Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 178931 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Glenn Santista
"ABSTRAK
Proyek Saluran Drainase merupakan proyek yang sering dilakukan oleh suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat setiap tahunnya dan menghabiskan jumlah anggaran yang cukup besar. Proyek pembangunan dilakukan dengan sistem lelang umum. Dari awal masa perencanaan, eksekusi serta masa pemeliharaan ditemukan adanya resiko ndash;resiko yang muncul pada setiap tahapan proyek yang mempengaruhi kinerja kualitas selama masa pekerjaan dan di akhir pekerjaan. Berdasarkan kondisi tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan resiko ndash; resiko yang muncul dan mengembangkan standartisasi rencana mutu kontrak dengan berbasis pada resiko yang telah diidentifikasikan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini berupa pengembangan standar dokumen rencana mutu kontrak berdasarkan identifikasi dan analisa terhadap 54 lima puluh empat variabel resiko.

ABSTRACT
Drainage Channel Project is a project that is regularly doing by Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat and spend a sizable amount of the budget. Drainage Channel Project is conducted by the open bidding system. From the planning process, execution and maintenance period reveal any risks that arise at each stage of the project that affect the quality of performance during the period of work and at the end of the work. Based on these conditions, the aims of this study is to identify risks that arise the project and develop standardization of the quality plan contract based on risks that was identification before. The results of this research is the development of a standart document of quality plan contract based on the identification and analysis of the 54 fifty four risk variable. "
2018
T51522
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Ayuningtyas
"Metode rancang bangun merupakan metode pengadaan yang semakin populer saat ini di Indonesia. Metode ini berbeda dengan konvensional karena desain dan konstruksi menjadi satu entitas. Seluruh tanggung jawab proyek dipikul oleh kontraktor sehingga diharapkan hasil dari proyek menjadi lebih komprehensif. Salah satu faktor keberhasilan untuk proyek rancang bangun adalah mutu proyek memenuhi persyaratan pengguna dan berfungsi dengan baik. Rancang bangun menggunakan sistem dengan jalur cepat. Dengan percepatan pekerjaan yang dilakukan selama konstruksi, hal ini dapat menimbulkan risiko terhadap hasil pekerjaan yaitu kinerja mutu. Penerapan manajemen risiko yang dilaksanakan, diharapkan dapat secara signifikan mengurangi dampak terhadap kinerja mutu proyek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko (frekuensi dan dampak) dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan percepatan pekerjaan sehingga dapat mengembangkan strategi peercepatan pekerjaan pada proyek rancang bangun untuk meningkatkan mutu berbasis risiko.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tinjauan literatur terkait faktor risiko yang mempengaruhi kinerja mutu dan kuesioner dengan pakar dan responden yang berpengalaman dalam pengadaan rancang bangun. Faktor risiko yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kompetensi pemilik proyek, team leader, dan manajer proyek, kemampuan perencanaan dan pelaksanaan, proses pengadaan, lingkup dan sifat proyek, hubungan kerja antara tim proyek, informasi pemilik proyek, faktor fisik dan lingkungan sosial ekonomi.
Durasi waktu pengurusan perijinan yang tidak dapat diperkirakan merupakan faktor risiko paling dominan pada penelitian ini. Percepatan pekerjaan seperti fast track atau crashing dapat menjadi solusi atau risiko. Perlu disesuaikan dengan pengembangan daftar kegiatan sampai durasi dan urutan pekerjaan pada setiap aktivitas dilakukan super imposed dengan master schedule sehingga dapat dianalisis perbandingan schedule dengan respon risiko dan tidak menggunakan respon risiko. Selain itu perlu dilakukan monitoring terhadap respon risiko secara rutin. Pengembangan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu berbasis risiko pada proyek rancang bangun.

Design-build method has become a more popular procurement method in Indonesia. This method differs from other conventional procurement methods because the design and construction is one entity. All responsibilities are taken over by contractors so that the project outcome expected becomes more comprehensive. Design-build applies fast-track system. The work acceleration implemented during the construction will potentially generate risks on the performance, in this case quality performance. The implementation of risk management is expected to significantly reduce the impact of the risk on the quality performance of a project.
