Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 171686 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adityo Hapsoro Sakti
"

Indonesia telah mengeksploitasi gas alam dan mengekspornya ke negara-negara di dunia. Sejak eksploitasi gas alam dilakukan, ekonomi global banyak berubah arah penggunaannya dari minyak menjadi gas alam yang dikenal lebih bersih. Setiap peristiwa yang menyebabkan fluktuasi di dalam kondisi perekonomian dunia dapat pula mengganggu pasar komoditas termasuk minyak dan gas bumi. Peristiwa tersebut dikenal dengan shock dengan karakteristik black swan, sebagai contohnya gempa bumi pada tahun 2011 di Fukushima, Jepang yang mengakibatkan kebocoran nuklir akibatnya kebergantungan akan sumber energi utama tersebut terganggu; contoh lainnya adalah pada tahun 2016 ketika terjadi anjloknya harga minyak mintah ke level di bawah 50 Dollar Amerika Serikat per barrel. Shock tersebut mentransmisikan efeknya hingga ke Indonesia sebagai negara pengekspor LNG ke Jepang dan engara-negara lain di Asia. Bilamana prediksi secara akurat dibutuhkan untuk suatu pasar tertentu akibat pasar lainnya atau karena peristiwa tertentu yang tercermin dari indeks pasar modal suatu negara atau kawasan guna mengambil kesempatan, membuat strategi, atau mengambil langkah tertentu, maka dibutuhkan alat/metode. metode yang dipergunakan untuk prediksi sebagaimana disebutkan dipergunakan di dalam kajian ini, dan metode tersebut adalah analisis contagion dengan mempergunakan analisis korelasi lokal akibat dari indeks pasr modal negara tertentu terhadap harga LNG Bintuni, Papua Indonesia sebagai komoditas yang diperdagangakan. Hasilnya adalah adanya efek contagion dari pasar modal Jepang ke harga LNG sementara LNG itu sendiri mentransmisikan efeknya ke indeks pasar modal Indonesia dan Filipina secara tidak langsung. Signifikansi dimaksud terbukti dari nilai uji estimasi Z dengan hasil uji masing-masing adalah 3.7417 pada pengaruh indeks pasar modal Jepang terhadap harga LNG untuk hasil analisis estimasi koefisien korelasi pada titik kuantil 2.5% lebih besar daripada median, 9.2389 pada harga LNG terhadap indeks pasar modal Filipina untuk estimasi koefisien korelasi pada titik kuantil 2.5% lebih besar daripada median, dan 6.7935 untuk estimasi koefisien korelasi pada titik kuantil 95.5% lebih besar daripada median, serta 2.4986 pada harga LNG terhadap indeks pasar modal Indonesia untuk estimasi koefisien korelasi pada titik kuantil 2.5% lebih besar daripada median, dan 6.6617 untuk estimasi koefisien korelasi pada titik kuantil 97.5% lebih besar daripada median.

 


 

Indonesia has been exploiting natural gas and exporting it to countries all around the world. Since the exploitation of natural gas, global economy changes its direction due to changes in the usage of energy sources, from oil to natural gas which is cleaner. Every event that causing disturbances in the economy can cause disturbances in comodity market, especially oil and gas. That event known as shock with the characteristics of a ‘black swan’, as an example in the 2011 earthquake in Fukushima, Japan in which causing leaks in nuclear reactor and therefore causing disturbance in the dependencies of nuclear as an energy source; other example is in the 2016 on which within that period crude oil price plummeted below 50 United State of America Dollar per barrel. Those shocks transmit effect to Indonesia as an LNG exporting countries to Japan and other countries di Asia. Due to this, if one would like to predict what will happen to a specific market due to others or due to a certain event reflected by the index market of a certain countries or region, to gain an opportunity, to make a strategy or to take a better action, one would need a tool/method. The method to predict as explained is used in this study, and it is the prediction of a contagion using a local correlation analysis due to certain market index against the Bintuni, Papua Indonesia LNG price as a commodity being trade. The results are the existence of a contagion effect from Japan market index to LNG Price while LNG itself transmit its effect to Indonesian and Philippines market index indirectly. Its siginicance is proven by the  test with each value of 3.7417 on Japanese market index to LNG Price for the analysis of analysis of Estimated correlation coefficients on lowest percentile of 2.5% is higher than the median, 9.2389 on LNG Price to Philippines market index for analysis of Estimated correlation coefficients on lowest percentile of 2.5% is higher than the median, and 6.7935 for analysis of Estimated correlation coefficients on highest percentile of 97.5% is higher than the median, and 2.4986 on LNG Price to Indonesian market index for analysis of Estimated correlation coefficients on lowest percentile of 2.5% is higher than the median and 6.6617 for analysis of Estimated correlation coefficients on highest percentile of 97.5% is higher than the median.

