Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 200761 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Delly Mawarni Gumay
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Servant Leadership terhadap Organizational Performance yang dimediasi oleh Organizational Learning pada Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee sebagai penyelenggara Asian Games2018 di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang merupakan karyawan yang bergabung dalam Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau INASGOC. Model penelitian menggunakan 4 hipotesis dan diuji dengan analis data menggunakan metodi uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari gaya kepemimpinan ServantLeadership terhadap Organizational Performance dari INASGOC dengan peran full mediation dari Organizational Learning. Hal ini menunjukan bahwa Organizational Learning memiliki peran yang signifikan untuk keberhasilan penyelenggaraan even Asian Games 2018.

ABSTRACT
This study aims to examine the influence of servant leadership on organizational performance with organizational learning as mediator in Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee as the organizer Asian Games 2018 in Indonesia. Data were collected by using survey method with questionnaire distributed to 150 respondens employees who joined Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee or INASGOC. The model has 4 hypotheses and had tested using simple regression and multiple regression. The result shows that Servant Leadership has a positive impact on Organizational Performance wich is fully mediated by Organizational Learning. This study proves that Organizational Learning has a significant role to succefully held Asian Games 2018 event. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anugrah Bhuwana Arganata
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employee engagement dan servant leadership terhadap organizational citizenship behavior dengan mediasi organizational commitment. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Sejumlah 353 (tiga ratus lima puluh tiga) pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan berpartisipasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employee engagement, servant leadership, dan organizational commitment berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior. Selanjutnya, employee engagement memiliki pengaruh positif terhadap organizational commitment sedangkan servant leadership tidak memiliki pengaruh terhadap organizational commitment. Diperoleh hasil pula bahwa organizational commitment memediasi antara employee engagement terhadap organizational citizenship behavior dengan sifat mediasi parsial, namun organizational commitment tidak memediasi antara servant leadership terhadap organizational citizenship behavior. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam memberikan implikasi manajerial untuk praktik manajemen yang dapat dijalankan organisasi dalam mengidentifikasi permasalahan dan menerapkan solusi yang berkaitan dengan variabel-variabel dalam penelitian serta mengelaborasi faktor yang dapat meningkatkan organizational citizenship behavior yang secara paralel juga dapat meningkatkan kinerja dari organisasi.

This research aims to determine the influence of employee engagement and servant leadership on organizational citizenship behavior with the mediation of organizational commitment. Data was collected through questionnaires and analyzed using Structural Equation Modeling. A total of 353 (three hundred and fifty three) employees of the Secretariat General of the Ministry of Finance participated as research samples. The results of this research show that employee engagement, servant leadership, and organizational commitment have a positive effect on organizational citizenship behavior. Furthermore, employee engagement has a positive influence on organizational commitment, while servant leadership has no influence on organizational commitment. The results also obtained that organizational commitment mediates between employee engagement and organizational citizenship behavior with partial mediation properties, but organizational commitment does not mediate between servant leadership and organizational citizenship behavior. The results of this research can be used as a basis for providing managerial implications for management practices that organizations can carry out in identifying problems and implementing solutions related to the variables in the research as well as elaborating on factors that can improve organizational citizenship behavior which in parallel can also improve organizational performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adityawarman
"One solution for organization to adapt to current rapid change is to innovate. Having employees with high innovative work behavior (IWB) is a way for organization to be more innovative. This study focus on how Servant Leadership and Learning Goal Organization influence Innovative Work Behavior through Psychological Capital as mediating variable. Respondent is 448 employees of Badan Meteorologi Klimatologi and Geofisika, based in several areas in Indonesia. The short version of Servant Leadership Survey (SLS) used to measure Servant Leadership,  LGO measure with items developed by VandeWalle (1997), short version of Psychological Capital Questionnaire (PCQ) for PsyCap and Jannsens (2000) 9 items questionnaire is used to measured IWB. The result shows that Servant Leadership only significantly influence IWB indirectly through PsyCap, but LGO significantly influence IWB both directly and inderectly.

