Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122995 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Naryndra Nastiti
"ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan. RSKGM FKG UI merupakan penyedia layanan kesehatan khusus gigi dan mulut, salah satunya perawatan konservasi gigi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kepuasan pasien dan membandingkan tingkat kepuasan pasien di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi RSKGM FKG UI. Metode: Sampel yang diambil berjumlah 100 orang dengan 50 responden di Klinik Integrasi dan 50 responden di Klinik Spesialis Konservasi Gigi yang sudah menerima perawatan konservasi gigi lebih dari dua kali, lalu diberikan kuesioner harapan dan kinerja dengan 40 pertanyaan. Hasil: Berdasarkan uji nonparametrik Chi-square didapatkan tidak ada perbedaan signifikan antara kepuasan pasien di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi dinilai dari lima aspek perawatan. Kesimpulan: Kualitas pelayanan perawatan konservasi gigi dan kepuasan pasien terhadap pelayanan perawatan konservasi gigi di Klinik Integrasi dan Klinik Spesialis Konservasi Gigi RSKGM FKG UI dikategorikan baik.

ABSTRACT
Background Patient satisfaction is one of the indicators in determining health service success. RSKGM FKG UI is a dental care provider, particularly providing conservative treatment. Objective The study aims to see the level of patient satisfaction towards conservative treatment and compare the level of satisfaction in Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic in RSKGM FKG UI. Methods A total of 100 patients who visited more than once were given a 40 item questionnaire to assess patient 39 s expectation and to assess the quality of conservative treatment based on patient 39 s perspective. Results Result from Chi square tests had shown that no significant differences was found on patient satisfaction level between Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic in RSKGM FKG UI, assessed from five aspects. Conclusion The quality of conservative treatment and patients 39 satisfaction towards conservative treatment in Integration Clinic and Conservative Dentistry Clinic RSKGM FKG UI were categorized as good."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rischa Zahra Bellanisa
"Latar Belakang: Kecemasan terhadap perawatan gigi merupakan hal yang sering terjadi dan biasa disebut dengan dental anxiety. Salah satu tindakan perawatan gigi yang sering menyebabkan kecemasan adalah tindakan bedah mulut. Masa pandemi COVID-19 juga mempengaruhi kecemasan pasien untuk mendapatkan perawatan gigi.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecemasan pasien RSKGM FKG UI terhadap perawatan gigi di masa pandemi COVID-19 dan tindakan bedah mulut.
Metode: Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – September 2021. Pengukuran menggunakan kuesioner Modified Dental Anxiety Scale.
Hasil: Hasil pengisian kuesioner kecemasan terhadap perawatan gigi di masa pandemi COVID-19 didominasi rasa sedikit cemas dan tidak terdapat perbedaan bermakna dari kecemasan terhadap jenis kelamin, usia dan tingkat pendidikan. Pengisian kuesioner kecemasan terhadap tindakan bedah mulut didominasi oleh rasa cemas dan terdapat perbedaan bermakna dari kecemasan terhadap jenis kelamin, usia dan tingkat pendidikan.
Kesimpulan: Sebagian besar pasien umum baru RSKGM FKG UI cenderung mengalami sedikit cemas untuk melakukan perawatan gigi dan pasien bedah mulut baru RSKGM FKG UI cenderung mengalami cemas dalam menerima prosedur bedah mulut.

Background: Anxiety toward dental care is a common thing and is usually called dental anxiety. One of the dental care procedures that often causes anxiety is the oral surgery. The COVID-19 pandemic also affects the patients' anxiety to get dental treatment.
Objective: This study was conducted to find out the anxiety level of patients in RSKGM FKG UI towards dental care during the COVID-19 pandemic and oral surgery.
Methods: This study was conducted from June – September 2021. The measurement used Modified Dental Anxiety Scale.
Results: The results of filling out anxiety questionnaires toward dental care during the COVID-19 pandemic were dominated by little anxiety and there were no significant differences between anxiety and gender, age, and educational level. The anxiety questionnaire toward oral surgery was dominated by anxiety and there were significant differences between gender, age, and educational level.
