Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124069 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Antonius Fentonius Salim
"ABSTRAK
Perusahaan dagang di bisnis ban sedang menghadapi kompetisi ketat beberapa tahun ini. Manajemen PT XYZ sedang mempertimbangkan bisnis model baru berupa penerapan pemasaran digital, dan mereka mempertimbangkan manfaat, efektifitas, dan pengaruhnya pada keuangan perusahaan. Karya akhir ini membahas penciptaan nilai value creation dengan menerapkan pemasaran digital di bisnis ban kendaraan. Dan juga menguji penciptaan nilai yang dapat dihasilkan dengan pemasaran digital berdasarkan metode net present value NPV , mengevaluasi faktor sensitif yang mempengaruhi incremental NPV menggunakan analisis sensitivitas, dan mengulas probabilitas nilai positif incremental NPV menggunakan simulasi Monte Carlo. Didapatkan bahwa bisnis model dengan pemasaran digital menghasilkan penciptaan nilai berupa incremental free cash flow sebesar 66 . Selain itu pemasaran digital membuat penjualan lebih tinggi dan rasio keuangan yang lebih baik. Pemasaran digital juga menurunkan biaya G A dan biaya pemasaran/penjualan. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan karakteristik nyata PT XYZ sebagai perusahaan dagang. Simulasi Monte Carlo menjelaskan kemungkinan 91 nilai positif incremental free cash flow dalam penerapan pemasaran digital pada PT XYZ.

ABSTRACT
Trading companies in tire businessare facing the harder competition in the recent years. PT XYZ management is considering a new business model of digital marketing implementation, and they have to review the benefits, effectiveness, and impact on the financial aspect of company. The thesis explores the value creation by digital marketing implementation in tire business. It examines the value of potential business generated by digital marketing based on net present value NPV method, evaluates the sensitive factors which influencing the incremental NPV by using sensitivity analysis, and reviews the probability of a positive incremental NPV by using Monte Carlo simulation. It rsquo s discovered that business model by digital marketing creates value through incremental free cash flow up to 66 .Besides digital marketing generates higher revenue and better financial ratios.Digital marketing also reducesG A expenses and marketing sales expenses. Sensitivity analysis result shows the real characteristics of PT XYZ as a trading company. The Monte Carlo simulation explains 91 probability of positive incremental free cash flow in the PT XYZ digital marketing implementation."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutapea, Johannes Martio
"Tesis ini membahas pemecahan masalah distribusi produk perdagangan umum yang ada di PT Rajawali Nusindo. Pembahasan mencakup analisis rantai pasok pada distribusi produk perdagangan umum, analisis penciptaan nilai dari produk perdagangan umum, dan pemberian alternatif strategi yang sesuai untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
Hasil penelitian menyarankan bahwa PT Rajawali Nusindo perlu secara konsisten menerapkan strategi rantai pasok efisien sebagai langkah yang tepat untuk memposisikan diri di masa depan sebagai perusahaan distribusi dan perdagangan yang terpercaya.

The focus of this study is to find solution for a problem in consumer goods distribution at PT Rajawali Nusindo. The purpose of this study is to analyze supply chain in consumer goods distribution, analyze value creation in consumer goods, and give alternatives strategy matched for the company to reach its vision and mission.
The result of the study suggests that PT Rajawali Nusindo should be consistently implement efficient supply chain strategy as the right tep to position the company in the future as a trusted distribution and trading company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25758
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Sutarso
"Tujuan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh aktivitas ko-kreasi mahasiswa SCA terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen SA dan dampaknya terhadap loyalitas mahasiswa pada program studi LA , dengan melihat peran mediasi nilai ko-kreasi CCV dan kepercayaan pada dosen TOL , serta peran moderasi sifat kepribadian dan gender terhadap hubungan pengaruh tersebut.Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif melalui survei, di mana mengambil konteks jasa pendidikan tinggi program Magister Manajemen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur melalui kuesioner mandiri, di mana melibatkan 508 responden dari 890 yang disebarkan respon rate 66 pada 18 perguruan tinggi, yang berasal dari sepuluh kota di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah model persamaan struktural dengan pendekatan variance-based SEM SEM-PLS .Temuan. Temuan penting penelitian ini adalah adanya pengaruh aktivitas ko-kreasi terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen, serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa pada program studi. Nilai ko-kreasi yang diterima mahasiswa dan kepercayaan pada dosen ditemukan menjadi faktor mediasi parsial dari hubungan tersebut. Selain itu, sifat kepribadian mahasiswa tidak menjadi faktor yang memoderasi hubungan tersebut, namun demikian gender menjadi faktor moderasi hubungan aktivitas ko-kreasi mahasiswa dan kepercayaan pada dosen.Implikasi manajerial. Temuan penelitian ini berimplikasi terhadap praktek pemasaran pendidikan tinggi dalam kontek penelitian ini, yang antara lain perlunya beberapa stratagi pemasaran berupa antara lain : mendorong aktivitas ko-kreasi mahasiswa, menawarkan preposisi nilai mahasiswa, menjamin kepercayaan mahasiswa, dan perlunya adaptasi aktivitas ko-kreasi terhadap gender.

