Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145721 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Mira Tamala
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa internet. Saat ini internet sudah sangat dekat dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan adanya internet tentunya memunculkan berbagai fenomena di dunia maya, salah satunya munculnya komunitas online yang terbentuk akibat interaksi di dunia maya. Interaksi yang terjadi di dunia maya ini berkaitan dengan pencarian dan pertukaran informasi, seperti yang dibahas dalam tulisan ini adalah pencarian dan pertukaran informasi mengenai review online produk kecantikan. Makalah ini berfokus pada proses membangun kepercayaan di antara anggota komunitas online berdasarkan ulasan online. Membangun kepercayaan ini dapat dilihat melalui pembentukan pengetahuan anggota dan penilaian reputasi dari informasi yang tersedia.

The development of information and communication technology has brought the internet. Currently the internet is very close and has become a part of human life. With the internet, of course, there are various phenomena in cyberspace, one of which is the emergence of online communities formed by interactions in cyberspace. The interactions that occur in this virtual world are related to the search and exchange of information, as discussed in this paper is the search and exchange of information regarding online reviews of beauty products. This paper focuses on the process of building trust among online community members based on online reviews. Building this trust can be seen through the formation of member knowledge and reputation assessment from available information."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kal-El Dirgantara
"VTuber has become a part of virtual entertainment worldwide since the trend arose in 2020. By looking at the development of VTuber to date, this study seeks to discover the process of how Indonesian female VTubers construct their identity through various elements and the motives that they consider behind female VTubers choosing specific avatars and visual styles or characterizations to represent themselves. To answer such questions, various theories are used, such as semiotics, and avatar culture to be able to interpret the results of the elements that represent their identity. The study finds there are some influences of a certain culture and colors that represent their personality. Furthermore, their authenticity also gains engagement with the audience, which also supports their identity as a VTuber. However, there are some flaws and limitations in some circumstances whenever they consider themselves an independent VTuber or VTuber under an agency. This paper will also briefly compare three Indonesian VTubers in terms of character and personality that represents their virtual identity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Radita Senja Maharani
"ABSTRAK
Dengan adanya media sosial konsumen saat ini dapat bertindak sebagai marketing
atau PR sehingga membuat perusahaan tidak lagi sebagai sumber utama
komunikasi sebuah brand. Pemasar atau perusahaan dapat memanfaatkan
komunitas online yang dibuat oleh pengguna atau anggota komunitas online, karena
banyak melibatkan topik yang berbeda, termasuk mengenai brand dan produk
dimana anggotanya saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai
brand tersebut. Namun, tantangan terbesar dalam membina komunitas online
adalah penyediaan pengetahuan, serta kemauan untuk terus melanjutkan hubungan
dalam komunitas. Penelitian ini menyelidiki faktor yang memotivasi knowledge
sharing dalam komunitas online, dan meningkatkan hubungan yang berkelanjutan
dalam komunitas online (relationship continuity). Penelitian ini menggunakan teori
motivasi dan social capital, karena knowledge sharing dalam komunitas online
adalah proses sosial yang melibatkan interaksi pribadi di antara anggota. Social
capital terdiri dari structural capital (social interaction), relational capital
(identification, trust, reciprocity), dan cognitive capital (shared language dan
shared vision), motivasi terdiri dari, motivasi intrinsik (enjoyment in helping
others) dan ekstrinsik (rewards dan reputation). Metode analisis data dilakukan
dengan analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini
menemukan bahwa enjoyment in helping others, reputation, social interaction,
trust, reciprocity, dan shared language mempengaruhi knowledge sharing,
penelitian ini menemukan temuan menarik dimana rewards, identification, dan
shared vision tidak mempengaruhi knowledge sharing.

