Ditemukan 19521 dokumen yang sesuai dengan query
Napitupulu, Fenty Debora
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola dasar kalimat mahasiswa dalam menulis karangan. metode penelitian dirancang dengan metode deskriptif kualitatif. dalam hal ini, subjek penelitian adalah mahasiswa bahsa inggris semester satu. setiap mahasiswa diarahkan menuliskan teks recount dan selanjutnya peneliti menganalisanya. hasil penelitian menunjukkan bahwa sebahagian besar dari mahasiswa hanya mampu menggunakan tiga pola kalimat dasar yaitu s+v, s+v+o, dan s+lv+adj. pola kalimat lainnya seperti sv+io+o, s+v+o+oc, s+lv+n belum ditemukan. disamping itu terdapat beberapa kesalahan dalam grammar seperti tenses, penggunaan linking verb, parts of speech, dsb. ini menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu jurusan pendidikan bahasa inggris masih sangat lemah dalam menggunakan pola-pola kalimat bahasa inggris."
Sumatera Utara: Universitas HKBP Nommensen, 2018
VISI 26:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Fenty Debora
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh monitoring, questioning, and repredicting strategy terhadap pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif. Metode penelitian dirancang dengan metode eksperimen kuantitatif. Dalam hal ini, sampel penelitian ini terdiri atas dua grup yang masing-masing tiap grup berjumlah 30 mahasiswa. yaitu grup control dan grup eksperimen dimana siswa pada grup control diajarkan dengan menggunakan metode konvensional dan siswa pada grup eksperimen diajarkan dengan menggunakan stategi monitoring, questioning, and repredicting. Kegiatan yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah pre test, treatment dan post test dan instrument pengumpul data adalah test yakni pilihan berganda. Berdasarkan perhitungan yang didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test dalam kelas eksperimen (80,6) lebih tinggi dari nilai rata-rat post test dalam kelas control. (71,5). Perbedaannya diuji dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-observed(3.29) lebih tinggi dari nilai t- table (1,671).ini berarti bahwa hipotesis alternative(Ha) diterima dan hipotesis awal (Ho) ditolak. Pada kesimpulannya, Monitoring, Questioning and Repredicting Strategy dapat mempengaruhi pencapaian pemahaman mahasiswa teknik dalam membaca teks deskriptif."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Lidya Natalie
"Skripsi ini meneliti bagaimana unsur-unsur ekuivalensi terkait makna denotatif novel berbahasa Jerman Der Vorleser diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Sang Juru Baca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada hasil terjemahan dan sejauhmana fungsi komunikatif bahasa dipertahankan dalam hasil terjemahan tersebut. Dari hasil analisis korpus data, ditemukan bahwa bukan hanya padanan makna kata dan ungkapan secara leksikal yang dapat mewujudkan ekuivalensi dan efek komunikatif dalam karya terjemahan., melainkan juga konteks, struktur kalimat, dan suasana yang ingin dibangun penulis.
This thesis reviews how the equivalence elements particularly the denotative meaning in the German novel Der Vorleser translated into Indonesian language with the title Sang Juru Baca. The research is conducted qualitatively and focused on the result of the translation regarding how far the communicative functions of language being maintained within the translation. The result of the analysis reveals that the lexical meaning of a word or term is not the only factor affecting the equivalence and communicative effect of a translated text, but also context, structure of sentence, and the atmosphere which the author would like to build."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59720
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sianturi, Srisofian
"
ABSTRAKPenelitian ini mengkaji tentang elemen dasar dalam ilmu pragmatik. Teori tindak tutur yang berfokus pada tindak tutur langsung pada diskusi kelompok yang digunakan oleh mahasiswa semester enam di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini mengelompokkan dan menggambarkan jenis atau bentuk, fungsi tindak tutur langsung dalam diskusi kelompok dan factor yang mempengaruhi tindak tutur. Data pada penelitian ini diambil dari ucapan-ucapan penyaji dan penanya pada diskusi kelompok dengan menggunakan Bebas Simak Libat Cakap. Subjek penelitian ini adalah 8 kelompok diskusi. Kemudian data dianalasis dengan menggunakan metode identitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan penyaji yang mengaplikasikan tindak tutur langsung dapat dipersentasekan bahwa permintaan (44%) dan yang terendah adalah larangan (0%). Hal ini menunjukkan bahwa tingginya keingitahuan mahasiswa tentang materi/topic yang dibahas dan memiliki kerjasama yang baik. Kelompok diskusi mengaplikasikan instruksi sebagai tindak tutr langsung yang paling banyak. Dapat diasumsikan bahwa penggunaan instruksi memberikan keuntungan kepada pendengar. Penggunaan permintaan dalam memberikan instruksi menjadikan instruksi lebih mudah untuk dipahami. Factor yang mempengaruhi tindak tutur dalam diskusi kelompok adalah lingkungan social, latar belakang dan peran penyaji atau pendengar ."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JSSH 19:2(2011)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Afifah Muharikah
