Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 36436 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
"Dyslexia merupakan kesulitan belajar khusus daiam membaca. Kegiatan
membaca merupakan kegiatan yang penting untuk dikuasai, agar dapat
berprestasi di sekolah. Namun kegiatan ini juga merupakan suatu proses yang
kompleks, meialui tahap-tahap tertentu. Gangguan pada tabap terlentu akan
dapat membuat seorang anak mengalami kesulitan dalam membaca. Gangguan
ini dapat terjadi pada kemampuan persepsi visual, auditori-linguistik, maupun
kombinasi dari keduanya. Gangguan persepsi visual merupakan gangguan
tabap awal yang dapat segera dideteksi. Salah satu alatukur untuk mengukur
kemampuan ini adalah Tes Bender Gestalt. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan perkembangan persepsi visual seorang anak, yang tclab
didiagnosa Dyslexia, yang terukur oleh Tes Bender Gestalt Berdasarkan babwa
setelahbersekolah di sekolab khusus, anak akan mendapat berbagai remedial
dan terapi untuk mengatasi kesulitannya, antara lain kesulitan persepsi visual,
maka diasumsikan setelah bersekolah di SD Khusus akan terjadi peningkatan
kemampuan persepsi visual. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya Skor tota)
Tes Bender. Ternyata dari 3 subyek yang diteliti, hanya I subyek yang
memperlihatkan peningkatan kemampuan persepsi visual, sedangkan 2 lainnya
masih memperlihatkan kesulitan yang sama dengan hasil tes mereka l-1 %
rabun yang lampau."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T37960
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: John Wiley & Sons, 2002
372.43 DYS
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jennings, Paul
Bandung: Mizan Learning Center, 2006
028.53 JEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Tri Mawarni
"The urban area is synonymous with rapid development in all aspects of life, an impact on the culture of young people, including the activity in their spare time. Cultures that are typical of
today's youth is the activity of reading that has been chosen by
them to spend their spare time. Reading the many chosen by this young man was popular reading, but in the midst of an
increasingly popular reading masive still a young boy who enjoyed reading old literature, especially novels. Those who are still fond of the old literary novels are young people who are
members of the Student Organisation Extra Campus (OMEK).
Many people feel dificult when reading old literature but youth people who like old literature not feel it. They get satisfied, that
is why they like it his genre. Difference between two kind of reader related with consumtion and production meaning when they read a book. Kind of study is kualitatif study to see production
and reproduction meaning from read old literature by youth people who Join in Ekstern all. Student Organisation of University. This study use cultural studies etnography which have
central focus kualitatif eksploration of reading activity as a cultural practices. This study helped by Pierre Bordieu?s theory. Bordieu?s theory which used in this study is habitus, field, and cultural capital. This study want to know how do subject can produce and reproduce meaning and how field give cultural capital for them. This study result 3 type reader, they are common reader, contructional reader, and resis
tance reader."
