Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 60477 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yasmin Dwi Larasati
"Idiom Barat populer seperti there is strength in numbers bersama prinsip dasar di psikologi sosial menyarankan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang mudah terpengaruhi oleh kelompok-kelompok di lingkungannya. Penelitian ini menguji perspektif tersebut kepada intergroup sensitivity effect ISE, yang mengemukakan bahwa kritik dari seorang outgroup cenderung ditolak dibandingkan kritik yang datang dari seorang ingroup. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah jumlah orang yang memberi sebuah kritik dapat secara langsung mengurangi sikap defensif terhadap kritik yang timbul dari luar kelompok. Dengan menggunakan desain 2x3 between subject, 162 partisipan dari Australia diberikan wacana berisi kritik tentang masyarakat Australia. Kritik tersebut akan diberi oleh seorang individu, tiga individu atau satu kelompok orang Australia atau orang yang tidak berasal dari Australia. Penelitian ini menemukan bahwa kritik yang diberi oleh orang non-Australia cenderung ditolak dibanding kritik yang diberi oleh orang Australia, walaupun isi dari kritik tersebut sama. Intergroup sensitivity effect nampaknya tidak terpengaruh oleh jumlah pemberi kritik, dimana kritik yang bersumber dari anggota outgroup memiliki kemungkinan kecil untuk diterima oleh sebuah kelompok.

The popular idiom there is strength in numbers embodies the central idea in social psychology that groups are more powerful and more influential than a lone individual. The current study tested this perspective on the intergroup sensitivity effect ISE, which dictates that people are more resistant to criticism made by an outgroup than if it came from an ingroup, and aimed to assess whether the number of people making the criticism would reduce the defensiveness towards outgroup critics. In a 2x3 between groups design, 162 Australians were exposed to criticisms about Australians from either an individual, a group or from multiple individuals who were either Australian or non Australian. Results revealed that criticisms from non Australians aroused more defensiveness than if the same criticism was made by Australians and that the effect was not changed by whether the criticism was made by one person or multiple people. Perhaps the lure of social pressure and group influence do not apply to the ISE as criticism is distinct from other forms of persuasion. Theoretical implications and direction for future research are also discussed.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Wibisono
"Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh sumber kritik dan jenis stereotipe dalam isi kritik terhadap sensitivitas isi kritik dan niat untuk bertindak target kritik. Target kritik adalah warga negara Indonesia. Isi kritik adalah gagalnya warga negara Indonesia untuk peduli lingkungan. Sumber kritik ingroup adalah sesama warga negara Indonesia, sedangkan sumber kritik outgroup adalah warga negara Malaysia. Jenis stereotipe isi kritik adalah stereotipe negatif dan positif dari target kritik. Sensitivitas isi kritik adalah respons emosi target kritik terhadap isi kritik. Niat untuk bertindak adalah niat target kritik untuk bertindak sesuai dengan isi kritik. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner sensitivitas yang diadaptasi dari Hornsey, Oppes, Imani (2002) (α=0,957) dan kuesioner niat bertindak yang diadaptasi dari Rabinovich dan Morton (2010) (α=0,867). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sensitivitas isi kritik dan niat untuk bertindak. Berdasarkan hasil perhitungan MANOVA pada pengaruh dari sumber kritik dan stereotipe terhadap sensitivitas isi kritik dan niat untuk bertindak (Wilks? Lambda) dengan F=(6, 398) = 4,764, p=0,00 Wilk's Λ = 0,870, partial η2 = 0,67. Hal ini menunjukkan efek perbedaan yang signifikan pada masing-masing kelompok yang menerima kritik dari sumber kritik (ingroup vs outgroup) dengan stereotipe (negatif vs positif) terhadap sensitivitas isi kritik dan niat untuk bertindak target kritik.

