Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83931 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Irvan Ardiansyah
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas tentang kegiatan pemeliharaan arsip foto di Kantor Arsip UI. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktifitas kegiatan pemeliharaan koleksi arsip foto yang menjadi memori UI berdasarkan kontrol terhadap lingkungan, penyimpanan koleksi arsip foto, dan digitalisasi koleksi arsip foto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kantor Arsip UI masih belum dapat melaksanakan pemeliharaan secara maksimal seperti mengontrol faktor lingkungan dan penyimpanan pada Ruang Audio Visual. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Kantor Arsip UI untuk meningkatkan pemeliharaan koleksi arsip foto melalui kontrol lingkungan secara maksimal dan cara penyimpanan yang tepat.

ABSTRACT
This research is about archive maintenance activities in UIs archive office. The purpose of this research is to explain the photo collection of archive maintenance activities which became UIs memory based on the control of environment, the archive of photo collection storage, and the digitalization of photo archive collection. This research is qualitative study with case study method. The result from this research shows that UIs archive office is still not able to maintain, such as controlling environment factor and the storage on Audio Visual Room, maximally. Based on the result of this research, it is recommended for UIs archive office to improve the maintenance of archive photo collection through maximum environmental control and proper storage.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Afif Nikmatullah
"Dalam sistem pemberkasan dapat terjadi berbagai masalah seperti penumpukan arsip atau sulitnya temu kembali. Di Kantor Arsip Daerah, terdapat masalah dalam praktek sistem pemberkasan yaitu ketidakseragaman penerapan klasifikasi oleh pengelola arsip. Masalah ini tentu memiliki dampak negatif seperti sulitnya temu kembali yang akan menggangu kinerja organisasi.
Penelitian ini mencoba untuk mengetahui gambaran pemberkasan arsip aktif di central file Direktorat Kearsipan Pusat dan Direktorat Pengolahan Kantor Arsip Daerah dan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada ketidakseragaman penerapan klasifikasi. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan persepsi.

In the filing system there could be any problems such as accumulation of archives or hard to retrieval. In Regional Archive Office, problems in practice of filing system was the heterogeneity of the practice of the classification by the archiver. This issue had negative impacts such as hard to retrieval which would influenced the performance of the organization.
This study tried to describe the filing of active archive in the central file of Regional Archive Office and factors which associated with it. This study showed that there were variation on the practice of the classification and it was caused by the difference in archiver's perception.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59689
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Wilhelmina
"Unit Kearsipan FIB UI merupakan salah satu unit kearsipan yang mempunyai tugas dan kewajiban dalam mengawasi penyelenggaraan kearsipan. Pengelolaan arsip dinamis inaktif yang tepat akan menjamin keselamatan arip, menjaga informasi penting organisasi, dan mempermudah temu kembali arsip. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi Unit Kearsipan FIB UI dalam melakukan pengelolaan arsip dinamis inaktif sebagai upaya menciptakan sarana temu kembali arsip yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis inaktif di Unit Kearsipan FIB UI dimulai dari proses pemindahan, penataan dan penyimpanan, pelayanan arsip, dan pemusnahan arsip. Upaya dalam menciptakan sarana temu kembali telah dilakukan dengan memfokuskan penataan dan penyimpanan sesuai standar. Sarana temu kembali yang digunakan adalah daftar pencatatan arsip dalam bentuk digital. Namun, terdapat hambatan berupa pencatatan yang belum lengkap dan keterbatasan tempat penyimpanan. Diharapkan hambatan tersebut dapat menjadi acuan perbaikan untuk efektifitas temu kembali arsip.

