Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146558 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ian Berlian Pratama
"ABSTRACT
Pemerintahan Republik Indonesia memfokuskan pariwisata sebagai penghasil devisa utama untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Selain itu, pada saat ini mulai terjadi pergeseran nilai ekonomis yang berawal dari Untuk meningkatkan daya saing, pemilik objek wisata dapat menciptakan memorable experience. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan design thinking, yang difokuskan kepada pengunjung Galeri Indonesia Kaya. Berdasarkan wawancara dan pengamatan, ditemukan karakteristik, sifat, keinginan, dan kebutuhan pengunjung yang dipetakan dalam beberapa peta visual. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alat dan sebuah alur yang dapat meningkatkan interaksi pengunjung dengan objek, serta meningkatkan kunjungan kembali dan rekomendasi.

ABSTRACT
Government of Indonesian Republic has focused its tourism as the main producer of its foreign exchange to increase their competitiveness in South East Asia. At the same time, nowadays, there is a phenomenon of economic value shift from commodities to experiences. To increase a country competitiveness, one can create a memorable experience in their attraction. This research is done with the design thinking approach that focused on the visitor of Galeri Indonesia Kaya. Based on empathy, it has been found the characteristic, behavior, needs, wants, and the trait of the visitor then mapped through various visual tools. The result of this research is an equipment and experience that can increase visitor rsquo s interaction with the attraction, which can result in increase in loyalty intention of revisit and recommend."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Azitha
"ABSTRACT
Peningkatan jumlah pengguna internet mendorong organisasi, perusahaan, dan lembaga lain untuk berinteraksi dengan publik melalui berbagai media online. Situs website adalah contoh saluran informasi online yang digunakan oleh kelompok organisasi yang memungkinkan para pengunjung melakukan pencarian informasi didalamnya. Website SIMAK adalah website milik Universitas Indonesia yang mendistribusikan informasi mengenai cara masuk Universitas Indonesia. Ekstraksi pola perilaku pengunjung pada website SIMAK penting dilakukan untuk mengetahui tren terhadap pencarian informasi dan pengaksesan tampilan halaman yang terdapat di laman website. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas website SIMAK dalam hal kemudahan aksesibilitas pengguna yang lebih baik. Namun, pola penggalian di website SIMAK belum pernah dilakukan sebelumnya. Sementara itu, website SIMAK merupakan salah satu website yang paling banyak dikunjungi oleh publik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pattern mining, salah satu aplikasi pengekstraksian pola pencarian informasi yang dilakukan oleh pengunjung website untuk mengetahui pola perilaku pengunjung melalui situs website SIMAK. Data web log pengunjung website SIMAK selama bulan Februari, Maret, dan April digunakan dalam penelitian ini sebagai representasi tingginya aktivitas website dalam kurun waktu satu tahun menggunakan teknik association rules. Hasil pengolahan data kategorisasi umum menunjukkan bahwa terdapat satu pola aturan unik pada bulan Februari dan Maret, dan tiga pola aturan unik di bulan April. Selain itu, pada data berkategorisasi khusus terdapat delapan pola aturan unik di bulan Februari, tiga pola aturan unik di bulan Maret dan enam pola aturan unik di bulan April. Aturan pola yang ditemukan ini menggambarkan pola perilaku pengunjung dalam melakukan pencarian informasi melalui situs website SIMAK.

ABSTRACT
The increasing amount of internet usage encourages organizations, companies, and other institutions to engage with the public through various online media. Website is an example of online information channel for those institutions, enabling the visitors to search detailed information. SIMAK Website is a website owned by the Universitas Indonesia that distributes information on getting through Universitas Indonesia. Extracting pattern of website visitors behavior is important to find out the trend on information searching and page accessing. Thus, the website can be improved to have better accessibility and user performance. However, the extracting pattern in the SIMAK website is not often conducted while this website is one of the highest number vistitors. This study was conducted using pattern mining, one of the applications of web usage mining, to find out patterns and trend of visitors behavior in information searching through SIMAK website. Visitors web log data of the SIMAK website in February, March, and April was processed by association rules method as those three months have the highest number of visitors activities in accessing website information in a year. The results show that general categorized data have one unique pattern in February and March, and three unique patterns in April. Meanwhile, the distinctive categorized data have eight unique patterns in February, three unique patterns in March, and six unique patterns in April. The rules patterns found describe the visitors behavior which may occur due to the information search on SIMAK website."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Yehezki
"Meningkatnya penggunaan internet di Indonesia memberikan dampak positif bagi perkembangan e-commerce di Indonesia dengan jumlah pengguna internet telah melakukan transaksi elektronik sebesar 63,5 . Dengan meningkatnya jumlah e-commerce B2C di Indonesia, diperlukannya strategi promosi yang tepat untuk mengetahui preferensi dan potensi pembelian untuk setiap konsumen sehingga dapat meningkatkan transaksi e-commerce tersebut. Web usage mining merupakan salah satu metode yang dapat mengolah data web log pengguna situs web e-commerce B2C menjadi informasi yang dapat digunakan untuk mengklasifikasi keputusan pembelian pengguna situs web.
Kombinasi kategori produk pembelian yang tinggi oleh pengguna situs web e-commerce memerlukan teknik klasifikasi multi label yang dapat mengklasifikasi kombinasi pembelian secara bersamaan. Metode Label Powerset dengan algoritme Support Vector Machine SVM digunakan untuk mengklasifikasi keputusan pembelian pengguna situs web e-commerce. Seleksi fitur menggunakan Information Gain dan pemilihan parameter dengan menggunakan Grid Search terbukti dapat meningkatkan akurasi klasifikasi.

