Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129756 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siahaan, Erni Nora M.
"Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas rute dan kelayakan operasional trayek langsung Transjakarta berdasarkan analisis perbandingan pada kondisi eksisting terhadap standar dari beberapa indikator kinerja angkutan umum dan tinjauan terhadap karakteristik pola perjalanan penumpang. Obyek penelitian ini adalah layanan Transjakarta rute 6H yang melayani rute Lebak Bulus ndash; Senen.
Berdasarkan perbandingan terhadap waktu tempuh, faktor muat, frekuensi, headway, karakteristik pola perjalanan penumpang pada segmen 1, serta uji signifikansi yang dilakukan pada faktor muat dan headway, diketahui bahwa rute Transjakarta 6H tidak efektif sehingga diperlukan suatu tindakan untuk meningkatkan efektivitas rute tersebut. Restrukturisasi dilakukan untuk meningkatkan efektivitas layanan dengan menetapkan 3 skenario rute berdasarkan karakteristik pola perjalanan penumpang dan kemudian dilakukan analisis kelayakan operasional dari masing-masing skenario. Dari 3 skenario, Skenario 2 dan 3 dianggap layak dioperasikan dan kemudian dilakukan perencanaan operasional.
Perencanaan operasional dilakukan dengan menggunakan volume maksimum batas atas dan batas bawah untuk kedua skenario restrukturisasi rute tersebut. Masing-masing skenario memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memutuskan skenario terpilih yang akan diterapkan. Skenario resturkturisasi rute dipilih berdasarkan 3 kriteria, yaitu rute tidak boleh dipotong di halte dengan volume terpadat, jarak putar balik bus harus efektif, dan nilai batas atas dipilih sebagai langkah preventif terjadinya kenaikan arus penumpang di kemudian hari.

This research is conducted to evaluate route effectiveness and operational feasibility of TransJakarta based on comparative analysis on the existing condition to the standard of some public transportation performance indicators and characteristics of passanger travel pattern. The object of this study is Transjakarta route 6H which serving Lebak Bulus Senen route.
Based on the comparison of travel time, load factor, frequency, headway, characteristics of passenger travel pattern on segment 1, and significance test on load factor and headway, it is known that TransJakarta route 6H is ineffective and therefore required an action to increase the effectiveness of the route. Restructuring is carried out to improve service effectiveness by defining 3 route scenarios based on characteristics of passenger travel patterns and then analyzing the operational feasibility of each scenario. From 3 scenarios, Scenario 2 and 3 were considered feasible to be operated and then operational planning was performed.
Operational planning is carried out using the maximum volume of upper and lower limits for both scenarios of restructuring of the route. Each scenario has advantages and disadvantages that can be used as consideration in deciding which scenario to choose. The route restructuring scenario is chosen based on 3 main criteria, ie the route should not be cut in the most densely populated stops, the bus reversal spacing should be effective, and the upper limit value is chosen as a preventive step for the increase of passenger flow in the future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Wisnu Krisnantio
"The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) merupakan permasalahan umum yang sering terjadi dalam industri jasa logistik untuk pengambilan dan pengantaran barang. PDPTW bersifat Non Polynominal-hard (NP-hard) yang berarti kompleksitas dalam penyelesaian permasalahan meningkat secara eksponensial apabila semakin banyak data dan parameter yang diukur, sehingga menjadi sulit untuk dipecahkan dengan menggunakan metode eksak. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penelitian dalam memecahkan masalah PDPTW dengan mempertimbangkan ketepatan hasil solusi dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan keterbatasan sumber daya yang ada. Kendala umum yang terjadi dalam industri jasa logistik berupa keterbatasan jumlah kurir, kapasitas kendaraaan serta jumlah permintaan pelanggan yang dinanis. Model permasalahan PDPTW yang diangkat dalam penelitian ini merupakan kondisi nyata yang terjadi pada PT X sebagai perusahaan penyedia jasa logistik. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data diperoleh bahwa algoritma Tabu Search cukup efektif untuk memecahkan masalah PDPTW. Hasil penelitian menunjukkan rute yang optimal sehingga diperoleh penurunan jarak tempuh dari seluruh kendaraan sebesar 147.01 km (25.23%) dan penurunan total waktu dari seluruh armada kendaraan sebesar 215.53 menit (12.89%). Penggunaan solusi awal juga berpengaruh pada kecepatan Tabu Search untuk memperoleh hasil akhir. Selain itu Tabu Search juga dapat digunakan untuk menentukan jumlah kurir yang optimal dalam melayani permintaan pelanggan yang bersifat dinamis.