ABSTRACT
This study investigates the factors that motivate knowledge sharing within the
online community, and to continually improve sustainable relationships within the
online community. This study uses social capital theory and individual motivation,
because knowledge sharing in the online community is a social process involving
personal interaction among members, the individual psychology perspective and
sociology will be able to explain more about this behavior. Social capital consists
of structural capital (social interaction), relational capital (identification, trust,
reciprocity), and cognitive capital (shared language and shared vision), while the
motivation is divided into two, namely intrinsic motivation (enjoyment in helping
others) and extrinsic motivation (rewards and reputation). This research is
quantitative research, with respondent member of Female Daily community. Data
analysis method is done by descriptive analysis and Partial Least Square (PLS) to
prove hypothesis in this research. The results of this study found that enjoyment in
helping others, reputation, social interaction, trust, reciprocity, and shared language
influence knowledge sharing, but this research finds interesting findings where
rewards, identification, and shared vision do not affect knowledge sharing."
2017
T48414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Savitri
"Permasalahan yang umumnya dihadapi oleh generasi Y dan Z adalah kurangnya pengetahuan mengenai peluang dan ancaman dalam penggunaan internet Masalah ini dapat diatasi dengan terbentuknya komunitas online Sekolah Demokrasi Digital adalah komunitas online yang membekali pemuda usia 17 21 tahun agar dapat menggunakan internet dengan bijak Setelah lulus dari Sekolah Demokrasi Digital Netstudent diharapkan memiliki beberapa pengetahuan dasar seperti internet dalam perspektif HAM internet untuk demokrasi prinsip prinsip dalam tata kelola internet kebebasan ekspresi online potensi media baru privasi dan keamanan di Internet serta Hybrid Movement Freedom Technologist Penggunaan media online dalam pembentukan komunitas online Sekolah Demokrasi Digital meliputi penyebaran publikasi penyelenggaran seleksi masuk Netstudent peserta didik perancangan metode belajar dan bentuk kelas serta perancangan metode penyimpanan materi belajar.

One of the problems faced by the generations Y and Z is how they are under informed with the opportunities and threats that comes with the internet This however can be overcome by establishing an online community Sekolah Demokrasi Digital is an online community that literate youth ranging from age 17 21 with digital literacy After graduating from Sekolah Demokrasi Digital NetStudents are expected to grasp basic understanding on the online context of human rights internet for democracy the principles of governance of the internet freedom of speech online potentials of new media online privacy and security along with The Hybrid Movement This community uses online media to publicize their activities hold a selection for their Netstudent and developing a syllabus and the repository of learning materials.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Riyan Kurniawan
"Perkembangan jaringan internet global mendorong adanya pergeseran interaksi manusia dari yang hanya bertatap muka, kini berkembang menjadi tanpa harus bertatap muka (berbasis internet). Medium interaksi baru ini memicu pertumbuhan kolektif berbasis internet yang sering disebut dengan komunitas online. Dalam komunitas online, anggota komunitas yang ada tidak bersatu karena kesamaan teritorial atau regional, tetapi relasional berdasarkan kepentingan bersama. Makalah ini merupakan bentuk refleksi penulis selama magang dan mengasuh komunitas online bernama Lemonilo Club periode Juni – Desember 2021.Tulisan ini berfokus pada bagaimana proses pembinaan (nurturing) yang melibatkan penulis dapat menciptakan dan memperkuat sense of communities di dalam komunitas Lemonilo Club. Melalui beberapa media dan kegiatan rutin, penulis mengidentifikasi sekaligus mengaktivasi empat elemen yang terekam dalam proses komunitas tersebut antara lain membership, influence, integration and fulfilment of need, dan shared emotional together. Upaya untuk memperkuat sense of community ini sekaligus menjadi upaya yang memperkuat eksistensi komunitas online tersebut.

The development of the global internet network has encouraged a shift in human interaction from face-to-face interaction to not face-to-face interacrion (internet based). This new medium of interaction triggers the growth of internet-based collectives which generally referred to as online communities. In online communities, existing community members are not united because of territorial or regional similarities, but with relational based on shared-interests. This paper is a form of reflection of the author during his internship while nurturing an online community called Lemonilo Club, period June – December 2021. This paper focuses on how the nurturing process involving the author can create and strengthen a sense of communities within the Lemonilo Club Community. Through several media and routine activities, the authors identify and activate four elements recorded in the community process, including membership, influence, integration and fulfillment of need, and shared emotional together. This effort to strengthen the sense of community is also an effort to strengthen the existence of the online community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan Fadhlan
"ABSTRAK
Karya Ilmiah ini akan mencoba menjelaskan fenomena dikomunitas online bernama Reddit, dimana beberapa Subreddit yang dianggap membuat konten cyberbullying diblokir oleh Reddit. Fenomena tersebut cukup kontroversial mengingat Reddit sangat mengedepankan kebebasan berpendapat. Keputusan untuk memblokir beberapa subreddit yang memiliki konten cyberbullying juga dianggap tidak adil karena masih ada beberapa subreddit lain yang memiliki konten serupa yang masih bias diakses oleh pengguna Reddit. Pemblokiran tersebut berujung kepada penegakan peraturan baru yang diharapkan mampu mencegah konten serupa untuk berada di Reddit. Karya ilmiah ini akan mencoba untuk menelaah masalah ini melalui survey publik, pendapat ahli psikologi terhadap cyberbullying di Reddit, dan analisis tematik dari Reddit sendiri.