FIB UI Archives Unit is an archival unit tasked with overseeing archives administration. Proper administration of inactive dynamic records ensures archive safety, protects critical organizational information, and facilitates archive retrieval. The purpose of this research is to outline the FIB UI Archives Unit's strategy for managing inactive dynamic archives in order to develop an effective archive retrieval service. A descriptive-qualitative research method was used for this study. Techniques for collecting data include observation, interviews, and documentation. Purposive sampling was used to identify informants. Data analysis involves the reduction of data, the display of data, and the making of conclusions. The results of the study show that the management of inactive dynamic archives at the FIB UI Archives Unit starts with the processes of moving, organizing, and storing archives, serving archives, and destroying archives. Efforts to develop a retrieval system have focused on standards and storage. The retrieval tool used is a list of archival records in digital form. However, there are obstacles in the form of incomplete records and limited storage space. It is hoped that these obstacles can be used as inspiration for future improvements to archive retrieval's effectiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vilianty Rizki Utami
"Skripsi ini membahas tentang Proses Temu Kembali Arsip Vital di Kantor Arsip Daerah (KAD) Kota Tangerang sebagai upaya untuk meningkatkan temu kembali arsip vital di KAD, khususnya arsip vital Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tujuannya adalah untuk mengetahui proses temu kembali arsip vital IMB, penyebab tidak ditemukannya arsip vital IMB di KAD Kota Tangerang serta hubungan KAD dengan lembaga pencipta arsip vital tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, studi literatur dan wawancara semi-struktur.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kurangnya advokasi arsip, kurangnya keamanan akses arsip, arsip vital yang tidak lengkap saat diserahkan dari lembaga pencipta dan tidak dibuatnya daftar pencarian arsip vital yang belum diserahkan oleh lembaga pencipta, merupakan penyebab tidak ditemukannya arsip vital IMB di KAD pada saat pencarian oleh pengguna.

This undergraduate thesis covers Vital Archives Building Permit Retrieval Processing in Regional Archive Office (KAD) on Tangerang City as efforts for increasing vital archives retrieval in KAD, especially Building Permits Vital Archives. The purpose is to find out the retrieval process on building permits vital archives, the reasons behind building permits archives vital which hard to find when it’s needed, and the relationship between KAD and building permits vital archives creator units (lembaga pencipta arsip IMB). This research use qualitative approach, with case study as research methods. Colleting data methods through observation, literature study,and semi-stucture interview.
The result of this research are less of archives advocation, unsecure archives access, uncomplete building permits vital archives when it's need acquisitions, and there is not archive retrieval list for vital archives which has not been aquisitioned from vital archives creator, as the caused for building permits vital archives in KAD hard to finds when it’s needed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52888
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Fathurrahman
"Penelitian ini membahas penyimpanan arsip di Lingkungan FISIP UI yaitu Data Center. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyimpanan arsip dilakukan oleh Data Center FISIP UI berikut dengan masalah dan kendala-kendala yang ditemukan selama proses penyimpanan arsip dilakukan di Data Center. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode peneliti yang digunakan dengan cara melakukan wawancara dengan staff/arsiparis dan orang yang bersangkutan dengan terbentuknya Data Center.
Hasil penelitian mengungkapkan penyimpanan arsip di Data Center sudah sesuai dengan standar penyimpanan arsip baik menurut ISO, tetapi masih belum sesuai dengan ANRI karena ditemukan kendala-kendala seperti kurangnya sumber daya manusia, karena staff/arsiparis yang bekerja di Data Center tidak memiliki latar belakang arsip belum lagi software yang digunakan dalam proses penyimpanan arsip masih menggunakan software yang ditujukan untuk kegiatan perpustakaan.
Dari hasil penelitian ini menyarankan bahwa pengelolaan kearsipan sebaiknya diserahkan kepada SDM yang memiliki latar belakan pendidikan kearsipan, dan sebaiknya Data Center memiliki software yang menunjang dalam kegiatan kearsipan.

