Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94872 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Samsara Nawaksara Saraswati
"Penelitian ini menjelaskan bagaimana fenomena Manic Pixie Dream Girl adalah sebuah kiasan Hollywood yang klise, memanifestasikan teori male gaze dan bagaimana sutradara dan penulis pria menggambarkan wanita dengan kacamata mereka. Representasi dimana karakter wanita-wanita ini hanya berada di dalam cerita hanya untuk membantu tokoh protagonis pria untuk melanjutkan hidupnya, memberikan alasan untuk hidup sedangkan karakter wanita tersebut hanya stagnan. Dalam penelitian ini, kami melihat jika perempuan direpresentasikan seperti ini di Hollywood dikarenakan sedikitnya jumlah sutradara wanita, yang dapat menyajikan sudut baru dalam menulis karakter wanita. Bentuk misogini yang implisit ini dapat memengaruhi wanita-wanita muda yang sedang dalam tahap pencarian diri.
This research elaborates on how Manic Pixie Dream Girl is a Hollywood trope that romanticises the male gaze and how male writers see female characters, orchestrating them in a way that they only serve purpose to the male protagonist and to submit to his needs so that he can advance in his own life while the female character stays stagnant in her life. In this research, we challenge how females are represented in the current film industry where it`s filled with male creators and not enough female filmmakers. There has yet to be a coherent study that deeply explores this trope and the danger it imposes to impressionable young females who are in the phase of finding themselves. This subtle yet powerful form of misogyny is deeply rooted in the lack of female filmmakers, thus the portrayal of women is only that of the thought of male filmmakers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Byars, Jackie
London: Routledge, 1991
791.437 5 BYA a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Atzura Nugraha
"ABSTRAK
Meskipun telah ada Undang-Undang CEDAW Convention of the Elimination of All Forms of Discrimnination Against Women ,wanita masih diidentifikasikan sebagai lsquo;pendamping rsquo; lelaki walau bagaimanapun kondisi atau situasi wanita tersebut. Tulisan ini memuat analisa hubungan antara tokoh utama anti superheroine Harley Quinn dengan para kolega lelaki nya di Suicide Squad the Movie: Extended Version 2016 . Menggunakan analisis berbasis tekstual dan film, penulis mengungkapakan penerapan teori wanita sebagai budak dan lelaki sebagai majikan Hegelians yang telah terkonstruksi oleh masyarakat patriarki dengan tidak hanya melihat dari hubungan antar gender, namun juga penganalisaan psikologi cinta, dan relasi kekuasaan antara superior dan inferior. Penelitian ini menemukan bahwa dalam film Hollywood, terutama genre superhero, masih melanggengkan konstruksi gender. Meskipun ditampilkan sebagai tokoh yang kuat dan independen, tokoh perempuan masih inferior terhadap tokoh laki-laki, dan mereka dipaksa untuk menerima lsquo;takdir rsquo; yang mengikat hidup mereka sendiri dan telah ditetapkan oleh masyarakat.