Universitas Airlangga, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Joko D. Muktiono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003
028.9 JOK a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Agustini Chandra
"Sejak anak dilahirkan, dia akan diperlakukan sesuai dengan jenis kelamin. Perbedaan dalam memperlakukan anak laki-laki dan anak perempuan bermanifestasi ke cara mereka bersikap, berbicara dan bahkan cara mereka dalam menilai bacaan dan bahkan makna membaca itu sendiri. Pertumbuhan dan perkembangan perilaku serta kepribadian manusia merupakan interaksi seseorang dengan lingkungannya. Perkembangan yang terjadi akan membentuk pola tertentu dalam setiap tahapan kehidupan yang tidak saja untuk perilaku aktual semata-mata, namun juga untuk pertumbuhan dan penyesuaian yang akan datang. Konsep diri, tujuan hidup, serta aspirasi yang akan dicapai sangat dipengaruhi oleh hubungan anak dengan orangtua, teman sebaya maupun motivasi yang ia terima semasa kanak-kanak (Akbar-Hawadi, 2001: 14). Di awal pertumbuhan jiwa anak akan mengalami suatu proses pencarian identitas yang disebut proses identifikasi, yaitu keinginan anak untuk berlingkah laku meniru orang lain, terutama orang-orang yang dekat dengan kehidupan sehari-harinya Misalnya, seorang anak perempuan yang merliru cara berpakaian ibunya, atau anak laki-laki yang meniru cara berbicara ayahnya. Perkembangan minat baca sering dihubungkan dengan perbedaan jenis kelamin pembaca. Perbedaan minat baca tersebut merupakan basil akulturasi seseorang dengan lingkungannya, yaitu pengaruh berbagai sistem nilai yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Sistem nilai ini akan berpengaruh pada perkembangan anak laki-laki dan anak perempuan, yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap pemilihan topik, karakter tokoh maupun alur _"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hartadi Wibowo
"ABSTRAK
Buku bacaan anak merupakan alat/sarana yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak dalam hal informasi, rekreasi, juga untuk memenuhi kebutuhan penemuan tokoh identifikasi, serta untuk mengembangkan minat anak. Sebagai bacaan anak, komik dan buku bergambar (picture books) adalah berdiri sendiri. Banyak pendapat yang pro dan kontra mengenai komik sebagai bacaan anak. Namun satu hal yang tidak dapat dipungkiri ialah, daya tarik komik sangat besar (lebih besar) dibanding daya tarik bacaan bergambar. Daya tarik komik dapat dimanaatkan untuk menarik minat baca anak-anak, sebagai pembaca pemula, dengan catatan ; diperlukan seleksi yang baik, antara lain dengan memperhatikan materi cerita, segi bahasa, bentuk dan ukuran huruf pada teks, serta kejelasan gambar. Bacaan bergambar memang dipersiapkan untuk konsumsi anak-anak. Namun bias mengungguli komik dalam hal daya tarik tehadap pembacanya, yaitu anak-anak. Untukitulah, maka buku bacaan bergambar ini dapat dipakai sebagai alternative komik, dan perlu penyebaran yang lebih luas(merata), serta harga yang lebih murah atau paling tidak setara dengan harga komik, yang relatif lebih murah.

"
1985
S15291
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Shabrina
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik membaca anak dan peran Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam memotivasi anak untuk membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menonjol dalam motivasi membaca anak yaitu aspek curiosity (keingintahuan anak terhadap bahan bacaan), recognition (pengakuan atas kegiatan membaca), dan compliance (adanya keinginan atau tujuan tertentu dalam membaca). Selain itu, Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta memiliki peran dalam memotivasi anak. Perpustkaan telah berupaya memotivasi anak untuk membaca melalui penyedian fasilitas, layanan dan kegiatan untuk anak. Namun, fasilitas dan layanan perpustakaan belum sepenuhnya mendukung ketiga aspek utama motivasi membaca anak.

ABSTRACT
The purpose of this study is to understand children’s intrinsic and extrinsic reading motivation and the role of Jakarta Public Library in motivating children to read. This research is qualitative research using the case study method. This study shows, there are three aspects that stand out in the children's reading motivation. They are curiosity (children's curiosity to the reading material), recognition (recognition of the reading activities), and compliance (the existence of a specific goal or desire in reading). In addition, Jakarta Public Library has been playing in motivating children to read. Public library has been attempted to motivate children to read by provide facilities, services and activities for children. However, the library services hasn’t yet to fully support the three predominant aspects of children reading motivation"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trelease, Jim
"From the Publisher: For more than two decades, millions of parents and educators have turned to Jim Trelease's beloved classic to help countless children become avid readers through awakening their imaginations and improving their language skills. Now this new edition of The Read-Aloud Handbook imparts the benefits, rewards, and importance of reading aloud to children of a new generation. Supported by delightful anecdotes as well as the latest research, The Read- Aloud Handbook offers proven techniques and strategies-and the reasoning behind them-for helping children discover the pleasures of reading and setting them on the road to becoming lifelong readers."
Jakarta: Noura, 2017
372.452 TRE r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>