Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176964 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hilda Intan Budi Permatahati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Mediated Learning Experience (MLE) untuk meningkatkan kualitas interaksi ibu dan anak usia 3 hingga 4 tahun pada keluarga miskin. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimental, one group pre-test and post-test design. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini ialah pelatihan yang dilakukan selama 5 hari. Penelitian dilakukan di daerah Kranggan, Bekasi dengan subjek penelitian ibu dengan kondisi keluarga miskin yang memiliki anak usia 3-4 tahun, berjumlah 8 orang. Data observasi diperoleh melalui total skor alat ukur MLERS pada pre-test, post-test 1 dan follow up yang juga direkam dalam bentuk video. Selanjutnya, untuk memperkaya hasil penelitian, dilakukan wawancara pada seluruh subjek. Hasil uji beda Wilcoxon signed-rank test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas interaksi ibu dan anak usia 3 - 4 tahun pada keluarga miskin. Selanjutnya, hasil follow up menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05), yang berarti bahwa tidak terdapat perubahan kualitas interaksi yang signifikan pada ibu dan anak usia 3 - 4 tahun pada keluarga miskin. Hasil lebih terinci didiskusikan.

This study aims to determine the application of the Mediated Learning Experience (MLE) method to improve the quality of interactions between mothers and children aged 3 to 4 years in poor families. The design of this study was quasi-experimental, one group pre-test and post-test design. Interventions in this study by conducting training for 5 days. The study was conducted in the Kranggan area, Bekasi with 8 subjects with poor family conditions that have children aged 3-4 years. Observation data were obtained through the total score of the MLERS gauge in the pre-test, post-test 1 and follow-up tests which were also recorded with video cameras. Furthermore, to enrich the results of the study, interviews were conducted on all subjects. The results of the different Wilcoxon signed-rank test showed that there were significant differences (p <0.05), which meant there were significant differences in the quality of interactions between mothers and children aged 3-4 years in poor families. Furthermore, the follow-up test results showed no significant differences (p> 0.05), which meant that there were no significant changes in the quality of interactions between mothers and children aged 3-4 years in poor families. More detailed results are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T52910
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Tiatri
"Penelitian ini bertolak dari adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan dengan kenyataan dalam pendidikan dasar di Indonesia, yaitu kurangnya penguasaan materi pelajaran dasar. Pentingnya penguasaan materi pelajaran khususnya Matematika dan Bahasa Indonesia membuat pengkajian terhadap faktor-faktor yang berperan terhadap prestasi belajar menjadi perlu. Dua faktor yang diteliti adalah faktor corak interaksi gurusiswa dan motivasi berprestasi. Secara teoritis, kedua hal tersebut berperan terhadap prestasi belajar.
Dalam penelitian ini dikaji peran corak interaksi guru-siswa yang dipandang dari sudut penerapan prinsip Mediated Learning Experience (MLE) oleh guru terhadap prestasi belajar siswa, peran motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar, dan kaitan antara penerapan prinsip MLE oleh guru dengan motivasi berprestasi siswa. Sampel penelitian adalah para siswa kelas lima di enam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grogol Petamburan sebanyak 50 siswa, yang ditetapkan melalui teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan melalui skala yang disusun sendiri oleh peneliti. Data yang diperoleh diolah dengan program komputer SPSS, menggunakan analisis regresi dan korelasi Pearson (Pearson Product Moment Correlation).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip MLE oleh guru tidak berperan signifikan terhadap prestasi belajar. Namun, dalam hal ini perlu dicatat bahwa penelitian ini mengukur penerapan MLE yang dilakukan secara alami, bukan mengukur hasil suatu intervensi yang terstruktur, intensif dan bertarget. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berperan terhadap prestasi belajar, khususnya Matematika. Penerapan prinsip MLE oleh guru dan motivasi berprestasi pun ditemukan memiliki korelasi yang cukup kuat. Di lain pihak, ditemukan hasil bahwa penerapan prinsip MLE dan motivasi berprestasi secara bersama-sama tidak memiliki peran yang signifikan terhadap prestasi belajar.