The objective of this study is to analyze risks (the frequency and the impact) by identifying factors affecting the success of work acceleration, and thus work acceleration strategy can be developed for design-build project in order to improve risk based quality.
This study is a qualitative research with literature study on factors of risks affecting quality performance and questioners given to experts and respondents who are experienced in design-build procurement. Risk factors analyzed in this study are competence of project owner, team leader, and project manager, planning and execution ability, procurement process, scope and nature of the project, work relationship among project teams, project owner's information, physical factors, and social economy environment. The result of this study is work acceleration strategy on design-build project in order to improve risk based quality performance.
The unpredictable duration of permit issuance has become the most dominant risk factor in this study. Fast track in design work, permit and construction can be done to improve quality of design and build project. Crashing can be done during the construction. However, it is necessary to consider the interface with other jobs and the conformity of the number of human resources, equipment, and material. This result can become a strategy of developing risk based work acceleration in order to improve work quality in design and build project.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Cahyo Wardoyo
"Perencanaan pengadaan sebagai bagian dari proses bisnis Sudin Bina Marga adalah proses yang vital karena merupakan tahap awal dalam pelaksanaan penggunaan anggaran yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun kenyataannya alur komunikasi yang ada dalam proses perencanaan pengadaan belum terbangun secara optimal sehingga waktu dan mutu perencanaan pengadaan masih kurang baik.
Dalam penelitian ini ditemukan empat belas faktor risiko dominan dalam alur komunikasi yang mempengarui kinerja perencanaan pengadaan.Selanjutnya berdasarkan risiko-risiko dominan tersebut disusunlah suatu strategi pengembangan alur komunikasi untuk meningkatkan kinerja perencanaan pengadaan dalam bentuk rekomendasi prosedur.

Procurement planning as part of a business process Sub-Department of Highways is a vital process for an early stage in the implementation of the use of the budget that has been given by Jakarta Provincial Government. But in reality the communication channel is in the process of procurement planning has not been built so that the optimal time and quality of procurement planning is still not good.
In the present study found fourteen dominant risk factors in the communication flow that affects the performance of procurement planning. Furthermore, based on the predominant risks drafted a communication flow development strategy to improve the performance of procurement planning in the form recommended procedures.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46809
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chatarina Riris
"Komunikasi antar stakeholder di lingkungan Dinas Bina Marga mempengaruhi mutu jalan layang non tol pada tahap perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi stakeholder yang berpengaruh pada mutu juga mengidentifikasi faktor risiko pada alur komunikasi di tahap perencanaan dan pembangunan kontrak rancang bangun serta tahap pemeliharaan, serta mengembangkan alur komunikasi antar stakeholder tersebut. Strategi penelitian yang digunakan adalah survey dan studi kasus. Dari faktor risiko yang ada dan dampak yang ditimbulkan, akan diketahui hubungan di tiap tahapan dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil dari penelitian ini didapat alur komunikasi antar stakeholder yang telah berbasis risiko.

