Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61379 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shapira Dewi
"ABSTRAK
Jurnal ini membahas analisis penggunaan tokoh fiktif dalam puisi Negorie Suni karya Im-Hwa. Bentuk puisi beraliran sosialisme ini adalah danpyeonsosasi yang mempunyai ciri khas yaitu menggunakan kemunculan tokoh sebagai pembangun cerita puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan penyair memunculkan tokoh fiktif di dalam puisi. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tokoh fiktif di dalam puisi ini agar masyarakat lebih mudah percaya bahwa ada yang memperjuangkan nasib mereka sehingga dapat tumbuh harapan. Selain itu, sebagai bentuk ajakan dan harapan Im-Hwa terhadap kaum buruh untuk bangkit melawan kesenjangan sosial dalam penjajahan Jepang di Korea.

ABSTRACT
This journal discusses the analysis of the use of fictional figures in Negorie Suni poem by Im Hwa. This form of socialism s poetry is a synthesis and in which there is a characteristic use of the appearance of a character as a builder of poetry. This research uses qualitative approach with descriptive analyisis design. The purpose of this study is to find out the reason the poet uses a fictional character that appears in poetry. Based on the analysis, it shows that with the usage of influential figures in this poem so that people more easily believe that there is a someone who struggled for their life so that it can grow hope. In addition, Im Hwa wants to invite Korean people to fight for the rights of the workers and against social inequalities under the Japanese colonizations. Keywords danpyeonsosasi, fictional characters, Im Hwa, socialism, the workers."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Galuh Damar Jati
"Karakter fiksi merupakan salah satu unsur yang tidak terpisahkan dari suatu karya khususnya karya sinematografi. Suatu karakter fiksi merupakan kerja keras dan jerih payah pencipta dari hasil olah kreativitas dan imajinasinya. Karakter fiktif juga merupakan salah satu unsur utama yang mendukung tema dan konflik dalam suatu narasi. Dalam Undang-Undang Hak Cipta saat ini belum mengatur secara khusus berkaitan dengan perlindungan terhadap suatu karakter fiksi. Perlindungan terhadap suatu karakter fiksi secara umum masih terhadap media dimana tempat karakter tersebut berada. Berbeda dengan Amerika Serikat, perlindungan terhadap karakter fiksi disana telah diakui dengan menerapkan standar-standar seperti Character Delineation Test dan Story Being Told Test, sehingga diperoleh kepastian perlindungan terhadapnya. Lebih lanjut, hal itu akan berpengaruh terhadap penggunaan yang wajar pada suatu karakter fiksi. Penggunaan yang wajar atau fair use merupakan salah satu doktrin sebagai bentuk pembatasan terhadap hak eksklusif yang dimiliki oleh pencipta. Penggunaan yang wajar terhadap suatu karakter fiksi di Indonesia sejatinya merupakan penggunaan yang wajar terhadap suatu karya sinematografi khususnya film. Sebab karakter merupakan bagian utama dari suatu karya film yang membangun cerita dalam mendukung tema dan konflik. Sehingga penggunaan yang wajar terhadap suatu karakter fiksi termasuk di dalam penggunaan yang wajar terhadap suatu karya film. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif, tulisan ini akan menganalisis mengenai bagaimana perlindungan dan prinsip penggunaan yang wajar terhadap suatu karakter fiksi di dalam ketentuan Undang-Undang Hak Cipta