Conclusion: Most new general patients in RSKGM FKG UI tend to experience little anxiety to get dental treatment, and new oral surgery patients in RSKGM FKG UI tend to experience anxiety in receiving oral surgery procedures.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ananda Nandita Dewana
"Latar Belakang : Anomali gigi dapat menyebabkan berbagai masalah fungsional seperti, maloklusi, meningkatkan resiko karies, dan mengganggu estetika. Tingkat kejadian anomali gigi di Indonesia, masih belum banyak diteliti. Berdasarkan hal tersebut, maka penting untuk melakukan identifikasi untuk memperoleh data frekuensi distribusi anomali gigi pada radiograf panoramik di RSKGM FKG UI. Tujuan : Mendapatkan data frekuensi distribusi anomali gigi berdasarkan usia dan jenis kelamin pada radiograf panoramik di RSKGM FKG UI. Metode : Penelitian ini merupakan studi cross-sectional dengan total sampel 367 radiograf panoramik. Radiograf dievaluasi dan diinterpretasi oleh dua orang observer untuk mengidentifikasi anomali gigi sesuai klasifikasi berdasarkan anomali jumlah (gigi supernumerari), ukuran (makrodonsia dan mikrodonsia), erupsi (transposisi), serta morfologi (fusi, concrescence, geminasi, taurodonsia, dilaserasi, dens invaginatus, dens evaginatus, molar incisor malformation (MIM) , amelogenesis imperfecta, dentinogenesis imperfecta, dentin dysplasia, regional odontodisplasia, enamel pearl, talon cusp, dan congenital sifilis). Data usia, jenis kelamin, dan hasil interpretasi radiograf panoramik dicatat. Selanjutnya, dilakukan uji reliabilitas menggunakan uji Kappa untuk data kategorik dan uji ICC untuk data numerik. Hasil : Dari total sampel 367 radiograf pada rentang usia 6-79 tahun ditemukan 133 (36,2%) radiograf panoramik dengan anomali gigi, sebanyak 1-4 kasus pada setiap radiograf. Jumlah seluruh anomali gigi yang ditemukan adalah 395 kasus. Anomali gigi terbanyak ditemukan pada rentang usia 16-25 tahun. Berdasarkan klasifikasi, frekuensi distribusi anomali gigi yang ditemukan, secara berurutan yaitu anomali morfologi (63,15%), ukuran (32,33%), jumlah (18,05%), dan erupsi (7,52%). Jenis anomali morfologi gigi yang paling banyak ditemukan adalah dilaserasi (33,83%), anomali ukuran adalah mikrodonsia (32,05%), dan anomali jumlah adalah gigi supernumerari (23,64%). Berdasarkan jenis kelamin, frekuensi distribusi anomali gigi ditemukan lebih banyak pada laki-laki (45,83%) dibanding perempuan (31,87%). Anomali gigi yang paling banyak ditemukan pada laki-laki adalah gigi supernumerari, concrescence, dens invaginatus dan enamel pearl. Sedangkan, anomali gigi yang paling banyak ditemukan pada perempuan adalah makrodonsia, mikrodonsia, transposisi, geminasi, taurodonsia, dilaserasi, dens evaginatus, molar-incisor malformation (MIM), dan talon cusp. Kesimpulan : Prevalensi anomali gigi pada radiograf panoramik yang ditemukan pada penelitian ini cukup tinggi. Proporsi anomali gigi lebih tinggi ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Background : Dental anomalies can affect various functional problems such as, malocclusion, increase the risk of caries, and aesthetics problem. Incidence rate of dental anomalies in Indonesia has not yet been widely studied. Based on this, it is important to identification to get data frequency distribution of dental anomalies on panoramic radiographs at RSKGM FKG UI. Objective : To get data frequency distribution of dental anomalies based on age and gender in panoramic radiograph at RSKGM FKG UI. Method : This study is a cross-sectional study with total sample 367 panoramic radiographs. Radiographs were evaluated and interpreted by two observers to identify dental anomalies according to classification anomaly by number (supernumerary teeth), size (macrodontia and microdontia), eruption (transposition), and morphology (fusion, concrescence, gemination, taurodontisme, dilaceration, dens invaginatus, dens evaginatus, molar