Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163894 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tengku Ervan Naufal
"E-commerce adalah masa depan industri ritel. Pertumbuhan eksponensial mereka telah menjadi pusat pendapatan online dalam 10 tahun terakhir, terutama di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tertinggi dalam transaksi E-commerce online beserta jumlah perusahaan ritel online. Di Indonesia, tiga perusahaan yang menonjol dalam hal kunjungan situs web dan tingkat pertumbuhan mereka yaitu Bukalapak, Shopee dan Tokopedia. Dengan adanya tingkat persaingan yang tinggi dalam industri, tiga perusahaan ini harus mengetahui preferensi konsumer dalam berbagai aspek E-commerce, terutama mekanisme promosi perusahaan. Mekanisme promosi perusahaan E-commerce harus diprioritaskan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Namun, mekanisme promosi untuk meningkatkan loyalitas konsumen belum disepakati oleh berbagai penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penentu utama loyalitas E-commerce dalam pembentukkan niat pembelian kembali. Dengan demikian, penelitian ini menggabungkan dua model yang menambahkan faktor website quality dan product related factors dalam mengukur efek keduanya terhadap repurchase intention melalui perceived consumer and seller relationship value and perceived value. Faktor website quality meliputi system quality, information quality dan E-service quality. Penelitian ini menggunakan 298 responden dari survei yang dilakukan di beberapa daerah di Indonesia yaitu di Medan, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Bali dan Makassar. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode partial least square structural equation modelling dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.8.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa system quality dan E-service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived consumer and seller relationship value sedangkan information quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Perceived quality dan price competitiveness memiliki efek langsung terhadap perceived value sementara perceived price competitiveness memiliki efek langsung terhadap perceived quality. Perceived consumer and seller relationship value dan perceived value memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention dari konsumer Bukalapak, Shopee and Tokopedia.

E-commerce is the future of retail industry. Their exponential growth has been the centre of online revenues in the last 10 years, especially in Indonesia. Indonesia is one of the highest growing country in terms of the online E-commerce transaction as well as the number of online retail companies. In Indonesia, there are three companies that stands out in terms of website visits and growth rate which are Bukalapak, Shopee and Tokopedia. As there is high level of competition in the industry, determining consumer preferences in several aspect of these E-commerce companies, especially their promotional materials is crucial. The E-commerce companies promotional mechanism should be prioritized to match consumer's needs. However, the determined promotional mechanism to increase consumer loyalty is not yet agreed upon by researchers.
This study aims to identify the main determinants of E-commerce loyalty in the form of repurchase intention. In doing so, the research combines two models which adds website quality factors and product related factors in measuring their effect towards repurchase intention through perceived consumer and seller relationship value and perceived value. Website quality factors include system quality, information quality and E-service quality. The research was measured using 298 responses from a survey conducted in several areas of Indonesia which are Medan, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Bali and Makassar. Furthermore, the data was analysed using partial least square structural equation modelling, using the software of Smart PLS 3.2.8.
The findings of this research indicates that system quality and E-service quality has significant effect towards perceived consumer and seller relationship value while information quality does not. Perceived quality and price competitiveness has a direct effect towards perceived value while perceived price competitiveness have a direct effect towards perceived quality. Finally, perceived consumer and seller relationship value and perceived value has a direct effect towards repurchase intention of Bukalapak, Shopee and Tokopedia consumers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Egia Etha
"Pertumbuhan pesat e-Commerce di Indonesia telah menciptakan transformasi perilaku konsumen yang pada awalnya konsumen retail tradisional menjadi konsumen retail online. Merespon hal tersebut maka dibutuhkan pengetahuan akan online buying behavior yang dapat dipahami berdasarkan dua tahapan yaitu pertama adalah upaya mendorong customer online purchase intention dan tahapan kedua adalah mendorong terciptanya customer online purchase intention yang keduanya adalah sangat penting dalam menentukan kesuksesan e-Commerce. Dalam tesis ini mengkhususkan pembahasan pada Customer Online Repurchase Intention yang merupakan manifestasi atas loyalitas customer sebagai salah satu kunci untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan meningkatkan profit pada situs e-Commerce. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Customer Online Repurchase Intention pada situs e-Commerce di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Customer di Indonesia memiliki karakteristik sebagai Novelty-oriented Customer, Quality-oriented Customer, Price-oriented Customer dan Convenience-oriented Customer. Orientasi tersebut secara signifikan dan positif mendorong Customer Online Repurchase Intention. Faktor lainnya yang turut mendorong Customer Online Repurchase Intention adalah Brand Online Trust dan Prior Online Purchase Experience. Prior Online Purchase Experience, Convenience Orientation dan Brand Online Trust secara berturut-turut memberikan pengaruh terbesar pertama, kedua dan ketiga pada terciptanya Customer Online Repurchase Intention. Sebanyak 200 responden yang pernah berbelanja di situs e-Commerce di Indonesia berpartisipasi mengisi kuesioner (email maupun printed) dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling).