The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) is common problem that often faced by logistics service provider for pick-up and delivery goods. The PDPTW is a Non Polynominal-hard (NP-hard) problem, which means the complexity will increase as the size of the problem grows, and also it will be difficult to solve the problem with exact method. Therefore it is important to do research studying to solve PDPTW with a good accuracy, limited time and resources. General constrains on logistic service provider are limitation of courier number, limited vehicle capacity, and dynamic number of customer demands. The PDPTW models that used in this study is a real condition which is occur on PT X as logistic service provider. The result of this study show that Tabu Search Algorithm is effective for solving PDPTW. Final calculation show an optimal routes with total distance reduction about 147.01 km (25.23%) and also decrease the total time cost for 215.53 minutes (12.89%). Another result of this study show that the use of initial solution take effect on calculating time for Tabu Search algorithm. Beside that, the Tabu Search algorithm can be used to determine the optimal number of couriers to serve dynamic customer demands."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Kasiyanto
"Angkutan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera selama ini hanya mengandalkan satu lintasan rute penyeberangan Merak-Bakauheni. Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi Pelabuhan Penyeberangan Merak tidak ideal sebagai pelabuhan penyeberangan karena selalu mengalami kepadatan antrean kendaraan yang terus berulang-ulang. Bila kondisi ini (sistem transportasi penyeberangan) tetap dipertahankan, maka akan terjadi kelebihan permintaan. Oleh karena itu, perlu analisis kemungkinan pengembangan rute penyeberangan baru dengan mempertimbangkan keekonomian rute penyeberangan baru. Penelitian ini, mengkaji alternatif lokasi pengembangan pelabuhan penyeberangan Cigading-Kiluan. Rencana pemilihan lokasi pelabuhan, analisis manajemen finansial transportasi pelabuhan baru, analisis keekonomian rute Cigading-Kiluan dibandingkan dengan rute Merak-Bakauheni dan prospek pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Cigading-Kiluan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rute penyeberangan Cigading-Kiluan dapat dipilih sebagai alternatif penyeberangan baru dimana analisis manajemen finansial rute penyeberangan baru dengan penghematan 39,4% dibandingkan rute penyeberangan Merak-Bakauheni. Sedangkan analisis keekonomian rute penyeberangan Cigading-Kiluan terdiri dari pengembangan kawasan pariwisata, pengembangan kawasan indutri, pengembangan infrastruktur jaringan transportasi dan kesejahteraan masyarakat sehingga keputusan untuk mengembangkan alternatif ini layak secara ekonomis.

Transportation connective of crossing Java and Sumatra Island during time relling on one track Merak-Bakauheni route. In recent years, the conditions are not ideal port of Merak as ferry ports because always had density queue of vehicles that continue over and over. If the condition (crossing transport system) is maintained, there will be over demand. Therefore, the necessary analysis of the possibility of developing a new crossing route by considering economic value of a new crossing route. This research, examines the development alternative of location Cigading- Kiluan ports. Plan of port the site selection, analysis of financial management new port of transportation, economic analysis Cigading-Kiluan route than Merak- Bakauheni route and development prospects Cigading-Kiluan port.
The research concludes that Cigading-Kiluan route can be selected as an alternative new crossing which analysis of financial management a new crossing route to 39.64% savings compared Merak-Bakauheni route. While the economic analysis of Cigading-Kiluan crossing route consist of the development of the tourism, the development of the industry region, the development of transport infrastructure and public welfare so the decision to develop a economically feasible alternative.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44224
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Juniarko
"Kemacetan di rute penyeberangan Merak-Bakauheni sudah sangat sering terjadi sehingga banyak membuat rugi perindustrian dan masyarakat. Namun sampai saat ini belum ada penyelesaian untuk memecah kemacetan tersebut sehingga membutuhkan alternatif penyeberangan baru untuk memberikan solusi mengatasi kepadatan antrean yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Untuk membuat rute penyeberangan baru ini sangat butuh banyak analisis terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan manajemen saat pengoperasiannya nanti. Oleh karena itu penelitian kali ini akan menganalisis manajemen waktu dan biaya rute penyeberangan baru agar tidak terjadinya kemacetan dan biaya yang mahal untuk rute penyeberangan baru ini. Penelitian ini lebih mengarah kepada kendaraan dengan golongan VIII karena kendaraan golongan ini memiliki beban waktu dan biaya yang lebih ekstra. Kemudian dari penelitian ini didapat hasil yang cukup memuaskan karena rute penyeberangan baru ini memiliki potensi yang sangat menguntungkan dari segi jarak, waktu, dan biaya dari pada rute penyeberangan Merak-Bakauheni.