Objectives. The main objectives of this study are to analyze the influence of student co creation activities SCA to student satisfaction on lecturers SA , and its impact on student loyalty on study program LA , by looking at the mediating role of co creation value CCV and trust on lecturers TOL , as well as the moderating role of personality traits and gender to the relationship.Research methods. This study uses quantitative surveys, which involve higher education services i.e. on Magister of Management Program as the context of study. Sampling technique used is two stage sampling, i.e. in the first stage of sampling was at study program level using probability sampling and the next stage was at respondent level using judgment sampling. There were 18 universities from 10 cities in Indonesia involved in this study. The survey comprised 590 responses from 890 distributions of which, 72 contained large amounts of missing data and confusing, therefore, they were removed from further data analysis. The analytical method used in the study is the structural equation model with variance based approach to SEM SEM PLS .Findings. The important finding of this study was the effect of co creation activity to student satisfaction, as well as its impact on student loyalty on study program. Co creation value and trust on lecturers were found as mediating variable of the effects. Additionally, gender was found as moderating veriable on the relationship between co creation activities and trust however, student 39 s personality traits was not as moderating factor on the effect.Managerial implications. The findings have implications on the marketing practices of higher education, including Encouraging student co creation activities, offering value proposition on students, ensuring student trust, and adapting co creation activities with gender."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D2339
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agustina Wulandari
"Skripsi ini membahas mengenai nilai royalti impor film di dalam nilai pabean. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Permasalahan difokuskan pada fenomena adanya penambahan nilai royalti atas impor film ke dalam nilai pabean. Namun, pada penerapan atas ditambahkannya nilai royalti ke dalam nilai pabean bukan hal yang tepat, mengingat pembelian atas film impor merupakan barang yang dikenakan pajak, sehingga mengacu pada Peraturan Pajak Nilai Lain Atas Film Cerita Impor yang menjadi dasar pemungutan PPN. Oleh karena itu, dalam tulisan ini, penulis mencoba untuk membahas permasalahan ditambahkannya nilai royalti ke dalam nilai pabean dengan perbandingan atas persepsi perpajakan.

