Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3412 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gita Ayu Maharani
"Alexandria Ocasio-Cortez, perwakilan Distrik NY-14, menggunakan video YouTube sebagai kampanye politiknya yang berfungsi sebagai alat yang tidak hanya untuk menarik pemilih tetapi juga untuk menandakan dan membangun identitasnya sebagai perwakilan Distrik NY- 14 dengan keberagamannya. Fokus utama dari artikel ini adalah menunjukkan bagaimana video kampanye dari Alexandria Ocasio-Cortez mengartikulasikan rasa identitas kolektif dalam hal identitas ras, etnis, dan kelas sosial. Selanjutnya, video-video tersebut menggambarkan penempatan posisinya sebagai politisi perempuan. Melalui fitur repertoar taktis dan kerangka aksi kolektif, temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi kolektivisme membantu memperkuat prakarsa masyarakat dan membangun nuansa inklusif melalui video kampanye Ocasio-Cortez. Selain itu, bagian analisis juga mengungkap bahwa dalam video-video itu, citranya sebagai politisi perempuan sebagian besar menggunakan sifat-sifat feminin dan secara strategis menggunakan strategi personalisasi diri. Diskusi lebih lanjut diperlukan mengenai penggunaan strategi komunikasi politik lain untuk membuat kampanye politik yang lebih inklusif yang dapat mengarah pada perwakilan yang lebih beragam dalam politik Amerika Serikat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Indah Yusari
"Tesis ini membahas praktik politik identitas yang terjadi melaui wacana yang berkembang di Kedai Ilalang dan Kedai Pendaki sebagai ruang diskursus bagi komunitas penggiat alam serta mendeskripsikan konsep identitas yang ditawarkan kedai untuk dapat memenuhi politik identitas pengunjung yang mayoritasnya berasal dari komunitas penggiat alam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Ilalang dan Kedai Pendaki dapat menjadi sebuah ruang diskursus yang merepresentasikan suatu identitas melalui sebuah proyek untuk mencapai identitas tertentu sehingga pengunjung yang datang dapat memenuhi politik identitas sebagai penggiat alam.

This thesis discusses the political identity that occurs through the growing discourse in Kedai Ilalang and Kedai pendaki as space for the adventurer communities and also to describe the concept of identity offered stalls to meet the political identity of the majority of visitors. This study is a qualitative research with descriptive design.
The results showed that Kedai Ilalang and Kedai Pendaki can be a discourse place that represents an identity that is a manifestation of a project to achieve a certain identity so that visitors who come can meet political identity as an adventurer.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T45161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellen Saputri Kusuma
"[ABSTRAK
Tesis ini menyelidiki proses berlangsungnya kontestasi dan negosiasi antar-aktor
kampanye pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WIPI) di media
sosial Instagram dalam dinamika konstruksi dan pemaknaan identitas
keindonesiaan. Data yang dikumpulkan dikategorisasi menjadi tiga narasi, yaitu
?resmi,? ?pemicu,? dan ?akar rumput?. Ada tiga aktor di Instagram yang
diidentifikasi melalui peran dan keterlibatan, serta relasi kuasa di antara mereka,
yaitu @indtravel, akun Instagram duta media sosial dan pengguna lima tagar.
Untuk melihat dinamika konstruksi dan pemaknaan identitas keindonesiaan lebih
lanjut digunakan konsep dan teori identitas nasional, country branding, aparatus
ideologis negara dan interpelasi, Instagram sebagai media sosial, budaya
partisipatoris dan heteroglosia dalam media sosial, serta cultural intermediaries.
