Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 246838 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizka Rianda Devira
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut (e-WOM) baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi, yaitu kepercayaan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional deskriptif konklusif dan kuesioner didistribusikan secara online kepada 216 responden yang telah menghabiskan pengeluaran untuk fashion e-commerce di Indonesia. Tesis ini menggunakan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM), pengolahan data responden dalam penelitian ini menggunakan LISREL 8.51. Penelitian ini menghasilkan penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa elektronik dari mulut ke mulut juga dapat dipengaruhi oleh variabel mediasi kepercayaan untuk mencapai keterlibatan keputusan pembelian. Penggunaan media sosial Instagram tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian jika dimediasi oleh kepercayaan. Memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan keputusan pembelian dalam belanja konsumen dalam mode e-commerce di Indonesia dapat membantu pemasar memprediksi perilaku konsumen dalam kegiatan pemasaran produk atau perusahaan

This research was conducted to determine the effect of the use of social media Instagram and electronic word of mouth (e-WOM) both directly and through mediating variables, namely confidence in the involvement of purchasing decisions. This study uses a conclusive descriptive cross-sectional method and a questionnaire distributed online to 216 respondents who have spent spending on fashion e-commerce in Indonesia. This thesis uses structural equation modeling (SEM) analysis, respondent data processing in this study uses LISREL 8.51. This research resulted in the use of social media Instagram and word of mouth have a significant influence on the involvement of purchasing decisions. Other results from this study indicate that word of mouth electronics can also be influenced by trust mediation variables to achieve purchasing decision involvement. The use of social media Instagram does not have a significant influence on the involvement of purchasing decisions if mediated by trust. Understanding the factors that can influence purchasing decision involvement in consumer spending in e-commerce mode in Indonesia can help marketers predict consumer behavior in product or company marketing activities
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Difa Raksa Annisa
"ABSTRAK
E-commerce adalah industri jual-beli melalui jaringan internet yang sedang berkembang pesat. Salah satu cara yang digunakan agar target market merasakan ikatan secara emosional dengan brand adalah meningkatkan social media engagement di media sosial. Dalam makalah ini penulis ingin menggambarkan penggunaan media sosial pada perusahaan e-commerce sebagai salah satu sumber informasi khalayak yang dilatarbelakangi oleh social media engagement. Hal tersebut berhubungan dengan AISAS model yang menjelaskan mengenai online consumer behavior. Penulisan makalah ini menggunakan studi kasus pada akun media sosial Instagram HappyFresh Indonesia. Penulis melakukan analisa terhadap konten Instagram HappyFresh Indonesia. Hasil penulisan makalah ini menunjukan bahwa konten di Instagram HappyFresh Indonesia sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan social media engagement. Implikasi makalah ini bagi pelaku industri terutama dalam e-commerce untuk menjaga media sosialnya dan terus meningkatkan social media engagement agar membedakan diri dengan kompetitor, menjadi sumber informasi yang kredibel, dan terlibat langsung dalam kehidupan sehari-hari khalayak.

ABSTRACT
E commerce is an industry when you can buy and sell through internet network which is growing rapidly. One of the ways to engage target market in an emotional way is to increase social media engagement on social media. In this paper, author wanted to describe social media use in e commerce business as one of the information sources for audience in the social media engagement. That is related with AISAS model which describes online consumer behavior. This paper uses case study of HappyFresh Indonesia Instagram account. Author performed an analysis of its content. Results of this paper showed that HappyFresh Indonesia Instagram account contents matched with their purpose to increase social media engagement. The implication of this paper for the industry, especially in e commerce business, is to maintain their social media and increasee social media engagement to make differences between competitors, being a credible source of information, and involved in audience everyday life."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Yuliana Poernomo
"Aktivitas pemasaran di media sosial merupakan stimulus penting dalam pembentukan brand experience. Berbagai brand memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kehadiran mereka secara online dan menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi konsumen, yaitu melalui aktivitas pemasaran yang dilakukan di media sosial. Banyak penelitian yang telah meneliti hubungan antara komunikasi pemasaran dengan nilai- nilai ekuitas konsumennya, namun hanya sedikit studi yang mencoba melihat pengaruh aktivitas pemasaran di media sosial dengan brand experience, dan belum dapat digeneralisasikan karena hanya berfokus pada konteks industri tertentu. Salah satu studi terdahulu hanya mengidentifikasi 2 komponen aktivitas pemasaran yaitu content- sharing dan interactivity, sedangkan media sosial juga mendukung peluang kolaborasi melalui personalisasi (personalization) serta penyampaian informasi terkini (trendiness). Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi kausalitas hubungan antara aktivitas pemasaran di media sosial (content-sharing, interactivity, personalization, dan trendiness) khususnya di ranah e-commerce yang tidak terbatas pada satu jenis komoditi dengan masing-masing dimensi yang membentuk brand experience yaitu sensory, affective, intellectual, serta behavioral. Penelitian ini menjadi penelitian pertama yang secara khusus berfokus pada media sosial Instagram, sebagai media sosial yang paling banyak digunakan merchants di Indonesia untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Data dikumpulkan melalui survei online Google Forms kepada 249 responden yang menggunakan Instagram dan mengikuti akun brand e-commerce. Validitas diuji menggunakan teknik Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan skala pengukuran Cronbach Alpha. Model penelitian divalidasi dengan metode analisis PLS-SEM untuk menguji 16 hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang positif antara content-sharing, interactivity, personalization, dan trendiness terhadap pengalaman sensory, affective, intellectual, dan behavioral. Penelitian ini dapat membantu para manajer pemasaran untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di media sosial menggunakan pendekatan berbasis aktivitas untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi konsumen di media sosial.

