Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175241 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ni Putu Widya Oktavyani
"

Generasi Y yang akrab disapa milenial adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1980 dan 2000. Generasi milenial cenderung memiliki aktivitas yang energik dan memberi kepuasan terhadap diri sendiri seperti olahraga dan bepergian. Preferensi konsumsi mereka cenderung berbasis pengalaman, tren saat ini banyak pengeluaran untuk gaya hidup dan leisure. Generasi milenial sedang menginjak dewasa muda saat ini, oleh karena itu mereka adalah target konsumen besar berikutnya termasuk di pasar perumahan. Konsumen mempertimbangkan lebih dari satu hal dalam proses pembelian rumah, kegiatan mengambil keputusan ini sangat kompleks. Salah satu pertimbangannya adalah faktor fisik, khususnya fasilitas lingkungan. Juga, faktor-faktor ekonomi dan sosial memiliki pengaruh di dalamnya. Di sisi lain, beberapa data menunjukkan bahwa mereka memiliki pendapatan lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata. Dan harga rumah dianggap terlalu tinggi untuk kemampuan mereka saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis fasilitas umum di dalam perumahan yang diinginkan milenial, dan mengkaji pengaruh ketersediaan fasilitas umum terhadap keputusan membeli rumah. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data survei internet melalui penyebaran kuesioner dengan jawaban terbuka, dan metode pengkodean dan tabulasi silang. Secara umum, milenial memiliki preferensi terhadap ruang terbuka, taman, dan lapangan olahraga paling banyak. Dan fasilitas umum masih dianggap penting dan berpengaruh walau pun bukan faktor pertimbangan pertama dalam membeli rumah. Penelitian ini nantinya dapat digunakan untuk membantu menentukan fasilitas umum di perumahan real estat saat perencanaan masterplan.

 


Generation Y familiarly called as Millennials are people who are born between 1980 and 2000. Millennials tend to have energetic activities and gratify themselves such as doing sports and traveling. Their consumption preference is about experience based, the trend has become spending on lifestyle and leisure aspects.  This generation is entering young adults in this age, therefore they are the next big consumer target including in housing markets. Consumers consider more than one thing in the process of housing purchase, a very complex decision making activity. One of the considerations is physical factors, specifically neighborhood facilities. Also, the factors in economy and social have an influence in it. In the other hand, some data indicate that they have less income compared to the average. And the house price is considered too high for their ability at the moment. The aim of this study is to identify the types of neighborhood facilities that are highly prioritized for millennials, and examine the influence of provided neighborhood facilities on the house purchase decision. This study uses internet survey data collection of distributing questionnaire with open ended answers, and coding and cross tabulation methods. In general, millennials have the most preference on open space, parks, and sports field facility. And neighborhood facilities are still considered important and influential even though it is not the first consideration factor in house purchase. This research later can be used to serve as the inspiration to determine neighborhood facilities in housing real estate.

"
2019
T53155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Ismaputri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy terhadap preferensi pilihan investasi pada generasi millennials. Financial literacy pada penelitian ini diukur dengan financial attitude, financial behavior, dan financial knowledge. Preferensi pilihan investasi dilihat melalui minat generasi millennials pada instrumen deposito, emas, properti, reksadana, dan saham. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan risk attitude sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 247 orang dan diolah dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial attitude, financial behaviour, dan financial knowledge tidak berpengaruh pada preferensi pilihan investasi deposito, emas, dan properti. Namun,financial attitude dan financial knowledge berpengaruh terhadap preferensi pilihan investasi reksadana dan saham. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa risk attitude hanya berpengaruh terhadap preferensi pilihan investasi saham serta hanya memoderasi (memperkuat)financial attitude terhadap preferensi pilihan investasi reksadana.