This study focused to determine the effect of criticism source and stereotypes on sensitivity and the intention to behave of the criticism target. The target of criticism was a citizen of Indonesia. The critic was Indonesian failure to care for the environment. Sources of ingroup critic were Indonesian, while sources of outgroup critic were Malaysians. Stereotypes in the critic were is negative and positive stereotypes of the target of critic. Sensitivity is the emotional response of target critic when they receiving criticism. Intention to behave is the intention to behave of target of critic in after receiving criticism. Sensitivity was measured with questionaire and adapted from Hornsey, Oppes, Imani (2002) (α=0,957) and questionaire to measure intention to behave was adapted from Rabinovich dan Morton (2010) (α=0,867). This study also intended to determine the relationship between sensitivity and the intention to behave. The result analysis on MANOVA of groups on sensitivity and the intention to behave ( Wilks ' Lambda ) with F = ( 6 , 398 ) = 4.764 , p = 0.00 Wilk 's Λ = .870, partial η2 = 0, 67. This showed significant effect on differences in each group who received criticism from source of critic ( ingroup vs. outgroup ) and stereotypes in the critic ( positive vs. negative ) to sensitivity and intention to behave.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41547
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Yuni Mantara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status keanggotaan kelompok sumber kritik outgroup, ex-outgroup dan durasi tinggal lama, baru terhadap intergroup sensitivity effect ISE . ISE diukur melalui 3 dimensi, yaitu likeability, constructiveness, dan agreeableness. Penelitian ini merupakan sebuah quasi experiment terhadap 185 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik yang disampaikan oleh ex-outgroup dinilai lebih positif dibandingkan dengan kritik yang disampaikan oleh outgroup. Sedangkan durasi tinggal tidak menimbulkan intergroup sensitivity effect dalam ketiga dimensi. Status keanggotaan sumber kritik dan durasi tinggal secara bersama-sama mempengaruhi intergroup sensitivity effect hanya apabila sumber kritik merupakan orang yang baru tinggal bersama ingroup. Lebih lanjut, kritik dari ex-outgroup yang baru tinggal di Indonesia dinilai lebih positif dibandingkan kritik yang disampaikan outgroup.

This study aims to determine the effect of the Source of Critics rsquo Group Status outgroup. ex outgroup and the duration of stay old, new of the intergroup sensitivity effect ISE . ISE si measured through three dimension, likeability, constructiveness, and agreeableness. This study is a quasi experiment to 185 participants. The results showed that the criticism delivered by ex outgroup rated more positively than criticism delivered by outgroup. While the duration of the stay does not cause intergroup sensitivity effect in all three dimensions. Membership status critic and duration of stay in Indonesia jointly affect intergroup sensitivity effect only if the source of criticism is the new people living with ingroup. Furthermore, critics of the ex outgroup recently living in Indonesia rated more positively than criticism from outgroup who recently staf with ingroup.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47694
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwina Burhanuddin
"Idiomaticity has so far been identified mainly with noncompositionality. According to Nunberg et al (1994), the work that has inspired me iu undertaking this study, an definition of idioms which relies solely on uoncompositionality criterion will fail to recognize some important dimensions of idiomaticity, including, among other, conventionality and figuration.
The semantic characteristics of idioms introduced by Nunberg et al. are conventionality, which has something to do with transparency or opacity, and compositionality.
Nurnberg et al. divide idioms into two groups: phrasal idioms and idiomatic combination (or idiomatic expressions). This study, however, shows that idioms in Minangkabau need to be divided into three groups: complex-word idioms (following Moeliono, 1980), phrasal idioms and idiomatic combination.
Complex-word idioms in Minangkabau are formed either by means of affixation or by means of reduplication. Affixes used for this purposes are (1) prefixes ba-, ma-, and to-, (2) combining form Rasa-, and (3) contixes pa-...-an and ka-...-an. Reduplication of bases can be (1) complete and (2) partial.
Phrasal idioms, the meanings of which are indicated by the whole phrase rather than distributed to their respective constituents, consist of verbal idioms and nominal idioms. On the basis of the data analysed in this study, verbal idioms in Minangkabau belong to verbs of state. Verbal idioms may occur in (1) the construction VERB + NOUN as exemplified by malapeh as (free + air) 'to obtain no benifit', barxinyak aia (have oil + water) 'to make ends meet' etc. and (2) the construction ADVERB + VERB as exemplified by alah Hang (already + lost) 'to die', sadang sarek (being + full) 'pregnant' etc. On the basis of their constructions, nominal idioms iii Minangkabau are of two types: (I) NOUN + NOUN as exemplified by kacang iuiang (nut + plant hair) 'fink', induak bareh (mother + rice) 'wife' etc. and (2) NOUN + NOUN as exemplified by kudo itarn (horse + black) 'unexpected winner', aia gadang (water + big) 'flood'.
Idiomatic combinations refer to idioms whose constituents contain elements with identifiable idiomatic meanings. On the basis of their contents, idiomatic combinations in Minangkabau can be grouped into proverbs, aphorisms, maxims, slogans, similes, and satires.
Idioms in Minangkabau are usually used to refine expressions, to sharpen intentions, to ridicule, to advise, to slander, to praise and to express feelings such as happiness, disappointment, impatience, reluctance, anger, etc."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dean, John P.
Chicago: The University of Chicago Press, 1955
302.2 DEA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena persepsi antar kelompok, khususnya fenomena bias antar kelompok
pada pengguna jalan di Jakarta. Bias antar kelompok adalah kecenderungan untuk mempersepsi, mengutamakan dan memperlakukan kelompok sendiri (ingroup) secara lebih baik dibandingkan kelompok lain (outgroup). Partisipan penelitian ini adalah 360 pengguna jalan, terdiri dari pengemudi kendaraan pribadi (N= 45), pengemudi motor (N= 51),
pengemudi kendaraan umum (N= 50), polisi lalu lintas (N= 54), pejalan kaki (N= 49), pedagang kaki lima (N= 58) dan satuan pengaman pasar atau satpol PP (N= 58). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (tujuh versi kuesioner), dan bias antar kelompok yang terjadi digali melalui tiga macam cara, yaitu bias persepsi antar kelompok, bias atribusi, dan
alokasi sumber daya antar kelompok. Temuan
studi menunjukkan adanya kecenderungan bias persepsi yang bervariasi antar kelompok pengguna jalan raya, baik dalam bentuk bias persepsi, bias atribusi maupun alokasi sumber daya. Bias yang sangat kuat untuk atribusi terhadap tingkah laku yang positif terlihat pada
pengendara motor, pengendara kendaraan umum, dan pedagang kaki lima. Untuk tingkah laku negatif terdapat biaspada semua kelompok penelitian. Bias persepsi juga terd
apat pada semua kelompok penelitian, demikian pula dengan
alokasi sumber daya.

