Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137343 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Warakanya Diwasasri
"ABSTRAK
Proses audit adalah proses yang membtutuhkan banyak procedure dan menilai risiko dalam audit adalah hal yang penting. Tesis ini akan membahas tentang jenis dari risiko audit dan bagaimana setiap risiko audit akan menentukan apakah auditor perlu untuk melakukan procedure tambahan untuk mengumpulkan bukti yang cukup. Analisa rasio dilakukan untuk menilai profitabilitas suatu perusahaan dan mengidentifikasi procedure audit untuk setiap rasio akan membantu meningkatkan profitabilitas.

ABSTRACT
Audit process requires many procedures, therefore there is a need to assess risks in auditing. In this assignment, I am going to discuss the kinds of audit risks and how each will determine whether auditor will need to do extensive procedures in order to obtain more evidence. The ratio analysis is done to assess the profitability of the company as well as identifying audit procedures for each ratio in order to help increasing profitability.
"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Emily Gosal
"Laporan ini membahas mengenai risiko terutama risiko audit yang dihadapi olehWesfarmers Ltd sebagai bisnis konglomerat dalam melakukan bisnis yang dapat mempengaruhi prosedur audit.Dengan menganalisa risiko tersebut, tindakan lebih lanjut yang dapat mencegah kedua risiko bisnis dan risiko audit dapat dilakukan. Laporan ini juga membahas mengenai Key Audit Matter (KAM) yang relevan untuk dimasukkan ke dalam laporan audit.

The report elaborates the risks, especially audit risks, that are faced by Wesfarmes Ltd as a conglomerate business in doing its business, which affected the auditing procedures. By analyzing these risks, the further actions that may prevent both business risks and audit risks may be taken. The report also discusses the Key Audit Matter that is relevant to be included in the audit report.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Wagimin Hoesly Sendjaja
"Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis implementasi proses pengidentifikasian dan penilaian risiko dan bagaimana respon auditor terhadap risiko yang dinilai dengan mengambil studi pada Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ yang merupakan kantor akuntan publik Big 10 di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kasus yang mengelaborasikan data primer berupa dokumentasi kertas kerja pemeriksaan KAP XYZ dan data sekunder berupa Manual Guide International Publication KAP yang bersangkutan yang untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan justifikasi entitas yang menggunakan Standar Akuntansi Keuangan yang berbeda (SAK Umum, SAP, ETAP), kantor cabang KAP XYZ yang berbeda serta memiliki karakteristik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan dari segi desain penilaian risiko dan respon auditor, KAP XYZ telah memiliki desain tersebut secara komprehensif dan terus melakukan pemuktahiran sesuai dengan Standar Audit yang dipublikasi oleh Institut Akuntan Publik Indonesia. Namun, dari segi implementasi desain tersebut, terdapat ketidakseragaman penerapan antar auditee. Dari segi evaluasi terhadap desain dan implementasi yang dilakukan dapat disimpulkan penerapan penilaian risiko dan respon auditor pada KAP XYZ belum efektif yang disebabkan kurangnya training yang memadai.

