Ditemukan 180063 dokumen yang sesuai dengan query
Adisti Kinanti Baga
"Skripsi ini mengevaluasi penerapan metode pencatatan dan penilaian persediaan pada bidang usaha restoran menurut Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM). Studi kasus dilakukan pada PT. GIP yang bergerak di bidang usaha restoran dan memiliki beberapa outlet diantaranya outlet Slice of Heaven (SOH), outlet Fresh and Co, dan outlet Kantin yang berlokasi di ibu kota Jakarta. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian berfokus pada metode pencatatan dan penilaian persediaan pada PT.GIP. Berdasarkan pencatatan yang dilakukan oleh PT.GIP diketahui bahwa perusahaan belum dapat mengakui semua persediaannya sebagai aset perusahaan dan belum dapat mengklasifikasikan biaya konversi sebagai bagian dari biaya perolehan persediaannya. Hal tersebut menyebabkan nilai persediaan menjadi understated di dalam laporan posisi keuangan. Sedangkan dari penilaian persediaan, perusahaan menilai persediaannya menggunakan metode Moving Average yang merupakan pengukuran untuk sistem pencatatan perpetual. Perusahaan menggunakan sistem pencatatan periodik, maka seharusnya persediaan diukur dengan metode Weighted Average. Sehingga diketahui bahwa perusahaan belum dapat mengukur biaya persediaan sesuai dengan sistem pencatatannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pencatatan dan penilaian persediaan yang dilakukan oleh PT. GIP belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum yaitu SAK EMKM.
This study evaluate the application of inventory record and valuation methods in the restaurant sector in accordance with Financial Accounting Standards for Micro, Small, and Medium Enterprise (SAK-EMKM). This case study was conducted at PT. GIP, which engaged in the restaurant business and has several outlets that are Slice of Heaven (SOH), Fresh and Co, and Canteen, which located in the capital city of Jakarta. Research method was conducted using qualitative methods. The object of research focuses on inventory record and valuation methods at PT. GIP. Based on the inventory recording by PT.GIP, it is known that the company has not been able to recognize all of its inventory as a company asset and has not been able to classify conversion costs as part of its inventory costs. So that the value of inventory becomes understated in the statement of financial position. While from the inventory valuation, the company assesses its inventory using the Moving Average method which is a measurement for a perpetual recording system. Companies use a periodic recording system, so inventory should be measured by the Weighted Average method. It is known that the company has not been able to measure inventory costs in accordance with the recording system. The results of analysis show that inventory record and valuation conducted by PT. GIP is not carried out in accordance with SAK EMKM."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dewa Made Alit Satria Nugraha
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Penyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 14 dalam melakukan pencatatan, pengakuan, pengukuran dan pengungkapan persediaan barang impor serta International Commercial Terms (Incoterm) yang digunakan oleh PT YAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan PT YAI terbukti telah melakukan pencatatan, pengakuan, pengukuran dan pengungkapan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 14. Selain itu, PT YAI sudah memenuhi hak dan kewajiban yang timbul atas penerapan incoterm.
This study aims to analyze the application of Financial Accounting Standard Statement (PSAK) 14 in recording, acknowledging, measuring and disclosing imported goods inventory and the International Commercial Terms (Incoterm) used by PT YAI. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed that PT YAI was proven to have recorded, recognized, measured and disclosed in accordance with the Statement of Financial Accounting Standards (PSAK) 14. In addition, PT YAI had fulfilled the rights and obligations arising from the application of incoterm"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Merlin
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas mengenai evaluasi atas pencatatan Piutang Usaha milik PT X. Fokus pembahasan terletak pada aktivitas magang terkait Piutang Usaha dan proses pencatatan akun Piutang Usaha PT X yang bergerak di bidang properti. Berdasarkan hasil evaluasi atas akun piutang usaha, pencatatan yang telah dibuat PT X atas akun piutang usaha telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini
bertujuan untuk merefleksikan diri atas pengalaman Penulis selama melakukan kegiatan magang dan mengevaluasi diri untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Melalui refleksi diri ini, Penulis memahami bahwa komunikasi dalam suatu pekerjaan sangatlah penting agar pekerjaan bisa menjadi lebih efisien. Penulis juga menyadari banyak hal terkait potensi diri Penulis yang masih harus dikembangkan, seperti manajemen waktu dan ketelitian yang nantinya akan berguna bagi Penulis dalam menghadapi dunia kerja.