ABSTRACT
Despite the fact that CEDAW Convention of the Elimination of All Forms of Discriminations Against Women law has been dealing with issues regarding women rsquo s right and equality, women nowadays are still identified as man rsquo s lsquo sidekick rsquo regardless any of her conditions. This paper examines the relationship of the major anti superheroine character Harley Quinn with her male colleagues in Suicide Squad the Movie Extended Version 2016 . Through textual film analysis, the writer unveils the constructed theory of the female slave and the male master made by patriarchal society by not only looking at the gender relation but also analyzing the psychological of love, and the power relation between superior and inferior as well. Research finding reveals that Hollywood film, specifically the superhero genre, maintains gender construction. Although portrayed as strong and independent characters, female characters are still inferior to male ones, and they have to accept their fate to be trapped in their own life established by the society."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Lita
"Kegiatan bersepeda di ibukota Jakarta merupakan tantangan yang berat karena masih minimnya fasilitas untuk pesepeda, kriminalitas dan juga perilaku kendaraan bermotor masih belum bisa toleran dengan pengguna sepeda. Namun semua hambatan untuk bersepeda adalah infrastruktur. Tantangan berat itu bertambah untuk perempuan, selain belum terjaminnya keselamatan pesepeda, perempuan menghadapi tantangan yang lebih mengerikan yakni tantangan rentannya posisi perempuan pesepeda terpapar dan menderita pelecehan seksual.  Penelitian ini berusaha menjelaskan pengalaman perempuan pesepeda di pengaruhi konstruksi gender mengenai seksualitas dan bagaimana perempuan pesepeda berstrategi mewujudkan rasa aman dan dianalisis dengan teori Ketakutan dari Gill Valentine dan Gender dan Mobilitas dari Susan Hanson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara.  Data diperoleh melalui wawancara kepada 5 subjek dan observasi tidak terstruktur peneliti. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan berperspektif feminis untuk menggali lebih dalam pengalaman perempuan pesepeda. Hasilnya menjadi perempuan pesepeda di ruang publik urban sangatlah sulit. Perempuan yang memilih bersepeda sebagai alat transportasi, harus menerima pembatasan dari keluarga dan orang terdekatnya karena ia seorang perempuan. Pembatasan tersebut berdasarkan konstruksi gender yang masih sangat melekat dalam masyarakat Indonesia. Selain itu, perempuan pesepeda juga harus menghadapi hambatan yang lebih berat di ruang publik urban Jakarta, yaitu berupa beragam bentuk kekerasan seksual dari pengguna ruang publik lainnya.  Pengguna jalan lain khususnya laki-laki melihat perempuan pesepeda masih sebagai objek di ruang publik urban, bukan sebagai subjek. Implikasinya membuat perempuan pesepeda semakin minim di jalanan ibukota. Ini membuat perempuan pesepeda harus menyusun strategi untuk mengatasi rasa takut dan membuat mereka merasa aman untuk bersepeda di ruang publik jalanan ibukota yang didominasi oleh pengguna laki-laki.

due to the lack of facilities and infrastructure for cyclists. It doesn’t stop there, the threat of crime and the behavior of motorized vehicles that are still unable to tolerate bicycle users. The formidable challenge increases for women. Apart from not ensuring the safety of cyclists, women face a more dire challenge, namely the vulnerability of the position of women cyclists to being exposed to sexual harassment. This study seeks to explain the experiences of women cyclists influenced by gender construction regarding sexuality, as well as how women cyclists have strategies to create a sense of security. The specific theory used is the 'theory of fear' from Gill Valentine and 'gender and mobility' from Susan Hanson. This study uses a qualitative approach with data collection methods of observation and interviews. Data were obtained through interviews with 5 subjects and unstructured observations. This study also uses a feminist perspective approach to dig deeper into the experiences of women cyclists. The results of the study show that the activities of women cyclists in urban public spaces face many challenges. Women who choose cycling as a means of transportation, do not get support from the closest people and get restrictions based on gender construction which is still very much embedded in Indonesian society. In addition, female cyclists also face more severe obstacles in Jakarta's urban public spaces, namely in the form of various forms of sexual violence from other public space users. Other road users, especially men, see female cyclists as objects in urban public spaces, not as subjects. The implication is that there are fewer women cyclists on the streets of the capital. Policy actors need to present policies and their implementation that can fulfill a sense of security for women cyclists in public spaces."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indriani Nabila Azzahra
"Kiasan Manic Pixie Dream Girl (MPDG) telah muncul di media populer selama dekade terakhir, yang menghasilkan dampak budaya terhadap perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tanda dan simbol terkait dengan kiasan MPDG dalam film “Eternal Sunshine of the Spotless Mind.” Kajian ini mengintegrasikan kerangka teoritis dari semiotika Saussure dan metodologi Berger, dengan fokus pada struktur keseluruhan film dan menyelidiki makna denotatif dan konotatif dalam elemen tekstual dan visualnya. Temuan ini mengungkap bagaimana film tersebut awalnya menggambarkan Clementine sebagai MPDG melalui simbol visual dan persepsi Joel. Namun, seiring berjalannya narasi, film ini menumbangkan ekspektasi tersebut dengan mengungkap kompleksitas karakter Clementine, menantang sifat satu dimensi yang biasanya dikaitkan dengan MPDG. Temuan-temuan dari kajian ini memungkinkan pemahaman lebih dalam mengenai struktur semiotik dan implikasinya terhadap representasi gender di media.