Inovasi merupakan solusi bagi organisasi dalam beradaptasi dengan kecepatan perubahan yang terjadi. Salah satu cara organisasi menjadi lebih inovatif adalah dengan mendorong pegawainya untuk berperilaku inovatif. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Servant Leadership dan Learning Goal Orientation (LGO) terhadap Innovatif Work Behavior (IWB) yang dimediasi oleh Psychological Capital (PsyCap). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dari berbagai daerah di Indonesia yang berjumlah 448 orang. Servant Leadership diukur dengan menggunakan versi singkat dari Servant Leadership Survey (SLS), LGO diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh VandeWalle (1997), PsyCap diukur dengan Psychological Capital Questionnaire (PCQ) versi singkat dan IWB diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh Jannsen (2000). Hasilnya didapatkan bahwa Servant Leadership memiliki pengaruh yang signifikan terhadap IWB secara tidak langsung melalui PsyCap, sedangkan LGO berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap IWB."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Bayu Ramadhani
"Perubahan merupakan suatu keharusan bagi organisasi agar dapat terus bertahan di tengah persaingan yang semakin meningkat sehigga organiasi harus memiliki kapasitas untuk melakukan perubahan. Dalam proses perubahan organisasi, diperlukan sosok pemimpin yang menginisiasi dan mengarahkan perubahan tersebut. Selain pemimpin, Rasa percaya terhadap pemimpin juga diperlukan untuk memudahkan proses perubahan yang dilakukan oleh organiasi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan merupakan salah satu organisasi yang sedang mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya kepemimpinan melayani terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan dengan Rasa percaya terhadap pemimpin sebagai mediasi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner di kantor pusat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Pengolahan data dilakukan dengan metode structural equation modelling SEM menggunakan software Lisrel. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Gaya kepemimpinan melayani memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan. Selain itu, Gaya kepemimpinan melayani juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Rasa percaya terhadap pemimpin. Di sisi lain, Rasa percaya terhadap pemimpin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan. Rasa percaya terhadap pemimpin juga tidak memediasi pengaruh Gaya kepemimpinan melayani terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan.

Organization needs to change and needs to have organizational capacity for change in order to survive in increasing business competition. In organizational change, Leader is needed to drive the change and show others how to do the change. Besides, Trust in leader is also substantial to ease the organizational change proses. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan is currently changing. The purpose of this study is to analyse the effect of Servant leadership towards Organizational capacity for change mediated by Trust in leader. Primary Data in this study is collected in Head office of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan by using questionnaire. Primary data is processed by using structural equation modelling SEM and Lisrel Software. Results of this study showed that Servant leadership has positive effect towards Organizational capacity for change. In addition, Servant leadership also has positive effect towards Trust in leader. Meanwhile, Trust in leader does not have positive effect on organizational capacity for change. Trust in leader also does not mediate the effect of Servant leader towards organizational capacity for change.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seger Handoyo
"Kepemimpinan sampai saat ini masih dipandang sebagai faktor yang sangat penting untuk efektivitas organisasi, bahkan
juga mempengaruhi hampir semua kehidupan manusia. Pendidikan tinggi mempunyai karakteristik yang khas sehingga
membutuhkan kepemimpinan tertentu. Pendidikan tinggi di Indonesia saat ini sedang aktif melakukan perubahan,
sehingga pemimpinnya harus mampu membuat perubahan yang berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat
penting perilaku yang menunjukkan moral tinggi (virtue) dalam servant leadership dengan metode Delphi Survey dan
menguji multidimensionalitas servant leadership. Hasil penelitian menemukan bahwa servant leadership dapat menjadi
alternatif kepemimpinan di pendidikan tinggi untuk melakukan perubahan organisasi dengan berhasil. Penelitian juga
membuktikan bahwa servant leadership merupakan konstruk yang unidimensional.
Leadership is a critical factor for organizational effectiveness and also has great influence to almost all human life.
Higher education has a distinctive characteristics, so it needs a particular leadership. Recently, higher education in
Indonesia is actively making organizational change, so higher education’s leaders continually make efforts to
accomplish successful and significant change. The purposes of research are to examine how important is virtues of
servant leadership and to examine multidimensionality of servant leadership. Result shows that servant leadership is an
alternative of leadership to accomplish successful organizational change in higher education. Result also finds that
servant leadership is a unidimensional construct."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Aditya Pradipta
"Perubahan lingkungan bisnis yang dinamis dan disruptif memaksa manajemen untuk memiliki strategi dalam melakukan pengelolan SDM secara memadai. SDM memiliki peran kritikal dalam mencapai kinerja organisasi melalui dukungan job resources yang berasal dari lingkungan bekerja. Perubahan paradigma pada sektor publik terhadap pengelolaan SDM semakin menuju ke arah yang efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara perceived organizational support (POS) dan servant leadership terhadap employee performance melalui peran mediasi work engagement pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Organisasi Keuangan Pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan cross-sectional study melalui survei kuesioner google form dengan sampel sebanyak 305 responden ASN yang berkedudukan di Kantor Pusat Organisasi Keuangan Pemerintah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Covariance Based – Structural Equation Modeling (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS dan servant leadership memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Selanjutnya, work engagement mampu memediasi secara penuh dan signifikan hubungan POS dan servant leadership terhadap employee performance, serta work engagement memiliki pengaruh positif signifikan terhadap employee performance. Penelitian ini memiliki kontribusi terhadap implikasi manajerial untuk dapat diterapkan bagi organisasi, pimpinan, dan individu pada sektor publik terkait konsep yang berkaitan dengan variabel yang diteliti.

