Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183900 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muthi`a Handayani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses bisnis terkait pendapatan dan penerimaan kas PDAM Lematang Enim serta bertujuan memberikan rancangan pengendalian internal atas proses bisnis tersebut. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data telah diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara mendalam terhadap informan seperti direktur umum, direktur teknik, kepala bagian keuangan, serta staff keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan manajemen PDAM Lematang Enim dalam mengoptimalkan proses penerimaan kas dari pelanggan. Kelemahan-kelemahan ini berdampak terhadap peningkatan nilai piutang serta nilai cadangan piutang tidak tertagih. Perusahaan belum menerapkan pengendalian internal secara formal dan terstruktur, sehingga proses bisnis hanya dijalankan dan dikendalikan berdasarkan kebiasaan saja. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan terkait langkah-langkah pengendalian yang dapat diterapkan perusahaan guna menyelesaikan permasalahan yang ada.Kata Kunci: PDAM, pengendalian internal, siklus pendapatan dan penerimaan kas, cadangan piutang tidak tertagih.

ABSTRACT
This study aims to analyze business processes related to revenue and cash collection of PDAM Lematang Enim and aims to provide an internal control design of the business process. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. Data have been obtained through document analysis, observation, and in depth interviews with informants such as general director, technical director, chief financial officer, and finance staff. The results show that there are some weaknesses of PDAM Lematang Enim management in optimizing the cash collection process from customers. These weaknesses have an impact on the increase in the value of receivables and the value of uncollectible accounts receivable. The company has not implemented formal and structured internal controls, so business processes are only run and controlled by custom. This research provides recommendation to companies related to control measures that can be applied to solve existing problems.Keywords PDAM, internal control, revenue and cash collection cycle, allowance."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Harlini
"Pada PDAM Lematang Enim jumlah Air yang hilang masih sangat tinggi. Salah satu penyebab tingginya tingkat kebocoran adalah banyaknya kebocoran yang terjadi pada pipa distribusi. Agar pelayanan air PDAM ke masyarakat tidak terganggu dan dapat mencapai standart pelayanan maka harus memperhatikan aspek â?? aspek yang sangat berpengaruh yaitu kualitas, kuantitas dan Kontinuitas. Didalam penelitian ini,mengukur tingkat persentase Non Revenue Water (NRW) di PDAM Lematang Enim Unit Pelayanan Pendopo Kabupaten Pali, dan tingkat kepuasan pelanggan pengguna air di Desa Handayani Mulia PDAM Lematang Enim Unit Pelayanan Pendopo Kabupaten Pali. Â Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat Persentase NRW di PDAM Lematang Enim Unit Pelayanan Pendopo Kabupaten Pali adalah 22,90 % angka ini menunjukan bahwa tingkat kehilangan air di PDAM Cabang Pendopo masih masuk kategori baik, dan angka tingkat kepuasan pelanggan di Desa Handayani Mulia PDAM Cabang Pendopo adalah 3,8078, angka ini menunjukkan bahwa pelanggan PDAMÂ Puas dengan air yang dikonsumsi dari PDAM Cabang Pendopo."
Palembang: Fakultas teknik Universitas tridinanti palembang, 2016
600 JDTEK 4:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Zakky Ash Shidiqi
"Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ sebagai perusahaan dagang penyedia varietas benih padi hibrida Pembahasan akan lebih ditekankan pada proses penerimaan penjualan hingga pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 23 2010 serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO rsquo s Internal Control Framework Hasil analisis dan evaluasi penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ menunjukkan bahwa pencatatan pengakuan pendapatan telah sesuai dengan PSAK 23 2010 namun di dalam pengendalian internal yang telah dilakukan PT XYZ masih ada beberapa hal penting yang perlu diperbaiki Kata Kunci Siklus pendapatan pengakuan pendapatan pengendalian internal PSAK 23

This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadetta Winandya
"Laporan ini membahas perihal siklus pendapatan yang diterapkan di PT ABE, sebuah perusahaan yang menjalankan usaha di sektor jasa pertambangan batubara. Analisis ini dilakukan karena selama tahun diaudit terdapat celah pengakuan pendapatan. Untuk menganalisisnya perlu dilakukan analisis aktivitas-aktivitas dan pelaksanaan pengendalian internal perusahaan beserta kesesuaiannya dengan kerangka kontrol internal COSO. Implementasi kesesuaian PT ABE secara umum sudah sesuai dengan kerangka COSO, akan tetapi masih terdapat celah pada elemen aktivitas kontrol, informasi dan komunikasi, serta aktivitas peninjauan. Rekomendasi yang diberikan adalah peningkatan sistem, perbaikan informasi komunikasi, dan aktivitas peninjauan lintas divisi.