"
2019
T53046
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Cahyo Prasetyo Tri Nugroho
"ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi kelayakan untuk mengkaji keamanan transportasi LNG menggunakan ISO Tank Container dengan moda kapal Kendhaga Nusantara 3. ISO tank kontainer merupakan tanki khusus yang diperuntukkan untuk mengangkut refrigerated gas salah satunya LNG (UN.1972). Properti LNG sebagai cairan kriogenik yang mudah terbakar adalah masalah utama yang berpengaruh terhadap keselamatan transportasi. Proses transportasi dibagi menjadi dua fase yaitu fase bongkar muat kapal dan fase kapal berlayar. Tiap fase dilakukan identifikasi bahaya dengan Formal Safety Assesment digunakan sebagai dasar untuk studi kelayakan ini. Langkah pertama adalah identifikasi bahaya menggunakan HAZID analisis, Risk Assessment Matrix (RAM) digunakan untuk mengidentifikasi tingkat probabilitas dan tingkat keparahan masing-masing skenario kecelakaan yang dibuat dengan pendekatan literatur dan penilaian para ahli atau stakeholder terkait. Akar permasalahan dicari dengan metode Fault tree analysis. Sebagai Langkah berikutnya opsi pengendalian resiko (RCO) dapat dipilih untuk mengurangi resiko dan dampak yang ditimbulkan. Cost and benefit analisis dilakukan untuk melihat efektifitas dari RCO, terakhir rekomendasi dibuat untuk pengambil keputusan.

ABSTRACT
This research is a feasibility study to assess the safety of LNG transportation using ISO Tank Container on Kendhaga Nusantara 3 ships. ISO tank containers are special tanks intended to transport refrigerated gas, one of which is LNG (UN.1972). The property of LNG as a combustible cryogenic liquid is a major problem affecting transportation safety. The transportation process is divided into two phases, the loading and unloading phase and the sailing phase. Each phase of hazard identification will be carried out with a Formal Safety Assessment used as a basis for this feasibility study. The first step is identification of hazards using HAZID analysis, Risk Assessment Matrix (RAM) is used to identify the probability and severity of each accident scenario that is made with a literary approach and the assessment of experts or relevant stakeholders. The root of the problem is sought by the Fault tree analysis method. As a next step the risk control option (RCO) can be chosen to reduce the risks and impacts. Cost and benefit analysis is carried out to see the effectiveness of the RCO, the latest recommendation being made for decision makers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Haidar
"Saat ini gas alam merupakan sumber daya alam dengan cadangan terbesar ketiga di dunia.Gas alam pada awalnya tidak dikonsumsi sebagai sumber energi karena kesulitan dalam hal transportasi namun seiring berkembangnya teknologi mulai adanya produk-produk dari gas alam salah satunya adalah LNG. LNG atau liquefied natural gas adalah gas alam yang dicairkan yang memiliki reduksi volume 1/600 dibandingkan kondisi awal gas alam yang membuat LNG lebih mudah dan aman untuk dibawa dari daerah produksi ke konsumen. Proses pencairan gas alam menjadi LNG disebut liquefaction, gas alam dicairkan hingga suhu-160℃. Pada proses liquefaction ini terdapat heat exchanger atau alat penukar kalor yang merupakan inti dari pencairan gas alam menjadi LNG. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur dan studi lapangan di PT. PGN LNG. Tujuan penilitian ini adalah untuk merancang alat penukar kalor pada proses liquefaction, dengan melihat aspek termodinamik dan aspek mekanik nya. Fluida pada alat penukar kalor adalah gas alam dengan laju aliran 240 MMscfd dan dengan gravitasi spesifik sebesar 0,65. Gas alam sebelum memasuki alat penukar kalor di precooling terlebih dahulu hingga-35℃ dan selanjutnya di cairkan dengan refrigeran pada alat penukar kalor. Perancangan alat penukar kalor ini menggunakan standar TEMA (Turbular Exchanger Manufacturer Association) sebagai acuan mekanik dalam merancang dan menggunakan metode kern untuk perhitungan termal pada alat penukar kalor. Hasil dari penilitian ini adalah dimensi dan juga sketsa rancangan alat penukar kalor

