Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163612 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Peristiwa Mahardika
"ABSTRAK
Pendidikan menjadi sarana strategis dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dan seringkali dijadikan sebagai salah satu tolok ukur bagi tingkat kemajuan suatu bangsa. Prestasi belajar peserta didik merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menetapkan Standar Nasional Pendidikan yang mengatur kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan masing-masing komponen dalam standar nasional pendidikan serta pengaruh antara capaian standar nasional pendidikan dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model kausalitas atau hubungan pengaruh untuk menguji hipotesis yang diajukan maka teknik analisis yang dipakai adalah SEM Structural Equation Modelling . Hasil dari penelitian ini adalah seluruh variabel input yaitu Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan. Pada ranah output, seluruh variabel proses yaitu Standar Proses, Standar Penilaian dan Standar Pengelolaan berpengaruh signifikan terhadap Standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan Standar Proses dan Standar Penilaian berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa, dan Standar Pengelolaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa. Jika dilihat dari pengaruh langsung antara komponen pada ranah input terhadap prestasi belajar siswa maka pengaruh terbesar yaitu Standar Isi melalui Standar Proses dengan besar pengaruh sebesar 0,070.

ABSTRACT
Education becomes a strategic tool in improving the quality of human resources and often serve as one of the benchmarks for the progress of a nation. Student learning achievement is one indicator of the quality of education in Indonesia. One of the efforts to improve the quality of education is to establish the National Education Standards that regulate minimum criteria on the education system throughout the territory of Indonesia. This study aims to analyze the relationship of each component in the national standard of education as well as the influence between the achievement of national standards of education with student achievement. This research uses causality model or influence relationship to test the hypothesis proposed then the analysis technique used is SEM Structural Equation Modeling . The results of this study are all input variables, namely Content Standards, Educator Standards and Educational Personnel, Standard of Facilities and Infrastructure, and Financing Standards have significant effect on all process variables namely Process Standards, Assessment Standards, and Financing Standards. In the output realm, all process variables are Process Standards, Assessment Standards and Management Standards have a significant effect on Graduates Competency Standards. While the Standard Process and Standards Assessment has a significant effect on Student Achievement, and Management Standards have no significant effect on Student Achievement. If seen from direct influence between component at input area to student achievement hence the biggest influence that is Standard Content through Standard Process with big influence equal to 0,070. "
2018
T51329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Hermawan
"Penelitian ini mendeskripsikan pemikiran Mohammad Natsir yang berkaitan dengan konvergensi pendidikan. Pemikiran tersebut keterkaitan dengan kebijakan sistem pendidikan nasional pertama 1950-1954 yang unik dan penting bagi Natsir untuk diimplementasikan. Permasalahan utama tugas akhir ini adalah “Bagaimana pemikiran konvergensi pendidikan Natsir terimplementasi dalam sistem pendidikan nasional 1950- 1954” melalui serangkaian metode penelitian sejarah, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi yang didasarkan pada sumber primer meliputi arsip undang- undang sistem pendidikan nasional tahun 1950-1954 dan sumber sekunder berupa buku Capita Selekta jilid I-III buah karya pemikiran Mohammad Natsir, artikel, jurnal, tesis dan skripsi pendidikan. Berbeda dari kajian-kajian pemikiran Natsir sebelumnya yang berfokus pada satu sudut pandang, baik politik atau keislaman. Penelitian ini mampu memberi pemikiran baru dari sudut pandang konvergensi pendidikan yang terimplementasi dalam produk hukum sistem pendidikan nasional di Indonesia. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa konvergensi pendidikan adalah “Memusatkan ragam ilmu pada satu titik temu, tanpa mengutamakan salah satu unsur tapi menguasai semua unsur di dalam tubuh pendidikan”. Konvergensi pendidikan dapat dirasakan manfaat dan keberhasilannya dalam implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 1950-1954 sebagai upaya perbaikan dari kemajuan pendidikan dan pengajaran secara inklusif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menambah khazanah sejarah pemikiran dan pendidikan Indonesia.