Marketing activities on social media is an important stimulus in forming brand experience. Various brands utilize social media to increase their online presence and create unforgettable experiences for consumers, through marketing communication activities carried out on social media. Many studies have examined the relationship between marketing communications and consumer-based equity, but only a few studies have tried to see the effect of social media marketing activities towards brand experience, and the research models are not yet generalized because most of them only focus on specific industrial contexts. One of the previous studies only identified 2 components of social media marketing activities, namely content-sharing and interactivity, while social media also supported the opportunity for collaboration through personalization and the delivery of the latest information (trendiness). For this reason, this study aims to confirm the causality of the relationship between 4 social media marketing activities (content-sharing, interactivity, personalization, and trendiness), especially in the realm of e-commerce — which is not limited to one type of commodity — towards each dimension that forms brand experience namely sensory, affective, intellectual, and behavioral. This research is the first study that specifically focuses on Instagram as the most widely used social media by merchants in Indonesia to communicate with their customers. Data is collected through a Google Forms online survei of 249 respondents who use Instagram and followed an e-commerce brand account. Validity is tested using the Pearson technique, while the reliability test uses the Cronbach Alpha measurement scale. The research model was validated by the PLS- SEM to test 16 proposed hypotheses. The results showed a positive correlation between content-sharing, interactivity, personalization, and trendiness towards sensory, affective, intellectual, and behavioral experiences. This study will help brand managers to optimize social media marketing strategy using activity-based approach to create positive experience on social media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Yuliana Hadi Poernomo
"Aktivitas pemasaran di media sosial merupakan stimulus penting dalam pembentukan
brand experience. Berbagai brand memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan
kehadiran mereka secara online dan menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi
konsumen, yaitu melalui aktivitas pemasaran yang dilakukan di media sosial. Banyak
penelitian yang telah meneliti hubungan antara komunikasi pemasaran dengan nilainilai
ekuitas konsumennya, namun hanya sedikit studi yang mencoba melihat pengaruh
aktivitas pemasaran di media sosial dengan brand experience, dan belum dapat
digeneralisasikan karena hanya berfokus pada konteks industri tertentu. Salah satu studi
terdahulu hanya mengidentifikasi 2 komponen aktivitas pemasaran yaitu contentsharing
dan interactivity, sedangkan media sosial juga mendukung peluang kolaborasi
melalui personalisasi (personalization) serta penyampaian informasi terkini
(trendiness). Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi kausalitas
hubungan antara aktivitas pemasaran di media sosial (content-sharing, interactivity,
personalization, dan trendiness) khususnya di ranah e-commerce yang tidak terbatas
pada satu jenis komoditi dengan masing-masing dimensi yang membentuk brand
experience yaitu sensory, affective, intellectual, serta behavioral. Penelitian ini menjadi
penelitian pertama yang secara khusus berfokus pada media sosial Instagram, sebagai
media sosial yang paling banyak digunakan merchants di Indonesia untuk
berkomunikasi dengan pelanggannya. Data dikumpulkan melalui survei online Google
Forms kepada 249 responden yang menggunakan Instagram dan mengikuti akun brand
e-commerce. Validitas diuji menggunakan teknik Pearson, sedangkan uji reliabilitas
menggunakan skala pengukuran Cronbach Alpha. Model penelitian divalidasi dengan
metode analisis PLS-SEM untuk menguji 16 hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian
menunjukkan korelasi yang positif antara content-sharing, interactivity,
personalization, dan trendiness terhadap pengalaman sensory, affective, intellectual,
dan behavioral. Penelitian ini dapat membantu para manajer pemasaran untuk
mengoptimalkan strategi pemasaran di media sosial menggunakan pendekatan berbasis
aktivitas untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi konsumen di media sosial.

