Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154654 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadya Pramesti Nugraheni
"Cerita anak yang membahas mengenai sosok Ibu dapat ditemukan di banyak karya sastra di seluruh dunia. Namun, penggambaran sosok Ibu sering kali dibatasi pada ibu yang baik atau buruk. Hanya ada sedikit cerita yang tidak mengklasifikasikan sosok Ibu dalam oposisi biner. Salah satunya adalah Coraline, sebuah novel karya Neil Gaiman yang dipublikasikan pada tahun 2002 dan kemudian diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 2009. Dalam cerita Coraline, konsep keibuan digambarkan sebagai sebuah hal yang kompleks dan tidak terbatas pada ibu yang baik atau buruk. Cerita ini menunjukkan kompleksitas yang dimiliki oleh perempuan karir dan ibu rumah tangga dengan pekerjaan pengasuhan anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika keluarga dan konstruksi dari sosok Ibu dari dua teks tersebut. Dengan menggunakan konsep Monstrous Feminine dari Creed, penelitian ini menunujukkan adanya ambivalensi pada konstruksi karakter Ibu yang kuat.

Children stories which talk about motherhood can be found in a lot of literatures around the world. However, the portrayal of motherhood is often reduced to either a bad or good mother. Only a few such stories are not caught in the binary opposition. One of them is Coraline, a novel published in 2002 by Neil Gaiman which was later adapted into a movie in 2009 with the same title. In Coraline, the concept of motherhood is portrayed as one complex thing which is not only limited to bad or good mother. It shows the complexity which is hold by both career women and housewives with their child-caring duty. This study aims to see the family dynamic and construction of motherhood in both texts. Using Creeds concept of Monstrous Feminine, this research suggests that there is ambivalence in the construction of the powerful mother characters."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Alifah Tamir
"Tesis ini merupakan hasil pembahasan mengenai perempuan dan monstrositas ibu dalam novel karya Gillian Flynn berjudul Sharp Objects (2006). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan feminisme dengan cara deskriptif analitis. Novel ini menceritakan isu mengenai fenomena dan permasalahan perempuan. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan menggunakan teori monstrous-feminine Barbara Creed agar memperlihatkan dasar dan akibat dari monstrositas perempuan serta ginokritik Elaine Showalter untuk memperlihatkan dampak monstrositas dari sudut pandang perempuan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pelabelan monstrositas pada perempuan sebagai ibu merupakan akibat dari tekanan peran perempuan oleh laki-laki dan Flynn sebagai pengarang perempuan berhasil mengutarakan suara perempuan melalui novel tersebut salah satunya dengan cara memberikan dominasi perempuan dalam cerita lebih banyak dari pada tokoh laki-laki.

This thesis is a research about women and monstrous mother in Gillian Flynn's novel Sharp Objects (2006). The method in this research is using a feminist approach in analytical descriptive method. This novel tells the issue of women's phenomena and problems. Therefore, the research was conducted using the monstrous-feminine theory of Barbara Creed to show the basis and effects of monstrous feminine and Elaine Showalter's gynocriticism to show the impact of monstrosity from a female perspective. In this research, it was found that the labelling of monstrosity on women as mothers is caused by the pressure of gender role by men and Flynn as a female author succeeded in expressing the voice of women through the novel, one of which was by giving women dominance in the story more than the male characters."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridho Budi Wijaya
"Throughout the years, scholars argue about the fidelity of adaptation works towards the original texts. However, we can see the adaptation works objectively if we see the original texts and the adaptation works autonomously. In this journal article, we can acknowledge how the concept of subversion in Roald Dahl's Fantastic Mr. Fox is represented from novel into film by Wes Anderson. This journal article focuses on textual analysis by using framework from George Bluestone. From the analysis, it is revealed that Dahl's concept of subversion is not drowned out by Anderson instead he deconstructs Dahl's idea of stealing. Hence, we can recognize that two different media have different way in delivering perception to the readers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mauliddhia Cinta Kyrana
"Fantastic Mr. Fox adalah novel karya Roald Dahl, menceritakan kisah tentang Mr. Fox yang menyelamatkan keluarganya dan binatang-binatang lain dari ancaman para peternak. Novel ini diadaptasi menjadi sebuah film oleh Wes Anderson dengan versi Fantastic Mr. Fox yang berbeda. Artikel ini akan mengulas isu-isu maskulinitas yang ditampilkan pada novel dan adaptasi film Fantastic Mr. Fox lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana maskulinitas direpresentasikan dan dibentuk melalui kedua karya. Dahl memperlihatkan maskulinitas dominan melalui karakter Mr. Fox, sedangkan Anderson menunjukkan gambaran maskulinitas yang lebih beragam melalui karakter-karakter pada film, seperti Mr. Fox, Ash, dan Kristofferson.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis isi, serta konsep-konsep maskulinitas dari Connell, Hofstede, dan Kimmel sebagai landasan teori. Temuan utama dalam penelitian ini dapat dilihat melalui gambaran stereotip gender yang terbentuk pada konstruksi maskulinitas yang berbeda. Bentuk-bentuk maskulinitas diperlihatkan melalui perkembangan karakter dan plot pada adaptasi film yang dibandingkan dengan novel. Selanjutnya, ditemukan juga negosiasi maskulinitas dominan dalam adaptasi film.