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of financial literacy on millennials investment choice preferences. Financial literacy here is measured by financial attitude, financial behavior, and financial knowledge. Investment choice preferences are seen through the interest of millennials in deposits, gold, property, mutual funds and shares. In addition, this study also uses risk attitude as a moderating variable. This study uses a quantitative method with a number of respondents as many as 247 people and processed by multiple linear regression analysis method. The results of the study show that financial attitude, financial behavior, and financial knowledge have no effect on preference for investment in deposits, gold, and property. However, financial attitude and financial knowledge have an effect on the choice of mutual fund and stock investment choices. In addition, the results of the study show that the risk attitude only affects stock preference investment preferences and only moderates (strengthens) the financial attitude towards mutual fund investment choice preferences."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parulian, Jeremia Tiga
"Persaingan pasar produk fashion yang semakin ketat pada platform e-commerce membuat peran promosi penjualan menjadi semakin penting untuk menarik minat konsumen, salah satunya dengan diskon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pembeli produk fashion terhadap diskon memengaruhi intensi perilaku mereka. Sampel penelitian ini berjumlah 249 orang yang berusia 18-35 tahun dan pernah membeli produk fashion dengan promo diskon melalui platform e-commerce. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan dianalisis dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian yang dilakukan menemukan bahwaprice-quality perception dan smart shopper self-perception memberikan pengaruh langsung terhadap attitude towards discount dan behavioral intention. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa attitude towards discount mampu memberikan pengaruh mediasi dalam hubungan antara price-quality perception dengan behavioral intention serta smart shopper self-perception dengan behavioral intention

The market for fashion products on e-commerce platforms is becoming more competitive. Therefore, the role of sales promotion, such as discount, is even more important to attract consumers. This study aims to find out how the perceptions of fashion product buyers towards discounts influence their behavioral intentions. The sample of this study was 249 people who aged 18-35 years and had purchased fashion products with discount promotions through e-commerce platforms. The research data was collected through online questionnaires and analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This research finds that price-quality perception and smart shopper self-perception has a direct influence on attitude towards discount and behavioral intention. The result of this study also shows that attitude towards discount has a mediating effect on the relationship between price-quality perception and behavioral intention, also on the relationship between smart shopper self-perception and behavioral intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lestuhayu, Anindhita Luky
"Tesis ini membahas mengenai evaluasi dari implementasi kebijakan subsidi perumahan, yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yang diberikan pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mengatasi ketimpangan antara supply dan demand perumahan serta rendahnya keterjangkauan MBR dalam membangun dan membeli rumah. Tesis ini juga melihat pengaruh kebijakan FLPP terhadap tingkat Non-Performing Loans (NPL) PT Bank Tabungan Negara (Persero). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualtitatif dengan menggunakan teori evaluasi kebijakan William N. Dunn dan metode in-depth interview, serta analisis kuantitatif dengan regresi data panel. Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan FLPP telah berjalan dengan baik pada tahun 2015 dan aman untuk dijalankan oleh industri perbankan karena tidak menyebabkan tingkat NPL yang merupakan salah satu indikator kesehatan bank meningkat.