The objective of this study is to analyze the implementation of the risk identification and assessment process and how the auditor's response to the assessed risk. This study is conducted at the XYZ Audit Firm, which is classified as the Big 10 audit firm in Indonesia. This research is a case study that elaborates on primary data in the form of documentation of XYZ audit working papers and secondary data in the form of the relevant XYZ audit firm International Publication Guide Manual that are accordingly going to be analyzed profoundly utilizing descriptive method. The research samples were taken with the justification of entities employing unequal Financial Accounting Standards (IAS, IGAP, NPAE), different branch offices of XYZ audit firm and have distinguished characteristics. The findings figure out that in terms of risk assessment design and auditor response, XYZ audit firm has already had the comprehensive design and kept updating it according to the Auditing Standards published by the Indonesian Institute of Certified Public Accountants. However, when it comes to the implementation of the design, there is a non-standardized of application among auditees. As for the design and implementation carried out, it can be concluded that the application of risk assessment and auditor response at XYZ audit firm has not been effective due to lack of adequate training."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Palwoto
"PT. Bank A telah menerapkan Kebijakan Strategi Anti Fraud, dalam kurun waktu yang cukup lama, namun fraud pada perusahaan tersebut masih tetap terjadi. PT.Bank A belum melakukan pemetaan risiko fraud secara komprehensif, salah satunya karena PT. Bank A belum memiliki rancangan penilaian risiko fraud Fraud Risk Assesment/FRA.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dalam perancangan penilaian risiko fraud dan penerapan FRA dalam pelaksanaan audit internal dan strategi anti fraud serta memetakan risiko fraud berdasarkan unit-unit dan proses bisnis pada PT.Bank.A.
Metode yang digunakan dengan menggunakan pendekatan matrik, yang dimulai dengan mengidentifikasi indikator faktor risiko dan kasus-kasus fraud yang pernah dilakukan audit internal guna menyusun inherent risk berdasarkan atas Dampak dan Kecenderungan. Selanjutnya melakukan asesmen terhadap internal control masing masing cabang guna mendapatkan residual fraud risk.
Berdasarkan penelitian dari 16 kantor cabang diperoleh hasil residual risk sebanyak 2 kantor cabang memiliki risiko fraud dengan kategori moderate to high, 3 kantor cabang memiliki kategori risiko moderate, 5 kantor cabang dengan kategori low to moderate, 6 kantor cabang dengan kategori low dan tidak terdapat kantor cabang dengan kategori high.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rancangan fraud risk assessment ini dapat dijadikan model bagi PT. Bank A atau lembaga keuangan atau non keuangan lainnya sebagai dasar menetapkan unit dan proses bisnis yang perlu perhatian lebih dibanding lainnya terutama untuk auditor saat melakukan audit umum dan dalam penerapan Strategi Anti Fraud.

PT. Bank A has implemented the Anti Fraud Strategy Policy, for a considerable period of time, but the fraud on the company still persists. PT.Bank A has not conducted comprehensive fraud risk mapping, one of them is because PT. Bank A does not yet have a Fraud Risk Assessment FRA design.
This research was to determine the steps in planning a fraud risk assessment and application of fraud risk assessment in the implementation of internal audit anti fraud strategy and mapping fraud risk based on units and business process at PT. Bank A.
Method used by using matrix approach, which starts by identifying indicators of risk factors and fraud cases of internal audited to establish inherent risk based on impact and likelihood. Then, conduct the assessment of internal control of each branch office to obtain residual fraud risk.
Based on research from 16 sixteen branch offices, the result of residual risk is 2 two branch offices have fraud risk with moderate to high category, 3 three branch offices have moderate risk category, 5 five branch offices with low category to moderate, 6 six branch offices with low category and no branch office with high category.
The conclusion of this research is that the design of fraud risk assessment can be used as a model for PT. Bank A or other financial or non financial institution as the basis for establishing units and business processes that need more attention than others especially for auditors when conducting internal audits and in applying Anti Fraud Strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Almira Christantrirama
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Struktur Kepemilikan, Penilaian Good Corporate Governance dan Rasio Keuangan terhadap kinerja bank yang dilihat dari ROA. Bank merupakan suatu industri yang memberikan kontribusi dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena itu penerapan corporate governance pada bank perlu mendapat perhatian yang khusus. Dalam penelitian ini, pelaksanaan corporate governance diukur dengan menggunakan nilai komposit bank yang dipublikasikan setiap tahun dalam laporan keuangan bank. Menurut Bank Indonesia, perbankan di Indonesia dibagi menjadi tiga struktur kepemilikan, yaitu kepemilikan pemerintah, swasta dan asing. Berdasarkan struktur kepemilikan yang berbeda memungkinkan adanya perbedaan dalam kinerja setiap bank. Selain itu dalam penelitian ini mengukur pengaruh rasio keuangan dengan menggunakan pendekatan metode RBBR yang dapat mempengaruhi kinerja bank.
Penelitian ini menggunakan model regresi berganda dengan metode penelitian Cross-Section per periode yang mencakup 31 observasi berupa bank yang diambil dari data Bank yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode penelitian 2010-2014. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa struktur kepemilikan dan penerapan corporate governance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. NPL dan CAR tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA. Sedangkan rasio NIM yang memproksikan tingkat efisiensi bank berpengaruh signifikan positif terhadap ROA.