ABSTRACT
This paper will try to explain a recent phenomenon in the online community, Reddit, where a number of subreddits are banned under allegations of cyberbullying. This phenomenon is rather odd, as Reddit is known as a place where people can discuss anything. The decision also raised controversy as there are still other subreddits that are similar to the one being banned, but is still online. The banning led to new rules within the site which tries to eliminate cyberbullying. This paper will try to look and explain the issue by gathering opinions from the public, psychology experts, and a thematic analysis of Reddit itself."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Saqila Sabila
"ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh value creation yang terjadi di dalam online brand community terhadap brand trust. Value creation dalam online brand community menjadi salah satu upaya bagi pemasar untuk melibatkan konsumen dalam praktik penciptaan nilai serta menjadi sumber inovasi dan strategi kompetitif bagi sebuah brand. Dimensi value creation yang digunakan dalam penelitian ini adalah social networking, impression management, community engagement dan brand use. Sementara itu, dimensi brand trust yang digunakan adalah brand reliability dan brand intention. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh value creation terhadap brand trust serta menganalisis dimensi value creation yang memiliki pengaruh paling besar terhadap brand trust di dalam komunitas SK minus II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui survei dengan instrumen penelitian berupa kuesioner kepada 100 responden yang merupakan anggota komunitas SK II dalam forum Female Daily Network, pernah membeli dan menggunakan produk SK II serta pernah berpartisipasi dalam forum Female Daily Network minimal satu kali dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Model penelitian diuji dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa value creation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand trust. Kemudian, di antara dimensi value creation yang digunakan, impression management merupakan dimensi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap brand trust.

ABSTRACT
This research examines the effect of value creation which happened in online brand community towards brand trust. Value creation in online brand community becomes a technique for marketers to involving consumers in the practices of value creation, a source of innovation and a competitive strategy for a brand. The value creation dimension used in this research are social networking, impression management, community engagement, and brand use. On the other hand, the brand trust dimension used in this research are consisting of brand reliability and brand intention. The purpose of this research is to analyze the effect of value creation towards brand trust and determine the most impactful value creations dimension towards brand trust in SK II community. This research used quantitative approach, where the collected data gathered through survey using questionnaire to the 100 members of SK II community that ever buy, use, and participating inside Female Daily Network forum in the last three months as respondents. The research model was examined by multiple regression analysis using SPSS 20. The result shows that value creation has significant impact towards brand trust with impression management as the most impactful dimension used to achieve that. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Andriani
"Tesis ini berfokus pada strategi bertutur dalam forum daring. Data dalam penelitian ini adalah tuturan tertulis yang diambil dari diskusi yang terjadi di utas “Konsultasi: Problematika dengan Pacar”, dalam forum daring Female Daily, pada bulan Oktober 2014. Penelitian kualitatif dengan ancangan pragmatik ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana penanya dan penanggap dalam diskusi menggunakan strategi kesantunan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penanya dan penanggap menggunakan empat strategi kesantunan yang dirumuskan oleh Brown dan Levinson (1987, 1996), yaitu bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, dan bertutur secara samar. Secara umum, penanya lebih banyak menggunakan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif dan penanggap menggunakan dua strategi bertutur, yaitu terus terang dengan basa-basi kesantunan positif dan bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa penanya cenderung mengakrabkan diri dengan penanggap dan penanggap juga berupaya untuk dapat melindungi muka penanya dari keterancaman dengan mengakrabkan diri dengan penanya dan membebaskan penanya dari pembebanan yang mungkin ditimbulkan dari pendapat atau saran yang diberikan oleh penanggap.

