Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27648 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lubis, Dian Rindu
"Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi pengaruh penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management terhadap kinerja auditor. Sampel penelitian ini berjumlah 228 responden yang merupakan auditor Inspektorat Jenderal di 7 tujuh instansi pemerintah. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif, antara lain dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis melalui analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara untuk mengkonfirmasi hasil kuesioner. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel pemberdayaan dan keterlibatan pegawai, kerjasama, pendidikan dan pelatihan, dan perbaikan berkelanjutan terbukti dalam penelitian ini berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja auditor di Inspektorat Jenderal. Variabel kepemimpinan dan pengukuran kinerja dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor di Inspektorat Jenderal.
The aim of this study is to analyze the influence of Total Quality Management on the performance of auditors in the Inspectorate General Auditor rsquo s Perception in 7 seven Government Institution. The sample in this research were 228 respondents who are auditors within the Inspectorate General in 7 seven government institution. Methods of data analysis using quantitative analysis, with a validity test, reliability test, the assumption of classical test and hypothesis testing through multiple linear regression analysis. Data in the study was collected by questionnaire and interviews to confirm the results of the questionnaire. The statistical test result is employee involvement, teamwork, education and training, and continuous improvement variables proved in this study have positive significant impact to the performance of auditors. Other variables such as leadership and performance measures, proved in this study do have a significant impact on the performance of auditors within the Inspectorate General."
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananti Putri Rahayu
"Pada masa pandemi Covid-19, auditor perlu melakukan beberapa penyesuaian untuk menghadapi tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus tunggal yang dilakukan di KAP X. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon auditor dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta mengevaluasi penerapan Technical News Flash selama situasi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur sebagai data primer serta dokumentasi sebagai data sekunder. Wawancara dilakukan kepada 8 narasumber tersebar dari level audit partner hingga audit junior. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa auditor KAP X telah memberikan respon sesuai dengan Technical News Flash (2020) serta telah menerapkan Standar Audit (“SA”) relevan yang harus diperhatikan menurut Technical News Flash (2020). Teknologi memiliki peran besar dalam mengatasi tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19. Sehingga, pada penelitian ini KAP X disarankan untuk mulai melakukan kajian dan pertimbangan untuk memiliki teknologi lanjutan untuk mendukung pelaksanaan audit secara remote. Teknologi merupakan investasi jangka panjang yang tidak memiliki batas waktu, sehingga saran penelitian ini masih dapat diterapkan pada batas waktu berikutnya.

During the Covid-19 pandemic, auditors need to make adjustments to face the challenges that arise due to the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative research with a single case study conducted at KAP X. This study aims to analyze the auditor's response in dealing with the Covid-19 pandemic and to evaluate the application of Technical News Flash during the Covid-19 pandemic situation. This study used semi-structured interviews as primary data and documentation as secondary data. Interviews were conducted with 8 informants spread from audit partner to junior audit. The results of this study indicate that KAP X auditors have responded in accordance with Technical News Flash (2020) and have implemented the relevant Audit Standards (“SA”) that must be considered according to the Technical News Flash bulletin (2020). Technology has a big role to play in overcoming the challenges that arise due to the Covid-19 pandemic. Thus, in this study, KAP X is advised to start conducting studies and considering having advanced technology to support remote auditing. Technology is a long-term investment that has no time limit, so this research suggestion can still be applied to to the further period."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firliandi Ilmansyah
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi prosedur audit atas kas dan setara kas oleh KAP FPA pada laporan keuangan PT TBS tahun 2021 yang berada di industri energi. Laporan magang ini menjelaskan kertas kerja yang dilakukan oleh KAP FPA atas kas dan setara kas untuk periode 31 Desember 2021. Kesesuaian antara praktik prosedur audit yang dilakukan KAP FPA dibandingkan dengan teori audit dan Standar Audit (SA). Prosedur audit kas dan setara kas yang dilakukan oleh KAP FPA mengikuti standar audit yang berlaku yaitu Standar Audit 315 dalam hal mengidentifikasi dan menilai risiko salah saji material melalui pemahaman tentang entitas dan lingkungan dan Arens et al. sebagai teori audit. Pada akhir laporan magang, terdapat refleksi diri dan tindak lanjut dari pengalaman magang yang telah dijalankan.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
R Nelly Nur Apandi
"Auditor diwajibkan menggunakan judgment profesionalnya dalam menilai risiko salah saji material. Judgment audit atas penilaian risiko salah saji merupakan pertimbangan yang dilakukan secara profesional terhadap kemungkinan adanya kesalahan dalam laporan keuangan yang terjadi karena kesalahan biasa (error) dan kesalahan karena tindakan kecurangan (fraud). Judgment auditor dipengaruhi oleh aspek lingkungan audit. Aspek lingkungan audit dapat dilihat dari 2 (dua) sisi yaitu lingkungan auditee dan lingkungan Auditor. Auditor multiple client yang mendapatkan penugasan pada lingkungan auditee yang kontras dapat menyebabkan judgment auditnya bersifat bias. Efek kontras tersebut terhadap judgment bias berdasarkan perspektif lingkungan auditee (contrast effect) dan perspektif lingkungan auditor (brainstorming effect)). Penelitian ini juga menguji pengaruh efek interaksi antara dua lingkungan tersebut. Secara umum, hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa lingkungan audit berpengaruh terhadap judgment bias. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3 dan teknik statistik Analysis of Variance (ANOVA), penelitian ini melibatkan 633 mahasiswa S1 akuntansi dari 21 institusi di Jakarta dan Jawa Barat, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa judgment bias auditor dipengaruhi oleh: i) lingkungan auditor (brainstorming effect); dan ii) pengaruh interaksi antara faktor lingkungan auditee dan auditor. Namun, lingkungan auditee (contrast effect), tidak berpengaruh pada judgment bias auditor. Hasil ini menunjukkan bahwa proses brainstorming dapat meningkatkan pemahaman tim audit tentang bukti audit, sehingga meminimalkan bias dalam menilai risiko salah saji material. Hal ini disebabkan adanya pertukaran informasi dan pemahaman, terutama dari auditor senior dalam proses tersebut. Proses brainstorming juga dapat mengurangi efek kontras yang terjadi pada auditor yang mendapatkan penugasan audit lebih dari satu klien dalam satu waktu (auditor multiple client).