The purpose of this study is to examine the influence of Ownership Structure, Assessment Good Corporate Governance and Financial Ratios on the performance of bank viewed from ROA. Bank is an industry that contributes to the Indonesian economy. Therefore, the application of corporate governance in banks should receive special attention. In this study, the implementation of corporate governance is measured using a composite score of banks published each year in the bank's financial statements. According to Bank Indonesia, banking in Indonesia is divided into three ownership structure, namely government ownership, private and foreign. Based on the different ownership structures allow for differences in the performance of each bank. Additionally in this study to measure the effect of financial ratios using the approach RBBR method that can affect the performance of the bank.
This study uses multiple regression model with research methods Cross-Section per observation period that includes 31 banks taken the form of a data bank which is listed on the Indonesia Stock Exchange in the study period 2010-2014. Results of this study prove that the ownership structure and the application of corporate governance have not significant positive effect on ROA. NPL and CAR have no significant negative effect on ROA. While the ratio of NIM that represent the level of bank efficiency have positive significant effect on ROA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jefa Naufal Linota
"ABSTRAK
Laporan ini membahas proses audit yang dilakukan oleh KAP XXX atas pengakuan pendapatan PT AYM yang bergerak pada industri manufaktur alat musik untuk periode audit 31 Maret 2018. Proses audit dilaksanakan berdasarkan XXX Audit Guide yang didasarkan pada ISA. Berdasarkan analisis dan pekerjaan audit tahun sebelumnya, diputuskan bahwa pendapatan PT AYM memiliki risiko audit yang rendah. Dari serangkaian pengujian audit yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat perbedaan nilai antara pendapatan yang dicatat oleh PT AYM dan yang diakui oleh pelanggan PT AYM. Tetapi, karena nilai perbedaan tersebut tidak material, maka tidak dilakukan penyesuaian audit. Secara keseluruhan, pengakuan pendapatan pada PT AYM dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.

ABSTRACT
This report analyzed the audit process undertaken by KAP XXX for recognition of revenue of PT AYM which engaged in the musical instrument manufacturing industry for the audit period March 31, 2018. The audit process was interpreted under the XXX Audit Guide, based on ISA. Based on the analysis and audit work of the previous year, auditor went into conclusion that PT AYM 39;s revenue had low audit risk. From a series of audit tests conducted, auditor found that there was a difference of value between revenue recorded by PT AYM and the value acknowledged by PT AYM rsquo;s customers. However, since the value of the difference is immaterial, no audit adjustment was made. Overall, revenue recognition at PT AYM is stated to have been fairly presented in all material respects."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Argo Tamtomo
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partner audit wanita terhadap biaya audit dan kualitas audit yang diukur dengan besarnya Discretionary Accruals. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel merupakan perusahaan non-keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2012 sampai 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partner audit wanita mendapatkan biaya audit yang lebih tinggi daripada partner audit pria karena audit effort yang dibutuhkan lebih besar, kemudian partner audit wanita lebih ahli dalam bernegosiasi dimana cenderung lebih tidak berkompromi pada saat tawar menawar fee. Sedangkan kualitas audit yang dihasilkan tidak berbeda diantaranya karena wanita dan pria memiliki penilaian yang sama dalam pertimbangan audit, lalu yang lebih banyak bekerja dan terjun langsung dalam pemeriksaan laporan keuangan ialah tim audit sehingga kualitas audit yang dihasilkan bergantung pada tim tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi implikasi, khususnya bagi kantor akuntan publik perlu mendorong peran partner untuk meningkatkan kualitas dari proses audit pada penugasan yang dipimpinnya.

