono
"[ABSTRAK
Skripsi ini berfokus pada analisis kelayakan dari sistem e-audit yang digunakan oleh Pemeriksa BPK RI untuk melakukan pemeriksaan keuangan negara. Analisis kelayakan diperlukan agar BPK RI dapat memanfaatkan teknologi yang dapat menambah nilai dari hasil pemeriksaan serta dapat menggunakan teknologi dengan tepat guna sesuai dengan proses pemeriksaan keuangan negara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data utama didapatkan dari wawancara mendalam dengan responden pemeriksa BPK dan tim pengembangan sistem e-audit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-audit sudah layak digunakan dalam pemeriksaan keuangan negara. Namun peneliti menyarankan kepada BPK agar lebih aktif lagi dalam menangkap kebutuhan pengguna akhir yaitu pemeriksa, sehingga dapat dipastikan kebutuhan pengguna akhir dan jadwal pengembangan sistem di masa yang akan datang serta supaya pengembangan sistem sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna. Selain itu, BPK juga harus mempertimbangkan untuk mulai melakukan seleksi jasa profesional Teknologi Informasi untuk membantu dalam pengembangan sistem e-audit karena besar kemungkinan banyaknya kebutuhan dari pengguna akhir di masa yang akan datang.
ABSTRACT
This study focuses on the analysis of the feasibility of e-audit system used by BPK Auditors to audit state finances. The feasibility analysis is required in order to utilize technology that can increase the value of the audit results and can use the appropriate technology according to the state finances audit process. This research use descriptive qualitative method. The main data obtained from in-depth interviews with respondents from BPK Auditors and development team of e-audit system. The results showed that the e-audit system already feasible for use in the state finances audit process. The researchers suggested for the BPK to be more active in capturing end user requirements, ensuring the end user requirements and system development schedule in the future are met, and ensuring development of the system is met with the end user requirements. In addition, BPK also had to consider to begin selecting information technology professional services to assist in the development of e-audit system because most likely there are many end user requirements in the future.
, This study focuses on the analysis of the feasibility of e-audit system used by BPK Auditors to audit state finances. The feasibility analysis is required in order to utilize technology that can increase the value of the audit results and can use the appropriate technology according to the state finances audit process. This research use descriptive qualitative method. The main data obtained from in-depth interviews with respondents from BPK Auditors and development team of e-audit system. The results showed that the e-audit system already feasible for use in the state finances audit process. The researchers suggested for the BPK to be more active in capturing end user requirements, ensuring the end user requirements and system development schedule in the future are met, and ensuring development of the system is met with the end user requirements. In addition, BPK also had to consider to begin selecting information technology professional services to assist in the development of e-audit system because most likely there are many end user requirements in the future.
]"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61629
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"BPK memliki mandat untuk melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, diantaranya melalui Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT). Berdasarkan hasil kajaian yang dilakukan Direktorat Litbang PDTT pada tahun 2011, pemeriksaan yang termasuk PDTT adalah pemeriksaan investigatif dan kepatuhan. Pemeriksaan kepatuhan dimaksudkan adalah pemeriksaan kepatuhan yang berdiri sendiri. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penarikan kesimpulan dalam pemeriksaan kepatuhan yang berdiri sendiri tersebut. Metodologi yang digunakan yaitu studi literatur, telaah LHP, pengumpulan data dan informasi melalui kuesioner dan wawancara serta Focus Group Discussion dengan praktisi dan akademisi. Hasil studi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memdukung kualitas penarikan kesimpulan dalam pemeriksaan kepatuhan yang berdiri sendiri adalah tujuan, lingkup, atau cakupan pemeriksaan, kriteria, materialitas, sampel dan bukti kesimpulan yang mengacu pada ISSAI 4100 Compliance Audit Guidelines for Audits Performed separately from the Audit of Financial Statements."
340 JTKAK 1:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Kajian ini membandingkan kondisi pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja di BPK dengan Australian National Audit Office (ANAO). Walaupun membandingkan institusi ANAO dan BPK tidak selalu memberikan gambaran yang setara karena berbedanya mandat, skala, dan luasan yurisdiksi pemeriksaan, namun upaya pembandingan ini dimaksudkan untuk mempelajari hal-hal positif yang telah dicapai oleh ANAO supaya bisa diterapkan di BPK. Kriteria yang digunakan dalam kajian ini adalah model capacity building guidelines yang dikembangkan oleh INTOSAI. Metode kajian yang digunakan adalah studi literatur yang diperkaya dengan hasil analisis berbagai dokumen yang diperoleh dari website resmi kedua lembaga auditor pemerintah tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa 14 dari 15 unsur pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja telah dipenuhi dan satu unsur belum sepenuhnya dipenuhi oleh ANAO. Sementara itu, sesuai tingkat perkembangan pemeriksaan kinerja yang relatif masih abru, BPK masih perlu secara terus menerus meningkatkan kapasitas pemeriksaan kinerja agar memenuhi standar capacity building guidelines yang dikembangkan oleh INTOSAI"
340 JTKAK 1:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The government of Indonesia is not serious to resolve the issue of the protection of migrants workers. The Supreme Audit Agency (BPK) Republik Indonesia (RI) has provided comprehensive recommendations in the examination report of placement and protection performance of migrant workers. BPK issued a report that the placement of workers abroad is not fully supported by the policy intact, comprehensive, and transparent to protect the basic rights of workers and equal opportunities for all stakeholders. It is also not supported by the integrated system and the allocation of adequate resources to improve the equality of the placement and protection of migrant workers abroad. BPK also explicitly highlights that requirement of workers is not yet supported by good and transparent process so there is no certainty, justice, and the protection of migrant workers."