This report explains about revenue cycle applied at PT ABE, an Indonesian based, coal service company. The reason behind this analysis was a gap that exceeds the revenue cycle and impact the receivable account. It is needed to analyze based on its each activity and the conformity to COSO internal control framework. In general, PT ABE implementation already congruence with the framework except there is a omission in control activities, information and communication, and monitoring activities. Recommendation to this matter is refinement at system, upgrading information and communication, and cross-section monitoring."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dafne Etty Melinda Malau
"Industri perhotelan di Indonesia terus berkembang seiring dengan peningkatan sektor pariwasata di Indonesia. Hal ini menyebabkan industri perhotelan menjadi semakin kompetitif. Oleh akrena itu hotel haruslah dapat mengatur keseluruhan sumber pendapatannya untuk dapat menciptakan arus profit yang stabil. Untuk itu diperlukan adanya pengawasan terhadap pengendalian internal. Dengan adanya pengawasan terhadap pengendalian intern yang baik, hotel dapat terhindar dari ancaman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rancangan dan implementasi sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis pada dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada rancangan pengendalian internal Hotel ABC, dimana pemberian diskon, penetapan harga kamar, bonus kamar kurang diawasi dan masih banyaknya proses pencatatan penjualan pada penjualan restoran, taman bermain dan spa yang dilakukan secara manual yang berdampak pada keuntungan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan aktivitas pengendalian internal yang akan mengatasi permasalahan yang ada saat ini.

The hospitality industry in Indonesia continues to grow along with the increase popularity of tourism sector in Indonesia. This caused the hospitality industry to become competitive. Therefore the hotel must be able to manage the overall source of income to be able to create a stable profit stream. For this reason, supervision of internal control is needed. With a good internal control, the hotel can avoid threats in carrying out its operational activities.This study aims to evaluate the design and implementation of internal control system in revenue cycle. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. The data obtained through observation, interview and analysis on the company internal documents. The results shows that there were weaknesses in Hotel ABC's internal control design, where giving discounts, room pricing, complimentary rooms are not monitored properly, and there are some sales recording procedures that are done manually that had an impact on company's profits. Therefore this study provides recommendations for improvements of internal control activities that will address that issues."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oktivia Andarani
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi siklus pendapatan di FZ Indonesia dan pengendalian internal untuk siklus pendapatan tersebut. FZ Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa profesional akuntan. Secara keseluruhan, FZ Indonesia telah melaksanakan siklus pendapatannya dan pengendalian dalam siklus tersebut sesuai dengan teori sistem informasi akuntansi. Meskipun sudah memiliki pengendalian yang cukup memadai, namun masih terdapat kelalaian yang dapat menghambat jalannya operasional tim yang terlibat di siklus pendapatan FZ Indonesia.

ABSTRACT
This report aims to evaluate the revenue cycle performed in FZ Indonesia and the internal control of the cycle. FZ Indonesia is a service company which provides audit and consulting service. Overall, FZ Indonesia has performed its revenue cycle and internal control for the cycle in accordance with the accounting information system theory. Even though FZ Indonesia already have sufficient internal control, there is negligence which can hinder the operation of the teams involved in the FZ Indonesia revenue cycle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marietta Bienamulia
"Laporan magang ini membahas tentang analisis proses siklus pendapatan di perusahaan yang menyediakan jasa audit dan konsultasi. Analisis dilakukan mulai dari penjelasan secara detail mengenai tahapan-tahapan siklus pendapatan perusahaan yang terdiri dari lima tahapan yaitu pencarian klien, penerimaan klien, registrasi kode pekerjaan baru, biiling, dan cash collections. Laporan ini juga membahas analisis pengendalian internal perusahaan yang terbagi menjadi dua yaitu pengendalian internal umum untuk level entitas dan pengendalian internal per tahapan siklus pendapatan. Analisis pengendalian internal perusahaan secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan kerangka COSO. Sedangkan analisis pengendalian siklus pendapatan dilakukan per tahap. Hasilnya,dari laporan magang ini disimpulkan bahwa secara umum proses siklus pendapatan telah berjalan efektif, pengendalian internal pada perusahaan baik secara umum maupun spesifik pada siklus pengendalian dilaksanakan dengan baik. Hanya saja, terdapat beberapa pengendalian yang kurang dan masih belum ada sehingga disarankan untuk memperbaikinya agar proses berjalan lebih efektif dan efisien.