The advance of internet usage in Indonesia has a positive impact on the development of e commerce in Indonesia where 63.5 of internet users have made online transactions. Along with e commerce B2C growth in Indonesia, it is necessary for an effective promotional strategy to know the preferences and potential purchases for each consumer with the result that to increase transactions. Web usage mining is a method having an ability to convert web log data into information used for purchase classification.
The high combination of purchasing product categories by users of e commerce website required a multi label classification technique that could classify those combinations. Label Powerset method with Support Vector Machine SVM algorithm was applied to classify e commerce users purchases decision. The proposed feature selection with Information Gain and parameter selection using Grid Search could prove that they had an ability to enhance classification accuracy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67081
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Practical web analytics for user experience teaches you how to use web analytics to help answer the complicated questions facing UX professionals. Within this book, you'll find a quantitative approach for measuring a website's effectiveness and the methods for posing and answering specific questions about how users navigate a website. The book is organized according to the concerns UX practitioners face. Chapters are devoted to traffic, clickpath, and content use analysis, measuring the effectiveness of design changes, including A/B testing, building user profiles based on search habits, supporting usability test findings with reporting, and more. This is the must-have resource you need to start capitalizing on web analytics and analyze websites effectively."
Waltham, MA: Morgan Kaufmann, 2013
e20427535
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Saepul Anwar
"Peningkatan persaingan dan kunjungan di situs web e-commerce shopping mall di Indonesia perlu disertai dengan meningkatkan strategi Customer Relationship Management CRM . Strategi yang bisa digunakan adalah peningkatan kualitas pelayanan, hal ini bisa di implementasikan melalui penyusunan sistem rekomendasi produk di situs web e-commerce tersebut. Untuk menyusun sistem tersebut, penggalian pola asosiasi produk dilakukan dengan memanfaatkan data web log yang berisi data navigasi dan pola kebiasaan pelanggan. Hal tersebut diakomodasi oleh metode web usage mining yaitu association rules. Algoritma yang digunakan adalah algoritma yang memberikan input asosiasi berdasarkan frekuensi item, yakni algoritma Apriori. Untuk menguji dan menyeleksi pola yang dihasilkan, objective interestingness measure dilakukan dan menghasilkan 25 luaran pola asosiasi.