Marketing activities on social media is an important stimulus in forming brand
experience. Various brands utilize social media to increase their online presence and
create unforgettable experiences for consumers, through marketing communication
activities carried out on social media. Many studies have examined the relationship
between marketing communications and consumer-based equity, but only a few studies
have tried to see the effect of social media marketing activities towards brand
experience, and the research models are not yet generalized because most of them only
focus on specific industrial contexts. One of the previous studies only identified 2
components of social media marketing activities, namely content-sharing and
interactivity, while social media also supported the opportunity for collaboration
through personalization and the delivery of the latest information (trendiness). For this
reason, this study aims to confirm the causality of the relationship between 4 social
media marketing activities (content-sharing, interactivity, personalization, and
trendiness), especially in the realm of e-commerce which is not limited to one type
of commodity towards each dimension that forms brand experience namely sensory,
affective, intellectual, and behavioral. This research is the first study that specifically
focuses on Instagram as the most widely used social media by merchants in Indonesia to
communicate with their customers. Data is collected through a Google Forms online
survei of 249 respondents who use Instagram and followed an e-commerce brand
account. Validity is tested using the Pearson technique, while the reliability test uses the
Cronbach Alpha measurement scale. The research model was validated by the PLSSEM
to test 16 proposed hypotheses. The results showed a positive correlation between
content-sharing, interactivity, personalization, and trendiness towards sensory, affective,
intellectual, and behavioral experiences. This study will help brand managers to
optimize social media marketing strategy using activity-based approach to create
positive experience on social media."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55354
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Maria Analia Vinesta
"Meningkatnya aktivitas jual beli online (e-commerce) menyebabkan terjadinya pergeseran pada proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Web 2.0 membantu konsumen mencari informasi guna mengatasi ketidakpastian yang dirasakan ketika melakukan aktivitas belanja online. Informasi yang beredar pada platform web 2.0 disebut electronic word-of-mouth (eWOM). Proses komunikasi eWOM akan berbeda pada setiap konsumen dengan karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen mempengaruhi komunikasi eWOM, serta mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi eWOM terhadap pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Kuesioner yang berhasil didapatkan berjumlah 397 dengan 325 data yang valid. Data diolah menggunakan teknik Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang berpengaruh terhadap komunikasi eWOM hanyalah consumer involvement. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa informasi eWOM memiliki pengaruh pada pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Hasil penelitian memberikan implikasi pada konsumen maupun pelaku bisnis e-commerce. Konsumen perlu meningkatkan kesadaran akan risiko dan pentingnya pengetahuan serta pengalaman sebelum melakukan pembelian online. Sementara itu, bagi pelaku bisnis e-commerce perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen karena dapat mendorong terjadinya persebaran eWOM positif.