This internship report discusses about the analysis of revenue cycle process in the assurance and advisory company. Analysis starts from a detailed explanation stages of company?s revenue cycle. This report also discusses the analysis of internal control which divided into applied general control based on COSO framework and revenue cycle?s internal control. The result of this internship report concluded that the overall revenue cycle processes are running effectively, and internal controls in general and revenue cycle executed properly. However, there are some lack of controls and inexistent controls that still needed to be fixed and improved so that the process will run more effective and efficient.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54177
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adryan Hernando
"Untuk menyediakan produk atau jasa di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang tepat dibutuhkan sebuah siklus pendapatan dan pengendalian internal yang efisien dan efektif. Dengan adanya efisiensi dan efektivitas dalam siklus pendapatan dan pengendalian internal, perusahaan diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat dan handal sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat bagi perusahaan. Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA sebagai perusahaan jasa penyedia media luar ruang berupa papan reklame. Hasil analisis penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA yaitu siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA telah berjalan dengan efisien dan efektif namun masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki.

Efficiency and effectiveness a revenue cycle and internal control is needed to provide products or services at the right place, time, and price. With the efficiency and effectiveness of the revenue cycle and internal control, the company is expected to generate accurate and reliable information to produce the rights decision. This internship report will discuss the revenue cycle and internal control in PT AVA as a service provider of outdoor media such as billboards. The result of the study is PT AVA has been run revenue cycle and internal control efficiently and effectively, but there are still some things that need to be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44048
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risza Ashary A.
"Laporan ini dibuat untuk memaparkan prosedur pengendalian internal pada perusahaan yang terkait kepada siklus penjualan dan pendapatan PT S J A Plastics Indonesia Pembahasan dimulai dari analisis pengendalian internal siklus penjualan dan pendapatan yang dimiliki PT S J A Plastics Indonesia Pembahasan akan mengungkapkan sistem informasi akuntansi yang dimiliki kunci pengendalian risiko yang dihadapi perusahaan temuan temuan yang terjadi terkait pengendalian internal serta solusi yang ditawarkan.

The focus of this report is to explain the internal control within company that control both sales and revenue cycle of PT S J A Plastics Indonesia The discussion starts with the analysis of internal control of sales and revenue cycle of PT S J A Plastics Indonesia Description shows the accounting information system that the company has key control the risks the audit findings regarding internal control as well as the solutions offered."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S54665
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurpratiwi Hakim
"Laporan Magang ini bertujuan membahas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan gambaran siklus pendapatan pada perusahaan telekomunikasi khususnya untuk pelanggan B2B Business to Business. Siklus tersebut dimulai dari penawaran jasa hingga menerima pembayaran dari pelanggan. Selanjutnya siklus pengendalian internal perusahaan akan dibandingkan dengan lima komponen kerangka pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO untuk mencari penyebab munculnya isu pada siklus pendapatan. Laporan magang ini menyimpulkan bahwa gagalnya perusahaan dalam memantau keefektifan pengendalian internal pada setiap aktivitas bisnis, menyebabkan tidak terpenuhinya prinsip-prinsip yang ada pada kelima komponen pengendalian internal.

This internship report aims to discuss the internal control system in the revenue cycle of a telecommunication service provider in Indonesia. The discussion begins with an overview of revenue cycle of telecommunication companies, specifically for B2B Business to Business customer. The cycle starts from offering service activities to receiving payment from customers. Furthermore, the company's internal control system will be compared with the five components of internal control framework issued by COSO to looking for the problem at current revenue cycle. This report conclude that the failure of the monitoring activities to ensure internal controls operates effectively, leads to non compliance with the principles contained in the five internal control components. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>