Walau tidak ditemukan peran yang signifikan dari penerapan prinsip MLE oleh guru terhadap prestasi belajar, ditemukan hubungan yang signifikan antara penerapan prinsip MLE oleh guru dengan motivasi berprestasi siswa. Motivasi berprestasi ini pada gilirannya berperan terhadap prestasi belajar. Karena itulah peneliti tetap menyarankan agar prinsip-prinsip MLE tetap dikaji dan dikuasai oleh para guru, digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan kognitif para siswa, dan sebagai cara mempengaruhi motivasi berprestasi siswa.
Saran untuk penelitian selanjutnya, agar dilakukan pengkajian terhadap peran penerapan prinsip MLE, dengan MLE yang dilaksanakan melalui intervensi yang terstruktur, intensif, bertarget. Disarankan juga agar menggunakan metode kualitatif, dan pengkajian peran penerapan prinsip MLE terhadap variabel tujuan pendidikan lainnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
T37947
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hermito Gidion
"Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan interaksi pengasuh dengan anak dalam kegiatan menggosok gigi melalui program Mediated Learning Experience(MLE).Program Mediated Learning Experience(MLE) menitikberatkan pada pengalaman belajar melalui mediasi dan proses komunikasi secara aktif antara pengasuh dengan anak untuk membangun interaksi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental one grouppre-test dan post-testdesign. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak empatorang dengan kriteria penelitian adalah pengasuh anak yang memiliki anak asuh usia 3-4 tahun, tinggal di wilayah Jabodetabek. Interaksi pengasuh dengan anak diukur menggunakan analisis statistik non parametrik Wilcoxon Signed-Ranks Test. Perbandingan hasil pre-testmenunjukkan (M=1.50; SD=1.00) dan post-test(M=10.50; SD=10.00) Menunjukkan skor yang signifikan yaitu Z = -2.000, dan P-value (Asymp. Sig 2 Tailed)sebesar 0,046, nilai ini kurang dari angka batas kritis penelitian sebesar 0.05. Artinya terdapat peningkatan yang signifikanpada interaksi pengasuh anak dalam kegiatan menggosok gigi setelah diberikan intervensi dengan menggunakan program Mediated Learning Experience(MLE).

This study aims to increase interaction between caregiver with children in brushing their teeth through the Mediated Learning Experience (MLE) program. The Mediated Learning Experience (MLE) program which focuses on learning experiences through mediation and active communication processes between caregivers and children to build interactions. This study used a quasi-experimental method one group pre-test and post-test design, with fourpartisipants. The criterion of partisipants are caregivers having children aged 3-4 years old, and lives in Jabodetabek. Caregiver interaction with children were measured using the non-parametric statistical analysis test Wilcoxon Signed-Ranks Test. . The comparison of the results of the pre-test shows (M = 1.50; SD = 1.00) and the post-test (M = 10.50; SD = 10.00) shows a significant score, namely Z = -2,000, and the P-value (Asymp. Sig 2 Tailed) of 0.046, This score is less than critical research limit value of 0.05 It meansthat there is a significant increase in the caregiver’s interactions in brushing their teeth after being given the intervention using the Mediated Learning Experience (MLE) program."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Kusumaningrum
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Mediated Learning Experience (MLE) yang diberikan melalui pelatihan kepada pengasuh anak efektif mengubah perilaku pengasuh anak dalam kegiatan pemberian makan yang berkualitas pada anak usia 3 hingga 4 tahun. Metode Mediated Learning Experience (MLE) merupakan metode yang mengajarkan berbagai keterampilan kepada anak melalui peningkatan interaksi antara mediator dan anak serta penggunaan berbagai pengalaman sebagai media bagi anak untuk mencapai tingkat pemahaman yang lebih baik (Klein, 1996). Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest/posttest design. Manipulasi yang akan dilakukan terhadap variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian metode MLE dalam konteks kegiatan pemberian makan pada anak usia 3 hingga 4 tahun melalui pelatihan. Materi yang diberikan pada pelatihan kegiatan pemberian makan yang berkualitas pada anak usia 3 hingga 4 tahun adalah karakteristik anak usia 3 hingga 4 tahun, fungsi makanan sehat, dan MLE dalam konteks mengenai kegiatan makan yang berkualitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari metode kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan Tes Wilcoxon. Hasil analisis data kuantitatif dihitung dengan menggunakan alat ukur MLERS dan kuesioner yang diisi oleh orang tua anak. Kedua perhitungan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi (p<0.05), artinya metode MLE efektif untuk meningkatkan kegiatan pemberian makan yang berkualitas oleh pengasuh pada anak usia 3 - 4 tahun.