This study aims to examine the effect of the audit environment on judgment bias from the perspective of both auditee (i.e., contrast effect) as well as auditors (i.e., brainstorming effect). This study also investigates the interaction effect between these two environments. Generally, this study hypothesizes that audit environment has effect on judgment bias. To test the hypothesis, this study employed an experimental method with a 2x3 factorial design and Analysis of Variance (ANOVA) statistical technique, involving 633 undergraduate accounting students of 21 institutions in Jakarta and West Java, Indonesia. The results showed that auditors’ judgment bias are affected by : i) auditor's environment – brainstorming effect; and ii) interaction effect between the auditees’ and auditors’ environmental factors. However, auditees’ environment – contrast effect, has no effect on auditors’ judgment bias. These results indicate that the brainstorming process could increase the audit team's understanding of audit evidence, thus, minimize bias when assessing the risk of material misstatement. This was due to the exchange of information and understanding, especially from senior auditors in that process. The brainstorming process can also reduce the contrast effects that occur on auditors with multiple clients."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esti Yuliana Rahmasari
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas bagaimana auditor mengevaluasi kecukupan bukti audit. Bukti audit akan mendasari auditor dalam menyusun opininya. Analisis bukti audit meliputi prosedur yang dilakukan selama proses audit, jenis bukti audit yang diperoleh serta hasil audit. Semua bahasan diatas akan dibahas dalam sebuah kerangka studi kasus di Perusahaan Asuransi Kerugian, PT EFG Tbk, dengan pembatasan pada siklus klaim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti audit masih kurang maksimal dalam pengumpulannya.

ABSTRACT
This paper discusses how auditors evaluate the adequacy of audit evidence. Audit evidence as underlying matters in preparing its opinion. Analysis of audit evidence includes procedures performed during the audit process, types of audit evidence obtained as well as audit results. All of the above will be discussed in a framework a case study in General Insurance Company, PT EFG Tbk, with restrictions on the claim cycle. The results of the study indicate that audit evidence is still less than the maximum results."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gadih Ranti
"Mulai tahun 1998, Indonesia mengalami pergolakan politik secara dramatis dan juga terjadinya krisis ekonomi. Pemerintah yang didominasi oleh militer berubah diganti dengan pemerintahan yang demokratis. Pemerintah yang sejak diberlakukannya otonomi daerah, mau tidak mau dipaksa oleh krisis untuk bersaing menghadapi persaingan ekonomi global, reformasi ekonomi berdasarkan pasar bebas AFTA. Dampaknya adalah pemerintah harus menerapkan kebijakan yang kondusif untuk persaingan. Masyarakat tidak akan berfungsi secara efektif apabila tidak dibarengi dengan terselenggaranya pemerintah yang efektif pula.TQM atau Manajemen Mutu Menyeluruh adalah suatu konsep memberikan penekanan kepuasan pelanggan, inovasi dan peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Studi kasus pada dinas Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata mencoba memetakan satu proses bisnis yaitu pembuatan Surat Izin Usaha Industri (SIUI) yang diberikan oleh dinas tersebut. Dalam proses sekarang (current) tampak ada prosedur yang tidak efektif. Dengan menggunakan elemen-elemen TQM (Manajemen Mutu Menyeluruh) dan menggunakan piranti lunak Igrafx penulis mencoba memperbaiki aliran proses bisnis pembuatan SIUI yang ada, dengan menghilangkan prosedur yang dianggap tidak efektif dan effisien menjadikan waktu dan biaya proses menjadi berkurang.