This research will explain thoughts of Mohammad Natsir related to the idea of educational convergence. This thought is related to the policy of the first national education system in 1950-1954 which is considered unique and important for Natsir to implement. The main problem of this final project is "How was Natsir's thought of educational convergence implemented in the 1950-1954 national education system" through the stages of historical research methods namely heuristics, verification, interpretation and historiography originating from primary sources including archives of the national education system laws of 1950-1954 and secondary sources in the form of Kapita Selekta volumes I-III by Mohammad Natsir, articles, journals, educational thesis and thesis. In contrast to previous studies on Natsir's thought which generally focused on one point of view, both political and Islamic. This research is able to provide new thinking from the point of view of educational convergence which is implemented in the legal products of the national education system in Indonesia. The results of this study indicate the conclusion that educational convergence is "Concentrating various knowledge at one meeting point, without prioritizing one element but mastering all elements in the body of education". The benefits and success of educational convergence can be felt in the implementation of the 1950-1954 National Education System Law as an effort to increase the progress of inclusive education and advertising. This research aims to add to the treasures of the history of Indonesian thought and education."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Asih Wismaningtyas
"Pendidikan dasar merupakan kewajiban yang harus disediakan oleh pemerintah. Kabupaten Lebak sebagai daerah yang dekat dengan ibukota negara namun masih tertinggal, termasuk dalam bidang pendidikan. Melihat kondisi buruk pendidikan dasar di Kabupaten Lebak dimana standar nasional pendidikan masih menghadapi banyak kendala. Penjaminan mutu pendidikan melalui implementasi kebijakan standarisasi pendidikan nasional menjadi sangat krusial. Fokus penelitian ini adalah tentang penerapan standardisasi pendidikan nasional di tingkat sekolah dasar di Lebak.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kebijakan Standar Nasional Pendidikan SNP pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Lebak dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian post positivist. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasilnya adalah Standar sarana dan prasarana dan standar pembiayaan adalah yang paling bermasalah. Selain konten dan faktor konteks kebijakan, ada faktor lain seperti geografis dan akses, budaya lokal dan pengaruh peraturan pemerintah.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian yang dilakukan adalah pembangunan sarana pendidikan dan akses menuju sekolah. Hal ini dikarenakan kendala yang terjadi di ketiga Sekolah Dasar yang menjadi sampel penelitian adalah standar sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mencapai standar nasional pendidikan di Kabupaten Lebak, perlu adanya penggalian sumber pendanaan yang lain selain Bantuan Operasional Sekolah BOS dan perlu adanya peraturan yang mengatur tentang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan supaya menjamin keamanan badan publik.

Basic education is an obligation that must be provided by the government. Lebak District as an area close to the state capital but still bad condition including in the field of education. Seeing the bad condition of basic education in Kabupaten Lebak where the national standard of education still faces many obstacles. Quality assurance of education through the implementation of national education standardization policy becomes very crucial. The focus of this research is the application of national education standardization at the primary school level in Lebak.
The purpose of this study is to analyze the implementation of National Education Standards SNP policy at the primary school level in Kabupaten Lebak and the factors that influence it. This research is post positivist research. Data were collected using in depth interview and observation. The result is the standard of facilities, infrastructure and financing standards are the most problematic. In addition to content and policy context factors, there are other factors such as geography and access, local culture and the influence of government regulations.
Suggestions that can be given from research conducted is the development of educational facilities and access to schools. This is because the constraints that occur in the three primary schools that become the research sample is the standard of educational facilities and infrastructure. In order to achieve the national standard of education in Kabupaten Lebak, it is necessary to extract other sources of funding other than Bantuan Operasional Sekolah BOS and the need for a regulation that regulates community participation in the provision of education to ensure the security of public institutions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
T51373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salmi Supriatin
"ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu dengan memakai teori dari Edward III merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu; informasi komunikasi, sumber daya, sikap para pelaksana kebijakan, dan struktur birokarasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memberikan keleluasaan bagi peneliti untuk mengeksplorasi berbagai yang berpengaruh. dengan paradigma post-positivis yaitu penelitian kualitatif dengan memakai teori, teori yang di pakai adalah Edward III. Metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data : wawancara yang mendalam, observasi insidental, dan dokumenter. Pengolahan data dengan melakukan pengkodingan, mereduksi, lalu melakukan uji validitas dengan triangulasi.
