Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10699 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Amalia Wildani
"ABSTRAK
Dukungan organisasi sangat penting bagi perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Masalah yang dapat dialami selama perawat mengikuti pendidikan formal sambil bekerja yaitu masalah bagi keselamatan pasien dan kecelakaan kerja perawat. Peran dan fungsi manajer keperawatan sangat diperlukan dalam mengelola perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman perawat mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan 15 partisipan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dan pengumpulan data melalui wawancara mendalam semi terstruktur. Hasil penelitian didapatkan tujuh tema utama yaitu motivasi perawat manajer, motivasi perawat klinis, kendala perawat, dukungan manajer keperawatan, tanggung jawab manajer keperawatan, pelaksanaan tugas perawat manajer, dan pelaksanaan tugas perawat klinis. Perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja itu memiliki dampak positif dan negatif. Penelitian ini merekomendasikan agar rumah sakit melakukan sosialisasi ulang dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan formal perawat yang sambil bekerja. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi topik dan metode penelitian yang berbeda terkait perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja.

ABSTRACT
Organizational support is very important for nurses joining formal education while actively working. Problems that can be experienced as long as nurses joining formal education while actively working are problems for patient safety and nurses rsquo workplace accidents. The role and function of nursing managers is necessary in managing nurses who joining formal education. This study aims to explore the experiences of nurses joining formal education while actively working. The method used is qualitative research with phenomenology approach with 15 participant selected using purposive sampling technique, and data collection through semi structured in depth interview. The results of the research are seven main themes, namely nurse manager motivation, clinical nurse motivation, nurses barrier, nurse manager support, nurse manager responsibility, nurse manager task execution, and clinical nurse task execution. Nurses joining formal education while actively working have a positive and negative impact. This study recommends that hospital can re socialize and evaluate the implementation of formal education of nurses. Further research may explore research different topics and methods related to experiences of nurses joining formal education while actively working."
2018
T50632
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Rini Eka Wulandari
"Peningkatan pendidikan formal menjadi sangat penting bagi profesi keperawatan dan merupakan salah satu jenis pengembangan profesional berkelanjutan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan pelayanan kesehatan yang semakin tinggi mengharuskan seorang perawat untuk meningkatkan pendidikannya secara formal. Manajer keperawatan bertanggung jawab atas terlaksananya peningkatan pendidikan formal setiap staf nya di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman perawat dan manajer dalam peningkatan pendidikan formal. Desain penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif, dengan metode wawancara semi terstruktur. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, partisipan dalam penelitian yaitu 14 orang perawat yang terdiri dari 9 orang mewakili perawat dan 5 orang mewakili manajer perawat pada RS X di Lampung Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam secara langsung. Analisis data menggunakan metode colaizzi dan analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh lima tema untuk pengalaman perawat yaitu: 1) Pemahaman terhadap pentingnya pendidikan formal bagi perawat; 2) Dukungan bagi perawat dalam melanjutkan sekolah; 3) Hambatan dalam meningkatkan pendidikan formal; 4) Kepuasan terhadap upaya manajer dalam mendukung peningkatan pendidikan; 5) Dampak program peningkatan pendidikan formal, sedangkan untuk pengalaman manajer diperoleh empat tema yaitu: 1) Memberikan dukungan kepada perawat yang melanjutkan pendidikan; 2) Hambatan dalam peningkatan pendidikan formal di rumah sakit; 3) Dampak peningkatan pendidikan formal pada pelayanan keperawatan; 4) Perlu penyusunan rencana strategi upaya peningkatan pendidikan formal. Rekomendasi dari penelitian ini adalah rumah sakit membuat rencana berkaitan dengan kebijakan, pedoman/panduan tentang peningkatan pendidikan formal bagi perawat dan disosialisasi kepada seluruh perawat serta dievaluasi sehingga upaya dalam meningkatkan pendidikan formal berjalan dengan baik.