This paper discusses the royalty value of imported films in the customs value. The author uses descriptive qualitative research methods. The problem is focused on the phenomenon of the addition of royalties on the value of imported films into the customs value. However, the adoption of value added royalty to the customs value is not appropriate, considering the purchase of goods over imported films are to be taxed, so the reference to Rule of Other Value Tax of Imported Film on which the collection of VAT. Therefore, in this paper, the author attempts to discuss the issue of royalties to the value added in the customs value by comparison of the perception of taxation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54380
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyodewi Nur Wijono
"Kabupaten Indramayu merupakan salah satu sentra produksi pangan di Jawa Barat dan memiliki potensi dalam mengembangkan bisnis pertanian yang belum optimal dalam pemanfaatannya terutama pengembangan upaya peluang kewirausahaan masyarakat petani dan pengembangan rantai pasokan agribisnis pangan yang lebih terstruktur. Salah satu pelaku pertanian yang saat ini sedang mencoba mengembangan usaha agribisnis adalah Gabungan Kelompok Tani Mulus sebagai pelaku usaha produksi pangan di Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada masa kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Padjadjaran periode Januari tahun 2016, diperlukan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar Gapoktan Mulus memiliki arahan dalam pengembangan bisnis pertanian. Program pengabdian kepada masyarakat secara integratif dengan program KKN dilaksanakan sebagai upaya pengembangan fungsi bisnis produksi Gapoktan Mulus Desa Mundakjaya dan penciptaan nilai tambah produk pertanian. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan yang disertai evaluasi. Hasil program KKNM-PPMD integratif ini mendapat tanggapan yang cukup baik, para peserta pemberdayaan aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan baik pelatihan maupun pendampingan."
Bandung: Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Robertus Mauro Nugroho Putro
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menghitung nilai Perusahaan Tertutup dan
mengidentifikasikan value driver peningkatan nilai perusahaan. Metode
kuantitatif diterapkan dalam melakukan valuasi bisnis. Model valuasi bisnis yang
diterapkan ialah Discounted Cash Flow. Metode kualitatif diterapkan dalam
analisis bisnis untuk mengidentifikasikan value driver. Proses valuasi bisnis
menghasilkan nilai perusahaan PT XYZ sebesar Rp.331.932.194.769.30 atau
sebesar 138,90% dari nilai Total Asset per 31 Desember 2012. Proses analisis
bisnis menghasilkan value drivers map. Value driver dikelompokkan ke dalam
value driver internal dan eksternal.

ABSTRACT
This thesis aims to calculate the value of a Private Company/Private Business and
to identify value drivers that increase the value of the company. Quantitative
methods applied in business valuation. Business valuation models applied is
Discounted Cash Flow. Qualitative methods applied in business analysis to
identify value drivers. Business valuation process produces value of the firm for
PT XYZ for Rp.331.932.194.769.30 or 138.90% of the value of total assets at
December 31, 2012. Business analysis process produces a value drivers map.
Value drivers are clasified into internal and external value drivers."
2013
T35541
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melisa
"Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keunggulan bersaing perusahaan dapat disimpulkan oleh kinerja keuangan. Dengan menganalisis pengaruh sepuluh komponen keuangan yang berasal dari model dupont yang diklasifikasikan ke dalam tiga dimensi (relationship management, knowledge management dan fixed asset management) terhadap kinerja perusahaan (return on invested capital/ROIC). Dengan demikian melalui pemisahan komponen-komponen kinerja keuangan dari dupont model dapat mengidentifikasi heterogenitas kompetitif dalam industri. Penelitian ini menggunakan data panel tidak seimbang sejumlah 571 observasi dari sampel perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur periode 2005-2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Relationship management (terutama account receivable turnover, cost of good sold dan account payable turnover) memiliki pengaruh terhadap ROIC secara signifikan. (2) Knowledge management (terutama selling, general and administrative expense) memiliki pengaruh negatif secara signifikan dan (3) fixed asset management (terutama depreciation) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap ROIC.