Currently natural gas is a natural resource with the third largest reserves in the world. Natural gas was not initially consumed as an energy source because of difficulties in terms of transportation, but as technology develops, there are products from natural gas, one of which is LNG. LNG is liquefied natural gas which has a volume reduction of 1/600 compared to the initial condition of natural gas which makes LNG easier and safer to carry from the production area to the consumer. The process of liquefying natural gas into LNG is called liquefaction, natural gas is liquefied to -160 ℃. In this liquefaction process there is a heat exchanger which is the core of liquefying natural gas into LNG. This research was conducted by the method of literature study and field studies at PT. PGN LNG. The purpose of this research is to design a heat exchanger in the liquefaction process, by looking at the thermodynamic and mechanical aspects. Fluid in the heat exchanger is natural gas with a flow rate of 240 MMscfd and with a specific gravity of 0.65. Natural gas before entering the heat exchanger is precooled up to -35 ℃ and then liquefied with refrigerant in the heat exchanger. The design of this heat exchanger uses the TEMA (Turbular Exchanger Manufacturer Association) standard as a mechanical reference in designing and using the kern method for thermal calculations on the heat exchanger. The results of this research are the dimensions and also the sketch of the design of the heat exchanger."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Rifqi Faadhiilah
"

Skripsi ini mengkaji alternatif-alternatif perbaikan untuk skema logistik LNG pembangkit listrik PLN di Indonesia Tengah secara ekonomi dengan metode present worth analysis. Alternatif-alternatif yang diuji adalah cara penerapan opsi pilihan untuk menjadikan Makassar sebagai hub regional, yang pertama adalah dengan membangun fasilitas tanki darat (skema 2) dan yang kedua adalah menggunakan metode ship-to-ship transfer (skema 3). Performa ekonomi kondisi yang berjalan dengan Bontang sebagai hub tunggal (skema 1) dan alternatif-alternatif perbaikan diproyeksikan selama periode sembilan tahun dan dihitung dalam bentuk net present value untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua alternatif skema 2 dan 3 lebih menguntungkan bila diterapkan di sembilan tahun kedepan di tengah peningkatan permintaan akan gas alam. Namun, skema 3 adalah skema logistik yang paling baik dalam performa ekonomi karena memberikan nilai NPV yang terbesar. 