Fictional characters are one of the integral elements of a work, especially a cinematographic work. A fictional character is the result of the creator's work and effort, as well as his creativity and imagination. Fictional characters are also one of the main elements that support the theme and conflict in a narrative. The current copyright law in Indonesia does not specifically regulate the protection of a fictional character. In general, the protection of a fictional character still on the media where the character is located. In contrast to the United States, the protection of fictional characters has been recognized in that country by using standards such as the character delineation test and the story being told test to ensure certainty of protection against it. Furthermore, it will affect the fair use of a fictional character. Fair use is one of the doctrines that limit the exclusive rights owned by the creator. Fair use of a fictional character in Indonesia is actually a fair use of a cinematographic work, especially a movie. Because characters are the main part of a movie, they build a story for supporting themes and conflicts. Therefore, the fair use of a fictional character is included in the fair use of a film work. By using the normative juridical research method, this paper will analyze how the protection and principle of fair use of a fictional character are addressed in the provisions of the Copyright Act."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Sholikah Putri Suni
"ABSTRAK
Cakupan penggunaan kontrasepsi modern di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Akan tetapi, cakupan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) masih
jauh dari target yang diharapkan. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa kelompok berisiko tinggi akan cenderung untuk menggunakan kontrasepsi modern. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kelahiran berisiko tinggi dengan penggunaan kontrasepsi modern khususnya metode kontrasepsi jangka
panjang (MKJP) dan mengetahui faktor lain yang mempunyai peran terhadap
penggunaan kontrasepsi modern setelah mengalami kelahiran yang berisiko tinggi. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan analisis data SDKI 2007 dan 2012. Sampel pada penelitian ini adalah wanita usia subur (15-49 th) yang pernah melahirkan maksimal 5 tahun sebelum survei dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prevalensi risiko tinggi 30,45%, risiko tinggi ganda 10,96% dan risiko tinggi tunggal 19,49%. Prevalensi penggunaan kontrasepsi modern sebesar 68% dan paling banyak menggunakan metode suntik. Sedangkan prevalensi penggunaan MKJP adalah 8,73% dan yang paling banyak digunakan adalah metode IUD. Riwayat kelahiran berisiko tinggi tidak meningkatkan peluang penggunaan kontrasepsi modern secara keseluruhan [PR 0,84; 95%CI: 0,817-0,861]. Terdapat peluang yang cukup besar untuk menggunakan MKJP bagi mereka yang memiliki riwayat kelahiran risiko tinggi
ganda baik pada seluruh populasi [PR: 1,90 ;95%CI: 1,65-2,13] maupun pada populasi pengguna kontrasepsi modern [PR: 1,46 ;95%CI: 1,29-1,64]. Populasi yang menggunakan kontrasepsi modern, peluang terbesar untuk menggunakan MKJP bila ibu yang berisiko tinggi melakukan ANC di klinik bidan dan melakukan persalinan di rumah bersalin (RB) setingkat puskesmas. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan edukasi, promosi dan konseling terutama kepada wanita usia subur yang sudah memiliki riwayat melahirkan dengan risiko tinggi supaya dapat mencegah kelahiran berisiko.

ABSTRACT
Coverage of modern contraceptive use in Indonesia increased from year to year. However, the scope of the use of long acting contraceptive system (LACS) is still far from the expected target. Based on previous study found that high-risk groups are likely to use modern contraception. This study aimed to analyze the effect of high-risk births with the use of modern contraceptives, especially long acting contraceptive system (LACS) and determine other factors that have a value of interventions towards high-risk births variable relationship with the use of modern contraceptives. This study
used cross sectional design with IDHS 2007 and 2012. The sample in this study were women of reproductive age (15-49 years) who had delivered a maximum of 5 years prior to the survey. The results showed that the prevalence of high risk of 30.45%, 10.96% double high risk and 19,49 single high risk. The prevalence of modern contraceptive use by 68% and the most widely used injection method. While the prevalence of the use of LACS was 8.73% and the most widely used method of IUD. A history of high-risk births do not increase the probability of modern contraceptive use overall [PR 0.84; 95% CI: 0.817 - 0.861]. There are considerable opportunities to use the LACS for those who have a history of high-risk multiple births either in the whole population [PR: 1.90; 95% CI: 1.65 - 2.13] and in a population of modern contraceptive users [PR: 1,46; 95% CI: 1.29 to 1.64]. Population using modern contraceptives, the biggest opportunity to use the LACS when high-risk mothers do ANC at clinic midwife and deliver at the maternity hospital (RB) level health centers. Therefore, it is advisable to increase the education, promotion and counseling especially to women of reproductive age who already have a history of delivering with a high risk in order to prevent the risk births."
2016
T46570
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Aini
"Penelitian ini membahas bagaimana relasi kuasa ditampilkan dalam puisi "Speak White", karya Michelle Lalonde. Isu relasi kuasa ini dilihat dari analisis makna puisi, pilihan kata, dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data adalah puisi "Speak White", karya Michelle Lalonde 1974. Penelitian ini berkesimpulan bahwa relasi kuasa dalam puisi ini digambarkan melalui kekontrasan keadaan yang terjadi di antara Canadiens anglais dan Canadiens français.

