Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142497 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abidzar Basaib
"Beberapa waktu terakhir, pembangunan infrastruktur menjadi perhatian dan prioritas utama pemerintah Indonesia. Anggaran infrastruktur tumbuh pesat, salah satu proyek besar adalah revitalisasi infrastruktur olahraga penunjang Asian Games 2018. Pembangunan ini melibatkan kontraktor besar, dibawah pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. PT. ABCD merupakan salah satu subkontraktor yang terlibat di berbagai proyek tersebut. Dikarenakan tingkat kompleksitas dan keterbatasan waktu serta sumber daya, mayoritas proyek yang dikelola kontraktor mengalami keterlambatan. Penelitian ini ingin mencari faktor utama penyebab keterlambatan proyek konstruksi olahraga, variabel apa yang mempengaruhi dan bagaimana cara mengatasinya. Penulis menggunakan PT. ABCD sebagai studi kasus, dan menyebar kuesioner pada 35 karyawan aktif yang terlibat pada manajemen proyek infrastruktu, dengan pengujian pada 32 variabel penyebab keterlambatan dari penelitian terdahulu. Setelah data terkumpul analisa dilakukan dengan kombinasi kuantitatif dan kualitatif serta melihat implikasi manajerial dengan acuan PMBOK Guideline. Penulis menemukan bahwa faktor yang menjadi penyebab adalah keterbatasan sumber daya yang dimiliki, serta variabel ketidakakuratan Bill of Quantity menjadi penyebab keterlambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan PT. ABCD dan pelaku usaha di industri yang serupa dapat memiliki rekomendasi untuk pencegahan terjadinya keterlambatan.

Infrastructure development is the governments main objective in recent years in Indonesia. The budget is growing significantly, and one of the biggest project is the infrastructure of Asian Games 2018. The development is involving a lot of contractors under the Ministry of Public Works, and PT. ABCD is one of the subcontractors that involved in certain numbers of projects. Because of the complexity and limitation of time and resources, most of the projects that managed by contractors are delayed, including the subcontractors projects. This paper wants to find out the main factor that causing delay in sports construction and what the variables are and how to deal with it. The author using PT. ABCD as a case study, and conduct a survey to 35 employees that involved in the project management at PT. ABCD, then testing 30 variables that causing delay from previous study. Then we analyzed the data collected, and combined the quantitative analysis with the qualitative analysis to see the managerial implication by analyzing literature and PMBOK. Author found out that the main factor that causing a delay is because of inaccurate Bill of Quantity, and followed by other factors, such as limited resources. The purpose of this paper is to give PT. ABCD and other company in common, a preventive action and recommendation."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54632
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh Emil Oktopriandana S
"Penelitian ini bertujuan mengevaluasi manajemen risiko pada Proyek Strategis Nasional (PSN) studi kasus pada section station. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena salah satu proyeknya mengalami kenaikan cost of price serta beberapa masalah lainnya terjadi karena kurang maksimalnya manajemen risiko. Penelitian ini menggunakan ISO 31000 karena proyek yang menjadi objek penelitian menggunakan kerangka tersebut sebagai pedoman dalam menjalankan proses manajemen risiko proyek sebagai analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, pengolahan dengan menerapkan metode kualitatif dan akan dijelaskan melalui analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa section station belum menerapkan manajemen risiko secara maksimal pada masing-masing lini. Hal ini terjadi karena manajemen risiko dan mitigasi pada section station hanya berfokus pada biaya dan tidak melibatkan mutu, waktu dan safety