Communication among stakeholders within the Highways Departement affects the quality of elevated highways in the planning, development and maintenance stages. The purpose of this research is to identify the stakeholders that influence the quality as well as to identify the risk factors in the communication flow at the each stage, and to develop communication flow between the stakeholders. The research strategy used is survey and case study. From the existing risk factors and impacts, we will know the relationships at each stage and analyzed using Structural Equation Modeling. The result of this research is the communication flow between stakeholders that have been risk based"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48112
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afriyanton
"[ Pada proyek jalan dan jembatan di DPU DKI Jakarta dari tahun 2009-2014 terjadi perubahan biaya akibat contract change order (CCO) berkisar 5% sampai 42% terhadap kontrak. Penyebab CCO antara lain perubahan spesifikasi, perubahan desain, kesalahan estimasi, dan penyelidikan geoteknis yang kurang akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penyebab dan dampak risiko CCO, serta menentukan langkah pengelolaan risiko CCO. Penelitian ini menggunakan kuesioner kepada pakar dan pihak yang berpengalaman pada proyek jalan dan jembatan. Dari hasil penelitian didapatkan 27 variabel risiko yang berpengaruh terhadap CCO yang dikelompokkan menjadi aspek teknis,legal dan lingkungan. Dari analisa statistik dan analisa peringkat risiko terhadap data kuesioner responden didapatkan variabel risiko yang paling dominan dan mempunyai risk level high adalah variabel perubahan desain/perencanaan kurang matang dan kesalahan estimasi biaya dan volume pekerjaan . Salah satu cara pencegahan dan pengelolaan faktor risiko dominan tersebut adalah pengembangan SOP perencanaan dan estimasi di lingkungan DPU DKI Jakarta; On the road and bridge construction projects in Jakarta from 2009-2014 due to changes in the cost of contract change order (CCO) ranges from 5% to 42% of the contract. Cause of CCO are specification changes, changes in design, estimation error, and geotechnical investigations are less accurate . The research objective is to analyze the causes and effects of CCO and determining management of CCO. This research used questionnaires to experts and experienced people on the road and bridge project . From the results, 27 risk variables that affect the CCO are grouped into technical, legal and environmental. From the statistical analysis and risk analysis most dominant risk variables and has a high risk level is variable changes in design and cost estimation errors. Prevention and management of risk factors is development planning and estimation standard operational procedur, On the road and bridge construction projects in Jakarta from 2009-2014 due to changes in the cost of contract change order (CCO) ranges from 5% to 42% of the contract. Cause of CCO are specification changes, changes in design, estimation error, and geotechnical investigations are less accurate . The research objective is to analyze the causes and effects of CCO and determining management of CCO. This research used questionnaires to experts and experienced people on the road and bridge project . From the results, 27 risk variables that affect the CCO are grouped into technical, legal and environmental. From the statistical analysis and risk analysis most dominant risk variables and has a high risk level is variable changes in design and cost estimation errors. Prevention and management of risk factors is development planning and estimation standard operational procedur]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44735
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miftah Arief
"Perencanaan proyek harus menjadi bagian integral dari industri pembangunan perumahan agar dapat dicapai kinerja proyek yang lebih efisien dan berdampak pada kinerja waktu yang lebih baik. Diperlukan pemahaman yang jelas dan rinci apa yang menjadi lingkup di dalam proyek dan apa yang tidak termasuk di dalam lingkup proyek serta apa saja yang menjadi risiko dalam perencanaan proyek. Perencanaan proyek diharapkan mampu memberikan solusi pada keseluruhan struktur pekerjaan secara yang rinci sekaligus fleksibilitas untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kegiatan proyek dan mengakomodasi sistem organisasi proyek serta perubahan-perkembangan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai masalah perencanaan pada proyek pengembangan perumahan dengan mengidentifikasi 10 area pengetahuan dan 24 proses perencanaan dalam PMBOK (Project Management Body of Knowledge) edisi ke 6 tahun 2017 menggunakan pendekatan manajemen risiko untuk memahami dan menganalisis sistem perencanaan pada proyek perumahan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut disusun sebuah pedoman (SOP) perencanaan proyek perumahan yang dapat dijadikan strategi untuk meningkatkan kinerja waktu proyek perumahan.