The rapid growth of e-Commerce in Indonesia has created a transformation of consumer behavior that was originally a traditional retail consumers into online retail consumers. Responding to these conditions, it is important to understand the consumer online buying behavior which can be understood based on two stages: first is the customer online purchase intention and the second is the customer online repurchase intention that both are determinant of the success of e-Commerce. Customer Online Repurchase Intention as a manifestation of customer loyalty is the key factor of e-commerce sites which give direct effect on e-Commerce?s profit. Therefore, the objective of this research is to identify key factors of Customer Online Repurchase Intention toward e-Commerce sites in Indonesia.
The findings indicate that Indonesia e-Customer has characteristics such as Novelty-oriented, Quality-oriented, Price-oriented and Convenience-oriented customer. Those orientations significantly and positively encourage Customer Online Repurchase Intention. Other factors that drive the Customer Online Repurchase Intention are Brand Online Trust and Prior Online Purchase Experience. Prior Online Purchase Experience, Convenience Orientation and Brand Online Trust respectively become the important contributor to Customer Online Repurchase Intention. A total of 200 respondents who have ever shopped online on e-commerce participated to fill out an e-mail/printed questionnaire and the data analyzed using SEM (Structural Equation Modeling).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
"Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com.
Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.

Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com.
The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Addina Lutfiandari
"E-commerce diprediksi terus berkembang dan menjadi incaran pelaku bisnis untuk menjadikan e-commerce sebuah alternatif strategi berbisnis. E-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang baik pada tahun 2017. Pebisnis online perlu memperhatikan aspek evaluasi produk. Selain itu, perlu juga memperhatikan aspek kepercayaan dalam lingkup online. Aspek e-commerce adoption juga patut diperhatikan agar dapat menyesuaikan ekspektasi konsumen dan membangun kepercayaan dengan konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor evaluasi produk, kepercayaan, dan aspek e-commecre adoption terhadap repurchase intention pada pembelian produk kecantikan di webite Sociolla. Desain penelitian ini menggunakan conclusive descriptive dengan pengambilan sampel secara judgmental sampling. Kriteria sampel yang menjadi responden adalah wanita yang berdomisili di JABODETABEK dan telah melakukan pembelanjaan produk kecantikan di Sociolla. Penyebaran kuesioner penelitian dilakukan secara online kepada konsumen produk kecantikan yang telah melakukan pembelian di Sociolla. Data terkumpul sebayak 203 kuesioner yang telah diisi oleh konsumen Sociolla.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online trust dan perceived value mempengaruhi repurchase intention. Temuan lainnya adalah perceived quality berpengaruh terhadap perceived value. Variabel website reputation memiliki pengaruh terhadap perceived quality dan perceived value. Variabel online trust dapat mempengaruhi perceived usefulness. Pada temuan penelitian ini meunjukkan juga bahwa Variabel perceived value memiliki pengaruh paling besar terhadap repurchase intention.