Route Congestion in Merak-Bakauheni route is very often the case that many make the loss of industry and society. But until now there has been no resolution to break up the congestion and thus require a new crossing to provide an alternative solution to the density of lines is often the case in the port of Merak crossing. To create a new pedestrian route so it took a lot of analysis beforehand to avoid future mismanagement of the time of operation. Therefore, this research will analyze the management time and cost of new crossing routes to avoid congestion and the expensive cost for this new crossing route. This research is more leads to the vehicle with the vehicle group VIII because this group has the burden of time and cost much extra. Then from this research obtained satisfactory results due to the new pedestrian route has potential benefits in terms of distance, time, and cost of the Merak-Bakauheni route."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imanuel Franciskus
"LRT Jakarta dibangun untuk mengatasi permasalahan transportasi di DKI Jakarta, Rencana pembangunan LRT Jakarta akan dilanjutkan dari Velodrome hingga Dukuh Atas. Namun, saat ini terdapat moda transportasi lain dengan rute yang tumpang tindih/overlapping lebih dari 50% dengan LRT Jakarta, yaitu Transjakarta rute Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi berpindahnya pengguna Transjakarta, membuat model fungsi utilitas, dan menganalisis potensi kesediaan berpindah pengguna moda transportasi Transjakarta akibat pengoperasian LRT Jakarta rute Velodrome – Dukuh Atas. Penelitian ini menganalisis kebijakan terbaik terkait status operasional Transjakarta rute Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 ketika LRT Jakarta rute Velodrome – Dukuh Atas beroperasi. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu metode analisis data deskriptif dan metode analisis data inferensial (regresi logistik biner). Data yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah data perjalanan responden untuk membagi kelompok data dan data preferensi kesediaan berpindah responden. Data tersebut didapat dengan metode survei yaitu metode stated preference dan revealed preference. Hasil data dikelompokkan dan dilakukan uji korelasi Spearman, kemudian dibentuk fungsi utilitas dari variabel yang berkorelasi kuat dan model tersebut diuji dengan uji kelayakan Omnibus dan Hosmer and Lemeshow Test. Selanjutnya, dilakukan uji validitas dengan membentuk model logit biner lalu diuji dengan metode Root Mean Square Error (RMSE) untuk membandingkan data real dan data model. Kemudian, dipilih model terbaik dari masing-masing kelompok data dan diakhiri dengan uji komparatif Mann-Whitney untuk melihat perbedaan dua kelompok data. Berdasarkan hasil model terbaik, potensi perpindahan moda transportasi dari transjakarta ke LRT Jakarta pada tarif Rp8.500 sebesar 5.99% untuk kelompok 1 dan 29.55% untuk kelompok 2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa berlanjutnya operasional transjakarta merupakan kebijakan terbaik karena lebih dari 50% dari pengguna Transjakarta Koridor 4 tetap menggunakan Transjakarta ketika LRT Jakarta rute Velodrome – Dukuh Atas beroperasi.