An increasing of competition and visitors on e commerce shopping mall websites in Indonesia, need to be accompanied by improving Customer Relationship Management strategy. A strategy that can be used is improving the quality of services, it can be implemented through the preparation of product recommendation system on the e commerce website. To compile the system, pattern recognition of product association is conducted by utilizing weblog data which contains navigation data and customer behavior pattern. It is accommodated by web usage mining method that is association rules. The algorithm applied is an algorithm that provides input association based on item frequency, i.e Apriori algorithm. To test and select the resulting pattern, objective interestingness measure was performed and yields 25 outcomes of the association pattern."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jagad
"Industri pariwisata Indonesia kian meningkat. Peningkatan tren industri ini turut diikuti oleh peningkatan salah satu sektor pendorong industri pariwisata yaitu MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition). Akan tetapi, bagaimanapun juga hal ini mengimplikasikan adanya peningkatan persaingan usaha kedepan baik di tingkat internasional maupun nasional. Selain itu, permasalahan lain yang ditemukan pada industri ini adalah kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dan kurangnya data dan informasi yang dibutuhkan. Hal tersebut juga dialami pada studi kasus di PT. Megah Alengga, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang MICE. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan mampu menyimpan dan mengelola data dan informasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Sehingga, sistem ini dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Indonesia is seeing growth of Travel and Tourism Industry in recent years. This trend also followed by MICE (Meeting, Incenticve, Conference and Exhhibition) industry as one of its sector. However, this increment trend also has a tremendous impact on business competitiveness within its industry either in its relation with International or domestic player. On the other hand, problems that has found within this industry is placed in the lack of human resource quality and the lack of data and information needed. This problems are also found from a case study in PT. Megah Alengga, as one of the MICE player. Thus, the purpose of this research is to design a knowledge management system to enhance human resource quality and managing data and information needed in a working environment, wich, i..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62040
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Prameswari
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi komunikasi dan web pada industri pariwisata kian mempengaruhi cara orang dalam mengakses informasi. Salah satu bentuk perkembangannya diwakili dengan ulasan online oleh pengguna hotel pada travel website yang keberadaannya tengah menjamur dewasa ini. Opini pengguna dapat dimanfaatkan oleh pengelola hotel dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan, bersamaan dengan rencana pemerintah untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan opinion mining guna mengetahui aspek yang berkaitan dengan layanan dan fasilitas beserta sentimennya untuk menggambarkan pendapat pengguna terhadap kualitas hotel. Sebuah program yang bekerja atas prinsip Recursive Neural Tensor Network (RNTN) digunakan dalam penelitian ini. Ulasan pengguna hotel di Labuan Bajo, Lombok, dan Bali digunakan untuk mewakili daerah wisata yang mirip dan berdekatan, serta tingkat perkembangan pariwisata yang berbeda-beda. Luaran analisis sentimen menunjukkan bahwa aspek yang berkaitan dengan aktivitas dan hiburan, fasilitas ruangan, dan jasa transportasi di ketiga daerah masih didominasi dengan sentimen negatif. Hasil penelitian dapat digunakan untuk evaluasi dalam meningkatkan kualitas industri perhotelan sebagai penunjang pariwisata di Indonesia

ABSTRACT
The rapid development of communication technology and website on the tourism domain increasingly influence the way people access information. One of the development impact is represented by hotel users? review on travel websites whose existence is flourishing today. Users? opinion can be used by hotel managers for improving the quality of the hospitality industry, in line with the government plans to bring more tourists to Indonesia. Opinion mining approach is used in this research to determine the aspects related to service and facility of the hotel, along with the sentiment to describe users? opinion towards the quality of the hotel. A program that works on the principle of Recursive Neural Tensor Network (RNTN) used in this study. Hotel users? review in Labuan Bajo, Lombok, and Bali used to represent the tourist areas that are similar and close to each other, with different levels of tourism development. The output of this research shows that the hotel aspects related to activities and entertainment, room amenities, and transportation services in the three regions are still dominated by negative sentiment. Therefore, the results of this research can be used for evaluation to improve the quality of the hospitality industry as an important support in Indonesia tourism"
2016
S63047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Sarah Deasyca
"Pembelian secara online merupakan sebuah terobosan dalam era digitalisasi dunia pemasaran. Berbeda dengan etalase fisik, belanja di internet merupakan cara baru untuk berbelanja. Internet telah menjadi sarana penting untuk melaksanakan transaksi komersial. Salah satu industri yang mengalami banyak perubahan akibat munculnya perdagangan secara online yaitu pariwisata. Dengan adanya digitalisasi tiket menjadi e-ticket, sebuah efisiensi menjadi sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris bagaimana hubungan kepribadian website web personality yang terdiri dari lima indikator yaitu solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness terhadap perilaku pembelian impulsif online secara langsung, dan dengan di mediasi oleh perilaku penelusuran web yang utilitarian dan hedonik terhadap perilaku pembelian impulsif secara online pada produk pariwisata oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: www.bitly.com/risettraveloka. Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 272 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 254 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 254 tersebut merupakan representatif dari pembeli produk pariwisata secara online khususnya melalui situs web www.traveloka.com yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sesuai dengan cakupan wilayah yang ingin diteliti dan terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 81 31,9 dan wanita sebanyak 183 68,1. Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Rezai et al.