This study discuss how power relation shown from a poem entitled "Speak White" by Michelle Lalonde. The power relation is analized from the meaning, diction and communication of this poem. This study uses qualitative methods where the data source is "Speak White" by Michelle Lalonde in the 1974. The conclusions of this study shows that power relation is formed by different situation between Canadiens anglais and Canadiens français.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bagas Anugrah Perdana
"ABSTRAK
Penyair pada masa awal romantisme sering mengangkat tema seperti kebebasan dan individu dengan menggunakan unsur alam. Seri ketiga La Légende des Siècles merupakan buku puisi terakhir sebelum Victor Hugo meninggal. Ocean merupakan salah satu contoh puisi di dalam seri itu yang memiliki pertentangan ruang antara kecil dan besar, pembatasan dan perluasan. Artikel ini akan mengaitkan makna dan fungsi metafora serta struktur puisi yang digunakan oleh Victor Hugo dalam puisi Ocean dengan kehidupan pribadi Hugo serta konteks sejarah pada masa itu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Melalui analisis fungsi metafora Camp (2003) dan struktur puisi Schmitt & Viala (2015), ditemukan bahwa puisi Ocean mencerminkan Hugo sebagai penyair romantis yang berinovasi sehingga berbeda daripada aturan klasisisme dan menempatkan lautan dan manusia di dalam puisi sebagai representasi Napoleon III secara khusus dan sistem monarki secara umum dan masyarakat Prancis pada masa itu. Metafora digunakan untuk menggambarkan sifat pemerintah Prancis saat itu.

ABSTRACT
Poets in the early days of romanticism often raised themes such as freedom and individuals using natural elements. The third series of La Legende des Siecles is the last poetry book before Victor Hugo died. Ocean is one of the examples of poems in the series that has spatial contradictions, restrictions and expansion. This article will link the meaning and function of the metaphor and the structure of poem used by Victor Hugo in Ocean with Hugos personal life and historical context at that time. This study uses qualitative methods with library study techniques. Through the analysis of the function of metaphor from Camp (2003) and the structure of the poem from Schmitt & Viala (2015), it was found that Ocean reflected Hugo as a romantic poet who innovated so that his poem was different from the rules of classicism and put the ocean and humans in the poem as representations of Napoleon III and the monarchy system in general and French society at that time. Metaphor is used to describe the nature of the French government at that time."
Depok: Sastra Prancis, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zoraya Meizita
"Artikel ini membahas mengenai diaspora dalam puisi Afrique, karya David Diop.Dalam puisi
tersebut Diop memperlihatkan Afrika dalam kaitannya dengan jejak kolonialisme bangsa
Prancis dan gambaran Afrika melalui alam dan leluhur yang diperlihatkan di bait-bait puisi
Afrique. Afrika digambarkan sebagai tanah yang dirindukan oleh bangsa Afrika yang berada
di tanah koloni.