The increasing of e-commerce activities causes a shift in the process of consumer purchase decision. Web 2.0 technology helping consumers to search for information in order to cope with the uncertainty that is felt when doing online shopping activity. Information circulating on the Web 2.0 platform is called electronic word-of-mouth (eWOM). The process of eWOM communication will be different for consumer with different characteristic. The goal of this study is to determine how the consumer characteristic affect eWOM communication, and how eWOM communication affect consumer purchase decision. The data was collected by distributing online questionnaire. 397 questionnaires were collected with only 325 of them were valid. The data was processed using Structural Equation Modeling techniques. The result showed that the only consumer characteristic that influence eWOM communication is consumer involvement. The results also showed that eWOM has influence on consumer purchase decision. The results then have implications for consumers and e-commerce business. Consumers need to raise awareness of the risks and the importance of knowledge and experience before making an online purchase. Meanwhile, the e-commerce businesses need to maintain good relations with consumers because itcan lead to the spread of positive eWOM."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rini Dyahagitha Kusumawardhani
"Media sosial membuka peluang perusahan dan konsumen untuk saling terhubung melalui pertukaran informasi dan komunikasi di media sosial. Salah satu industri digital yang berkembang cepat saat ini adalah e-commerce dan di dalamnya termasuk fitur pembayaran. Pay later adalah fitur pembayaran yang berkembang paling pesat, sehingga niat penggunaan fitur ini menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggabungkan sikap, norma subjektif, perceived behavior control, dan penggunaan media sosial untuk melihat pengaruhnya terhadap niat penggunaan fitur pembayaran e-commerce pay later. Penelitian kuantitatif ini mendapatkan 129 responden dari hasil penyebaran kuesioner secara online. Dari keempat hipotesis yang diajukan, ditemukan bahwa sikap, norma subjektif, perceived behavior control, dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat penggunaan fitur pembayaran e-commerce pay later. Penelitian ini menunjukkan bagaimana TPB dan penggunaan media sosial dapat digunakan untuk mengukur niat penggunaan teknologi non komunikasi seperti pay later. Faktor-faktor ini berperan penting dan perlu dipertimbangkan bagi perusahaan dalam strategi meningkatkan niat penggunakan sebuah teknologi.

Social media opens up opportunities for companies and consumers to connect with each other through exchanging information and communication on social media. One of the digital industries that is developing rapidly at the moment is e-commerce, including its payment features. Pay later is the fastest growing payment feature, therefore the intention to use this feature is interesting to study. This research combines attitudes, subjective norms, perceived behavior control and social media use to see their influence on intentions to use the e-commerce pay later payment feature. This quantitative research obtained 129 respondents from distributing questionnaires online. Of the four hypotheses proposed, it was found that attitudes, subjective norms, perceived behavior control, and social media use have a significant and positive influence on the intention to use the e-commerce pay later payment feature. This research shows how TPB and social media use can be used to measure intentions to use non-communication technologies such as pay later. These communication factors play an important role and need to be considered by companies in their strategy to increase their intention to use technology."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuraeni Pratiwi
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara satisfaction dan trust terhadap word of mouth tentang asuransi jiwa syariah, serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada generasi Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 112 orang dan diolah melalui metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, namun trust berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap word of mouth. Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada generasi Y. Asuransi jiwa syariah dimiliki oleh umat Muslim dan Non-Muslim.

This research aims to analyze the influence of satisfaction and trust on word of mouth about sharia life insurance, and its influence on buying decisions in generation Y. This study uses a quantitative method with a number of respondents 112 people and processed through the Structural Equation Model (SEM) method. The results of this study indicate that satisfaction has a positive and significant effect on word of mouth, but trust has a negative and not significant effect on word of mouth. Word of mouth has a positive and significant effect on buying decision on generation Y. Sharia life insurance is owned by Muslims and Non-Muslims. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosafat Narotama
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Ease of Use dan Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Purchase Decision dengan Brand Image sebagai variabel mediasi pada pengguna TikTok Shop di daerah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok Shop di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Selain itu, eWOM juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Brand Image sebagai variabel mediasi terbukti memperkuat pengaruh antara Perceived Ease of Use dan eWOM terhadap Purchase Decision. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan penggunaan platform dan ulasan positif dari pengguna lain dapat meningkatkan keputusan pembelian, yang selanjutnya diperkuat oleh citra merek yang baik. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi para pemasar dan pengembang aplikasi e-commerce, khususnya TikTok Shop, untuk terus meningkatkan kemudahan penggunaan platform dan mendorong ulasan positif pengguna sebagai strategi untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan keputusan pembelian.