Increasing formal education is very important for the nursing profession and is one type of continuous professional development. The development of science and the increasingly high demands of health services require a nurse to increase her education formally. The nursing manager is responsible for the implementation of improving the formal education of each staff in the hospital. The purpose of this study was to explore the experiences of nurses and managers in improving formal education.The qualitative research design used a descriptive approach, with a semi-structured interview method. The sampling technique used purposive sampling, the participants in the study were 14 nurses consisting of 9 representing nurses and 5 representing nurse managers at X Hospital in South Lampung. Data collection was carried out by direct in-depth interviews. Data analysis used the colaizzi method and thematic analysis. The results of the study obtained five themes for the nurse's experience, namely: 1)Understanding of the importance of formal education for nurses; 2) Support for nurses in continuing school; 3) Barriers to improving formal education; 4) Satisfaction with manager's efforts in supporting education improvement; 5) The impact of the formal education improvement program, while for the experience of managers, four themes were obtained, namely: 1) Providing support to nurses who continue their education; 2) Barriers to the improvement of formal education in hospitals; 3) The impact of increasing formal education on nursing services; 4) It is necessary to formulate a strategic plan for efforts to improve formal education. Recommendations from this study are hospitals make plans related to policies."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adisti Maharani
"Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun pada kenyataannya, masih banyak pelajar yang menempuh pendidikan sambil bekerja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pelajar tersebut, antara lain untuk mendapatkan pengalaman atau karena kondisi finansial. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menempuh pendidikan sambil bekerja terhadap kemampuan kognitif individu yang berusia 15-24 tahun. Dengan menggunakan data IFLS Gelombang 5, hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa menempuh pendidikan sambil bekerja tidak berpengaruh terhadap skor kognitif seseorang. Meski demikian, terdapat beberapa faktor lain dari latar belakang individu, keluarga, dan sosial-ekonomi yang dapat mempengaruhi skor kognitif. Kata Kunci: Pendidikan, bekerja, skor kognitif, individu, keluarga, sosial-ekonomi

Education is one of the most important factors in influencing a country's economic growth. But in reality, there are still many students who work while studying. There are many factors that influence the students' decision, such as gaining experience or because of financial conditions. This study aims to determine the effect of working while studying on the cognitive ability of individuals aged 15-24 years. Using IFLS Wave 5 data, the results of this study show that working while studying has no effect on an individual’s cognitive score. However, there are several other factors from individual, family, and socio-economic backgrounds that can affect cognitive scores.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rifki Naufal
"Tulisan ini berupaya untuk menjelajahi ragam analisis budaya dalam pendidikan formal di Indonesia. Fokus terhadap kajian antropologi pendidikan ditujukan untuk menggambarkan relevansi teoritis maupun metodologis yang ada di antara kedua kajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka berbasis anotasi bibliografi yang dilakukan secara daring. Cakupan data yang ditelaah merupakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dari tahun 2018 hingga tahun 2022 dan berfokus pada proses pembelajaran pendidikan formal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kajian antropologi pendidikan di Indonesia memiliki keragaman ruang analisis menarik, seperti relasi pendidikan dengan pembangunan, gender, linguistik, budaya perkotaan dan pengetahuan lokal. Pergerakan ruang analisis tersebut didasarkan pada karakteristik masyarakat Indonesia tingkat keberagamannya yang tinggi. Temuan penelitian ini menggambarkan penawaran-penawaran yang diberikan oleh kajian antropologi pendidikan terhadap kajian antropologi maupun kajian pendidikan.