Fantastic Mr. Fox is originally a novel by Roald Dahl, telling the story of Mr. Fox who tries to save his family and community from the farmers rsquo; threat. This book was adapted by Wes Anderson into a film, offering a different version of Fantastic Mr. Fox. This article will further explore masculinity issues presented in both the novel and film adaptation of Fantastic Mr. Fox. The objective of this research is to disclose the manner in which masculinity is represented and constructed through both works. Dahl displays dominant masculinity through the character Mr. Fox, while Anderson presents a more diverse portrayal of masculinity through the characters of Mr. Fox, Ash, and Kristofferson.
This study uses qualitative research and content analysis as its research methods, and concepts of masculinity from Connell, Hofstede, and Kimmel as the theoretical framework. The main finding of this research can be seen through the portrayal of constructed gender stereotypes which centralizes on different types of the construction of masculinity. The constructions are presented through the development of characters and plot in the film adaptation compared to the novel. Furthermore, there is negotiation of the dominant masculinity in the film adaptation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Talyta Chita Rumpoko
"Thesis ini menganalisis perubahan yang ada di film adaptasi Percy Jackson and the Olympians: The Lightning Thief (2010) beserta efek dari perubahan-perubahan tersebut terhadap penggambaran karakter perempuan ketika dibandingkan dengan teks sumber (2005). Penelitian ini akan menilai tingkat validitas opini para penggemar yang cenderung memihak novel dibandingkan dengan film adaptasinya. Dengan mengetahui hal ini, penonton dapat melihat bahwa berbeda dengan opini publik, keputusan akan perubahan yang ada di dalam film adaptasi Percy Jackson (2010) membuat representasi perempuan menjadi lebih kompleks. Dengan ini, penulis berharap penonton akan menganalisis film adaptasi lebih lanjut sebelum menetapkan pendapat dan memperlakukan adaptasi bukan hanya sebagai salinan dari teks sumber, tetapi sebagai adaptasi itu sendiri. Artikel ini menggunakan penilitian kualitatif, analisis textual, serta mise-en-scène untuk menganalisis data.

The focus of this study is to analyze alterations that are made in the movie adaptation Percy Jackson and the Olympians: The Lightning Thief (2010) and the effect that it brings to the depiction of female characters when being compared to the source text, Percy Jackson and the Olympians: The Lightning Thief (2005). This study assesses the validity of fan preference for the novel over the movie. Knowing this will allow the audience to see that despite the popular belief, the decision to make changes in the movie adaptation create a more complex female representation. This article uses qualitative research, textual analysis, as well as mise-en-scène to analyze the data. The researcher suggests that audience will analyze movie adaptation further and treat adaptations as adaptations, not as mere copies of its original text."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rinov Tri Utomo
"Skripsi ini membahas adaptasi light novel "All You Need is Kill" karya Sakurazaka Hiroshi ke dalam film "Edge of Tomorrow" yang disutradarai Doug Liman. Light novel yang berasal dari Jepang diadaptasi menjadi film Hollywood Amerika merupakan hal yang jarang terjadi. Pada transformasi sastra ke film terdapat teori yang dikenal sebagai ekranisasi. Pada penelitian ini kedua karya tersebut akan dibandingkan untuk melihat perubahan pada aspek cerita dan tokoh yang muncul akibat ekranisasi, kemudian akan dianalisis mengapa perubahan tersebut terjadi sehingga dapat ditemukan faktor-faktor yang mendorong perubahan akibat ekranisasi.