1998, Indonesia has faced political event dramatically and economic crisis. Since government administration dominated by military regime has been change to democratic faction.. The government has formed autonomy provinces, which were forced by crisis towards economic global competitive as well as economic reform base into AFTA free trade. To this impact government has to implement a policy, which is conducive for competition. This circumstance will not be effective unless government is conducting an effective administration. In this paper TQM is proposed to express Management Quality concept, which is emphasizing to customer satisfaction, innovation and sustainable improvement of public services. Writer tried to perform business mapping and business process for Business License (Surat Izin Usaha Industry). In which it is discovered lack of effective procedure and inefficient process performed by Industrial, Trade and Tourist office. Writer proposed to resolve the case of Business License by implementing TQM element and Igrafx software and develop flow chart in process of Business License. This aim is to eliminate ineffective and not efficient time and cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14814
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, Steven
San Francisco: Jossey-Bass, 1993
350.007 8 COH t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rohman
"Nowadays, service quality given by government oflicer is a central issue in implementing good that the government is conceming, quick service process, accurate, economical and transparence are hopes that the society waits for. Focus in this research meant by getting the datas and information about service quality given by East Telukjambe sub district officers in giving service of making citizen identify card that is measured with dimension of Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empaty.
The research method used in this research is descriptive research. The technique of taking sample done into 2 stage : firt, area sample and respondent sample that is done at random. Collecting data is done by using questioner as a main instrument. The acquired data is managed, tested by technique quality. Then, it is interpreted and analyzed.
The result research shows that all of the realization service that is given by East Telukjambe sub district officer in making the citizen identify card according to society?s judgment is less satisfied. It can be seem at the average scores on level quality of service per dimension totally, namely -0,19, in formula R - H < 0 so the service is less satisfied. On of the best explanation to understand the problem quality ofservice in making citizen identify card in East Telukjambe sub district office is trough improvement of manner of sub district officers to professionalism."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T22138
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Muhammad Adnan Imran
"Akuntabilitas kinerja merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan reformasi birokrasi. Pemerintah Kota Depok merupakan salah satu instansi pemerintah yang telah mendapatkan predikat baik dalam akuntabilitas kinerjanya jika mengacu pada penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan dalam akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Depok, seperti road map reformasi birokrasi yang baru dibuat dan dilaksanakan, program-program yang tidak dirancang khusus untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja, hingga penurunan pencapaian kinerja dari tahun 2017 hingga 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang implementasi akuntabilitas kinerja pada Pemerintah Kota Depok, dengan menggunakan teori akuntabilitas kinerja Artley (2001) beserta indikator-indikatornya. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivis dengan pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas kinerja pada Pemerintah Kota Depok belum terlaksana secara optimal, dimana beberapa indikator akuntabilitas kinerja telah dilaksanakan, tetapi belum dilaksanakan secara konsisten. Inkonsistensi pelaksanaan akuntabilitas kinerja dapat menjadi kendala bagi Pemerintah Kota Depok dalam mencapai target kinerjanya. Untuk itu, Pemerintah Kota Depok diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan akuntabilitas kinerjanya untuk memberikan hasil kinerja yang terbaik bagi stakeholders.

Performance accountability is one form of the Indonesian government's efforts to reform the bureaucracy. Depok City Government is one of the government agencies that has received a good title in its performance accountability when referring to the assessment from the Ministry of Administrative Reform and Bureaucratic Reform. However, there are still some deficiencies in the performance accountability of the Depok City Government, such as the newly created and implemented bureaucratic reform road map, programs that are not specifically designed to increase performance accountability, to a decrease in performance achievement from 2017 to 2018. to explain about the implementation of performance accountability in the Depok City Government, using the performance accountability theory of Artley (2001) and its indicators. This study uses a post-positivist approach with data collection in the form of in-depth interviews and literature study. The results of this study indicate that the performance accountability in the Depok City Government has not been implemented optimally, where several performance accountability indicators have been implemented, but have not been implemented consistently. Inconsistency in the implementation of performance accountability can become an obstacle for the Depok City Government in achieving its performance targets. For this reason, the City Government of Depok is expected to increase the implementation of its performance accountability to provide the best performance results for stakeholders."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Volume 20 of Research on Professional Responsibility and Ethics in Accounting brings together a range of articles exploring the professional responsibilities of accountants, codes of conduct which affect them, and securities regulations."
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469381
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>