incisor malformation (MIM) , amelogenesis imperfecta, dentinogenesis imperfecta, dentin dysplasia, regional odontodisplasia, enamel pearl, talon cusp, and congenital syphilis). Data on age, gender, and interpretation of panoramic radiographs result were recorded. Reliability test were performed using Kappa test for categoric data and ICC test for numeric data. Result : From a total sample of 367 radiographs in the age range 6-79 years, 133 (36.2%) panoramic radiographs with dental anomalies were found, 1-4 cases in each radiograph. The total of all dental anomalies in were 395 cases. Based on classification, frequency distribution of dental anomalies found, respectively, are anomaly of morphology (63,15%), size (32,33%), number (18,05%), and eruption (7,52%). The most common type of anomaly of morphology was dilaceration (33,83%), anomaly of number was microdontia (32,05%), and anomaly of number was supernumerary tooth (23,64%). Based on gender, frequency distribution of dental anomalies were found higher 45,83% in male than 31,87% in female. The most common dental anomalies found in men are supernumerary tooth, concrescence, dens invaginatus and enamel pearl. Meanwhile, the most common dental anomalies found in women are macrodontia, microdontia, transposition, gemination, taurodontisme, dilaceration, dens evaginatus, molar-incisor malformation (MIM), and talon cusp. Conclusions : The prevalence of dental anomalies on panoramic radiographs found in this study is quite high. A higher proportion of dental anomalies was found in men than women."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Nandita Dewana
"Latar Belakang : Anomali gigi dapat menyebabkan berbagai masalah fungsional seperti, maloklusi, meningkatkan resiko karies, dan mengganggu estetika. Tingkat kejadian anomali gigi di Indonesia, masih belum banyak diteliti. Berdasarkan hal tersebut, maka penting untuk melakukan identifikasi untuk memperoleh data frekuensi distribusi anomali gigi pada radiograf panoramik di RSKGM FKG UI. Tujuan : Mendapatkan data frekuensi distribusi anomali gigi berdasarkan usia dan jenis kelamin pada radiograf panoramik di RSKGM FKG UI. Metode : Penelitian ini merupakan studi cross-sectional dengan total sampel 367 radiograf panoramik. Radiograf dievaluasi dan diinterpretasi oleh dua orang observer untuk mengidentifikasi anomali gigi sesuai klasifikasi berdasarkan anomali jumlah (gigi supernumerari), ukuran (makrodonsia dan mikrodonsia), erupsi (transposisi), serta morfologi (fusi, concrescence, geminasi, taurodonsia, dilaserasi, dens invaginatus, dens evaginatus, molar incisor malformation (MIM) , amelogenesis imperfecta, dentinogenesis imperfecta, dentin dysplasia, regional odontodisplasia, enamel pearl, talon cusp, dan congenital sifilis). Data usia, jenis kelamin, dan hasil interpretasi radiograf panoramik dicatat. Selanjutnya, dilakukan uji reliabilitas menggunakan uji Kappa untuk data kategorik dan uji ICC untuk data numerik. Hasil : Dari total sampel 367 radiograf pada rentang usia 6-79 tahun ditemukan 133 (36,2%) radiograf panoramik dengan anomali gigi, sebanyak 1-4 kasus pada setiap radiograf. Jumlah seluruh anomali gigi yang ditemukan adalah 395 kasus. Anomali gigi terbanyak ditemukan pada rentang usia 16-25 tahun. Berdasarkan klasifikasi, frekuensi distribusi anomali gigi yang ditemukan, secara berurutan yaitu anomali morfologi (63,15%), ukuran (32,33%), jumlah (18,05%), dan erupsi (7,52%). Jenis anomali morfologi gigi yang paling banyak ditemukan adalah dilaserasi (33,83%), anomali ukuran adalah mikrodonsia (32,05%), dan anomali jumlah adalah gigi supernumerari (23,64%). Berdasarkan jenis kelamin, frekuensi distribusi anomali gigi ditemukan lebih banyak pada laki-laki (45,83%) dibanding perempuan (31,87%). Anomali gigi yang paling banyak ditemukan pada laki-laki adalah gigi supernumerari, concrescence, dens invaginatus dan enamel pearl. Sedangkan, anomali