This study tests the improvement alternatives for LNG logistic scheme for PLN’s power generation in Central Indonesia economically by using present worth analysis. The alternatives that are different methods used in establishing a regional hub in Makassar. The first method is to build a land storage tank for conventional LNG transfer procedure (scheme 2). The second method is by using ship-to-ship transfer of LNG without a land storage (scheme 3). The alternatives’ economic performances are projected for nine years in the future to know how much each alternative is worth in net present value. Projection results will be compared to base case scenario with Bontang as it’s only hub (scheme 1) and to each other, the comparisons are then analyzed to achieve conclusion. The result suggested that both alternatives scheme 2 and 3 are more profitable than the existing one in nine years projection periods due to increasing global demand for natural gas. However, scheme 3 has the best economic performance because it generates the largest amount of NPV.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadif Wicaksono
"Titik embun hidrokarbon gas alam dapat didefinisikan sebagai titik di mana kondensat hidrokarbon mulai terbentuk. Sangat penting untuk mengetahui kondensasi hidrokarbon cair saat mengangkut gas alam dengan pipa di industri karena keberadaan cairan menyebabkan masalah operasional. Dengan demikian, keakuratan estimasi titik embun hidrokarbon gas alam sangat penting. Estimasi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model termodinamika. Model termodinamika yang paling umum digunakan adalah CEOS dan terutama yang dikeluarkan dari SRK dan PR karena kesederhanaan dan akurasinya. Namun, meski sangat populer, kemampuan SRK dan PR CEOS masih dapat ditingkatkan terutama dalam memprediksi VLE. Pada 2016, Le Guennec et al. mengusulkan versi CEOS mereka dengan mempekerjakan SRK dan PR CEOS tetapi dengan pendekatan α yang berbeda dalam fungsi atraktif dari kedua CEOS. Selanjutnya, pada tahun 2018, Piña‐Martinez et al. meningkatkan kemampuan Le Guennec et al. CEOS yang diusulkan dengan memperbarui parameter dalam persamaan aslinya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini kinerja, Le Guennec et al. modifikasi SRK dan modifikasi PR CEOS dalam mengestimasi titik embun gas alam menggunakan sampel dari Mu & Cui yang mewakili komponen gas alam di Indonesia dievaluasi terhadap SRK, PR CEOS, dan referensi titik embun eksperimental Mu & Cui.

The hydrocarbon dew point of natural gas can be defined as the point where hydrocarbons condensate first begins to form. It is very important to know the condensation of liquid hydrocarbons when transporting natural gas with pipelines in industry as the presence of liquids cause operational problems. Thus, the accuracy of the hydrocarbon dew points of natural gas estimation is of high importance. Such estimation can be done using a thermodynamic model. The most commonly used thermodynamic model is CEOS and especially the ones issued from the SRK and PR due to their simplicity and accuracy. However, although they are very popular, SRK and PR CEOS still has room of improvement especially in predicting VLE. In 2016, Le Guennec et al. proposed their version of CEOS by employing SRK and PR CEOS but with different α approach in the attractive term of both CEOS. Furthermore, in 2018, Piña‐Martinez et al. improves capability of the proposed Le Guennec et al. CEOS by updating the parameters in the original equations. Therefore, in this research, the performance of Le Guennec et al. modified SRK and modified PR CEOS in estimating natural gas dew points using sample from Mu & Cui which represents the component of real natural gas in Indonesia is evaluated against SRK, PR CEOS, and Mu & Cui experimental reference dew points."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Septian Firdaus
"Gempabumi Palu-Donggala-Sigi berkekuatan 7.4 Mw pada 28 September 2018 merusak infrastruktur di permukaan. Gempabumi juga mengakibatkan terjadinya fenomena tanah bergerak yang berperilaku seperti cairan, fenomena ini dinamakan likuifaksi. Selain merusak infrastruktur, likuifaksi juga mengakibatkan tanah mengalami pengurangan kekuatan dalam menahan beban di atas permukaan. Dalam mendeteksi potensi likuifaksi , penelitian ini memfokuskan pada Metode Gravitasi dan Cone Penetration Test (CPT). Pemrosesan data gravitasi dilakukan untuk mendapatkan nilai Gravity Disturbance dan Gradien Gravitasi yang telah terkoreksi udara bebas dan topografi. Pemrosesan data CPT dilakukan untuk mengetahui nilai cyclic stress ration (CRR) dan cyclic resistance ratio (CSR) yang digunakan dalam kalkulasi liquefaction potential index (LPI). Hasil analisis gradien gravitasi memberikan nilai anomali gravitasi rendah yang menggambarkan zona asperitas/lemah sebagai manifestasi dari gempabumi. Zona asperitas divalidasi oleh hasil inversi yang memberikan nilai kontras densitas minimum pada kedalaman yang dangkal. Hasil pengolahan data CPT memberikan informasi kekuatan tanah di 22 titik pengukuran. Saat terjadinya gempa berkekuatan lebih dari 6.0 Mw, potensi likuifaksi semakin meningkat di daerah Palu dan sekitarnya. Dengan nilai gradien gravitasi yang rendah dan nilai LPI > 5, maka area tersebut berada pada kategori tinggi potensi likuifaksi.