Project planning must be an integral part of the housing construction industry so that project performance can be achieved more efficient and have an impact on schedule performance. A clear and detailed understanding is needed of what is within the scope of the project and what are the risks identified in the project planning phase. Project planning is expected to be able to provide solutions to detailed work structures as well as flexibility to be able to adapt to the environment of unique project activities and to accommodate the project's organizational system and business changes or improvements made by the company. This study aims to parse the risks in project planning of residential development projects by identifying 10 knowledge areas and 24 planning processes in the 6th edition of the 2017 PMBOK (Project Management Body of Knowledge) using qualitative risk analysis approach to create an understanding and to mitigate the high risk factor. Referring the research results, a preventive action in each of the high risk indicator has been prepared to be integrated in the planning guideline (standard operating procedure). This risk analysis performed to be used as a strategy to improve the residential development schedule performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Budiarto
"Keberhasilan suatu proyek sangat dipengaruhi oleh tahap pendefinisian proyek, lingkup proyek dan pembuatan work breakdown structure (WBS). WBS merupakan suatu proses perincian deliverable dan pekerjaan proyek menjadi komponen yang lebih kecil dan dapat dikelola. Kesesuaian dengan spesifikasi kualitas merupakan pengukuran penting kinerja dari setiap proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Standar WBS yang berbasis risiko untuk meningkatkan kinerja kualitas pada proyek saluran/irigasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis risiko kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan standar WBS berbasis risiko untuk proyek saluran/irigasi yang terdiri dari 6 level dan 10 variabel risiko dominan terhadap kinerja kualitas mutu proyek, dan rekomendasi respon risiko sebagai pengembangan WBS standar.

The success of a project is greatly influenced by the stage of defining the project, the scope of the project and the creation of a work breakdown structure (WBS). WBS is a process of detailing deliverables and project work into smaller and manageable components. Compliance with quality specifications is an important measurement of the performance of each construction project. This study aims to develop a risk-based WBS Standard to improve quality performance in channel / irrigation projects. This research was conducted with qualitative risk analysis methods. The results of this study indicate a risk-based WBS standard for channel / irrigation projects consisting of 6 levels and 10 dominant risk variables on the performance of project quality quality, and risk response recommendations as the development of standard WBS."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T52593
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novika Candra Fertilia
"Proyek EPC (Engineering, Procurement, and Construction) merupakan jenis proyek konstruksi yang kompleks, sehingga keterlambatan proyek merupakan fenomena yang kerap terjadi pada proyek EPC. PT. KE merupakan salah satu badan usaha yang mengelola proyek EPC yang dalam pelaksanaannya banyak mengalami keterlambatan, salah satu penyebabnya adalah dispute antara desain dan dokumen kontrak yang menunjukkan lemahnya proses perencanaan.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peristiwa risiko dalam tahap perencanaan yang mempengaruhi kualitas perencanaan dalam keterkaitannya dengan kinerja waktu untuk mengembangkan kerangka perencanaan proyek yang diharapkan dapat dijadikan strategi baru dalam meningkatkan kinerja waktu proyek berbasis PMBOK 2013. Pada penelitian ini ditemukan 3 faktor risiko dominan dan 1 tambahan aktivitas precanaan berdasarkan PMBOK 2013.

EPC project (Engineering, Procurement, Construction) ia a complex construction project, in such a way that delay becomes heaps of times phenomenon. PT. KE is one of the most EPC company which execute many EPC project in each successive is delay and one of causal factor is the weaknes of project planning processes.
This paper will indicate risk factors in project planning phases had an effect on time performance to developt a new frame work of planning process as a strategy to increase time performance. The result of this paper are 3 high risk and 1 activity in planning process need to be added according to PMBOK 2013.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46650
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suharto Rais
"Dalam rangka mengantisipasi datangnya milenium ketiga serta untuk dapat berpacu
mengembangkan perannya sebagai organisasi publik dalam membelikan pelayanan prima
kepada masyarakat, maka perlu dilakukan tinjauan efektivitas organisasi melalui analisis
falctor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi dengan pendekatan The Seveu's
Model Mc Kinsey studi kasus pada Seksi Pengelolaan Air Kotor Suku Dinas Kebersihan
Kotamadya Jakarta Pusat.
Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap ke tujuh faktor-falctor yang diduga
mempengaruhi efektiiitas organisasi dan selardutnya dievaluasi sejauh mana peranannya dan
keterkaitannya antar faktor dalam mempengaruhi efektivitas organisasi Seksi PAK Sudin'
Kebersihan Kotamadya Jakarta Pusat_ Faktor-faktor yang dianalisis dan diduga dominan
mempengaruhi efektivitas organisasi adalah stmktur, strategi, sistcm organisasi, gaya
kepemimpinan (Style), StaH (SDM), skills (ketrampilanlkemampuan), dan pemilikan nilai
(shared value).