Abstract
The goal of this study is to examine intergroup bias among people who use roads in Jakarta. Intergroup bias refers to the
tendency to prioritize, treat and perceive in-group members more favorable than out-groups. Three different groups of
road users participated in this study: private drivers, motor
riders, and public transportation drivers. Intergroup bias is
measured as perception bias and attributio
n bias. The findings show that both forms of bias occur among the road users. Intergroup attribution bias that is found among the three groups are more in-group than out-group attribution bias.
The private car drivers, motor riders, and public transportati
on drivers tend to attribute positive behavior of in-group to
internal factor and negative behavior of in-group to external factors. Index of effect size in perception bias indicates substantive levels and represents
large effect in the population. "
[Fakultas Psikologi Universitas Indonesia;Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia], 2011
J-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nathania Shayna Zaviera Setiawan
"Penelitian ini membahas mengenai frasem yang terdapat pada berita olahraga Jerman dan Indonesia edisi Agustus 2021 – Januari 2022. Data diambil dari laman web Der Spiegel dan BolaSport. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif dengan teori dari Wolfgang Fleischer (1982) dan Harald Burger (2015) untuk menganalisis tingkat keidiomatisan frasem yang berada pada judul berita olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 judul berita olahraga Jerman yang mengandung frasem. Sembilan frasem termasuk idiom penuh, tiga frasem termasuk idiom sebagian, dan tiga frasem termasuk kolokasi. Terdapat ketimpangan hasil yang didapat dari laman berita BolaSport dengan kurun waktu yang sama. Hasilnya terdapat 95 judul berita dengan 35 frasem. 27 frasem termasuk idiom penuh dan delapan frasem termasuk idiom sebagian. Hal ini dikarenakan penggunaan frasem yang monoton dan berulang dalam berita Indonesia dibandingkan dengan berita Jerman.