The imbalance between supply and demand of housing during the last decade and low affordability of Low-Income People to build and purchase a house becomes an essential economic issue in the perspective of Public Policy. Based on this issue, this thesis discuss about the evaluation of subsidized housing implementation, named Mortgage Liquidity Facilities in Housing Finance that prompted by Ministry of Public Work and Housing. This thesis also digs deep into
the impact of the aforementioned policy towards Non-Performing Loans ratio at PT Bank Tabungan Negara (Persero). This study employed William N. Dunns theory of evaluating public policy and in-depth interview as its qualitative method, also using panel data regression analysis as quantitative method. The research found that the implementation of FLPP policy has been going well in 2015 and this policy tends to reduce the level of Non-Performing Loans Bank BTN. It means that FLPP policy is safe for banking industry since it did not enhanced NPL level which indicates bank healthiness.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T47022
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yola Rosa Bella Harum Utami, uathor
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas preferensi konsumen yang memilih unit hunian pada
perumahan hijau di Depok, yaitu Perumahan Telaga Golf Sawangan, Tamansari
Puri Bali, dan Greenland Forest Park. Setelah melakukan observasi dengan
residential image method serta studi literatur, ketiga perumahan tersebut belum
secara holistic (menyeluruh) menerapkan parameter hijau pada perumahannya.
Perumahan Telaga Golf telah dihuni 700 keluarga, Puri Bali 700 keluarga, dan
Greenland 300 keluarga. Peneliti mendapatkan 64 responden yang dipilih dengan
menggunakan metode convenience sampling, yaitu 26 responden dari Telaga
Golf, 26 responden dari Puri Bali, dan 12 responden dari Greenland. Dari hasil
wawancara dan kuesioner dapat diketahui bahwa variabel dengan nilai rata-rata
tertinggi adalah kualitas udara lingkungan. Hal ini berarti bahwa hipotesis
“parameter hijau berupa luas ruang terbuka hijau (RTH) berbanding lurus
terhadap besarnya preferensi konsumen untuk memilih unit hunian pada
perumahan hijau” diterima karena RTH juga cukup menjadi pertimbangan
konsumen serta kualitas udara yang dihasilkan berasal dari luasnya RTH pada
perumahan tersebut.
Dengan adanya perbedaan penerapan parameter hijau di setiap perumahan,
juga terjadi perbedaan preferensi responden dengan lokasi perumahan yang
berbeda. Dari 64 responden, terdapat 4 responden dengan penghasilan kurang dari
Rp 5,2 juta per bulan (kelas menengah ke bawah), 19 responden dengan
penghasilan Rp 5,2 juta hingga Rp 12 juta per bulan (kelas menengah), dan 41
responden dengan penghasilan lebih dari Rp 12 juta per bulan. Responden kelas
menengah ke atas memiliki preferensi yang lebih besar terhadap parameter hijau
jika dibandingkan dengan responden kelas menengah dan menengah ke bawah.
Setelah melakukan kalkulasi biaya dengan metode meter persegi (square meter
method) dapat diketahui bahwa harga rumah dan tanah memiliki harga yang lebih
tinggi sebesar 15% dari harga pasar rumah di Depok. Namun konsumen merasa
bahwa harga tersebut sesuai dengan kualitas lingkungan dalam perumahan
tersebut. Dengan penerapan parameter hijau pada proyek perumahannya,
pengembang perumahan juga tetap dapat memperoleh keuntungan dengan bisa
menjual unit huniannya dengan harga yang lebih tinggi walau memerlukan modal
yang cukup besar di awal pelaksanaannya. Selain itu, dengan menggunakan
bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 17
peneliti juga dapat mengetahui bahwa RTH memiliki korelasi terhadap kualitas
udara lingkungan sebesar 71,2 %.