Penelitian ini menemukan bahwa WIPI sebagai perwujudan country branding
merefleksikan upaya Kementerian Pariwisata untuk mengkonstruksi dan
menarasikan keindonesiaan sebagai identitas kompetitif. Pada level akar rumput,
duta media sosial mengkontestasi Narasi Resmi tersebut dengan menyorot
identitas-identitas keindonesiaan lain yang berada di periferi. Namun, kontestasi
tersebut berubah menjadi negosiasi ketika Kementerian Pariwisata
memprioritaskan penggunaan media sosial dalam kampanye WIPI. Hal ini
mengubah peran duta media sosial dari perantara budaya yang memproduksi
narasi akar rumput menjadi aktor yang memproduksi narasi pemicu. Tesis ini
menemukan para aktor memanfaatkan karakteristik dan fitur Instagram untuk
memproduksi teks heteroglosik, baik sengaja maupun tidak, yang mengkontestasi
dan menegosiasi satu sama lain. Instagram, yang menitikberatkan postingan visual,
juga berkontribusi dalam proses visualisasi imajinasi keindonesiaan. Media sosial,
dalam hal ini Instagram, memainkan peranan penting dalam proses konstruksi dan
pemaknaan keindonesiaan karena menyediakan ruang bagi para aktor untuk
berkolaborasi dalam proyek sinambung yang merumuskan keindonesiaan.

ABSTRACT
This thesis investigates the contestation and negotiation in Wonderful Indonesia
and Pesona Indonesia tourism campaign (WIPI), which happen between actors in
social media, Instagram, in a way to construct their Indonesianess. The collected
data is categorised into 3 narratives: ?official,? ?triggering,? and ?grassroots?.
There are 3 actors in Instagram, @indtravel, Instagram accounts of social media
ambassadors and of those five hashtags users, which are identified by their roles,
engagements and power relations. To look further into the dynamics of
constructing and signifying Indonesianess concepts and theories of national
identity, country branding, ideological state apparatuses and interpellation,
Instagram as social media, participatory culture and heteroglossia in social media,
and cultural intermediaries are used. Research findings reveal that WIPI is a form
of country branding reflecting Tourism Ministry?s efforts to construct and narrate
Indonesianess as a competitive identity. At a grassroots level, social media
ambassadors contest that narrative by highlighting other identities that lie in the
periphery. Later, the contestation turns into negotiation once the Tourism Ministry
prioritises the use of social media in their campaign. This changes social media
ambassadors? role as cultural intermediaries producing grassroots narrative into
ones who produce the triggering narrative. This thesis finds all actors utilize
Instagram characteristics and features to produce intended or unintended
heteroglossic texts that contest against-, interpellate and negotiate with each other.
Instagram, whose strong feature lies in visual posts, also contributes in visualizing
the imagination of Indonesianess. Social media, in this case Instagram, plays
important roles in the process of constructing and signifying Indonesianess,
because it provides space for actors to collaborate in a continuous project of
formulating Indonesianess.;This thesis investigates the contestation and negotiation in Wonderful Indonesia
and Pesona Indonesia tourism campaign (WIPI), which happen between actors in
social media, Instagram, in a way to construct their Indonesianess. The collected
data is categorised into 3 narratives: ?official,? ?triggering,? and ?grassroots?.
There are 3 actors in Instagram, @indtravel, Instagram accounts of social media
ambassadors and of those five hashtags users, which are identified by their roles,
engagements and power relations. To look further into the dynamics of
constructing and signifying Indonesianess concepts and theories of national
identity, country branding, ideological state apparatuses and interpellation,
Instagram as social media, participatory culture and heteroglossia in social media,
and cultural intermediaries are used. Research findings reveal that WIPI is a form
of country branding reflecting Tourism Ministry?s efforts to construct and narrate
Indonesianess as a competitive identity. At a grassroots level, social media
ambassadors contest that narrative by highlighting other identities that lie in the
periphery. Later, the contestation turns into negotiation once the Tourism Ministry
prioritises the use of social media in their campaign. This changes social media
ambassadors? role as cultural intermediaries producing grassroots narrative into
ones who produce the triggering narrative. This thesis finds all actors utilize
Instagram characteristics and features to produce intended or unintended
heteroglossic texts that contest against-, interpellate and negotiate with each other.
Instagram, whose strong feature lies in visual posts, also contributes in visualizing
the imagination of Indonesianess. Social media, in this case Instagram, plays
important roles in the process of constructing and signifying Indonesianess,
because it provides space for actors to collaborate in a continuous project of
formulating Indonesianess., This thesis investigates the contestation and negotiation in Wonderful Indonesia
and Pesona Indonesia tourism campaign (WIPI), which happen between actors in
social media, Instagram, in a way to construct their Indonesianess. The collected
data is categorised into 3 narratives: “official,” “triggering,” and “grassroots”.