This study aims to evaluate risk management in the National Strategic Project (PSN) case study on the section station. The background of this research was due to one of the projects experienced an increasing cost of price and several other problems cause of the lack of optimal risk management. This study uses ISO 31000 because the project becoming the object of research uses the framework as a guidance in performing the project risk management process as an analysis. The data used in this study were obtained from interviews and observations, processing by applying qualitative methods and will be explained through descriptive analysis. The results of this study indicate that the section station has no implementation yet its risk management optimally in each line. It is cause of the risk management and mitigation of section stations only focuses on cost and not involving the quality, time, and safety."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Pandu Prasetyo
"Waktu dan kualitas merupakan dua hal penting yang saling berkaitan dalam proyek konstruksi. Ketepatan waktu dalam penyelesaian dan kualitas hasil pekerjaan yang baik merupakan penentu keberhasilan proyek. Namun proyek konstruksi tidak dapat luput dari adanya resiko yang dapat menyebabkan kualitas rendah dan keterlambatan penyelesaian, untuk itu peneliti di sini melakukan identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Faktor-faktor penyebab yang didapatkan dari literatur disebar kepada kontraktor melalui kuesioner untuk melihat presepsi dari kontraktor. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan uji statistik, AHP, dan analisis level dampak untuk mendapatkan faktor-faktor utama. Hasil analisis menyatakan perubahan desain saat peleaksanaan sebagai faktor utama penyebab keterlambatan dan rendahnya kualitas hasil pekerjaan.

Time and quality are two important things related to each other in construction projects. Timeliness in project completion and good quality of work result are determinant keys of project success. However the construction project can?t be escaped from the risks that can lead to poor quality and delays in completion, so the researcher here to identify the factors that cause it could happen.
The research was conducted qualitatively. Cause factors that obtained from the literature are distributed to contractors through a questionnaire to perceive contractor?s perception. Result data from questionnaire were analyzed using statistic test, AHP, and analysis level of impact to obtain major factors. The analysis show the design changes in implementation as a lead factor causing delay and poor quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42206
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aboubaker. Y.Y. Alfakhri
"Construction delays have become endemic in Libya. It is imperative to create awareness of the extent to which such delays can adversely affect project delivery, especially with regard to road construction projects. It is clear that the Libyan road construction industry also faces the issue of not being able to complete projects within the allocated time. This paper identifies the effects of road construction delays, evaluates these through a questionnaire, and assesses them using an empirical method. A detailed review of related literature produced the secondary data, while the primary data was obtained via a structured questionnaire which targeted the road construction projects owners, consultants and contractors. A 71% response rate was achieved; 256 out of the 360 questionnaires sent out were returned. Descriptive statistics were used to analyze the data received from the questionnaires. The findings of the study reveal that the major outcomes of road construction project schedule overruns in Tripoli, Libya include cost overruns, time extensions, disputes, loss of profit, breaches of contract, poor quality of work and company’s bad reputation. The study makes a contribution to the knowledge of the subject of the outcomes of road construction project schedule overruns in Tripoli. Computation of the means and standard deviations, together with a structural equation model, have been used for the data analysis and inference. It is found that delays in road construction projects widely lead to cost overrun, time overrun, litigation and disputes. The findings of the study also provide significant insights into the construction industry, which will help it formulate strategies in order to avoid delays and their consequences. The most important effects identified were time overrun, cost overrun and obstruction of economic and country development. The recommendations and limitations are discussed in the concluding part of the study."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:4 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilaika Hidzria Hasna
"Pembengkakan biaya yang terjadi pada proyek konstruksi di Indonesia masih masif dan terus terjadi. Dampak dari pembengkakan biaya diantaranya yaitu penundaan dalam penyelesaian proyek, penurunan kualitas proyek, hingga menurunkan keuntungan stakeholder proyek (Susanti & Nurdiana, 2020). Pembengkakan biaya dapat terjadi akibat adanya pemborosan waste dari kegiatan proyek yang tidak menambah nilai (Non-Value Added). Oleh karena itu, diperlukan pendekatan lean construction untuk meminimalkan pemborosan dan memaksimalkan nilai tambah proyek. Kerangka lean thinking dan metode Value Stream Mapping akan digunakan dalam penelitian ini. Value Stream Mappingmerupakan alat untuk membuat representasi diagram alur dari seluruh langkah dalam suatu proses pekerjaan proyek dengan tujuan untuk menampilkan potensi perbaikan yang dapat diterapkan. Dengan metode ini akan diidentifikasi faktor pemborosan dalam fase perancangan dan fase konstruksi serta rekomendasi untuk mengeliminasi pemborosan pada proyek bangunan gedung bertingkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi pakar, survei kuesioner, dan pengolahan data menggunakan analisa deskriptif, analisa RII, dan analisis uji SPSS 29. Analisis ini akan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana setiap faktor pemborosan berkontribusi terhadap inefisiensi keseluruhan dan biaya tambahan dalam proyek konstruksi. Sebagai hasil dari penelitian, VSM mempengaruhi proyek dalam membantu mengurangi ketidakefisienan dalam biaya operasional proyek & pembengkakan biaya proyek. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis yang dapat diimplementasikan oleh para stakeholder proyek untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi potensi dalam pembengkakan biaya proyek.