This study examines the effect of women audit partners on audit fee and audit quality as measured by the amount of Discretionary Accruals. Sampling method is done by purposive sampling. The sampel used is a non financial companies listed on the Indonesian Stock Exchange during the period 2012 to 2016. The result of the regression indicate that women audit partners has higher audit fee than men audit partners because the required audit effort was greater, then women audit partner more skilled at negotiating which tend to be less compromised at the time of deal in fee. While the quality of audits produced is not different among them because women and men have the same assessment in audit considerations, then the more work and plunge in the audit of financial statements is the audit team so that the resulting audit quality depends on the team. The results of this study are expected to give implications, especially for the public accounting firm to encourage the role of audit partners to improve the quality of the audit process on the assignment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerry Neka Kantaki
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Aplikasi ATLAS tahap risk assessment untuk mengetahui (1) apakah Aplikasi ATLAS pada tahap risk assessment telah mematuhi SPAP berbasis ISA dalam pelaksanaan audit atas laporan keuangan, (2) apakah Aplikasi ATLAS pada tahap risk assessment memiliki kualitas aplikasi yang memadai, (3) apakah pelatihan penggunaan aplikasi mendukung proses pengimplementasian Aplikasi ATLAS pada tahap risk assessment (4) apakah Aplikasi ATLAS pada tahap risk assessment telah membantu meningkatkan efektivitas audit untuk mencapai tujuan audit dalam menilai risiko salah saji material, dan (5) apakah auditor yang sebelumnya melakukan penilaian risiko secara manual pada kertas kerja audit mengalami peningkatan efisiensi audit ketika menilai risiko dengan Aplikasi ATLAS tahap risk assessment yang merupakan kertas kerja elektronik terintegrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran antara metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi Aplikasi ATLAS, wawancara, dan survei. Simpulan dari penelitian ini adalah secara umum Aplikasi ATLAS telah memenuhi persyaratan yang diharuskan oleh SPAP berbasis ISA. Namun, pada tahap perencanaan audit, belum terdapat kertas kerja yang secara spesifik mengakomodasi diskusi tim audit terkait dengan bagaimana dan di mana dalam laporan keuangan entitas mungkin rentan terhadap kesalahan penyajian material yang diakibatkan oleh kecurangan. Lebih lanjut, secara umum tingkat persetujuan responden terhadap kualitas aplikasi, pelatihan penggunaan aplikasi, peningkatan efektivitas audit, dan peningkatan efisiensi audit secara berturut-turut sebesar 74,33%, 82,39%, 80,91%, dan 80,38% yang menunjukan bahwa Aplikasi ATLAS memiliki kualitas yang memadai, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi audit atas laporan keuangan.
The objective of the research is to analyze the implementation of ATLAS Application on risk assessment phase to find out (1) whether ATLAS Application on risk assessment phase comply with ISA-based SPAP in conducting audits of financial statements, (2) whether the ATLAS Application on the risk assessment phase has adequate application quality, (3) whether the user training supports the process in implementing the ATLAS Application on the risk assessment phase, (4) whether ATLAS Application on risk assessment phase helps to increase the audit effectiveness to achieve audit objective in assessing risk of material misstatement, and (5) whether the auditors who previously conducted a risk assessment manually on the audit working paper experience improvement on audit efficiency while assessing risk of material misstatement using ATLAS Application which is an electronic-integrated audit working paper. The method used in this research is the mixed methods of qualitative and quantitative through observation of ATLAS applications, interviews, and surveys data collections. The conclusion of this research is that in general the ATLAS Application has fulfilled the requirements required by ISA-based SPAP. However, on the audit planning stage, there is no working paper that specifically accommodates the audit team discussion regarding how and where in the entity's financial statements may be susceptible to material misstatement due to fraud. Furthermore, in general, level of respondents' approval of the quality of the application, application usage training, improve audit effectiveness, and improve audit efficiency respectively by 74.33%, 82.39%, 80.91%, and 80.38% which shows that the ATLAS Application has adequate quality thereby improving the effectiveness and efficiency of audits on financial statements. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Septi Anggraeni
"Risiko pemeriksaan mempengaruhi standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan dalam pemeriksaan laporan keuangan. Salah satu aspek yang dinilai paling mempengaruhi risiko pemeriksaan di era informasi sekarang ini adalah risiko keamanan informasi. Perlunya penilaian risiko keamanan informasi dari aspek TI kerana teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai macam aktivitas dalam organisasi diantaranya penyusunan laporan keuangan yang merupakan keluaran dari sebuah sistem yang menggunakan teknologi informasi, tidak terkecuali instansi pemerintah. Penelitian ini akan menyusun alat bantu dan kerangka kerja penilaian risiko keamanan informasi di instansi pemerintah yang berbasis ISO 27001. Narasumber yang terdiri dari pengendali teknis, auditor dan pejabat eselon I BPK RI diwawancara untuk memilih aktivitas pengendalian dalam ISO 27001 yang penting dalam penilaian risiko keamanan informasi.
Hasil pemilihan aktivitas tersebut dijadikan input dalam perancangan model kerangka kerja, dimana kerangka kerja tersebut akan diuji publik di Pemerintah Kota Tangerang oleh beberapa auditor. Hasil penelitian ini dapat membentuk suatu alat bantu dan kerangka kerja untuk memudahkan para auditor di BPK dalam proses penilaian risiko keamanan informasi untuk menunjang perencanaan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah dimana terdiri dari unsur-unsur dalam program audit yakni ruang lingkup audit, tujuan audit, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian yang dirumuskan dari aktivitas dan praktik pengendalian di ISO 27001 terpilih. Kerangka kerja dilengkapi dengan indikator dampak dan kecenderungan dari setiap risiko aktivitas yang didapat dari klausal-klausal ISO 27001.