gigi yang paling banyak ditemukan pada perempuan adalah makrodonsia, mikrodonsia, transposisi, geminasi, taurodonsia, dilaserasi, dens evaginatus, molar-incisor malformation (MIM), dan talon cusp. Kesimpulan : Prevalensi anomali gigi pada radiograf panoramik yang ditemukan pada penelitian ini cukup tinggi. Proporsi anomali gigi lebih tinggi ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Background : Dental anomalies can affect various functional problems such as, malocclusion, increase the risk of caries, and aesthetics problem. Incidence rate of dental anomalies in Indonesia has not yet been widely studied. Based on this, it is important to identification to get data frequency distribution of dental anomalies on panoramic radiographs at RSKGM FKG UI. Objective : To get data frequency distribution of dental anomalies based on age and gender in panoramic radiograph at RSKGM FKG UI. Method : This study is a cross-sectional study with total sample 367 panoramic radiographs. Radiographs were evaluated and interpreted by two observers to identify dental anomalies according to classification anomaly by number (supernumerary teeth), size (macrodontia and microdontia), eruption (transposition), and morphology (fusion, concrescence, gemination, taurodontisme, dilaceration, dens invaginatus, dens evaginatus, molar incisor malformation (MIM) , amelogenesis imperfecta, dentinogenesis imperfecta, dentin dysplasia, regional odontodisplasia, enamel pearl, talon cusp, and congenital syphilis). Data on age, gender, and interpretation of panoramic radiographs result were recorded. Reliability test were performed using Kappa test for categoric data and ICC test for numeric data. Result : From a total sample of 367 radiographs in the age range 6-79 years, 133 (36.2%) panoramic radiographs with dental anomalies were found, 1-4 cases in each radiograph. The total of all dental anomalies in were 395 cases. Based on classification, frequency distribution of dental anomalies found, respectively, are anomaly of morphology (63,15%), size (32,33%), number (18,05%), and eruption (7,52%). The most common type of anomaly of morphology was dilaceration (33,83%), anomaly of number was microdontia (32,05%), and anomaly of number was supernumerary tooth (23,64%). Based on gender, frequency distribution of dental anomalies were found higher 45,83% in male than 31,87% in female. The most common dental anomalies found in men are supernumerary tooth, concrescence, dens invaginatus and enamel pearl. Meanwhile, the most common dental anomalies found in women are macrodontia, microdontia, transposition, gemination, taurodontisme, dilaceration, dens evaginatus, molar-incisor malformation (MIM), and talon cusp. Conclusions : The prevalence of dental anomalies on panoramic radiographs found in this study is quite high. A higher proportion of dental anomalies was found in men than women."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Rahmad
"Dari data Paviliun Khusus RSGM FKG UI diketahui lebih dari separuh pasien tidak menyelesaikan perawatan kasus konservasi gigi. Hal ini diduga ada hubungan antara mutu pelayanan dengan penyelesaian perawatan.
Tujuan Penelitian : untuk mengetahui penilain pasien terhadap mutu pelayanan dengan penyelesaian perawatan kasus konservasi gigi di Paviliun Khusus RSGM FKG UI.
Subjek Penelitian : pasien yang datang berobat selama bulan Agustus sampai Desember 2004 untuk perawatan konservasi gigi yang membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan.
Metode Penelitian : mengunakan kuesioner yang dikirim ke setiap pasien melalui surat dan dikembalikan ke peneliti setelah kuesioner diisi secara lengkap. Responden dibagi dalam dua kelompok yaitu yang menyelesaikan perawatan dan tidak menyelesaikan perawatan. Analisis bivariat mengunakan uji Anova 2 arah dengan mengunakan SPSS versi 10 dan model servqual juga dibangun untuk analisis regresi ganda.