The Manic Pixie Dream Girl (MPDG) trope has emerged in popular media over the past decade, resulting in a cultural impact on women. This paper aims to identify and analyze the signs and symbols associated with the MPDG trope within the film "Eternal Sunshine of the Spotless Mind." The study integrates theoretical frameworks from Saussure's semiotics and Berger's methodology, focusing on the structured whole of the film and investigating both denotative and connotative meanings within its textual and visual elements. The findings reveal how the film initially portrays Clementine as a quintessential MPDG through her visual symbols and Joel's perception. However, as the narrative progresses, the film subverts these expectations by revealing Clementine's complexity and agency, challenging the one-dimensional nature typically associated with the trope. The findings of this study allow for a deeper understanding of the semiotic structures at play and their implications for gender representation in media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Nurul Putri
"ABSTRAK
Artikel ini menampilkan gambaran harc lement de rue di Paris melalui sekuen Quais de Seine dalam film Paris je t 39;aime. Film tersebut mengangkat cerita tentang perempuan-perempuan yang mengalami pelecehan seksual di jalanan, baik melalui tindakan maupun ucapan yang bersifat menggoda yang dilakukan laki-laki tidak dikenal. Pada dasarnya harc lement de rue di Paris melalui unsur sinematografi dan naratif film dilihat dari kategori , bagaimana pelecehan terjadi, dan siapa pelaku serta korban yang terlibat dalam film Paris Je T 39;aime pada sekuen Quais de Seine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang didukung oleh teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum korban harc lement de rue adalah perempuan dari berbagai ras. Pelaku adalah laki-laki yang berasal dari berbagai ras. Dalam artikel ini juga ditemukan bahwa harc lement de rue tidak hanya menyinggung aspek seksual namun terdapat pelecehan agama yang dialami seorang tokoh perempuan muslim.

ABSTRACT
This article presents the depiction of harc lement de rue that is shown in Quais de Seine sequence in Paris je t 39;aime movie. The movie portrays the story of women who are harassed in the street by male strangers calling her a nasty words based on reality which frequently happen in Paris. Harc lement de rue is harassment in the street, especially sexual is portrayed through both verbal and physical harassment which often go hand-in-hand. The objective of this study is to find out harc lement de rue in Paris focusing on Quais de Seine sequence in Paris je t 39;aime film. The cinematography and narrative elements found in the film show types of harassment, how the harassment happens also the perpetrator and the victim of harassment. The method used in this research is qualitative research supported by library research for the data collection. This research shows that the victim of harc lement de rue are generally women from various races. Meanwhile, the perpetrators are males from various races. In addition, this research reveals that harc lement de rue does not only elevate sexual aspect but also religious harassment in a muslim woman character."
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mathilda
"Karakter perempuan Manic Pixie Dream Girl (MPDG), seperti yang diartikan oleh kritikus film Nathan Rabin, adalah trope perempuan eksentrik dan aneh yang dibentuk untuk menyelamatkan laki-laki dari kehidupan membosankan, mencerminkan diskriminasi terhadap perempuan. Penulisan ini bertujuan memahami representasi MPDG dalam film Love for Sale sebagai bentuk seksisme. Melalui analisis wacana kritis feminis, penulisan ini mengungkap sistem patriarki dalam narasi dan visual film, berkorelasi dengan teori film feminis oleh Laura Mulvey, terutama konsep male gaze. Male gaze merujuk pada cara film dibuat dari sudut pandang laki-laki, di mana perempuan digambarkan sebagai objek fantasi memuaskan audiens laki-laki, memperkuat pandangan patriarkal. Temuan seksisme ini didukung oleh tiga pondasi utama. Pertama, konstruksi dan stereotip gender memperkuat norma patriarkal, khususnya maskulinitas dan femininitas tokoh. Kedua, stereotip gender mengobjektifikasi tubuh dan seksualitas perempuan, menjadikannya objek keinginan seksual daripada individu dengan ekspresi pribadi yang bebas. Ketiga, relasi kuasa yang timpang, dengan dominasi laki-laki yang besar, menegaskan hubungan hierarkis yang tidak seimbang. Ketiga pondasi ini menunjukkan bahwa film ini memperkuat narasi gender yang tidak setara. Akibatnya, perempuan mengalami kesadaran palsu akibat memproyeksikan karakter MPDG ke realita. Penulisan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan perempuan tentang pentingnya representasi perempuan yang lebih adil dan inklusif.