360 IFJ 1 : 1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Driyantara
"Topik skripsi ini adalah mengenai penggunaan koleksi buku oleh siswa-siswa di Perpustakaan SLTPK III BPK Penabur KPS Jakarta. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi buku di perpustakaan tersebut dan juga untuk mengetahui buku mana yang sering dipinjam. Koleksi buku yang ada berjumlah 4.483 jumlah eksemplarnya 6.571 buku. Di samping itu, Perpustakaan SLTPK III BPK Penabur KPS Jakarta juga menyediakan majalah dan surat kabar. Sampel yang diambil sebesar 353 judul dengan probabilitas 9% dan batas galat 5%, dengan batas kesalahan 5%.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa koleksi buku terbesar didoininasi oleh 4 kelas, yaitu kelas Fiksi (1004 judul), kelas Inggris (536 judul), kelas Agama (281 judul) dan kelas Ilmu Sosial (270 judul). Jumlah buku yang dipinjam selama kurun waktu lima tahun adalah sebesar 208 judul jumlah total koleksi buku dengan jumlah peminjaman sebanyak 772 kali. Buku-buku yang paling sering dipinjam adalah buku-buku dari kelas Inggris dan Fiksi, yaitu sebanyak 267 kali. Berdasarkan tahun terbit buku, maka koleksi koleksi buku terbesar adalah buku-buku yang diterbitkan antara tahun 1990 - 1994, yaitu sebanyak 101 judul. Peminjaman buku terbanyak terjadi pada buku-buku yang diterbitkan pada selang waktu antara tahun 1990 -1994 yaitu sebesar 76 judul."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S14933
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aritonang, Baharuddin
"Author's account as member of Badan Pemeriksa Keuangan, an Indonesian Supreme Audit Board."
Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia, 2019
336.012 ARI b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Moehammad Arief Furqon
"[ABSTRAK
Organisasi yang menerapkan sebuah sistem informasi mengharapkan agar seluruh pengguna menggunakan sistem informasi tersebut. Demikian pula dengan penerapan Portal Internal di Perum PERURI. Portal Internal tersebut hadir sebagai pintu gerbang ke berbagai sistem informasi lain serta menyajikan informasi seputar perusahaan dan individu pegawai. Meskipun Portal Internal telah memberikan fasilitas tersebut, belum semua pengguna menggunakan Portal. Oleh karena itu, dibutuhkan penelian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengguna dalam menggunakan Portal Internal Perum PERURI.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan faktor yang terdapat pada Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean, serta Technology Acceptance Model (TAM). Data awal penelitian didapatkan dari pengolahan basis data serta wawancara. Untuk pengujian hipotesis, data didapatkan dari kuesioner penelitian yang didapat dari 200 responden. Data yang diperoleh diuji dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 2.0 M3.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Portal Internal Perum PERURI dapat diketahui serta membantu para pengambil keputusan untuk meningkatkan penggunaanportal. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkannya lima faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan Portal, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kondisi fasilitas, pengaruh sosial, dan relevansi dengan pekerjaan.;

ABSTRACT
Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance.;Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance., Organizations that implement an information system expects that all users use the information system. Similarly, the application of the Internal Portal in Perum PERURI. Internal Portal is present as a gateway to a variety of other information systems as well as provide information about the company and the individual employee. Although the Internal Portal has provided the facility, not all users use the Portal. Therefore, recent research is needed to determine the factors that affect users in the use of the Internal Portal Perum PERURI.
In this study, researchers used the factors contained in the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), model of information systems success DeLone and McLean, and the Technology Acceptance Model (TAM). Preliminary data obtained from the study database processing and interviews. To test the hypothesis, the data obtained from the questionnaire research obtained from 200 respondents. The data obtained were tested using Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS 2.0 M3.