There are 3 actors in Instagram, @indtravel, Instagram accounts of social media
ambassadors and of those five hashtags users, which are identified by their roles,
engagements and power relations. To look further into the dynamics of
constructing and signifying Indonesianess concepts and theories of national
identity, country branding, ideological state apparatuses and interpellation,
Instagram as social media, participatory culture and heteroglossia in social media,
and cultural intermediaries are used. Research findings reveal that WIPI is a form
of country branding reflecting Tourism Ministry’s efforts to construct and narrate
Indonesianess as a competitive identity. At a grassroots level, social media
ambassadors contest that narrative by highlighting other identities that lie in the
periphery. Later, the contestation turns into negotiation once the Tourism Ministry
prioritises the use of social media in their campaign. This changes social media
ambassadors’ role as cultural intermediaries producing grassroots narrative into
ones who produce the triggering narrative. This thesis finds all actors utilize
Instagram characteristics and features to produce intended or unintended
heteroglossic texts that contest against-, interpellate and negotiate with each other.
Instagram, whose strong feature lies in visual posts, also contributes in visualizing
the imagination of Indonesianess. Social media, in this case Instagram, plays
important roles in the process of constructing and signifying Indonesianess,
because it provides space for actors to collaborate in a continuous project of
formulating Indonesianess.]"
2015
T43660
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Dwijayanty
"ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang penggambaran migran di Jerman dan sikap penolakan migran oleh partai politik AfD dalam dua ilustrasi dan tagar unggahan Ralph Ruthe di laman media sosial Instagram. Melalui teori identitas sosial dan teori semiotika Pierce akan dibahas simbol yang merepresentasikan migran, AfD dan sikap masyarakat Jerman terhadap isu penolakan migran oleh AfD. Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif berbentuk kajian studi pustaka. Hasil tulisan ini menunjukan bahwa masih terdapat jarak yang
membedakan antara masyarakat Jerman dan migran. Namun, dalam kedua ilustrasi terdapat kritik terhadap penolakan migran oleh AfD melalui tagar yang dicantumkan.

ABSTRACT
This paper discusses the depiction of migrants in Germany and the attitude of refusal of migrants by the AfD political parties in two illustrations and the hashtag uploaded by Ralph Ruthe on the Instagram social media page. Through social identity theory and Pierce's semiotic theory, a symbol that represents migrants, AfD and the attitude of German society to the issue of refusal of migrants by the AfD will be discussed. The research method used is a qualitative descriptive method in the form of a literature study. The results of this paper show that there is still a gap between German and migrant people. However, in both illustrations there was criticism of the refusal of migrants by the AfD through the hashtag stated."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vir Risky Kustiani
"Pilkada DKI Jakarta 2017 diwarnai dengan pertarungan dari kandidat pemimpin yang tidak hanya membawa isu program kerja saja, melainkan juga isu agama dan etnisitas. Isu agama dan etnisitas tersebut dipolitisasi menjadi sebuah politik identitas dengan tujuan mendapat dukungan dari komunitas. Dalam hal ini, media berperan untuk mempopulerkan politik identitas melalui pemberitaannya tentang Pilkada DKI Jakarta 2017. Politik identitas itu sendiri dapat meningkatkan collective effervescence suatu komunitas dan memperkuat sikap othering terhadap kelompok luar. Panjimas.com merupakan salah satu media daring Islam yang menggambarkan Pilkada DKI Jakarta 2017 dengan politik identitas. Tulisan ini ditujukan untuk melihat bagaimana Panjimas.com sebagai media daring Islam menggambarkan Pilkada DKI Jakarta dengan politik identitas.

