Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133619 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chairunisa Ramadaniati
"ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang intensi Annie M. G. Schmidt dalam membela kucing pada novelnya Minoes (1970). Novel anak ini merupakan salah satu karyanya yang terkenal dan telah dialihbahasakan, termasuk ke dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini beertujuan untuk menemukan intensi dan tujuan lain dari Schmidt dalam membela kucing. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik serta mengaitkannya dengan keadaan kucing pada tahun 1940-1944 melalui artikel online.Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian adalah teori penokohan oleh Nurgiyantoro dan Joke Van Balen dan teori representasi mengenai objek karya sastra milik James O. Young. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minoes tidak hanya sekadar novel anak biasa karena Schmidt memiliki intensi dan tujuan lain atas novel ini, yaitu membela kucing dan kritik sosial atas suatu organisasi pecinta kucing.

ABSTRACT
This journal aims to describe the writer s intention about cats defending in the book Minoes by Annie M. G. Schmidt. This book is one of her most popular children books which has been translated into many languages including Bahasa Indonesia. This research is carried out by analyzing intrinsic and extrinsic elements, also linking them to the condition of cats around 1940-1944 through online articles. The theories in this journal are characterization theory by Nurgiyantoro and Joke Van Balen, and the representative theory from James O. Young. From this research, it can be concluded that Minoes is not an ordinary children s novel since Schmidt has other intentions and goals for this novel, namely defending cats and standing social criticism towards an organization of cat lovers."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Schmmidt, Annie M. G.
Amsterdam: Arbeiderspers, 1971
BLD 839.36 SCH sp
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amarina Ashar Ariyanto
"ABSTRAK
Fishbein dan Ajzen menyatakan, intensi merupakan determinan langsung dari tingkah laku seseorang. Intensi yang dimiliki seseorang dapat diprediksi melalui 2 hal utama, yaitu sikap yang ia tampilkan dan Norma subyektif yang ia miliki, sedangkan dasar dari sikap dan norma subyektif adalah belief yang ia miliki. Setiap manusia memiliki hanya sedikit belief yang salient (mendasar), dan belief inilah yang menurut Fishbein dan Ajzen harus digali, karena dapat merefleksikan berbagai hal yang 'mendasar' sehubungan dengan tingkah laku yang ingin disoroti.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa dari 3 SLTA dan 3 STM yang tercatat sering berkelahi, dan seluruh responden dikelompokkan ke dalam 4 kelompok penelitian berdasarkan tingkat agresifitasnya, yaitu kelompok Tidak Agresif, Agresif 1 ( Agresif sedang), Agresif 2 (sangat agresif) dan Agresif 3 (ditahan).
Hasil penelitian yang diperoleh adalah intensi untuk terlibat dalam perkelahian pada kelompok Agresif (total) lebih ditentukan oleh Norma subyektif dan PBC daripada sikap yang mereka miliki. Ini berarti, siswa dari kelompok ini sangat memperhatikan pendapat dan tuntutan dari orang yang mereka anggap penting (significant others). Sebaliknya, pada kelompok tidak agresif peranan sikap jauh lebih besar daripada Norma subyektif dan PBC. Siswa dari kelompok ini tampaknya memiliki nilai pribadi yang cukup kuat, dan tidak mudah dipengaruhi orang lain. Bila ditinjau berdasarkan ke 4 kelompok penelitian, pada kelompok Tidak Agresif, Agresif sekali dan Ditahan, peranan sikap dan PBC lebih besar dari pada Norma subyektif. Sedangkan pada kelompok Agresif sedang, Norma subyektif lah yang lebih besar peranannya dibandingkan sikap dan PBC.
Kelompok penelitian memliliki belief yang tidak berbeda tentang terlibat dalam perkelahian dengan belief yang dimiliki masyarakat pada umumnya. Belief yang dinilai positif oleh mereka adalah menambah pengalaman,solider, menguji diri, memperluas pergaulan dan membela nama sekolah. Belief yang mereka nilai negatif adalah membalas dendam, tidak bertanggung jawab, dan ditangkap polisi. Kondisi yang mereka percayai dapat menghambat keterlibatan siswa pada perkelahian adalah kehadiran polisi, masa ujian dan ulangan serta adanya hukuman dari sekolah.