Cost overruns in construction projects in Indonesia remain massive and ongoing. The impacts of these cost overruns include delays in project completion, decreased project quality, and reduced profits for project stakeholders (Susanti & Nurdiana, 2020). Cost overruns can occur due to wasteful activities in project operations that do not add value (Non-Value Added). Therefore, a lean construction approach is required to minimize waste and maximize the added value of the project. The lean thinking framework and the Value Stream Mapping method will be used in this research. Value Stream Mapping is a tool for creating a diagrammatic representation of all steps in a project work process, with the aim of showcasing potential improvements that can be applied. This method will identify faktors of waste in the design and construction phases and provide recommendations for eliminating waste in high-rise building projects. The methods used in this research are expert validation, questionnaire survey, and data processing using descriptive analysis and spearman correlation using Statistical Product for Service Solution (SPSS). As a result of the research, VSM affects the project by helping to reduce inefficiencies in project operational costs and project cost overruns. The results of this research are expected to provide practical recommendations that can be implemented by project stakeholders to enhance productivity and reduce the potential for cost overruns in construction projects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widyo Lestiyono
"Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis faktor yang menyebabkan rendahnya penyerapan pinjaman luar negeri pemerintah dan dampak yang ditanggung akibat rendahnya penyerapan pinjaman. Analisis dilakukan dengan membandingkan kriteria yang terdapat pada peraturan tentang pengadaan pinjaman luar negeri dengan kondisi saat ini yang dikaitkan dengan sebab, akibat, tindak lanjut, dan saran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab rendahnya penyerapan di antaranya perencanaan kegiatan kurang akurat, kurang harmonisnya aturan pengadaan ADB dan pemerintah, manajemen pelaksanaan kegiatan yang buruk, lamanya penyampaian No Objection Letter, dan pembebasan lahan yang belum selesai. Akibat yang ditanggung pemerintah berupa pembayaran commitment fee.

The research is a case study that aims to analyze the factors causing low disbursement of government external loan and its consequences when the case occurs. The analysis is performed by comparing several criteria in the regulations related to foreign loans procurement with the current condition, and taking into account the causes, the impacts, the executions, and the advices.
The result shows the factors causing the low disbursement are less accurate in planning, unsynchronized between ADB's and government's rules for procurement, poor execution, timing consuming in delivering the No Objection Letter, and unfinished land acquisition. The consequence of low disbursement is a burden to keep paying of the commitment fee.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risa Karlin
"Seiring dengan perkembangan green construction di Indonesia, maka seorang Construction Manager (CM) perlu menyesuaikan kompetensi yang dimilikinya dengan tantangan-tantangan green construction tersebut. Tantangan-tantangan ini apabila tidak ditangani akan mengakibatkan dampak berupa keterlambatan proyek, penyimpangan mutu, pembengkakan biaya, dan sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor tantangan pada proyek green construction yang mempengaruhi kompetensi CM, dengan studi kasus pada PT. X. Melalui studi literatur, survei menggunakan kuesioner, dan validasi pakar, maka diperoleh sepuluh faktor tantangan tersebut, dimana beberapa yang signifikan diantaranya harga konstruksi yang dibebankan kepada pemilik proyek lebih tinggi, kurangnya pengetahuan dan kepedulian dari para stakeholder, dan adanya ekspektasi pemilik proyek.