The 7.4 Mw Palu-Donggala-Sigi earthquake damaged infrastructure on the surface at September 28, 2018. Earthquake also cause the phenomenon of moving soil that behaves like a liquid, this phenomenon is called liquefaction. In addition to damaging infrastructure, liquefaction also causes the soil to experience a reduction in strength to withstand the above loads. In detecting the potential for liquefaction, this study focuses on the Gravity Method and Cone Penetration Test (CPT). Gravity data processing is carried out to obtain Gravity Disturbance and Gravity Gradient values thaht have been corrected by free air and topography. CPT data processing is carried out to determine the value of cyclic stress ratio (CRR) and cyclic resistance ratio (CSR) used in the calculation of liquefaction potential index (LPI). The results of the gravity gradient analysis provide a low gravity anomaly which describes the asperity/weak zone as a manifestation of an earthquake. The asperity zone is validated by the inversion result which gives a minimum density contrast value at shallow depths. The results of CPT data processing provide information on soil strength at 22 measurement points. When an earthquake measuring more than 6.0 Mw occurs, the potential for liquefaction increases in the Palu area and its surroundings. With a low gravity gradient value and an LPI value > 5, the area is in the high category of liquefaction potential."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lathif Prasetyo
"Perkembangan pemanfaatan gas alam sebagai sumber energi semakin meningkat dengan dorongan bauran energi nasional di indonesia. Pemanfaatan proyek gas alam sebagi energi listrik di indonesia skala besar sudah dimulai dan diimplementasikan. Pengemmbangan pembangkit gas skala kecil saat ini sudah mulai disusun kajian-kajian proyek namun belum ada yang terealisasi. Faktor penting dalam pengembangan LNG skala kecil adalah transportasi laut yang layak sebagai upaya hilirisasi agar gas dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gas pada daerah-daerah direa timur indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mempertajam kajian transportasi gas alam mengunakan SLNGC dengan melakukan optimasi agar kajian yang dilakukan dapat meningkatkan kelayakan proyek SLNGC. Dengan mengambil studi kasus pengankutan gas di wilayh timur indonesia diharapkan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa SLNGC layak untuk direalisasikan dari berbagai aspek kajian. Peneletian ini juga menjelaskan konsep desain kapal yang layak untuk digunakan seperti apa. Dari hasil kajian yang sudah diteliti mendadpatkan bahwa optimasi dapat berdampak cukup signifikan dan berkontriburi banyak dalam meningkatkan kelayakan investasi SLNGC pada studi kasus yang dikaji.