This internship report aims to discuss the evaluation of PT X accounts receivable. The focus of the discussion lies in the internship activities and recording process related to the accounts receivable by PT X, which is a property company. Based on the results of the evaluation onaccounts payable, the presentation that has been made by PT X accounts receivable is in accordance with the prevailing theory and standards. In addition, this internship report aims to reflect on the author's experience during internships and evaluate the author to prepare for the working world. Through this self-reflection, the author understands that communication ina workplace is very important so that work can be more efficient. The author also realizes that many things related to the author's self-potential still have to be developed, such as time management and accuracy which will be useful for the author in facing the working world."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Felisita
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode penilaian income dan market approach oleh PT Coffee Advisory dalam mengestimasi nilai indikatif PT Bandar Udara. PT Coffee Advisory adalah firma penasihat keuangan yang menawarkan jasa konsultasi terkait merger, akuisisi, restrukturisasi keuangan, studi kelayakan proyek infrastruktur, dan analisis forensik. PT Bandar Udara merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola bandara di Indonesia. Dalam Project Avengers, PT Coffee Advisory melakukan Enterprise Performance Management (EPM) untuk PT Bandar Udara, yang meliputi penilaian indikatif dengan income dan market approach. Cakupan laporan meliputi pemilihan perusahaan pembanding, penghitungan weighted average cost of capital, estimasi indikatif nilai valuasi berdasarkan discounted cash flow dan relative valuation, dan rekonsiliasi kedua metode tersebut. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan praktik mengevaluasi PT Bandar Udara selama magang di PT Coffee Advisory dengan teori yang ada. Evaluasi akan menunjukkan perbedaan dalam penggunaan low-high WACC, range hasil penilaian, dan metode rekonsiliasi penilaian. Meski berbeda dengan praktik biasanya, perbedaan ini didukung oleh alasan yang kuat. Selain itu, laporan magang ini juga memuat refleksi diri tentang pengalaman magang dan menyoroti rencana pengembangan diri di masa depan.
This internship report aims to evaluate the application of the income and market approach indicative valuation method by PT Coffee Advisory in estimating the value of PT Bandar Udara. PT Coffee Advisory is a financial advisory firm offering advisory services related to mergers, acquisitions, financial restructuring, infrastructure project feasibility studies, and forensic analysis. PT Bandar Udara is a state-owned company managing 15 Central and Eastern Indonesia airports. In Project Avengers, PT Coffee Advisory performs Enterprise Performance Management (EPM) for PT Bandar Udara, which includes indicative valuation using the income and market approach. The report's scope includes selecting comparable companies, calculating the weighted average cost of capital, valuation based on the discounted cash flow and relative valuation method, and reconciliation of both methods. Evaluation is done by comparing the author's experience evaluating PT Bandar Udara during her internship at PT Coffee Advisory with existing theories. It will show the impact of using a low-high WACC, a range of valuation results, and a new method of valuation reconciliation. Although different from the usual practice, this difference is supported by solid reasons. Moreover, this internship report also includes a self-reflection on the writer's experience during the internship and highlights the writer's future self-development plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Celine Cecilia
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi atas proses pencatatan akun pendapatan dan pengungkapannya beserta jurnal yang dibuat pada Laporan Keuangan PT CC. PT CC merupakan perusahaan yang menyediakan platform retensi pelanggan untuk mempercepat pertumbuhan, meningkatkan keberlanjutan, dan memaksimalkan data pelanggan bagi bisnis. Berdasarkan hasil evaluasi, di awal proses pencatatan akun pendapatan pada PT CC berserta jurnal yang dibuat telah sesuai dengan konsep proses pencatatan akuntansi, namun untuk pengungkapan pendapatannya, PT CC melakukan pengungkapan tidak sebagaimana mestinya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Laporan magang ini juga membahas tentang refleksi diri penulis selama pelaksanaan kegiatan magang. Berdasarkan hasil refleksi diri, masih terdapat beberapa hal yang perlu penulis perbaiki untuk kedepannya.
This internship report discusses the evaluation of the process of recording revenue accounts and their disclosures along with the journals made in PT CC's Financial Statements. PT CC is a company that provides a customer retention platform to accelerate growth, increase sustainability, and maximize customer data for businesses. Based on the results of the evaluation, in the beginning of the process of recording revenue accounts at PT CC along with the journal entries made are in accordance with the concept of the accounting recording process, however, for the disclosure of its revenue, PT CC made improper disclosures in accordance with the standards. This internship report also discusses the author's self-reflection during the internship. Based on the results of self- reflection, there are still a number of things the writer needs to improve in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rayhan Zain Pribadi
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas pencatatan beban yang terbagi dua yaitu beban operasi sebagaimana dijelaskan dalam PSAK 1 ten-tang Penyajian Laporan Keuangan merupakan salah satu subklasifikasi beban da-lam laporan laba rugi komprehensif dimana beban operasi merupakan komponen untuk mendapatkan laba rugi bersih, kemudian beban selanjutnya adalah beban klaim asuransi jiwa sebagaimana dijelaskan dalam PSAK 36 tentang Akuntansi Kontrak Asuransi Jiwa yaitu jumlah klaim dalam proses penyelesaian, termasuk klaim yang terjadi namun belum dilaporkan, ditentukan berdasarkan estimasi lia-bilitas klaim tersebut. Selain itu evaluasi juga akan bertumpu pada penerapan akuntansi berbasis akrual serta adanya penggunaan akun utang dan piutang antar perusahaan. Metode evaluasi yang dilakukan adalah membandingkan praktik kerja dengan landasan teori yang digunakan. Hasil dari laporan magang ini berupa kes-impulan atas evaluasi pencatatan beban operasi dan beban klaim pada PT PTX apakah sudah sesuai dengan landasan teori dan memberikan rekomendasi untuk PT PTX sesuai dengan hasil evaluasi.