This article analyzes about diaspora in Afrique, a poem by David Diop. The depiction of
diaspora was examined based on intrinsic and extrinsic elements in the poem. It is identified
that Diop describes Afrika through French’s colonialism track and the portrayal of Africa
over its nature and ancestor which is shown in Afrique. Africa is described as a land that
desired by Africans in the land of the colony.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Rifqa Daniya Ryansyach
"Liberté merupakan sebuah puisi karya Paul Éluard yang muncul pada tahun 1942 dalam buku koleksi puisi clandestin berjudul Poésie et Vérité 1942. Puisi ini diciptakan oleh Éluard di tahun 1942 sebagai nyanyian semangat juang akan kebebasan untuk melawan Nazi Jerman yang pada masa itu menduduki Prancis. Metafora yang berada di dalam puisi ini dibangun tidak hanya dengan tujuan untuk memunculkan kesan indah atau sisi estetikanya saja, tetapi juga memiliki fungsi untuk menyampaikan sentimen kebebasan yang mengandung makna akan harapan atau impian terhadapnya dan juga perasaan putus asa yang diakibatkan oleh Perang Dunia II, bertepatan dengan masa puisi ini dibuat. Untuk memaknai harapan atas kebebasan dan keputusasaan, Éluard menuangkannya melalui penggambaran elemen-elemen yang berada di alam terbuka yang dominan ditunjukkan di dalam puisi dan setiap elemennya merepresentasikan emosi positif dan negatif. Penelitian yang menelaah metafora puisi Liberté secara lebih mendalam belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini didukung dengan menggunakan metode analisis kualitatif, teori metafora Ullmann dan Lehmann & Martin-Berthet, serta teori analisis komponen makna Mortureux. Berdasarkan jenis metafora yang dipaparkan oleh Ullmann dan Lehmann & Martin-Berthet, di dalam puisi ini ditemukan tiga jenis metafora, yakni metafora sinestesia (7 buah), konkret ke abstrak (11 buah), dan konkret ke konkret (11 buah). Pada puisi ini, Éluard menggunakan metafora sinestesia untuk merepresentasikan harapan akan kebebasan dan kehidupan pasca perang yang lebih baik, sementara untuk metafora konkret ke abstrak dan konkret ke konkret, penyair menggunakannya untuk menjelaskan keputusasaan, kematian, dan kehampaan. Pemaknaan metafora di penelitian ini dibantu dengan teori analisis komponen makna Mortureux yang menunjukkan bahwa penggunaan metafora yang ada di puisi menunjukkan impian akan kebebasan pada masa perang. Selain metafora, Éluard juga menunjukkan kekhasan puisi surealis melalui penggunaan hypallage (hipalase) yang ditampilkan melalui gaya penulisan puisi.

Liberté is a poem by Paul Éluard which appeared in 1942 in a clandestine poetry anthology titled Poésie et Vérité 1942. This poem was created by Éluard in 1942 as a marching song to raise the fighting spirit for liberty in order to fight Nazi Germany who at that time occupied France. The metaphors in this poem are built not only with the aim of creating a beautiful impression or aesthetic side, but also has the function to convey a sentiment of liberty which contains the meaning of hopes and also feelings of hopelessness caused by World War II, coinciding. by the time this poem was made. To interpret the impression of hope for liberty and despair, Éluard expresses this through the depiction of elements of nature that are predominantly shown in this poetry and each element represents positive and negative emotions. The research of the metaphor of Liberté's poetry in greater depth has never been done before. This research uses qualitative analysis methods, Ullmann and Lehmann & Martin-Berthet’s metaphors, and Mortureux's componential analysis theory. Based on the types of metaphors described by Ullmann and Lehmann & Martin-Berthet, this poem shows three types of metaphors, such as synaesthetic metaphors (7 pieces), concrete to abstract metaphors (11 pieces) and concrete to concrete metaphors (11 pieces). In this poem, Éluard uses the synaesthetic metaphors to represent hope for liberty and a better post-war life, whereas for the concrete to abstract and the concrete to concrete metaphors, he uses it to describe despair, death, and emptiness. The meaning of metaphors in this study is supported by Mortureux's componential analysis which shows that the use of metaphors in poem exhibits the dreams for liberty during wartime. Apart from metaphors, Éluard also shows the characteristic of surreal poetry through the use of hypallage which is displayed through poetry writing style."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Avidya Sekar Saga
"Konsep ibu ideal di Jepang yang disebut ryousai kenbo (istri yang baik, ibu yang bijak) direproduksi pada masa pasca-perang dengan nama sengyou shufu (ibu rumah tangga penuh waktu) dan kyouiku mama (ibu pendidikan). Krisis ekonomi pada tahun 90an di Jepang menyebabkan tergoncangnya nilai-nilai yang terinternalisasi di masyarakat, termasuk di dalamnya nilai-nilai standar ibu ideal. Setelah masa lost decade, masyarakat Jepang mulai mempertanyakan nilai-nilai ibu ideal tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tokoh-tokoh ibu di dalam novel Kokuhaku ini dikonstruksikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ketiga tokoh ibu memiliki kesamaan yaitu telah berusaha untuk dapat memenuhi nilai-nilai standar ibu ideal di masyarakat namun berakhir gagal memenuhi nilai-nilai standar ibu ideal. Novel Kokuhaku yang terbit pada tahun 2008 ini menyajikan kritik terhadap internalisasi nilai-nilai ibu ideal dalam masyarakat Jepang.