The dynamic and disruptive business environment necessitates management to adopt adequate human resource management strategies. Human resource management plays a critical role in achieving organizational performance through job resources support from the work environment. Paradigm shifts in the public sector toward more effective and efficient human resource management have been observed. This study aims to analyze the relationship between perceived organizational support (POS) and servant leadership on employee performance, mediated by work engagement, among Civil Servants (ASN) in Government Financial Organizations. A cross-sectional study using a survey questionnaire through Google Form was conducted, with a sample of 305 respondents comprising ASN at the Central Office of Government Financial Organizations. The data analysis was performed using Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM). The research findings reveal that both POS and servant leadership have a significant positive impact on work engagement. Furthermore, work engagement fully mediates the relationship between POS, servant leadership, and employee performance, with work engagement also significantly influencing employee performance. This research offers managerial implications that can be applied to organizations, leaders, and individuals in the public sector concerning the concepts related to the variables under study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gian Eka Destiana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap komitmen organisasional karyawan di PT BNI, Tbk. kantor cabang Rawamangun. Variabel servant leadership diukur dengan menggunakan Servant Leadership Survey dari Van Dierendonck dan Nutjien (2010) Sedangkan variabel komitmen organisasional diukur dengan menggunakan Organizational Commtiment Questionnaire dari Allen dan Meyer (1990). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel dari penelitian ini berjumlah 45 responden yang merupakan karyawan dari BNI di kantor cabang Rawamangun. Data dari penelitian ini akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara servant leadership dan komitmen organisasional karyawan di BNI kantor cabang Rawamangun.

The purpose of this research is to analyze the influences of servant leadership on employees? organizational commitment at Rawamangun branch office PT BNI, Tbk. Servant leadership is measured with Servant Leadership Survey by Van Dierendonck and Nutjien (2010) and the organizational commitment is measured with Organizational Commitment Questionnaire by Allen and Meyer (1990). This research used quantitative approach with questionnaire as a research instrument. Subject of this research is 45 BNI's employee in Rawamangun branch office. The data gathered from research will be analyzed using descriptive analysis and simple regression analysis. The result of this research showed that there was no influence of servant leadership on organizational commitment at PT. BNI, Tbk branch office in Rawamangun."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendi Ahmad
"Meningkatkan kinerja karyawan menjadi fokus salah satu otoritas layanan publik di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan publik pada kinerja yang akan datang disebabkan oleh penurunan indeks kepuasan masyarakat di tahun 2021 bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa OCB diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja secara keseluruhan dalam organisasi sektor publik. Penelitian ini menguji pengaruh servant leadership (SL) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) melalui peran mediasi public service motivation (PSM) dan affective commitment (AC). Model ini diuji menggunakan CB-SEM untuk menganalisis data dan menguji hipotesis penelitian. Temuan menunjukkan hubungan positif antara servant leadership dengan OCB (OCBI & OCBO), PSM, dan AC. Penelitian juga menemukan bahwa PSM dan AC memiliki pengaruh positif terhadap OCBI & OCBO serta memediasi hubungan antara SL dan OCBI serta OCBO. Hasil penelitian memberikan wawasan penting tentang bagaimana sektor publik dapat mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan servant leader untuk memotivasi OCB karyawan.