ABSTRACT
This thesis discusses the preferences of consumers who choose a dwelling
unit on green housing in Depok, namely Telaga Golf Sawangan, Tamansari Puri
Bali, and Greenland Forest Park. After observing by residential image method,
they are not applying the green parameter on their housing holistically yet. Telaga
Golf has occupied by 700 families, Puri Bali 700 families, and 300 families in
Greenland. Researcher get 64 respondents that selected using convenience
sampling method, i.e. 26 respondents from Telaga Golf, 26 respondents from Puri
Bali, and 12 respondents from Greenland. From interviews and questionnaires can
be seen that the variable with the highest average score is the environmental air
quality. This means that the hypothesis "green parameters in the form of breadth
green open space is directly proportional to the consumer preferences to choose a
dwelling unit on the green housing" was accepted because green space also
reasonably be considered by consumers as well as the air quality comes from the
breadth of green space in these housing.
With the difference in the application of green parameters in each housing,
there is a difference preferences of respondents with different housing locations as
well. Of the 64 respondents, there are 4 respondents with an income of less than
Rp 5.2 million per month (lower middle class), 19 respondents with an income of
Rp 5.2 million to Rp 12 million per month (middle class), and 41 respondents
with income more than Rp 12 million per month (upper middle class).
Respondents from upper middle class have a greater preference towards green
parameters when compared to middle and lower middle class respondents. After
calculating the cost by square meter method, can be seen that the price of the
house and the land has a higher price of 15% from the market price of a house in
Depok. However, consumers feel that the price is in line with the quality of the
environment in their housing. With the implementation of the green parameter on
housing projects, housing developers also can still get profit by being able to sell
the housing units at a higher price even require substantial capital in the initial
implementation. In addition, by using SPSS (Statistical Package for the Social
Sciences) 17 researcher also know that green space has a correlation to the
environmental air quality by 71.2%, This thesis discusses the preferences of consumers who choose a dwelling
unit on green housing in Depok, namely Telaga Golf Sawangan, Tamansari Puri
Bali, and Greenland Forest Park. After observing by residential image method,
they are not applying the green parameter on their housing holistically yet. Telaga
Golf has occupied by 700 families, Puri Bali 700 families, and 300 families in
Greenland. Researcher get 64 respondents that selected using convenience
sampling method, i.e. 26 respondents from Telaga Golf, 26 respondents from Puri
Bali, and 12 respondents from Greenland. From interviews and questionnaires can
be seen that the variable with the highest average score is the environmental air
quality. This means that the hypothesis "green parameters in the form of breadth
green open space is directly proportional to the consumer preferences to choose a
dwelling unit on the green housing" was accepted because green space also
reasonably be considered by consumers as well as the air quality comes from the
breadth of green space in these housing.
With the difference in the application of green parameters in each housing,
there is a difference preferences of respondents with different housing locations as
well. Of the 64 respondents, there are 4 respondents with an income of less than
Rp 5.2 million per month (lower middle class), 19 respondents with an income of
Rp 5.2 million to Rp 12 million per month (middle class), and 41 respondents
with income more than Rp 12 million per month (upper middle class).
Respondents from upper middle class have a greater preference towards green
parameters when compared to middle and lower middle class respondents. After
calculating the cost by square meter method, can be seen that the price of the
house and the land has a higher price of 15% from the market price of a house in
Depok. However, consumers feel that the price is in line with the quality of the
environment in their housing. With the implementation of the green parameter on
housing projects, housing developers also can still get profit by being able to sell
the housing units at a higher price even require substantial capital in the initial
implementation. In addition, by using SPSS (Statistical Package for the Social
Sciences) 17 researcher also know that green space has a correlation to the
environmental air quality by 71.2%]"
2015
T43950
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savitri Islamiana Putri
"Kebutuhan akan perumahan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk dapat dipenuhi sebagai tempat tinggal. Dalam praktiknya, penjualan rumah oleh pelaku usaha developer dilakukan sebelum rumah tersebut selesai dibangun dengan melalui pesanan terlebih dahulu. Pembelian rumah yang melalui pesanan akan dituangkan ke dalam perjanjian jual beli perumahan, yang dikenal dengan sebutan Perjanjian Pengikatan Jual Beli PPJB antara pelaku usaha dan konsumen. Perjanjian jual beli perumahan ini merupakan kesepakatan yang dijadikan pedoman dalam proses pembangunan rumah untuk saling memenuhi hak dan kewajiban dari masing-masing pihak sebagaimana yang diperjanjikan.
Akan tetapi, dalam pelaksanaannya ternyata developer wanprestasi untuk membangun rumah yang dipesan oleh konsumennya yaitu berupa keterlambatan dalam serah terima rumah yang tidak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, seperti yang terjadi pada kasus yang menjadi topik dalam penelitian ini. Oleh karena janji-janji yang tidak kunjung dipenuhi dan juga timbul masalah karena perbuatan developer maka pembeli akhirnya mengadukan pelaku usaha tersebut ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen BPSK Tangerang Selatan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah yuridis normatif.
Hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa pelaku usaha telah melanggar ketentuan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen UUPK , Undang-Undang Perumahan dan Kawasan Permukiman, KEPMENPERA tentang Pedoman Pengikatan Jual Beli Rumah; Dalam PPJB Perumahan Discovery Eola Bintaro ini terdapat klausula baku yang melanggar ketentuan Pasal 18 ayat 1 UUPK; dan Berdasarkan pelanggaran yang dilakukan oleh developer selaku pelaku usaha terhadap perjanjian jual beli perumahan yang menyebabkan kerugian dapat diminta pertanggungjawaban berupa tanggung jawab perdata maupun pidana.Kata Kunci: Pelindungan Konsumen, Perjanjian Jual Beli Perumahan, Perjanjian Pengikatan Jual Beli Rumah, Konsumen, Pelaku Usaha, Keterlambatan Serah Terima Rumah.