The Jakarta LRT was built to overcome transportation problems in DKI Jakarta. The Jakarta LRT development plan will continue from the Velodrome to Dukuh Atas. However, currently there are other modes of transportation with routes that overlap more than 50% with the Jakarta LRT, namely Transjakarta Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 route. This study aims to analyze the variables that influence the migration of Transjakarta users, create a utility function model and analyze the willingness potential of Transjakarta users for switching modes of transportation due to the operation of the Jakarta LRT for the Velodrome – Dukuh Atas route. This study analyzes the best policies related to the operational status of Transjakarta route Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route is operating. The research analysis method used is the quantitative analysis method, namely the descriptive data analysis method and the inferential data analysis method (binary logistic regression). The data needed in this study are data of the respondents' travel routes to divide the data groups and data on the respondents' willingness to switch modes of transportation. The data will be obtained using a survey method, namely stated preference and revealed preference method. The results were then grouped and analyzed using the Spearman rank correlation test, then a utility function was formed from variables that were strongly correlated and the model was tested with the Omnibus and Hosmer & Lemeshow feasibility tests. Furthermore, validity was tested by forming a binary logit model and then tested with the Root Mean Square Error (RMSE) method to compare real data and model data. Then, the best model was selected from each data group and ended with the Mann-Whitney comparative test to see the differences between the two data groups. Based on the results of the best model, the potential for switching modes of transportation from Transjakarta to LRT Jakarta at a rate of IDR 8.500 is 5.99% for group 1 and 29.55% for group 2. These results indicate that continuing Transjakarta operations is the best policy because more than 50% of Transjakarta Corridor 4 users choose to continue using Transjakarta when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route operatesThe Jakarta LRT was built to overcome transportation problems in DKI Jakarta. The Jakarta LRT development plan will continue from the Velodrome to Dukuh Atas. However, currently there are other modes of transportation with routes that overlap more than 50% with the Jakarta LRT, namely Transjakarta Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 route. This study aims to analyze the variables that influence the migration of Transjakarta users, create a utility function model and analyze the willingness potential of Transjakarta users for switching modes of transportation due to the operation of the Jakarta LRT for the Velodrome – Dukuh Atas route. This study analyzes the best policies related to the operational status of Transjakarta route Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route is operating. The research analysis method used is the quantitative analysis method, namely the descriptive data analysis method and the inferential data analysis method (binary logistic regression). The data needed in this study are data of the respondents' travel routes to divide the data groups and data on the respondents' willingness to switch modes of transportation. The data will be obtained using a survey method, namely stated preference and revealed preference method. The results were then grouped and analyzed using the Spearman rank correlation test, then a utility function was formed from variables that were strongly correlated and the model was tested with the Omnibus and Hosmer & Lemeshow feasibility tests. Furthermore, validity was tested by forming a binary logit model and then tested with the Root Mean Square Error (RMSE) method to compare real data and model data. Then, the best model was selected from each data group and ended with the Mann-Whitney comparative test to see the differences between the two data groups. Based on the results of the best model, the potential for switching modes of transportation from Transjakarta to LRT Jakarta at a rate of IDR 8.500 is 5.99% for group 1 and 29.55% for group 2. These results indicate that continuing Transjakarta operations is the best policy because more than 50% of Transjakarta Corridor 4 users choose to continue using Transjakarta when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route operatesThe Jakarta LRT was built to overcome transportation problems in DKI Jakarta. The Jakarta LRT development plan will continue from the Velodrome to Dukuh Atas. However, currently there are other modes of transportation with routes that overlap more than 50% with the Jakarta LRT, namely Transjakarta Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 route. This study aims to analyze the variables that influence the migration of Transjakarta users, create a utility function model and analyze the willingness potential of Transjakarta users for switching modes of transportation due to the operation of the Jakarta LRT for the Velodrome – Dukuh Atas route. This study analyzes the best policies related to the operational status of Transjakarta route Pulogadung 2 – Dukuh Atas 2 when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route is operating. The research analysis method used is the quantitative analysis method, namely the descriptive data analysis method and the inferential data analysis method (binary logistic regression). The data needed in this study are data of the respondents' travel routes to divide the data groups and data on the respondents' willingness to switch modes of transportation. The data will be obtained using a survey method, namely stated preference and revealed preference method. The results were then grouped and analyzed using the Spearman rank correlation test, then a utility function was formed from variables that were strongly correlated and the model was tested with the Omnibus and Hosmer & Lemeshow feasibility tests. Furthermore, validity was tested by forming a binary logit model and then tested with the Root Mean Square Error (RMSE) method to compare real data and model data. Then, the best model was selected from each data group and ended with the Mann-Whitney comparative test to see the differences between the two data groups. Based on the results of the best model, the potential for switching modes of transportation from Transjakarta to LRT Jakarta at a rate of IDR 8.500 is 5.99% for group 1 and 29.55% for group 2. These results indicate that continuing Transjakarta operations is the best policy because more than 50% of Transjakarta Corridor 4 users choose to continue using Transjakarta when the Jakarta LRT Velodrome – Dukuh Atas route operates."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kenia Trideria
"Transportasi merupakan komponen penting di dalam manajemen logistik perusahaan dimana manajemen logistik berperan dalam menentukan jalur distribusi yang berdampak pada biaya logistik. Diperlukan penentuan jalur distribusi yang baik dan pemanfaatan kendaraan yang dimiliki secara maksimal untuk meminimumkan nilai biaya logistik dari segi jarak tempuh kendaraan serta meningkatkan nilai pelayanan kendaraan agar mampu melayani seluruh permintaan yang ada.