This research aims to indicate that a firm's competitive advantage can be inferred by the financial performance. By analyzing the effect of ten financial indicators derived from the dupont model that are classified into three dimension (relationship management, knowledge management and fixed asset management) on firm performance (return on invested capital-ROIC). Thus through the segregation of the componens of financial performance from dupont model, can investigate the competitive heterigenity within industry. This research uses an unbalanced panel data of 571 observations of manufacturing firms for the period 2005-2010. The result shows: (1) Relationship management (especially account receivable turnover, cost of good sold dan account payable turnover) has a significant influences on ROIC. (2) Knowledge Management (especially selling, general and administrative expense) has a significant negative on ROIC and (3) fixed asset management (especially depreciation) has a significant negative effect on ROIC.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Ariestonandri
"Industri e-commerce di Indonesia itu sangat prospektif di masa yang akan datang dengan melihat pertumbuhan dan besarnya kelas menengah di Indonesia. Selain itu peningkatan kepemilikan perangkat teknologi informasi (gadget), serta akses terhadap internet dan juga perilaku belanja online. Sejumlah perusahaan e-commerce rintisan (startup) yang didirikan anak muda Indonesia telah berhasil diterima pasar, bahkan beberapa perusahaan dalam waktu singkat nilai valuasi bisnisnya meningkat berpuluh kali lipat.
Tesis ini mengambil studi kasus keberhasilan empat rintisan e-commerce fashion lokal, Berrybenka.Com, HijUp.Com, BelowCepek.Com, dan Saqina.Com, serta e-commerce ritel Bilna.Com. Perusahaan-perusahaan e-commerce tersebut telah menjadi banyak liputan media dan merupakan contoh rintisan bisnis e-commerce pemula yang dapat menjadi benchmark keberhasilan e-commerce lokal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor potensial penentu keberhasilan dari perusahaan rintisan e-commerce yang baru berkembang di Indonesia. Kemudian teridentifikasi sumber potensial, serta model dan peta prediktif strategi penciptaan nilai (value creation strategies) dari perusahaan rintisan e-commerce yang berhasil di Indonesia. Penelitian menggunakan metode SODA (Strategic Options Development & Analysis).

E-commerce industry in Indonesia is very prospective for the future this is evident from growth and the size of the middle class in Indonesia, ownership of gadgets or information technology devices, and access to the internet and online shopping behavior. A number of pioneering e-commerce company founded Indonesian youth have been successfully received by the market, even some companies in a short time his business valuations increased tenfold.
This thesis took four case studies of successful e-commerce local fashion, i.e. Berrybenka.Com, HijUp.Com, BelowCepek.Com, and Saqina.Com, as well as e-commerce and online media retail Bilna.Com. The companies e-commerce has become a lot of media coverage and is a pioneering example of the business starters to be the benchmark of success of e-commerce locally.
The results showed that there are factors in the success of the company's pioneering e-commerce emerging in Indonesia. Namely sources, models, and maps value creation strategy (value creation strategies) of the company's pioneering e-commerce in Indonesia. Research using SODA (Strategic Options Development and Analysis) Method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ayu Astarina
"Tesis ini membahas mengenai pengembangan saluran pemasaran dan upaya untuk meningkatkan exposure brand Kopi XYZ melalui digital marketing dengan intervensi program business coaching. Data diperoleh dengan melakukan serangkaian wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis STP, Marketing Mix, BMC, SWOT, Porters Five Forces, Analisis Gap dan Pareto. Tujuan analisis adalah untuk menemukan permasalahan dengan tingkat urgensi tertinggi, terutama dalam bidang marketing. Dari hasil analisis ditemukan dua permasalan utama dari sisi marketing yang dihadapi oleh UMKM yaitu 1) kurangnya optimalisasi saluran pemasaran digital, dan) rendahnya exposure brand Kopi XYZ. Melalui program business coaching diharapkan dapat membantu Kopi XYZ dalam meningkatkan performanya dengan menggunakan digital marketing.