Hasil Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Standar Proses Ditingkat SMAN, Kabupaten Indaramyu.di peroleh kesimpulan bahwa Implementasi kebijakan standar proses ditingkat SMAN yang non unggulan, kabuapten Indramayu belum dilaksanakan dengan baik/masih lemah/rendah, namun pada SMAN 1 Sindang merupkan sekolah unggulan mantan RSBI sudah dilaksanakan dengan baik walaupun belum ideal karena masih ada yang harus mendapatkan perhatian yaitu pada upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif budaya organisasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan berbagai kekuarangan yang mungkin bisa dibenahi, untuk itu peneliti memberikan saran sebagai berikut: Pembenahan struktur birokrasi/pembagian wewenang tugas sekolah dengan memperhatikan kebutuhan sekolah dan daya dukungnya.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the implementation of standard process at general senior high school (SMAN) level in Indramayu regency by using Edward III theory. Factors that affect policy implementation are communication information, resources, attitude of policy implementor, and the structure of bureaucracy. This study conducts qualitative approach that gives discretion for the researcher to explore various effects and uses post-positivist paradigm as the research that uses theory. The theory used is Edward III theory. Qualitative research with descriptive analysis uses data collection technique through in-depth interview, incidental observation, and documentary study. The data is analyzed through coding, data reduction, and validity test through triangulation.
The result of the study about the implementation of standard process policy at SMAN level indicates that the implementation of standard process policy at unconsidered-superior general senior high school in Indramayu regency is not implemented well yet. The implementation of standard process policy, however, has been implemented well at SMAN 1 Sindang as a considered-superior school and previously as RSBI even though it is not ideally implemented because of the need of attention in the effort to enhance collective awareness of organization culture. This study found various weaknesses that could be recovered. Consequently, it is suggested to: (c) reform bureaucracy or school task authority distribution regarding the needs and carrying capacity of school."
2013
T35687
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"There needs to be good will among public education policy makers at national among and regional levels to the point of even inviting representatives from teachers at the local level to participate in the making of the curriculum, asking to be involved in the management of the educational process, soliciting their help in the plan at all levels, asking them to assist in the periodical assessments and following them up on it. These teachers should, in fact, be and actually are at the front line the effort to provide national policy for the system of education and should be actively involved in its Any educational system should aim at the eradication of poverty from society and, at the same time, out of justice, to provide education to everyone and for everyone. These principles really need to be followed considering the variety o the situations of people who are living in Indonesia."
ARETE 2:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Desentralisasi merupakan agenda reformasi bangsa Indonesia yang paling penting setelah pemilihan umum demokratis pada Nuji 1999. Desentralisasi menyentuh seluruh kehidupan bangsa termasuk program dan kegiatan pendidikan...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"National education serves to develop skills and character every individual in the context of the intellectual life of the nation, aimed at developing indivual potentials in order to be a human who is faithful and devoted to almighty god, civilized, healthy, educated, skilful, creative, independent, and become citizens of a democratic and responsible. Based on the function and purpose of education, every citizen has the right to education, including children with special needs. But, how the real conditions of education for children with special needs in Indonesia today? this article was written using literature study method and give analyze based on the data gathered from the literature logically in some tables followed by descriptive explanation.The analyze of the study showed that the government and public attention to national education now is getting better, but it still leaves some problem especially in an enrollment for special-needs children. Besides special education for children with special needs, inclusive education has been an alternative to give multiculture education to understand, accept, respect any differences, like ethnicity, culture, norm, personality , physical and psychical differences. Government attention in improving the quality of inclusive education and special school are still not maximum, seen from government program such as Bantuan Operasional Sekolah (BOS) and program Kesejahteraan Sosial Anak (PSKA). This fact is supported by government data and target which are still low, especially the participation index of the children with special need, only 65 percent in 2014"
MIPKS 36:4 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Febrina Yulianti
"ABSTRAK
Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Motivasi dapat diukur dengan karakteristik seseorang memiliki motivasi tinggi dari teori McClelland. Banyak faktor-faktor yang memengaruhi motivasi itu sendiri dari dalam diri sendiri atau intrinsik maupun dari luar individu atau ekstrinsik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan motivasi antara mahasiswa reguler dan alih jenjang S1 mengikuti pendidikan profesi fakultas ilmu keperawatan di instutusi negeri dan swasta. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snow ball sampling yang melibatkan 270 responden. Analisis data menggunakan uji T-independen menyatakan terdapat hubungan bermakna motivasi antara institusi negeri dan swasta p: 0,007 ?: 0,05 serta ada hubungan bermakna motivasi mahasiswa program pendidikan reguler dan alih jenjang S1 p: 0,002 ?: 0,05 . Hasil penelitian ini memberikan gambaran riil mengenai prospek profesi ners di masa mendatang dan sebagai bahan pertimbangan bagi institusi pendidikan Fakultas Ilmu Keperawatan untuk melakukan metode lain untuk meningkatkan motivasi mahasiswa sarjana keperawatan untuk melanjutkan pendidikan profesi.