The research is about Archive Keeping at FISIP UI, Data Center. The purpose of this study is to determine how Data Center keeps their archive and to know the problems and the other obstacles while doing archive keeping. This qualitative research, using interviews for collecting data from staff/archivis of FISIP UI Data Center.
The results reveal the archive keeping in Data Center according to ISO standards, but not ANRI standards because still found obstacles such as lack of human resources, as staff / archivist who works in the Data Center does not have a background on archivist not to mention the software used in the process of archival storage is still using software that is intended for library activities.
From the results of this study, suggest that the management of archives should be submitted to the human resources that have educational background an archives, and Data Center should use software that support the activities of archives.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nafisah Fauz Haura
"Penelitian ini menganalisis sistem penyimpanan arsip dinamis Aktif di PT Bank XYZ Kantor Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyimpanan arsip yang berupa jaminan nasabah atau agunan di PT Bank XYZ dan mengetahui metode temu kembali dari arsip tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data yang berupa wawancara dan observasi. Arsip agunan memiliki nilai yang tinggi, maka dari itu proses pengolahan, termasuk penyimpanan perlu diperhatikan secara maksimal. Hasil penelitian ini menjukkan sistem penyimpanan arsip di Bank XYZ menggunakan sistem penomoran. Selain itu, penyimpanan yang dilakukan sesuai dengan prosedur penyimpanan arsip meliputi pemeriksaan, mengindeks, memberi tanda, menyortir, dan menyimpan arsip. Sistem penyimpanan arsip sudah menggunakan ERMS yang merujuk kepada lokasi penyimpanan arsip. Adapun kendala dalam sistem penyimpanan arsip di PT Bank XYZ pada ketelitian petugas dalam menempatkan arsip dan sterilisasi area Unit DC.

This study analyzes the Active dynamic archive storage system at PT Bank XYZ Jakarta Office. The purpose of this study was to analyze the archive storage in the form of customer guarantees or collateral at PT Bank XYZ and find out the method of retrieval of these archives. This study uses a qualitative approach with data collection in the form of interviews and observations. Collateral archives have a high value, therefore the processing process, including storage, needs maximum attention. The results of this study show that the archive storage system at Bank XYZ uses a numbering system. In addition, storage is carried out in accordance with archive storage procedures including checking, indexing, marking, sorting, and storing archives. The archive storage system already uses ERMS which refers to the archive storage location. The obstacle in the archive storage system at PT Bank XYZ is the accuracy of the officers in placing the archives and sterilizing the DC Unit area."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fadriansyah
"

Penelitian ini membahas tentang preservasi arsip foto yang dilakukan oleh Kantor Arsip Universitas Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses kegiatan preservasi arsip foto yang dilakukan Kantor Arsip Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dari penelitian ini diketahui bahwa Kantor Arsip Universitas Indonesia melakukan kegiatan preservasi arsip foto yang mencakup kegiatan penanganan, perawatan dan penyimpanan. Penanganan meliputi kegiatan identifikasi kerusakan fisik arsip, melepas arsip foto dari album, mengelompokkan foto berdasarkan kronologis atau subjek peristiwa, digitalisasi arsip foto ke dalam SEKAR UI, inventarisasi arsip foto ke dalam SEKAR UI, memasukkan fisik arsip ke dalam amplop kertas, memasukkan amplop yang berisi arsip foto ke dalam boks arsip yang sudah diberi judul dan klasifikasi. Kegiatan perawatan meliputi pembersihan fisik arsip secara berkelanjutan. Adapun penyimpanan dilakukan pada suhu 16°C dan kelembaban 35%, selain menyimpan dengan menggunakan rak berbahan besi. Kantor Arsip UI juga memasang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk mitigasi kebakaran, dan CCTV sebagai bentuk kontrol keamanan terhadap tindakan pencurian atau vandalisme terhadap arsip foto.