This report aims to evaluate the recording of expenses which are divided into two, operating expenses as described in PSAK 1 about the Presentation of Financial Statements is one of the subclassifications of expenses in the statement of compre-hensive income where operating expenses are a component to obtain net income, then the next expense is life insurance claim expenses as described in PSAK 36 about Accounting Life Insurance Contracts, is the number of claims in the process of settlement, including claims incurred but not yet reported, determined based on the estimated liability for these claims. In addition, the evaluation will also rely on the application of accrual-based accounting and the use of inter-company accounts payable and receivable. The evaluation method used is to compare work practices with the theoretical basis used. The results of this report are in the form of conclu-sions on the evaluation of the recording of operating expenses and claims on PT PTX whether they are in accordance with the theoretical basis and provide recom-mendations for PT PTX in accordance with the results of the evaluation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Febriandaru Kurniasih
"PT. XYZ merupakan salah satu BUMN yang memiliki trend outstanding biaya listrik yang meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor penyebab outstanding transaksi pencatatan biaya listrik di PT XYZ, risiko yang timbul dan tindakan perbaikan yang harus dilakukan oleh Manajemen Perusahaan PT. XYZ. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara semi-struktur kepada informan sebelum dan setelah perusahaan mengimplementasikan Shared Services. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tujuh risiko, yaitu understated expense, over budget, over payment, kerugian perusahaan, abnormal balance account payables (saldo debit), tidak tepatnya pencatatan, dan reputasi perusahaan menurun. Hasil penelitian menunjukan bahwa risiko mengalami penurunan setelah dilakukan mitigasi risiko menggunakan model bisnis Shared Services dan teknologi Robotic Process Automation (RPA). Penulis menyarankan agar PT XYZ menerapkan roadmap Enterprise Risk Management (ERM) dalam proses bisnis, dan secara konsisten melakukan pengelolaan proses bisnis pencatatan biaya listrik sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan.
PT. XYZ is one of the state-owned enterprises that has a trend of outstanding electricity costs that increase from year to year. This study aims to analyze the factors that cause outstanding transactions for recording electricity costs at PT XYZ, the risks that arise and corrective actions that must be taken by the company management of PT. XYZ. The research was conducted by collecting company internal data and semi-structured interviews with informants before and after the company implemented Shared Services. The research method uses qualitative methods with an exploratory case study approach. Based on the results of the study, there are seven risks, namely understated expense, over budget, over payment, company losses, abnormal balance of account payables (debit balance), inaccurate recording, and declining company reputation. The results showed that the risk decreased after risk mitigation was carried out using the Shared Services business model and Robotic Process Automation (RPA) technology. The author suggests that PT XYZ implement a roadmap in business processes, and consistently manage the business process of recording electricity costs in accordance with established policies and procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Farouq Kautsarrasyid Afthony
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi prosedur pengakuan dan
pencatatan pada beban sebagaimana yang dilaksanakan pada PT Koniggratz. Beban yang dievaluasi pada laporan magang ini adalah beban operasional dan beban klaim. Evaluasi dilakukan untuk melihat kesesuaian antara prosedur pengakuan beban dan pencatatan beban yang diterapkan di PT Koniggratz dengan referensi berupa konsep pada literatur dan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengakuan dan pencatatan beban operasional dan beban klaim pada PT Koniggratz sudah sesuai dengan konsep pada literatur dan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Laporan ini juga memuat refleksi diri atas kegiatan magang
yang dilakukan di PT Koniggratz.