Penelitian ini berfokus kepada perancangan Vehicle Routing Problem, yaitu permasalahan untuk menentukan rute terbaik bagi kendaraan dengan pertimbangan berbagai variasi elemen yang akan menghasilkan jalur rute terpendek dengan memeperhitungkan kapasitas kendaraan dengan objek kendaraan dinas berpenumpang pada perusahaan minyak dengan kantor pusat yang berlokasi di Jakarta yang memiliki kunjungan rutin harian pada 4 titik lokasi.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan perancangan model Vehicle Routing Problem dengan metode eksak berupa column generation sehingga dihasilkan 22 jalur rute distribusi optimal terhadap 354 permintaan yang memberikan dampak efisiensi pada biaya logistik perusahaan.

Transportation is an important component in the logistics management of the company in which logistics management plays a role in determining the distribution channels that have an impact on logistics costs. It is necessary to determine the good distribution channels and the maximum utilization of owned vehicles to minimize the logistics costs in terms of vehicle mileage and increase the value of vehicle services to be able to serve all existing reservations.
This study focuses on designing a Vehicle Routing Problem, which is a problem to determine the best route for vehicles by considering various elements that will produce the shortest route by calculating the capacity of vehicles.
This research is carried out as a study case in a company located in Jakarta that has daily visit routine to 4 locations as business meeting. By using the exact method of Vehicle Routing Problem, which is column generation, 22 optimal distribution routes are generated from 354 types of requests that will influence the companys logistics costs.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kabul Wibowo
" ABSTRAK
Direct service mulai diterapkan di Jakarta sejak 2013 dan terus dikembangkan hingga saat ini oleh PT. Transportasi Jakarta. Salah satu bentuk direct service di Jakarta yaitu feeder busway ukuran medium. Feeder busway ukuran medium ini dioperasionalisasikan oleh Koperasi Angkutan Jakarta Kopaja . Kopaja merupakan satu-satunya operator bus medium PT. Transportasi Jakarta. Penelitian ini dilakukan di rute Manggarai-Universitas Indonesia, Tebet-Karet-Bidara Cina, dan Pulogadung-Pulogebang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan direct service oleh PT. Transportasi Jakarta pada feeder busway ukuran medium di rute Manggarai-Universitas Indonesia, Tebet-Karet-Bidara Cina, dan Pulogadung-Pulogebang. Penelitian ini menggunakan kriteria transportasi ideal, yaitu SCARCE. Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif melalui survey dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini adalah baik dengan skor baik sebesar 85 dan skor tidak baik sebesar 15 .
ABSTRACT Direct service has started in Jakarta since 2013 and has been developing continously by PT. Transportasi Jakarta. One of kinds of direct service in Jakarta is medium feeder busway. The medium feeder busway is operated by Koperasi Angkutan Jakarta Kopaja , as the one and the only medium bus operator of PT. Transportasi Jakarta. The location of the research is Manggarai Universitas Indonesia, Tebet Karet Bidara Cina, and Pulogadung Pulogebang route. This research aims to analyze service of direct service by PT. Transportasi Jakarta on medium feeder busway at Manggarai Universitas Indonesia, Tebet Karet Bidara Cina, and Pulogadung Pulogebang route. This research uses ideal public transportation criteria, that is known as SCARCE. The approach is kuantitative through survey and depth interview. The result of the research is good with 85 good score and 15 bad score."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Indrawati
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak integrasibus sedang reguler ke sistem Transjakartapada aspek operasional dan finansial. Objek yang diteliti adalah Metromini S.640 dengan rute Pasar Minggu- Tanah Abang. Data pada penelitian ini didapatkan berdasarkan survei naik turun penumpang dan survei wawancara terhadap operator yang dijadikan sasaran untuk diintegrasikan.
Metode analisis yang digunakan adalah perbandingan analisis deskriptif pada komponen operasional, biaya operasional dan pendapatan dari layanan eksisting dan layanan rencana. Komponen operasional yang ditinjau berupa waktu senjang (headway), waktu tempuh, kecepatan rencana, jumlah ritase, dan jumlah armada.
Hasil penelitian menunjukan terjadi perubahan karakteristik operasional layanan setelah metromini diintegrasikan dengan Bus Transjakarta antara lain kecepatan perjalanan yang meningkat sebesar 59%, waktu tempuh yang berkurang sampai dengan 30 menit dibandingkan dengan layanan eksisting, jumlah ritase layanan rencana juga mengalami penambahan sebanyak 3 rit yang meningkatkan jumlah pendapatan. Biaya operasional yang didapatkan berdasarkan hasil perhitungan yaitu Rp 4227,69 /Bus-km untuk layanan rencana dan Rp 4113,72 /Bus-km untuk layanan eksisting. Dengan menggunakan tarif dan jumlah penumpang eksisting pendapatan untuk layanan rencana meningkat hingga 45,07% jika dibandingkan dengan layanan eksisting.