"Tesis ini menjelaskan pengaruh pengubahan (recasts) terhadap konsistensi penggunaan kata kerja berketerangan waktu lampau dalam penulisan teks rekon. Jurnal dialog dipilih sebagai aktifitas komunikatif sebagai wadah interaksi antara 13 siswa bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dan seorang pengajar sekaligus peneliti. Melalui jurnal tersebut, siswa diminta menulis kegiatan lampau mereka dan tulisan tersebut dikomentari oleh pengajar. Dalam komentarnya, pengajar memberikan pengubahan pada bentuk kata kerja lampau tidak berterima siswa. Terdapat tujuh entri jurnal selama perlakuan diberikan. Tiga jurnal entri pertama menerima pengubahan tanpa penguatan, sisanya menerima pengubahan dengan penguatan. Setiap entri jurnal diukur tingkat konsistensinya untuk melihat perkembangan konsistensi siswa. Terdapat pre- dan post test yang juga diukur akurasinya untuk melihat dampak perlakuan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengubahan, terutama apabila diberi penguatan, memengaruhi konsistensi siswa terhadap penggunaan kata kerja berketerangan waktu lampau. Pengubahan juga memicu siswa untuk memodifikasi keluaran (output) mereka ke dalam bentuk yang lebih berterima dalam bahasa target.
This thesis explains the impact of recasts on students consistency in the use of past tensed verbs in writing recount texts. In this thesis, a journal dialogue is chosen as the communicative activity that facilitates the interactions between 13 EFL students and a teacher (the researcher). Through their journals, the students were asked to write about their past activities. The teacher gave comments on every journal the students had written. Through the comments given, the researcher recasted the errors made by the students. Each student wrote seven journal entries in total during the treatment. The first three journals received recast without enhancement while the rest received recast with enhancement. The consistency in the use of past tense in each journal entry was measured. Students were given pre-and post tests to see the impact of the treatment on their writing. The result of the research shows that recasts, especially when they are enhanced, affect students consistency in the use of past tense in writing recount texts and also encourage most students to modify their output with target-like patterns."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42528
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sihite, Jubilezer
[Place of publication not identified]: Universitas HKBP Nonmensen, 2018
050 VISI 26:2 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Evan Gavriel Harazaki
"Kopi telah memiliki sejarah panjang dalam masyarakat Indonesia dan terus berperan besar dalam masyarakat setempat. Konsumsi kopi telah menjadi gaya hidup yang berkembang dari generasi ke generasi dan menjadi peluang bisnis yang besar bagi banyak orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana bahasa Inggris dikomodifikasikan dalam konteks kedai kopi di Bandung, Indonesia karena bahasa Inggris telah menjadi salah satu bahasa utama di era globalisasi. Penelitian metode campuran dilakukan dengan menggunakan penelitian lanskap linguistik menu di layanan pesan-antar makanan online untuk kedai kopi. Ditemukan bahwa bahasa Inggris secara menyeluruh dikomodifikasikan melalui penggunaan Fetish Linguistik, Global Englishes, Arus Transkultural, dan McDonald-isasi. Kedai kopi di Bandung telah menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan persepsi keaslian dan kualitas yang lebih tinggi untuk membenarkan produknya yang lebih mahal. Apalagi bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling dominan dalam industri kopi Indonesia dan telah meminggirkan bahasa daerah Indonesia melalui imperialisme linguistik.
Coffee has had a long history in Indonesian society and continues to play a big role in the local community. The consumption of coffee has been an evolving lifestyle for generations and become a great business opportunity for many. The intention of this research would be to investigate how English has been commodified in the context of coffee shops in Bandung, Indonesia as English has been one of the main languages of the globalization era. The mixed method research was done using the linguistics landscape research of menus in online food delivery service for coffee shops. It was found that English is thoroughly commodified through means of utilizing Linguistic Fetish, Global Englishes, Transcultural Flows, and McDonaldization. Coffee shops in Bandung have used English to create a perception of authenticity and higher quality to justify its more expensive products. Moreover, English has become the most dominant language in the coffee industry of Indonesia and has marginalized Indonesian local languages through linguistic imperialism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
New York : Routledge, 1997
420.141 WOR
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library