Mclalui metode penelitian survei total sampling dilakukan analisis eksplanatii cros
tabulasi dan analisis korelasi( r) antar dua variabel dari faktor- faktor tersebut. Dari hasil
penelitian ditemukan beberapa lccsimpulan sebagai berikut. Profil organisasi Seksi PAK
Sudin Kebersihan Wilayah Jakarta Pusat belum menunjukkzm kinelja yang cfcktiii hal ini
membcrikan pengaruh bagi rcndahnya produktlvitas kenja organisasi ini Kelemahan ini terlihat dcngan belum optimalnya pencapaian sasaran secara kualitatif yaitu
belum terpenuhinya konsep pelayanan prima, dan secara kuantitatif ditunjukkan oleh baru
3,3 % konsumcn yang dapat terlayani. Faktor-faktor ulama yang mempengamhi .kurang
efektifnya organisasi adalah struktur yang masih tumpang tindih dengan instansi lainnya
serta tidak didukung oleh kemampuan SDM, strategi organisasi yang belum mengacu kepada
pencapaian sasaran baik jangka pendek maunun jangka panjang, sistem organisasi yang
masih tradisional, gaya kepemimpinan (Sz)/le) yang cenderung berorientasi kepada tugas dan
bersifat dari atas ke bawah, tingkat pendidikan Staff (SDM) yang relatif rcndah, kurangnya
kesadaran organisasi untuk meningkatkan skills (ketrampilan/kemampuan) pegawai, dan dari
scgi falctor pemilikan nilai, belum terbentuk sistem nilai yang tangguh. Orientasi dan
komitmen pegawai kepada tugas dan pengabdian organisasi lebih diarahkan oleh nilai-nilai
yang bersifat ekonomis yang langsung dirasakan (tangible values), yang berhubungan
dengan pemenuhan kcbutuhan dasar (basic needs) dan kesajahteraan hidup karyawan ilu
sendiri. Faktor-faktor yang mempenganxhi efektivitas organisasi saling berhubungan, dari
analisis korelasi antar dua faktor (variabel) sebagian besar menunjukkan nilai yang sangat
signiflkan (r=O,99) dan secara sinergi mempengaruhi efektivitas organisasi Selanjutnya
untuk tcrcapainya penumbuhan dan perkcmbangan usaha Serta mémbangun kemandirian
organisasi dengan konsep pelayanan prima , perlu dilalmkan perbaikan atau pembenahan
pada kctujuh faktor tersebut."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T6467
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desrandy Andriyanda
"Perencanaan proyek yang kurang baik akan mengakibatkan keterlambatan waktu pelaksanaan. Keterlambatan suatu proyek dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain kesalahan dalam design perencanaan proyek, keterlambatan pengadaan material dan peralatan hingga perubahan scope pekerjaan yang diminta oleh user. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa risiko-risiko dalam proses perencanaan proyek berbasis PMBOK 2013 yang berpengaruh terhadap kinerja waktu sehingga dapat memberikan gambaran sebab dan akibat serta kuantifikasi efek potensial dari faktor risiko dominan untuk dapat dikembangkan suatu sistem perencanaan proyek sebagai strategi baru dalam meningkatkan kualitas perencanaan yang berdampak terhadap kinerja waktu.

Poor project planning will lead to delays in implementation time. Delay a project can be attributed to several factors, such as errors in project planning design, delays in the procurement of materials and equipment to change the scope of work requested by the user. This study was conducted to analyze the risks in the project planning process based on PMBOK 2013 that affect the performance of time so as to give an idea of cause and effect as well as the quantification of the potential effects of the dominant risk factors in order to develop a system of project planning as a new strategy to improve the quality of planning affect the performance time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T49720
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>