In line with green construction development in Indonesia, a Construction Manager (CM) needs to fix his/her competence with green construction challenges. If they aren‟t handled correctly, they will make bad effects such as project delay, quality deviation, cost over, etc. This study is held to identify challenge factors on green construction projects affecting CM‟s competence, study case of PT. X. Through literature review, survey by using questionnaire, and expert judgement, we find ten challenge factors, which more significant are: higher costs for green construction practices which is imposed by the owner, lack of knowledge and awareness in stakeholder's mind, and owner's objective."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ary Hikmasari
"Industri konstruksi mempunyai karakteristik lingkungan dengan gejolak yang tinggi, berubah dengan cepat, proses yang tidak kontinyu dan sangat kompleks. Hal tersebut menyebabkan ketidakefisienan dan timbulnya waste dalam pelaksanaan konstruksi. Waste yang terjadi pada pekerjaan konstruksi tidak hanya berupa waste material di lapangan, tetapi juga akibat aktivitas konstruksi seperti overproduction, waktu tunggu, handling, processing, inventory, perpindahan pekerja dan sebagainya. Belajar dari industri manufaktur, salah satu inovasi untuk menjawab tantangan tersebut adalah penerapan Lean Production (produksi ramping), yang dalam bidang konstruksi disebut Lean Construction.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan indikator kinerja lean constuction dengan pendekatan 6 elemen/kriteria lean construction yang spesifik, terukur, memiliki bobot indikator pengukuran kinerja yang jelas di proyek infrastruktur dan bangunan gedung. Objek penelitian dalam perancangan indikator kinerja dilakukan di sebuah perusahaan konstruksi nasional. Kuesioner disebar ke proyek-proyek untuk mendapatkan indikator lean construction.
Hasil penelitian mengidentifikasi ada 31 indikator kinerja lean construction pada proyek infrastruktur dan bangunan gedung. Pembobotan indikator dilakukan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan software expert choice. Untuk menentukan faktor keberhasilan penerapan Lean Construction yang paling berpengaruh, maka dilakukan pemeringkatan menggunakan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor organisasi kunci: keterlibatan karyawan, dukungan pimpinan puncak, pelatihan, dan keterkaitan kinerja dengan penghargaan mempunyai pengaruh yang hampir sama terhadap penerapan lean construction di proyek infrastruktur dan bangunan gedung.

The construction industry is a highly volatile industry characterized with frequent changes and complex and non-continuous processes. These factors often lead to inefficiency and waste in the construction process. The waste in construction work is not only limited to material waste, but also includes waste in construction activities such as over production, delay, handling, processing, inventory, and worker movements. Learning from the manufacturing industry, one of the innovations to tackle the problem is to apply the concept of Lean Production, which in the construction sector is adapted to Lean Construction.
The goal of this research is to obtain performance indicators of Lean Construction. The approach is to utilize six specific elements/criteria of Lean Construction which can be measured with clear performance indicator measurement in infrastructure and building projects. The research was conducted in a national construction company. Questionnaires were distributed to a number of projects to collect the Lean Construction performance indicators.
The result identifies 31 Lean Construction performance indicators in infrastructure and building projects. The performance indicators are weighted based on Analytical Hierarchy Process (AHP) with the help of the expert choice software. To determine the most important performance indicators in Lean Construction application, the performance indicator is ranked using a method called Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
The result shows that the key organization factors: employee participation, top management support, training, and performance based rewards have an almost equal impact to the application of Lean Construction in infrastructure and building projects.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43944
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Meriany Savitri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab keterlambatan serah terima proyek pembangunan gedung pada Proyek Menara Danamon. Metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dengan narasumber dari pihak pemilik dan konsultan project management yang terlibat langsung dalam proyek ini. Analisis faktor penyebab keterlambatan dengan pendekatan lean design management pada tahap desain dan procurement serta pendekatan lean construction pada tahap konstruksi. Memakai tools diagram tulang ikan untuk identifikasi faktor penyebab masalah keterlambatan serta tools diagram simpal kausal untuk memperkuat hasil dan melihat hubungan sebab akibat yang ditimbulkan dari faktor keterlambatan yang ada. Hasil penelitian faktor keterlambatan dipicu dari kesalahan desain/ desain belum matang serta kualitas dari pemenang konsultan maupun kontraktor yang terlibat.