Intensi ke 4 kelompok penelitian untuk terlibat dalam perkelahian adalah kecil. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam intensi untuk terlibat antara kelompok Tidak agresif dengan Kelompok Ditahan. Intensi kelompok tidak agresif memang kecil, tetapi intensi kelompok ditahan jauh lebih kecil lagi dan perbedaan ini signifikan. Tampaknya pengalaman didalam tahanan merupakan sesuatu yang cukup 'traumatis', sehingga menimbulkan reaksi tingkah laku yang cukup 'kuat'."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Swastika
"ABSTRAK
Tampilan produk dan jenis prcduk mempengaruhi intensi membeli produk secara on-line di internet. Menurut teori psikcanalisa seiuruh tindakan manusia, termasuk membeli, didasari oleh instink seksual yang beroperasi di bawah sadar. Berbagai prcduk yang ditampilkan dengan sex appeal akan meningkatkan intensi membeli produk tersebut. Menurut basil berbagai penelitian di bidang perilaku konsumen. sex appeal hanya sesuai untuk digunakan pada sexually related product. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah intensi pemakai Internet untuk membeli sexually non related product dan sexually related product akan lebih tinggi pada produk yang ditampilkan dengan sex appeal dibanding produk sejenis yang ditampilkan tidak dengan sex appeal. Pengambilan data dilakukan dengan metode eksperimen, dengan desain 2x3 faktorial. Variabel bebas pertama adalah sex appeal, terdiri dari dua variasi yaitu dengan dan tanpa sex appeal. Variabel bebas kedua adalah jenis produk. terdiri dari tiga variasi yaitu sexually non-related, sexually related 1 dan sexually related 2. Partisipan penelitian sejumlah 202 orang dibagi ke dalam 6 kelompok eksperimen. Uji signifikansi dilakukan dengan metode two ways anova, dan uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan mean antar kelompok berdasarkan basil perbitungan pada two ways anova. Hasil uji signifikansi menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen. Hasil perbandingan mean menunjukkan arab bipotesis yang sudab tepat, walau perbedaannya tidak signifikan pada ios .05. Dari basil pengolaban data disimpulkan babwa tidak ada perbedaan intensi membeli secara on-line yang signifikan baik pada sexually related product maupun sexually non-related product yang ditampilkan dengan sex appeal dan tanpa sex appeal. Saran dari basil penelitian ini adalab sex appeal lebib tepat digunakan pada sexually related product.

"
2000
S2816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmi Yosepa
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
179.8 YOS p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pricyla Trimeilinda
"ABSTRAK
Konsumen melakukan transaksi jual beli dalam kehidupannya sehari-hari guna
memenuhi kebutuhan hidup. Intensi belanja konsumen dalam transaksi jual beli
dipengaruhi oleh sistem pembayaran dan rekening mental. Penelitian
sebelumnya mengatakan bahwa ada perbedaan intensi belanja antara
konsumen pengguna kartu kredit dan cek atau uang tunai; dan dalam teori
Rekening Mental disebutkan bahwa manusia selalu melakukan proses kognitif
dalam bertransaksi, yaitu saat mengeluarkan cost dan mendapatkan benefit.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan intensi belanja
konsumen dipengaruhi oleh sistem pembayaran uang tunai, kartu debit, kartu
kredit; dan rekening mental identik, rekening mental serupa, rekening mental
berbeda.
Penelitian ini menggunakan alat berupa vignette, yaitu kasus yang ditanyakan
kepada partisipan penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan metode
eksperimen, dengan desain 3x3 faktorial. Variabel bebas pertama adalah sistem
pembayaran, yang mempunyai tiga variasi, yaitu uang tunai, kartu debit, dan
kartu kredit. Variabel bebas kedua adalah rekening mental, yang mempunyai
tiga variasi, yaitu rekening mental identik, rekening mental serupa, dan rekening
mental berbeda. Partisipan penelitian berjumlah 310 orang yang terbagi dalam
sembilan kelompok eksperimen.
Uji signifikansi dilakukan dengan metode anova, sedangkan uji hipotesis
dilakukan dengan membandingkan mean antar kelompok eksperimen. Hasil uji
signifikansi menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok
eksperimen, namun arah hipotesis telah sesuai
Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh sistem
pembayaran dan rekening mental terhadap intensi belanja konsumen di
Indonesia, khususnya Jakarta. Saran yang diberikan adalah saran-saran untuk
penelitian selanjutnya, terutama untuk mengembangkan psikologi ekonomi.
Implikasi praktis ditujukan bagi para produsen yang ingin meningkatkan strategi
penjualan."
2002
S3151
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zijl, Annetje van Der
Amsterdam: Nijgh en van Dirmar, 2010
BLD 839.314 08 ZIJ a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schmidt, Annie M.G.
Amsterdam: De Arbeiderspers, 1954
BLD 839.36 SCH fa
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schmidt, Annie M.G.
Amsterdam: De Arbeiderspers, 1955
BLD 839.36 SCH av
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schmidt, Annie M.G.
Amsterdam: Em. Querido's Uitgeverij B.V, 2003
BLD 839.313 SCH m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>