This paper seeks to explore the variety of cultural analysis in formal education in Indonesia. The focus on educational anthropology is aimed to illustrate the theoretical and methodological relevance that exists between the two studies. The method used in this research is an online literature study based on bibliographic annotation. The scope of the data analyzed consists of scientific papers published from 2018 to 2022 and focuses on the learning process of formal education. The results of this study show that the development of educational anthropology in Indonesia has a variety of interesting analytical spaces, such as the relationship between education and development, gender, linguistics, environment, art, urban culture and local knowledge. Such dynamic analysis is driven by the characteristics of Indonesian society, which has a high level of diversity, The findings of this study illustrate the contributions of educational anthropology studies to both anthropology and education studies."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Naila Arya Anindya
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tindakan mom-shaming yang dialami ibu muda yang bekerja di sektor formal dan dukungan sosial yang diterimanya. Mom-shaming merupakan fenomena yang dialami para ibu yang dihakimi atau dikritik oleh orang lain terkait identitasnya sebagai seorang ibu atau cara mereka mengasuh anak. Dengan itu, fokus penelitian ini adalah pada ibu muda yang mengalami mom-shaming di tempat kerja. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara mendalam terhadap empat ibu yang memiliki pengalaman mom-shaming di tempat kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman mom-shaming turut berdampak negatif terhadap well-being ibu, di samping role overload dan parenting guilt, yang merupakan dimensi dari pengalaman parenting. Mom-shaming pun dalam kasus ini juga berkontribusi pada rasa bersalah yang dirasakan oleh ibu yang bekerja. Untuk itu, dukungan sosial, terutama dari keluarga dan teman, dilihat sebagai salah satu strategi penting dalam menjaga well-being perempuan yang mengalami mom-shaming. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang mom-shaming yang dialami ibu yang bekerja di tempat kerja, kaitannya dengan kondisi well-being ibu, dan pentingnya dukungan sosial dalam menghadapi tantangan tersebut.

This study aims to uncover acts of mom-shaming experienced by young mothers working in the formal sector and the social support they receive. Mom-shaming is a phenomenon where mothers are judged or criticized by others regarding their identity as mothers or their parenting style. Accordingly, the focus of this research is on young mothers who experience mom-shaming in the workplace. A qualitative research method was employed, with in-depth interviews conducted with four mothers who have experienced mom-shaming at work. The findings indicate that mom-shaming negatively impacts the well-being of mothers, alongside role overload and parenting guilt, which are dimensions of the parenting experience. In these cases, mom-shaming also contributes to the guilt felt by working mothers. Therefore, social support, particularly from family and friends, is seen as a crucial strategy in maintaining the well-being of women experiencing mom-shaming. This study contributes to the understanding of mom-shaming experienced by working mothers in the workplace, its relation to maternal well-being, and the importance of social support in addressing these challenges."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vivi Viyati Yudha Hadijaya
"Latar belakang permasalahan adalah mengenai dampak tren working from home (WFH), yang diterapkan oleh banyak perusahaan di Indonesia sejak pandemi COVID-19 merebak, dan distance learning terhadap kinerja karyawan yang menjalani bekerja sambil kuliah. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak WFH dan distance learning terhadap kinerja karyawan secara langsung maupun dimediasi oleh motivasi kerja, kepuasan kerja, dan work life balance. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang menjalani bekerja sambil kuliah pada program pasca sarjana FEB Universitas Indonesia, dan telah memiliki masa kerja lebih dari enam bulan baik karyawan tetap maupun kontrak. Teknik pengumpulan data melalui survei, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis linear berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang terbukti positif dan signifikan adalah WHF secara parsial terhadap kinerja karyawan, work life balance, dan work motivation; pengaruh distance learning terhadap kinerja karyawan, job satisfaction, dan work life balance; pengaruh work motivation terhadap kinerja karyawan. Adapun hipotesis analisis jalur yang terbukti adalah work motivation memediasi pengaruh WFH terhadap kinerja karyawan.

The background to the problem is regarding the impact of the working from home (WFH) trend, which has been implemented by many companies in Indonesia since the COVID-19 pandemic broke out, and distance learning on the performance of employees who are working while studying. Starting from these problems, this study aims to analyze the impact of WFH and distance learning on employee performance directly or mediated by work motivation, job satisfaction, and work life balance. The research approach is quantitative. The study population was students who worked while studying at the FEB University of Indonesia postgraduate program, and had worked for more than six months, both permanent and contract employees. Data collection techniques through surveys, with research instruments in the form of questionnaires. The sampling technique is proportionate stratified random sampling. The analysis technique used is descriptive analysis, multiple linear analysis, and path analysis. The results of the study show that the partially positive and significant influence is WHF on Employee Performance, Work Life Balance, and Work Motivation; then the effect of Distance Learning on Employee Performance, Job Satisfaction, and Work Life Balance; then the influence of Work Motivation on Employee Performance. The path analysis hypothesis that is proven is that Work Motivation mediates the effect of WFH on employee performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>