This internship report aims to evaluate the recognition and recording procedures for expenses as implemented in PT Koniggratz. The expenses evaluated in this internship report include operational expenses and claim-related expenses. The evaluation is conducted to assess the alignment between the recognition and recording procedures for expenses applied in PT Koniggratz with the concepts found in relevant literature and theapplicable financial accounting standards in Indonesia. Based on the evaluation results, the recognition and recording procedures for operational expenses and claim-related expenses at PT Koniggratz are in line with the concepts presented in relevant literature and the applicable financial accounting standards in Indonesia. This report also includesself-reflections on the internship activities conducted at PT Koniggratz"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Angel Agatha
"Laporan magang ini mengevaluasi penerapan metode relative valuation yang dilakukan PT Poodle Advisory untuk mengestimasi nilai klien PT Browniey. PT Poodle Advisory merupakan perusahaan penasihat keuangan dan PT Browniey adalah perusahaan tertutup yang bergerak di jasa teknologi informasi di Indonesia. Lingkup pembahasan adalah meliputi tahapan dalam proses valuasi secara umum, pemilihan metode valuasi, dan penerapan relative valuation. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kerangka konseptual evaluasi dengan pengalaman nyata penulis melakukan valuasi terhadap PT Browniey selama magang di PT Poodle Advisory. Berdasarkan hasil evaluasi, metode relative valuation yang dilakukan oleh PT Poodle Advisory memiliki esensi yang sama dengan teori pada kerangka evaluasi, namun terdapat beberapa aspek yang belum diperhitungkan, yaitu ekonomi global, makro domestik, environmental, social, governance (ESG), perbedaan karakteristik kuantitatif antara perusahaan target dengan pembanding, dan bias yang timbul dari valuation multiple perusahaan pembanding dengan EBITDA yang negatif. Laporan magang ini juga memuat refleksi diri penulis dan penulis menyadari bahwa kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi penulis serta pembelajaran dari kuliah telah berkontribusi terhadap kelancaran magang. Namun, kemampuan manajemen waktu penulis masih perlu diperbaiki.
This internship report evaluates the application of the relative valuation method by PT Poodle Advisory to estimate the value of client PT Browniey. PT Poodle Advisory is a financial advisory firm and PT Browniey is a private company engaged in information technology services in Indonesia. The scope of the discussion is about the stages in the valuation process in general, the selection of a valuation method, and the application of relative valuation. The evaluation is carried out by comparing the evaluation framework with the author's experience in evaluating PT Browniey during her internship at PT Poodle Advisory. Based on the evaluation result, the relative valuation method conducted by PT Poodle Advisory has the same essence as the theory in the evaluation framework, but several aspects have not been taken into account, namely the global economy, domestic macro, environmental, social, governance (ESG), the difference in quantitative characteristics between the target with the comparable companies, and bias arising from the valuation multiple of comparable companies with negative EBITDA. This internship report also contains the author's self-reflection and the author realizes that the author's adaptability and communication skills as well as learning from lectures have contributed to the success of the internship. However, the author’s time management skill still needs to be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Caroline Nadia
"Laporan magang ini membahas tentang kesesuaian teori sistem informasi akuntansi dengan praktik sistem informasi yang diterapkan oleh PT Titik Koma dalam pencatatan anggaran pendapatan. Sistem informasi ini perlu diberikan perhatian lebih terkait kegunaannya sebagai nilai Gross Merchandise Value untuk mengetahui valuasi perusahaan. Lingkup pembahasan laporan magang ini seputar tujuan dan peran sistem, alur sistem, aktivitas kontrol serta penilaian efektivitas sistem. Penulis melakukan evaluasi dengan cara membandingkan kerangka evaluasi, yaitu teori yang telah dipelajari pada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi, Manajemen Teknologi Informasi dengan pengalaman Penulis selama menjalani magang menggunakan sistem informasi akuntansi di PT Titik Koma. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi pencatatan anggaran pendapatan yang dilakukan oleh PT Titik Koma memiliki esensi yang sama dengan teori pada kerangka evaluasi. Namun, masih memiliki perbedaan dengan teori yang disesuaikan dengan kondisi lingkup PT Titik Koma. Dari sudut pandang mahasiswa, evaluasi ini menunjukkan bahwa setiap teori yang ada dan telah dipelajari tidak dapat langsung diterapkan begitu saja, namun perlu dilakukan penyesuaian terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi.
This internship report discusses the evaluation of the suitability of accounting information system theory with the information system practices of revenue budget recording adopted by PT Titik Koma. This system information needs to be given more attention regarding its use as Gross Merchandise Value that determine company’s valuation. The scope of the discussion revolves around the objectives and roles of the system, system flow, control activities and system effectiveness assessment. The author evaluates by comparing the evaluation framework, which is the theory that has been studied in the subject of Accounting Information System, Information Technology Management, against author’s experience during the internship in using PT Titik Koma’s information system. The evaluation indicates that the revenue budget recording information system conducted by PT Titik Koma has the same essence as the theory in the evaluation framework. However, it still has differences with the theory that is adjusted to the conditions in the scope of PT Titik Koma. From student’s point of view, this evaluation shows that every theory that exist and has been studied cannot be directly applied, but needs to be adjusted to the situation and conditions encountered."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library