This study aims to analyze the influence of Perceived Ease of Use and Electronic Word of Mouth (eWOM) on Purchase Decision with Brand Image as a mediating variable among TikTok Shop users in the Jabodetabek area. The research method used is quantitative with a survey approach. Data was collected through questionnaires distributed to 120 respondents who are active users of TikTok Shop in the Jabodetabek area. The results of the study show that Perceived Ease of Use has a positive and significant effect on Purchase Decision. Additionally, eWOM also proved to have a positive and significant effect on Purchase Decision. Brand Image as a mediating variable was found to strengthen the influence of Perceived Ease of Use and eWOM on Purchase Decision. These findings indicate that the ease of use of the platform and positive reviews from other users can enhance purchase decisions, which is further reinforced by a good brand image. This study provides practical implications for marketers and e-commerce application developers, especially TikTok Shop, to continuously improve the ease of use of the platform and encourage positive user reviews as a strategy to strengthen brand image and increase purchase decisions."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elfadhanadya Kusuma Prasetyo
"Pengembangan strategi bisnis khususnya dalam segi pemasaran harus terus dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan bisnis agar tidak stagnan. Setiap pelaku bisnis harus bisa beradaptasi dengan lingkungan bisnisnya terutama era digital saat ini, tanpa terkecuali usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terus mengembangkan bisnis dalam dunia digital. Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan saluran pemasaran UMKM yang sudah mulai bergerak ke dalam dunia digital, yaitu UMKM Selempang Grosir. Pengambilan keputusan serta data penelitian business coaching ini didapatkan melalui wawancara, observasi, focus group discussion, dan mini survey kepada pelanggan dan non-pelanggan Selempang Grosir. Melalui metode pengambilan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Selempang Grosir layaknya perlu melakukan pengembangan saluran pemasaran melalui media sosial dan e-commerce disertai pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) promosi pada media sosial tersebut.

The development of business strategies, especially in terms of marketing must continue to be done in order to increase business growth so as not to stagnate. Every business must be able to adapt to the business environment, especially in current digital era, without exception Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) has to continue to develop business in the digital world. This thesis aims to develop marketing channels for MSMEs that have begun to move into the digital world, which is namely MSME Selempang Grosir. Decision making and also business coaching’s research data obtained through interviews, observations, focus group discussions, and mini surveys to customers and non-customers of Selempang Grosir. Through the method of data collection, it was concluded that Selempang Grosir need to develop marketing channels through social media and e-commerce with the establishment of Standard Operating Procedure (SOP) promotion on social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Femi Nisa Widyaputri
"Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatakan hal ini mencerminkan industri ini semakin kompetitif oleh karena itu setiap e-commerce terus melakukan berbagai upaya dan pendekatan dengan memanfaatkan publikasi potensial melalui media sosial dan mengadakan berbagai kegiatan sesuai dengan behavioral belief konsumen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial yang diukur oleh (Social Interaction Ties dan Social Media Commitment) terhadap Repurchase Intention dengan mempertimbangkan Social Impact Transfer (Normative Social Influence dan Informational Social Influence) dan Behavioral belief (Perceived Value dan Price Conciousnes) yang dimiliki konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna Media Sosial yang berbelanja di e-Commerce dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan Amos seri 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosial Interaction Ties dan Sosial Media Commitment terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Normative Social Influence dan Informational Social Influence, Normative Social Influence dan Informational Social Influence juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention namun Normative Social Influence dan Informational Social Influence juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Revisit Intention. Pada behavioral belief dibuktikan bahwa Price Concicousness dan Perceived Value terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention dengan Attitute towards eCommerce dan Revisit Intension sebagai mediasinya.
Kata kunci: social interaction ties; social media commitment; normative social influence; informational social influence; perceived value; price conciousnes; attitute towards e-commerce; revisit intension – repurchase intention; social media; e-commerce

According to the Badan Pusat Statistik (BPS), the numbers of e-commerce in Indonesia continues to increase, reflecting this industry is increasingly competitive, therefore every e-commerce continues to make various efforts and approaches by utilizing potential publications through social media and conducting various activities in accordance with the behavioral consumer belief, This study aims to determine the effect of Social Media measured by (Social Interaction Ties and Social Media Commitment) on consumer repurchase intention (Repurchase Intention) by considering Social Impact Transfer (Normative Social Influence and Informational Social Influence) and Behavioral belief ( Perceived Value and Price Conciousnes) owned by consumers. The sample used in this study is Social Media users who have also shopped at e-Commerce in the last 3 months. Data was processed using Amos series 26. The results showed that Social Interaction Ties and Social Media Commitment proved to have a positive influence on Normative Social Influence and Informational Social Influence, Normative Social Influence and Informational Social Influence also proved to have a positive influence on Repurchase Intention but Normative Social Influence and Informational Social Influence also proved to have a positive influence on Revisit Intention. In behavioral belief, it is also proven that Price Concicousness and Perceived Value have a positive influence on Repurchase Intention with Attitute towards eCommerce and Intension as the mediation.
Keywords: social interaction ties; social media commitment; normative social influence; informational social influence; perceived value; price conciousness; attitude towards e-commerce; revisit intension - repurchase intention; social media; e-commerce
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>