The purpose of this thesis to analyze the factors causing delays in handover building proyek at Menara Danamon. Used Qualitative research by interview with sources from the pemilik and proyek management consultants directly involved in this proyek. Analysis of the factors causing delays in the lean design management approach for design phase and procurement phase , lean construction for construction phase. To identify the factors of delay used fishbone diagram as well as the causal loop diagram to strengthen and see the causal relationship arising from any delay factors. The results of the research are delay factors triggered from design error or incomplete design also the quality of the consultants and contractors involved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parhusip, Alan Damero
"ABSTRAK
Risiko dan ketidakpastian dalam pembangunan infrastruktur SPBG merupakan sesuatu yang lumrah dihadapi oleh kontraktor. Tidak diantisipasinya risiko akan berakibat fatal pada keterlambatan schedule proyek. Untuk itu diperlukan study analisis yang mendalam pada aspek eksternal, operasional konstruksi dan support untuk mencari faktor yang berpengaruh terhadap risiko keterlambatan proyek SPBG. Study analisis ini dilakukan pada kontraktor yang ditunjuk dalam pembangunan infrastruktur SPBG yang ada di indonesia. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah study kasus dan survey lokasi, kemudian dalam proses analisis data survey dibantu dengan software SPSS, selanjutnya untuk melakukan pemetaan tingkat probabilitas risiko keterlambatan proyek, dilakukan simulasi monte carlo berdasarkan faktor yang berpengaruh yang didapat dari analisis SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini, keterlambatan proyek dipengaruhi oleh faktor-faktor risiko seperti, material yang tidak sesuai dengan spesifikasi, subcontraktor yang tidak perform dan gangguan dari masyarakat. Dan penyebab dari faktor risiko tersebut yaitu: monitoring dan pengawasan yang kurang baik, metode yang tidak efektif dan program CSR yang belum optimal. Sedangkan mitigasi yang dilakukan antara lain membuat sistem yang terintegrasi untuk mengawasi implementasi sistem, update metode, dan implementasi CSR.

ABSTRACT
The risks and uncertainties in gas refilling station infrastructure development are common to contractors. The non anticipated risk will be fatal at the delay in project schedules. It is necessary to study in depth analysis on external aspects, construction operations and support to find the factors that affect the risk of delay in gas refilling station projects. This analysis study was conducted on the appointed contractor in gas refilling station infrastructure development in Indonesia. The method used in this study is case study and site survey, then in the process of analysis of survey data assisted with SPSS software, then to mapping the probability level risk of project delay, monte carlo simulation based on influencing factors obtained from SPSS analysis. Based on the results of this study, project delays are influenced by risk factors such as, nonconforming materials, non performing subcontractors and community disruption. And the causes of these risk factors are poor monitoring and supervision, ineffective methods and corporate social responsibility programs that are not yet optimal. While mitigation undertaken among others create an integrated system to oversee the implementation of the system, update methods, and implementation of corporate social responsibility. "
2018
T51089
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>