The need for housing is a basic human needs to be met as a residence. In practice, the sale of house by developer carried out before the house was completed through advance orders. House purchases through orders will be submitted into the housing purchase and sale agreement, that is known as the house preliminary sale and purchase agreement PPJB between businesses developer and consumers. Residential purchase and sale agreement is an agreement that is used as guidelines in the construction process to fulfill the rights and obligations mutually of each party as agreed.
However, in practice the developer default to build a house that was ordered by the consumer in the form of a delay in the handover of the house that does not comply with the agreements that have been agreed upon, as occured in the case as subject of this research. Because of promises not being fulfilled and problem appear caused by developer, then finally consumer denounce the business actors to Consumer Dispute Settlement Board BPSK South Tangerang. The research method in this case is juridical normative.
The results of this research concluded that businesses have violated the provisions of Law No. 8 Year 1999 about Consumer Protection, Law No. 1 Year 2011 about Housing and Neighborhoods, KEPMENPERA on Guidelines for the Sale and Purchase of House Housing PPJB Discovery Eola in Bintaro, there are standard clauses that violate the provisions of Article 18 paragraph 1 of Law No. 8 Year 1999 and Based on the violations committed by developers as businesses towards the purchase agreement the housing that causes the loss can be held accountable in the form of civil or criminal liability.Keywords Consumer Protection, The Sale and Purchase Agreement, Consumer, Business Communities, Delay Handover Building."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S66807
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melia Surghani
"Industri kreatif dalam pembuatan produk kerajinan perhiasan logam selain emas mulai menarik perhatian pelaku industri. Hal ini akan memperketat persaingan untuk mendapatkan market share. Untuk menyikapi persaingan yang semakin tinggi, pelaku industri perlu mengetahui lebih mendalam mengenai konsumen yang membeli produk perhiasan logam selain emas. Keputusan untuk membeli suatu produk didasari oleh pengetahuan, evaluasi dan atribut produk. Pada penelitian ini ingin diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap perhiasan logam selain emas, dengan melakukan survei terhadap 90 responden yang sudah pernah membeli dan mengolah data yang diperoleh dengan factor analysis dan cluster analysis menggunakan SPSS. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap perhiasan logam selain emas yaitu faktor durability, faktor aesthetics, faktor workmanship, dan faktor value.

Creative industries in the making of metals jewelry besides gold began to attract the attention of industry players. This will tighten the competition to gain market share. To address the ever-increasing competition, industry players need to know more about the consumers who buy products metals jewelry besides gold. The decision to buy a product based on knowledge, evaluation and product attributes. This study wanted to find out the factors that influence consumers' purchasing decisions on metals jewelry besides gold, by conducting a survey of 90 respondents who had ever bought and procesing collected data by factor analysis and cluster analysis using SPSS. There are four factors that influence consumers purchasing decisions on metals jewelry besides gold. Those are durability, aesthetics, workmanship, and value factors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Paramita Said
"Penelitian ini ingin menguji peranan kelas sosial dari konsumen lain terhadap teori consumer contamination, power distance konsumen sebagai variabel moderator dan rasa jijik terhadap produk yang telah dicoba oleh konsumen lain sebagai variabel mediator. Power distance diukur dengan skala power distance (Hofstede & Hofstede, 2005; Meirina, 2006). Partisipan diberi skenario mengenai berbelanja produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial tinggi dan rendah. Kemudian partisipan diminta untuk memberikan evaluasi terhadap produk tersebut, seberapa besar intensi membeli, serta menyatakan ada atau tidaknya rasa jijik pada produk tersebut.
Penelitian pada 170 partisipan membuktikan bahwa sikap terhadap produk (evaluasi dan intensi membeli) menjadi lebih negatif pada produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial rendah daripada kelas sosial tinggi. Pada power distance tinggi dan rendah, tidak terdapat perbedaan pada evaluasi produk dan intensi membeli produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial rendah maupun tinggi. Rasa jijik ternyata tidak ditimbulkan oleh perbedaan kelas sosial konsumen lain yang telah mencoba produk. Dengan demikian, rasa jijik tidak memperantarai pengaruh antara konsumen lain dari kelas sosial rendah terhadap evaluasi produk dan intensi membeli.