Hasil Penelitian : nilai rata-rata jawaban responden yang menyelesaikan perawatan cenderung lebih tinggi daripada yang tidak menyelesaikan perawatan, setelah dilakukan kontrol terhadap faktor karakteristik. Penilaian responden dan variabel karakteristik secara mandiri tidak mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara skor penilaian responden dengan variabel penyelesaian perawatan, kecuali wakta pulang pergi berobat dan jumlah kunjungan. Analisis model servqual pada mutu pelayanan kesehatan nampak tidak ada hubungan yang bermakna dengan fasilitas Paviliun khusus RSGM FKG UI.
Kesimpulan : dari analisa model servqual mengenai mutu pelayanan, diperoleh prioritas utama yang harus diperhatikan dalam meningkaikan mutu pelayanan yaitu kedua kelompok responden yang menyelesaikan perawatan dan yang tidak menyelesaikan perawatan merasa tidak mempersoalkan tentang keadaan fisik fasilitas Paviliun Khusus RSGM FKG UI. Kelompok yang tidak menyelesaikan perawatan merasa bahwa peningkatan petugas dan petugas yang cepat sangat penting. Sedangkan pada kelompok yang menyelesaikan perawatan merasa bahwa selain pelayanan petugas yang cepat juga menginginkan keterampilan harus ditingkatkan.

The Dental Hospital of Faculty of Dentistry, University of Indonesia showed that around half of patients did not complete their conservative treatment. This problem is assumed to correlate to the quality of health service at the institution.
Purpose of study: to investigate the patients' assessment towards completing their conservative treatment at the Dental Hospital.
Subject of study: incoming patients during the period of August to December 2004 with conservative treatment more than one visit.
Methods of study: A structured questionnaire was sent to each patient by mail, which should be sent back to researcher after completion the questionnaire farm. The respondents were grouped into 2 (finished and did not finished treatment). Bivariat analysis by using Two Way Annova analysis with SPSS (version 10) was carried out. A servqual model was also built in the multiple analyses.
Result of study: Mean score of respondent's assessment who finished their treatment trend to be higher than those who did not finish the treatment, after controlling confounding variables. The respondents' characteristic did not appear to influence the relationship of respondents' assessment and finishing treatment, except for the length-time the patients need to go to the hospital and number of visits. Servqual model analysis on health service quality showed that there is no significant relationship between physical facilities at the Dental Hospital of Faculty of Dentistry, University of Indonesia.
Conclusion: The respondents who did not finish the treatment gave low score in assessing the quality of dental officers and waiting time to get the treatment. While for the respondents who finished their treatment felt the need of upgrading the fast service and skill of the dental officers at the Dental Hospital.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2005
T16251
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruswati
"Peran kepala ruang yang dijalankan dengan baik dapat menghasilkan keselamatan pasien yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan peran kepala ruang terhadap perilaku perawat dalam pelaksanaan keselamatan pasien. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 95 responden dengan tehnik convenience sampling. Hasil penelitian karakteristik perawat pelaksana rata-rata median umur 28,00 tahun, masa kerja 3,00 tahun, jenis kelamin mayoritas perempuan 75, 8, dan pendidikan mayoritas Diploma tiga keperawatan 83,2. Gambaran peran kepala ruang yang paling banyak dipersepsikan oleh perawat pelaksana adalah informational, sedangkan gambaran peran kepala ruang dipersepsikan optimal oleh perawat pelaksana. Gambaran perilaku perawat baik dalam melaksanakan keselamatan pasien. Tidak Ada hubungan antara peran kepala ruang terhadap perilaku perawat pelaksana p= 0,086. Saran untuk manajemen rumah sakit mengadakan pembinaan terhadap kepala ruang mengenai kemampuan pelaksanaan peran kepala ruang dan ditingkatkan melalui pendidikan secara formal ke jenjang Ners mengingat saat ini mayoritas perawat masih berpendidikan D3 keperawatan.