DKI Jakarta election contains the battle of candidates who not only bring the issue of work programs, but also issues of religion and ethnicity. The issue of religion and ethnicity was politicized into an identity politics with the aim of gaining support from the community. In this case, the media has a role to popularize identity politics through its news report about the DKI Jakarta Election. The politics of identity itself can increase collective effervescence of a community and strengthen othering attitudes towards outside groups. Panjimas.com is one of the online Islamic media that reports about the election with identity politics. This paper aims to see how Panjimas.com as an online Islamic media portrays the Jakarta Election with identity politics.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vicky Firmansyah
"Skripsi ini memiliki tujuan dalam menggambarkan sekaligus mengkorelasikan tingkat pengetahuan mengenai keamanan identitas pada 260 mahasiswa program studi sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia FISIP UI yang dikaitkan terhadap tingkat perilaku berisiko pencurian identitas. Kerangka teori yang digunakan adalah gabungan dari dua teori, yaitu teori disonansi kognitif dari cabang ilmu psikologi sebagai teori penunjang dan teori aktivitas rutin dari ranah kriminologi. Penelitian kuantitatif dengan metode self-administered questionnaire 92 item ini memiliki hipotesis yang ditentukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan mengenai kemanan identitas / data pribadi terhadap tingkat perilaku berisiko mengalami kejahatan pencurian identitas. Uji tabulasi silang, signifikansi, korelasi, dan regresi dilakukan dan ditemukan hasil yang konsisten berupa p-value sebesar 0,000; koefisien korelasi sebesar -0,661; dan nilai odds ratio sebesar 24,662. Hasil penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa variabel tingkat pengetahuan dan variabel perilaku berisiko benar memiliki hubungan dengan arah negatif. Penjelasan akan rendahnya tingkat perilaku berisiko yang dimiliki oleh mahasiswa FISIP UI terletak pada konsonansi elemen kognisi sehingga individu tidak perlu melakukan adaptasi perilaku yang malah menempatkan mereka pada situasi berisiko tercurinya identitas.

The purpose of this thesis is to describe as well as to correlate the levels of knowledge about identity security of 260 undergraduates in the Faculty of Social and Political Sciences Universitas Indonesia FISIP UI, relating to the levels of identity theft risky behavior. The theoretical framework used is a combination of two theories, namely the cognitive dissonance theory from the branch of psychology as a supporting theory, and the theory of routine activity from criminology domain. This quantitative research with 92 items self administered questionnaire method has a hypothesis determining that there is a significant relation between the levels of knowledge on identity security personal data, on the levels of identity theft risky behavior. Cross tabulation, significance, correlation, and regression test were performed and were found consistent results of p values greater than 0,000 correlation coefficient of 0,661 and odds ratio of 24,662. The result of this research has confirmed the hypothesis that the variable of knowledge levels and the variable of risky behavior is true to have a negative relation. The explanation of the low levels of risky behavior possessed by FISIP UI students lies in the consonance of cognitive elements so that individuals do not need to adapt their behavior that instead puts them in a risky situation of stolen identity."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilman Rizaldi Ruswin
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi orientasi dominansi sosial SDO dan identitas sosial terhadap intoleransi politik di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Orientasi Dominansi Sosial dan Skala Intoleransi Politik Putra, 2007 serta adaptasi dari Alat Ukur Identitas Sosial Kusumawardhani, 2010 . Penelitian dilakukan pada 772 mahasiswa S1/D4 yang dilakukan dengan accidental sampling dengan mengisi kuesioner daring melalui tautan http://lurus.in/niatnya. Penelitian ini menemukan bahwa SDO dapat memprediksi kemunculan intoleransi politik = 0,260, p < 0,05 , dan identitas sosial memiliki pengaruh yang kecil dalam memprediksi kemunculan intoleransi politik = 0,138, p < 0,05.

This study aims to predict social dominance orientation SDO and social identities religion and ethnicity on political intolerance. This study used correlational method, and examine SDO with Skala Orientasi Dominansi Sosial Putra, 2007 , political intolerance with Skala Intoleransi Politik Putra, 2007 , and social identity with Alat Ukur Identitas Sosial Kusumawardhani, 2010 . The researcher used online questionnaire http lurus.in niatnya with 772 undergraduate students as sample with accidental sampling. The researcher found that SDO predicts political intolerance 0,260, p 0,05 and a small contribution of social identity to predict political intolerance 0,138, p 0,05."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67821
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erdipa Wiratama Wirengjurit
"Taliban merupakan organisasi yang telah memberikan dampak signifikan bagi masyarakat global. Berbagai tindakan yang telah dilakukan oleh Taliban tersendiri telah menyebabkan permasalahan keamanan dan politik bagi berbagai negara. Salah satu negara yang terdampak oleh eksistensi dari Taliban adalah Pakistan. Hubungan antara Pakistan dengan Taliban dapat dijelaskan secara historis melalui berbagai dukungan yang telah dilakukan oleh Pakistan yang diawali oleh pemberian suaka bagi korban Perang Afghanistan sampai dengan dukungan rekognisi dan militer yang telah dilakukan hingga saat ini. Lebih lanjut, penelitian ini lebih jauh menganalisis bagaimana identitas membentuk hubungan antara kedua pihak ini. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur dalam pencarian datanya. Teori yang digunakan adalah teori politik indentitas. Dalam penelitian ini, penulis menekankan hubungan antara kelompok Taliban dengan Pakistan dalam bentuk hubungan berbasis identitas yang terlihat di masa pemerintahan Imran Khan di Pakistan dan kepentingan serta keuntungan politik berbasis geografi yang didapatkan oleh kedua negara.