E commerce is predicted to continue to grow and become the target of business people to make e commerce an alternative business strategy. E commerce in Indonesia shows good growth in 2017. Online businessmen need to pay attention to aspects of product evaluation. In addition, it is also necessary to pay attention to the aspects of trust in the online scope. Aspects of e commerce adoption are also noteworthy in order to adjust consumer expectations and build trust with consumers.
This study aims to look at the effect of product evaluation factors, trust, and e commerce aspects of adoption on repurchase intention for Sociolla rsquo s consumers. The design of this study using conclusive descriptive with sampling by judgmental sampling. The sample criteria that became respondents were women who were domiciled in JABODETABEK and had been spending on beauty products at Sociolla. The dissemination of research questionnaires was conducted online to consumers of beauty products who had made purchases in Sociolla. Data collected as 203 questionnaires that have been filled by consumers Sociolla.
The results of this study indicate that online trust and perceived value variables affect repurchase intention. Other findings are that perceived quality influences perceived value. Website reputation variables have an influence on perceived quality and perceived value. Online trust variables can affect perceived usefulness. The findings of this study also show that perceived value variables have the greatest influence on repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Banjarnahor, Liska Kristin
"Perdagangan online atau e-commerce menjadi semakin penting dalam bisnis, tetapi masih ada keraguan konsumen untuk membeli menjadi penghalang dalam berkembangnya e-commerce. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli pelanggan pada tiga perusahaan e-commerce berjenis consumer-to-consumer di Indonesia. Pendapat 5 ahli digunakan untuk menentukan indikator setiap variabel dan metode SEM Structural Equation Modelling digunakan untuk menganalisis data empiris dari 400 responden untuk masing-masing perusahaan. Kepercayaan dan risiko ditemukan sebagai faktor yang berpengaruh signifikan pada minat beli pelanggan di perusahaan TK. Sedangkan, pada dua perusahaan lain, kegunaan yang dirasakan merupakan faktor yang signifikan di perusahaan BL dan faktor manfaat secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli pelanggan di perusahaan EV.Kata Kunci:E-commerce, Consumer-to-Consumer, Minat Beli, Structural Equation Modelling SEM.

Electronic commerce is becoming increasingly important for business, but consumer rsquo s hesistation to purchase has become a main barrier to the development of e commerce. This study explores factors that influence consumer rsquo s purchase intention at three consumer to consumer C2C e commerce in Indonesia. 5 Expert opinions are used to determine the indicators of each variable and the Structural Equation Modelling SEM method is used to analyze the empirical data of 400 respondents from each company. Trust and risk are found to be significantly effect purchase intention in TK. Meanwhile, the other two companies, perceived usefulness proved to be significant in BL and benefit is significantly effect consumer purchase intention in EV."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Pujari Immanuel
"Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam berbelanja pada sebuah situs e-commerce B2C dan C2C. Faktor-faktor tersebut diwakili dengan kualitas informasi, desain situs, atribut barang, kapabilitas situs dalam melakukan transaksi, kecepatan respon situs e-commerce, keamanan dan privasi, sistem pembayaran, pengiriman barang, dan layanan pelanggan. Untuk lebih mempertajam penelitian maka peneliti menggunakan situs e-commerce MatahariMall yang mewakili situs e-commerce B2C dan situs e-commerce Tokopedia yang mewakili situs e-commerce C2C. Penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda untuk melihat hubungan yang ada antara variabel independen dan dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang positif antara desain situs e-commerce, atribut barang yang dijual, kecepatan respon, keamanan dan privasi, pengiriman baran dan layanan pelanggan pada kepuasan pelanggan di pada situs MatahariMall. Sedangkan pada Tokopedia terdapat pengaruh yang positif antara desain situs, atribut barang yang dijual, keamanan dan privasi, sistem pembayaran, pengiriman barang, dan layanan pelanggan.

This research tries to analyze the factors that could affect customer satisfaction in online shopping at B2C and C2C E Commerce Website. These factors are represented by the quality of information, website design, merchandise attributes, transaction capabilites, the speed of the website, security and privacy, payment systems, delivery, and customer service. To further the study, MatahariMall was choosen to representing B2C E Commerce and Tokopeida to representing C2C E Commerce. This study used regression techniques to look at the relationship that exists between independent and dependent variables.
The results shows that there are a positive relationship between the website design, merchandise attributes, the speed of the website, security and privacy, delivery, and customer service to customer satisfaction on MatahariMall. While on Tokopedia there are positive relationship between the website design, merchandise attributes, security and privacy, payment systems, delivery, and customer service.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65999
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica
"

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.