Abstract
The purpose of this study is to examine whether Mediated Learning Experience (MLE) method that given through training for child caregiver can change caregiver habit in children 3 to 4 years old feeding activity. Mediated Learning Experience (MLE) is a method to teach many skill in children through interaction between caregiver and child, and also the use of experience as a medium for child to achieve a better understanding level (Klein, 1996.This research study use one group pretest/posttest design. Manipulation is made for the independent variable, the giving of MLE?s method in the context of 3 to 4 years old children feeding activity through the training. The materials are: the characteristics of 3 to 4 years old child; the benefit of healthy food; and MLE method in the context of qualified feeding activity. Data was analyzed using the combination of qualitative and quantitative method, using Wilcoxon Test. Data was assessed by Mediated Learning Experience Rating Scale (MLERS and questionnaire for parents. Both of them shown that there were significant difference before and after intervention (p<0.05).
"
2012
T30479
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Betti Astriani
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas teknik Mediated
Learning Experience (MLE) dalam meningkatkan kualitas interaksi pengasuh
dengan anak usia 24 - 36 bulan saat kegiatan berpakaian melalui pelatihan yang
dilakukan. Penelitian ini menggunakan pretest and post-test design. Peneliti
melakukan dua kali pengambilan data terhadap subjek (pengasuh anak) pada saat
sebelum pelatihan dan setelah pelatihan dengan metode observasi. Pelatihan yang
dilakukan menggunakan beberapa metode yaitu ceramah, diskusi, brainstorming,
dan roleplay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik MLE efektif
meningkatkan kualitas interaksi pengasuh dengan anak usia 24 ? 36 bulan saat
kegiatan berpakaian. Hasil uji statistik Wilcoxon Signed-Ranks Test menunjukkan
perbedaan yang signifikan dari skor hasil pretest dan post-test sebesar p = 0,039
(p<0,05).

Abstract
The objective of the research is to observe effectiveness of the Mediated Learning
Experience (MLE) technique in increasing interaction the caregiver with children
aged 24-36 months during dressed activity. The study employed pre-test and posttest
design. The data on the subject (i.e. caregiver) was taken twice, i.e. before
and after training by observation method. Training was conducted through
several methods comprising lecture, discussion, brainstorming and role play. The
findings indicated that MLE technique was effective in increasing quality of
interaction between caregiver and children aged 24 - 36 months during dressed
activity. Statistical Wilcoxon Signed-Ranks Test showed significant difference
from the pre-test and post-test scores by the value of p = 0,039 (p<0,05)."
2012
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wanda KInasih
"Autisme merupakan disabilitas dengan pertumbuhan terbesar di Amerika Serikat yaitu 10–17% per tahun. Di Indonesia pada tahun 2010, jumlah penderita autisme mencapai 2,4 juta orang. Anak autis memiliki kelemahan utama pada kemampuan komunikasi, sehingga seringkali lambat dalam menyerap pengetahuan dan berbagai kemampuan penting lainnya. Kartu bergambar merupakan salah satu alat yang digunakan oleh terapis atau orang tua untuk melatih anak autis berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang fleksibel dalam membantu terapis dan orang tua dalam mengajarkan kemampuan dasar berbahasa pada anak autis dengan metode ABA, serta mengidentifikasi kinerja aplikasi dalam membantu anak autis belajar bahasa. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan melakukan eksperimen pada anak autis yang menggunakan aplikasi dalam 4 environment berbeda, dengan perbedaan ukuran gambar dan pemberian feedback pada setiap environment. Aspek lain yang diteliti adalah kinerja aplikasi dalam membantu anak autis belajar melalui usability testing. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan reward animasi dengan kedua ukuran gambar cocok untuk kegiatan belajar anak. Aplikasi juga dapat memenuhi semua kriteria usability testing untuk 4 dari 8 anak. Sebanyak 2 anak masih memiliki kekurangan di kemampuan menggunakan komputer, 2 anak yang lain masih memiliki kekurangan di kemampuan menggunakan komputer dan atensi belajar.