The development of the use of natural gas as an energy source is increasing with the encouragement of the national energy mix in Indonesia. Utilization of natural gas projects as electrical energy in Indonesia on a large scale has been started and implemented. At present, the development of small-scale gas plants has begun to be compiled, but project studies have not yet been realized. An important factor in developing small-scale LNG is creating proper sea transportation as a downstream fleet so that gas can be utilized for gas fulfillment in areas in eastern Indonesia. This writing aims to sharpen the study of natural gas transportation using SLNGC by optimizing so that the studies carried out can increase the feasibility of the SLNGC project by taking a case study of gas transportation in eastern Indonesia, it is hoped that this research will get results that SLNGC is feasible to be realized from various aspects of the study. This research also explains what ship design concepts are suitable for use. From the results of the studies that have been researched, it is found that hull optimization can have a significant impact and contribute a lot in increasing the feasibility of SLNGC investments in the case studies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiqi Giffari
"Adsorbed natural gas ANG adalah teknologi penyimpanan gas bumi yang, berpotensi untuk menjadi teknologi pengangkutan darat dengan skala kecil dan menengah. Oleh karenanya dilakukanlah penelitian ini untuk mengetahui kelayakan teknologi ANG dalam memanfaatkan gas suar bakar yang pada umumnya memiliki volume kecil dan menengah ke sektor pengguna di sekitar sumber gas suar bakar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi pemodelan proses, simulasi pemodelan keekonomian dan optimalisasi kelayakan proyek dengan variabel yang dioptimalisasi antara lain : harga jual ANG, harga gas suar bakar, dan presentase pembiayaan biaya capital oleh pemerintah. Hasil simulasi proses menghasilkan produk ANG dengan rentang 0,32 ndash; 2,97 mmscfd. Sedangkan hasil simulasi kekeonomian menghasilkan interest rate of return IRR dibawah 10 . Namun dengan optimalisasi kelayakan dapat dihasilkan IRR hingga diatas 20.

Adsorbed natural gas ANG is a natural gas storage technology, which potential to be small and medium natural gas transportation technology. Therefore, this study was undertaken to determine the feasibility of ANG technology in the use of gas flaring which generally has a small and medium volume to consument around the source of gas flaring. The method used in this research is the process simulation modeling, economic simulation modeling and optimization of project feasibility with variables include ANG selling price, fuel flare gas price, and percentage of financing of capital cost by the government. The result of process simulation yield ANG product with range 0,32 2,97 mmscfd. While the economic simulation results generate interest rate of return IRR below 10 . However, by optimizing the feasibility, IRR can generate up to over 20 ."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48785
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rachman Hakim
"Daerah regional Jawa Bagian Tengah terdapat permintaan gas bumi sebesar 5,37 MMSCFD, akan tetapi infrastruktur gas bumi pada regional tersebut belum memadai. Sesuai dengan jumlah permintaannya, pilihan yang tepat adalah dengan skema Small Scale LNG (SSLNG) untuk meyalurkan gas hingga konsumen. Peralatan utama SSLNG yang harus ditentukan adalah kapal tanker LNG, receiving terminal LNG, truk LNG, dan regasifikasi. Terdapat tiga pilihan sumber pasokan LNG yaitu, Kilang LNG Bontang, Donggi Senoro, dan Tangguh. Sedangkan lokasi receiving terminal LNG-nya terdapat tiga pilihan: Kendal (pilihan A), Yogyakarta (pilihan B), dan Cilacap (pilihan C). Parameter penting dalam menentukan lokasi adalah optimasi biaya-biaya yang melibatkan jarak tempuh ke konsumen, biaya investasi, dan biaya operasional untuk transportasi kapal LNG dan distribusi LNG menggunakan truk sehingga menghasilkan harga jual gas bumi yang ekonomis di Jawa Bagian Tengah. Hasilnya, sumber pasok dari kilang LNG Bontang dan lokasi receiving terminal LNG pilihan A (Kota Kendal) adalah paling optimal dengan menghasilkan harga jual gas sebesar 7,33 USD/MMBTU dengan hasil nilai NPV sebesar 12.735.354 USD, nilai IRR sebesar 11,62%, dan PBP selama 8,3 tahun. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur dengan skema Small Scale LNG layak untuk dijalankan.

The natural gas demand in the regional Java Midsection reached arround 5,37 MMSCFD, however the infrastructure in this region is inadequate. Small Scale LNG scheme is suitable options to distribute the natural gas to consumer based on the Java Midsection gas demand. Small Scale LNG scheme have some vital main equipment to determined, which is LNG vessel, receiving terminal LNG, LNG truck, and regasification. There are three choices of LNG supply sources, which is Bontang LNG Plant, Donggi Senoro LNG Plant, and Tangguh LNG Plant. Meanwhile There are three options for the receiving terminal LNG site selection, which is Kendal (option A), Yogyakarta (option B), and Cilacap (option C). An important parameter in determining the receiving terminal LNG location is the optimization of cost which involving the distance to consumer, determination of investment cost, and operational cost for transportation of LNG vessel and LNG distribution by truck, so that economical natural gas price in Java Midsection will be determined. As a result, the most optimum LNG source supply is Bontang LNG plant and the most optimum of site selection for LNG receiving terminal is in Kendal City as an option A, which has natural gas price is 7,33 USD/MMBTU, NPV is 12.735.354 USD, IRR value is 11,62%, and PBP for 8,3 years. Thus, infrastructure development for the Small Scale LNG scheme is feasible to run.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T47967
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Anis Hidayah
"