The growth of e-commerce in Indonesia has shown a significant increase, and the fashion sector has become one of the largest categories in online sales. Repurchase intention and WOM are two important factors that determine the long-term success and profitability of e-commerce platforms. This study aims to analyze the factors that influence repurchase intention and WOM in fashion e-commerce, specifically Zalora. The research method used is a quantitative approach with a descriptive conclusive design and a non-probability purposive sampling method. Data were collected through questionnaires distributed to 235 respondents who are active Zalora users from generations Y and Z. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the study indicate that Cash on Delivery, Reputation, and Information have a significant influence on Customer Trust, but Return Policy Leniency does not have a significant influence. Reputation, along with Product Availability and Timely Product Delivery, also have a significant influence on Customer Satisfaction, but Information and Shipment Condition do not have a significant influence. Meanwhile, Customer Trust and Customer Satisfaction have a significant relationship with Repurchase and WOM Intention.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldo Bagus Eryanto
"Perkembangan dunia live video streaming dalam beberapa tahun terakhir didasari oleh faktor tingginya kenaikan penggunaan layanan tersebut pada e-commerce platforms. Fitur live stream saat ini banyak di implementasi oleh e-commerce platform di mana dengan melihat siaran secara langsung, pelanggan dapat merasakan proses berbelanja yang lebih menyenangkan layaknya berbelanja fisik di toko secara offline. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur teknis pada live streaming dari perspektif teori IT affordance, faktor product uncertainty, dan jenis produk pada live stream, terhadap intensi pembelian produk melalui e-commerce platforms. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online yang melibatkan 322 responden. Dalam pengolahan data, penulis mengguanakan IBM AMOS 26.0, IBM Statistics SPSS 25, dan SmartPLS. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa tingkat uncertainty terkait produk mempengaruhi intensi seseorang dalam melakukan belanja menggunakan live streaming pada e-commerce platform. Selain itu, temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa teori IT affordance yang dijabarkan melalui variabel visibility, metavoicing, dan social connecting serta tipe produk yang ditonton juga berpengaruh terhadap tingkat uncertainty pengguna live stream. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan intensi pengguna dalam berbelanja di ecommerce menggunakan live streaming, diperlukan aspek hingga fitur teknis IT yang baik.

The development of the world of live video streaming in recent years is based on the high increase in the use of these services on e-commerce platforms. The live stream feature is currently widely implemented by e-commerce platforms where by watching live streaming, customers can experience a more enjoyable shopping process like shopping physically in an offline store. Therefore, this study aims to analyze the effect of technical features on live streaming from the perspective of IT affordance theory, product uncertainty factors, and product types on live streams, on the intention to purchase products through e-commerce platforms. Data collection in the study was conducted by distributing online questionnaires involving 322 respondents. In processing data, the authors use IBM AMOS 26.0, IBM Statistics SPSS 25, and SmartPLS. The results of this study prove that the level of product-related uncertainty influences one's intention to shop using live streaming on the e-commerce platform. In addition, the findings in this study indicate that IT affordance theory which is elaborated through the variables of visibility, metavoicing, and social connecting as well as the type of product being watched also influences the level of uncertainty of live stream users. Therefore, it can be concluded that in order to increase user intentions in shopping on e-commerce using live streaming, aspects of IT technical features are needed."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annissa Tayara Callista
"Perkembangan teknologi informasi yang pesat di Indonesia menyebabkan petumbuhan pasar online yang juga pesat. Banyak sekali e-commerce baru bermunculan, terutama e-commerce business-to-consumer B2C , dan produk yang paling diminati adalah produk fashion. Dengan ini kompetisi pada pasar online pun semakin ketat. Penting bagi suatu perusahaan e-commerce untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas pelanggan mereka untuk tetap dapat bersaing di pasar. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi ini juga ditambah dengan adanya media sosial yang kini sangat marak digunakan. Media sosial sudah menjadi sumber informasi bagi masyarakat. Maka dari itu, perusahaan melihat media sosial sebagai media pemasaran yang potensial.
Dengan melihat kedua hal ini, perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan Brand Trust dan Brand Loyalty pelanggan e-commerce B2C, khususnya yang menjual produk fashion, dengan melihat faktor-faktor yang ada dalam Social Media Marketing SMM . Hasil penelitian ini dapat menjadi saran bagi perusahaan e-commerce dalam membuat strategi Social Media Marketing yang befokus pada peningkatan Brand Trust dan Brand Loyalty pelanggan mereka, sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan e-commerce lain di Indonesia.