This research discusses phrases found in German and Indonesian sports news from August 2021 to January 2022. The Data are taken from Der Spiegel and Bola Sport websites. The method used is a qualitative research method using the theory of Wolfgang Fleischer (1982)) and Harald Burger (2015) to analyze the idiomaticity of phraseme in the title of sports news. The result shows there are 15 titles of German sport news that contain phraseme. Nine phrasemes are full idioms, three phrasemes are partial idioms, and three phrasemes are collocations. There is a difference in the result from the Bolasport with the same period. The result from the BolaSport website shows there are 95 news titles that contain 35 types of phrasemes. 27 phrasemes are full idioms, and eight phrasemes are partial idioms."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Amalia Syafa Dewanti
"Konstruksi bahasa seperti idiom memiliki keterkaitan erat dengan budaya masyarakat sehingga dapat menjadi tantangan bagi penerjemah dalam mengalihbahasakannya dengan tepat. Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk menerjemahkan idiom. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penerjemahan idiom bahasa Korea ke bahasa Indonesia dalam webtun My Roommate is A Gumiho (? ???? ??). Pertanyaan penelitian yang dirumuskan adalah “Strategi penerjemahan apa yang digunakan dalam menerjemahkan idiom bahasa Korea ke bahasa Indonesia dalam webtun My Roommate is A Gumiho?”. Penelitian ini menggunakan teori tujuh strategi penerjemahan Vinay & Darbelnet (1995) dan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Korpus penelitian adalah webtun My Roommate is A Gumiho episode 1 hingga 104 yang dirilis melalui Naver dan LINE Webtoon. Dari total 90 data idiom, ditemukan bahwa strategi yang paling banyak digunakan adalah kesepadanan (50 data), diikuti dengan strategi penerjemahan harfiah (21 data), transposisi (12 data), modulasi (5 data), dan adaptasi (2 data). Sementara itu, strategi penerjemahan peminjaman dan kalke tidak ditemukan. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa idiom yang muncul lebih dari sekali namun diterjemahkan menggunakan strategi dan terjemahan yang berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kecenderungan penerjemah untuk menerjemahkan makna kontekstual sembari tetap memperhatikan situasi pembicaraan dalam teks BSu.

Language constructions such as idioms have a close relationship with the culture of the people. It can be a challenge for translators to convey the meaning appropriately. There are several strategies that can be used to translate idioms. On that basis, this study aim to examines the strategy in translating Korean idioms into Indonesian in the webtoon My Roommate is A Gumiho (? ???? ??). The research question is "What translation strategy is used in translating Korean idioms into Indonesian in the webtoon My Roommate is A Gumiho?". This study uses Vinay & Darbelnet's (1995) theory of seven translation strategies and a descriptive analysis method with a qualitative approach. From a total of 90 idioms, it was found that the most used strategy was equivalence (50 datas), followed by literal translation (21 datas), transposition (12 datas), modulation (5 datas), and adaptation (2 datas). Meanwhile, borrowing and calque translation strategies are not found. In this study, there were several idioms that appeared more than once but were translated using different strategies and translations. This can be caused by the tendency of translators to translate its contextual meanings while still paying attention to the situation of the conversation in the SL text."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yemima Seda
"Penelitian ini membahas idiom yang terdapat dalam serial Netflix Kitz (2021). Tidak sepenuhnya idiom di serial ini tercantum dalam kamus Duden 11. Penelitian ini berfokus pada makna dan fungsi pragmatis apa saja yang terkandung dalam idiom serial Kitz. Penelitian dilakukan dengan pendekatan semantik untuk menganalisis makna leksikal dan fraseologis idiomnya. Teori Fleischer (1982) dan teori tindak tutur Searle (2005) turut digunakan untuk menganalisis fungsi pragmatis idiom yang dikaitkan dengan konteks ketika tuturannya terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 idiom yang ditemukan dalam serial, 14 di antaranya tercantum dalam kamus Duden 11, sedangkan 8 lainnya tidak tercantum, tetapi dapat ditemukan dalam kamus idiom bahasa Jerman yang lain. Selain itu, ke-22 idiom tersebut memenuhi tiga klasifikasi fungsi pragmatis menurut Fleischer, yaitu 11 idiom berfungsi untuk menunjukkan hubungan sosial di antara penutur, 7 idiom untuk menunjukkan emosi penutur, dan 4 idiom untuk mendukung argumen.

This study discusses idioms in the Netflix’s series Kitz (2021). Not all the idioms in this series are listed in Duden 11 dictionary. This study focuses on the meanings and pragmatic functions contained in idioms of the Kitz series. The study was conducted with a semantic approach to analyze the lexical and phraseological meaning of the idiom. Theory by Fleischer (1982) and theory of speech act by Searle (2005) were also used to analyze the pragmatic function of idioms associated with the context in which the speech occurred. The results showed that of the 22 idioms found in the series, 14 of them were listed in the Duden 11 dictionary, while the other eight were not listed but could be found in other German idiom dictionaries. In addition, the 22 idioms fulfill three classifications of pragmatic functions according to Fleischer, namely 11 idioms to show social relations between speakers, 7 idioms to show the speaker’s emotions, and 4 idioms to support arguments."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Brewer, Marilynn B., 1942-
Buckingham: Open University Press, 2003
302.3 BRE i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>