This study is about digital marketing channel, and brand exposure, with business coaching intervention. A series of structured interviews were conducted with the owner of Kopi XYZ in Jakarta.The data is collected by using interviews and observation method then analyzed using STP, Marketing Mix, BMC, SWOT, Porters Five Forces, Gap Analysis and Pareto Analysis. The purpose of the analysis is to find out the most urgent problem to be solved, especially in marketing. The finding showed that there were two main problems faced by MSMEs that could be solved in order to improve MSMEs performance, which were: 1) lack of optimization of digital marketing channels, 2) low exposure given by Kopi XYZ to potential consumers. Through the business coaching program, it is hoped that it can help Kopi XYZ to improve its performance by using digital marketing."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handyanto Widjojo
"Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh interaksi multi aktor dari perspektif komunitas usaha kecil menengah (UKM) yang membangun platform ko-kreasi nilai untuk inovasi pemasaran. Platform ko-kreasi nilai dibangun melalui interaksi di luar (collaborative networks) dan di dalam komunitas (dynamic interaction) yang menghasilkan integrasi sumberdaya kolektif. Integrasi sumberdaya meningkatkan kapasitas aktor dalam komunitas UKM untuk menghasilkan inovasi pemasaran.
Interaksi multi aktor pada komunitas UKM menghadirkan kebaruan pemahaman dalam ko-kreasi nilai, karena aktor menunjukkan multi peran dalam interaksinya dengan aktor lain. Hal ini berbeda dengan ko-kreasi nilai yang terjadi di perusahaan besar dimana aktor berperan spesifik dalam berinteraksi dengan aktor lainnya. Penelitian sebelumnya banyak dilakukan di perusahaan besar, komunitas brand atau komunitas konsumen, sedangkan penelitian ini menawarkan platform ko-kreasi nilai dan dimensi inovasi pemasaran dalam komunitas UKM.
Penelitian ini memberikan kebaruan pada teori utama SDL yang merupakan dasar bagi pembangunan model penelitian. SDL digunakan untuk menyusun konstruk ko-kreasi nilai dan Consumer Culture Theory (CCT) untuk menjelaskan peranan komunitas UKM melalui market-mediated networks, sedangkan dimensi inovasi pemasaran diturunkan dari definisi yang dipublikasikan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).
Penelitian ini menggunakan beberapa metode riset kualitatif dan kuantitatif melalui studi eksploratori konfirmatif, observasi, dan survey kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan teknik purposive non-probability sampling yang menghasilkan 200 set data yang berasal dari anggota Komunitas Organik Indonesia dan
Komunitas Tangan Di Atas. Responden adalah pemilik, manajer puncak, atau pengambil keputusan dalam UKM yang melakukan multi peran dalam berinteraksi dalam ekosistem komunitas UKM tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif timbal balik antara interaksi eksternal (collaborative networks) dan interaksi internal (dynamic interaction) dan pengaruh positif kedua interaksi tersebut terhadap integrasi sumberdaya yang menghasilkan inovasi pemasaran.
Penelitian ini memberikan kontribusi akademik dengan menghasilkan model penelitian bagi konsep ko-kreasi nilai dan dimensi inovasi pemasaran pada komunitas UKM. Platform ko-kreasi nilai tersebut dapat digunakan untuk pengukuran performa bisnis dan dapat diterapkan pada berbagai topik penelitian multi-displin ilmu. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat digunakan para pengambil kebijakan sebagai strategi alternatif pengembangan dan inovasi UKM melalui komunitas yang dapat membangun ketahanan ekonomi.

This study aims to analyze multi-actor interactions from the perspective of small-medium enterprise (SME) community. It offers a platform of value co-creation for marketing innovation. Value co-creation platform is formed by interactions outside and within community to integrate collective resources. It increases the capacity of actors in SME community to perform marketing innovation.
Multi-actor interactions in SME community present novel understanding in value co-creation, since an actor can act multi roles. It differs from that in big company where an actor acts specific role in the interaction with others. The previous studies are mostly dominated by research on individual or large company, brand community, or consumer community while this study offers a new framework for value co-creation and dimensions of marketing innovation in SME community.
This study extends Service-Dominant Logic (SDL) as a main theory from which the research model is constructed. SDL justifies the concept of value co-creation and Consumer Culture Theory (CCT) supports it by explaining the roles of SME community through market-mediated networks. The construct of marketing innovation is derived from Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).
Mix methods were applied in this research by conducting confirmative exploratory, observation, and quantitative survey. The units of observation were chosen by purposive non-probability sampling technique involving 200 respondents. The respondents are members of Komunitas Organik Indonesia and Komunitas Tangan Di Atas, including the owner, top management, decision maker, or business head of the enterprises who act multi roles in the service ecosystem of the community.
The research findings demonstrate the interaction between the members of small-medium enterprise (SME) community with external actors through collaborative networks and with other actors inside community through dynamic interaction. Those interactions show reciprocal influence and lead to resource integration that produces marketing innovation in SME community ecosystem.
In academic view, this research develop SDL theory by providing open platform of value co-creation and defining dimensions of marketing innovation in SME community. The framework offers not only a measurement of business performance, but also a compatible model for various research in multi-discipline areas. Practically, the framework can be adopted by policy makers to build alternative developing strategy for SME through community that also support economic resilience.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
D2671
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>