The Manic Pixie Dream Girl (MPDG) character, as defined by film critic Nathan Rabin, is an eccentric and quirky female trope designed to save men from their boring lives, reflecting discrimination against women. This paper aims to understand the representation of the MPDG in the film Love for Sale as a form of sexism. Through a feminist critical discourse analysis, this paper reveals the patriarchal system in the film’s narrative and visuals, correlating with feminist film theory by Laura Mulvey, particularly the concept of the male gaze. The male gaze refers to the way films are made from a male perspective, where women are depicted as fantasy objects satisfying the male audience, reinforcing patriarchal views. These findings of sexism are supported by three main foundations. First, the construction and gender stereotypes reinforce patriarchal norms, especially the masculinity and femininity of the characters. Second, gender stereotypes objectify women's bodies and sexuality, making them objects of sexual desire rather than individuals with free personal expression. Third, the unequal power relations, with significant male dominance, affirm an imbalanced hierarchical relationship. These three foundations show that the film reinforces an unequal gender narrative. As a result, women experience false consciousness by projecting the MPDG character into reality. This paper hopes to raise awareness among society and women about the importance of more equitable and inclusive representation of women."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Yulius
"ABSTRACT
This essay presents a theoretical discussion, analysis, and formulation to reconfigure new meanings, potentialities, and multiplicities of homosexual relationships. After a brief discussion on the rapid popularisation of marriage equality as the primary goal of queer movements, an overview of queer critique of marriage is provided. Attention given to the notion of homo normativity and the sharp criticism from queer negativity/queer anti social. For these critiques, subjects are encouraged to occupy the abject position, which I argue, only further depoliticise queer politics. After a critical overview of this political stance, I offer Foucault and Deleuze accounts to explore multiple forms of relationships beyond marital institution, focusing on the ways in which relationships are to be understood as in terms of potentialities, intensities, and emergent forms and functions beyond the existing language capacities and formalised forms. This essay should, however, not situated as masterly or prescriptive, but rather a modest effort to spur more critical concerns, discussions, and debates among queer Indonesians."
Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2018
305 JP 23:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alberta Basuki
"Jurnal ini mengambil tema keadilan gender yang terfokus pada penempatan perempuan dalam ranah institusi Gereja Katolik. Menyoroti bagaimana perspektif patriarki masih mengakar dalam masyarakat, terlebih dalam institusi agama yang seharusnya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Otoritas dan kepentingan politik telah mereduksi kepemilikan tubuh itu sendiri. Penulisan ini merupakan telaah kritis terhadap posisi perempuan dan pelayanan dalam Gereja Katolik. Melihat bagaimana perempuan selalu diposisikan di belakang yang imajiner sebagai suatu dampak dari tradisi dan diskursus yang masih dilanggengkan dalam masyarakat. Melalui pemikiran Luce Irigaray mengenai caress, pemahaman mengenai pelayanan akan dikembalikan kepada aktualisasi tubuh yang berbeda untuk dapat memperlihatkan subjektivitas, terkhusus perempuan sebagai makhluk yang otonom.

This thesis takes the theme of gender equality that focuses on women 39 s placement in the institutional Catholic Church sphere. Hightlighting how patriarchal perspective are still rooted in society, especially in religious institutions that should uphold the value of humanity. Political authority and interests have reduced the ownership of the body itself. This writing is a critical study of women 39 s position and attendance in Catholic Church. Seeing how the women are always positioned behind the imaginary as an impact of tradition and discourse that is still perpetuated in society. Through Luce Irigaray 39 s thought of caress, the understanding of attendance will be restored to the actualization of different bodies in order to demonstrate subjectivity, especially of women as autonomous beings."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68688
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>