With the existence of this study, it is expected that factors affecting user acceptance of the Internal Portal Perum PERURI knowable and helps decision makers to increase the use of portals. The results of this study is the obtainment of five factors that affect the user's intention in using the Portal, ie the quality of information, quality systems, faciliting conditions, social influence, and job relevance.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dona Meilisa Hasbara
"BPK RI adalah lembaga yang tugasnya memeriksa pengelolaan keuangan negara yang dilakukan oleh K/L negara. Oleh karena itu, penting bagi BPK RI untuk terus meningkatkan kualitas auditnya agar K/L mengelola keuangan negara lebih efektif dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif analitik dengan menjabarkan usaha yang telah dilakukan BPK RI untuk meningkatkan kualitas auditnya dan juga membandingkannya dengan pedoman yang diterbitkan oleh ASOSAI dan EUROSAI. Hasil dari penelitian ini adalah BPK RI sudah cukup berusaha untuk meningkatkan kualitas auditnya tetapi masih ada beberapa usaha yang harus diperbaiki dan ditambahkan agar kualitas auditnya terus meningkat.

BPK RI is a institution whose duty is examine public finance management which is undertaken by ministries or State agencies. Therefore, the important thing for BPK RI to improve audit quality continously to make K/L manage public finance more effective and efficient. This research is a qualitative research that is descriptive comparative analytic with detailing effort has been done by BPK RI to improve audit quality and also comparing it with guidelines published by ASOSAI and EUROSAI. The result of this research is BPK RI sufficient effort to improve audit quality but there are still some undertaking that must be improved and added to increasing the audit quality."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Darusman
"Audit kinerja pada sektor publik telah menjadi salah satu jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dalam memberikan kontribusi tata kelola pemerintahan yang baik. Kapasitas audit kinerja mengacu kepada ketersediaan dan berfungsinya kemampuan pemeriksa (able people) serta ketangkasan proses (agile process) yang membentuk kapabilitas dinamis BPK sehingga dapat memformulasikan suatu kebijakan audit kinerja yang adaptif sesuai konsep dynamic governance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapabilitas dinamis BPK saat ini dan strategi ideal yang dapat dibangun dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas audit kinerja yang dilihat dari aspek able people dan agile process. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivist dengan metode pengumpulan data menggunakan mix method melalui penyebaran kuesioner dan wawancara mendalam. Responden kuesioner penelitian ini terdiri dari Pemeriksa BPK dan Pejabat Struktural di bidang Pemeriksaan. Sebanyak 480 kuesioner telah disebarkan, namun hanya 250 kuesioner yang dapat digunakan untuk analisis dengan tingkat pengembalian 52,08%. Lebih lanjut, narasumber dalam wawancara mendalam merupakan praktisi dan pakar yang telah berkecimpung secara mendalam pada bidang audit kinerja di BPK yang terdiri dari 11 narasumber Pejabat BPK. Analisis data dilakukan dengan menggunakan covergent mix method design di mana analisis kuantitatif dilakukan bersamaan dengan analisis kualitatif. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengolah data kuantitatif, sementara studi deskriptif kualitatif dilakukan untuk mengolah data kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa belum terpenuhinya able people BPK yang memadai dalam penugasan audit kinerja. Selain itu, pada aspek agile process, ditemukan terdapat kebijakan operasional yang masih kaku sehingga membutuhkan untuk segera melegalisasi dan mengimplementasikan secara penuh kebijakan yang terbaru. Strategi ideal dalam membangun kapabilitas audit kinerja difokuskan kepada kedua aspek pendorong kapabilitas dinamis, yaitu able people dan agile process yang secara langsung mendorong terciptanya peningkatan audit kinerja baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya.

Performance audits in the public sector have become one of the types of audits conducted by BPK in contributing to good governance. Performance audits capacities refers to the availability and well-functioning of able people and agile processes that shape BPK's dynamic capabilities so that it can formulate an adaptive performance audit policy based on the concept of dynamic governance. This study aims to analyze the current BPK's dynamic capabilities and the ideal strategies that can be built in order to improve the quality and quantity of performance audits as seen from the aspects of able people and agile processes. This research uses postpositivism paradigm with mix method of data collection methods through questionnaires and in-depth interviews. The respondents of the research questionnaire consisted of BPK auditors and structural officials in the audit field. 480 questionnaires have been distributed, but only 250 questionnaires could be used for analyzing, the rate of return is 52.08%. Furthermore, the resource persons in the interview are practitioners and experts who have been deeply involved in the field of performance audits at BPK, which consists of 11 BPK officials. The data analysis was performed using convergent mixed methods design where quantitative analysis performes in conjunction with qualitative analysis. Descriptive statistical analysis is used to process quantitative data, while qualitative descriptive studies are carried out to process qualitative data. The results of the study found that able people in BPK had not been fulfilled in the performance audit assignment. In addition, in the agile process aspect, it was found that there are operational policies that are still rigid so they need to immediately legalize and fully implement the latest policies. The ideal strategy in building performance audits capabilities is focused on the two aspects of driving dynamic capabilities, namely able people and agile processes that directly encourage the creation of improved performance audits in terms of both quantity and quality."
Jakarta: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>