This thesis focuses on politeness strategies in an online forum. The data in this study is a written speech taken from the discussions in the thread "Consultation: Problems with Boyfriend", in the online forum Female Daily, in October 2014. The qualitative research under pragmatics approach examined how the enquirers and respondents in the discussion using politeness strategies. The results show that the enquirers and respondents utilized four politeness strategies formulated by Brown and Levinson (1987, 1996), namely on record, positive politeness, negative politeness, and off record. The results show that the enquirers used a mainly positive politeness strategy and the respondents used both positive politeness and negative politeness strategies in an attempt to protect the face of the enquirers from being threatened. By highlighting friendliness with the questioner and at the same time also avoiding giving offense by showing deference, freed the questioner from the burden that may have arisen from the opinion or suggestion given by the respondent."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zikra
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan Calculus based Trust (CBT), Knowledge based Trust (KBT), Identification based Trust (IBT) sebagai Initial Trust dan Subsequent Trust dalam Komunitas Virtual sesuai dengan model pembentukan trust yang diajukan oleh Gwebu, Wang dan Troutt. Penelitian menggunakan Paradigma Postpositivisme dengan metode Netnografi pada Komunitas Virtual 'Backpacker Indonesia'.
Hasil penelitian menunjukkan proses pembentukan CBT, KBT, dan IBT sebagai Initial Trust terbentuk dari sumber-sumber yang sudah tersedia dalam komunitas virtual. Sedangkan pada fase Subsequent Trust, prosesnya dari interaksi dan komunikasi anggota dalam forum komunitas virtual. Penelitian menunjukkan bahwa model pembentukan trust dalam organisasi virtual yang dikonsepkan oleh Gwebu, Wang dan Troutt (2007) juga dapat digunakan untuk menjelaskan proses pembentukan trust dalam komunitas virtual.

The Objective of the research is to understand how Calculus based Trust (CBT), Knowledge based Trust (KBT), Identification based Trust (IBT) as Initial Trust and Subsequent Trust is built in virtual community, based on the model of trust building, which is conceived by Gwebu, Wang dan Troutt. The research observed virtual community 'Backpacker Indonesia' in Netnography Method and Postpositivism Paradigm.
The result shows that the CBT, KBT, and IBT building processes as Initial Trust is formed from available sources in virtual community. While in Subsequent Trust phase is built from interaction and communication between members in virtual community. The research shows that Gwebu, Wang dan Troutt‟s model of trust building in virtual organization is also possible to explain the trust building process in virtual community.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46800
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Dwi Nastiti
"Skripsi ini membahas mengenai pembentukan identitas kelompok disabilitas melalui penyebaran pesan dalam media komunitas Kartunet.com oleh komunitas Kartunet. Kartunet merupakan komunitas yang digerakkan oleh sekelompok anak muda tunanetra untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Penelitian ini memberikan pemahaman baru mengenai pembentukan identitas kelompok disabilitas dan kelompok minoritas lainnya melalui kerangka media komunitas online. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi semi-partisipatif ke dalam komunitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan identitas kelompok disabilitas merupakan proses bertahap dari identitas personal, identitas komunitas, dan identitas kelompok disabilitas. Temuan penelitian juga menunjukkan pembentukan identitas disabilitas dalam media komunitas Kartunet.com terjadi melalui proses konstruksi yang melibatkan berbagai faktor internal maupun eksternal komunitas dan identitas yang terbangun sifatnya dinamis.

This thesis discusses the formation of group identity through the dissemination of messages via online community media Kartunet.com by Kartunet community. Kartunet is community organised by visually impaired youth that aim to do empowerment for young people with disability by using information technology. The study contributes to deeper understanding of identity of disability and minority group on its broader context using the framework of online community media. The research conducted under qualitative approach using method of indepth interviews and semi-participatory observation in the community.
The results showed that group identity are dynamic subject and the formation of group identity of people with disability is a gradual process of personal identity, community identity, and group identity of disability. The study's findings also indicate the formation of identity in community media Kartunet.com disability occurs through the construction process that involves a variety of internal and external factors that shape the community.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S45716
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>