The Correlation between Head Nurse Role and Staff Nurses Behavior in Implementing Patient Safety Program The head nurse role that is well run can produce better patient safety. The purpose of this study is to examine the correlation between head nurse role and staff nurses behavior in implementing patient safety program. This is cross sectional using method. Ninety five respondents were recruited using convenion sampling technique. The result shows there characteristics of nurses and the average median age of 28.00 years, 3.00 years working period, the majority of female sex 75, 8, and three nursing education Diploma majority of 83.2. Overview of the head nurse role of the most widely perceived by nurses are informational, while overview the of the head nurse role optimal perceived by nurses. Overview good behavior of nurses in implementing patient safety. There is no relationship between the head nurses role of the behavior of nurses p 0.086. Recommendations for the hospital management to hold coaching of head nurses role regarding the implementation of the head nurses role capabilities and enhanced through formal education to the level of nurses since currently the majority educated nurses still three nursing diploma.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T47105
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Putri Royani
"ABSTRAK
Keluhan utama KU pasien merupakan komponen penting yang digunakan untuk mengukur, menganalisis dan merencanakan perawatan serta memberikan informasi penting mengenai kebutuhan perawatan. Namun, jumlah penelitian tentang pencatatan keluhan utama masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data keluhan utama dan pengelompokan KU sesuai bidang Ilmu Kedokteran Gigi Klinik berdasarkan rekam medis umum RMU kedokteran gigi dari pasien baru yang datang ke Klinik Integrasi RSKGM FKG UI pada tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif retrospektif menggunakan data sekunder RMU pasien tahun 2016. Pada penelitian ini dilakukan pencatatan data sosiodemografi pasien dan pengelompokkan data KU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4649 data RMU baru pada tahun 2016 yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 1631 35,08 . Rata-rata usia pasien adalah 32,46 tahun, dengan mayoritas pasien berada pada Masa Remaja Akhir 41.8 ; berjenis kelamin perempuan 61,4 ; bersuku Jawa 31,3 ; berpendidikan S1 42,4 dan bekerja dibidang Swasta 28 . Keluhan Utama pasien yang paling sering muncul berdasarkan RMU adalah ldquo;Adanya Karang Gigi rdquo; 37 , sehingga Periodonsia 43,9 merupakan bidang Ilmu Kedokteran Gigi Klinik yang paling sering menjadi rujukan.

ABSTRACT
Patient chief complaint CC is an important component that can be used to measure, analyze, and plan the treatment and provide important information on treatment needs. However, the number of research on chief complaint recording is still very limited. This study aimed to obtain patient chief complaints and to group them according the Clinical Dentistry field, based on General Dental Record GDR of new patients that came to the Integration Clinic RSKGM FKG UI in 2016. This was a retrospective descriptive study using secondary data from patient GDR that took the patient sociodemographic and CC data. The study results showed that from 4649 GDR data in 2016, only 1631 data 35,08 met the inclusion criterias. The mean age of patients were 32,46 years, with majority were female 61,4 in Adolescent Period 41,8 were Javanese 31,3 had Bachelor degree S1 42,4 and worked in Private sector 28 . The most common CC found was the ldquo Presence of Calculus rdquo 37 , so that Periodontics 43.9 is the most frequent field of Clinical Dentistry to be reffered in this study."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wayan Indah Pramanti
"ABSTRAK