The concept of ideal mother in Japan called ryousai kenbo (good wife, wise mother) was reproduced in the post-war era with the name sengyou shufu (full-time housewife) and kyouiku mama (education mother). The economic crisis in the 90s in Japan had shaken the internalized values in society, including the ideal mothers values. After the lost decade era, Japanese people began to question the values of the ideal mother.
The purpose of this research is to find out how the characters of the mother in Kokuhaku novel were constructed. The research method used is analysis descriptive. The result of this research has shown that the three characters of the mother in the novel have some things in common, they tried to fulfill the ideal mothers standard values in society but ended up failing in fulfilling the ideal mothers standard values. The Kokuhaku novel published in 2008 presents a critique of the internalization of the ideal mothers values in Japanese society.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Afriyanti
"Skripsi ini membahas tentang unsur intrinsik dalam novel Azazil karya Youssef Ziedan. Penulis menganalisis tokoh dan penokohan dalam novel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode struktural. Metode struktural ini juga menggunakan pendekatan deskriptif dan analitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis unsur intrinsik dan penokohan tokoh utama dalam novel Azazil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel asal Mesir ini yang berprofesi sebagai rahib Kristen memiliki karakter yang berubah-ubah seiring dengan perjalanan dan peristiwa yang terjadi selama hidupnya.

This thesis discusses an intrinsic element in Azazil novel by Youssef Ziedan. The author analyzes the figures and characterizations in the novel. This study is a qualitative studies which is using the structural methods. Structural method also uses descriptive and analytical approach. The purpose of this study is to analyze the intrinsic elements and the main character in the Azazil novel. The results showed that the main character in the novel from Egypt who have profession as Christian monk have a unique character with the passage and the events that occurred during his lifetime."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42724
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Imas Nihono Sari
"Artikel ini membahas makna-makna kiasan yang muncul dalam puisi De wolken karya Martinus Nijhoff. Pada penelitian ini dijabarkan pula gaya bahasa, sarana retorika, dan teori semiotik yang terdapat dalam puisi De wolken. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara menganalisis data berdasarkan buku-buku literatur dan artikel-artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna kiasan dalam puisi De wolken memiliki fungsi untuk memperindah puisi dan memperkuat tema di dalam puisi.

This paper analyzes the figurative meanings in De wolken, a poem written by Martinus Nijhoff. It also discusses the figure of speeches or stylistic features, rhetorical elements, and semiotic signs used in the poem. The study is based on library research and the application of semiotic theory. The results of the study show that the figurative meanings in De wolken strengthens the aesthetic dimension and the theme of this poem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>