Information technology fast development in Indonesia has caused the fast growth in Indonesian online market. So many new e commerce companies enter Indonesian online market, especially B2C e commerce companies that sell fashion product. This causes the online market in Indonesia to get more competitive. It is very important for an e commerce company to retain their customer rsquo s trust and loyalty towards the company, in order to survive in the market competition. On the other side, the development of information technology relates strongly with social media user that has been increasing throughout the years. Social media has been seen as one of the main source of information for its user. Therefore, company sees social media as a potential medium for marketing.
With those aspects in mind, it is needed to conduct a research to increase Brand Trust and Brand Loyalty of B2C e commerce rsquo s customers using factors in Social Media Marketing SMM. The result of this research can be used as a guidance for e commerce company to plan their Social Media Marketing strategy that focuses on increasing Brand Trust and Brand Loyalty of their customer, in order to sustain their competitiveness in the Indonesian market.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Astrid Emia
"ABSTRAK
Pada kehidupan masyarakat modern, penggunaan internet dan online shopping adalah
hal yang tidak asing lagi. Di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan
sekitarnya, melakukan kegiatan belanja secara online adalah hal yang lumrah. Dalam
memenuhi kebutuhannya dan waktu luang yang sempit, seringkali masyarakat
menggunakan fasilitas online shopping ini. Salah satu situs yang menjadi tujuan
masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sandangnya adalah Zalora Indonesia
(zalora.co.id). Penelitian ini ingin membuktikan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi konsumen untuk berbelanja lagi di situs online shopping yang sama.
Faktor-faktor yang diuji adalah perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust.
Ketiga faktor ini diuji terhadap faktor enjoyment dan repurchase intention. Penelitian
ini juga ingin melihat apakah faktor enjoyment dapat berperan sebagai mediasi.
Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah mereka yang pernah berbelanja di
zalora.co.id selama 6 bulan terakhir, berusia diatas 17 tahun dan tinggal di wilayah
Jabodetabek. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik multiple
regression pada software SPSS. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa
perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust memiliki pengaruh positif
terhadap enjoyment dan repurchase intention konsumen serta enjoyment dapat
menjadi faktor mediasi antara hubungan perceived ease-of-use, perceived usefulness,
trust dengan repurchase intention dalam konteks berbelanja di situs Zalora Indonesia.

ABSTRACT
In modern society, the usage of internet and online shopping are very common. In
Indonesia, especially the big cities such as Jakarta and the surrounding areas, the
practice of online shopping is usual. To fulfill their needs and the lack of spare time,
people tend to use online shopping. One of the sites most people visit to fulfill their
fashion and apparel needs is Zalora Indonesia (zalora.co.id). This research wants to
prove what are the factors affecting consumers to shop at the same online shopping
site. Factors being tested in this research are perceived ease-of-use, perceived
usefulness and trust. All three factors were tested to factor enjoyment and factor
repurchase intention. This research also tested if enjoyment could be a mediating
factor. In this research, the samples are those who had shopped at zalora.co.id for
the last 6 months, 17 years old and older and live around Jabodetabek. Data
collected then analyzed with multiple regression technique using SPSS software. The
result showed that perceived ease-of-use, perceived usefulness and trust have positive
affect to consumers? enjoyment and repurchase intention and also enjoyment has
proven to have mediating effect between the relationship of perceived ease-of-use,
perceived usefulness, trust and repurchase intention in the context of shopping at
Zalora Indonesia."
2016
S64285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>