This study discusses the preservation of photographic archives conducted by Universitas Indonesia Archive Office. The purpose of this study is to identify the process of photographic archives preservation activities undertaken by the Universitas Indonesia Archive Office. This research is a qualitative research. The process of collecting data is conducted through observation, interviews, and literature study. From this research, it is revealed that Universitas Indonesia Archive Office undertakes the process of photgraphic archive preservation activities by including handling activities, maintenance and storage activities. Handling includes identifying physical damage of the photographic archive, removing the photographic archive from the album, grouping them according to chronological or subject matter, inventorying the photographic file into SEKAR UI, inserting the physical file into a paper envelope, and then inserting the envelope into the file box which has already been given a title and classification. Maintenance activities include continuous physical cleaning of archives. The storage is carried out at a temperature of 16 ° C and a humidity of 35%. Other forms of storage is using iron based shelves. The Universitas Indonesia Archive Office also installed an APAR (Light Fire Extinguisher) for fire mitigation, and CCTV as a form of security control against theft or vandalism of photographic archives.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofiana Rahmawati
"Penelitian ini membahas tentang kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Kantor Kearsipan Universitas Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan Kantor Kearsipan Universitas Indonesia dalam memenuhi harapan pengguna dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap pelayanan Kantor Kearsipan Universitas Indonesia sehingga dapat dilihat kualitas aplikasinya. pelayanan yang disediakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner dan dianalisis berdasarkan metode Servqual yang meliputi lima dimensi yaitu bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Kearsipan telah menyediakan beberapa jenis layanan kearsipan untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Namun pelayanan tersebut kurang maksimal sehingga masih belum memuaskan pengguna. Terlebih pada dimensi bukti fisik yang memiliki tingkat kepuasan paling rendah dari empat dimensi lainnya dengan skor total rata-rata (4,35). Kualitas pelayanan Kantor Kearsipan Universitas Indonesia juga kurang baik. Hal ini dikarenakan masih adanya gap yang tinggi antara persepsi pengguna dengan ekspektasi terhadap layanan sehingga menghasilkan skor negatif. Hasil penelitian ini menyarankan agar kualitas pelayanan Kantor Kearsipan perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan agar tingkat kepuasan pengguna dapat meningkat.

This study discusses user satisfaction with the quality of services provided by the Archives Office of the University of Indonesia. The purpose of this study is to describe the services of the University of Indonesia Archives Office in meeting user expectations and to determine user satisfaction with the services of the University of Indonesia Archives Office so that the quality of the application can be seen. services provided. This research is a quantitative study that uses a questionnaire and is analyzed based on the Servqual method which includes five dimensions, namely physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The results showed that the Archive Office has provided several types of archiving services to meet the needs of its users. However, this service is not optimal so that it still does not satisfy users. Especially in the dimension of physical evidence which has the lowest level of satisfaction from the other four dimensions with an average total score (4.35). The service quality of the University of Indonesia's Archives Office is also not good. This is because there is still a high gap between user perceptions and expectations of services, resulting in a negative score. The results of this study suggest that the service quality of the archival office needs to be improved and maximized so that the level of user satisfaction can increase.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Fauziah
"Skripsi ini membahas mengenai gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September - November tahun 2012. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor dan selanjutnya melihat bagaimana pencapaian visi dan misi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan didukung dengan wawancara serta observasi langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor ialah gaya kepemimpinan demokrasi. Dampak dalam penerapan gaya demokrasi ini ialah sebagian besar para pegawai memahami secara jelas tupoksi yang diembannya sehingga pelaksanaan misi berjalan lancar dan hampir mengalami kemajuan yang berkesinambungan dalam mewujudkan visi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This thesis analyzes the leadership style which is implemented by the Head of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. This research was conducted in September - November 2012. The aim of this research is to understand the leadership style of the head of office and to observe how it affects the achievement of the vision and mission of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. The approach used in this research is quantitative, conducted through a survey method. Collection of the data is carried out through questionaires and supported by a interview and a direct observation on the field. Results of the research show that the leadership style of the head of the office is democratic leadership. The effects of the implementation of this democratic leadership style is that most of the employees understand clearly the tasks that they are responsible of. This results in a smooth operation of their mission, nearly resulting in a continuous progress in achieving the visions of the South Jakarta Administration Library and Archive Office."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44745
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hania Amani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemeliharaan arsip vital di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pemeliharaan arsip vital dan upaya perlindungan dari faktor penyebab kerusakan dan kemusnahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis terhadap pemeliharaan arsip vital yang mencakup perlindungan, pengamanan, serta pemulihan akibat kerusakan yang terjadi pada arsip vital. Hasil penelitian menunjukan suatu organisasi perlu memiliki perencanaan pemeliharaan pada arsip vital yang dimiliki.

ABSTRACT
This research discusses the vital process of maintenance records at the Archives Office and Library Area of Bogor Regency which aims to describe the implementation of the maintenance of vital records and the safeguard of the factors causing damage and obliteration. This research used a qualitative approach with case study method. Analysis on the maintenance of vital records which includes the protection, security, and recovery from the damage caused to vital archives. The results showing an organization needs to have a plan of maintenance on vital records."
2016
S65277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>