Autism is a disability with the greatest growth in the United States, 10-17% in one year. In Indonesia, in 2010, the number of people with autism has reached 2.4 million. Children with autism have a major weakness in communication skills, so they often slow in getting new,retain knowledge and various other important skills. Picture cards is one of the tools used by therapists or parents to help children with autism to communicate. This research aims to develop a flexible application that helps therapists and parents in teaching early language for autistic child with ABA method, and identify the application performance in helping children. The required data is obtained by performing experiments on children that use application through usability testing. Based on the results of the data analysis, it is concluded that the animated reward with both size of pictures is suitable for children’s learning activities. Application can also meet all the criteria of usability testing for 4 of 8 children. While 2 children are still lacking in computer ability, and 2 others are lacking in computer ability and attention in learning."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Chandra
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kealamian media terhadap motivasi belajar siswa di Kementerian PUPR, dengan fokus pada pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) bidang Jalan dan Jembatan. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Naturalness Theory (Teori Kealamian Media), yang menekankan pada sejauh mana media komunikasi mencocokkan cara alami manusia berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei terhadap 54 alumni peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kealamian media memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar, terutama melalui variabel dependen kealamian media yang diukur dengan upaya kognitif. Koefisien beta sebesar -0,454** menunjukkan hubungan negatif yang kuat antara kealamian media dan upaya kognitif, sehingga semakin tinggi tingkat kealamian media maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Meskipun demikian, temuan penelitian juga mencatat bahwa kealamian media tidak memiliki dampak signifikan terhadap upaya kognitif dan ambiguitas komunikasi. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti efek adaptasi kompensasi terhadap media elektronik. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta pelatihan cenderung telah menyesuaikan diri secara berkelanjutan dengan media yang digunakan. Implikasi penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi Kementerian PUPR dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih alami, meningkatkan motivasi belajar, dan mempertahankan adaptasi positif terhadap media.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kealamian media terhadap motivasi belajar siswa di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, khususnya dengan fokus pada Pejabat Inti Satuan Kerja Jalan dan Jembatan (PISK). Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Naturalness Theory (MNT), yang menekankan sejauh mana media komunikasi selaras dengan cara alami manusia berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei yang melibatkan 54 alumni program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kealamian media berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, khususnya melalui variabel terikat kealamian media yang diukur dengan upaya kognitif. Koefisien beta sebesar -0,454** menunjukkan adanya hubungan negatif yang kuat antara kealamian media dengan upaya kognitif, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kealamian media maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Namun, penelitian ini juga mencatat bahwa kealamian media tidak memiliki dampak signifikan terhadap upaya kognitif dan ambiguitas komunikasi. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti efek adaptasi kompensasi terkait media elektronik. Hal ini menunjukkan bahwa peserta pelatihan kemungkinan besar terus beradaptasi dengan media yang digunakan. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga bagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih natural, meningkatkan motivasi belajar, dan menjaga adaptasi positif terhadap media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Henry Fransius