ABSTRACT
Motivation is the force that drives a person to do achieve the goal. Motivation can be measured by a person characteristics motivation by McClelland rsquo s theory. Many factors that affect to motivation from in yourself intrinsic and from outside extrinsic . The aim of this research was to find comparison motivation regular students and Overgraduates S1 to participate professional Nursing Education in Nursing Faculty of Public and Private Institution. This study design used Cross sectional study. The selection of samples using snowball sampling with 270 respondents. Statistic analyze using independent t test showed a difference between public institutions and private institution p 0,007 0,05 have significiant relationship and same result too between Regular Students and Overgraduates S1 p 0,002, 0,05 . The result of this study provide a real picture about the prospect Nursing Profession in the future and consideration to the institution education the FON to do other methods to increased the motivation to continuing Ners Program."
2017
S69081
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdulah
"Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah
dimana di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pembelajaran yaitu
guru, isi atau materi pembelajaran, siswa dan lingkungan. Penelitian ini menganalisis
implementasi kebijakan standar proses di SMPN 2 Sukagumiwang Kabupaten
Indramayu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Sedangkan metodenya studi kasus yang bersifat deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, observasi dan
wawancara. Hasil Penelitian tentang Bagaimana implementasi standar proses di SMPN
2 Sukagumiwang Indramayu sebagai berikut:1. Aspek perencanaan pembelajaran yang
terdiri dari rencana program pembelajaran dan silabus pada umumnya sudah ada tapi
sebagian besar bukan hasil karya sendiri. 2. Pelaksanaan pembelajaran masih perlu
dibenahi terutama dari aspek jam belajar dan metode pembelajaran. 3. Penilaian
pembelajaran perlu dioptimalkan lagi frekwensi, jenis dan pemanfaatannya. 4.
Pengawasan pembelajaran perlu ditingkatkan lagi baik oleh Kepala Sekolah maupun
Pengawas Sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu : 1. Aspek
komunikasi masih perlu ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. 2.
Sumberdaya guru dan wewenangnya sudah cukup tetapi yang masih perlu diperhatikan
adalah sumberdaya siswa, informasi, sarana dan dana. 3. Sikap para pelaksana belum
optimal mendukung implementasi standar proses. 4. Struktur birokrasi sekolah dalam
melaksanakan implementasi standar proses sudah cukup berperan.

The learning process is the core of the formal education process at school where
it occurs in the interaction between the various components of the learning those are :
teachers, content or learning materials, students and the environment. This study
analyzes the policy implementation process standards in SMPN 2 Sukagumiwang
Indramayu district and the factors that influence it. This study used a qualitative
approach. The method used was a descriptive case study. Data was collected through
the study documents, observations and interviews. Research on how the implementation
of standard processes in SMPN 2 Sukagumiwang Indramayu obtained as follows : 1.
Aspects of the learning plan consists of plan learning program sand existing syllabus in
general but mostly not the work itself,. 2. Learning implementation still need to be
addressed, especially from the aspect of teaching hours and teaching methods. 3.
Assessment of learning needs to be optimized again the frequency, type andutilization.
4. Instructional supervision should be increased again by both the Principal and the
School Trustees. While the factors that influence, namely : 1. Communication aspect
could be improved both quantity and quality. 2. Resource teachers and authority is
sufficient but that remains to be seen is a student resource, information, facilities and
funds. 3. Attitude of the implementers is not optimal to support the implementation of
standard processes. 4. Bureaucratic structure of the schools in implementing the
standards implementation process has been quite instrumental.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35245
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>