Nama : Wayan Indah PramantiProgram Studi : Kajian Administrasi Rumah SakitJudul : Hubungan Antara Karakteristik Individu, Motivasi DanKarakteristik Organisasi Dengan Perilaku Dokter DanPerawat Dalam Penerapan Pelayanan Berpusat Pada PasienDi RSU Ganesha, Gianyar Tahun 2018Pembimbing : Dr. Ede Surya Darmawan S.K.M., M.D.M.Pelayanan berpusat pada pasien PBP merupakan paradigma baru pelayanankesehatan di rumah sakit. Penelitian terkait penerapan PBP di Indonesia masihsangat terbatas. Penelitian ini dilatarbelakangi belum diketahuinya gambaranperilaku dokter dan perawat dalam menerapkan PBP di RSU Ganesha, Gianyar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku PBP pada dokterdan perawat serta menganalisis hubungan status kepegawaian, motivasi, dankarakteristik organisasi terhadap penerapan PBP. Penelitian ini memiliki desaincross sectional dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada seluruhdokter dan perawat. Total sampel penelitian sebanyak 141 responden. Hasilpenelitian menunjukkan sebagian besar responden 80,1 memiliki perilaku PBPyang baik. Pada komponen perilaku PBP yang diteliti yaitu komponen melibatkanpasien dan keluarga, berbagi informasi, memberi dukungan fisik, dukunganemosional, dan pelayanan yang berkelanjutan juga menunjukkan lebih banyakproporsi perilaku yang baik dengan persentase masing-masing sebanyak 68,1 ;84,4 ; 96,5 ; 94,3 ; dan 91,5 . Variabel umur, motivasi, dan karakteristikorganisasi seperti imbalan, supervise, desain pekerjaan, kepemimpinan, sertabudaya organisasi signifikan hubungannya dengan perilaku dokter dan perawatdalam menerapkan PBP nilai p

ABSTRACT
Name Wayan Indah PramantiStudy Program Study of Hospital AdministrationTitle The Relationship Between Individual Characteristics,Motivation and Organizational Characteristics With TheBehavior of Doctors and Nurses in The Implementation ofPatient Centered Care at Ganesha General Hospital, Gianyar,2018.Counselor Dr. Ede Surya Darmawan S.K.M., M.D.M.Patient centered care PCC is a new paradigm of health care services in hospital.In Indonesia, research related to implementation of PCC is still very limited.Background of this research is there not yet known about the behavior of doctorsand nurses in implementing PCC in Ganesha General Hospital, Gianyar. The aimsof this study are to find out the PCC behavior in doctors and nurses as well asanalyze the relationship of individual, psychological, and organizationalcharacteristics to the implementation of PCC. This study has a cross sectionaldesign using a questionnaire distributed to all doctors and nurses. The total sampleis 141 respondents. The results showed that most respondents 80,1 had goodPCC behavior. In the PCC behavioral component studied, the componentsincluding the involvement of patients and families, sharing information, providingphysical support, emotional support, and sustainable health services also showed agreater proportion of poor behavior with percentage of 68.1 84.4 96.5 94.3 and 91.5 respectively. Variables of age, motivation, and organizationalcharacteristics such as rewards, supervision, job design, leadership, organizationalculture are significantly related to the behavior of doctors and nurses inimplementing PCC p "
2018
T50002
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[RSKGM FKGUI merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan bidang kedokteran gigi. Untuk mencapai keberhasilan dalam pelayanan kesehatan diperlukan penilaian berdasarkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan melihat kepuasan pasien terhadap kualitas sarana dan prasarana yang diberikan RSKGM, salah satunya Klinik Integrasi. Jumlah sampel penelitian 80 pasien dari mahasiswa profesi S1 yang telah mendapatkan perawatan lebih dari dua kali, lalu diberikan kuesioner dengan 18 pertanyaan. Berdasarkan uji nonparametric Chi-Square, dimensi Tangibletidak memiliki hubungan signifikan dengan tingkat kepuasan pasien berbeda dengan dimensi lain. Sehingga kepuasan pasien tidak hanya dinilai dari mutu pelayanan kesehatan yang diberikan tetapi diukur jugaberdasarkan ekspektasi pasien, RSKGM FKGUI is dental facilities in Indonesia. It will require assessment based on patient satisfaction to achieve success in health services. This study aims to see patient satisfaction toward quality of facilities and infrastructure in Integration Clinic of RSKGM. 80 patients from S1 professional students who received treatment more than twice were given questionnaire questions as many as 18 items. Based on non parametric Chi-Square test, Tangible dimension didn’t have asignificant relationship with level of patient satisfaction that opposed from other dimensions. Thus, patient satisfaction was measured not only by the quality of health services provided, but also patient expectations]"
[, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia], 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>