This research is conducted to find out the impact of the integration of the medium regular Bus with Transjakarta system on the operational and financial aspects. The object of this research is the Metromini S.640 which is starts from Pasar Minggu's terminal to Tanah Abang?s terminal. The data on this research areobtained based on boarding and alightingand interview survey.
Descriptive analysis method is used to compare the operational components, operational cost and revenue between existing services and planning services.The operational component analysed consists of headway, travel time,speed design, number of trip, and number of vehicle.
Results of this research show that there is a changes in services after the Metromini integrated with Transjakarta Bus. Travel speed is increased by 59%, travel time reduced up to 30 minutes, the number of trip are increased about 3 ritase. Operational costs are obtained based on the calculations is Rp 4227,69/Bus-km for the planning services and Rp 4113,72 /Bus-km for the existing services. Revenue for the planning services are increased up to 45,07% than the existing services by using the existing fares and number of passengers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesaria Mardhiani Rachma Puspita
"Aktivitas logistik merupakan salah satu bagian dari rantai pasok supply chain yang sedang menjadi perhatian dibanyak negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia biaya logistik masih terhitung tinggi, dikarenakan adanya ketidakseimbangan aliran distribusi barang di Indonesia bagian Barat dengan bagian Timur. Saat ini pemerintah Indonesia sedang dalam proses untuk mempersiapkan pembangunan pelabuhan peti kemas strategis untuk menyeimbangkan permasalahan anatara Indonesia Timur dengan Indonesia Barat. Dilihat dari konsep perencanaan tersebut maka dalam penelitian tersebut akan mencari alternatif model matematika untuk mencari rute yang optimal dengan fungsi tujuan meminimumkan biaya. Dari model matematika tersebut didapatkan rute yang menghubungkan dari Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur.

Logistic is a part of supply chain that is being addressed in many countries, including Indonesia. The costly logistic of Indonesia is caused by imbalance trading between western and eastern regions in Indonesia. Challenging conditions come to the stakeholders particularly in the logistics sector. In this regard, the Government also plans to develop strategic container terminal ports. Concept of the planning in this research would also search for alternative a mathematics model to minimize logistics cost. From the model mathematics were obtained the route join the west Indonesia with eastern Indonesia."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
T50249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agista Ryan Mulyanto
"Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan rute pilihan sistem navigasi yang banyak digunakan di Indonesia (google maps) dengan rute prefrensi pelaku perjalanan. Penelitian ini mengambil rute perjalanan dari Semarang ke Bawen. Penilitian ini dilakukan dengan melakukan perhitungan analisis deskriptif preferesi pelaku perjalanan dalam memilih rute perjalanan yang dapat ditempuh pelaku perjalanan dari Semarang ke Bawen untuk kemudian dibandingkan dengan rute pilihan google maps. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku perjalanan lebih mempertimbangkan kenyamanan dibandingkan faktor lainnya dalam memilih rute yaitu waktu, jarak, biaya bahan bakar, biaya perawatan, dan biaya tol. Rute yang paling banyak dipilih oleh pelaku perjalanan yaitu sebanyak 38,0% pelaku perjalanan adalah rute lewat jalan arteri Jl. Semarang - Surakarta, sedangkan rute pilihan sistem navigasi adalah melewati jalan tol  Semarang - Solo, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem navigasi google maps di Indonesia belum mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi pemilihan rute oleh pelaku perjalanan.

This study aims to compare the route of choice of the navigation system that is widely used in Indonesia (google maps) with the travel route of the traveler. This study took a route from Semarang to Bawen. This research was carried out by calculating the descriptive analysis of the tripper's preferences in choosing the route of travel that can be taken by the traveler from Semarang to Bawen and then compared with the route of choice of google maps. The results of this study indicate that travelers consider more convenience than other factors in choosing routes, namely time, distance, fuel costs, maintenance costs, and toll costs. The most chosen route by travelers is 38.0% of travelers are routes through arterial roads Jl. Semarang - Surakarta, while the choice of navigation system routes is through the Semarang - Solo toll roads, thus it can be concluded that the google maps navigation system in Indonesia has not considered other factors that can influence the route selection by travelers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53382
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>