Ditemukan 30605 dokumen yang sesuai dengan query
Sinaga, Nenni Triana
Sumatera Utara: Universitas HKBP Nommensen, 2018
VISI 26:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sinaga, Nenni Triana
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
VISI 25:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
IJAL 3(1-2)(2013/2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Delsa Miranty
"Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu keefektifan penggunaan lagu pop berbahasa inggris terhadap pemahaman menyimak siswa dikelas sepuluh di SMAN 5 Kota Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada dikelas sepuluh di SMAN 5 Kota Serang, dan sampelnya adalah kelas X Mipa 4 sebagai kelas experimental dan X Mipa 3 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan true experimental design. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil nilai rata-rata siswa ppst-test adalah 78 untuk experimental dan 71.67 untuk kelas kontrol. Itu bisa disimpulkan bahwa penggunaan lagu pop berbahasa inggris efektif terhadap pemahaman siswa dalam menyimak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu berbahasa onggris efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak para siswa dan para guru dapat menggunakan lagu pop berbahasa inggris sebagai media untuk membantu kesulitan para siswa khsusnya dalam hal menyimak dan juga meningkatkan kemampuan menyimak mereka."
Serang: Kantor Bahasa Banten, 2018
400 BEBASAN 5:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sinaga, Andromeda Valentino
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sianturi, Srisofian
"
ABSTRAKPenelitian ini mengkaji tentang elemen dasar dalam ilmu pragmatik. Teori tindak tutur yang berfokus pada tindak tutur langsung pada diskusi kelompok yang digunakan oleh mahasiswa semester enam di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini mengelompokkan dan menggambarkan jenis atau bentuk, fungsi tindak tutur langsung dalam diskusi kelompok dan factor yang mempengaruhi tindak tutur. Data pada penelitian ini diambil dari ucapan-ucapan penyaji dan penanya pada diskusi kelompok dengan menggunakan Bebas Simak Libat Cakap. Subjek penelitian ini adalah 8 kelompok diskusi. Kemudian data dianalasis dengan menggunakan metode identitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan penyaji yang mengaplikasikan tindak tutur langsung dapat dipersentasekan bahwa permintaan (44%) dan yang terendah adalah larangan (0%). Hal ini menunjukkan bahwa tingginya keingitahuan mahasiswa tentang materi/topic yang dibahas dan memiliki kerjasama yang baik. Kelompok diskusi mengaplikasikan instruksi sebagai tindak tutr langsung yang paling banyak. Dapat diasumsikan bahwa penggunaan instruksi memberikan keuntungan kepada pendengar. Penggunaan permintaan dalam memberikan instruksi menjadikan instruksi lebih mudah untuk dipahami. Factor yang mempengaruhi tindak tutur dalam diskusi kelompok adalah lingkungan social, latar belakang dan peran penyaji atau pendengar ."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Aulia Rahman
"This study focused in Reading Comprehension of narrative text, because Reading is a part of language skills that needs to be increased by the students. It becomes one of the problems at the first semester of STAIN Tulungagung. It uses quantitative research with experimental research design. Here, researcher takes one group pre-test-post-test. It is because by using it, the effectiveness of teaching by using Directed Reading Thinking Activity can be found. Therefore, it was found that t-value was 2.683. The result was compared with the table of t-value at 0.05 and t-value at 0.01 level of significance. Those are 1.671 and 2.392. The value was higher than t-value limit at the table of t-value, they are 1.671 < 2.392 < 2.683. This means that the result statistically is significant."
Tulungagung: Lembaga penelitian, pengabdian dan penerbitan ( LP3M) STAIN Tulungagung, 2013
JDP 13:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Reading journal is one way to record students' independent learning based on text they read. This study was conducted to find out the students' level of reading comprehension through some notes written in the reading journal, the extent to which the activity of writing reading journals improved students reading comprehension, whether the students got benefit from reading journal. There were 104 respondents coming from four different departments in Bina Nusantara University were asked to read a text related to the subject they learned in a certain session. Then they were assigned o write a journal that records the things they had read. When this task was finished lecturer ran a quiz containing related questions to check whether they really understood the content of the text. Afterwards, students were to fill in a questionnaire regarding their opinion on the impact of the reading journal toward their reading comprehension. The findings indicate that more than half of the participants appear to understand the material well, and the task plays a certain role in improving students' understanding. The most crucial thing is that most students think they get benefit by writing the reading journal.
"
LINCUL 8:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Djawahir Hejazziey
Jakarta: Rajawali, 2012
428 DJA e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh monitoring, questioning, and repredicting strategy terhadap pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif. Metode penelitian dirancang dengan metode eksperimen kuantitatif. Dalam hal ini, sampel penelitian ini terdiri atas dua grup yang masing-masing tiap grup berjumlah 30 mahasiswa. yaitu grup control dan grup eksperimen dimana siswa pada grup control diajarkan dengan menggunakan metode konvensional dan siswa pada grup eksperimen diajarkan dengan menggunakan stategi monitoring, questioning, and repredicting. Kegiatan yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah pre test, treatment dan post test dan instrument pengumpul data adalah test yakni pilihan berganda. Berdasarkan perhitungan yang didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test dalam kelas eksperimen (80,6) lebih tinggi dari nilai rata-rat post test dalam kelas control. (71,5). Perbedaannya diuji dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-observed(3.29) lebih tinggi dari nilai t- table (1,671).ini berarti bahwa hipotesis alternative(Ha) diterima dan hipotesis awal (Ho) ditolak. Pada kesimpulannya, Monitoring, Questioning and Repredicting Strategy dapat mempengaruhi pencapaian pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library