Inspection risks affecting standard of field works and standards of examination report of financial statements. One aspect that is considered the most influencing risk in todays information age is a risk of information security covering aspects of IT and non IT aspects. The needs for information risk security assesment of IT aspects which due to the rapid information technology development, which greatly affects wide range of activities within organization including stated financial reports, is the output of a system that uses information technology, including government agencies. This research develop tools and frameworks in the information security risk assesment at government agencies based on ISO 27001. Resource persons consisting of technical controllers, auditor and BPK echelon I are interviewed to select the ISO 27001 control activities which are important in the information security risk assesment.
Election results will serve as input in designing the model framework, which then some auditors will perform public test in Tangerang city government. The results of this study can form a frameowkrs and tools to facilitate the BPK auditors in the process of information security risk assesment to support inspection planning of local government financial reports, which consist of the elements in the audit program such as audit scope, audit objectives, planning phase, stages of implementation, and completion stages of activities and practices defined in the selected ISO 27001. The framework comes with indicators of the impact and trends of each risk activity derived from ISO 27001 clauses.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hardy Setyadji
"ABSTRACT
Tesis ini membahas tentang tingkat maturity proses internal audit pada PT X. Tingkat maturity proses internal audit dinilai berdasarkan quality assurance dan improvement programs; perekrutan, pelatihan dan pengembangan internal auditor; penilaian risiko dan perencanaan audit tahunan; metodologi yang digunakan oleh internal auditor; penggunaan teknologi informasi; serta proses pelaporan dan pemantauan. Penilaian tingkat maturity proses internal audit berguna untuk mengidentifikasi perbedaan yang terjadi antara penerapan proses internal audit di perusahaan, dengan best practices. Perbedaan tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi tindakan perbaikan yang akan dilakukan dalam area tertentu di masa depan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat maturity proses internal audit pada PT X tahun 2013 masih berada di tingkat yang paling rendah. Divisi internal audit PT X harus melakukan tindakan perbaikan dalam jangka waktu tertentu, dalam rangka mencapai tingkat maturity berikutnya dan memberikan nilai tambah.

ABSTRACT
This thesis discusses the internal audit process maturity at PT X. Assessment of internal audit process maturity is useful to identify the differences that occur between the application of the internal audit process in the company, with the best practices. Such differences can be used to identify the corrective actions to be performed in a certain area in the future. The results of this study concluded that the internal audit process maturity at PT X in 2013 still at the lowest level. Internal audit division of PT X must do the corrective action in a certain time, in order to achieve the next level of maturity and provide added value."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55452
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>