This thesis explain "All You Need is Kill" light novel written by Sakurazaka Hiroshi adaptation into "Edge of Tomorrow" movie directed by Doug Liman. It‟s not often a Japanese light novel being adapted into American Hollywood movie. There is a theory known as ecranisation in literature transformation into movie. This research will compare both works to see the changes caused by ecranisation in the aspect of story and characters, then the reasons why those changes happened will be analysed in order to find out the factors that made the changes caused by ecranisation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57975
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasis Setyawan Haddade
"Skripsi ini meneliti mengenai fenomena chichioya fuzai yang terjadi pada karya adaptasi novel Boruto "Naruto The Movie" dan bagaimana dampaknya pada karakter tokoh Boruto Uzumaki sebagai seorang anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi fenomena chichioya fuzai pada keluarga Uzumaki dalam novel Boruto "Naruto The Movie". Hal itu memberi dampak pada karakter Boruto yaitu cepat marah, kurang percaya diri, dan perbedaan pandangan dengan nilai yang berlaku dalam novel.

This research is about a chichioya fuzai phenomenon that happen in the novel adaptation of Boruto "Naruto The Movie" and how it affects the personalization of Boruto Uzumaki as a son. This is a qualitative and descriptive research with the literature study method. The research shows that chichioya fuzai phenomenon had happened in Uzumaki Family from the novel of Boruto "Naruto The Movie" which gave effects to the personalization of Boruto which are quick-tempered, low confidence, and difference view common sense."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bramandito Darmawan Putra
"Novel Little Women telah berulang kali diadaptasi ke dalam film dengan versi Greta Gerwig sebagai adaptasi terakhir. Jo March, protagonis dari Little Women, dipercaya sebagai arketipe pahlawan fiksi perempuan dari era awal literatur perempuan di Amerika (Stoneley, 2003). Walau karakterisasi Jo March dalam film 2019 mempunyai beberapa persamaan dengan versi novel, Greta Gerwig memilih untuk memasukkan cukup banyak visi pribadinya ke dalam film yang ia buat. Riset ini tidak hanya bertujuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan antara dua versi tersebut, tetapi juga untuk memahami apa yang ingin Greta Gerwig capai melalui karakter Jo March menurut versinya.

The novel Little Women has been adapted into films multiple times with Greta Gerwig’s version (2019) as the most recent. Jo March, the protagonist of Little Women, is believed to be the archetype of female fictional heroine from early American Girls’ literature (Stoneley, 2003). Although the characterization of Jo March in the 2019 film shares similar qualities with the novel version, Greta Gerwig chooses to put her own vision in it quite significantly. This research is not
only intended to analyze the similarities and difference between the two versions, but also to find what Greta Gerwig tries to achieve from her version of Jo March.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Hadiansyah
"Adaptasi film ke dalam novel atau sebaliknya seialu menimbulkan perubahan, sebagai akibat dari perbedaan media dan hasil interpretasi penulis dan sutradara. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan sejumlah persamaan dan perbedaan mendasar yang dihasilkan oleh adaptasi dari film ke dalam novel Biala Tak Berdawai, dilihat dari unsurunsur penceritaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan strukturalisme yang memfokuskan pada unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam film dan novel Biola Tak Berdawai. Unsur-unsur film dan novel yang dianalisis dan dibandingkan dalam penelitian ini adalah alur penyajian, alur sebab akibat, tokoh dan penokohan, latar ruang dan Tatar waktu.
Hasil analisis film dan novel Biola Tak Berdawai terhadap unsurunsur di atas, menunjukkan persamaan sekaligus perbedaan. Cerita dalam film dan novel pada dasarnya sama tetapi menjadi terkesan berbeda ketika Dewa dijadikan penutur di dalam novel. Tokoh Dewa menjadi serba tahu dan mampu menuturkan dengan fasih mengenai kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya, padahal di dalam film, tokoh Dewa digambarkan sebagai anak yang sangat sulit untuk berkomunikasi dengan prang fain dikarenakan penyakit autis dan cacat ganda. Dengan demikian, tokoh utama di dalam novel tidak hanya Renjani, tetapi juga Dewa. Perbedaan Iainnya terletak pada berupa kemunculan cerita pewayangan di dalam novel, juga terdapat penghilangan, dan penambahan beberapa cerita. Semua perbedaan tersebut menunjukkan adanya perbedaan interpretasi penulis novel atas cerita film Biola Tak Berdawai.
Berbeda dengan unsur alur penyajian, alur sebab akibat antara film dan novel tidak menunjukkan perbedaan. Dad awal hingga akhir cerita, novel adaptasi tetap bersetia terhadap film sebagai cerita pertama. Begitu juga dengan latar ruang dan waktu.