The Taliban is an organization that has had a significant impact on global society. Various actions that have been carried out by the Taliban themselves have caused security and political issues for various countries. One of the countries impacted by the existence of the Taliban is Pakistan. The relationship between Pakistan and the Taliban can be explained historically through the various forms of support that have been carried out by Pakistan, which began with the granting of asylum for victims of the Afghanistan War to the recognition and military support that has been carried out to date. Furthermore, this research further analyzes how identity shapes the relationship of these two entities to one another. The author uses a qualitative approach using literature studies in data searching. The theory used is the theory of identity politics. In this study, the author emphasizes the relationship between the Taliban and Pakistan in the form of an identity-based relationship seen during the reign of Imran Khan in Pakistan and geographic-based political interests and advantages obtained by the two countries."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Saniyya Sridarmi
"Quarter life crisis adalah kondisi yang menggambarkan krisis atas identitas yang dirasakan oleh seorang individu dari mereka remaja dan kemudian beranjak menjadi seorang individu dewasa dengan sumber krisis yang berpusat pada belum siapnya individu dalam proses transisi antar status tersebut. Secara umum, dampak yang dihasilkan pada saat seseorang mengalami situasi krisis ini adalah mereka akan merasakan penurunan tingkat percaya diri, menarik diri secara sosial, cemas hingga depresi. Dalam menghadapi situasi ini, individu diharapkan memiliki sumber penguatan dari dalam dirinya dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat quarter life crisis pada Individu dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Sampel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling, sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Alat ukur dukungan sosial disusun dengan mengacu kepada teori oleh House (1981) tentang 4 aspek mengenai dukungan sosial, sedangkan untuk alat ukur quarter life crisis, peneliti mengadaptasi kuesioner oleh Hassler (2009) tentang quarter life crisis. Responden dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa yang seluruhnya terhimpun sebagai mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat quarter life crisis dengan arah hubungan antara keduanya adalah negatif (r=-0,686**) di mana semakin rendah dukungan sosial maka semakin tinggi tingkat quarter life crisis yang dialami oleh seseorang, dan berlaku untuk sebaliknya.

Quarter life crisis is an identity crisis phenomenon that occurs to the unpreparedness in the transition process from a teenager and then turns into an adulthood. The impact that is produced when someone experiences this crisis situation is that they will feel a decrease in their level of self-confidence, anxiety and depression. To dealing with this situation, individuals are expected to have a source of reinforcement from within themselves and their surroundings. Therefore, this study aims to determine the relationship between social support and quarter life crisis in early adulthood. This study uses a quantitative research approach with a survei type. The sample in this study was measured using the probability sampling method with stratified random sampling technique, while the research instrument used was a questionnaire. The measuring instrument for social support was prepared with reference to the theory by House (1981) regarding 4 aspects of social support, while for the measuring instrument for quarter life crisis, researchers adapted the questionnaire by Hassler (2009) about quarter life crisis. Respondents in this study totaled 85 students, all of whom were final year students at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia class of 2019. The results showed that there was relationship between social support and the level of quarter life crisis. The direction of the relationship between the two was negative ( r=-0.686**). The lower the social support score, the higher the level of quarter life crisis experienced by a person, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Balancing individual and collective interests is the challenge in Indonesia and in Australia, where the challenge is (a) to enable decentralised involvement in decisions to enhance a sense of attachment to an inclusive democracy and (b) achieve careful evidence based policy to guide the use of resources for the common good"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>