Improving employee performance has become a focus for public service authorities in Indonesia to enhance the quality of public services, as evidenced by a decline in the satisfaction index in 2021 compared to previous periods. Numerous studies have highlighted the importance of organizational citizenship behavior (OCB) in enhancing service quality and overall performance within the public sector organizations. This study examines the influence of servant leadership (SL) on OCB through the mediating roles of public service motivation (PSM) and affective commitment (AC). The proposed model is tested using covariance-based structural equation modeling (CB-SEM) to analyze the data and test the research hypotheses. The findings demonstrate a positive relationship between servant leadership and OCB (OCBI & OCBO), PSM, and AC. The study also reveals that PSM and AC have a positive influence on OCBI & OCBO and mediate the relationship between SL and OCBI as well as OCBO. These research findings provide crucial insights into how the public sector can identify, develop, and retain servant leaders to promote employee OCB."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Yanuar Mukti Setyawan
"Kinerja penyidik dan penyidik pembantu dalam melaksanakan pekerjaan investigasi terhadap kejahatan sering menjadi perhatian penting dalam pelayanan publik di bidang keamanan dan ketertiban. Namun demikian, tugas ini sering dianggap sebagai pekerjaan yang potensial terhadap kemungkinan penyalahgunaan kewenangan oleh anggota polisi. Terkait dengan hal ini, yang menjadi tujuan utama pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh budaya organisasi, servant leadership dan motivasi terhadap kinerja penyidik dan penyidik pembantu di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.
Metode penelitian untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan Polisi Penyidik dan Penyidik Pembantu di lingkungan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya yang berjumlah 793 orang, terdiri dari 198 perwira dan 595 Bintara. Sampel penelitian diambil dengan mengunakan teknik cluster random sampling. Sementara itu, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa servant leadership dan motivasi kerja berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja melalui mediasi budaya organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang mengedepankan kesejahteraan anggota dan berorientasi pada kepentingan bersama akan menciptakan budaya organisasi yang baik, dimana ini kemudian akan berpengaruh terhadap kinerja anggota karena ketika lingkungan kerja nyaman dan menyenangkan bagi anggota serta mempunyai budaya organisasi yang baik, mereka akan bekerja dengan sungguhsungguh sesuai dengan tugasnya.

The performance of police investigators and assistant investigators in carrying out their tasks on crimes has often become an important concern in the security and public order services. However, the tasks are often seen as things with a great potential for power abuse committed by the police officers. In this regard, the main objective of this research is to examine the influence of organizational culture, servant leadership and motivation on the performance of investigators and assistant investigators at General Crimes Directorate of Jakarta Metropolitan Police Region.
The author employs the quantitative approach. The population of the research is police investigator and assistant investigators of the General Crimes Directorate of Jakarta Metropolitan Police Region, totaling 793 people that consist of 198 officers and 595 Non-Commissioned Officers. The research sample is taken using cluster random sampling technique. Meanwhile, the data collection technique used is a questionnaire and the data analysis is carried out descriptively and inferentially.
The results of the research show that servant leadership and work motivation have an indirect effect on performance through the mediation of organizational culture. This shows that leadership that prioritizes the welfare of members and is oriented towards common interests will create a good organizational culture. Such condition, then, will affect the members’ performance because they will work really hard if the work environment is comfortable and pleasant for them and has a good organizational culture.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Merissa Elmahda
"Tesis ini membahas pengaruh servant leadership terhadap komitmen berorganisasi pengurus organisasi kepemudaan IPM, Peradah, dan FIM. Pengukuran servant leadership menggunakan instrumen Barbuto dan Wheeler (2006) dan komitmen berorganisasi menggunakan instrumen Meyer dan Allen (2004). Dari lima dimensi servant leadership terdapat empat yang dikategorikan tinggi yaitu altruistic calling, wisdom, persuasive mapping, dan organizational stewardship, sedangkan emotional healing dikategori sedang. Diketahui juga bahwa komitmen afektif pengurus berada pada kategori tinggi, sedangkan komitmen berkelanjutan berada pada kategori sedang. Hasil uji multi korelasional diketahui bahwa terdapat pengaruh servant leadership terhadap komitmen berorganisasi. Komitmen afektif memiliki hubungan positif yang signifikan dengan dimensi wisdom, dan organizational stewardship. Sedangkan komitmen berkelanjutan memiliki hubungan positif yang signifikan dengan dimensi altruistic calling, dimensi emotional healing, dimensi wisdom, dan dimensi persuasive mapping.

This thesis discuss about the influence of servant leadership on organizational commitment of the Youth Organizations in IPM, Peradah, and FIM. The research uses Barbuto and Wheeler (2006) questionnaire for servant leadership instrument, and Meyer and Allen (2004) questionnaire for organizational commitment instrument. The result, from five dimensions of servant leadership, four dimensions in high category such as altruistic calling, wisdom, persuasive mapping, organizational stewardship, only emotional healing in average category. For the organizational commitment, affective commitment in high category, but continuance commitment in average category. Moreover, from the multi correlational test, this research found that wisdom and organizational stewardship have a positive influence to affective commitment, and altruistic calling, emotional healing, wisdom, and persuasive mapping, have a positive influence to continuance commitment."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>