"Tesis ini membahas mengenai optimalisasi tahapan evaluasi dan pembelajaran dalam penerapan manajemen kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.Sifat penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Soft System Methodology (SSM).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu usulan/rekomendasi aktivitas yang logis dan diterima secara budaya dalam rangka perbaikan, penyempurnaan dan perubahan situasi problematis yang dialami Kabupaten Bangka Tengah terkait dengan optimalisasi tahapan evaluasi dan pembelajaran dalam penerapan manajemen kinerja.Rekomendasi yang dihasilkan adalah berupa aktivitas logis dalam tahapan evaluasi dan pembelajaran organisasi berupa : (1) Single-Loop Learning, (2) Double-Loop Learning, dan (3) Triple-Loop Learning;This thesis observes the optimization of evaluation and learning process for performance management on Kabupaten Bangka Tengah. The observation is qualitative research using of Soft System Methodology (SSM). The objective of observation is recommend systematic desirable and culturally acceptable activities to fixed, completed, and changed problematic situation on Kabupaten Bangka Tengah according to optimization evaluation and learning process for performance management. The recommendations of this research is logic activity of evaluation and learning process on:(1) Single-Loop Learning, (2) Double-Loop Learning, dan (3) Triple-Loop Learning

This thesis observes the optimization of evaluation and learning process for performance management on Kabupaten Bangka Tengah. The observation is qualitative research using of Soft System Methodology (SSM). The objective of observation is recommend systematic desirable and culturally acceptable activities to fixed, completed, and changed problematic situation on Kabupaten Bangka Tengah according to optimization evaluation and learning process for performance management. The recommendations of this research is logic activity of evaluation and learning process on:(1) Single-Loop Learning, (2) Double-Loop Learning, dan (3) Triple-Loop Learning"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Netrianda Heryadi
"Pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk dapat merasakan pengalaman belajar yang optimal atau flow experience. Penelitian korelasional ini hendak melihat hubungan mindfulness dan flow experience pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring, serta peran mediasi dari fleksibilitas kognitif terhadap hubungan tersebut. Hasil penelitian pada mahasiswa (N=407) menggunakan alat ukur EduFlow-2, CFI, dan MAAS menunjukkan bahwa mindfulness berhubungan positif dengan flow experience (β = 0,14, SE = 0,04, t = 3,43, p<0.01, CI = [0,06-0,22) dan fleksibilitas kognitif memediasi hubungan keduanya secara parsial (β = 0,05, SE = 0,02, p<0.01, CI = [0,02-0,09]). Temuan ini membuktikan bahwa fleksibilitas kognitif memediasi hubungan mindfulness dan flow experience, namun hubungan tersebut dapat dipertahankan tanpa peran dari fleksibilitas kognitif
Due to the Covid-19 pandemic, learning is carried out online, and it challenges students to be able to experience an optimal learning experience or flow experience. This correlational study aims to identify the relationship between mindfulness and flow experience in students undergoing online learning and the mediating role of cognitive flexibility in this relationship. Involved a total of 407 college students, this study used the EduFlow-2, CFI, and MAAS measuring instruments showing that mindfulness is positively related to flow experience (β = 0.14, SE = 0.04, t = 3.43, p<0.01, CI = [0.06-0.22) and cognitive flexibility partially mediates the relationship between the two (β = 0.05, SE = 0.02, p<0.01, CI = [0.02-0.09]). These findings prove that cognitive flexibility mediates the relationship between mindfulness and flow experience, but the relationship can be maintained without the role of cognitive flexibility."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Justine Kirana
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor berdasarkan teori signaling dalam pengaruhnya terhadap kesuksesan proyek reward-based crowdfunding yang ada di ASEAN Member States (AMS) dalam periode Januari 2018 hingga Februari 2020 dengan menggunakan 489 sampel proyek reward-based crowdfunding yang menempati 5 industri teratas pada platform Kickstarter. Peneliti menggunakan estimasi regresi logistik di mana proksi-proksi yang diuji terbukti memiliki pengaruh signifikan atas kesuksesan kampanye crowdfunding. Terdapat 8 variabel faktor signaling yang digunakan yaitu jumlah target pendanaan, durasi kampanye, jumlah dukungan yang diberikan, jumlah video, jumlah kata deskripsi, kehadiran situs web eksternal, entri FAQ, jumlah pembaruan, dan presentasi pada indeks popularitas yang digunakan untuk melihat pengaruhnya terhadap kesuksesan kampanye crowdfunding.

ABSTRACT
This study aims to determine factors based on signaling theory on the success of reward-based crowdfunding projects in the ASEAN Member States (AMS) using 489 project samples that occupy the top 5 industries on the Kickstarter platform for the period of January 2018 to February 2020. The researcher uses binary logistic regression estimation where the proxies tested are found to have significant influence on the success of the crowdfunding campaign. This study uses 8 signaling factor variables, which are funding goal, campaign duration, number of project backings, number of videos, number of description words, presence of external website, FAQ entries, number of updates, and presentation on the popularity index to determine their influence on the success of crowdfunding campaign."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>