Online purchase transaction is a breakthrough in the era of digitalization of the marketing world. In contrast to the physical storefront, shopping on the internet is a new way to shop. The internet has become an important means to carry out commercial transactions. One of the industries that experienced many changes due to the emergence of online trading is tourism. With the digitization of tickets into e ticket, an efficiency becomes very significant. This study aims to know and test empirically how the relationship personality website web personality which consists of five indicators of solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness of online impulsive buying behavior directly, and by mediation by utilitarian web search behavior and hedonic to the impulsive buying behavior online in tourism products by the people of Jakarta and surrounding areas. The data were collected using questionnaires distributed using snowball sampling technique using googleforms. Questionnaires are made online at the following link www.bitly.com risettraveloka. Then the questionnaire link is disseminated through various instant messaging applications like LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires that are scattered and collected are a number of 272 with the number of respondents who qualified in a number of 254 respondents. The sample of research that has been collected as many as 254 is representative of the buyers of tourism products online, especially through the website www.traveloka.com domiciled in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi in accordance with the scope of the area to be studied and consists of male gender as many as 81 31.9 and women as many as 183 68.1. Statistical method using Structural Equation Model with AMOS 20.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Rezai et al."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Priscandy Poetri
"ABSTRAK
Menurut survei McKinsey & Company pada 2013 lalu, alasan utama masyarakat
Indonesia menggunakan internet adalah social networking dan mencari informasi.
Di samping itu, menurut hasil survei oleh Childbirth Connection, 78% ibu
memilih media online untuk mendapatkan informasi terkait kehamilan. Hasil
survei tersebut sesuai dengan hasil studi pendahuluan yang menyatakan
adanyapeluang dan kebutuhan untuk membuat platform berbasis web yang
mengintegrasikan informasi kehamilan dengan sistem booking online dan baby
registry. Untuk merancang konten dan struktur website, metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah persona, dan modified delphi card sorting.
Selanjutnya, untuk merancang tampilan website, metode yang digunakan adalah
conjoint analysis. Sub-elemen user experience yang digunakan sebagai atribut
conjoint analysis adalah informativeness, efficiency, simplicity, delicacy, customer
needs, dan attachment. Kemudian, system usability scale digunakan untuk
menguji usability dari rancangan website yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini
berupa rancangan platform berbasis web untuk ibu pada masa pra, periode, dan
pasca kehamilan yang sesuai kebutuhan dan preferensi ibu

ABSTRACT
According to a survey by McKinsey & Company in 2013, the main reason
Indonesian people use the Internet is for social networking and searching for
information. In addition, according to a survey by Childbirth Connection, 78% of
women choose online media to obtain information related to pregnancy. The
survey results were consistent with the results of preliminary studies, which
reported the opportunity and need to create a web-based platform that integrates
pregnancy information with online booking system and baby registry. To design
the content and structure of the website, persona and modified delphi card sorting
method are used in this study. Furthermore, conjoint analysis is used to design the
look of the website. The sub-elements of user experience used as the attributes of
conjoint analysis are informativeness, efficiency, simplicity, delicacy, customer
needs, and attachments. Then, system usability scale is used to test the website
usability. The result of this research is a web-based platform designed for mothers
in their maternity period, which in accordance complies with the mothers? needs
and preferences."
2016
S63005
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Adella Basya
"Cara pelancong masa kini bepergian serta kegiatan-kegiatan pariwisata yang mereka minati telah banyak berubah. Mereka tidak lagi puas dengan kegiatan-kegiatan pariwisata konvensional seperti 4s (sun, sea, sand, and sex), bahkan bersedia mengeluarkan uang lebih untuk terlibat dalam kegiatan yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman yang hanya dapat mereka alami di destinasi tersebut. Kecenderungan ini kemudian dengan istilah experiental travel. Seiring dengan bertambahnya peminat experiental tourism, penduduk lokal seolah ditantang untuk memenuhi permintaan para pelancong akan sebuah pengalaman yang khas dari daerah mereka. Airbnb Experiences kemudian muncul dan menjadi pihak yang memfasilitasi bertemunya pelancong yang mencari kegiatan experiental dengan penduduk lokal yang menawarkan pengalaman-pengalaman tersebut. Dalam tulisan ini, saya akan membahas bagaimana host dalam dua kegiatan Airbnb Experiences di Bali merencanakan dan menjalankan kegiatan yang mereka tawarkan sehingga pelancong bisa mendapatkan pengalaman sesuai dengan yang telah mereka antisipasi.

How people travel and what kind of activities they engage while on holiday have vastly changed over the year. They are no lnger satisfied with the conventional tourism activities like the 4s ( sun, sea, sand,and sex) anymore and even willing to pay a sum of money to be able to partake in an activity that allows them to get an experience they could only get in those said places. This spurt of interest in what we will call as experiental travel then affects the local comunities as well. They are expected to provide experiences that those tourist like so much, activities that make their culture, tradition, and the place in general stands out to the tourist. Airbnb then comes out with Airbnb Experiences,a feature that allows guest that wanted to take part in experiental activities met with locals who are willing to provide varieties of experience they can choose from. I will talk about how the local people, the host, of two Airbnb Experiences in Bali produce and perform their activity so that they can provide the guest with an experience that they anticipated when booking the activity."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>