Industri sepeda motor merupakan salah satu pilar penting dalam sektor manufaktur Indonesia, dimana industri sepeda motor yang beroperasi di Indonesia mengalami peningkatan distribusi domestik sepeda motor rata-rata 17% per tahun. Pada industri sepeda motor, proses produksi tidak hanya proses perakitan kendaraan bermotor saja namun juga melakukan proses produksi beberapa komponen yang digunakan dalam kendaraan tersebut diantaranya proses die casting yaitu proses pembuatan komponen kendaraan dengan menggunakan teknik peleburan logam dengan suhu tinggi kemudian dituangkan ke dalam sebuah cetakan dan didinginkan untuk membentuk suatu benda seperti cetakan yang digunakan. Proses die casting diawali dengan tahap peleburan logam aluminium, dimana terjadi proses pembakaran bahan bakar menghasilkan 52-58% gas karbondioksida dan konsumsi energi sebesar 37% dari total keseluruhan emisi karbondioksida pada proses die casting. Pada penelitian ini dibahas mengenai penggantian bahan bakar solar menjadi gas alam dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan jumlah energi panas yang digunakan dari proses pembakaran bahan bakar. Dari hasil penelitian diperoleh emisi karbondioksida turun 954.270 kg/tahun atau 0,90 kg/produk die casting menjadi 675 kg/tahun atau 6,4x10-4 kg/produk die casting. Selain itu dilakukan pula analisis secara keekonomian terkait perbandingan biaya investasi dan konsumsi gas alam menggunakan pipa dan CNG dengan solar. Dari hasil analisa diperoleh hasil bahwa NPV pada jangka waktu operasi selama 10 tahun terdapat selisih keuntungan sebesar 8% untuk penggunaan gas alam pipa dan 15% untuk penggunaan CNG apabila dibandingkan dengan penggunaan solar, sehingga penggunaan CNG dinilai lebih baik dibandingkan pada penggunaan gas alam pipa.

Kata kunci : die casting, emisi karbon dioksida, energi panas, gas alam, keekonomian, solar.


Motorcycle industry is one of important industry in Indonesia, where is this industry increase their distribution to Indonesian people 17% average in a year.  Motorcycle industry not only produce motorcycle by assembling parts but also make production of some component part that used in motorcycle. One of component part production is die casting process. Die casting process is a process to made a part through metal smelting in high temperature then the liquid metal from smelting process poured into a casting and then cooling down until forming part like the casting. The beginning of die casting process is alumunium smelting, where in this process will cause a burning reaction of fuel and produce 52-58% carbon dioxide gas and 37% energy consume from all emission form in this process. In this research, disscussed about fuel change from diesel fuel to natural gas in alumunium die casting process to reduce carbon dioxcide gas emmission dan reduce energy consumption from burning reaction of diesel fuel. From simulation at this research, we got that carbon dioxide gas decrease from 954.270 kg/year atau 0,90 kg/die casting product to 675 kg/year atau 6,4x10-4 kg/die casting product. Not only about that, this research also make a simulation about economic at natural gas pipeline and CNG investation and it will be compared with existing diesel fuel. From our analysis, NPV of natural gas pipeline 8% greater than diesel fuel NPV at 10 years operation and NPV of CNG 15% greater than diesel fuel NPV at the same time operation. So, the conclusion of this research is CNG is better than natural gas pipeline because it can give more profit to this industry.

 

"
2019
T53199
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>