The objective of this study was to examine the role of others' social class toward theory of consumer contamination, power distance as moderator variable and disgust on product tried by others as mediator variable. Power distance was measured by power distance scale (Hofstede & Hofstede, 2005; Meirina, 2006). Participants were asked to read scenario about shopping on product tried by others from high social class and low social class. After that, participants were expected to give evaluation, how likely to buy, and the salience of disgust on that product.
The result from 170 participants shows that attitude toward product (product evaluation and purchase intention) become more negative if the product had tried by others from low social class than high social class. There is no difference on product evaluation and purchase intention between participants with high and low power distance. Disgust is not elicited by others' social class who had tried on that product. Hence, disgust does not mediate the influence between low social class consumers toward product evaluation and purchase intention.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
658.834 2 SAI p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jesivinica Christy Santoso
"Penggunaan Influencer Instagram di Indonesia menjadi menarik untuk diteliti mengingat Indonesia adalah negara heterogen yang terdiri dari sangat banyak etnis dan budaya yang mana sangat mungkin terjadi fenomena ingroup bias. Fenomena ini dapat dijelaskan oleh Social Identity Theory yang dikemukakan oleh Tajfel dan Turner (1986) dimana dikatakan bahwa semakin seseorang terasosiasi dengan kelompoknya, maka akan semakin bias juga perlakuan dan persepsi seseorang terhadap anggota dari kelompok lain. Peneliti menguji peran identitas etnis konsumen sebagai moderator hubungan identitas sosial influencer (Ingroup/Outgroup) dan intensi membeli. Partisipan terdiri dari mahasiswa dan karyawan dari berbagai instansi (N=316) diuji menggunakan versi Bahasa Indonesia dari Purchase Intention Scale dan Multigroup Ethnic Identity Measurement – Revised (MEIM-R) untuk melihat tingkat intensi membeli dan identitas etnis konsumen secara berurutan. PROCESS oleh Hayes (2020) digunakan untuk menguji peran moderasi identitas etnis. Analisis statistik menunjukkan bahwa identitas etnis konsumen tidak memoderasi hubungan identitas sosial influencer (Ingroup/Outgroup) dan intensi membeli. Diskusi dan saran penelitian dibahas di bagian akhir makalah.

The usage of Influencer Instagram in Indonesia is a very interesting topic to be examined since Indonesia is a heterogenic country consisting of various ethnicities and cultures which supports the ingroup bias phenomenon to occur. This phenomenon can be explained by Social Identity Theory proposed by Tajfel and Turner (1986) which states that the more a person affiliated to a group, the more he/she is biased towards members of other groups. Current study examined the role of consumer’s ethnic identity as the moderator of the relationship between influencers social identity (Ingroup/Outgroup) and purchase intention. Participants consist of students and employees (N=316) were tested using the Indonesian version of Purchase Intention Scale and Multigroup Ethnic Identity Measurement – Revised (MEIM-R) to see the value of purchase intention and consumers ethnic identity respectively. PROCESS by Hayes (2020) was used to examine the moderating role of consumer’s ethnic identity. Statistical analysis shows that consumers ethnic identity doesnt moderate the relationship between influencer’s social identity (Ingroup/Ougroup) and purchase intention. Discussion and research suggestions are discussed at the end of the paper.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Akmal Farraz
"Gen Y merupakan kelompok usia dengan rentang 20-39 tahun dan merupakan generasi terbesar pada wilayah perkotaan di Indonesia. Dengan jumlah penduduk terbesar, pasar perumahan mulai melirik generasi ini dengan menghadirkan rumah yang sesuai preferensi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya hidup Gen Y terhadap preferensi perumahan dengan ruang lingkup penelitian di Kota Depok. Dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif, hasil penelitian menemukan bahwa Gen Y yang telah berkeluarga dan memiliki anak adalah kelompok yang paling dipengaruhi oleh gaya hidup saat menentukan preferensi rumah. Hasil penelitian ini turut menunjukkan bahwa terdapat paradoks gaya hidup antara dua kelompok, yakni Gen Y junior dan Gen Y senior karena dipengaruhi oleh lokasi perumahan dan aksesibilitas terhadap fasilitas pendidikan.

Gen Y is the age group with a range of 20-39 years and now is the largest generation in urban areas in Indonesia. As a result of their proportion to the urban population structure, the housing market has started to provide housing based on their preferences. This study aims to analyze the Gen Y lifestyle towards housing preferences with the scope of research in Depok City. Conducted with mixed methods, quantitative and qualitative research, the results of the study found that Gen Y who are married and are parents were the groups most affected by lifestyle when determining their housing preferences. The results of this study also showed that there is a lifestyle paradox between the two groups,Gen Y junior and Gen Y senior which affected by housing location and accessibility to educational facilities."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T53522
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>