The adaptation of film into novel or vice verse always produces changes as the consequence of the different media and the result of the actor and the director's interpretation. This study aims to present some basic similarities and differences which are produced by the adaptation from film into novel Biola Talc Berdawai, and viewed from the story elements.
The method used is structuralism, focusing on the intrinsic elements in film and novel Biota Tak Berdawai. The film and novel elements which are analyzed and compared in this study are plot, the characters and characterization, and setting.
The result of the analysis of film and novel Biola Tak Berdawai to the mentioned elements presents similarities and differences at the same time. The story in film and novel is basically the same but it imprisons different when Dewa is made as a narrator in the novel. The character of Dewa knows everything and he can utter fluently what happens in his surrounding, whereas in film the character of Dewa is showed as the boy who has difficulty to communicating with other people because he is autistic and has double deformity. So the main character in the novel is not only Renjani but also Dewa. The other difference is on the presence of things pertaining to the wayang story in the novel. All those differences present the difference of the writer's interpretation on the story of Biota Tak Berdawai film.
It is different to plot presence, the cause and effect plot between film and novel does not present the difference. From the beginning until the end of story, adapted novel keep loyal to film as the original story. It also happens to the setting of place and time.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T17618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Artanti
"Adaptasi novel ke film atau sebaliknya selalu menimbulkan perubahan sebagai akibat perubahan media dan perubahan interpretasi penulis dan sutradara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan perubahan unsur-unsur cerita dan penceritaan yang terjadi sebagai akibat adaptasi novel Le Colonel Chabert ke dalam film, (2) dan menemukan dampak yang ditimbulkan perubahan-perubahan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Strukturalisme, yang memfokuskan pada unsur-unsur intrinsik suatu karya. Unsur-unsur novel dan film yang dianalisis dan dibandingkan dalam penelitian ini adalah alur penyajian kedua, alur sebab-akibat, tokoh dan penokohan, latar ruang dan waktu, pada keduanya. Sudut pandang dalam penelitian ini hanya dianalisis sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan sekaligus perbedaan dalam alur penyajian dan alur sebab akibatnya, tokoh dan penokohan serta latar ruang dan waktu pada novel dan film. Cerita pada keduanya pada dasarnya sama tetapi detil-detil yang berlimpah dan pengulangan-pengulangan perang dalam film Le Colonel Chabert rnembuat film lebih tampak realistis dan padat daripada novelnya. Demikian juga pada ketidakterpusatan penokohan dalam film memberikan kesan bahwa film terasa lebih menyajikan suatu peristiwa yang bisa menimpa semua manusia. Pemadatan latar ruang dan waktu selain karena kebutuhan sinematografis yang bertujuan untuk mengikat penonton pada satu ruang dan waktu yang terbatas, juga mampu menimbulkan kesan yang tampak lebih realistis jika dibandingkan dengan novelnya. Semua perbedaan tersebut menunjukkan adanya perbedaan interpretasi sutradara atas cerita novel Le Colonel Chabert karya Honore de Balzac.

Narrative Changes and Presentation in The Adaptation Into Film of The Novel Le Colonel Chabert : Comparison StudyThe adaptation of any novel into film, or vice verse, always result in some changes due to the change of medium and to the interpretation of the author and the film director. This thesis aims to (1) study the changes in the elements and the presentation of the story that are results of the adaptation of the novel Le Colonel Chabert into film, (2) and study the effect of these changes.
The method used in this analysis is structuralism, focusing on the intrinsic elements of the work. The elements of the story to be analyzed in this thesis are the plot, the characters, the background, and the timing.
The result of this thesis shows that there are similarities and differences in plot, character, time and space and their presentation in the film and the novel. The story remains the same in the film but the discourse slightly changes. But the amount of details, and the number of repetition of the some elements, especially the war event, the abundance of details of the character and space-time in the film increased the realistic impression. The compression of the time of story in the film is pure cinematic consideration due to the limited duration. The whole differences reveal the specific interpretation of the director on the sad story, and the need of cinemato graphical language.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T820
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>